Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 103998 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eva Prasetya Maulina
"Patient perception is one of essential measurement to assessed the quality of nurse performance. This study aimed to evaluate satisfaction the level of patient based on nurse performance after the implementation of Indonesian health coverage. This descriptive study involved 199 respondents in Tarakan hospital, Jakarta that were assed from aspects of gender, education, job, and income. The instrument used in this study Service Quality (ServQual) that consist of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The result revealed that average value of patient satisfaction was 63.16%. As resulted by government, patient satisfaction level on the outpatient unit is 90% minimum. This study suggested the evaluation of nurse management to improve the quality of nurse services in the healthcare organization.

Kinerja keperawatan dapat dinilai dari berbagai sudut pandang, salah satunya melalui persepsi pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepuasan pasien atas kinerja perawat setelah diterapkan kebijakan BPJS. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Service Quality (ServQual) yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan perhatian. Karakteristik pasien yang diteliti sangat beragam dari segi umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan. Penilaian kinerja perawat di RSUD Tarakan, Jakarta dengan sampel 199 standar pelayanan minimal instalasi rawat jalan sebesar 90%, menghasilkan persepsi tidak puas dengan rerata 63,16%. Banyaknya kunjungan pasien pada poli BPJS, membuat komunikasi terapeutik kurang terjaga dan menimbulkan ketidakpuasan. Penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan manajemen keperawatan dalam meningkatkan perbaikan kualitas pelayanan keperawatan."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S60885
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Amalia
"ABSTRAK
Nama : Dwi AmaliaProgram Studi : Ilmu Administrasi NegaraJudul : Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Terhadap Kinerja SDM Persepsi SDM Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Prima Skripsi ini membahas mengenai pengaruh penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap kinerja SDM di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Prima. Dengan penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance di dalam perusahaan, maka perusahaan mengharapkan adanya perbaikan kinerja SDM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang didasarkan pada teori Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance oleh Muh. Arief Effendi 2016 dan teori Kinerja SDM oleh Bernardin Russell dalam Rahadi 2010 dengan desain deskriptif. Data penelitian yang dikumpulkan terdiri dari data primer yang didapat dari kuesioner yang disebar ke seluruh responden dan data sekunder yang didapat dari wawancara dan berbagai literatur mengenai prinsip-prinsip good corporate governance dan kinerja SDM. Hasil dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa prinsip-prinsip good corporate governance mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM.Kata Kunci: Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance, Kinerja SDM.

ABSTRACT
Name Dwi AmaliaStudy Program Public AdministrationTitle The Influence of Implementation Good Corporate Governance Principles Towards Human Resources Performance Human Resources Perception at Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Prima This thesis discusses the influence of the implementation Good Corporate Governance principles towards human resources performance at Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Prima. By applying the principles of Good Corporate Governance within the company, the company expects the improvement of human resources performance. This research is conducted by using a quantitative approach based on the theory of Good Corporate Governance Principles by Muh. Arief Effendi 2016 and the theory of HR Performance by Bernardin Russell in Rahadi 2010 with descriptive design. The research data collected consists of primary data obtained from the questionnaires distributed to all respondents and secondary data obtained from interviews and various literature on the good corporate governance principles and human resources performance. The results of this research is to prove that the principles of good corporate governance have a positive and significant influence on the performance of human resources.Keywords Good Corporate Governance Principles, Human Resource Performance
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rian Agus Setiawan
"Kualitas kinerja perawat sangat menentukan dalam pemberian pelayanan keperawatan di puskesmas. Penelitian ini merupakan penelitian korelatif, bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kinerja perawat terhadap persepsi tentang undang-undang praktik keperawatan pada perawat puskesmas dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 perawat puskesmas di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Teknik sampling yang digunakan ialah total populasi.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan antara kinerja perawat dan persepsi tentang undang-undang praktik keperawatan pada perawat puskesmas, dengan nilai p yang diperoleh sebesar 0,004. Jadi, kinerja perawat yang baik akan membentuk persepsi positif terhadap undang-undang praktik keperawatan.

