Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6258 dokumen yang sesuai dengan query
cover
German: International Competence Center Technology,
690 BFT
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Syahnaz Farhan Noviandini
"ABSTRAK
Rumah adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Namun, sedikitnya pilihan rumah tinggal dengan harga yang terjangkau membuat tidak semua orang bisa merasakan berlindung di dalam rumahnya sendiri. Berbagai usaha sudah dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan rumah yang terjangkau dan layak untuk semua warganya. Dari berbagai macam usaha tersebut, memodifikasi metode konstruksi rumah merupakan salah satu pilihannya. Metode-metode tersebut memiliki proses yang berbeda sehingga akan mempengaruhi hasil dan harga rumah. Metode konstruksi dengan teknologi beton pracetak merupakan salah satu metode yang dapat menghasilkan harga rumah yang lebih terjangkau karena efisiensi pengerjaannya. RISHA merupakan rancangan teknologi konstruksi bangunan rumah tinggal dengan komponen yang kompak dan berukuran modular serta menggunakan sistem bongkar pasang atau Knock Down. Sebuah rumah dapat dikatakan terjangkau apabila harga yang disajikan ditujukan kepada kelompok dengan pendapatan tertentu sehingga akan tercapai keterjangkauan bagi kelompok tersebut. Rumah dengan metode beton pracetak dari RISHA ini cenderung ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sistem RISHA ini melibatkan  beberapa komponen panel yang kemudian akan menjadi modul struktur yang dapat dibuat menjadi struktur yang lebih kompleks. Pencarian data untuk studi kasus RISHA dilakukan dengan wawancara kepada salah satu peneliti dari RISHA yang kemudian data yang didapatkan akan diolah dengan dibandingkan dengan metode konvensional. Perbandingan ditujukan untuk menemukan aspek-aspek yang membuat metode beton pracetak lebih terjangkau dibandingkan dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis dari data tersebut didapatkan bahwa metode beton pra cetak dapat menghasilkan struktur unit rumah tipe 36 yang lebih terjangkau daripada metode konvensional atau cast-in situ.

ABSTRACT
House is one of the primary needs of humans. However, the lack of choice of housing at an affordable price makes it impossible for everyone to take shelter in their own home. Various efforts have been made by the government to provide affordable and decent houses for all of its citizens. Of the various types of effortss, modifying the method of home construction is one of the choices. These methods have different processes that will affect the results and prices of the house. The construction method with precast concrete technology is one method that can produce a more affordable house price because of the efficiency of the process. RISHA is a design of residential building construction technology with compact and modular-sized components and uses a knock down system. A house can be deemed to be affordable if the price is aimed at a group with certain income so that the group can achieve affordability. This house with precast concrete method from RISHA tends to be aimed at low-income communities (MBR). This RISHA system involves several panel components which will then become structural modules that can be made into more complex structures. Data searching for the RISHA case study was obtained by interviewing one of the researchers from RISHA. The data that is obtained would be processed to be compared to conventional methods. Comparisons are aimed to find aspects that make the precast concrete method more affordable compared to conventional methods. Based on the results of interviews and analysis of these data, it was found that the pre-cast concrete method can produce a type 36 housing unit structure that is more affordable than conventional methods or cast-in situ."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astiti Dana Oktaviani
"Industri konstruksi dewasa ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Adaptasi terhadap teknologi baru pada era digital sangat dibutuhkan untuk mampu berkompetisi di tengah perkembangan industri. Implementasi precast concrete pernah menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan performa proyek konstruksi. Akan tetapi, produksi precast concrete itu sendiri juga harus ditingkatkan untuk dapat mengimbangi kecepatan perkembangan dunia konstriksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengintervensi produksi massal precast concrete dengan menggunakan teknologi Internet of Things yang dipelopori dengan implementasi BIM dan 3D Printing untuk meningkatkan tingkat produktivitas. Simulasi dilakukan terhadap model yang mengombinasikan teknologi 3D printing dari COBOD Company dan observasi yang dilakukan pada produksi precast concrete Proyek X oleh PT. Z dilakukan dengan menggunakan software Primavera berdasarkan wawancara terstruktur dengan pihak terkait dari COBOD Company, PT. Z, dan Proyek X. Diskusi dengan beberapa pakar pun dilakukan untuk memvalidasi hasil simulasi. Penelitian ini membuktikan adanya penghematan durasi produksi sebesar 35% hingga 68% dibandingkan dengan metode produksi konvensional. Dengan peningkatan produktivitas tersebut, nilai Internal Rate of Return pun mengalami peningkatan. Dengan keuntungan performa produktivitas dan investasi, ditambah dampak lingkungan yang lebih kecil, penggunaan Internet of Things juga dapat menguntungkan bagi industri produksi massal precast concrete. Dengan luas lahan yang sama dan sumber daya yang sama, produksi massal dapat berjalan dua kali lebih cepat hanya dengan mengimplementasikan teknologi Internet of Things

