Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 195870 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nudzran Yusya
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perbedaan persepsi
pada kelompok tingkat pendidikan tinggi dan kelompok tingkat pendidikan
rendah terhadap tingkah laku civil. Fokus tingkah laku civil yang akan di teliti
adalah tingkah laku sopan santun, respek, empati dan kewajiban warga kota.
Partisipan dalam penelitian ini adalah 138 orang yang memiliki tingkat
pendidikan tinggi (pendidikan terakhir D1, D3, S1, dan S2) maupun pendidikan
rendah (pendidikan terakhir SD dan SMP) di Jakarta. Alat ukur utama yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil dari penelitian awal terhadap
59 mahasiswa, untuk menemukan pengertian dan elemen civility yang dipahami
oleh mereka. Kuesioner penelitian, kemudian dikembangkan untuk kelompok
pendidikan tinggi dan rendah. Partisipan diminta untuk mengurutkan 20
tingkah laku (terdapat 4 elemen dan pada masing-masing elemen terdapat 5
tingkah laku civil) berdasarkan peringkat 1 sampai 5. Peringkat 1 paling
menggambarkan elemen tertentu, sedangkan peringkat 5 tidak menggambarkan
elemen tertentu. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan pada
kedua kelompok.

ABSTRACT
This study aimed to describe the differences in the perception of civil behavior
elements (politeness, respect, empathy and obligations of citizens) of high
education level group and low education level group. Participants in this study
consist of high education level group (1-year Diploma, 3-year diploma,
undergraduate, and graduate) and low education level group (elementary and
junior high school) in Jakarta as many as 138 people. The main measuring
instrument used in this study is based on the result of the preliminary research
conducted by the researchers. Participants were asked to rank several behaviors
from rank 1 to 5. Rank 1 best describes the elements, while rank 5 does not
describe the elements. There was no difference between the two groups
regarding the behavior that best described the obligations of citizens.
Meanwhile, there was a difference between high education level group and low
education level group regarding the behavior that best described politeness,
respect, and empathy. Items used in future studies are expected to be more
easily understood by participants. This study is expected to be introspection and
a benchmark for civil behaviors in Jakarta, as well as being a reference future
intervention regarding civility in urban areas."
2016
S62871
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Ilman Alqadri M.
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi pada
kelompok white collar, blue collar dan pink collar worker terhadap elemen
tingkah laku civil (sopan santun, respek, empati dan kewajiban warga kota).
Partisipan dalam penelitian ini adalah kelompok pekerja di Jakarta. Alat ukur
utama yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil dari penelitian
awal yang dilakukan oleh peneliti. Partisipan diminta untuk mengurutkan
tingkah laku yang paling menggambarkan elemen civility berdasarkan ranking.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik white collar worker, blue collar
worker dan pink collar worker secara signifikan memiliki perbedaan persepsi
dalam memandang tingkah laku civil dari masing masing elemen, yaitu
kewajiban warga kota, sopan santun, respek dan empati. Penelitian selanjutnya
disarakankan melakukan wawancara untuk mendapatkan data yang lebih kaya
mengenai persepsi tingkah laku civil dari ketiga kelompok pekerja.

ABSTRACT
The research purpose is to describe the differences in the perception of civil
behavior elements (politeness, respect, empathy, and obligations of citizen)
among white collar, blue collar, and pink collar worker. The participants were
employees in Jakarta area. Primary measurement tool used in the research was
the result of a preliminary study. Participants were asked to put the most
describing civil behaviors in order of ranking. The result showed either white
collar, blue collar, or pink collar worker had differences in perceiving civil
behavior based on each element (politeness, respect, empathy, and obligations
of citizen). Future researches are suggested to include interviews to obtain a
deeper understanding on perception of civil behavior from the three groups of
worker."
2016
S65424
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Layalia Fatharani
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai perbedaan
persepsi diri terhadap tingkah laku menyontek pada kelompok siswa kelas 12
berdasarkan kecenderungan orientasi tujuan berprestasi. Pengukuran persepsi
siswa terhadap tingkah laku menyontek menggunakan alat ukur berupa kuesioner
atau self-report yang dimodifikasi dari beberapa alat ukur (Anderman, Grissinger,
dan Westerfield 1998; Bolin, 2004; deLambret dkk.; 2003; Lambret dkk., 2003).
