Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 113737 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ake Endang Murni
"ABSTRAK
Pada umumnya keberhasilan suatu badan usaha banyak
dipengaruhi oleh dua faktor yang sangat penting. pertama,
adalah faktor?faktor yang berada diluar jangkauan pengendalian
suatu badan usaha. Faktor?faktor tersebut lazim disebut seba
gai faktor?faktor eksternal. Faktor eksternal ini dapat menye
babkan munculnya ancaman ataupun peluang yang dihadapi oleh
suatu badan usaha. Kedua, adalah faktor-faktor yang terdapat
di dalam tubuh badan usaha itu sendiri dan masih dapat diken
dalikan oleh badan usaha tersebut. Faktor?faktor ini lazim
disebut sebagai faktor-faktor internal. Faktor internal inilah
yang menentukan kekuatan ataupun kelemahan suatu badan usaha
dalam mengantisipasi peluang dan ancaman yang ada.
Dari sekian banyak faktor internal yang ada, beberapa
diantaranya dapat mempunyai peran yang sangat penting dalam
mewujudkan keberhasilan suatu badan usaha. Faktor internal
yang penting tersebut pada umumnya dikenal dengan sebutan Key
Success Factors (?faktor kunci keberhasilan?), yang tidak
selalu sama untuk setiap badan usaha. Ketidak samaan ini
antara lain dipengaruhi oleh jenis badan usaha, usia badan
usaha, ukuran badan usaha ataupun Product Life Cycle (?siklus
hidup produk?) dari badan usaha tersebut.
Dalam tulisan ini, ?faktor kunci keberhasilan? unit
usaha hotel PT.?P? ditinjau berdasarkan fungsi?fungsi yang
lazim terdapat pada sebuah badan usaha (seperti fungsi
marketing, Operasi/produksi, personalia, keuangan, serta
penelitian & Pengembangan), yang kemudian dikaitkan dengan
?siklus hidup produk? unit usaha hotel tersebut (yang pada
saat ini berada pada periode maturity).
Berdasarkan kedua pendekatan tadi, yaitu pendekatan
fungsi dan pendekatan ?siklus hidup produk?, maka diperoleh
beberapa ?faktor kunci keberhasilan? yang harus dimiliki oleh
unit usaha hotel PT.?P? tersebut.
Melalui analisa yang rnenggunakan program komputer model
Analytic Hierarchy Process (AHP), diperoleh suatu daftar
faktor Internal yang tersusun berdasarkan urutan prioritas.
Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa tidak semua faktor
internal dapat meniadi ?faktor kunci keberhasilan?. Oleh
karena itu, diasumsikan bahwa ?faktor kunci keberhasilan?
untuk unit usaha hotel PT.?P? adalah faktor-faktor internal
yang berada pada urutan pertama sampai dengan ke-empat. Urutan
faktor?faktor Internal ini dapat dilihat pada lampiran 3.
"
1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Dwijayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan dalam kondisi siklus ekonomi yang berbeda di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari perusahaan perkebunan, pertambangan, manufaktur, dan retailer yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1997-2012. Manajemen modal kerja diukur melalui cash conversion cyle sedangkan siklus ekonomi ditentukan berdasarkan pertumbuhan GDP. Dalam penelitian ini juga diukur pengaruh receivable conversion period, inventory conversion period, dan account payable deferral period pada profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen modal kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Receivable conversion period, inventory conversion period, dan account payable deferral period juga diketahui memiliki pengaruh yang negatif terhadap profitabilitas. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa siklus ekonomi tidak berpengaruh terhadap signifikansi pengaruh manajemen modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan di Indonesia.
This study aimed to determine the effect of working capital management on the company's profitability in the different business cycle in Indonesia. This study uses secondary data from plantations, mining, manufacturing, and retailers firm that are listed on the Indonesia Stock Exchange in 1997-2012. Working capital management is measured by cash conversion cycle while the economy cycle is determined by the growth of GDP. In this study also measured the effect of the receivable conversion period, inventory conversion period, and account payables deferral period on profitability. The results showed that the working capital management has negative effect on firm profitability and statistically significant. Receivable conversion period, inventory conversion period, and account payables deferral period is also known to have a negative effect on profitability. The result showed that economic cycle has no effect on the significance of the relationship between working capital management and firm profitability."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S58080
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gina Karlina
"ABSTRAK
Dalam konteks pemasaran persuasif informasi tentang barang langka atau
jumlah terbatas kemungkinan akan mendatangkan asumsi yang positif tentang
produk, seperti kualitas yang baik dan eksklusifitas. Kelangkaan dapat
meningkatkan persepsi nilai dan keinginan membeli melalui asosiasi keuntungan
simbolis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived scarcity
terhadap willingness to buy melalui variable mediasi perceived value pada produk
Nokia Lumia Batman Series. Sampel penelitian ini berjumlah 200 responden,
metode SEM (Structural Equation Modelling), digunakan untuk mengolah data
dengan software SPSS 17 dan Lisrel 8.7. Hasil analisa menunjukkan bahwa
strategi scarcity yang dilakukan Nokia tidak berhasil meningkat perceived value
Nokia Lumia Batman Series, walapun demikian konsumen masih menilai bahwa
Nokia Lumia Batman Series memiliki perceived value yang baik dan
menimbulkan willingness to buy.

