Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 184111 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Rachmawati
"Konsumen semakin menggunakan ulasan konsumen online untuk memahami kualitas produk. Dengan demikian penting bagi pemasar untuk memahami apa yang membuat ulasan konsumen online membantu konsumen dan bagaimana evaluasi ini mempengaruhi keputusan mereka. Teori dual-proses telah diadopsi dalam penelitian ini untuk menyelidiki prediktor informasi dan normatif informasi diagnostisitas dan hubungannya dengan adopsi informasi konsumen. Sampel penelitian ini adalah responden yang telah membaca ulasan konsumen online di Airbnb 3 (tiga) bulan terakhir. Data diolah dengan menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas informasi (information quality) tidak berpengaruh signifikan terhadap diagnostisitas informasi (information diagnosticity), namun kualitas informasi (information quality) memiliki pengaruh signifikan terhadap kredibilitas sumber (source credibility). Sedangkan kredibilitas sumber (source credibility) tidak berpengaruh signifikan terhadap diagnostisitas informasi (information diagnosticity). Namun, kuantitas informasi (information quantity) berpengaruh terhadap diagnostisitas informasi (information diagnosticity). Peringkat keseluruhan produk (overall product ranking) tidak berpengaruh signifikan terhadap diagnostisitas informasi (information diagnosticity). Hasil penelitian juga menunjukan diagnostisitas informasi (information diagnosticity) berpengaruh terhadap adopsi informasi (information adoption).

Consumers are increasingly using online consumer reviews (OCRs) to learn about product quality. It is thus paramount for marketers to understand what makes OCRs helpful to consumers and how this evaluation affects their decisions. Dual-process theory has been adopted in this study to investigate the informational and normative predictors of information diagnosticity and its links with consumers' information adoption. Data for this research were collected from respondents who had read online consumer reviews on Airbnb in the last 3 (three) months. They were then analyzed using Structural Equation Modelling method. The result of this research shows that information quality does not have significant effect on information diagnosticity. However, information quality has possitive affect on source credibility. Meanwhile source credibility does not have significant effect on information diagnosticity. However information quantity has possitive affect on information diagnosticity. Furthermore, the result showed that information diagnosticity has possitive affect on information adoption
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59002
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Januar Akhmad Ibrahim
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh dari servicescape terhadap persepsi image dari pada konsumen yang nantinya akan mempengaruhi revisiting intention dan word of mouth konsumen (dalam hal ini tamu hotel) pada hotel butik berkonsep islami.
Hipotesis yang dianalisis dalam penelitian ini adalah pengaruh faktor faktor servicescape seperti substantive stage of servicescape dan communicative stage of servicescape yang mempunyai pengaruh positif terhadap persepsi image, kemudian persepsi image itu mempunyai pengaruh yang positif terhadap revisiting intention dan word of mouth.
Desain penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah konklusif deskriptif dengan metode pengumpulan datanya melalui survey langsung dan penyebaran kuisioner kepada tamu atau pengguna dari hotel ini. Metode sampling yang digunakan adalah non probability sampling (convenience sampling).
Objek penelitian ini adalah tamu hotel butik berkonsep islam yang dalam hal ini unit analisisnya yaitu Hotel Butik Noor Bandung yang pernah menginap minimal sekali di dalam Hotel Butik Noor Bandung.
Hasil penelitian di dalam penelitian ini menunjukan bahwa semua variable yang diuji mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan.

This study discusses the influence of servicescape on the perception of images of consumers who will later influence revisiting intention and consumer word of mouth (in this case hotel guests) in a boutique hotel with an Islamic concept.
The hypothesis analyzed in this study is the influence of servicescape factors such as substantive stage of servicescape and communicative stage of servicescape that have a positive influence on image perception, then the image perception has a positive influence on revisiting intention and word of mouth.
The research design used in this study is conclusively descriptive with the method of collecting data through direct surveys and questionnaires to guests or users of this hotel. The sampling method used is non probability sampling (convenience sampling).
The object of this research is guests of a boutique hotel with the concept of Islam which in this case the unit of analysis is Boutique Hotel Noor Bandung, which once stayed at least once in the Noor Boutique Hotel Bandung.
