Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 137093 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wildan Nashuha
"ABSTRAK
Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu media yang jamak digunakan pemerintah untuk menyebarkan suatu isu pada khalayak yang lebih luas. Salah satu iklan layanan masyarakat yang sempat viral di masyarakat adalah iklan layanan masyarakat Indonesia Bebas Kusta yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Hasil kajian menunjukkan bahwa iklan layanan masyarakat Indonesia Bebas Kusta yang memuat konten komunikasi persuasi memiliki kemampuan yang baik dalam membujuk khalayak mengenai isu kusta, khususnya pada dimensi kognitif dan afektif

ABSTRACT
Public Service Announcement is a media often used by the goverment to broadcast particular issue to a broader audience. One of public service announcements which has succeded to be viral in society is ldquo Indonesia Bebas Kusta rdquo public service annoucement, issued by Minister of Health Republic of Indonesia through Director General of Disease Prevention and Control. The results of this study indicate that ldquo Indonesia Bebas Kusta rdquo public service announcement containing persuassive communication content has a good power to persuade people on recognizing leprosy issues, specifically on cognitive and affective dimensions"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2010
020PERI002
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Herawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap perubahan dan arus komunikasi terhadap komitmen pegawai dalam menjalankan Reformasi Birokrasi (RB). Penelitian dilakukan terhadap seluruh pegawai LIPI yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Serpong, Cibinong dan Bandung, dengan jumlah sampel sebanyak 361 responden. Kepercayaan terhadap Perubahandiukur dengan kuesioner yang dikembangkan oleh Armenakis, Bernerth, Pitts dan Walker (2007), yang terdiri dari 5 komponen/aspek kepercayaan yaitu discrepancy, appropriatness, efficacy, principal support dan valence. Variabel arus komunikasi merupakan variabel tidak berdimensi yang diadaptasi dari Isa, Jusoh, dan Saleh (2011) yang menggabungkan skala pengukuran Miller et al (1994) sertaBanas dan Wanberg (2000). Sedangkan komitmen perubahan diukur dengan menggunakan tiga model komponen komitmen perubahan yang dikembangkan oleh Herscovitch dan Meyer (2002). Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, serta General Linier Model.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan terhadap perubahan, arus komunikasi maupun komitmen pegawai terhadap perubahan berada pada tingkat sedang.Hanya aspek discrepancy dan appropriateness dari variabel kepercayaan terhadap perubahan yang berada pada tingkat tinggi. Hasil analisis regresi menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan kepercayaan terhadap perubahan terhadap komitmen pegawai dalam reformasi birokrasi. Aspek-aspek kepercayaan terhadap perubahan yang memberikan pengaruh positif dan signifikan adalah aspek discrepancy, principal support dan valence, sedangkan dua aspek lainnya yaitu appropriateness dan efficacy tidak memberikan pengaruh terhadap komitmen pegawai dalam perubahan. Ketiga aspek kepercayaan terhadap perubahan yakni discrepancy, principal support dan valence memiliki pengaruh positif terhadap affective commitment to change dan normative commitment to change. Sedangkan tidak ada satupun aspek kepercayaan terhadap perubahan yang berpengaruh terhadap continuance commitment to change. Arus komunikasi terbukti membawa pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen pegawai dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Selain itu arus komunikasi juga terbukti berpengaruh terhadap semua dimensi komitmen perubahan.

The research was conducted to revea lthe influence of beliefs in change and communication flows toward employees commitment to change in the bureaucracy reformation process. This researchwas conducted toward the employees of Indonesian Institute of Science in Jakarta, Bogor, Serpong, Cibinong and Bandung regions, with 361 sample respondents. Beliefs in change wasmeasured through a questionnaire developedby Armenakis, Bernerth, Pitts and Walker (2007), which comprises of five component/aspects of beliefs in change: discrepancy, appropriateness, efficacy, principal support and valence. Communication flows variable was a non-dimensional variable which is adapted from Isa, Jusoh and Saleh (2011) which combines scale of measurement from Miller et al (1944) with Banas and Wanberg (2000). Meanwhile commitment to change was measured using three commitment component models developed by Herscovitch and Meyer (2002). Data was analyzed using descriptive analysis, regression analysis and General Linier Model.
