Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 120427 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sabrina Amanda
"ABSTRAK
Seni lukis merupakan bagian dari cabang seni rupa yang lebih mengutamakan nilai estetika dibandingkan dengan nilai guna. Seiring dengan perkembangannya, muncul beberapa aliran seni lukis di dunia, salah satu di antaranya ialah realisme. Salah satu contoh dari aliran realisme ialah seni potret yang merepresentasikan wajah maupun ?sesuatu? yang ada dalam diri seseorang. Pada abad 17 banyak masyarakat yang ingin membuat potret dirinya sebagai indentitas atau hanya untuk memamerkan kekayaannya. Frans Hals merupakan pelukis terkenal Belanda yang dijuluki sebagai ahli seni lukis potret. Ia melukis banyak tokoh penting atau masyarakat biasa dari berbagai kalangan ke dalam kanvasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tema seni potret dalam lukisan St. Luke, Shrovetide Revellers, The Laughing Cavalier, dan Portrait of Vincent Laurensz van der Vinne karya Frans Hals dengan teori antropologi seni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian ditemukan empat tema seni lukis potret yang berbeda dalam lukisan St. Luke, Shrovetide Revellers, The Laughing Cavalier, dan Portrait of Vincent Laurensz van der Vinne karya Frans Hals.

ABSTRACT
Art of painting is a part of fine art that concerned the value of aesthetics rather than the value of functions. There are several streams of art in the world, in which one of them is realism. The portrait painting is a kind of realism that represents the face or ?something? that exists in a person?s life. In the 17th century many people want to make a portrait of himself as identity or just to show their wealthness. Frans Hals is a famous portrait painter in the golden age in the Netherlands. He painted many high-profile figures or ordinary people from various parties onto his canvas. This research aims to determine a theme that is used in painting of St. Luke, Shrovetide Revellers, The Laughing Cavalier, dan Portrait of Vincent Laurensz van der Vinne by Frans Hals. The theory that is used in this study is anthropological theory of art by Gell?s. This research uses the descriptive qualitative method. In the conclusion, there are four different themes of the portrait paintings.
"
2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kohler, Neeltje
Antwerpen: Mercatorfounds, 1990
BLD 741.92 KOH f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Slive, Seymour
"Frans Hals the Elder (c. 1582 - 26 Agustus 1666) adalah seorang pelukis potrait dari abad keemasan yang bekerja di Haarlem namun lahir di Selatan Belanda. Dia memegang peranan penting bagi evolusi pelukis potrait di abad ke-17 di Belanda. Buku ini membahas mengenai koleksi lukisannya. "
Antwerpen: Mercatorfonds, 1990
Ref BLD 741.092 Sli f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Winter, C.F. (Carel Frederik)
London : Geofferey Cumberlege, 1948
750 WIN b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhlir Rahman
"ABSTRAK
Lukisan Vissersvrijage karya Albert Neuhuys menampilkan gaya realisme yang berbeda dari lukisan realisme lainnya. Lukisan tersebut menampilkan gambaran kenyataan sosial melalui obyek sepasang kekasih. Penelitian ini akan memaparkan unsur-unsur realisme dari lukisan Vissersvrijage. Dari hasil penelitian unsur-unsur realisme terlihat pada penggambaran obyek dan setting, serta pemilihan warna dalam lukisan.