The results of the research in this study indicate that all tested variables have a positive and significant effect.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Harits Prabowo
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon afektif dan kognitif konsumen setelah menyadari akan adanya brand origin misclassification terhadap brand re-evaluation dengan keyakinan konsumen sebagai moderasi. Penelitian ini juga ingin menggali tentang adanya perbedaan antara evaluasi konsumen terhadap brand sebelum dan setelah mengetahui akan adanya brand origin misclassification tersebut (brand re-evaluation). Penelitian ini secara spesifik membahas tentang brand Miniso sebagai studi kasus dan juga contoh dari terjadinya brand origin misclassification. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Warga Negara Indonesia yang berusia 18-35 tahun, pernah mengunjungi dan membeli produk Miniso, serta mengira bahwa Miniso adalah brand asal Jepang. Data yang diperoleh dari sampel diolah dengan dua cara, yaitu uji beda dengan Paired samples T-Test serta regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil olahan data tersebut menunjukkan bahwa konsumen dari brand Miniso cenderung melakukan penilaian yang berbeda terhadap brand Miniso setelah mengetahui negara asal Miniso yang sebenarnya, yaitu China. Selain itu, ditemukan pula bahwa brand origin misclassification serta negative emotion yang muncul setelah mengetahui fakta negara asal Miniso berpengaruh signifikan secara negatif terhadap brand re-evaluation. Sementara itu, keyakinan konsumen ditemukan tidak memoderasi pengaruh brand origin misclassification terhadap brand re-evaluation.

ABSTRACT
This research aims to determine the affective and cognitive responses of consumers after realizing the existence of brand origin misclassification to brand evaluations with confidence as moderator. This study also wants to explore the difference between consumer evaluations of the brand, before and after knowing the existence of brand origin misclassification. This study specifically discusses the Miniso brand as a case study and also an example of the occurrence of brand origin misclassification. The sample used in this study was Indonesian Citizens aged 18-35 years, had visited and bought Miniso products, and thought that Miniso was a Japanese brand. Data obtained from the samples are processed in two ways, Paired samples T-Test and multiple regression using the SPSS 20 program. The processed data shows that the Miniso consumers tend to make a different evaluation of the Miniso brand itself after knowing the actual brand origin of Miniso (China). In addition, it was also found that brand origin misclassification and negative emotion that emerged after knowing the facts of Minisos true brand origin had a significant negative effect on brand re-evaluation. Meanwhile, consumer confidence was found not to moderate the influence of brand origin misclassification of brand re-evaluation."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Need for is a new construct in consumer bahavior and marketing management research . This construct is considerably robust to measure consumer's epistemic motivation. Epistemic motivation is a desire based action to obtain relevant knowledge to make judgment or buying decision. Previous study measures need for closure construct with reflective measurement model specification . Conceptual analysis shows that need for closure construct is a formative model due to the equality of its dimensions. This study shows strong evidence that formative measurement model specification is more robust than reflective model to test the model of influence of need for closure of online consumer and flow level in the internet environment."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Paima Ulibasa
"Perkembangan ritel yang begitu pesat menimbulkan persaingan ketat antar perusahaan ritel baik dalam maupun luar negeri. Hal ini mengharuskan pihak manajemen perusahaan ritel mengembangkan strategi untuk bertahan di industri ritel khususnya hipermarket. Salah satu strategi yang marak diterapkan adalah dengan menggunakan nama tokonya sebagai merek produk yang dikenal dengan Private Label Brand (PLB). Hal ini menarik perhatian penulis untuk melakukan penelitian terhadap niat pembelian produk PLB. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara citra toko dan kualitas pelayanan terhadap niat pembelian produk PLB dan juga dampak persepi risiko dan kesadaran harga yang dirasakan konsumen terhadap niat pembelian.
Data diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara citra toko dan niat pembelian, selain itu ditemukan juga pengaruh yang besar antara kualitas pelayanan dan niat pembelian. Perusahaan ritel disarankan untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanannya demi menciptakan citra PLB yang baik sehingga niat pembelian konsumen juga turut meningkat. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti hendaknya lebih fokus dalam memilih objek penelitian untuk menghindari ambiguitas pada responden dan juga mempertimbangkan adanya variabel product familiarity untuk hasil yang lebih mendalam.

The tremendous growth of retail caused the fierce competition among the retail company both in our country and also overseas. Thus, the management of the company has to develop some strategies in order to survive in the retail industry especially in the hypermarket area. One of the famous strategies applied is to label the product according to the store`s name which is well known as Private Label Brand (PLB). This case brings the attention of the writer to do some researches on purchase intention for PLB product. This thesis aims to investigate whether or not there is influence between the store image and service quality towards purchase intention for PLB products and also the effect of perceive risks and price consciousness the costumers feel towards the purchase intention.
