Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144953 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hafida Rizka Ramadani
"ABSTRAK
Tingkat konsentrasi yang baik merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Kebiasaan sarapan yang rutin dan status gizi yang baik dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi seseorang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan dan status gizi terhadap tingkat konsentrasi siswa kelas X dan XI SMA Negeri 5 Depok. Penelitian menggunakan desain cross-sectional dengan 105 sampel yang diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil analisis statistik menggunakan chi-square di dapatkan hasil tidak terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan dengan tingkat konsentrasi p value = 0,632; ? = 0,05 dan tidak ada hubungan antara status gizi dengan tingkat konsentrasi p value = 0,632; ? = 0,05 siswa kelas X dan XI SMA Negeri 5 Depok. Penelitian ini merekomendasikan perlunya melakukan kebiasaan sarapan yang rutin dan memiliki status gizi baik untuk meningkatkan konsentrasi siswa.

ABSTRACT
Having a good concentration level is important for student. By eating breakfast regularly and having good nutritional status can affect students rsquo concentration level. The aim of this study was to explore the relationship of breakfast and nutritional status with concentration level in student class X and XI SMA Negeri 5 Depok. This study used cross sectional design with 105 sample with using stratified random sampling technique. Statistic analyzed using chi squre and found that there is no relationship between breakfast behavior with concentration level p value 0,632 0,05 , and there was no relationship between nutritional status with concentration level p value 0,632 0,05 in student class X and XI SMA Negeri 5 Depok. This study recommends the important of eating breakfast regularly and having a good nutritional status to increase students rsquo concentration level."
2017
S68280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dea Ananditasari
"[Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang ditetapkan pemerintah sebagai acuan dalam pendidikan. Terdapat faktor-faktor dalam penerapan Kurikulum tersebut yang mempengaruhi tingkat stres siswa yaitu beban pelajaran, diskusi, presentasi, teman sebaya, dan fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan faktor-faktor dalam penerapan kurikulum 2013 dengan tingkat stres siswa. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 109 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Metode sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan dari lima variabel, empat diantaranya mempunyai hubungan dengan tingkat stres, yaitu beban pelajaran, diskusi, presentasi, dan teman sebaya. Namun pada fasilitator tidak ditemukan hubungan dengan tingkat stres (nilai p=0,225). Siswa lebih banyak mengalami tingkat stres sedang dalam penelitian ini. Strategi koping yang baik harus dimiliki setiap siswa agar dapat menangani stres dengan baik.
;Curriculum 2013 is a new curricullum that the government apply as a in education. There are factors in the curriculum that affect students' stress level such as subject difficulty, discussion, presentation, peer group, and facilitator. This aim of study is to identify the relationship between factors in implementation of curriculum 2013 with stress level in students of junior high school. There are 109 participants involved in this study The design of this study is descriptive correlative with cross sectional approach. Simple random sampling is used as sampling method. In results, there are 4 of 5 variables that correlate to stress level, such as subject difficulty, discussion, presentation, and peer group. There is no correlation between facilitator with stress (p value=0,225). There are more students that have moderate stress level in this study. They must have adaptive coping strategies in order to cope with stress well.
;Curriculum 2013 is a new curricullum that the government apply as a in education. There are factors in the curriculum that affect students' stress level such as subject difficulty, discussion, presentation, peer group, and facilitator. This aim of study is to identify the relationship between factors in implementation of curriculum 2013 with stress level in students of junior high school. There are 109 participants involved in this study The design of this study is descriptive correlative with cross sectional approach. Simple random sampling is used as sampling method. In results, there are 4 of 5 variables that correlate to stress level, such as subject difficulty, discussion, presentation, and peer group. There is no correlation between facilitator with stress (p value=0,225). There are more students that have moderate stress level in this study. They must have adaptive coping strategies in order to cope with stress well.
, Curriculum 2013 is a new curricullum that the government apply as a in education. There are factors in the curriculum that affect students' stress level such as subject difficulty, discussion, presentation, peer group, and facilitator. This aim of study is to identify the relationship between factors in implementation of curriculum 2013 with stress level in students of junior high school. There are 109 participants involved in this study The design of this study is descriptive correlative with cross sectional approach. Simple random sampling is used as sampling method. In results, there are 4 of 5 variables that correlate to stress level, such as subject difficulty, discussion, presentation, and peer group. There is no correlation between facilitator with stress (p value=0,225). There are more students that have moderate stress level in this study. They must have adaptive coping strategies in order to cope with stress well.
]"
2015
S60987
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Apriyan Pratama
"Skripsi ini merupakan penelitian cross sectional yang bertujuan hubungan antara status gizi, sarapan, asupan gizi sarapan kualitas dan kuantitas tidur malam dengan konsentrasi pada siswa kelas 7 SMP Negeri 239 Jakarta tahun 2013. Penelitian ini melibatkan 51 siswa kelas 7 SMP Negeri 239 Jakarta dan menggunakan dua tes untuk menguji konsentrasi, yaitu Tes Digit Simbol dan Tes Bourdon Wiersma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki status gizi normal (62,7%), dinyatakan sarapan (51%), asupan energi sarapan yang cukup (60,8%), asupan protein sarapannya cukup (54,9%),asupan fe sarapannya kurang (80,4%), asupan zn sarapannya kurang (70,6%),kualitas tidur malam cukup baik (56,9%) dan kuantitas tidur malam cukup (51%). Konsentrasi siswa sebagian besar rendah (52,9%) berdasarkan Tes Digit Simbol dan (51%) berdasarkan Tes Bourdon Wiersma. Hasil uji hubungan menunjukan terdapat hubungan antara sarapan, asupan energi sarapan, asupan protein sarapan dan asupan fe sarapan dengan konsentrasi serta tidak terdapat hubungan antara status gizi (indeks IMT/U), asupan zn sarapan, kualitas dan kuantitas tidur malam dengan konsentrasi.