Nurse's work performance determines quality of nursing care in Public Health Center. This descriptive correlative research aimed to identify the relationship of nurse's work performance with perception about nursing practice law in nurse at Public Health Center using cross sectional design. Sample of this research is 40 nurses in Public Health Center at Cilincing, North Jakarta. This research used total population sampling technique.
The result showed that there is relationship between nurse's work performance and perception about nursing practice law, with p value 0,004. It means that the nurse's work performance is good, the perception of nursing practice law will be positive.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5825
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aviciena Zanjabil
"Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meruapkan sebuah lembaga negara yang dibentuk oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai pertanggungjawaban akan kesehatan masyarakat dan bertugas untuk memberikan jaminan kesehatan. Namun pengelolaan BPJS Kesehatan dirasa tidak sesuai dengan syariat karena dalam pengelolaannya masih banyak ditemukan unsur riba, gharar dan maysir. Hal tersebut diperkuat dengan adanya fatwa yang telah dikeluarkan oleh DSN- MUI yang menyatakan bahwa BPJS Kesehatan belum sesuai dengan syariat Islam. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat praktek apa saja yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan yang tidak sesuai dengan fatwa DSN-MUIdan bagaimana caranya agar dapat sesuai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif explanatory dengan teknik pengumpulan data secara dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan mengikuti teknik analisis yang dikembangkan oleh Michael Huberman dan Mattew Miles. Dalam teknis analisis tersebut, pengolahan data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sehingga hasil penelitian yang didapatkan adalah pertama, terdapat 5 (lima) pembahasan pada fatwa DSN-MUI terkait praktek pengelolaan BPJS Kesehatan. Kelima hal tersebut konsep dasar BPJS Kesehatan, tanggungjawab kepada Faskes (Fasilitas Kesehatan), pengelolaan iuran dan denda, pengelolaan dana dan investasi dan keberadaan dewan pengawas syariah. Kedua, pengelolaan BPJS Kesehatan agar sesuai dengan syariat Islam dapat dilakukan dengan memperhatikan fatwa DSN-MUI dan juga pola alur praktek operasional BPJS Kesehatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ke-5 (lima) pembahasan tidak sesuai dengan syariat dan harus disesuikan dengan fatwa DSN-MUI. Penelitian ini hanya berfokus pada fatwa yang telah dikeluarkan oleh DSN-MUI saja. Ini merupakan penelitan pertama yang memberikan alternatif pengelolaan BPJS Kesehatan secara syariah selain membahas tentang ketidaksyariahannya.

Health Social Insurance (BPJS) Orgainizing Body is an organization established by Government of the Republic of Indonesia as an accountability of public health and serves to provide health insurance. However, the management of Health BPJS is deemed not subject to sharia because in the management there are still riba, gharar and maysir found to occur. It is supported by a fatwa issued by DSN-MUI stating that Health BPJS is not subject to Islamic sharia yet. Therefore, this study aimed to see what practices peformed by Health BPJS not corresponding to the fatwa of DSN-MUI and how to adjust it. The research method used was explanatory qualitative with collecting data by documentation, observation, and interview. Data analysis technique used was following the anlaysis technique developed by Michael Huberman and Mattew Miles. In the analysis technique, data processing is conducted by means of data reduction, data presentation and drawing conclusion or verification. Hence, the results obtained were first, there are 5 (five) discussions on the fatwa of DSN-MUI regarding management practice of Health BPJS. Those five things are the basic concept of Health BPJS, responsibility to Faskes (Health Facility), management of fees and fines, fund management and investment as well as sharia monitoring body. Second, management of Health BPJS to adjust to Islamic sharia can be conducted by taking into account the fatwa of DSN-MUI and also operational practice of plot pattern of Health BPJS. The conclusion of this study was that the 5 (five) discussion are not corresponding to sharia and must be adjusted to the the fatwa of DSN-MUI. This study was only focused on the fatwa issued by DSN-MUI. This is the first study providing alternative to the management of Health BPJS Kesehatan in sharia manner other than discussing on its non sharia."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endah Styorini Permono
"Skripsi ini membahas tentang implementasi sistem aplikasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan Mobile sebagai akses dan pelayanan. Program Jaminan Kesehatan Nasional pada Tahun 2015-2017. BPJS Kesehatan dalam prosedur pelayanan publik masih dinilai terlalu bertele-tele dan belum mampu mencapai target yang diharapkan. Dalam memenuhi kebutuhan informasi secara cepat dan akurat untuk melakukan peningkatan layanan informasi kesehatan BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi mobile yakni aplikasi BPJS Kesehatan Mobile atau Mobile JKN sejak 2015. Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile atau Mobile JKN memberikan layanan yang bisa diakses menggunakan smartphone baik Android atau pun iOS dengan mendownload aplikasi tersebut via Google Playstore untuk pengguna smartphone Android dan via App Store untuk pengguna iOS.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi dan dampak yang dihasilkan atas layanan publik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Mobile sebagai akses pelayanan atas Program Jaminan Kesehatan Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah menunjukkan implementasi aplikasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan Mobile sebagai akses dan pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Pelaksanaan tersebut dibantu oleh unit pelaksana tugas BPJS Kesehatan beserta stakeholder yang membantu pelaksanaan seperti Kementerian Kesehatan, maupun profesional. Namun dalam pelaksanaannya terdapat hambatan yang terjadi selama proses pelaksanaan diantaranya kesulitan dalam waktu pelaksanaan wawancara top management BPJS Kesehatan, informasi mengenai implementasi aplikasi BPJS Kesehatan belum menyeluruh, target pencapaian data berkurang, kurangnya koordinasi diantara stakeholder.