The data perceived by using Structural Equation Model (SEM) which reveals not only that there is a slight influence between the services and the purchase intention, but also big influence between service quality and purchase intention. As the conclusion, the retail companies need to improve their service quality in order to create good store image PLB so the costumer purchase intention will increase. For the future research, it is advised for the writer to be more specific in choosing the object of the research to avoid the ambiguity of the respondents and also to include the product familiarity for the better result.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45953
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riris Diah Mailany
"Persaingan majalah terutama yang mengkhususkan diri pada masalah kesehatan telah membuat para produsen majalah tersebut harus selalu terus berusaha untuk menemukan berbagai strategi yang efektif dan efisien, terutama strategi yang berguna untuk mempertahankan tingkat loyalitas para pelanggannya. Pentingnya mempertahankan pelanggan dikarenakan pelanggan merupakan bagian inti dari perusahaan, tanpa pelanggan, dapat dipastikan perusahaan akan mengalami kemunduran. Tingkat kesetiaan seorang pelanggan dapat dilihat dari minat atau keinginannya untuk terus berlangganan atau justru memilih untuk berhenti berlangganan.
Agar dapat mengetahui strategi komunikasi pemasaran apa saja yang tepat maka dilakukan analisis dengan menggunakan discriminant analysis, dimana analisa ini menunjukkan faktor-faktor pembeda diantara berbagai strategi komunikasi yang ada serta variabel bebas lainnya terhadap kelompok yang akan terus berlangganan atau berhenti berlangganan suatu produk majalah.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa permasalah sebagai berikut :
1. Dari berbagai variabel yang terdapat dalam strategi promosi, variabel manakah yang menjadi pembeda terhadap kelompok pelanggan yang akan terus berlangganan atau berhenti berlangganan sebuah produk majalah kesehatan?
2. Diantara semua variabel bebas yang ada, variabel manakah yang paling penting dan variabel manakah yang selanjutnya penting dalam membedakan tingkat loyalitas kelompok pelanggan yang akan terus berlangganan atau berhenti berlangganan sebuah produk majalah kesehatan?
3. Variabel-variabel apa saja diluar strategi komunikasi pemasaran yang dapat membedakan kelompok pelanggan yang terus berlangganan dan kelompok yang berhenti berlangganan
Penelitian yang bersifat eksplanatif ini dilakukan dengan menggunakan bantuan kuesioner sebagai alat survey untuk mengumpulkan jawaban yang disebarkan kepada para respondennya. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan majalah Healthy Life yang dan kemudian dilakukan pemilihan responden untuk dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan metode sistematik probability sampling. Dan jumlah total populasi sebesar rata-rata 200 pelanggan dari periode Januari 2004 hingga Mei 2004, peneliti mengambil responden sebanyak 51 orang.
Variabel independen dari strategi komunikasi pemasaran dalam penelitian ini adalah iklan, promosi penjualan, sponsorship, pameran, point of purchase & merchandising, dan word of mouth. Sedangkan variabel independen lainnya diluar dari strategi komunikasi pemasaran adalah pengetahuan terhadap atribut produk, kepuasan pelanggan terhadap harga & insentif, materi, segi artistik dan kepuasan terhadap pelayanan produk.
Hasil pengolahan data dengan menggunakan discriminant analysis menunjukkan bahwa dari kesebelas faktor tersebut, terdapat tiga faktor yang dapat membedakan kelompok yang memilih untuk akan terus berlangganan dan yang memilih untuk berhenti berlangganan. Ketiga faktor tersebut adalah kepuasan pelayanan, iklan dan kepuasan terhadap harga & insentif produk. Sedangkan yang paling membedakan adalah kepuasan terhadap pelayanan. Untuk variabel iklan, terdapat nilai minus atau negatif, yang artinya semakin banyak terpaan iklan yang diterima seorang pelanggan, maka keputusannya untuk memilih berhenti berlangganan akan semakin kuat.
Rekomendasi praktis yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah pihak Healthy Life sebaiknya merancang suatu strategi komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien dengan memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhinya sehingga pelanggan dapat menerima terpaan yang tepat yang pada akhirnya mampu mempengaruhi keputusannya untuk tetap terus berlangganan. Selain itu, sebaiknya juga dilakukan berbagai usaha yang mampu mempertahankan kepuasan pelanggan secara menyeluruh terhadap kinerja Healthy Life.