ABSTRACT
A scarcity claim in a persuasive marketing context is likely to elicit positive
thoughts about the product such as enhanced quality and exclusiveness. Scarcity
may increase the perception of value and willingness to buy through symbolic
benefits association. This study aim to analyze perceived scarcity effect on
willingness to buy through mediating variables, perceived value, on Nokia Lumia
Batman Series. Sample of this study is 100 respondents. This study used SEM
(Structural Equation Modelling) to process data with Lisrel 8.7 and SPSS 17
software. The analysis shows that scarcity strategies that Nokia applied do not
enhance Nokia Lumia Batman Series perceived value, nevertheless consumers
consider that Nokia Lumia Batman Series has a positive perceived value and
arouse willingness to buy."
2012
T43052
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tetta Aurora
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis implikasi amandemen PKP2B Generasi 3 terhadap beban pajak yang ditanggung Perusahaan (Effective Tax Rate) serta Manajemen Pajak yang harus dilakukan oleh perusahaan pasca amandemen PKP2B tersebut. Amandemen PKP2B merupakan amanat dari terbitnya Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba) yang mengatur bahwa ketentuan-ketentuan di dalam pengusahaan pertambangan yang tercantum dalam PKP2B harus disesuaikan dengan UU Minerba. Salah satu pokok perubahan adalah mengenai peningkatan penerimaan negara dimana ketentuan perpajakan berubah dari ketentuan Undang-undang Tahun 1994 menjadi ketentuan Undang-undang yang berlaku saat ini (prevailing law). Penelitian ini membahas mengenai Manajemen Pajak yang harus dilakukan perusahaan pasca perubahan rezim perpajakan tersebut yang meliputi kepatuhan pajak (tax administration), tax planning dan strategi apabila terdapat pemeriksaan pajak. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif. Unit analisis yang digunakan adalah sebuah perusahaan batubara PKP2B Generasi 3 yang berlokasi di Kalimantan Timur dan Tengah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya amandemen PKP2B akan mengakibatkan Effective Tax Rate meningkat. Manajemen Pajak yang dapat dilakukan agar beban pajak menjadi efisien diantaranya adalah Tax Planning dalam PPh Badan seperti pengajuan Penetapan Daerah Tertentu, pengawasan terhadap Debt to Equity Ratio (DER) dan sebagainya. Selain Tax Planning, perusahaan juga harus menerapkan kepatuhan administrasi sesuai dengan Ketentuan Prevailing untuk menghindari sanksi bunga atau denda. Penelitian ini juga dapat menjadi evaluasi kebijakan Amandemen PKP2B yang dilakukan oleh Pemerintah.

ABSTRACT
This research is aimed to analyze the implications of the 3rd generation CCoW amendment to the company's effective tax rate and tax management that can be applied by the company after the amendment of CCoW. The amendment of the CCoW is a mandate from the issuance of Law No. 4 of 2009 on Mineral and Coal Mining (Minerba Law) that stipulate the provisions in CCoW mining concessions must be amended according to the Minerba Law. One of the main points of change is the increase in state revenues where the taxation provisions change from the 1994 Law to the prevailing law. This research discusses about Tax Management which can be applied by the company after the change of tax regime which covers tax administration, tax planning and strategy if there is tax audit. The study used a case study approach with qualitative method. The unit of analysis used is CCoW 3rd Generation coal company located in East and Central Kalimantan. From this research can be concluded that Amendment of CCoW increase Effective Tax Rate. Tax Management that can be performed is Tax Planning in the Corporate Income Tax therefore the tax expense can be efficient. For instance, submission of Specific Areas, supervision of Debt to Equity Ratio (DER) and so on. In addition to Tax Planning, companies should also apply administrative compliance based on Prevailing Provisions to avoid any interest or penalties. This research may also be an evaluation of the CCoW Amendment policy undertaken by the Government.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Kemal Rahadi
"Laporan ini menganalisis rantai pasokan Toyota Motor Company, dengan fokus pada jaringan rantai pasokan, pengadaan, outsourcing, inisiatif CSR, serta permasalahan internal. Di balik kinerja Toyota terdapat sistem rantai pasokan brilian yang digunakan yang memungkinkan semuanya menjadi mungkin. Namun, meskipun manajemen rantai pasokannya kuat, Toyota menghadapi beberapa tantangan yang berasal dari ketegangan geopolitik dan bencana alam yang dapat mengganggu rantai pasokan, menyebabkan kekurangan komponen dan penundaan produksi. Meskipun Toyota sangat terpukul oleh kekurangan semikonduktor, Toyota telah menunjukkan ketahanan dan respons TPS terhadap tantangan yang tidak terduga.