This thesis discusses the implementation system of Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan Mobile as access and service of National Health Insurance Program in the Year 2015 2017. BPJS Kesehatan in the condition of public services is still too long winded and has not been able to achieve the expected target. In order to meet the information needs quickly and accurately to improve health information services BPJS Kesehatan launched mobile application named BPJS Kesehatan Mobile or Mobile JKN since 2015. The applicationof BPJS Kesehatan Mobile or Mobile JKN provide services that can be accessed using a smartphone either Android or iOS by downloading the app via Google Playstore for Android smartphone users and via the App Store for iOS users.
This study aims to explain the implementation and impact resulting from the public service of the BPJS Kesehatan Mobile as a service access to the National Health Insurance Programme. This research uses qualitative approach with qualitative data analysis technique.
The result of this research is an example of implementation of Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan Mobile as access and service of National Health Insurance Programme. Implementation assisted by the BPJS Kesehatan. Implementation unit can be tried with stakeholders who assist the implementation of such Ministry of Health, as well as professionals. However, in the implementation there are obstacles that occur during the time of interview of top management of BPJS Kesehatan, information on the implementation of BPJS Kesehatan application has not the target availability of data is reduced, lack of coordination among stakeholders.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azizah Nur Anggraeni
"ABSTRAK
Perawat merupakan tenaga kesehatan di rumah sakit yang berhubungan langsung dengan pasien. Kinerja perawat merupakan komponen utama dalam kepuasan pasien. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menilai persepsi pasien mengenai kinerja perawat. Persepsi pasien mengenai kinerja perawat yaitu penilaian pasien terhadap kualitas keperawatan, sikap dan perilaku perawat. Metode penelitian menggunakan stratified sampling pada 107 responden yang terdiri dari 20 responden kelas I, 23 responden kelas II, 64 responden kelas III. Hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas asuhan keperawatan dipersepsi baik (63,6%), sikap perawat dipersepsikan baik (50,5%) dan perilaku perawat dipersepsikan baik (61,7%). Dapat disimpulkan, persepsi pasien mengenai kinerja perawat perlu ditingkatkan. Peningkatan kinerja perawat di ruang rawat inap RSUD Bekasi dengan meningkatkan kualitas asuhan keperawatan sesuai dengan standar operasional prosedur dan berfokus pada pelayanan patient centered care, memberikan sikap yang ramah, proaktif, responsif, terhadap pasien dan juga memberikan komunikasi yang efektif terhadap pasien dan keluarga.

ABSTRACT
Nurses are the health professional in hospital that have direct contact to the patient. Nurse performance is a main component in patient satisfaction. The purpose of this study is to assess patient perception related to nurse performance. Patient perception of nurse performance is the patient assessment toward nursing care quality, nurse attitude and nurse behavior. This study used stratified sampling on 107 respondents which consisted of 20 respondents from class I, 23 respondents from class II, 64 respondents from class III. This study showed nursing care quality was perceived good (63,6%), nurse attitude was perceived good (50,5%) and nurse behavior was perceived good (61,7%). It can be concluded that patient perception dealing with nurse performance need to be improved, thus the improvement of nurse performance is needed in inpatient ward of RSUD Bekasi, and it can be increased by improving nursing care quality based on standard operating procedure and focusing on patient centered care service, provide attitudes which are friendly, proactive and responsive toward patient and delivering an effective communication toward patient and their family.
;;"
2016
S65297
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhila Putri Rachma
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai hubungan antara kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS Kesehatan di RS BMC.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Hasil dari penelitian ini adalah memperlihatkan bahwa terdapat nya hubungan antara dua variabel yaitu kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan.Selain itu penelitian ini juga memcari tahu seberapa kuat hubungan atau korelasi antara dua varibel itu dari rendah hingga sangat kuat,dimana hasilnya adalah kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang sedang terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS Kesehatan di RS BMC.Hal ini sudah dapat terlihat dari dimensi-dimensi varibelnya yang seluruhnya memiliki nilai sedang.

