Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22926 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Irsyad Alfatih
"ABSTRAK
Di dalam organisasi formal maupun nonformal selalu ada seseorang yang dianggap lebih dari yang lain, yang kemudian diangkat atau ditunjuk sebagai pimpinan atau kepala, yakni orang yang dipercayakan untuk mengatur orang lainnya. Pimpinan organisasi diharapkan memiliki sifat-sifat kepemimpinan, yang menunjukkan ketrampilannya dalam memimpin organisasi. Seorang pimpinan di perpustakaan membutuhkan ketrampilan sinergis antara ketrampilan manajerial bidang kepustakawanan dan kepemimpinan secara umum dalam rangka menciptakan suasana kerja yang kondusif agar staf perpustakaan berhasil memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat yang dilayani.
Perpustakaan umum di Kota Tenteram sejak tahun 2008 belum pernah mengalami pergantian pimpinan. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kepemimpinan perpustakaan umum kota Tenteram dalam mengembangkan sumberdaya manusia dan layanananya. Penelitian yang pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara ini, menemukan bahwa pimpinan perpustakaan umum kota Tenteram berperan penting dalam pembentukan budaya organisasi, terutama dalam menanamkan nilai disiplin kerja. Dalam kepemimpinannya, kepala perpustakaan umum kota Tenteram mengadopsi kepemimpinan otokratis yang terlihat pada cara kepala perpustakaan dalam mengambil keputusan, serta terlihat dari sikap stafnya yang dalam melakukan pekerjaannya termotivasi oleh rasa takut

ABSTRACT
In the formal and informal organization, it is always found someone who is considered more prominent than others, who then appointed or designated as a leader to manage other people. The Leaders of an organization is expected to have leadership qualities, which showed his skills in leading organizations. A leader in the library requires synergy between skills in library management and leadership in general in order to create a good working atmosphere and to encourage the library staff in providing the best services to the patron community. Tenteram City Public library since year of 2018 has never experienced a change of its leader. Research using qualitative approach aimed to identify the leadership of Tenteram City public library leader in developing human resources and library services. Data of this study are gathered through observation and interviews. It is found that The head of the library serves as a role model in imbedding working discipline, he never involved the staff in decision making, the fear of making mistake is the working atmosphere created in the library. The Research found that the head of Tenteram City public library adopts autocratic leadership."
2016
T45574
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Reza Fatahilla
"Skripsi ini membahas perilaku kepemimpinan Kepala Perpustakaan Matahari Terbit Jakarta. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui sebab dari adanya pemaknaan yang tidak baik terhadap perilaku kepemimpinan Kepala Perpustakaan oleh staf perpustakaan dalam melakukan kepemimpinan di perpustakaan Matahari Terbit Jakarta. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Catatan Lapangan (Field Notes) dan Koding (Coding) mulai dari tahap Open Coding, Axial Coding, Selective Coding hingga Interpretasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kepala perpustakaan tidak menerapkan perilaku kepemimpinan di perpustakaan Matahari Terbit dengan baik. Terlihat juga, kemampuan komunikasi khususnya dalam berkomunikasi secara tertulis maupun secara verbal yang dimiliki kepala perpustakaan tidak baik.

This thesis focus on leadership behavior of Head library based on unpleasant staff’s interpretation. Thesis purpose is to knowing the implementation of Head library leadership behavior. This thesis is a qualitative research using case study method. Furthermore, data collect method on this thesis doing trough observation, interview,and document analysis. On the other hand, data analysis method that implemented by researcher in this thesis are Field Notes and Coding. Despite of data analysis method, Coding that implemented begin from Open Coding, Axial Coding, Selective Coding then Interpretation. To summarize, as can be seen this research show that Head of Matahari Terbit Library did not implementing good leadership behavior concept during her duty at Matahari Terbit Library. At the same time, Head of Matahari Terbit Library’s communication competency such as verbal communication and nonverbal communication was not good enough. Under those circumstances, leadership behavior concept that implemented by Head Library seems ineffective and triggering unpleasant staff’s interpretation with Head library leadership behavior as well. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46312
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"In a time when libraries have to face constant change, this book provides examples and advises on how to lead when change is needed (for example, when quality management is implemented or when libraries have to merge or to relocate). Engaging with how constant change affects leadership in libraries and how leaders in libraries act in times of change."
Oxford, UK: Chandos , 2013
e20427157
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Kiki Fauziah
"Skripsi ini membahas mengenai gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September - November tahun 2012. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala kantor dan selanjutnya melihat bagaimana pencapaian visi dan misi yang terdapat di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner dan didukung dengan wawancara serta observasi langsung di lapangan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala kantor ialah gaya kepemimpinan demokrasi. Dampak dalam penerapan gaya demokrasi ini ialah sebagian besar para pegawai memahami secara jelas tupoksi yang diembannya sehingga pelaksanaan misi berjalan lancar dan hampir mengalami kemajuan yang berkesinambungan dalam mewujudkan visi yang terdapat di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan.