This report analyzes the supply chain intricacies of Toyota Motor Company, with a focus on their supply chain network, procurement, outsourcing, CSR initiatives as well as the problems they are facing. Behind Toyota’s performance lies a brilliant supply chain system that has been used that makes it all possible. However, despite its strong supply chain management, Toyota faces several challenges stemming from Geopolitical tensions and natural disasters that can disrupt supply chains, causing component shortages and manufacturing delays. Although Toyota has been hit hard by the worldwide semiconductor shortage, the company has shown its TPS resilience and responsiveness to unforeseen challenges."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tasya Luthfiyyah
"Rumah sakit menyediakan pelayanan kesehatan komprehensif melalui rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Pelayanan kefarmasian di rumah sakit memastikan pasien menerima obat-obatan yang aman dan efektif. Di Central Operating Theatre (COT), bagian penting dalam rumah sakit, seperti di RS UI, pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan BMHP disesuaikan dengan standar paket tindakan kraniotomi. Evaluasi menunjukkan variasi dalam penggunaan obat dan BMHP, dengan sebagian besar pasien menggunakan di bawah standar paket yang tersedia, menunjukkan tantangan dalam pengelolaan perbekalan farmasi.

Hospitals provide comprehensive health services through inpatient, outpatient and emergency care. Pharmaceutical services in hospitals ensure patients receive safe and effective medicines. In the Central Operating Theater (COT), an important part of the hospital, such as at UI Hospital, the management of pharmaceutical preparations, medical devices and BMHP is adjusted to standard craniotomy action packages. The evaluation showed variations in medication and BMHP use, with the majority of patients using below standard available packages, indicating challenges in managing pharmaceutical supplies.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yoanary Sylvianita
"Tesis ini menganalisis faktor-faktor kritikal yang menentukan keberhasilan implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) dilihat dari persepsi praktisi ERP dan korelasi faktor-faktor tersebut dengan keberhasilan suatu implementasi ERP. Faktor-faktor yang dianggap kritikal dikumpulkan dari jurnal-jurnal ilmiah, lalu di bagikan kuesioner untuk mengetahui pendapat praktisi ERP. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan persepsi kepentingan faktor antara pihak perusahaan dengan pihak vendor ERP. Penelitian juga menghasilkan faktor-faktor dengan korelasi terbesar terhadap keberhasilan implementasi, yang berguna bagi praktisi ERP dalam menjalankan implements ERP
This study analyzes critical success factors of enterprise resource planning (ERP) implementation, base on ERP?s practitioners? perception and the factor?s influence on ERP implementation success. Potentials critical factors are collected from science journals. Using survey, the ERP practitioners express their opinion about the importance of the factor and the appearance of the factor in the ERP implementation. The research finds that there are differences between enterprise?s perception and ERP vendor?s perception. The research also recognizes factors that have the greatest influence on ERP success, which is useful for ERP practitioners implementing ERP implementation."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Situmeang, Lena Elfrida
"Skripsi ini membahas rencana strategi pemasaran unit medical check up RS Pertamina Jaya tahun 2011-2015. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Penyusunan rencana strategis pemasaran MCU diawali dengan identifikasi faktor-faktor eksternal dan internal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan Matriks EFE dan EFI. Setelah itu, dilakukan pencocokkan dengan menggunakan Matriks IE dan Matriks TOWS. Dari tahap pencocokan ini ditemukan tiga alternatif strategi pemasaran yaitu pengembangan pasar, pengembangan produk, dan penetrasi pasar. Selanjutnya prioritas strategi ditentukan dengan menggunakan QSPM. Dari hasil QSPM diperoleh bahwa prioritas strategi pemasaran MCU RS Pertamina Jaya adalah pengembangan pasar. Strategi pengembangan pasar dilakukan dengan melihat segmen, target, dan bauran pemasaran. Hasil penelitian ini menyarankan untuk memperkenalkan produk MCU pada sasaran baru, mengembangkan produk MCU, dan mengoptimalkan kinerja unit pamasaran dengan menfokuskan perhatian kepada pelanggan yang telah ada.