ABSTRACT<>br>
This research discusses the relationship between service quality to outpatient of BPJS Kesehatan satistification level in BMC Hospital. The research method used in this research is a quantitative approach with descriptive research type. The result of this research shows that there is a relationship between two variables that is service wuality and level of statisfaction. In addition, this study also finds out how strong the relationship or correlation between the two variables is from low to very string, where the result is the quality of service has a moderate effect on the level of satisfaction of outpatient BPJS Kesehatan in BMC Hospital. This can already be seen from the dimensions of the variable that all have a medium value."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Azwar
"Tesis ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi tenaga kerja di kawasan industri Cikarang dilihat dari aspek internal dan aspek eksternalsehingga dapat diketahui sejauh mana kinerja pelayanan BPJS Kesehatan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Analisis Aspek eksternal meliputi dimensi tingkat perolehan pelanggan baru, akuisisi pelanggan, merespon keluhan pelanggan, kepuasan pelanggan dan manfaat pelanggan.Adapun analisis aspek internal meliputi dimensi inovasi,operasi dan layanan purna jual.Metode penelitian ini adalah mixed method. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian adalah bahwa masih ada indikator kepuasan pelanggan yang masih dibawah harapan, dilihat dari kesenjangan antara harapan pelanggan dengan kenyatan yang dirasakan. Dalam kinerja pelayanan BPJS Kesehatan, masih ada kekurangan yang dirasakan pelanggan terutama dalam pemberian pelayanan. Saran yang diberikan adalah perbaikan atribut kinerja pelayanan yang masih dipersepsikan dibawah harapan, serta peningkatan kinerja pelayanan dalam penyediaan ruang rawat inap, tenaga medis dan SDM yang menangani pasien BPJS Kesehatan.

This thesis aims to analyze the performance of services National Social and Healthcare Security (BPJS) for workforce in Cikarang Industrial estate in term of internal aspects and external aspectsso BPJS Health Care's performance and service can be seen to provide the satisfaction for customers. The external aspects analysis including the dimensions of rate new customer acquisition, customer acquisition, responding customer complaint, customer satisfaction and customer benefit. The analysis of the internal aspects including the dimensions of innovation, operation and after sales service. The Methode of this research is mixed method. Data collection techniques used in this research is quantitative and qualitative type with the descriptive design.
The result of the study is,still there are the indicators of satisfaction whichstill delivery below expectations, indicated by the gap between customer expectations with services perceived. There are still a shortcomings perceived, espesially in the service delivery in the process of services performance of National Social and Healthcare Security (BPJS) that has been run. The advice is the improvement of the service performance attributes that are still perceived below expectations, as well as the increased service performance in providing inpatient, medical personnel and human resources.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45661
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risky Kusuma Hartono
"Kebijakan asuransi TKI berpotensi bersinggungan dengan implementasi jaminan kesehatan. Fungsi kebijakan juga belum bisa memberikan perlindungan secara maksimal. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi kebijakan jaminan kesehatan bagi TKI tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap informan yang berkaitan dengan kebijakan perlindungan bagi TKI. Kerangka pikir dasar penelitian terdiri dari aspek kelayakan kebijakan, faktor implementasi, gambaran skema permasalahan dengan analisis SWOT, serta persepsi para ahli untuk mendapatkan poin-poin rekomendasi kebijakan jaminan kesehatan bagi TKI yang lebih baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaminan kesehatan yang dimiliki oleh TKI berasal dari asuransi TKI, kepesertaan JKN, dan jaminan di negara penempatan. Secara retrospektif, adanya kebijakan asuransi TKI merupakan amanat UU No.39 Tahun 2004 yang menyebutkan kewajiban kepemilikan jaminan sosial dan atau polis asuransi bagi TKI. Namun, asuransi TKI belum menyentuh aspek sosial seiring badan penyelenggara yang bersifat komersial dan bukan termasuk jaminan sosial. Dalam perubahan konsorsium, rasio klaim asuransi TKI tetap lebih kecil dibandingkan dengan premi yang masuk, tetapi ditunjang dengan penurunan keluhan dari para TKI. Dalam implementasinya, terdapat banyak lembaga yang membantu pengaduan asuransi TKI ini. Namun bentuk kerja sama bilateral yang berkaitan dengan koordinasi jaminan kesehatan antar negara belum dimaksimalkan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa jaminan kesehatan bagi TKI masih bersifat hilir (kuratif) dan upaya pemerintah untuk mengintegrasikan asuransi TKI dengan jaminan sosial merupakan hal yang penting. Peneliti menyarankan agar menerapkan jaminan kesehatan bagi TKI secara komprehensif dengan memasukkan prinsip preventif dan promotif. Upaya integrasi awal dapat dilakukan dengan mewajibkan kepesertaan JKN sebelum keberangkatan, koordinasi dengan jaminan dengan negara tujuan, membantu pembayaran premi asransi TKI bagi pekerja informal dan tidak mampu, serta pemberian jaminan kesehatan segera ketika sampai di Indonesia tanpa adanya limitasi manfaat.

