Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 128515 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Nopriyanto
"ABSTRAK
Dokumentasi catatan perkembangan pasien terintegrasi belum optimal karena kurangnya pemahaman perawat dalam melakukan penulisan, dan keseragaman dari isi kaidah penulisan, serta belum optimalnya dukungan dari kepala ruang. Tujuan penelitian mengidentifikasi pengaruh penguatan peran kepala ruang dengan pendekatan teori Orlando terhadap pelaksanaan pendokumentasian catatan perkembangan pasien terintegrasi. Metode pre eksperiment design dengan one group pre test and post test design without control, dengan sampel 115 dokumen catatan perkembangan pasien terintegrasi, teknik cluster sampling, melalui analisis Wilcoxon, Spearman dan Kruskal Wallis test. Hasil penguatan peran kepala ruang dengan pendekatan teori Orlando meningkatkan kualitas pelaksanaan pendokumentasian catatan perkembangan pasien terintegrasi secara bermakna p=0,0001; ?=0,025 . Kesimpulan kemampuan perawat pelaksana meningkat bermakna dalam pelaksanaan pendokumentasian catatan perkembangan pasien terintegrasi melalui penguatan peran kepala ruang dengan pendekatan teori Orlando. Rekomendasi adanya kebijakan, pendampingan, evaluasi, dan monitoring dari manajer keperawatan serta pengembangan melalui workshop penerapan peran kepala ruang dan pelaksanaan pendokumentasian catatan perkembangan pasien terintegrasi.

ABSTRACT
Documentation of integrated patient development records has not been optimal due to lack of understanding of nurses in writing, and uniformity of the content of writing rules, and there has not yet optimal support from the head nurses. The purpose of this study was to identify the impact of strengthening the role of the head nurse using the Orlando rsquo s theoretical approach on the implementation in documented of integrated patient development records. The method used Pre experimental design with one group pre test and post test design without control, samples on this study are 115 documents of integrated patient development record, cluster sampling technique, analyzed used with Wilcoxon, Spearman and Kruskal Wallis test analysis. The result showed that the role strengthening of the head nurse with the Orlando rsquo s theoretical approach significantly improves the quality of implementation for documented of integrated patient development record p 0.0001 0,025 . The conclusion of nursing abilities of the implementers increased significantly in the implementation in documented of integrated patient development record. It is recommended can used as reference to make policies, assistance, evaluation and monitoring of nursing managers and development through workshops on the role of the head nurses and documentation of integrated patient development records."
2017
T48639
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Desnantri Hapsari
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai kegiatan penyimpanan arsip aktif maupun inaktif di sebuah instalasi rekam medis rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah penyimpanan terhadap rekam medis merupakan salah satu kegiatan yang berfungsi sebagai tindak lanjut rekam medis untuk ke depannya menjadi acuan tenaga kesehatan maupun pihak lain yang berwenang dalam penggunaannya. Rumah sakit menyimpan rekam medis dalam institusinya sendiri untuk memudahkan temu kembali dan pengamanan lebih terpercaya. Saran penelitian ini yaitu pembenahan rekam medis secara menyeluruh agar tertata rapi.

ABSTRACT
This thesis discussed about the storage of medical record in a hospital.The research is the qualitative study in a case study.The result of this research is a depository to medical records is one of the that serves as a follow-up record medical to in the future is used to health workers and other parties that authorized the use of. The hospital keep medical records in institutional own to ease common ground back and security more credible. Advice for this research is to improve the slums of medical record in thorough that orderly."
2016
S65352
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurrani Mustika Dewi
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas mengenai pengembangan prototipe aplikasi pelaporan rumah sakit di RSIA Kemang Medical Care pada tahun 2014. Pengembangan sistem ini merupakan salah satu bentuk pengembangan office automation system untuk mendukung pekerjaan petugas pelaporan di unit rekam medis dalam mengerjakan laporan-laporan rumah sakit. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, serta telaah dokumen untuk pengumpulan data. Untuk pengembangan aplikasi, penelitian ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD), di mana pengembangan aplikasi yang dilakukan memberdayakan komponen-komponen yang telah ada pada sistem informasi yang sedang berjalan saat ini. Dengan dikembangkannya aplikasi pelaporan rumah sakit, dampak yang diharapkan dapat terjadi adalah pengerjaan laporan internal dan eksternal yang lebih cepat, serata pengurangan beban kerja petugas pelaporan rekam