Pengukuran orientasi tujuan berprestasi siswa menggunakan alat ukur Patterns of
Adaptive Learning Scale (PALS) yang dikembangkan oleh Midgley dkk. (2000).
Responden penelitian ini berjumlah 88 siswa kelas 12 SMA yang berasal dari
berbagai sekolah yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
tidak terdapat perbedaan persepsi diri terhadap tingkah laku menyontek pada
kelompok siswa berdasarkan kecenderungan orientasi tujuan berprestasi. Skor
persepsi diri terhadap tingkah laku menyontek yang rendah terdapat pada
kelompok siswa dengan kecenderungan orientasi tujuan mastery. Di sisi lain,
kelompok dengan orientasi tujuan performance memiliki persespsi diri terhadap
tingkah laku menyontek yang tinggi. Hasil penelitian sudah sejalan dengan teori
orientasi tujuan berprestasi yang menyatakan bahwa siswa dengan kecenderungan
orientasi tujuan mastery akan cenderung tidak menyontek.
ABSTRACT
This study was conducted to get an idea of the difference of self-perception
towards academic cheating behavior in 12th grade student groups based on
achievement goal orientation tendency. The measurement of self-perception
towards academic cheating using self-report questionnaire that has modified
from some measurement (Anderman, Grissinger, and Westerfield 1998; Bolin,
2004; deLambret et al .; 2003; Lambret dkk., 2003). Student achievement of
goal orientation were measured by Patterns of Adaptive Learning Scales
(PALS) which developed by Midgley etc. (2000). This respondents were 88
high school students in 12th grade from several different schools. The results
showed that there was no difference of mean of self-perception towards
academic cheating on 12th grade group based on achievement goal orientation
tendency. Mean of self-perception towards academic cheating are the lowest in
the group of students with performance goal orientation tendencies. In the Other
hand, group of student with mastery goal orientation tendencies have a high
mean of self-perception towards academic cheating. The results has been
consistent with the achievement goal orientation theory which states that
students with mastery goal orientation tendencies will not tend to cheat."
2014
S60647
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soefiannagoya Soedarman
"ABSTRAK
Skabies merupakan penyakit kulit infeksius utama yang sering ditemukan
di tempat padat penghuni yang memungkinkan kontak fisik antar orang misalnya
di pesantren. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui prevalensi skabies dan
hubungannya dengan perilaku kebersihan dan tingkat pendidikan santri. Studi ini
dilaksanakan di sebuah pesantren di Jakarta Selatan menggunakan desain cross
sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli-September 2013
menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai perilaku kebersihan dan
pemeriksaan dermatologi. Data diolah dengan SPSS 20 dan diuji dengan Fischer
exact test. Hasilnya menunjukkan dari 98 santri, 67 positif skabies (prevalensi
68,4%). Dari 16 santri yang berperilaku baik 10 orang terinfeksi skabies dan dari
82 santri yang berperilaku buruk 57 orang mengidap skabies. Santri dengan
pendidikan ibtidaiyah paling banyak terinfeksi skabies (52%), diikuti tsanawiyah
(32%) dan aliyah (16%). Tidak terdapat perbedaan bermakna antara prevalensi
skabies dengan perilaku kebersihan (uji fischer, p=0.571) dan pendidikan (uji
fischer p=0.384). Disimpulkan prevalensi skabies tidak berhubungan dengan
perilaku kebersihan dan pendidikan.

ABSTRACT
Scabies is one of infectious skin disease that mostly finds in crowded
environment, which cause high possibility of direct contact between peoples
inside, one of the example is Pesantren. Purpose of this research is to know the
prevalence of scabies, and its association with behavior, and level of education of
santris. This study was performed in A pesantren in South Jakarta by using crosssectional
design. Data in this research took from July until September 2013 by
using questionnaire consists of questions regarding hygiene, and dermatological
examination. The data was analyzed with SPSS 20, and was tested by Fischer
exact test. Results showed form 98 santris, 67 of them are positive from scabies
(64.8% prevalence). Moreover, 10 from 16 good behavior santris were infected.