The policy of insurance for TKI is potentially related to the implementation of health coverage. The function of this policy has not provided maximal coverage. The purpose of this research is to analyze the policy implementation of health coverage for TKI 2015. This research uses a qualitative method by interviewing some informants who are significantly related to the health coverage for TKI. The framework of this research consists of the aspect of the advisable policy, the implementation factors, the schematic representation of the problem by using SWOT, and the experts? perception to get some recommendation for better TKI insurance.
The result of this research is the health insurance owned by TKI comes from TKI insurance, the membership of JKN, and insurance during their employment abroad. In a retrospective aspect, TKI insurance policy is the instruction of Law No. 39 of 2004 which regulates the obligation of the ownership of the social security and or insurance policy for TKI. However, TKI insurance has not been involved with the social aspect because the agency commercializes the coverage of Indonesian migrant workers and it is not included a social security. In the change of consortium, the claim ratio of TKI has been paid less than the premium received, but it is supported by the decrease of the complaint from TKI. In the implementation, TKI insurance has been assisted by a lot of agencies. However, the bilateral cooperation related to the coordination of health coverage among countries has not been maximized.
This research concludes that the health insurance for TKI is still lower (curative) and the government's attempt to integrate the social security for TKI is important. The researcher suggests the government should comprehensively implement the health coverage for TKI by incorporating the principle of prevention and promotion. The earlier integration attempts which can be done are the government requires TKI to be registered in JKN before their departure, coordinates related to the social security with the placement countries, assists to pay the insurance premium for TKI classified as an informal migrant worker and an incapable worker, and immediately grants a health coverage when they arrive back in Indonesia without any limitation of benefits.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iwan Wahyudi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi perawat tentang profesi keperawatan, kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja perawat pelaksana di RSUD dr. Slamet Garut. Hasil penelitian adalah sebagian besar mempunyai persepsi kurang terhadap profesi keperawatan (51,4 %). Sebagian besar mempunyai kemampuan kerja kurang (60 %). Sebagian besar mempunyai motivasi kerja baik (55,2 %) dan sebagian besar perawat mempunyai kinerja baik (52,4 %). Variabel yang berhubungan dengan kinerja perawat adalah kemampuan kerja, motivasi kerja. Variabel yang paling berhubungan kinerja adalah sub variabel motivasi kebutuhan rasa aman. Hasil penelitian menyarankan upaya-upaya peningkatan pemahaman tentang profesi, perbaikan kesejahteraan dan jaminan akan pekerjaan.

The result of study decribed more of nurse`s staff was at poor category for nurse`s perception about nursing profession (51,4%), the most of nurse were with at poor category for work ability (60%), More of nurse`s staff were with good category for wok motivation (55,2%) and more of nurse`s staff were also with good category for nursing performance (52,4%). The study also showed that there were significant correlation between work abilty and motivation with nursing performance. The most influenced variable was safety need motivation."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T29390
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>