ABSTRACT
This thesis discuss about prototype development of hospital reporting application in Kemang Medical Care Women and Children Hospital in 2014. The system development is an office automation system development to support the reporting staffs of medical record departement in finishing hospital reports. This study is a qualitative study conducted with the observation, in-depth interviews, and document review to collect the data. For application development, Rapid Application Development (RAD) is used, in which the development of application is using components that already exist in the information systems used in the hospital now. The expected impact to occur after the development of this hospitals reporting application is that internal and external hospital reports can be done faster than before, and also to reduce the workload of reporting staff of medical records departement."
2014
S56042
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imanda Pribadi
"ABSTRACT
Analisis waktu penyiapan berkas pasien post rawat inap yang akan kontrol bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan rekam medis yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kecepatan waktu penyiapan berkas pasien post rawat inap yang akan kontrol dilihat dari aspek input, proses dan output. Disain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional degan pendekatan kualitatif yang didukung juga dengan penelitian kuantitatif. Seluruh data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara mendalam, penelaahan dokumen dan perhitungan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata –rata waktu pencarian berkas pasien post rawat inap adalah 10.01 menit. Dengan waktu tercepat adalah 3.1 menit dan yang terlama adalah 21.28 menit dengan presentase 64 % >10 menit dan 36 % < 10 menit. Proses penyiapan berkas pasien post rawat inap dipengaruhi oleh SDM, kebijakan, jarak dan sarana penyimpanan dan jumlah pasien. Menjawab tujuan dalam penelitian ini adalah waktu tunggu penyiapan berkas post rawat inap masih banyak yang > 10 menit.

ABSTRACT
Analysis of time for setting up the file patients post admission that will control aims to maintain and improve the service quality medical records that given. The purpose of this research is to know analysis of speed time setting up the file patients post admission that will control seen from the input, process and the output. Design of research is a cross-sectional with a study qualitative approach in to support the quantitative research, from an interview in-depth review, documents and the count time. Results of research shows that on average -time file search elderly post hospitalization is 10.01 minutes. The fastest time is 3.1 minutes and the longest is 21.28 minutes with 64 percent vote percentage >10 minutes and 36 percent < 10 minutes. The process of preparing the file patients post hospitalized influenced by human resources, the policy, the distance and storage facilities and the number of patients. Conclusion in this research is waiting for setting up the post hospitalized there is still much > 10 minutes."
2014
S56028
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanus Syauta
"Skripsi ini membahas kepuasan karyawan terhadap layanan akses arsip dinamis di Filing Room Departemen Pengadaan Perusahaan ABC. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei dan observasi. Pengukuran kepuasan karyawan dilakukan dengan menggunakan metode Servqual terhadap 50 karyawan. Hasil penelitian menyatakan 66% dari responden merasa kurang puas, 8% dari responden merasa cukup puas, dan 26% dari responden merasa sangat puas. Penggunaan metode Servqual sebagai alat ukur kepuasan karyawan, memperlihatkan adanya hubungan yang cukup kuat antara kepuasan karyawan keseluruhan dengan lima dimensi pada Servqual. Dengan demikian Servqual dapat dijadikan alat ukur kepuasan karyawan terhadap layanan akses arsip dinamis. Melalui metode Servqual dapat diketahui unsur-unsur layanan yang menyebabkan ketidakpuasan karyawan dan unsur-unsur layanan yang memberikan kepuasan kepada karyawan. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk perbaikan terhadap unsur-unsur layanan yang memiliki nilai kepuasan rendah.

