Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 113471 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Nur Aliman Karim
"Teknologi saat ini sangat berkembang pesat, khususnya di bidang teknologi informasi. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi internet untuk membantu meningkatkan bisnisnya. Dari hanya sebatas media untuk meningkatkan brand awareness sampai dengan menjual produknya melalui internet. Salah satunya adalah PT XYZ yang memiliki situs e-commerce xyz.com. Banyaknya pesaing menuntut para PT XYZ untuk meningkatkan kinerja mereka yang salah satunya diperoleh dengan cara meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan lama. Pada tulisan ini akan dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi repurchase intention pelanggan XYZ.com.
Model penelitian ini diadaptasi dari model DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model, dan beberapa penelitian sejenis. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan survei kepada para pelanggan XYZ.com melalui media online. Dari data isian kuesioner yang terkumpul didapatkan sebanyak 374 data valid. Setelah data survey terkumpul kemudian akan dianalisa menggunakan metode structural equation modeling (SEM) berbasis variance yaitu partial least square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer satisfaction dan customer trust berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention.

Technology has been expand so fast for now, specially for information technology. Many company use internet to improve their business. From simply use internet just for increasing brand awareness to selling their product through internet as their main channel. One of those company is PT XYZ with their e-commerce website XYZ.com. Because of business competition forced PT XYZ want to improve transaction from their existing customer to boost their performance. This research will explain factors that impacting repurchase intention customers on XYZ.com.
The resarch model was adapted from DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model and other similar research. Data was collected using survey to XYZ.com customers through online survey. There is 374 valid data was collected from survey. Data was analysed using structural equation modeling (SEM) variance based that called partial least sqare (PLS) by using SmartPLS 3.0. This research resulting customer satisfaction and customer trust affect significantly to repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Maulana
"Beberapa perusahaan C2C E Commerce memperoleh pendapatan dari setiap transaksi yang terjadi di situs tersebut Rendahnya jumlah transaksi yang dialami oleh PT XYZ menyebabkan rendahnya jumlah pendapatan yang diperoleh Usaha yang dikeluarkan untuk membuat pelanggan lama kembali melakukan transaksi di situs xyz com lebih sedikit dibandingkan usaha yang dikeluarkan untuk membuat pelanggan baru melakukan transaksi Oleh karena itu menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi repurchase intention menjadi penting bagi PT XYZ Model penelitian ini diadaptasi dari DeLone McLean Updated IS Success Model dan Expectation Confirmation Model serta beberapa penelitian sebelumnya yang relevan Data yang terkumpul dari kuesioner online adalah sebanyak 348 data valid Metode yang digunakan untuk analisis data adalah Structural Equation Modeling SEM berbasis variance yaitu Partial Least Square PLS dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 2 0 M3 Dari analisis data penelitian diperoleh hasil yaitu satisfaction with sellers dan trust in platform provider adalah faktor yang mempengaruhi repurchase intention secara langsung Sedangkan perceived quality of sellers perceived quality of platform perceived value dan trust in sellers merupakan faktor yang mempengaruhi repurchase intention secara tidak langsung.

Some C2C E Commerce companies earn revenue from every transaction that occurs at the sites The low number of transactions experienced by XYZ company causes low amount of income earned Effort in making customers conduct repeated transactions on the site xyz com is less than the effort in attracting new customers Therefore analyzing the factors that affect repurchase intention becomes important for XYZ company The research model was adapted from DeLone McLean Updated IS Success Model and Expectation Confirmation Model as well as some relevant previous studies The online questionnaire had collected 348 valid data The method used for data analysis is Structural Equation Modeling SEM variance based which is Partial Least Square PLS by using SmartPLS 2 0 M3 Results show that satisfaction with sellers and trust in the platform provider are factors that directly affect repurchase intention Meanwhile the perceived quality of sellers the perceived quality of the platform perceived value and trust in sellers are factors that affect repurchase intention indirectly."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Veronica
"

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dan sektor fashion menjadi salah satu kategori terbesar dalam penjualan online. Intensi repurchase dan WOM adalah dua faktor penting yang menentukan keberhasilan jangka panjang dan profitabilitas platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi repurchase dan WOM pada e-commerce fashion, khususnya Zalora. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif konklusif dengan metode non-probability purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 235 responden yang merupakan pengguna aktif Zalora dari generasi Y dan Z. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cash on Delivery, Reputation, dan Information memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Trust tetapi Return Policy Leniency tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Reputation berserta Product Availability dan Timely Product Delivery juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Satisfaction tetapi Information dan Shipment Condition tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sementara Customer Trust dan Customer Satisfaction memiliki hubungan yang signifikan terhadap Repurchase dan WOM Intention.