Rekomendasi akademis dari penelitian ini berusaha untuk melengkapi dan memperkaya temuan-temuan pada penelitian sejenis mengenai strategi komunikasi pemasaran dan analisis diskriminan. Selanjutnya panting untuk diperhatikan bahwa masih perlu dilakukan pengembangan terhadap kuesioner yang digunakan sebagai dasar analisis diskriminan. Oleh karena itu disarankan, selain didasarkan pada kajian teoritis yang mendalam, perlu pula dilibatkan para praktisi yang benar-benar memahami produk yang akan diteliti. Untuk memperkaya hasil penelitian kuantitatif, perlu juga dilakukan wawancara mendalam dengan para pihak-pihak yang berhubungan baik langsung maupun tidak langsung dengan penelitian ini, Sehingga hasil yang didapat dapat menjadi masukan yang berharga dalam penelitian ini."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T14304
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Tesyarani
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ulasan online di aplikasi Zomato sebagai situs panduan restoran online adalah kredibel atau dapat dipercaya oleh penggunanya, untuk menganalisis apakah informasi yang tersedia di aplikasi Zomato mempengaruhi persepsi individu ketika pengguna mereka mengadopsi informasi tersebut sebagai proses di mana orang-orang yang terlibat dalam menggunakan informasi dapat mempengaruhi citra merek fungsional dan hedonis dari aplikasi Zomato. Secara khusus, penelitian ini menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengungkap hubungan antara kredibilitas ulasan online, kegunaan informasi dan adopsi informasi dan sikapnya terhadap citra merek fungsional dan hedonis dari aplikasi Zomato sebagai panduan restoran paling terkenal di Indonesia. Kemudian, penelitian ini memiliki 200 responden pada survei online yang dilakukan di Jabodetabek, Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika konsumen dapat menginvestasikan waktunya untuk browsing atau membaca ulasan online yang dapat dipercaya, maka konsumen yakin bahwa motivasi fungsional atau nilai mereka terhadap merek dapat terpenuhi. Sedangkan konsumen yang pernah mengalami motivasi hedonis suatu merek rela meluangkan waktunya untuk membaca ulasan online karena mereka merasakan kepuasan dan kesenangan membaca masukan dari pelanggan lain di halaman review. Namun, ulasan yang diberikan di Zomato tidak selalu informatif dan membantu para pembaca untuk membuat keputusan yang cepat. Penelitian ini juga menunjukkan variabel adopsi informasi yang juga berpengaruh positif terhadap citra merek fungsional. Artinya semakin besar adopsi informasi yang dilakukan oleh konsumen maka citra merek fungsional aplikasi Zomato sebagai aplikasi restaurant guide juga semakin meningkat. Temuan penelitian ini berimplikasi pada manajer pemasaran untuk memahami perilaku pembelian dari masalah ini dan digunakan sebagai alat perencanaan strategis untuk potensi pasar di masa depan dan melanjutkan kesuksesan Aplikasi Zomato yang ada.

