Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 114329 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Endah Trihastuti Dewayanti
"ABSTRAK
Selama ini keuntungan menggunakan electronik shopping bagi konsumen adalah dapat
menurunkan biaya searching (pencarian) untuk produk yang diminati dan informasi
informasi lain yang berkaitan dengan produk tersebut. Akan tetapi bagi retailer,
kemudahan ini dirasakan dapat meningkatkan kondisi persaingan yang pada akhímya
dapat mengurangi margin keuntungan bagi para penjual konvensional. Pada saat
kemudahan mencari informasi harga ditonjolkan, ceteris paribus, maka sensitifitas barga
akan meningkat. Akan tetapi jika kemudahan infonnasi kualitas yang diutamakan, bisa
jadi sensitifitas harga akan menurun.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pada kondisi penurunan biaya pencarian
informasi yang bagaimana dapat menurunkan atau meningkatkan sensitifitas harga.
Eksperimen dilakukan dengan memvariasikan 3 jenis biaya pencarian informasi secara
bebas, yaitu biaya pencarian untuk informasi harga (Price Usability), biaya pencarian
untuk informasi atribut mutu (Quality Usability) dan biaya pencarían untuk
membandingkan dua buah toko cokiat elektronik yang bersaing (Store Comparability).
Partisipan membelanjakan uang mereka untuk membeli produk yang ditawarkan di kedua
toko tersebut yang menjual selain produk cokiat yang sama ada juga yang unik (berbeda
satu sama lain).
Dari hasil penelitian ditemukan hal-hal empiris. Pertama, untuk variabel kemudahan
mencari informasi kualitas memiliki pengaruh terhadap tingkat sensitifitas harga, dengan
kecenderungan di saat Quality Usability rendah maka tingkat sensitifitas harga tinggi dan
sebaliknya ketika Quality Usability tinggi, tingkat sensitifitas harga yang ditunjukkan
rendah. Dengan demikian adanya kemudahan mendapatkan informasi atnbut mutu akan
menurunkan tingkat sensitifitas harga konsumen.
Kedua, tingkat sensitifitas harga partistipan ternyata dipengaruhi oleh interaksi gabungan
variabel Quality Usability dan Store Comparability. Fenomena yang terlihat adalah di
saat Store Comparability rendah, perubahan sensitifitas antara Quality Usability rendah
dan tinggi relatif lebih kecil dibandingkan saat Store Comparability tìnggi. Hal ini
disebabkan disaat partisipan mudah untuk membandingkan toko maka efek perbedaan
ada dan tiadanya informasi atribut mutu yang disediakan semakin terasa.
Untuk harga rata-rata produk yang dibeli tidak dipengaruhi secara signifikan oleh
variabel Price Usability, Quality Usability dan Store Comparability. Demikian juga
untuk rata-rata kuantitas produk yang dibeli masing-masing blok produk blasa dengan
unik, tidak signifikan dipengaruhi oleh variabel Store Comparability.
Ketiga, tingkat transparansi ternyata tidak memberikan efek yang signifikan terhadap
tingkat kesukaan Partisipan selama berbelanja on line. Hal ini kemungkinan disebabkan
pengalaman belanja on-line yang minim pacla rata-rata partisipan, sehingga pengalaman
ini merupakan pengalaman yang baru sehingga rata-rata tingkat kesukaan yang dihasilkan
adalah biasa cenderung menyukai, tanpa terpengaruh transparan tidaknya informasi yang
diberikan.