On the other hand, 57 from 82 santris with bad behavior suffered from scabies.
Ibtidaiyah became the highest level of education that suffered from scabies (52%),
followed by tsanawiyah, and aliyah (32%, and 16% respectively). There is no
significant difference between prevalence of scabies with behavior (Fischer exact
test, p=0.571), and level of education of santris (Fischer exact test, p=0.384). It
can be summarize that there is no significant association between prevalence of
scabies with behavior, and level of education of santris."
2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sona Pribady
"Melalui penelitian ini, penulis ingin melihat pengaruh identifikasi dan ancaman terhadap identitas sosial, terutama yang mengarah pada diri individu, dalam pengambilan keputusan pada kondisi dilema sosial melalui permainan prisoner`s dilemma. Berdasarkan penjelasan pada teori identitas sosial dan teori mengenai ancaman terhadap identitas sosial, penulis menduga bahwa tingkat identifikasi dan kehadiran ancaman identitas sosial yang mengarah pada diri individu akan mempengaruhi pengambilan keputusan partisipan ketika dihadapkan pada kondisi dilema sosial, yaitu apakah partisipan akan lebih kooperatif atau non-kooperatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental, dengan desain within-subject 2 (Identifikasi: Tinggi vs rendah) X 3 (Ancaman terhadap identitas sosial: prototypical vs kategorisasi vs kontrol). Hasil analisis dari penelitian yang dilakukan tidak menunjukan dukungan terhadap dugaan tersebut χ (1, N = 165) = 1.610, p > 0.05. Dengan demikian, tidak ada pengaruh yang signifikan dari tingkat identifikasi dan ancaman terhadap identitas sosial pada pengambilan keputusan dalam kondisi dilema sosial.

Within this research, author wanted to study about identification level and social identity threat, especially which is directed on individual self, on decision making in social dilema condition through prisoner`s dilema game. Based on social identity theory and social identity threat theory, author predicted that identification level and social identity threat which is directed on individual self will influence decision making process on participant when they were being on social dilemma condition, whether they will be more cooperative or noncooperative. This research used experimental method, within subject design 2 (Identification: High vs low) X 3 (Social identity threat: prototypical vs categorization vs control). Our results of analysis from this research showed that there were no supportive finding to our hypotheses χ (1, N = 165) = 1.610, p > 0.05. This finding concludes that there is no significant effect from identification level and social identity threat on decision making process in social dilemma condition."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T43884
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Prasetyanto
"Manajemen kinerja merupakan suatu proses untuk meningkatkan kinerja pegawai dimana hasil dari proses manajemen kinerja akan digunakan dalam proses pendidikan dan pelatihan. Persepsi terhadap efektifitas proses manajemen kinerja yang dimulai dari pengembangan perencanaan kinerja pemantauan dan monitoring kinerja serta penilaian kinerja akan mempengaruhi motivasi pegawai dalam mengikuti diklat teknis. Motivasi tersebut antara lain menambah pengetahuan dan keterampilan memperbaiki kompetensi dan kinerja serta meningkatkan status dan peluang untuk mencapai kedudukan yang lebih tinggi. Penelitian ini dilakukan pada 3 tiga unit kerja di kantor Kementerian Sekretariat Negara dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi tentang efektifitas manajemen kinerja terhadap motivasi dalam mengikuti diklat teknis. Berdasarkan hasil survei oleh 100 responden tidak ditemukan pengaruh persepsi tentang efektifitas manajemen kinerja terhadap motivasi dalam mengikuti diklat teknis.

