Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 117506 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadhila Shabrina
"Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan manusia jaman sekarang. Komunikasi antar manusia dan juga organisasi telah dipermudahkan dengan adanya media sosial. Banyak organasi dan perusahaan yang sekarang menggunakan social networking site bernama Facebook, untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Namun, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh organisasi sebelum memutuskan untuk memanfaatkan Facebook dalam bisnis mereka, terutama disaat masa krisis.
Dengan demikian, tujuan dari makalah ini adalah untuk mengeksplorasi. Peranan Facebook Dalam Manajemen Krisis Organisasi. Dengan menganalisis tiga studi kasus yang berbeda, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Facebook mempengaruhi manajemen krisis komunikasi sebuah organisasi. Studi kasus akan dianalisa dengan menggunakan teori Uses and Gratification beserta Situational Communication Crisis Theory.
Singkat kata, Facebook menyebabkan Hubungan Masyarakat sebuah organisasi untuk menjadi lebih teliti atas kegiatan online mereka (seperti menanggapi komentar), terutama dalam situasi dimana potensi adanya krisis sangat tinggi. Mereka juga harus siap untuk bertanggung jawab atas segala kegiatan online mereka karena segala hal yang diterbitkan online akan berada di dunia cyber selamanya yang mungkin akan berdampak terhadap kerusakan reputasi organisasi.

In today's world, social media has already become an essential part of people's lives. The introduction of social media has made communication easier and faster for people as well as business. A lot of organizations are now using Facebook, a social networking site, in order to communicate to their customers. However, there are many precautions that an organization must take into consideration before it decides to utilize Facebook in their businesses, especially during times of crisis.
Thus, the purpose of this paper is to explore. The Role of Facebook in an Organizational Crisis Management. The research aims to find out how has Facebook affect the communication crisis management of a company by examining three different case studies. These case studies will then be analyzed using Uses and Gratification theory as well as Situational Communication Crisis Theory.
In summary, Facebook caused Public Relations to be more aware of their online activities (like responding to comments) at all times, but even more during potential crisis situations. They also have to be prepared to take responsibility of what they post online as it will stay on the cyber world forever and they can be held accountable for the organization􀀁s reputational damage."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Pradana Indraputra
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan yang terbangun antara merek dan pelanggannya melalui komunitas brand online khususnya facebook fanpage, dalam kasus ini ialah Joko Widodo dan pemilihnya. Bagaimana variabel di dalam fanpage dapat mempengaruhi kengininan untuk memilih Jokok Widodo.Data untuk riset ini diperoleh dengan convenience sampling dan warga JABODETABEK yang menjadi sampelnya, sekitar 320 responden telah diambil untuk menjadi sampel. Tes hipotesis dilakukan dengan menggunakan SPSS 11.5 untuk windows.Penelitian ini menggunakan Facebook fanpage Joko Widodo sebagai salah satu alat kampanye beliau ketika dan setelah pemilu presiden yang lalu.
Hasil dari riset ini menunjukkan pada akhirnya komponen ? komponen yang ada dapat mempengaruhi keinginan untuk memilih Jokowi. Hasil yang terdapat pada penelitian ini diharapkan berguna untuk penelitian berikutnya yang membahas kasus ini dan juga memberikan dampak positif terhadap konsultan marketing dan politik dan juga tim sukses dari figure politik dalam mengevaluasi bagaimana mereka me-manage strategi marketing mereka di media social terutama facebook fanpage.