Construction industry has been developing rapidly in past years. Adaptation of new technology in this digital era is highly needed to be able to compete within the industry development. Precast concrete implementation used to be one solution for speeding up project performance. But the production of the precast concrete itself also needs to boost to match the speed of construction development. The purpose of this research is to intervene mass production of precast concrete by using Internet of Things technology, pioneered by BIM and 3D concrete printing implementation to increase the productivity rate. Model simulation combining the use of 3D printing from COBOD company and observation on Project X precast production in PT Z factory was conducted using Primavera software based on structured interviews done with related parties from COBOD Company, PT Z, and Project X. Discussion with experts is also conducted to validate the simulation result. This study results on the production duration decreasing 35% up to 68% compared to original conventional method. By this improvement, the value of Internal Rate of Return increases as well. Faster productivity, increased economical return, with less environmental impact, the use of Internet of Things is able to benefit this industry. With the same area of production yard and the same number of resources, precast concrete mass production can speed up two times faster only by implementing Internet of Things technology."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rinaldi
"Pabrik Bridgestone Tyre Indonesia adalah sebuah pabrik yang memproduksi ban mobil yang berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, Karawang. Konstruksi pabrik tersebut mempe1'gunaka.n konstruksi struktur rangka beton bertu lan g, terdiri dari 1 lantai (sebagian 2 lantai). Dalam proses pembangunan pabrik tersebut, pelaksana proyek menggunakan metode pracetak untuk pembuatan konstruksi kolom. Yang artinya komponen- komponen struktur belon tersebul dicor di tempat fabrikasi, yang bukan mempakan posisi akhir komponen-komponen tersebut dalam suatu StI'l1kl`l11', tidak seperti metode konvensional (cast in situ) dimana pengecoran dilakukan pada posisi akhir komponen-komponen tersebui" Perbedaan lokasi pengecoran ini menyebabkan teljadinya perbedaan biaya yang ditimbulkan serta perbedaan larnanya waktu pelaksanaan. Dalam penulisan tugas akhir ini penyusun mencoba memperkirakan besamya biaya langsung yang dikeluarkan untuk masing-masing metode pe11ge1jaan, Sena mencoba memperkirakan lama waktu pelaksanaannya, sampai berdirinya struktur kolom tersebut. Perbedaan biaya langsung yang teljadi disebabkan karena perbedaan konstruksi perancah unmk masing-masing metode, Serta adanya penggunaan alat berat mobile crane pada metode pracetak. Dalam menentukan biaya untuk tiap jenis pekeljaan yang dilaksanakan, penyusun menggunakan harga satuan biaya yang didapat dari buku Jurnal Harga Bahan Bangunan, Konslruksi dan Interior. Perbedaan waktu pelaksanaan yang teljadi disebabkan oleh proses pengecoran untuk metode pracetak yang sudah dapat dilaksanakan pada saat proyek dimulai, tidak seperti pada melode konvensional yang harus menunggu pekerjaan- pekerjaan terkait seperti pemancangan dan pondasi. Dalam penentuan lamanya satuan waktu pelaksanaan untuk tiap jenis pekerjan yang dilaksanakan, penyusun menggunakan satuan berdasarkan pengalaman di 1apangan_"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S35722
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pungky Dharma Saputra
"ABSTRAK
Sejak diterapkannya kebijakan percepatan proyek infrastruktur, industri konstruksi juga meningkat di Indonesia. Industri konstruksi adalah industri yang berbahaya sehingga sering memakan korban. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi banyak kecelakaan konstruksi dalam pembangunan jembatan beton pracetak, yang telah menyebabkan kerugian moral dan material, proyek yang dihentikan dan proyek yang tertunda. Kurangnya anggaran terpisah yang secara khusus ditujukan untuk menerapkan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah salah satu penyebab buruknya penerapan SMK3 dalam proyek konstruksi dan mengakibatkan tingginya tingkat kecelakaan di tempat kerja. Di Indonesia, meskipun ada beberapa peraturan yang mengatur penerapan SMK3, tidak ada peraturan khusus yang mengatur bagaimana menyiapkan anggaran yang masuk akal untuk penerapan SMK3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui work breakdown structure pada pekerjaan, mengidentifikasi risiko, mengembangkan pengendalian risiko, mengidentifikasi komponen biaya K3 menghitung biaya K3 pada Proyek Jembatan Beton Precast. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan responden para ahli dan aktor dalam bidang konstruksi k3, analisis yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif. Pendekatan studi kasus juga dilakukan untuk menghitung biaya K3. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perhitungan biaya k3 dalam proyek jembatan beton pracetak sehingga dapat memaksimalkan penerapan SMK3, sehingga kecelakaan kerja berkurang dan mencapai kinerja K3 yang baik.