Performance management is a process to improve the employees performance where the main result of performance management will be used in education and training process. The perception of the effectiveness of the performance management process starting from the development of performance planning performance monitoring and control and performance evaluation will influence the employees motivation in joining technical education and training. That motivation will affect the employees to increase their knowledge and skills improve their competence and performance and raise status and opportunities to achieve higher positions. This research was conducted at three work units at the Ministry of State Secretariat in order to analyse the influences of the perception of the performance management effectiveness to the motivation in joining technical education and training. Based on the result survey of the 100 respondents there was not found the influences of the perception of the performance management effectiveness to the motivation in joining technical education and training.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34738
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhona Irani
"Glikosaminoglikan merupakan komponen penyusun glikokaliks yang berperan penting dalam per selektivitas muatan anionik kapiler glomerulus. Gangguan hemodinamik dan metabolik akibat hiperglikemia kronis menyebabkan peluruhan komponen glikokaliks endotel. Beberapa pedoman telah menyetujui keamanan tiap OAD berdasarkan fungsi ginjal. Tujuan penelitian adalah menilai keamanan penggunaan metformin (metformin dan metformin-glimepirid) berdasarkan fungsi ginjalnya serta menilai perbandingan kadar GAG urin pasien DMT 2 kelompok risiko rendah terhadap risiko sedang-tinggi PGK. Desain penelitian potong lintang dan metode consecutive di Puskesmas Depok Jaya dan Kecamatan Pasar Minggu. Sampel urin dan darah dikumpulkan untuk pengukuran eLFG, HbA1c, ACR, dan kadar GAG urin. Sebanyak 137 partisipan dinilai keamanan penggunaan metformin berdasarkan fungsi ginjalnya. Terdapat ketidaksesuaian pada 1 partisipan dalam penggunaan metformin (n=55) dan semua partisipan (n=82) sesuai dengan pedoman dalam penggunaan metformin-glimepirid. Hanya 121 partisipan yang dianalisis kadar GAG urin menggunakan 1,9-DMMB dan terdiri dari 4 yaitu kelompok risiko rendah PGK: G1-A1(eLFG ≥90ml/min/1,73m² - <30mg/g) (n=25) dan G2-A1(eLFG 60-89ml/min/1,73m² - <30mg/g) (n=45) serta risiko sedang-tinggi PGK: GI-A2(eLFG ≥ 90ml/menit/1,73m² - >30mg/g) (n=23) dan G2-A2(eLFG 60-89ml/menit/1,73m² - >30mg/g) (n=28). Tidak ada perbedaan bermakna (p<0,05) pada karakteristik dasar dan klinis keempat kelompok kecuali usia (p=0,006) dan HbA1c (p<0,001). Tidak terdapat perbedaan kadar GAG urin yang bermakna antara kelompok G1 dengan G2 (p=0,290) serta pada keempat kelompok (p=0,221). Terdapat perbedaan kadar GAG urin yang bermakna (p=0,034) pada kelompok normoalbuminuria dan albuminuria. Faktor lain seperti durasi DMT 2 >5 tahun dan komorbiditas dapat meningkatkan kadar GAG urin. Oleh karena itu, diperlukan studi lanjut mengenai potensi GAG urin pada awal perkembangan penyakit ginjal diabetes.