This thesis analyzes the leadership style which is implemented by the Head of the South Jakarta Administration Library and Archive Office. This research was conducted in September - November 2012. The aim of this research is to understand the leadership style of the head of office and to observe how it affects the achievement of the vision and mission of the South Jakarta Administration Library and Archive Office. The approach used in this research is quantitative, conducted through a survey method. Collection of the data is carried out through questionaires and supported by a interview and a direct observation on the field. Results of the research show that the leadership style of the head of the office is democratic leadership. The effects of the implementation of this democratic leadership style is that most of the employees understand clearly the tasks that they are responsible of. This results in a smooth operation of their mission, nearly resulting in a continuous progress in achieving the visions of the South Jakarta Administration Library and Archive Office."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44745
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McMenemy, David
London: Facet, 2009
027.4 MCM p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Ayu Rahmawati
"Skripsi ini membahas tentang pengadaan koleksi bahan pustaka di Perpustakaan Umum Kota Depok. Pengadaan koleksi dilakukan secara rutin setiap tahun, namun jumlah koleksi yang tersedia masih kurang dari standar karena kebijakan pengadaan koleksi dipegang oleh pemerintah kota. Pengadaan koleksi tidak dapat dilepaskan dari pandangan pustakawan terhadap pengadaan koleksi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus melalui wawancara dan obeservasi terahadap enam informan. Hasil dari Penelitian ini kebijakan perlu dibuat secara tertulis untuk pengadaan koleksi di Perpustakaan Umum Kota Depok. Pengadaan dilakukan melalui metode pembelian dan hibah, proses pengadaan melalui pembelian dimulai dari alokasi anggaran, seleksi bahan pustaka, proses pembelian, dan pemeriksaan koleksi. Dalam pengadaan melalui hibah, prosesnya dimulai dari penyerahan koleksi hibah, seleksi, dan pengolahan koleksi. Pustakawan di Perpustakaan Umum Kota Depok memiliki pandangan bahwa pengadaan koleksi yang dilakukan belum sesuai kebutuhan pemustaka. Kesimpulan Perpustakaan Umum Kota Depok mengandalkan pengalaman yang dimiliki pustakawan yang telah melakukan pengadaan koleksi bertahun-tahun. Pandangan pustakawan menjadi penghubung antara pengadaan kolesi perpustakaan yang ideal sebagaimana teori dengan tindakan yang seharusnya dilakukan.

This research discusses about the acquisition of library materials in Depok Public Library. Depok Publik Library do the acquisition every year routinely, but the number of collections available in Depok Public Library is still less than the standard because the acquisition policy is held by the goverment. The acquisition in library can not be separated from the librarian 39 s view on the acquisition it self. This research used qualitative approach and case study methods through interviews and observation of six informants. The results of this research is policy needs to be made for the acquisition of library materials in the Depok Public Library. the acquisition in Depok Public Library is carried out through purchase and grant methods, acquisition processes through purchases starting from budget allocation, library materials selection, purchase process, and collection inspection. In acquisition through grants, the process starts from the submission of grant collections, selection and processing of collections. Librarians at the Depok Public Library have the view that the acquisition of library materials collections is not yet according to the needs of the user. In conclusion The Depok Public Library relies on the experience of librarians who have procured years of the acquisitions. The librarian 39 s view is the link between the ideal acquisition of library materials as well as the theory that should be implemented. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutan Muhammad Rafki
"Perpustakaan merupakan sebuah lembaga yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, bahkan saat ini perpustakaan seringkali menjadi sebuah kebutuhan. Namun penggunaan perpustakaan sebagai sarana rekreasi edukatif masih rendah, karena belum banyak masyarakat yang tahu tentang fungsi rekreasi dari perpustakaan. Padahal, dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana rekreasi ilmiah, pengunjung tidak hanya mendapatkan tambahan pengetahuan dan informasi, tetapi juga mendapatkan penyegaran fisik maupun mental. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis, untuk mengidentifikasi strategi Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sijunjung (Perpusda Kab Sijunjung) dalam pemenuhan fungsi rekreasi. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan metode Analisis SWOT. Hasil penelitian menemukan tujuh strategi yang telah dilakukan pihak perpustakaan umum daerah Sijunjung, yaitu: pengembangan ruangan multi-fungsi, pengembangan ruang bermain atau sudut bermain anak, pengadaan lokakarya kreatif, meningkatkan kolaborasi dengan komunitas lokal, meningkatkan kegiatan rekreasi budaya, meningkatkan kolaborasi dengan komunitas lokal, mengadakan pelayanan perpustakaan digital dan mengadakan program aktivitas luar ruangan.