The results showed that beliefs in change, communication flows and employee commitment to change were in moderate level. Only the aspects of discrepancy and appropriateness of beliefs in changewhich were indicated in high level. Regression analysis showed there was a positive and significant influence of belief in change toward employee commitment on bureaucracy reformation. The aspects of beliefs in changewhich provide significant and positive influence were discrepancy, principal support and valence, while appropriateness and efficacy have no significant influence toward employee commitment to change. The three aspects of beliefs in change: discrepancy, principal support and valence have positive and significant influence related to affective commitment to change and normative commitment to change. While there was no single aspects of beliefs in change that have significant influence related to continuance commitment to change. The other results showed that communication flows have a positive and significant influence to employee commitment on bureaucracy reformation. Communication flows also have significant influence to all dimensions of commitment to change.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wike Wijayanti
"ABSTRAK
Tesis ini membahas pesan persuasif Iklan Layanan Masyarakat dalam program sosialisasi pembangunan PLTN di Indonesia. Rencana pembangunan PLTN merupakan sebuah program yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat, meskipun dipersuasikan dalam bentuk iklan layanan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan dengan analisis wacana kritis Norman Fairclough melalui tiga level analisis. Pada tataran teks menggunakan analisa framing Robert N Entman. Pada tataran produksi, dengan wawancara mendalam dan pada praktek sosial-budaya peneliti melakukan kajian literatur. Kesimpulan penelitian menemukan fakta bahawa BATAN mencoba meyakinkan masyarakat untuk mengubah sikap atas isu nuklir melalui pengiriman pesan yang ditayangkan dalam ILM PLTN. Pesan nuklir yang ditonjolkan dalam iklan merupakan isu-isu yang selalu dipertanyakan oleh masyarakat yaitu aspek kesiapan, aspek keamanan, aspek ekonomi dan aspek lingkungan. Penggambaran pesan nuklir dalam ILM PLTN dari tahun ke tahun tidak terlepas dari situasi yang terjadi pada waktu iklan tersebut diproduksi

ABSTRACT
This thesis discusses the persuasive message in the socialization Public Service Programe of The Nuclear Power Plant in Indonesia. The Plan of The Nuclear Power Plant is a program that is scary for most people, although in the form of public service announcements (PSA) persuasively. This study is a qualitative research with a critical discourse analysis Norman Fairclough through three levels of analysis. At the level of the text using the framing analysis Robert N Entman. At the production level, with in-depth interviews and on socio-cultural practices investigation conducted within literature review. The study found the fact that BATAN trying to convince people to change attitudes on the nuclear issue through the delivery of messages that display in the PSA. Nuclear message highlighted in the advertisements are issues that have always been questioned by the public, namely aspects of preparedness, security aspects, economic aspects and environmental aspects. Depictions of nuclear message in PSA from year to year can not be separated from the situation that occurred at the time the advertisement was produced."
2015
T44546
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melizza Purnama Sari
"ABSTRAK
Penayangan iklan layanan masyarakat yang ditujukan kepada khalayak luas
idealnya ditayangkan melalui media televisi. Dengan penggabungan elemen
gerak, warna, suasana, dan demonstrasi secara bersamaan pada televisi, pesan
iklan layanan masyarakat dapat sampai kepada khalayak secara luas dengan
penetrasi tinggi. Data yang diperoleh menggunakan metode angket dengan teknik
accidental sampling pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Indonesia Depok yang merupakan khalayak sasaran program GenRe
BKKBN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
antara iklan layanan masyarakat BKKBN Versi "Jangan Buru-Buru" terhadap
sikap khalayak mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia
Depok. Iklan layanan masyarakat BKKBN Versi "Jangan Buru-Buru" juga
cenderung efektif mengubah sikap khalayakmahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan
Politik Universitas Indonesia Depok, khususnya pada dimensi pesan.