The growth of e-commerce in Indonesia has shown a significant increase, and the fashion sector has become one of the largest categories in online sales. Repurchase intention and WOM are two important factors that determine the long-term success and profitability of e-commerce platforms. This study aims to analyze the factors that influence repurchase intention and WOM in fashion e-commerce, specifically Zalora. The research method used is a quantitative approach with a descriptive conclusive design and a non-probability purposive sampling method. Data were collected through questionnaires distributed to 235 respondents who are active Zalora users from generations Y and Z. Data analysis was conducted using Structural Equation Modeling (SEM) with the Partial Least Squares (PLS) method. The results of the study indicate that Cash on Delivery, Reputation, and Information have a significant influence on Customer Trust, but Return Policy Leniency does not have a significant influence. Reputation, along with Product Availability and Timely Product Delivery, also have a significant influence on Customer Satisfaction, but Information and Shipment Condition do not have a significant influence. Meanwhile, Customer Trust and Customer Satisfaction have a significant relationship with Repurchase and WOM Intention.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Banjarnahor, Liska Kristin
"Perdagangan online atau e-commerce menjadi semakin penting dalam bisnis, tetapi masih ada keraguan konsumen untuk membeli menjadi penghalang dalam berkembangnya e-commerce. Penelitian ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli pelanggan pada tiga perusahaan e-commerce berjenis consumer-to-consumer di Indonesia. Pendapat 5 ahli digunakan untuk menentukan indikator setiap variabel dan metode SEM Structural Equation Modelling digunakan untuk menganalisis data empiris dari 400 responden untuk masing-masing perusahaan. Kepercayaan dan risiko ditemukan sebagai faktor yang berpengaruh signifikan pada minat beli pelanggan di perusahaan TK. Sedangkan, pada dua perusahaan lain, kegunaan yang dirasakan merupakan faktor yang signifikan di perusahaan BL dan faktor manfaat secara signifikan berpengaruh terhadap minat beli pelanggan di perusahaan EV.Kata Kunci:E-commerce, Consumer-to-Consumer, Minat Beli, Structural Equation Modelling SEM.

Electronic commerce is becoming increasingly important for business, but consumer rsquo s hesistation to purchase has become a main barrier to the development of e commerce. This study explores factors that influence consumer rsquo s purchase intention at three consumer to consumer C2C e commerce in Indonesia. 5 Expert opinions are used to determine the indicators of each variable and the Structural Equation Modelling SEM method is used to analyze the empirical data of 400 respondents from each company. Trust and risk are found to be significantly effect purchase intention in TK. Meanwhile, the other two companies, perceived usefulness proved to be significant in BL and benefit is significantly effect consumer purchase intention in EV."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66951
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winggar Pastian Pramulina
"Penjualan mobil di Indonesia dari tahun ke tahun semakin tinggi. Namun hal ini diikuti juga dengan meningkatnya persaingan usaha dalam penjualan sehingga PT Astra International Tbk, yang memiliki merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot, mengalami penurunan penjualan pada tahun 2014. Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut di masa depan, PT Astra International Tbk - AstraWorld sebagai anak perusahaan ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk mendukung kegiatan penjualan Sales Operation PT Astra International Tbk ingin berkontribusi dalam meningkatkan penjualan dengan merancang strategi e-commerce untuk dapat memperluas area penjualan dan mendapatkan penjualan dan pangsa pasar yang sesuai dengan target yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi e-business Chen dipadukan dengan strategi marketing untuk mendapatkan strategi e-commerce. Hasil penelitian berupa rekomendasi strategi e-commerce dan rencana tindakannya yang dapat diterapkan oleh PT Astra International Tbk - AstraWorld.

The number of car sales in Indonesia shows the growth trends.It is followed by the rapid competition among the sales operation of many car brands, includin PT Astra International Tbk which has 5 brands, they are Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot. Unfortunately, in 2014 Astra lost the number of car sales. To be able for winning back the competition in the future, PT Astra International Tbk ndash AstraWorld is appointed to support the activity using e commerce initiative to expand selling area and grab more customers as expected. This research using Chen framework strategy combined with marketing strategy. The result would be the e commerce strategy recommendation and action plans that could be implemented by PT Astra International Tbk ndash AstraWorld to support Astra sales operation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fransisca Sheilla Xavera
"Diawali dengan hadirnya internet yang merubah perilaku konsumen dari offline menjadi online. Hal ini membuka peluang bagi pemasar dalam kategori fashion untuk mengembangkan usahanya melalui media digital, terutama fashion lokal Indonesia. Didukung dengan meningkatnya daya beli konsumen tiap tahun, membuat startup e-commerce dalam kategori fashion dapat berkembang pesat. Meskipun industri fashion kerap berubah tiap saat dan merupakan bisnis yang cukup sulit untuk dijalani karena persaingan yang sangat ketat terutama di media digital, LocalBrand.co.id dapat bertahan. Karena itu LocalBrand.co.id merupakan salah satu contoh kasus yang dapat dijadikan acuan untuk memulai sebuah bisnis fashion secara digital. Dengan menerapkan 4P marketing mix, konsistensi kualitas, LocalBrand mampu merubah consumer perception akan brand lokal dan menciptakan brand image yang kuat dibenak konsumen. Dengan keseluruhan aspek ini, tidaklah mengherankan jika LocalBrand.co.id banyak dicari oleh konsumen dan dapat merubah keputusan pembelian dari global ke lokal.