This thesis discusses the employee satisfaction to records access service at Procurement Department Filing Room of ABC Company. This study is a quantitative study with survey method and observation. Employee satisfaction measurement is done using Servqual method to 50 employees. The result of study stated 66% of respondents felt less satisfied, 8% of respondents felt fairly satisfied, and 26% of respondents felt very satisfied. Use the Servqual method as a measurement for employee satisfaction, show a fairly strong relationship between overall employee satisfaction with five dimensions in Servqual. Thus Servqual can be used as a tool to measure employee satisfaction toward records access service. Through Servqual method can be known the elements of service that led to employee dissatisfaction and elements of service that provide satisfaction to employee. So that the result of this study can be used for improvements to the service elements that have low satisfaction scores."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S6
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Eka Putri
"Penelitian ini membahas mengenai fungsi akses dan keamanan pada Sistem Informasi Arsip (SIAR) di unit kearsipan DPR RI. SIAR merupakan sebuah sistem yang mengelola kumpulan rekod elektronik yang berasal dari 21 unit pengolah di bawah Sekretariat Jenderal DPR RI. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah fungsi akses dan kemanan dalam SIAR DPR RI telah memenuhi standar persyaratan fungsional untuk ERMS. Untuk itu, adanya penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan kesesuaian fungsi akses dan keamanan sistem pengelolaan rekod di SIAR DPR RI dengan ISO 16175. Penelitian ini hanya akan mengacu pada 5 poin pertama kelompok kontrol dan keamanan yang memuat 20 persyaratan fungsional ISO 16175. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur dan observasi partisipatif. Teknik pemilihan responden dalam wawancara ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 20 persyaratan fungsional terkait fungsi akses dan keamanan ISO 16175, SIAR DPR RI dapat memenuhi 14 persyaratan yang ditetapkan. SIAR telah melakukan pengendalian akses dalam upaya menjaga keutuhan dan keamanan rekod di dalam sistem.

This study discusses the access and security functions of the Sistem Informasi Arsip (SIAR) in the DPR RI filing unit. SIAR is a system that manages a collection of electronic records originating from 21 processing units under the Secretariat General of the DPR RI. The formulation of the problem in this research is whether the access and security function in SIAR DPR RI meets the standard functional requirements for ERMS. For this reason, this research is aimed at describing the suitability of the access and security functions of the records management system at SIAR DPR RI with ISO 16175. This research will only refer to the first 5 points of the control and security group which contain 20 functional requirements of ISO 16175. The method used in this research is the qualitative method with a case study approach. The research was conducted using structured interview techniques and participatory observation. The technique used for selecting respondents in this interview is purposive sampling. The results of this study indicate that of the 20 functional requirements related to the access and security functions of ISO 16175, the SIAR DPR RI has met 14 of the specified requirements. SIAR has also implemented access control in an effort to maintain the integrity and security of records in the system."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farras Hadyan
"Pelayanan rekam medis rawat inap merupakan salah satu aspek penilaian mutu yang tercermin dalam kualitas dokumen rekam medis  dan pengelolaannya di bagian unit rekam medis. Terdapat empat indikator sasaran mutu rekam medis yang harus dipenuhi dalam pelayanan yaitu kelengkapan, keakuratan, ketepatan waktu pengembalian, dan pemenuhan persyaratan hukum. Hasil evaluasi bulanan URM RS Muhammadiyah Taman Puring (RSMTP) menunjukan persentase kelengkapan resume medis pada Bulan November 2021 yang masih rendah (32,10%). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu rekam medis pasien rawat inap di RSMTP Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif observasional dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan kerangka analisis sistem input-process-output. Subjek penelitian ini merupakan profesional pemberi asuhan dan pihak yang terlibat dalam fungsi pengelolaan dan pengawasan rekam medis, sedangkan objek penelitian adalah rekam medis rawat inap Bulan Mei 2022 sebanyak 103 sampel. Hasil penelitian menunjukan output berupa persentase rekam medis yang bermutu baik adalah sebesar 33%. Terkait dengan hasil tersebut, terdapat beberapa kendala pada komponen input dan process seperti kurangnya ketersediaan SDM rekam medis yang sesuai kompetensinya, belum tersosialisasinya SOP dan kebijakan terkait pengisian rekam medis, alur pendaftaran pasien yang belum tersedia, hingga fungsi pemantauan dan evaluasi yang belum berjalan dengan baik.