This study aims to examine whether the online reviews in the Zomato application as an online restaurant guide site is credible or can be trusted by their users, to analyse whether the information available in the Zomato application affects individual perceptions when their users adopt this information as a process where people are involved in using the information can influence the functional and hedonic brand image of the Zomato app. Specifically, the study used Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) to unveil the relationship between credibility of online reviews, information usefulness and information adoption and its attitude towards functional and hedonic brand image of Zomato application as the most well-known restaurant search engine and online review platform in Indonesia. Moreover, this research had 200 respondents on the online survey that was conducted in the Greater Area of Jakarta, Indonesia. The results of this study indicates that if consumers are able to invest their time on browsing or reading trustworthy online reviews, then customers believe that their functional motivation or value towards the brand can be satisfied. While, consumers who have experienced the hedonic motivation of a brand are willing to spend their time reading online reviews because they experience a sense of satisfaction and pleasure about reading feedbacks of other customers in the review page. However, the reviews provided on Zomato are not always informative and help the readers to make quick decisions in deciding where or what to eat. This study also shows the information adoption variable also has a positive effect on the functional brand image. This means that the greater the information adoption made by consumers, the functional brand image of the Zomato application as a restaurant guide application also increases. The findings of this study have implications for the marketing managers to understand the purchasing behaviour of this matter and to be used as a strategic planning tool for future market potential and continued success of Zomato Application."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Icu Surtini Marwati
"Artikel ini berbicara mengenai fenomena Factory Outlet di Indonesia yang dikaji dengan menggunakan buah pemikiran Jean Baudrillard tentang masyarakat konsumeris. Dewasa ini, manusia tidak lepas kaitannya dengan kegiatan konsumsi, mulai dari konsumsi barang maupun jasa. Kegiatan konsumsi ini bukan semata pemenuhan kebutuhan atas nilai guna suatu barang, namun juga untuk memenuhi nilai rasa dan nilai simbolis yang dapat menempatkan konsumen ke dalam suatu kelas masyarakat tertentu. Hadirnya Factory Outlet yang menyediakan barang-barang ternama dengan harga murah memperlihatkan adanya indikator perilaku konsumeris masyarakat. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sandang, dengan membeli produk dari Factory Outlet masyarakat turut pula membeli citraan yang dimiliki barang tersebut. Dengan demikian, konsep konsumeris dari Jean Baudrillard dapat menjelaskan bahwa fenomena Factory Outlet yang semakin menjamur di Indonesia terjadi karena konsumsi objek tidak lagi sekedar memenuhi nilai fungsi, namun juga nilai simbolis dan nilai rasa dari objek tersebut.

This article talks about the phenomenon of Factory Outlet in Indonesia, which is discussed using the thought of Jean Baudrillard about the consumer society. Nowadays, people can’t be separated from consumption, either the consumption of goods or services. Consumption activity is not merely the fulfillment of the above requirements for a use value, but also to fulfill a sense of value and symbolic value that can put consumers into a particular class of people. The existence of Factory Outlet providing branded goods at a low price indicate the presence of consumer society . Not only to meet the needs of clothing, by buying products from Factory Outlet, people by the image of the products at the same time. Thus, the concept of consumer society from Jean Baudrillard is able to explain that phenomenon of Factory Outlet in Indonesia which now is mushrooming. The concept of consuming the object for the consumer is no longer just to meet a use value but also the sign and symbolic value.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Miradni Judo
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pengaruh dan hubungan karakteristik yang dirasakan oleh video online serta karakteristik konsumen, terhadap niat untuk menonton video online dan televisi. Metode awal untuk pretesting yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Kemudian selanjutnya untuk menguji digunakan model Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan LISREL 88. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan atau terdapat hubungan negatif antara karakteristik yang dirasakan oleh video online serta karakteristik konsumen terhadap niat untuk menggunakan video online (intention to use online video platforms) dan niat untuk menggunakan televisi (intention to use television).

ABSTRACT
This thesis discusses the influence of relationship characteristics and perceived by online video and consumer characteristics, the intention to watch online video and television. Initial method used for pretesting are validity and reliability test using SPSS. Then subsequently used to test the model of Structural Equation Modeling (SEM) using LISREL 88. The conclusion of this study indicate that there is no relationship or a negative relationship between the perceived characteristics by online video and consumer characteristics on the intention to use online video (intention to use online video platforms) and intention to use television (intention to use television)."
2013
S45972
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Quwaisy Ardiatmala
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah faktor daya tarik pesan viral dan kredibilitas sumber pesan mampu mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian konklusif-deskriptif dengan waktu pengerjaan berdasarkan single cross-sectional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif secara langsung pada variabel viral message appeal dan message source credibility terhadap brand attitude. Hasil penelitian ini membuktikan variabel the level of involvement teruji tidak mampu memoderasi variabel independen viral message appeal terhadap variabel dependen brand attitude. Variabel penguat the level of risk juga terbukti tidak mampu memoderasi variabel message source credibility terhadap variabel brand attitude.

ABSTRACT
The purpose of this study is to determine whether the appeals message that is viral and the credibility of the message source is able to influence consumer attitudes toward the brand. This study uses a descriptive conclusive research method with a single cross sectional working time. The results of this study indicate that there is a direct positive effect on variable viral message appeal and message source credibility to brand attitude. The result of this research proves that the level of involvement variable unable to moderate the independent variable of viral message appeal to the dependent variable of brand attitude. Variable reinforcing the level of risk also proved unable of moderating variables on the variable message source credibility toward brand attitude. "
2017
S68894
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>