ABSTRACT
Publicserviceadverstisementaimed ata broad audienceideallybroadcasted on
televisionso thatthrough the incorporation ofelementsof motion, color,
atmosphere, andat the samedemonstrationontelevision, publicserviceadvertising
messagescan beconveyed to theaudienceextensively withhighpenetration. The
studyuses the concept ofexposure toadvertisingandpublicattitudes. The
studyusesquantitative approachandisexplanative. Dataobtainedusingthe
questionnaire withaccidentalsamplingtechniquesinthe Faculty of Socialand
Political Sciences, University of Indonesia Depokwhich is
thetargetaudienceBKKBN Genreprogram. The analysis showedthat there
issignificant influenceofpublic serviceadvertisement BKKBN version "Do Not
Rush" topublicattitudes. It also tends toto effectivelychangepublicattitudes,
particulalrly through the dimensions ofthe message.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S43762
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"This research deals with the poor quality of land certification service and poor communication and working motivation of government employees at the Land Office of South Jakarta Municipality. This research design in form of explanatory survey using line statistics analysis completed with confirmation using qualitative data through participatory observation on documents and in depth interviews to find out the essence of what and how good communication."
384 WACA 8:27 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Perancangan komunikasi visual ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja yang tinggal di kota Surabaya akan pentingnya mengucapkan terima kasih. Hal ini dilatarbelakangi karena melihat adanya penurunan sikap dan budi pekerti dalam masyarakat. Mengucapkan terimakasih yang seharusnya menjadi hal yang mudah dilakukan, namun pada kenyataannya kata ini semakin jarang di dengar. Padahal merupakan suatu hal yang penting untuk selalu menghargai setiap jasa yang telah didapatkan selama hidup ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Yaitu dengan cara mencari data-data di lapangan, dan kemudian melakukan analisa. Dari data di lapangan didapat hasil bahwa remaja saat ini merasa bahwa untuk sekedar mengucapkan terimakasih bukan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena ini termasuk dalam permasalahan sosial maka diharapkan melalui pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) ini mampu menjadi solusi atas permasalahan yang ada. ILM akan dibuat menggunakan media-media yang efektif dalam menyampaikan pesan. Dan dari perancangan ini diharapkan akan terjadi perubahan sikap yang lebih baik dalam kehidupan masyarakat Indonesia. "
JDKVN 11:2 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kesia Meliani Hartolo
"Penelitian ini membahas jenis dan makna metafora yang digunakan dalam iklan layanan masyarakat (ILM). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui studi pustaka dengan menggunakan korpus tiga video ILM “Zusammen gegen Corona” yang diunggah di kanal Youtube resmi Bundesregierung pada tanggal 15 & 16 November 2020. Korpus data diperoleh dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan kamus Duden (2020) sebagai acuan. Dalam penelitian ini ketiga iklan dianalisis menurut teori metafora Kurz (1982). Kemudian iklan tersebut diklasifikasikan berdasarkan teori jenis metafora Kurz (1982) dan Knowles & Moon (2006) serta dianalisis maknanya dengan membandingkan unsur Bildspender (ranah sumber) dan Bildempfänger (ranah sasaran) berdasarkan teori Weinrich (1963). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan sebanyak 18 kalimat bermakna metaforis yang terdiri dari: tiga kalimat personifikasi, lima kalimat metafora konvensional, 10 kalimat metafora kreatif, dan tidak ditemukan kalimat berjenis metafora mati. Penggunaan metafora dalam ILM bertujuan untuk menyosialisasikan kebijakan lockdown dengan cara yang lebih menarik agar mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat.