This cross-sectional study aimed at the association between nutritional status, breakfast, breakfast intake nutrition, quality and quantity night sleep with a concentration in class 7 SMP Negeri 239 Jakarta in 2013. The study included 51 7th grade students of SMP Negeri 239 Jakarta and use two tests to examine the concentration, the Digit Symbol Test and Bourdon Wiersma Test. The results showed that most respondents had normal nutritional status (62.7%), stated breakfast (51%), adequate breakfast energy intake (60.8%), breakfast sufficient protein intake (54.9%), the intake of fe breakfast less (80.4%), the intake of breakfast zn less (70.6%), quality of sleep a night is quite good (56.9%) and sufficient quantity of sleep a night (51%). Low concentrations of most of the students (52.9%) based on Digit Symbol Test (51%) based on Bourdon Wiersma Test. The test results showed an association relationship between breakfast, breakfast energy intake, protein intake and intake fe breakfast breakfast with concentration and there was no correlation between nutritional status (BMI / U index), zn intake of breakfast, the quality and quantity of sleep a night with concentration."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S46715
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novita Arie Setiawati Gunawan
"Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan dan pola sarapan, asupan energi, dan aktivitas fisik dengan status gizi pada remaja. Penelitian ini dilakukan pada siswa dan siswi SMAN 39 Jakarta tahun 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas X yang sudah memenuhi kriteria penelitian sebanyak 115 responden yang dipilih dengan metode systematic random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara pengukuran antropometri untuk tinggi dan berat badan, food recall 24 jam untuk asupan makanan, dan kuesioner untuk data karakteristik responden dan orang tua, kebiasaan dan pola sarapan, pengetahuan gizi, dan aktivitas fisik. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh sebanyak 29,6% responden gemuk dan hasil uji bivariat menunjukkan adanya hubungan antara kebiasaan sarapan, pola sarapan, dan pengetahuan gizi dengan status gizi. Oleh karena itu, perlu diberikan edukasi atau penyuluhan mengenai gizi seimbang yang termasuk di dalamnya pesan tentang pentingnya sarapan setiap hari.

This research was a quantitative study with cross sectional study which obejctively investigated relationship between breakfast habit and pattern, energy intake, and physical activiy with nutritional status in adolescents. This research was done to student of 39 Senior High School Jakarta year 2013. Subject for this research are students in class X who meet the criteria of the research about 115 respondents. They were selected by systematic random sampling. Data for this research were obtained by antropometric measurement for height and weight, food recall 24 hours for food intake, and questionnaire for students and parents characteristic, breakfast habit and pattern, nutrition knowledge, and physical activity. Based on the result of this research, 29,6% respondents were overweight. Based on bivariate analysis, there were relationship between breakfast habit, breakfast pattern, and nutrition knowledge with nutritional status. Therefore, students had to be given education or guidance about nutritional balance that includes messages about the importance of breakfast everyday."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S45882
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Gunawan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap dan peran
teman sebaya terhadap perilaku seksual pra-nikah remaja pada siswa kelas XI di
SMA Negeri X Batanghari tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dengan menggunakan populasi
sebagai sampel yaitu, 104. Hasil dari penelitian ini menemukan sebagian besar
responden mempunyai tingkat pengetahuan yang baik mengenai kesehatan
reproduksi (76%), dan 60% responden mempunyai sikap positif terhadap perilaku
seksual pra-nikah. Penelitian ini juga menemukan sebagian responden (50%)
mendapat pengaruh positif oleh teman sebayanya, serta didapatkan responden
yang berperilaku seksual pra-nikah sebesar 31,7%. Hasil uji chi-square
mendapatkan variabel jenis kelamin dan pengetahuan ada hubungan yang
bermakna dengan perilaku seksual pra-nikah pada siswa kelas XI SMA Negeri X
Batanghari dengan P Value = 0,033 pada variabel jenis kelamin terhadap perilaku
seksual pra-nikah dan P value = 0,041 pada variabel pengetahuan terhadap
perilaku seksual pra-nikah. Perlu perhatian yang serius dengan ditemukannya
tidak semua siswa kelas XI yang mengetahui adanya PIK-R di sekolah (8%), dan
baru sebagian (50%) siswa yang memanfaatkan sarana PIK-R untuk mendapat
informasi dan konseling. Serta diperlukan upaya-upaya lain untuk meningkatkan
jangkauan kegiatan PIK-R agar bisa di manfaatkan secara maksimal oleh semua
siswa di sekolah.