The purpose of this study is to recognize how is the relationship that built through online brand community such as facebook fanpage between brand and consumers, in this case Joko Widodo and his voters. How the variables in the fanpage can affect willingness of voters to vote for Joko Widodo. Convenience sampling was used from JABODETABEK and around 320 respondentshas been taken. The hypotheses are tested by utilizing regression using the SPSS 11.5 for Windows. This research assesses Joko Widodo Facebook Fanpage as one of his campaign tools during and after the presidential election to gain voters sympathy.
The results show that the components in the facebook fanpage in the end affect the willingness to vote of Jokowi?s facebook fanpage members. The findings in this research are useful for further research in this topic and also benefit the marketing or politic consultant and political figure?s campaign team to make an evaluation of how they manage their marketing strategy in social media especially in facebook fanpage.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risha Karina
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas brand engagement yang terbentuk dari interaksi
yang ada pada Facebook Fan page antara sebuah brand dengan konsumennya.
Saat ini sudah banyak brand yang memanfaatkan Facebook sebagai salah satu
strategi pemasaran untuk meningkatkan brand engagement. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi kepribadian konsumen (extraversion,
neuroticism dan openness to experience) melalui kecenderungan bentuk interaksi
yang ia pilih (braoadcasting dan communicating) dan mengetahui apakah ada
pengaruhnya terhadap prilaku yang ia lakukan di Facebook Fan Page tersebut
Bentuk interaksi ini berupa prilaku ?like? dan ?comment? pada Facebook Fan
Page. Penelitian ini mengambil studi kasus 98.7 Gen Fm, yaitu salah satu radio
swasta yang ada di Jakarta yang sudah mengutamakan brand engagement antara
perusahaan dengan pendengarnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
teknik Structural Equation Modeling (SEM) terhadap 150 responden. Hasil
penelitiannya ialah beberapa kepribadian seseorang memiliki pengaruh terhadap
perilakunya di Facebook yang akan berdampak pada tingkat engagement sebuah
perusahaan.

ABSTRACT
This study examines brand engagement in form of interaction between
customer and the brand's Facebook Fan Page. Nowdays, brands have used
Facebook Fan Page as a key marketing channel to drive brand engagement. This
research is to identify customer personal traits (extraversion, neuroticism dan
openness to experience) through their interaction preferences (broadcasting and
communicating) and to identify its relationship towards brand engagement
depends on their behavior on Facebook. The behavior which mentioned are liking
and commenting behavior. This research takes a case study of Facebook Fan
Page Gen Fm, which is one of the radio station in Jakarta that has been
concerned with the brand engagement. The data analysis of 150 respondents
using Structural Equation Modeling (SEM). This study finds that some of
personalities has an influence on their behavior on Facebook that will impact on
the level of brand engagement"
2016
S64722
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shirley Tiurina
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas tentang pengkategorisasian para pelaku hate speech di Facebook terkait dengan Basuki Tjahaya Purnama Alias Ahok yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa meskipun Ahok adalah objek dari hate speech ini, namun namun yang menjadi target paling banyak justru masyarakat umum yang mendukung Ahok, atau masyarakat umum yang menolak Ahok. Oleh karena itu penelitian ini menyarankan agar pihak pemerintah dan media sosial saling bekerjasama untuk mengkaji hate speech di Facebook secara lebih mendalam, terutama berkaitan dengan identitas asli pelaku hate speech. Hal ini jika diharapkan dapat memberikan petunjuk terkait dengan siapa identitas pelaku, sehingga pihak penegak hukum dapat melakukan penindakan secepatnya, dan kasus hate speech di Facebook dapat berkurang secara signifikan.

ABSTRACT
This Thesis discussing the categorization of hate speechs perpetrators on Facebook related to Basuki Tjahaya Purnama Ahok who is an ex Jakarta Governor. This research is a qualitative research with descriptive analysis. The results showed that even if Ahok is the subject of the hate speech, but most of the victims are people who support or against Ahok. Thus, this research suggest the government to cooperate with social media Facebook to research and reviewing hate speech more deeply. Hopefully this research will give clues about who is the perpetrators real identity, so that law enforcers could action as soon as possible, and hate speech on Facebook will reduced significantly. ni"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agrie Pratama
"ABSTRAK
Meningkatnya jumlah pengguna social media telah melahirkan media baru bagi komunikasi humas. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan oleh XL Axiata untuk membuat facebook fans page XL Rame dan akun twitter XL123 yang dijadikan sebagai media komunikasi dengan memberikan informasi seputar produk dan layanan XL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu perananan social media dalam membangun brand image dan peranannya dalam mempertahankan corporate image XL Axiata, dengan studi kasus pada fans page facebook XL Rame dan twitter XL Axiata. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Network Media, MPR, Cyber PR, Brand Image, dan Corporate Image. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivist, pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. penelitian dilakukan kepada penanggung jawab social media XL, admin XL Rame, dan admin XL123. Pada penelitian ini ditemukan bahwa social media tidak terlalu berperan dalam membangun brand image dan juga tidak terlalu berperan dalam mempertahankan corporate image XL Axiata.