Inpatient medical record service is one aspect of quality assessment which is reflected in the quality of medical record documents and their management in the medical record unit. There are four indicators of the quality of medical records, cosist of completeness, accuracy, timeliness of returns, and fulfillment of legal requirements. The results of the monthly MRU evaluation of the Muhammadiyah Taman Puring Hospital (RSMTP) show the percentage of complete medical resumes in November 2021 are still low (32.10%). The purpose of this study was to determine the factors associated with the quality of medical records of inpatients at RSMTP South Jakarta. This study uses a descriptive observational study with qualitative and quantitative approaches that use a system analysis framework. The subjects of this study were professional care provider and parties involved in the function of managing and supervising medical records, while the object of research was inpatient medical records in May 2022 with 103 samples. The results showed that the output in the form of the percentage of good quality medical records was 33%. Related to these results, there are several obstacles in the input and process components such as the lack of availability of medical record human resources according to their competence, the lack of socialization of SOPs and policies related to filling out medical records, the patient registration flow that is not yet available, to the monitoring and evaluation function that still need improvement."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shepherd, Elizabeth
"Many organizations do not yet have a formal programme of records management, but increasingly they are recognizing the benefits of well managed records and the serious consequences of inadequate records systems. Establishing records management and maintaining an effective programme requires specialist expertise. This essential manual of practice provides a detailed guide to the concepts, skills and techniques of records management for organizational staff who have a responsibility for setting up, maintaining or restructuring a records management programme. It offers invaluable advice on the management of records in both electronic and traditional paper media, and focuses on the following areas: understanding records management; analysing the context for records management; classifying records and documenting their context; creating and capturing records; managing appraisal, retention and disposition; maintaining records and assuring their integrity; providing access; implementing records management. The appendices provide a wealth of additional information including a list of standards for records management, an annotated bibliography and sources of further information, and details of professional and advisory bodies. This much needed manual is an indispensable purchase for organizations wishing to introduce better practices for managing their records. The book is intended to be of value to experienced records managers as well as LIS practitioners and newcomers to the field. It should be on the desk of every manager and every information professional with responsibility for records management."
landon: Facet Publishing, 2003
e20528733
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Panggabean, Sarah Florentina
"Perlindungan atas rahasia medis pasien merupakan salah satu hak pokok pasien dalam pelayanan medis yang wajib dipatuhi oleh setiap tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan. Hak atas rahasia medis merupakan bagian dari hak privasi pasien sebagai manusia yang tidak dapat dilanggar dan wajib dipenuhi. Dalam berlangsungnya pelayanan medis, pasien tidak selalu merasa puas dengan proses yang berlangsung. Saat pasien merasa ada haknya yang dilanggar, salah satu cara pasien meminta pertanggungjawaban tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan adalah dengan menuntut rumah sakit dan menyampaikan tuntutannya melalui media massa. Saat menyampaikan tuntutan, pasien turut pula ditanggapi oleh pihak lain di media massa sehingga dapat menyebabkan terbukanya rahasia medis pasien. Penelitian ini akan membahas implikasi hukum yang timbul saat situasi tersebut terjadi serta pengaruhnya terhadap tanggung jawab dokter dan fasilitas pelayanan kesehatan. Pembahasan dilakukan dengan menganalisis Putusan Nomor 130/Pdt.G/2016/Pn.Tng. Dengan mengacu kepada latar belakang tersebut, metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode penelitian yuridis-normatif, yaitu penelitian yang menekankan pada penggunaan norma hukum secara tertulis serta didukung dengan hasil wawancara dengan narasumber. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dimana penulis akan mengumpulkan data kemudian memaparkan hasil yang diperoleh secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan bertanggung jawab dalam menjaga rahasia medis. Namun dalam beberapa pengecualian, dokter dan rumah sakit diperkenankan untuk membuka rahasia medis pasien. Salah satu bentuk pengecualian yang dimaksud adalah saat pasien telah mempublikasikan sengketa medis yang dialaminya di media massa. Respons yang ditunjukkan tenaga kesehatan dan/atau fasilitas pelayanan kesehatan dengan mengungkapkan rahasia medis pasien dalam hal ini disebut hak jawab.