"
2002
T1562
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat Rizkiyanto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Sistem Informasi akademik mempengaruhi kinerja individual dengan dimoderasi oleh kemudahan pengguna. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan pengukuran variabel yang mangacu pada skala Likert. Kuisioner diuji dengan uji reliabilitas dan uji validitas. Kemudian pada kuisioner dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dan uji multikolineritas. Uji selisih nilai mutlak dilakukan untuk menguji hipotesis. Dari hasil pengujian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa variabel pemanfaatan Academic Information System AIS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja individual. Namun variabel kemudahan penggunaan ternyata tidak memoderasi pengaruh pemanfaatan Academic Information System AIS terhadap kinerja individual, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel kemudahan penggunaan bukanlah variabel moderator."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2014
330 JETIK 13:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Prasasya Pinasthika
"Menjaga kebersihan dari ujung kaki hingga ujung kepala merupakan salah satu bentuk dari merawat diri. Tren ini menjadi semakin meningkat diiringi dengan mulai mewabahnya virus COVID-19 sejak tahun 2020 silam. Banyak perusahaan ikut bersaing untuk menunjukan kebolehan produk perawatan dirinya agar menjadi pilihan terbaik bagi para pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan persepsi harga dan pengemasan produk yang sesuai. Dengan kedua aspek tersebut, perusahaan dapat memberi kepuasan bagi para pelanggan dan mendorong untuk melakukan perilaku pencarian informasi pra pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi harga dan pengemasan produk dapat mempengaruhi perilaku pencarian informasi pra pembelian yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Variabel yang digunakan adalah price perception, product packaging, pre-purchase information search behavior, dan customer satisfaction. Desain penelitian yang digunakan adalah konklusif deskriptif dengan metode kuantitatif menggunakan self-administered questionnaire. Terdapat 217 responden yang merupakan mahasiswa di jabodetabek dan pernah membeli Personal Care Products (PCP) selama 6 bulan terakhir di toko swalayan yang berpartisipasi dalam penelitian. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diolah dengan software SPSS serta AMOS. Hasil penelitian menunjukan bahwa price perception tidak memiliki pengaruh terhadap pre-purchase information search behavior. Product packaging, dan customer satisfaction memiliki pengaruh terhadap pre-purchase information search behavior. Kemudian customer satisfaction memiliki peran mediasi antara price perception dengan pre-purchase information search behavior, dan memiliki peran mediasi antara product packaging dengan pre-purchase information search behavior.

Maintaining cleanliness from toe to head is a form of self-care. This trend is increasingly accompanied by the outbreak of the COVID-19 virus in 2020. Many companies compete to show the ability of self-care products to be the best choice for customers. One way is to determine the price perception and product packaging. With these two aspects, companies can provide satisfaction for customers and encourage them to make pre-purchase information search behavior. This study aims to find out how pricing and product packaging can influence pre-purchase information search behavior mediated by customer satisfaction. The variables used are price perception, product packaging, pre-purchase information search behavior, and customer satisfaction. The research design used was conclusive descriptive with quantitative methods using a self-administered questionnaire. There were 217 respondents who were students in Jabodetabek and had purchased Personal Care Products (PCP) for the last 6 months at supermarkets who participated in the study. Data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) and processed with SPSS and AMOS software. The results of the study show that price perception does not have an influence on pre-purchase information search behavior. Product packaging, and customer satisfaction have an influence on pre-purchase information search behavior. Then customer satisfaction has a mediating role between price perception and pre-purchase information search behavior, and has a mediating role between product packaging and pre-purchase information search behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Sadha Suardikha
"This study aims to examine and analyze the direct influence of THK culture, perceived usefulness, and
perceived ease of use to the use of the AIS; and indirect influence of THK culture on the use of AIS are
mediated perceived usefulness and perceived ease of use. This study looked at 80 samples of LPD in Bali.
Required data collected by the survey using a list of questions. Data that has been collected analyzed
using analysis tools PLS Smart 2.0 M3. The test results showed that THK culture influences perceiveved
usefulness, perceived ease of use, and the use of SIA. Perceived usefulness and perceived ease of use affect
the use of SIA. Similarly, THK culture influence of the uses of AIS mediated perceived of usefulness and
perceived ease of use.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh budaya Tri Hita Karana (THK), persepsi
kegunaan, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (SIA);
serta pengaruh tak langsung budaya THK terhadap penggunaan SIA dimediasi persepsi kegunaan dan
persepsi kemudahan penggunaan. Penelitian ini mengamati 80 sampel LPD di Bali. Data yang dibutuhkan
dikumpulkan dengan cara survei menggunakan daftar pertanyaan. Data yang telah terkumpul dianalisis
menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS) Smart 2.0 M3. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa budaya THK memengaruhi persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan penggunaan
SIA. Persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan memengaruhi penggunaan SIA. Demikian
halnya, budaya THK memengaruhi penggunaan SIA dimediasi persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan
penggunaan. "
Universitas Udayana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2013
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Asih Nurfitri
"Penelitian ini membahas tentang faktor up-line dalam memotivasi individu bergabung menjadi anggota MLM. Dengan dilatar-belakangi fenomena mengenai faktor hubungan antar pribadi yang kental dalam sistem MLM, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh ketertarikan pada up-line terhadap motivasi bergabung menjadi anggota MLM. Variabel ketertarikan dipakai, karena kesediaan untuk menghabiskan waktu bersama orang lain terkait dengan ketertarikan interpersonal (interpersonal attraction) (Jung, 1978). Sehingga, saat seseorang menerima tawaran untuk menjadi anggota MLM, maka ia pasti memiliki ketertarikan berupa penilaian positif terhadap orang yang mengajaknya. Teori kebutuhan McClelland (1987) dipakai sebagai indikator tingkah laku motivasi. Sedangkan sebagai indikator ketertarikan pada up-line, digunakan teori ganjaran yang diungkapkan Berscheid & Walster (1978) yang menjabarkan lima dimensi interpersonal attraction yakni proximity, reciprocity of liking, similarity, reduction of fear, stress and isolation serta cooperation.