Glycosaminoglycans are components of the glycocalyx which play an important role in the permeselectivity of the anionic charge of the glomerular capillaries. Hemodynamic and metabolic disturbances due to chronic hyperglycemia cause the breakdown of the glycocalyx component of the endothelium. Several guidelines have agreed on the safety of each OAD based on renal function. The aims of this study were to assess the safety of using metformin (metformin and metformin-glimepiride) based on kidney function and to evaluate the comparison of urinary GAG levels in patients with DMT 2 in low-risk groups to moderate-high risk of CKD. Cross-sectional research design and consecutive in Depok Jaya Public Health Center and Pasar Minggu District. Urine and blood samples were collected for measurement of eGFR, HbA1c, ACR, and urinary GAG levels. A total of 137 participants assessed the safety of using metformin based on their kidney function. There was a discrepancy in 1 participant in the use of metformin (n=55) and all participants (n=82) according to the guidelines for the use of metformin-glimepiride. Only 121 participants were analyzed for urine GAG ​​levels using 1,9-DMMB and consisted of 4 low risk groups for CKD: G1-A1(eGFR 90ml/min/1.73m² - <30mg/g) (n=25) and G2-A1(eGFR 60-89ml/min/1.73m² - <30mg/g) (n=45) and moderate-high risk of CKD: GI-A2(eGFR 90ml/min/1.73m² - >30mg/g) (n=23) and G2-A2(eLFG 60-89ml/min/1.73m² - >30mg/g) (n=28). There was no significant difference (p<0.05) in the baseline and clinical characteristics of the four groups except age (p=0.006) and HbA1c (p<0.001). There was no significant difference in urine GAG ​​levels between the groups G1 with G2 (p= 0.290) and in the four groups (p= 0.221). There was a significant difference in urine GAG ​​levels (p= 0.034) in the normoalbuminuria and albuminuria groups. Other factors such as duration of DMT 2 > 5 years and comorbidities can increase urinary GAG levels. Therefore, further studies are needed regarding the potential of urinary GAGs in the early development of diabetic kidney disease. "
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Novi Ernalita
"Sekolah, sebagai salah satu Iingkungan pendidikan, sangat dibutuhkan untuk mengembangkan individu dalam aspek kognitif dan afektif, yang penting sesuai dengan tuntutan masa sekarang ini sebagai masa pembangunan. Salah satu petunjuk bahwa seorang siswa berhasil mengembangkan aspek kognitif dan afektifnya di sekolah adalah prestasinya. Tetapi prestasi belajar siswa inilah yang menjadi masalah dalam jenjang pendidikan SMU. Jenjang pendidikan dimana siswa yang dididik adalah individu usia remaja, yang merupakan usia transisi dimana individu mengalami perubahan baik secara fisik dan psikologis dari anak-anak menjadi dewasa. Matematika adalah salah satu disiplin ilmu yang diajarkan di SMU. Ia berperan mempersiapkan siswa masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, menjadi pemikiran yang melandasi semua ilmu pengetahuan dan filsafat.
Salah satu komponen vital di sekolah yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, termasuk prestasi belajar matematika adalah guru, dalam hal ini guru matematika melalui harapannya yang dikomunikasikan dalam tingkahlakunya selama interaksi guru-siswa di dalam kelas. Tingkahlaku guru yang mengindikasikan harapannya terhadap siswa dapat muncul dalam empat kategori, yaitu Umpan Balik, Interaksi Verbal, Interaksi Interpersonal dan Strategi Instruksional yang operasionalisasinya terbagi menjadi 16 jenis tingkahlaku. Tingkahlaku guru matematika menjadi penting untuk diteliti karena dapat menjadi faktor yang meningkatkan sekaligus menghambat siswa untuk menyukai dan berprestasi dalam mata pelajaran matematika. Mengingat besarnya pengaruh tingkahlaku guru tersebut, maka timbul pertanyaan apakah ada perbedaan harapan guru matematika yang dikomunikasikan melalui tingkahlakunya terhadap siswa yang dipersepsi prestasi belajar matematika yang berbeda, antara siswa yang berprestasi belajar matematika tinggi dan berprestasi belajar matematika rendah.