The focus of this study is the marketing strategic plan of medical check up unit Pertamina Jaya Hospital in 2011-2015. This research is descriptive qualitative. The process began with the identification of internal and external factors using EFE and IFE Matrix. After that, make matching by using the IE and TOWS Matrix. From this matching stage, found three alternative marketing strategies are that market development, product development, and market penetration. Next, priority of strategy is determined by using QSPM. From the results are obtained that the priority strategy QSPM of MCU Pertamina Jaya Hospital is the market development. Market development strategy is carried out by looking at segmentation, targeting, and marketing mix. The results of this study suggests to introduce product on the new targeting, develop MCU product, and optimize unit performance by focusing attention on captive market."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
RA Mustika Hanryanto
"Kopi Kalong adalah salah satu umkm di bilangan Jakarta yang bergerak di bidang
industri Food and Beverage (FnB). Tren kedai kopi yang meningkat saat ini membuat persaingan menjadi sangat ketat di industri ini. Untuk itu, dalam mempertahankan keunggulan kompetitif, Kopi Kalong harus memiliki strategi yang baik untuk dapat bertahan. Hal ini dilakukan dengan memiliki ciri khas yang mudah dikenal oleh masyarakat dan karakter yang membedakannya dengan merk kopi lainnya yang begitu banyak. Tentunya juga didukung oleh strategi marketing, pelayanan, produk, harga, dan lokasi yang sesuai dengan target pasar. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengembangan kemasan produk dan memasarkannya dengan strategi marketing dengan memanfaatkan platform digital seperti sosial media Instagram.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan data yang didapatkan berasal dari observasi, survey, grup diskusi, serta wawancara mendalam. Terdapat beberapa metode analisis yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian, antara lain Business Model Canvas (BMC), analisis Porter’s Five Forces, analisis PESTEL, Bauran Pemasaran Jasa, analisis SWOT, analisis TOWS, analisis Pareto, analisis Segmenting Targeting dan Positioning (STP) dan analisis GAP.

Kalong Coffee is one of the small medium enterprise (SME) in the Jakarta area which is engaged in the Food and Beverage (FnB) industry. The trend of coffee shops that are growing very rapidly nowadays makes competition very tight in thi industry. For that, in maintaining a competitive advantage, Kopi Kalong must have a good strategy to survive by having the characteristics that are easily recognized by the public. It is also supported by marketing strategies, services, products, prices, and locations that match the target market with a marketing strategy using digital platforms such as social media Instagram. This research was conducted using qualitative methods and the data obtained came from observations, surveys, discussion groups, and in-depth interviews. There are several analysis methods used to achieve the research objectives, including the Business Model Canvas (BMC),
Porter's Five Forces analysis, PESTEL analysis, Service Marketing Mix, SWOT analysis, TOWS analysis, Pareto analysis, Segmenting Targeting and Positioning
(STP) analysis and GAP analysis
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Safanta
"Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi TI di Indonesia mempengaruhi tren atas pembentukan startup berbasis TI. Salah satu contohnya adalah PT. Mitra Digital Laboratorindo dengan produknya yang bernama Pesanlab. Pesanlab merupakan sebuah platform penyalur jasa pemeriksaan kesehatan diagnostik antara laboratorium dengan konsumen. Proses bisnis yang dimiliki oleh Pesanlab begitu unik, sehingga memerlukan strategi-strategi yang dapat membantu dalam memenuhi target yang telah ditentukan. Kerangka kerja yang digunakan adalah RACE Planning yang merupakan adopsi dari SOSTAC . Secara keseluruhan perumusan strateginya memang mengikuti tahapan SOSTAC , hanya saja di dalam pemilihan strateginya tidak menggunakan teori-teori yang baku. Strategi-strategi diadopsi dari e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menghasilkan 3 target, 9 strategi dan 32 taktik sesuai dengan analisis situasi yang dilakukan dengan wawancara kepada top management PT. Mitra Digital Laboratorindo.

The rapid development of Information Technology IT in Indonesia influences the trend towards the establishment of IT based startup. One of example is PT. Mitra Digital Laboratorindo with its product called Pesanlab. Pesanlab is a healthcare diagnostic platform connecting laboratories to consumers. Its business processes are so unique that they require strategies that can assist in accomplished predetermined targets. The framework which being used is RACE Planning which is an adoption of SOSTAC . Overall the formulation of the strategy does follow the SOSTAC stages, but in the making of strategy does not use standard theories. Strategies adopted from various e commerce in Indonesia. This research produces 3 targets, 9 strategies and 32 tactics according to the situation analysis conducted by interview to top management of PT. Mitra Digital Laboratorindo."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>