ABSTRACT
The increasing of social media user has raised a new media for public relations. This opportunity is used by XL Axiata to create a facebook fans page XL Rame and twitter account XL123 which used as communication medium to give information about products and services of XL. This study aims to understand the roles of social media to build brand image and its role to maintain the corporate image of XL Axiata, with case studies on the facebook fan page XL Rame and twitter XL123. The Concepts which used in this study are the Social Media Network, MPR, Cyber PR, Brand Image and Corporate Image. This research uses a post positivist paradigm, qualitative and descriptive approach. The research objects are social media management XL team member, admin of XL Rame and admin of XL123. In this study it was found that social media is not very instrumental in building the brand image and also not play a role in maintaining the corporate image XL Axiata."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Elfadhyaksa
"ABSTRAK
Banyaknya pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) membuat kebutuhan bersaing antar pelaku semakin tinggi agar bisa bertahan dan terus melanjutkan usahanya. Dibutuhkan upaya promosi agar tujuan tersebut tercapai seperti dengan beriklan secara online, salah satunya dengan iklan facebook. Facebook menawarkan beragam pilihan tujuan promosi –sepertii drive online sales, increase local sales, promote app, dan increase brand awareness-- yang dikhususkan bagi para penggunanya yang memiliki bisnis. Komponen-komponen tersebut ditawarkan dengan harga terjangkau, sangat sesuai dengan pelaku Usaha Kecil Menengah yang memiliki budget terbatas. Namun, para pelaku Usaha Kecil Menengah masih banyak yang belum memahami cara penggunaan dan keuntungan-keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan iklan facebook. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode studi literatur, dalam makalah ini penulis ingin memaparkan peran iklan facebook sehingga mampu memenuhi kebutuhan promosi serta mempertahankan keberlangsungan usaha pelaku Usaha Kecil Menengah.