ABSTRACT
Since the implementation of the policy of accelerating infrastructure projects, the construction industry has also increased in Indonesia. The construction industry is a dangerous industry that often takes casualties. In recent years there have been many construction accidents in the construction of precast concrete bridges, which have caused moral and material losses, projects that were stopped and projects that were delayed. Lack of separate budgets that are specifically prepared in implementing the Occupational Safety and Health System is one of the causes of the poor implementation of SMK3 in construction projects and create high rates of accidents in the workplace. In Indonesia, although there are several regulations governing the implementation of SMK3, there are no specific regulations that regulate how to prepare a reasonable budget for the implementation of SMK3. The aims of the study are determining the work breakdown structure in precast concrete bridge project, identifying risks, developing risk control, identifying components of cost of safety and calculating of safety cost. This research is a survey research with respondents of experts and actors in the field of construction safety, descriptive analysis is used to determine variables. A case study approach is also used to calculate the cost of safety. This research is expected to be able to produce a cost of safety calculation in precast concrete bridge projects so that it can maximize the application of SMK3, in order to reduce accidents in workplace and achieving good safety performance.
"
2019
T53758
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhil Muhammad Irfan
"Beton pracetak menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan beton cor-in-situ, di mana ia memiliki biaya yang lebih rendah dan lebih cepat untuk dibangun. Namun, kepercayaan menggunakan pracetak masih rendah karena pengetahuan menggunakannya. Selain itu, kinerja struktural beton pracetak ditentukan oleh hubungan antara anggota pracetak dengan anggota. Hubungan antara tangga pracetak yang terhubung dengan komponen pracetak lainnya jarang dibahas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sambungan dan metode konstruksi tangga pracetak. Di sini, jenis koneksi ditentukan melalui tinjauan pustaka. Kemudian, beberapa sambungan dipilih, diterapkan, dan dianalisa pada sebuah bangunan melalui studi kasus Rumah Sakit XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sambungan yang diterapkan pada Rumah Sakit XYZ sudah layak digunakan. Selanjutnya, desain, produksi, transportasi, dan pemasangan tangga dapat didiskusikan

Precast concrete offer several advantages compare to cast-in-situ, where it has lower cost and faster to construct. However, the confidence of using precast is still low due to the knowledge of utilising it. Moreover, structural performance of precast concrete is determined by the connection between precast member to member. The connection between precast stair connected to other precast component is rarely discuss. Therefore, the aim of this study is to understand the connection and construction method of precast stair. Here, types of connection is determined through literature review. Then, some connection is selected, applied, and analysed to a building through a case study of Hospital XYZ. The result shows that the connections that is applied to Hospital XYZ is adequate to be used. Furthermore, design, production, transportation, and erection of stairs is able to be discussed"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rakan Sulthan Muhammad H.
"Selaras dengan jumlah penduduk yang meningkat setiap tahunnya, meningkatnya juga jumlah kebutuhan bangunan dan infrastruktur yang melibatkan proses konstruksi. Akan, tetapi dampak negatif dari proyek konstruksi masih menjadi kekhawatiran sampai sekarang, teknologi digital menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan dengan pelibatan digitalisasi, jaringan, visualisasi, otomatisasi, dan kecerdasan pada berbagai tahap konstruksi bangunan. Sementara itu, tingkat penerapan teknologi digital di Indonesia masih belum maksimal sesuai dengan jenis berserta manfaat penerapannya. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi jenis-jenis teknologi digital dan manfaat penerapannya dalam meningkatkan kinerja aspek proyek dan aspek sustainability serta mengidentifikasi jenis-jenis teknologi yang sudah diterapkan pada konstruksi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi pakar dan studi kasus dengan analisa kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan 13 teknologi beserta manfaat penerapannya dapat diimplementasikan dalam meningkatkan kinerja konstruksi. Kehadiran teknologi digital ini dapat mendukung ketiga pilar sustainability, terlebih lagi kuantitas manfaat terbanyak pada aspek sustainability ekonomi konstruksi. Selain itu, kondisi eksisting penerapan teknologi digital dalam meningkatkan kinerja dan sustainability pada konstruksi di Indonesia masih cukup rencah terkecuali pada konstruksi mega proyek di IKN yang direncanakan sebagai kota cerdas.