Started by the existence of the internet that transform consumer behavior from offline to online. This condition gave a change to marketers in fashion category to expand their business through digital media, especially for local fashion in Indonesia. Supported by consumers purchasing power that increase each year, startup e-commerce in fashion category could be easily developing their business. Although fashion industry is changing rapidly time to time and become business that hard to undertaken because the intense competition especially in digital media, LocalBrand.co.id can survived. That’s why LocalBrand.co.id is a good case to used as a reference to enter fashion business in digital. With apply 4p from marketing mix, and keep the consistency of product quality, LocalBrand could change consumers perception for local brand and create strong brand image on consumers memory. With all those aspects, it was not surpring that LocalBrand.co.id was searched by lot of people and could change consumer buying decision from global to local."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Astrid Emia
"Pada kehidupan masyarakat modern, penggunaan internet dan online shopping adalah hal yang tidak asing lagi. Di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, melakukan kegiatan belanja secara online adalah hal yang lumrah. Dalam memenuhi kebutuhannya dan waktu luang yang sempit, seringkali masyarakat menggunakan fasilitas online shopping ini. Salah satu situs yang menjadi tujuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sandangnya adalah Zalora Indonesia (zalora.co.id).
Penelitian ini ingin membuktikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja lagi di situs online shopping yang sama. Faktor-faktor yang diuji adalah perceived ease-of-use, perceived usefulness dan trust. Ketiga faktor ini diuji terhadap faktor enjoyment dan repurchase intention. Penelitian ini juga ingin melihat apakah faktor enjoyment dapat berperan sebagai mediasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel adalah mereka yang pernah berbelanja di zalora.co.id selama 6 bulan terakhir, berusia diatas 17 tahun dan tinggal di wilayah Jabodetabek. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik multiple regression pada software SPSS.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa perceived ease-of-use, perceived usefulness dan trust memiliki pengaruh positif terhadap enjoyment dan repurchase intention konsumen serta enjoyment dapat menjadi faktor mediasi antara hubungan perceived ease-of-use, perceived usefulness, trust dengan repurchase intention dalam konteks berbelanja di situs Zalora Indonesia.

In modern society, the usage of internet and online shopping are very common. In Indonesia, especially the big cities such as Jakarta and the surrounding areas, the practice of online shopping is usual. To fulfill their needs and the lack of spare time, people tend to use online shopping. One of the sites most people visit to fulfill their fashion and apparel needs is Zalora Indonesia (zalora.co.id).
This research wants to prove what are the factors affecting consumers to shop at the same online shopping site. Factors being tested in this research are perceived ease-of-use, perceived usefulness and trust. All three factors were tested to factor enjoyment and factor repurchase intention. This research also tested if enjoyment could be a mediating factor. In this research, the samples are those who had shopped at zalora.co.id for the last 6 months, 17 years old and older and live around Jabodetabek. Data collected then analyzed with multiple regression technique using SPSS software.
The result showed that perceived ease-of-use, perceived usefulness and trust have positive affect to consumers enjoyment and repurchase intention and also enjoyment has proven to have mediating effect between the relationship of perceived ease-of-use, perceived usefulness, trust and repurchase intention in the context of shopping at Zalora Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64285
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febriyanto Dwi Cahyo
"Penelitian ini adalah untuk menganalisis pemungutan PPN atas transaksi e-commerce tipe Marketplace serta melihat hambatan yang dilakukan oleh di PT.ABC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengenaan PPN atas transaksi e-commerce tipe Marketplace dilakukan pada saat penyerahan barang yang dilakukan oleh Online Marketplace Merchant kepada pembeli. Hambatan dan upaya yang terjadi dalam pengenaan PPN, merujuk kembali pada jenis transaksi yang terjadi.