Alasan peneliti untuk rnembatasi penelitian hanya pada siswa SMU karena peneliti melibat bahwa siswa SMU sudah cukup dewasa untuk dapat menangkap dan mengerti harapan guru yang dikomunikasikan melalui tingkahlakunya selama interaksi guru-siswa di dalam kelas. Selain itu, mata pelajaran matematika yang menjadi pelajaran utama di semua jenjang pendidikan, dianggap lebih penting perannya terhadap siswa SMU untuk mempersiapkan siswa masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Subyek dalam penelitian ini berjumlah 24 orang siswa kelas 2 SMU yang diambil dari 2 kelas yang berbeda (27:12) dan 2 orang guru matematika SMU yang diambil dari SMU Negeri 21, Jakarta. Subyek ini untuk tiap-tiap kelas kernudian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok siswa yang dipersepsi oleh guru memiliki prestasi matematika tinggi dan kelompok siswa yang dipersepsi oleh guru memiliki prestasi matematika rendah. Untuk mengukur perbedaan harapan guru matematika terhadap kedua kelompok siswa tersebut, digunakan metode wawancara guru dan observasi natural perbedaan tingkahlaku guru matematika terhadap siswa yang dipersepsi berprestasi matematika tinggi dan berprestasi matematika rendah. Untuk mengontrol pengaruh inteligensi terhadap prestasi belajar matematika siswa, digunakan tes Advanced Progressive Matrices dari Raven. Analisa terhadap hasil wawancara guru dan observasi di dalam kelas dibagi menjadi 4 macam. Pertama, menghitung reliabilitas observasi dengan menghitung kesepakatan antar pengamat. Kedua, adalah menghitung signifikansi perbedaan tingkah laku masing-masing guru terhadap siswa di kelas yang ia ajar dengan menggunakan metode statistik nonparametrik, tes tanda (sign test). Ketiga adalah analisa terhadap hasil observasi tingkahlaku guru terhadap siswa di dalam kelas yang berbentuk deskripsi hasil observasi dan yang terakhir adalah analisa terhadap hasil wawancara dengan guru berupa harapan guru terhadap prestasi belajar matematika siswa serta tingkahlakunya terhadap siswa selama interaksi guru-siswa di dalam kelas.
Hasil analisa menunjukkan untuk Bapak A, ada perbedaan yang signifikan dalam tingkahlaku 6 (mengajukan pertanyaan kepada siswa), tingkahlaku 10 (berinteraksi dengan siswa di depan umum), tingkahlaku 11 (berinteraksi dengan siswa tidak di depan umum) dan tingkahlaku 14 (mengajarkan strategi belajar yang efektif) terhadap kelompok siswa yang dipersepsi berprestasi matematika tinggi dan berprestasi matematika rendah. Sedangkan tingkahlaku Bapak A tidak berbeda secara signifikan terhadap kedua kelompok tersebut dalam jenis tingkahlaku lainnya. Analisa terhadap Bapak B menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dalam tingkahlaku 9 (melakukan kontak mata dengan siswa), tingkahlaku 10 (berinteraksi dengan siswa di depan umum), tingkahlaku ll (berinteraksi dengan siswa tidak di depan umum) dan tingkahlaku 16 (mengabaikan untuk memberi bantuan ketika siswa mengerjakan tugas mandiri terhadap kelompok siswa yang dipersepsi berprestasi matematika tinggi dan berprestasi matematika rendah. Sementara itu hasil analisa terhadap hasil wawancara dengan kedua guru ditemukan bahwa untuk Bapak A ada perbedaan harapan terhadap prestasi belajar siswa yang dipersepsi berprestasi matematika tinggi dan berprestasi matematika rendah. Sedangkan Bapak B tidak memiliki harapan yang berbeda terhadap kedua kelompok siswa tersebut.
Untuk penelitian lanjutan disarankan penelitian pada guru dan siswa dengan jumlah yang lebih besar, agar diperoleh gambaran yang lebih kaya lagi. Selain itu dapat pula dilakukan penelitian yang sama dengan membandingkan harapan dari guru yang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda terhadap prestasi belajar siswa."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1997
S2563
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian L. Izwar
"ABSTRAK
Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa yang
ditandai dengan pembahan secara fisik, kognitif dan sosial emosional (Santrock, 1990).
Masa ini dikenal juga sebagai masa pubertas yang ditandai terutama dengan perkembangan
karakteristik seks primer dan sekunder (Turner & Helms, 1987). Masa pubertas ini secara
intrinsik berkaitan dengan seksualitas (Tolan & Cohler, 1993) sehingga pada masa ini remaja
mulai tertarik pada Iawan jenisnya. Dalam perkembangan psikososial, remaja mulai memasuki
tahap heterosociality dimana ia mendapatkan kesenangan dalarn berhubungan dengan
teman dari jenis kelamin yang sama atau lawan jenisnya (Rice, 1990). Dalam salah satu
tugas perkembangan yang dikemukakan oieh Havighurst (dalam Turner & Helms, 1987)
remaja juga diharapkan untuk dapat membina hubungan yang lebih matang baik dengan
teman Iaki-laki maupun dengan perempuan dan mempersiapkan diri untuk menikah. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa hubungan antara remaja pria dan wanita merupakan hal
yang wajar.