Desain penelitian ini adalah field study-hypotesis testing, dengan accidental sampling sebagai metode pengambilan sampel. Partisipan penelitian ini berjumlah 85 orang anggota MLM X. Penelitian ini membuktikan bahwa ketertarikan pada up-line mempengaruhi motivasi bergabung menjadi anggota MLM. Kelima dimensi interpersonal attraction juga terbukti mempengaruhi motivasi bergabung menjadi anggota MLM. Dari lima dimensi interpersonal attraction yang diteliti, ditemukan bahwa reciprocity of liking merupakan dimensi interpersonal attraction pada up-line yang memberikan sumbangan terbesar dalam mempengaruhi motivasi bergabung menjadi anggota MLM.

This research studies about up-line's factor in motivating individual to join an MLM. It is based on phenomenon that shows the importance of interpersonal relationship on Multilevel-marketing system. The aim of this research is to prove The effect of interpersonal attraction to up-line on joining motivation as MLM member. Attraction is used as variabel, because willingness to spend time with others relates to interpersonal attraction (Jung, 1978). So, when somebody is intrested in joining an MLM, it means that he/she has some attractions to others who invites him/her to join the MLM. Need's theory of McCleland (1987) is used in this study as behavior indicator of joining motivation as MLM member. For attraction indicator to up-line, this research used Reward Theory by Berscheid & Walster (1978), that describes five interpersonal attraction's dimenssions as proximity, reciprocity of liking, similarity, reduction of fear, stress and isolation, and finaly cooperation.
The Design of this research is hypotesis testing-field study with accidental sampling as the sampling method. Participants of this study are 85 member of MLM X. This research proves that interpersonal attracion to up-line influence joining motivation as MLM member. This research also find that all of interpersonal attraction's dimenssion influence joining motivation as MLM member. From five dimenssion of interpersonal to up-line, it is found that reciprocity of liking has the biggest contribution in influencing MLM members to join the MLM."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
158.2 NUR p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Klarissa Evelin
"
ABSTRAK
Skripsi ini hendak menelusuri nilai-nilai yang dipersepsikan oleh generasi muda millennial ketika mengakses situs-situs perjalanan dan pariwisata dalam rangka kegiatan pencarian informasi. Terdapat dua perilaku pencarian informasi yakni goal-directed dan experiential yang dipengaruhi oleh kebutuhan dan motivasi berwisata mereka pada saat itu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif-eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam serta menggunakan teknik wawancara laddering dan the grand tour untuk memperoleh gambaran mendalam mengenai atribut, konsekuensi, serta maksud dan tujuan akhir pelanggan saat mencari informasi di situs perjalanan dan pariwisata. Pada akhir penelitian, ditemukan adanya perbedaan yang jelas antara pelanggan dengan perilaku pencarian informasi goal-directed dan experiential yang didukung oleh model hirarki nilai.

ABSTRAK
This thesis aims to discover customer percieved values that are gained by young millennials during information search activity on travel and tourism sites. There are two information search behaviors, goal directed and experiential, that are particularly influenced by customer rsquo s current travel need and motivation. This study takes qualitative approach dan descriptive explorative. The data is collected with laddering and the grand tour interview techniques in order to get thorough explanations that comprise of attributes, consequences, and desired end states during information search activity on travel and tourism sites. As a result, it is found that there are clear distinctions between both information search behaviors supported by a value hierarchy model."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Togar M.P.
"Ada kecenderungan untuk menganggap dan menggunakan kriteria biaya pembelian yang paling murah dalam akuisisi peralatan adalah yang paling ekonomis, bahkan hal ini sudah menjadi ketentuan untuk perusahaan negara atau BUMN melalui peraturan Kepres No 16/1994.
Dari pengalaman selama ini, sering terjadi kekecewaan dalam pembelian suatu produk sistem peralatan, khususnya setelah sistem tersebut beroperasi dalam suatu periode tertentu. Meskipun secara fungsional peralatan tersebut dapat memenuhi spesifikasi kinerja yang diinginkan tetapi sering timbul permasalahan setelah peralatan tersebut dioperasikan karena beberapa hal seperti, peralatan sulit dioperasikan, kurang andal (sering rusak), sulit dipelihara, kurang dukungan purna jual, suku cadang dan lain-lain. Memperhatikan pengalaman di industri, risiko kegagalan operasi dari sistem peralatan dapat bervariasi mulai dari gangguan terhadap operasi, kerugian biaya penggantian dan pemeliharaan, kehilangan peluang menambah penghasilan hingga kecelakaan pada manusia.