The protection of medical confidentiality of patients is one of the fundamental rights of patients in medical services that must be obeyed by every health care personnel and health care facilities. The right to medical confidentiality is part of the patient’s right to privacy as a human being that cannot be violated and must be fulfilled. In the course of medical services, patients are not always satisfied with the process. When patients feel that their rights have been violated, one of the ways for patients to hold health workers and health care facilities accountable is to sue the hospital and talks about their lawsuit through the mass media. While talking about the lawsuits, patients are also responded to by other parties in the mass media so that it can lead to the disclosure of the patient's medical secrecy. This research will discuss the legal implications that arise when the situation occurs as well as their impacts on the responsibilities of doctors and healthcare facilities. The discussion was conducted by analyzing the Decision No. 130/Pdt.G/2016/Pn.Tng. Referring to this background, the research method in this writing uses juridical-normative research methods, i.e. research that emphasizes the use of legal norms in writing and is supported by the results of interviews with informants. The type of research used is descriptive in which the authors will collect data and then describe the results obtained descriptively. The results obtained from this research are that healthcare workers and health care facilities are responsible for keeping medical secrecy. However, with some exceptions, doctors and hospitals are allowed to open patient medical secrecy. One of the form of exceptions is when the patient has published a medical dispute he has experienced in the mass media. The response shown by health care personnel and/or health care facilities by revealing the medical secrecy of the patient in this case is called the right to reply."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maryam Farhana
"

Sebagai klinik yang melayani kebutuhan kesehatan seluruh sivitas UI, Klinik Satelit Makara UI menyimpan rekam medis yang terus meningkat dan berubah setiap tahun. Untuk menghindari pelayanan yang lamban dan tidak memuaskan, Klinik Satelit Makara UI menggunakan teknologi untuk mengelola rekam medisnya. Penelitian ini menggambarkan proses penerapan rekam medis elektronik di Klinik Satelit Makara UI untuk mendukung layanan prima. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, menganalisis dokumen dan aplikasi yang digunakan. Tinjauan literatur dilakukan untuk mendukung dan melengkapi analisis hasil penelitian. Klinik Satelit Makara UI menggunakan aplikasi bernama e-Health yang dikembangkan dan dikelola oleh PT. Aksara Digital yang mencakup proses pelayanan kesehatan yang disediakan. Setiap unit di klinik merasa terbantu dengan sistem ini, tidak hanya mengurangi pekerjaan tetapi juga membantu mereka menjadi lebih profesional sebagai pekerja kesehatan. Ini berdampak pada layanan yang diberikan, baik SDM kepada pasien maupun antara SDM. Dengan mutualisme dari keduanya  klinik akan menghasilkan layanan yang lebih baik dari sebelumnya.


As a clinic that serves the health needs of the entire University of Indonesia community, Makara Satellite Clinic Indonesia University certainly stores a lot of records and medical records increases and changes every year with a high risk of having chaotic archives if not managed properly. To avoid sluggish and unsatisfactory community services, the Makara Satellite Clinic Indonesia University utilizes the development of information technology to manage its medical records by using Electronic Medical Records (EMR). This Study purpose is to explaining the process of implementation of electronic medical records at the Makara Satellite Clinic Indonesia University to support excellent health services. This research is a descriptive study with a qualitative approach in the form of a case study. Data collection is done by interviewing, and analyzing documents and applications that are used in the research location. A literature review was also carried out to support and complete the analysis of the research results. Makara Satellite Clinic Indonesia University using an application named e-Health which develop and maintained by Aksara Digital Corp. This application almost covering all of health service process that provided by clinic. Every units on clinic feel helped with these system that it not only reduces their jobdesk but also help them to be more profesional as health worker. Of course this have an impact of services provided, both human resources to patients and between human resources. With mutual assistance from both the clinic will produce better service than before.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>