Dewasa ini fenomena pacaran pada remaja awal yang berusia antara 12-15 tahun
semakin sering ditemui. Beberapa remaja putri yang masih duduk di bangku SLTP
mengatakan bahwa mereka telah punya pacar. Pada penelitian ini batasan pacaran yang
digunakan adalah hubungan yang tetap antara remaja putri dan remaja putra yang ditandai
dengan adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersama namun belum ada komitmen
untuk menikah. Rice (1990) mengemukakan tujuh tujuan pacaran, yaitu rekreasi, persahabatan tanpa adanya tanggung jawab untuk menikah, status dan prestasi, sosialisasi,
memperoleh pengalaman dan kepuasan seksual, memilih teman hidup dan mendapatkan
keintiman. Sementara kegiatan pacaran pada penelitian ini dlkelompokkan menjadi kegiatan
bersama hanya dengan pasangan, kegiatan bersama pasangan dalam kelompok dan
kegiatan yang mengarah pada tingkah Iaku seksual.
Masalah yang kemudian muncuI adalah pandangan orang tua yang berbeda terhadap
masalah pacaran ini. Penelitian Gunawan (1983) menunjukkan bahwa para ibu tidak setuju
jika remaja putri mereka yang berusia antara 12-15 tahun berpacaran. Sementara penelitian
Winarini (1980) mengemukakan bahwa masalah yang paling banyak dialami remaja dalam
hubungan heteroseksual adalah tidak punya pacar. Tema mengenai hubungan seksual ini
juga merupakan tema yang sering muncul dalam fantasi anak usia puber berdasarkan
penelitian Soegiharto (1986). Dari ketiga penelitian ini dapat dikatakan bahwa ibu umumnya
tidak setuju remaja putri mereka berpacaran sedangkan remaja ingin punya pacar. Mengingat
persepsi menentukan bagaimana individu harus menghadapi lingkungannya dan
mendefinisikan situasi yang ada maka perlu diketahui bagaimana persepsi ibu dan remaja
putri mengenai pacaran ini agar konflik-konflik yang mungkin timbul dapat dihindari. Yang
dimaksud dengan persepsi di sini adalah kategorisasi dan interpretasi terhadap suatu stimulus
yang dilakukan secara selektif oleh individu untuk memberi makna pada Iingkungannya.
Dengan demikian masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimanakah persepsi ibu dan
remaja putri usia 12-15 tahun terhadap tujuan dan bentuk tingkah Iaku pacaran yang
dilakukan oleh remaja putri usia 12-15 tahun ?
Penelitian ini bersifat deskriptif dan alat pengumpul data yang digunakan adalah
itemized rating scales unluk mengukur persepsi terhadap tujuan dan bentuk tingkah Iaku
pacaran pada 50 orang ibu dengan pendidikan minimal SLTA dan 50 orang remaja putri usia
12-15 tahun.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa baik ibu maupun remaja putri mempersepsi
tujuan pacaran dan remaja putri usia 12-15 tahun adalah untuk belajar mengenai aturan-
aturan sosial dan bagaimana berhubungan dengan orang lain. Di samping itu bagi remaja
putri kegiatan pacaran juga merupakan salah satu sarana bagi remaja putri untuk memenuhi
keinginan berada bersama-sama dengan Iawan jenis, menerima afeksi dan cinta,
mengembangkan keterbukaan, saling percaya dan saling menghargai. Ibu maupun remaja
putri tidak mempersepsi bahwa tujuan remaja putri usia 12-15 tahun berpacaran adalah untuk memilih teman hidup. Sementara itu baik ibu maupun remaja putri tidak mempersepsi
kegiatan bersama hanya dengan pasangan, kegiatan bersama pasangan dalam kelompok
dan kegiatan yang mengarah pada tingkah Iaku seksual sebagai bentuk tingkah laku pacaran
yang dilakukan oleh remaja putri usia 12-15 tahun. Hasil yang menarik adalah remaja putri
yang pernah punya pacar mempersepsi bahwa kegiatan hanya bersama dengan pasangan
dan kegiatan bersama pasangan dalam kelompok merupakan kegiatan remaja putri usia 12-
15 tahun pada waktu berpacaran sementara remaja putri yang belum pernah punya pacar
tidak mempersepsi demikian. Hasil Iain menunjukkan bahwa hampir semua ibu
mengemukakan bahwa putri mereka yang saat ini berusia antara 12-15 tahun belum punya
pacar dan hampir semua ibu tidak mengizinkan putri mereka tersebut untuk punya pacar saat
ini.