The library is an institution that is familiar to the community. However, the use of the library as a means of educational recreation is still low, because not many people know about the recreational function of the library. However, by using the library as a means of scientific recreation, visitors not only get additional knowledge and information, but also get physical and mental refreshment. The purpose of this research is to conduct an analysis to identify the strategy of the Sijunjung Regional Public Library (Perpusda Sijunjung District) in fulfilling the recreational function. Data collection is carried out using a qualitative approach through interviews and observations. Data analysis is conducted using SWOT Analysis method. The results of the research found seven development strategies that can be proposed to the Perpusda of Sijunjung Regency, namely: the development of multi-functional rooms, the development children's play areas, the provision of creative workshops, increasing collaboration with the local community, increasing cultural recreation activities, increasing collaboration with the community local, digital library service and holding an outdoor activity program."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Izhaar Dienillah
"Skripsi ini membahas kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Identifikasi kepuasan pengguna didasarkan pada empat dimensi LibQUAL+TM , yaitu dimensi sikap dan kemampuan petugas perpustakaan dalam melayani pengguna (Affect of Service), dimensi mengenai kecukupan dan akses terhadap koleksi perpustakaan (Access to Information), dimensi mengenai kemandirian pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan (Personal Control), dan dimensi perpustakaan dalam pengertian fisik (Library as a Place).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna puas akan layanan yang diterimanya. Dan kepuasan pengguna berdasarkan kesenjangan (gap) antara dirasakan dan harapan responden menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok dinilai baik, berada pada “zone of tolerance”, dimana kualitas layanan berada di antara tingkat harapan minimum yang dapat diterima dan tingkat harapan yang diinginkan.

This thesis discusses the user satisfaction of library services at Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. This study uses a quantitative approach. User satisfaction identified base on four dimension LibQUAL+TM, that is dimensions of the attitude and ability of library staff to serve the users (Affect of Services), dimensions regarding adequacy and access to library collections (Access to Information), dimensions on the independence of the user in utilizing the library (Personal Control), and libraries in terms of physical dimensions (Library as a Place).
Results showed that users were satisfied with the services received. User satisfaction based on the gap between the perceived and the expectations of respondents indicated that the quality of services rated as good, in the "zone of tolerance", where quality of service is between the minimum expectation level that is acceptable and desirable level of expectation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46838
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stephanie Amalia
"Skripsi ini membahas kebutuhan informasi masyarakat di pulau Panggang dan Pramuka DKI Jakarta yang diwakili oleh kelompok nelayan, ibu rumah tangga dan pelajar SMA tingkat akhir dalam mendukung aktifitas kehidupan mereka sehari-hari terhadap Perpustakaan Umum Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Penelitian ini melakukan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, Perpustakaan Umum Kepulauan Seribu DKI Jakarta sudah memenuhi kebutuhan informasi masyarakat melalui koleksi-koleksi bukunya. Namun, masyarakat pulau Panggang dan Pramuka tidak mengakses koleksi-koleksi tersebut. Hasil penilaian kebutuhan dan pola penyebaran informasi dalam penelitian ini, menunjukan bahwa masyarakat pulau Panggang dan Pramuka terbiasa menggunakan sumber informasi informal. Hal ini dipengaruhi oleh kearifan lokal (Indigenous Knowledge) yang telah tertanam pada masa sebelumnya, dan ikatan kekeluargaan yang erat antara individu satu dengan lainnya. Karena itu, perpustakaan umum sebagai fasilitas publik diharapkan dapat mendekatkan pola-pola pelayanan sesuai dengan budaya masyarakat setempat, sehingga bermanfaat di lingkungan tersebut.

The focus of this study is the needs of the information society on the Panggang and Pramuka islands represented by groups of fishermen, housewives and high school students in support of the activities of their daily lives. This research is approach by qualitative case study method. The results of this study found that, the Thousand Islands Public Library Jakarta meets the information needs of the community through collections of books. However, the societies do not familiar to access these collections. The results are needs assessment and information dissemination patterns showing that the societies used to use informal information sources. It is influenced by indigenous (Indigenous Knowledge) that has been embedded in the past, and the close family ties between individuals to one another. Therefore, the public library as a public facility is expected to be closer to the patterns of service in accordance with the local culture, making it useful in that environment."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44440
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditio Setyawicaksono
"Skripsi ini membahas tentang kepuasan pemustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan yang meliputi kelengkapan koleksi, kemutakhiran koleksi, kemudahan akses koleksi, dan ketepatan koleksi serta hambatan dan saran pemustaka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu survei kepuasan pemustaka secara tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemustaka sudah puas dengan koleksi Perpustakaan Umum Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Kepuasan pemustaka terhadap kelengkapan judul dan jenis koleksi referensi pada tingkat kepuasan tertinggi dengan skor 3,57 sedangkan kepuasan pemustaka terhadap penyediaan rak khusus koleksi terbaru pada tingkat kepuasan terendah dengan skor 3,09. Adapun hambatan dan saran pemustaka adalah masalah kemutakhiran koleksi perpustakaan.

This undergraduate thesis discusses the library user satisfaction. The purpose of this research was to determine the library user satisfaction to the library collection which includes the complete collection, currency collection, collection accessibility, and accuracy of the collection as well as the barriers and suggestions from the user library. This research used descriptive research with quantitative approach. The method used is a written satisfaction survey of library user.
The results of this research is that the majority of library users are satisfied with the collections of the public library in Central Jakarta. Satisfaction of library users on the completeness of the title and type of the reference collection at the highest levels with a score of 3,57, while the provision of library user satisfaction shelf latest collection at the lowest levels with a score of 3,09. The barriers and suggestions from library users is up to date library collection problem.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>