This research is about types and meanings of metaphors used in public service advertisements (PSA). This research uses a qualitative descriptive method through a literature study using a corpus of three PSA videos "Zusammen gegen Corona" which was uploaded on the Bundesregierung official Youtube channel on 15 & 16 November 2020. The corpus of data was obtained using the listening method with a note-taking technique and then translated into Indonesian using the Duden (2020) dictionary as a reference. In this study, the three advertisements will be analyzed according to Kurz's (1982) metaphor theory. Then the advertisements were classified based on the theory of metaphorical types of Kurz (1982) and Knowles & Moon (2006) and their meaning was analyzed by comparing the elements of Bildspender (source domain) and Bildempfänger (target domain) based on Weinrich's theory (1963). Based on the results of the study, 18 sentences of metaphorical meaning were found, consisting of: three personification sentences, five conventional metaphorical sentences, 10 creative metaphorical sentences, and no dead metaphorical sentences. The use of metaphors in PSAs aims to socialize the lockdown policy in a more attractive way so that it is easily understood and accepted by the public."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Berlatar belakang fenomena penggunaan amatir radio dan komunikasi radio antar penduduk yang berkaitan dengan faktor layanan publik dan monitor frekuensi radio, dimana peneliti memfokuskan pada permasalahan kondisi pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah tentang penggunaan radio non komersial yang digunakan oleh perorangan. Penelitian ini memperlihatkan penggiat amatir radio dan komunikasi radio antar penduduk bervariasi, mulai yang tidak mempunyai izin sampai yang memiliki izin. Begitu juga peran tokoh yang selalu memelopori tentang berkembangnya potensi amatir radio dan radio antar penduduk ini untuk mengatasi kemaslahatan yang ada dalam masyarakat. Dengan metode kualitatif, peneliti melakukan wawancara mendalam untuk mendapatkan kondisi yang sebenarnya dari layanan publik yang telah dilakukan pemerintah maupun pihak organisasi yang membangkitkan potensi untuk menjadi suatu daya yang besar dalam memberikan dukungan komunikasi berkaitan dengan tanggap darurat terkait dengan bencana dan keadilan sosial lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan publik diberikan oleh pemerintah di bidang penertiban sangat kurang sehingga frekuensi radio yang digunakan oleh radio perorangan ini tidak kondusif untuk digunakan, hal ini akan mempunyai dampak kemampuan organisasi untuk mengembangkan diri, pengabdian masyarakat dalam mendukung komunikasi tanggap darurat yang setiap saat bisa terjadi."
BPT 12:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gruman Jannata
"ABSTRAK
Iklan layanan masyarakat Public Service Announcement belakangan ini marak digunakan instansi pemerintah sebagai salah satu media untuk meningkatkan kesadaran berkendara seseorang Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan pengaruh iklan layanan masyarakat fatigue driving mengemudi ketika lelah dengan membandingkan penggunaan positive dengan negative goal framing message Iklan layanan masyarakat yang memunculkan positive goal framing maupun negative goal framing message dapat mempengaruhi sistem afektif maupun kognitif yang selanjutnya akan berdampak terhadap niat untuk berkendara ketika lelah melalui sikap atas iklan attitude toward advertising dan sikap atas perilaku attitude toward behavior fatigue driving Kuesioner yang telah disebarkan kepada partisipan yang mengemudikan sendiri kendaraannya diwilayah DKI Jakarta dan sekitarnya kemudian dianalisis menggunakan uji beda t test dan regresi Hasil dari penelitian ini ialah tidak terdapat perbedaan pengaruh positive maupun negative goal framing message terhadap sikap atas iklan Selanjutnya sikap atas iklan yang diberikan stimuli negative goal framing menghasilkan sikap atas perilaku mengemudi ketika lelah yang lebih rendah Namun berikutnya baik sikap atas perilaku yang telah diberi stimuli positive maupun negative goal framing message tidak ada yang berpengaruh lebih positif terhadap niat untuk mengemudi ketika lelah

ABSTRACT
Public service announcements widespread recently use by government agencies as one of the media to raise awareness of one 39 s driving This study aimed to explore the effect of differences in fatigue driving public service announcement by comparing the use of positive and negative goal framing message Public service announcements that bring positive and negative goal framing message can affect the goals of affective and cognitive systems that will further impact on the intention to drive when tired by attitude toward advertising and attitude toward behavior fatigue driving The questionnaire was distributed to participants who drove his own vehicle in the region of Jakarta and surrounding areas then analyzed using t test and regression The results of this study there was no difference in the effect of positive and negative goal framing message to the attitude toward ad Furthermore the attitude toward advertising given negative goal framing stimuli produce attitudes toward behavior of fatigue driving But attitude toward behavior that has given positive and negative stimuli goal framing message no more positive effect on the intention to drive when fatigue "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>