The purpose of this research is trying to analyze the collection of PPN for e-commerce transaction with online marketplace model and find the obstacles which is faced by PT. ABC descriptive qualitative data collection method is chosen to be approach of this resech by collecting data from literature review and field study using in deptninterview and observation.
At the end of this study and researcher conclude that PPN for e-commerce transaction with online marketplace model is based on delivery of good which is done by the oneline marketplace merchant to customer. The obstacles from this problem isdepend on what kind of transaction that happened.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S64883
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Eka Ariantana
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mendorongniat untuk membeli kembali di XYZ.com. Mengacu pada Business PerformanceReview kedua di tahun 2017, saat ini prioritas utama dari XYZ.com adalahbagaimana agar pelanggan melakukan transaksi secara berkelanjutan di XYZ.com.saat ini member yang pernah melakukan transaksi lebih dari satu kali hanya 34 dari seluruh jumlah transaksi. Selain itu lesunya industri ritel di indonesia membuatXYZ.com perlu mencari faktor-faktor yang memengaruhi pembelian kembali agarkonsumen tetap berbelanja di XYZ.com secara berkelanjutan. Data penelitian inidikumpulkan selama 4 minggu, analisis data dalam penelitian ini menggunakanpendekatan Structural Equation Model-PLS terhadap responden yang merupakanmember dari XYZ.com.
Hasil dari analisis penelitian ini, dapat diketahui faktorfaktoryang berpengaruh terhadap niat berbelanja kembali pada XYZ.com, yaitukualitas situs/website site quality, konfirmasi confirmation, kepuasan pengguna customer satisfaction , kepercayaan pengguna customer trust, penyesalan regret. Faktor kepuasan pengguna customer satisfaction, kepercayaan pengguna customer trust, dan penyesalan regret merupakan faktor yang memengaruhi niatmembeli kembali secara langsung. Kemudian, faktor yang tidak secara langsungmemengaruhi niat membeli kembali adalah kualitas situs/website site quality dankonfirmasi confirmation.

This research aims to determine factors that driving repuchase intention atXYZ.com. Referring to the second Business Performance Review in 2017, the toppriority of XYZ.com is how to keep customers to repurchase in XYZ.com. currentlyonly 34 members from the total number of transaction who have purchase morethan one time. In addition, the sluggishness of the retail industry in Indonesia makesXYZ.com need to find factors that affect repurchase in order to keep consumersshopping at XYZ.com. This research data collected for 4 weeks, data analysis inthis research applies Structural Equation Model-PLS approach to respondents whoare member from XYZ.com.
The results of this research analysis, factors that affectthe Repurchase Intention at XYZ.com are site quality, confirmation, customersatisfaction, customer trust, regret. Customer satisfaction , Customer trust, andregret are factors that affect the Repurchase intention directly. Then, site qualityand confirmation are factors that do not directly affect to Repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Amir Perdana
"Perkembangan jumlah pengguna internet berperan dalam munculnya beragam situs jual beli online untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Namun, masih banyak kesulitan yang dialami pengguna dalam berbelanja di situs jual beli online. Sehingga, dibutuhkan penelitian terkait pengalaman pengguna terhadap keinginan membeli pelanggan untuk membantu perkembangan perusahaan situs jual beli online. Pengetahuan mengenai faktor-faktor User Experience (UX) perlu dipahami perusahaan teknologi karena mampu memberikan kepuasan pada pengguna.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan faktor usability terhadap purchase intention pengguna situs jual beli online dengan studi kasus Tokopedia. Analisis dilakukan menggunakan model Usability dan akan diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa credibility, readability, dan telepresence adalah faktor usability yang secara langsung mempengaruhi keinginan membeli. Selain itu, simplicity dan consistency menjadi faktor usability yang secara tidak langsung mempengaruhi keinginan membeli. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa konsumen Indonesia berada pada tahap Early Majority dalam menerima situs jual beli online Tokopedia.

The growing number of internet users plays a role in the emergence of a variety of online e-commerce sites to meet the needs of Indonesians. However, there are still some problems faced bythe users in using e-commerce sites. Therefore, there needs to be a research related to user experience on their purchase intention to foster e-commerce sites. Tech companies need to have a good understanding of User Experience (UX) factors to satisfy the users.
This study is conducted to find out the relationship between usability factors on e-commerce users' purchase intention using Tokopedia case study. Analysis is done Usability model and processed using SEM.
The result of this study shows that credibility, readability and telepresence are usability factors that directly affect purchase intention. Furthermore, simplicity and consistency are usability factors that indirectly affect purchase intention. Therefore, we can conclude that Indonesian consumers are on the Early Majority phase in adopting Tokopedia.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64703
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>