Dalam proses pemilihan dan pembelian sistem peralatan Baru, biaya pembelian dan konstruksi langsung terlihat sedangkan biaya yang timbul akibat pengoperasian dan pemeliharaan umumnya tidak langsung terlihat sehingga kurang mendapat perhatian yang seksama. Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam biaya pengoperasian dan pemeliharaan seperti faktor kemudahan sistem dioperasikan (operability), keandalan (reliability), kemudahan pemeliharaan (maintainability), don ketersediaan penunjang (supportability).
Pada penelitian ini ingin diketahui pengaruh karakteristik keandalan dan kemudahan pemeliharaan sistem peralatan terhadap biaya pengoperasian dan pemeliharaan. Pendekatan untuk mengetahui karakteristik keandalan dan kemudahan pemeliharaan dilakukan dengan menerapkan teori statistik probabilitas yang merupakan dasar dari rekayasa keandalan dan kemudahan pemeliharaan.
Untuk melihat pengaruh kedua hal tersebut terhadap biaya pengoperasian dan pemeliharaan dalam aplikasi praktis khususnya di industri maka disusun suatu Iangkah-Iangkah pendekatan yang sistematis, disebut K3PUI. Penilaian K3PUI dikembangkan dari suatu kombinasi penilaian (assessment) keandalan, penilaian keterpeliharaan, penilaian potensi kegagalan serta penilaian biaya daur hidup (life cycle cost).
Implementasi penilaian K3PUI diterapkan pada kasus pemilihan peralatan di industri perminyakan yaitu pemilihan pembelian sistem kompresor reciprocating dan stasiun operator sistem kontrol digital. Pada kasus kompresor reciprocating terlihat meskipun biaya pembelian sistem BLNG (U$ 9047619) lebih murah dari sistem BLNG+ (US 10616037) tetapi biaya akuisisi BLNG' lebih efektif jika kompresor digunakan untuk beroperasi lebih dari 5 tahun. Hal ini disebabkan oleh faktor tingkat keandalan sistem BLNG+ lebih tinggi dibanding BLNG. Konsekuensi dari perbedaan tingkat keandalan tersebut dihasilkan tingkat ketersediaan yang berbeda yaitu BLNG (90.95%) dan BLNG+ (96.67%). Sedangkan pada kasus sistem stasiun operator sistem kontrol terlihat biaya pembelian sistem FX (US 52000) lehih murah dari sistem YK (US 65000) dan sistem YM (US 61000) namun juga menghasilkan biaya yang lebih efektif terhadap sistem YK dan YM. Hal ini disebabkan oleh faktor tingkat kemudahan pemeliharaan sistem FX lebih tinggi dibanding sistem YK dan YM.
Dengan memberi perhatian yang seksama kepada pengaruh aspek keandalan dan kemudahan pemeliharaan pada periode awal dari proses desain dan pembelian, diharapkan dapat diberikan pertimbangan atas setiap alternatif pilihan sistem peralatan yang paling efektif untuk mencapai misi operasi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kania Oktarianti
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belanja utilitarian dan motivasi belanja hedonic terhadap purchase intention pada konsumen belanja online. Partisipan penelitian ini merupakan mahasiswa yang pernah berbelanja online, sejumlah 289 orang. Motivasi belanja utilitarian dan motivasi belanja hedonic diukur dengan alat ukur Utilitarian Motivation dan Hedonic Motivation yang disusun oleh Tsao dan Chang (2010). Purchase intention diukur dengan alat ukur Purchase Intention yang disusun oleh Topaloglu (2012).
Hasil utama penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belanja utilitarian dan motivasi belanja hedonic memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention pada konsumen belanja online. Walaupun kedua motivasi ini memiliki pengaruh yang signifikan, motivasi belanja utilitarian lebih mempengaruhi purchase intention pada konsumen belanja online dibandingkan motivasi belanja hedonic.

This research aimed to examine the influence of utilitarian and hedonic shopping motivations on purchase intention among online shopping consumer. Participants of this research were undergraduate students who have online shopping experience, with the amounts of 289 participants. Utilitarian and hedonic shopping motivations were measured using Utilitarian and Hedonic Motivation measurement items developed by Tsao and Chang (2010). Purchase intention was measured using Purchase Intention measurement items developed by Topaloglu (2012).