ABSTRACT
Many perpetrators of Small and Medium Enterprise (SME) make higher competing needs to survive and continue to carry out their business. It takes promotional efforts in order to achieve such of goals by online advertising, especially with facebook ads. Facebook offers a wide selection of promotional purposes, such as drive online sales, increase of local sales, increase brand awareness and promote the app which are all designed for facebook users who own the business. The components are offered at affordable price to SMEers who have limited budget. On the other hands, many SMEers do not understand how to use and what is benefit obtained by using facebook advertising. Therefore, by using literature study method, the author wanted to explain the role of facebook advertising to meet the needs and maintain business continuity of SMEs."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Marsha Windira
"Skripsi ini membahas tentang keterlibatan terhadap merek (brand engagement) pada Facebook. Ketertarikan merek dalam menggunakan Facebook sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka kian meningkat. Merek telah menyadari peran dari Facebook adalah untuk membangun engagement dan awareness. Pada Facebook, jumlah ?like?, komen, dan share adalah manifestasi untuk brand engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap konsumen yang terlibat terhadap sebuah merek melalui "like" pada Facebook dan mengetahui pengaruhnya terhadap brand outcome yang berupa Brand Love, Word of Mouth, dan Brand Acceptance. Penelitian ini mengambil studi kasus merek Dove Indonesia yang merupakan salah satu merek yang aktif di Facebook dan memiliki pengikut yang banyak. Dengan mengambil sampel penelitian dari 150 responden, data hasil penelitian diolah menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa keterlibatan konsumen dengan sebuah merek memiliki pengaruh terhadap terbentuknya Brand Love dan memediasi hubungan antara self expressive brand terhadap Brand Advocacy yang berupa Word of Mouth dan Brand Acceptance
This study examines brand engagement on Facebook. The growth of interest in the use of Facebook as part of brand's marketing strategy is increasing. Brands have embraced Facebook as a key marketing channel to drive engagement and brand awareness. On Facebook, the number of "like", comment and share a brand?s page receives are a manifest variable for brand engagement. This research is to identify consumer behaviour which are involved with a brand through ?like? on Facebook and to identify its relationship towards brand outcome in the form of Brand Love, Word of Mouth and Brand Acceptance. This research utilises case study of brand Dove Indonesia, an Indonesian brand that is most active on Facebook and has plenty of followers. By acquiring a sample of 150 respondents, gathered data on this research was processed by using Structural Equation Modelling. The result of this research shows that consumer involvement with a brand has impact towards Brand Love and mediating the relationship between Self-Expressive Brand and Brand Advocacy in the form of Word of Mouth and Brand Acceptance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60862
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Devie Rahmawati
"Tesis ini merupakan penelitian mengenai Hegemoni dalam Facebook. Penelitian ini bertujuan pada upaya membongkar motif dibalik dukungan para Facebookers pada grup facebook dukungan Bibit-Chandra sehingga mampu menjadi salah satu pressure group bagi pemerintah. Lalu, dalam tataran pragmatis, penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan yang ilmiah tentang fenomena grup dukungan dalam Facebook, merupakan fenomena yang harus diwaspadai secara politik atau tidak. Sumber data adalah teks dalam grup dukung Bibit-Chandra. Landasan metodologi adalah pendekatan Cultural Studies, yaitu pendekatan teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang publik internet, dalam kasus facebook, ternyata tidak menjadi ruang demokrasi yang sempurna. Facebook tidak terlepas dari praktik hegemoni dari kepentingan kelompok yang mengusung ideologi tertentu."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia , 2010
T27585
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Shabila Annisa Diningsih
"Studi literatur mengenai krisis komunikasi terus berkembang. Hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh isu-isu di masyarakat, seperti pandemi atau bencana alam. Literatur mengenai krisis komunikasi juga berkembang karena kehadiran dan perkembangan media baru, salah satunya adalah media sosial. Sepanjang satu dekade terakhir, studi ilmiah yang menganalisis praktik terbaik atau implikasi praktik penggunaan media sosial dalam manajemen krisis komunikasi terus berkembang. Makalah ini melakukan kajian literatur terhadap lima belas jurnal pene litian internasional tentang penggunaan media sosial dalam manajemen krisis komunikasi. Hasilnya, ditemukan lima tema utama tentang peran media sosial dalam manajemen krisis komunikasi, yaitu media sosial berbasis teks lebih efektif dalam manajemen krisis komunikasi dibandingkan media sosial berbasis visual, media sosial efektif jika berperan sebagai sarana penyebaran informasi yang cepat dan akurat, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membangun dialog interaktif dengan pemangku kepentingan sosial dapat digunakan untuk melakukan monitoring , media atau pengawasan terhadap opini publik di masa krisis komunikasi, serta penggunaan media sosial harus tetap dilengkapi oleh penggunaan media tradisional dalam manajemen krisis komunikasi.

Literature studies related to crisis communication continue to grow. The growth is not only caused by the issues within the society, such as pandemics or natural disasters, but als o caused by the presence and development of the new media, one of which is social media. Over the past decade, scientific studies analyzing best practices or practical implications on using social media as a part of communication crisis management have con tinued to evolve. This paper conducts a literature review of fifteen international research journals about the use of social media in crisis communication management. The result shows that there are five main themes regarding the topic, namely textmanagement than visualbased s ocial media is more effective in communication crisis based social media, social media is effective if it is used to disseminate information quickly and accurately, social media can be utilized as a means to build interactive dialogu e with stakeholders, social media can be used to monitor or supervise public opinion in times of communication crisis, and the use of social media must still be complemented by the use of traditional media in crisis communication management."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>