ABSTRACT
Vissersvrijage is by Albert Neuhuys shows realism aspect that is different from any other painting. This painting shows a reflection of socialism using a pair of lover as it rsquo s object. This research will show realism aspects from Vissersvrijage. From this research, a number of realism aspects will be shown through object and setting, also the choice of colour in the painting. "
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Amsterdam: Wanders publisher Zwole, 1990
R 759 VIN
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Uitert, Evert van
Amsterdam: Arnoldo Mondadori Arte, 1990
R 741.9 UIT v
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Hitipeuw, Frans
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1984
923.759 8 HIT f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Abiyyu Esmeraldana Putra
"ABSTRACT
Portrait is defined as an art which shows an individual or a group of people in which the personality of the person or people in the photo are reflected, a portrait is a work of photography which shows a person as the object portrayed. The law of copyright suggests that it is essential to obtain a written consent from the person portrayed in the portrait before the portrait is used commercially. However, practically, the portraits used commercially often ends up in the court. This research analyses The Difference in The Regulations and Applications Regarding Portrait Rights in Indonesia and The Netherlands (The Case of Edgar Davids vs Riot Games). Based on the analysis of the case, the author has meant to contribute ideal control of legal protection regarding commercially used portrait and compared the provision of copyright in Indonesia and The Netherlands. This research employed normative juridical method with statute, case, comparative, and conceptual approach. Based on the results of the research, it is known that Law of Copyright has not regulated the legal standing of person portrayed to demand compensation. Compared with the Law of Copyright of the Netherlands Year 2006 the person portrayed is hold the position as the owner of the portrait right (portretrecht). So, if there is a dispute over the use of portraits commercially, the person portrayed has the right to obtain compensation. The author recommend that Indonesia need to formulate the legal standing of person portrayed on Law of Copyright as the owner of the portrait right for legal certainty to be found.

ABSTRACT
Potret merupakan salah satu seni fotografi dengan menampilkan objek manusia baik secara individual maupun kelompok, yang menonjolkan unsur kepribadian objek foto tersebut, bahwa potret adalah karya fotografi dengan objek manusia. Dalam menggunakan potret seseorang untuk kepentingan komersial, Undang-Undang Hak Cipta mengamanahkan pengguna potret tersebut untuk mendapatkan izin tertulis terlebih dahulu dari orang yang dipotret. Dalam prakteknya, penggunaan potret untuk kepentingan komersial dapat menjadi suatu perkara di pengadilan. Penulis akan menganalisis Perbedaan Regulasi dan Aplikasi Hak Potret di Indonesia dan Belanda (Studi Kasus Edgar Davids vs Riot Games). Berangkat dari analisis kasus pada putusan tersebut, penulis mencoba memberikan rekomendasi pengaturan yang ideal terkait perlindungan hukum atas karya potret yang digunakan secara komersial dengan membandingkan ketentuan hak cipta di Indonesia dan Belanda. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, pendekatan perbandingan, serta pendekatan konseptual. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Undang-Undang Hak Cipta belum mengatur mengenai kedudukan hukum orang yang dipotret untuk menuntut ganti rugi. Jika dibandingkan dengan ketentuan hak cipta Belanda tahun 2006, orang yang dipotret berkedudukan sebagai pemilik hak potret (portretrecht). Sehingga, jika terjadi sengketa atas penggunaan potret secara komersial, maka orang yang dipotret berhak untuk memperoleh ganti rugi. Penulis merekomendasikan, Indonesia perlu untuk merumuskan kedudukan hukum orang yang dipotret pada Undang-Undang Hak Cipta sebagai pemilik hak potret agar kepastian hukum didapati."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tatesha
"ABSTRAK
Seni selalu diikuti oleh berbagai ide dan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari budaya dan waktu. Perkembangan konsep dan teori seni membuat metode yang berbeda di mana seni disajikan. Saat ini, representasi seni melibatkan konteks spasial. Tulisan ini membahas tentang lukisan dari pameran Kolonialisme dan Orientalisme. Bukan saja Seni dianggap, tetapi konteks menjadi lebih penting karena membawa kisah nyata tentang seni. Parergon berbicara tentang hubungan antara seni dan konteks. Ekstrinsik seni adalah konteks yang dapat mengkonfirmasi definisi seni, makna seni, atau isi seni. Konteks berisi informasi tentang seni, sehingga pengunjung galeri dapat memahami, menghargai, dan menikmati tentang seni. Tulisan ini membahas tentang seni, sejarah seni, dan Parergon.

ABSTRACT
Art is always followed by various ideas and needs that cannot be separated from culture and time. The development of art concepts and theories makes different methods in which art is presented. At present, art representations involve spatial contexts. This paper discusses the paintings from the exhibition of Colonialism and Orientalism. Not only is Art considered, but context becomes more important because it brings true stories about art. Parergon talks about the relationship between art and context. Extrinsic art is a context that can confirm the definition of art, the meaning of art, or the content of art. Context contains information about art, so gallery visitors can understand, appreciate, and enjoy about art. This paper discusses art, art history, and Parergon."
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>