The main result of this research showed that utilitarian and hedonic shopping motivations have significant impact on purchase intention among online shopping consumer. While both of these motivations have significant impact, utilitarian shopping motivation has more influence on purchase intention than hedonic shopping motivation among online shopping consumer.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S53700
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Fitriyani
"The main purpose of sales promotion is to attracting customer to buy and use the products or sevices. Sales promotion in term of discount coupon often use by the marketers with assumed the impacts can stimulus customers and finally they really buy the product or services. The purpose of this research is to know consumer perception to the activity of sales promotion in term of discount coupon. Jim Blythe at his book Marketing Communications says that sales promotion is Activities designed to give temporary boost to sales, such as money ? off coupons, free samples, two for the price of one promotion, etc.Its purpose is to create a temporary increase in sales by bringing purchasing decisions forward and adding some immediacy to the decisions making process. Dunia Fantasi (unit of Ancol Jakarta Bay City) is the company based on recreation business that use sales promotion in term of discount coupon as one of their marketing strategy. This research use quantitative approach and descriptive type of research was. Collecting data technique conducted by literature and field research by using questioner as an instrument. The population of this research are the visitors of Dunia Fantasi ? Ancol, who knows the discount coupon promotion program, with minimum age 15 years old that is compatible with segment and target market of Dunia Fantasi. The amount of sample is 95 respondent. The data processed by using statistical measuring instrument SPSS 15.00. Responders characteristic were analyzed by frequency distribution, and to see means and mode of data were analyzed by descriptive statistic frequency.
From the result, known that the consumer perception to the activity of sales promotion in term of discount coupon are good and positive. The indication are Mean and mode result of all indicators are in strong enough category of ordinal spread scale.The writer would suggest to Management of Dunia Fantasi to maintain and develop the sales promotion strategy because it is effectively to raise the visitors. Besides that sales promotion should be integrated to the other media of marketing communication, such as advertising, public relation, etc.
"
2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Johartien Ramona-Siswoto
"Penelitian mengenai perilaku pencarian informasi staf pengajar ini telah dilakukan bulan Januari ski Februari 2002 di lingkungan kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI), Depok. Khususnya pada 61 (enampuluh satu) orang responden yang terdiri dari staf pengajar FKMUI yang aktif mengajar dan melakukan penelitian pada tahun ajaran semester ganjil 2001 12002. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses, kebutuhan, tindakan atau perilaku dan hambatan yang dihadapi staf pengajar dalam pencarian informasi dalam rangka melakukan kegiatan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara dengan responden.Hasilnya menunjukkan bahwa perilaku bertanya kepada kepala perpustakaan dan atau staf bagian pelayanan perpustakaan merupakan urutan pertama yang dilakukan pada saat mengunjungi perpustakaan dalam rangka mencari informasi. Setelah koleksi sendiri maka perpustakaan FKMUI dan kolega atau teman sejawat adalah sumber informasi yang diandalkan staf pengajar FKMUI dalam setiap tahapan pencarian literatur. Sedangkan browsing di internet juga merupakan tindakan dalam pencarian informasi, terutama pada tahap pembuatan laporan. Diantara variable usia, jenis kelamin dan pendidikan maka yang menunjukkan gejala mempengaruhi perilaku staf pengajar dalam pencarian informasi adalah tingkat pendidikan. Pengajar dengan pendidikan S2 memiliki kecenderungan lebih aktif mencari informasi dibandingkan dengan S3. Mereka lebih mengandalkan perpustakaan FKMUI dan teman sejawat sebagai sumber informasi. Sementara yang S3 lebih mengandalkan koleksi sendiri. Kunjungan staf pengajar ke perpustakaan FKMUI sebagian besar hanya satu bulan sekali dan terdapat sekitar 30% responden yang dalam enam bulan terakhir tidak sekalipun berkunjung ke perpustakaan FKMUI. Mereka yang berkunjung, berpendapat bahwa koleksi khususnya buku dan majalah ilmiah di perpustakaan ini masih terbatas dan yang ada sudah banyak yang out of date. Seratus persen responden dalam wawancara, menyatakan bahwa ruang perpustakaan FKMUI harus dipindahkan dan atau dibuat ruang/gedung baru, karena sudah tidak memadai lagi sebagai perpustakaan fakultas. Sementara itu fasilitas ruangan perlu ditingkatkan, terutama penerangan, karena kurang memadai. Pada umumnya staf pengajar puas dengan kinerja pustakawan perpustakaan FKMUI yang dalam pelayanannya berorientasi pada pemakai. Mengenai jumlah dan ketrampilan SDM perlu ditingkatkan melalui pendidikani, kursus/training, seminar, dan kunjungan studi banding ke perpustakaan lain baik di Indonesia maupun ke Iuar negeri."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15405
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>