As the population increases yearly, the number of buildings and infrastructure needs that involve the construction process also increases. However, the negative impact of construction projects is still a concern, digital technology is one of the solutions to solve the problem by involving digitization, networking, visualization, automation, and intelligence at various stages of building construction. Meanwhile, the level of application of digital technology in Indonesia is still not maximized according to the type and form of application. Therefore, this research is aimed at identifying the types of digital technologies and the benefits of their application in improving the performance of project aspects and sustainability aspects and identifying the types of technologies that have been applied in construction in Indonesia. The methods used in this research are expert validation and case studies with qualitative analysis. The results of this research are obtained from 13 technologies and their benefits that can be implemented in improving construction performance. The presence of digital technology can support the three pillars of sustainability, especially the largest quantity of benefits in the economic sustainability aspect of construction. In addition, the existing condition of the application of digital technology in improving performance and sustainability in construction in Indonesia is still quite low, except for the construction of mega projects in IKN which are planned as smart cities."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riza Putra
"ABSTRAK
Perkembangan dunia konstruksi dan meningkatnya kebutuhan tempat tinggal mendorong terciptanya teknologi baru di bidang konstruksi, salah satunya adalah beton keraton atau pelat rusuk.Sayangnya, masih sangat terbatas penelitian yang membahas mengenai hal ini, sehingga beton keraton jarang digunakan dalam konstruksi bangunan di Indonesia saat ini.Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian terkait faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan teknologi beton keraton dibandingkan teknologi konvensional. Data yang digunakan adalah studi kasus proyek PT. Dwitemoro Dengan menggunakan metode Quisioner, interview dan survey lapangan didapat hasil bahwa Metode yang digunakan, harga satuan,waktu siklus dan kebutuhan pekerja merupakan faktor dominan yang mempengaruhi pemilihan teknologi beton keraton daripada teknologi lainnya, untuk tujuan konstruksi

ABSTRACT
Construction field is facing a quite big challenge to create new technologies to cope with rapid growth in this field and also the increasing demand of buildings. One of those technologies is beton keraton or pelat rusuk. Unfortunately there is limited research talking about this technology. So that’s why beton keraton are still rarely used in building construction in Indonesia nowadays. This condition makes writer interested to examine what factors may affect the decision making of using beton keraton more preferably than conventional technologies. Data used here is a case study of PTDwitemoro’s projects. Using Quisioner, Interviewand survey project’s method, unit price, time cycle, needs of worker are the main factors that affect the decision making of using beton keraton more preferably than other technologies for construction purposes."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57456
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haas, A.M.
London: Applied Science Publishers, 1983
624.1834 HAA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Danang Adi Setiaji
"Konstruksi Jetty merupakan item utama yang mendukung operasional PLTU. Namun, proses konstruksi Jetty pada umumnya dan khususnya di lokasi PLTU Sulut-1 menemui beberapa kendala dimana lokasi Jetty di pantai terbuka yang langsung menghadap Samudera Pasific dan Laut Cina Selatan (Philipina), sehingga ombak dan arus laut yang cukup besar akan sangat berpengaruh pada faktor kesulitan konstruksi Jetty dan target schedule yang berpotensi delay. Solusi yang dilakukan ialah dengan melakukan re-desain Jetty model konvensional in-situ menjadi model precast.
Hasil dari analisis perbandingan diperoleh hasil bahwa Jetty model Precast lebih mudah dikerjakan dan mampu menghemat durasi waktu pekerjaan sekitar 16-20%. Penerapan metode precast (pra-cetak) telah memenuhi aspek Lean Construction, sebab memiliki produktivitas lebih tinggi, durasi lebih cepat, dan meng-eliminasi pemborosan. Meskipun demikian, Jetty model precast juga memiliki kekurangan dimana volume rebar yang diperlukan lebih besar 8% dibanding metode konvensional in-situ. 

Jetty construction is the main item that supports PLTU/CFSPP operations. However, the process of Jetty construction in general and especially at the PLTU Sulut-1 location encountered several obstacles where the location of the Jetty on open coast that directly faces the Pacific Ocean and the South China Sea (Philippines), so that the waves and sea currents quietly large and will affect to Jetty construction become highly difficulties and potentially delay target schedule. Therefore, the solution is to re-design conventional in-situ Jetty model into precast model.
The results of the comparison analysis show that the Jetty Precast model become more easily to construct and faster to save the duration of work around 16-20%. The application of the precast method has fulfilled the Lean Construction aspect, because it has higher productivity, faster duration, and eliminates waste. However, the Jetty precast model also has dis-advantage which the rebar quantity is 8% more than the conventional in-situ method. 
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>