Sehubungan dengan hasil di atas hal-hal yang dapat disarankan adalah ibu dapat
lebih peka terhadap perilaku putrinya, khususnya yang berkaitan dengan hubungan pria dan
wanita serta membuka komunikasi dengan putrinya dan dapat menerima perasaan-perasaan
remaja tersebut sehingga remaja putri dapat memperoleh arahan untuk menghadapi berbagai
hal yang ditemuinya dalam menginjak masa remaja. Pendidikan seks yang benar dan orang
tua diharapkan dapat rnembantu individu Iebih siap untuk memasuki masa remaja. Untuk
kepentingan ilmu pengetahuan dapat dilakukan penelitian Ianjutan mengenai tujuan dan
bentuk kegiatan pacaran yang dilakukan oleh remaja pada sampel yang Iebih Iuas sehingga
dapat diperoieh gambaran yang menyeluruh mengenai kegiatan pacaran yang mereka
Iakukan."
1996
S2849
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clarissa Emiko Talitaputri
"Filariasis merupakan salah satu penyakit infeksi yang endemis di Indonesia, salah satunya di Kota Depok. Penyakit ini menyebabkan cacat permanen sehingga menurunkan produktivitas seseorang dan berdampak pada perekonomian suatu negara. Salah satu strategi untuk mencegah dan memutus rantai penularan penyakit ini yaitu melalui program pemberian obat massal pencegahan (POMP) filariasis dengan cakupan pengobatan sebagai indikator keberhasilan. Desain penelitian ini adalah studi cross-sectional, dilakukan dengan pengambilan data melalui kuesioner pada 106 responden yang dipilih secara consecutive sampling di dua Kelurahan. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS 11.5 yang dilanjutkan analisis dengan uji chi-square. Tidak terdapat hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan cakupan pengobatan (p=0,408) dan pengetahuan masyarakat mengenai filariasis dengan cakupan pengobatan (p=0,501) di Kelurahan Sukmajaya. Namun sebaliknya diperoleh adanya hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan cakupan pengobatan (p=0,000) dan pengetahuan masyarakat mengenai filariasis dengan cakupan pengobatan (p=0,013) di Kelurahan Tirtajaya. Tingkat pengetahuan dan pendidikan dapat berpengaruh terhadap cakupan pengobatan filariasis, namun hal ini masih dapat dipengaruhi hal lain seperti perbedaan nilai yang dianut kelompok masyarakat yang berbeda.

Filariasis is one of the infectious diseases endemic in Indonesia, including Depok city. This disease causes permanent disability resulting in lower productivity and have impact on economic aspect of a country. One strategy to prevent and break the chain of transmission of filariasis is through mass preventive-drug administration with coverage of taking mass preventive-drug administration as an indicator of success. The study design was cross-sectional study, conducted by collecting data through questionnaires to 106 respondents that were selected by consecutive sampling in their respective villages. Data processed by the SPSS 11.5 program analysis followed by chi-square test. There was no significant association between level of education towards treatment coverage of taking medication (p=0.408) and knowledge about filariasis towards treatment coverage of taking medication (p=0.501) in Sukmajaya. On the contrary in Tirtajaya, there is significant correlation between level of education towards treatment coverage of taking medication (p=0.000) and knowledge about filariasis towards treatment coverage of taking medication (p= 0.013) in Tirtajaya. The level of education and knowledge about filariasis can affect the coverage of taking mass preventive-drug, but it can still be influenced by other things such as differences in shared values of different community."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>