ABSTRACT
This study aims to determine the level of knowledge, attitude and role of
peers toward premarital sexual behavior in class XI student teen in SMA X
Batang 2014. This study uses quantitative methods with cross-sectional approach
using a sample of the population, 104 . The results of this study found the
majority of respondents have a good level of knowledge about reproductive health
(76%), and 60% of respondents have a positive attitude toward premarital sexual
behavior. The study also found the majority of respondents (50%) had a positive
influence by peers, as well as respondents obtained pre-marital sexual behavior of
31.7%. The results of chi-square test to get the variables gender and knowledge
was no significant association with pre-marital sexual behavior in class XI SMA
X Batang with P Value = 0,033 on gender variable against pre-marital sexual
behavior and P value = 0.041 in variable knowledge of the pre-marital sexual
behavior. Need serious attention with the discovery that not all students of class
XI were aware of the PIK-R in school (8%), and only partially (50%) of students
who take advantage of the means PIK-R to get information and counseling. As
well as other necessary measures to increase the range of activities of PIK-R that
can be utilized to the maximum by all students in the school."
2015
S58151
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vevie Herawati
"Tesis ini membahas tentang gangguan menstruasi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan yang dilakukan untuk mengatasi gangguan menstruasi pada siswi kelas X dan XI SMA Negeri 5 Kota Bekasi Tahun 2013. Penelitian kuantitatif dengan disain cross sectional, pengumpulan data secara angket dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan, faktor yang berhubungan dengan tindakan untuk mengatasi gangguan menstruasi pada siswi kelas X dan XI SMA Negeri 5 Kota Bekasi Tahun 2013 adalah anjuran/dorongan. Responden yang mendapatkan anjuran/dorongan mempunyai peluang hampir 5 kali untuk melakukan tindakan mengatasi gangguan menstruasi dibandingkan yang tidak mendapatkan anjuran atau dorongan.

This thesis discusses menstrual disorders and factors associated to the actions taken to overcome menstrual disorders in X and XI grade schoolgirl at SMAN 5 Bekasi in 2013. Quantitative research with cross sectional design, data collection questionnaire using questionnaires. The results showed that factors associated with actions taken to overcome menstrual disorders in X and XI grade schoolgirl at SMAN 5 Bekasi in 2013 was cues to action (the advice / encouragement). Respondents who received the advice / encouragement have opportunities almost 5 times to take action to overcome menstrual disorders than those who did not receive advice or encouragement."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
T35921
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puspa Astriana
"Sarapan merupakan hal penting bagi anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar dan status gizi siswa kelas 4-6 SDN Cipinang Besar Utara 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional, dimana 111 siswa diambil dengan metode stratified random sampling untuk menjadi sampelnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan bermakna antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar (pvalue = 0,574) dan tidak status gizi (pvalue = 0,057) siswa kelas 4-6 SDN Cipinang Besar Utara 09 Pagi Jakarta Timur. Penanaman akan pentingnya kebiasaan sarapan sejak dini perlu dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar dan status gizi anak usia sekolah.

Breakfast is an important thing for school age children. This quantitative study used a corelational method for its design. The aim of this study was to explore the relationship between breakfast habits and academic performance and nutritional status in 4-6th Grade Students of SDN Cipinang Besar Utara 09 Pagi Jakarta Timur. This study found that there was no relationship between breakfast habits and academic performance (pvalue = 0,574) also there was no relationship between breakfast habits and nutritional status (pvalue = 0,057) in 4-6th grade students of SDN Cipinang Besar Utara 09 Pagi Jakarta Timur. Even so, knowing this will encourage the school, family, and other health care provider to promote the importance of having breakfast in order to enhance academic performance and nutritional status of school age children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S45779
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miptahul Janah
"ABSTRAK
Anak usia sekolah merupakan generasi penerus bangsa. Pada anak usia sekolah muncul berbagai masalah salah satunya mengenai masalah nutrisi. Sarapan merupakan salah satu komponen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan dengan status gizi pada anak usia sekolah di SD Negeri Jatisampurna X Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian potong lintang, dimana 112 siswa diambil menggunakan metode stratified random sampling untuk menjadi sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang bermakna antara kebiasaan sarapan pagi dengan status gizi (p value = 0.773). Hal ini disebabkan oleh faktor lain seperti tingkat aktivitas siswa dan asupan energi harian yang tidak diteliti oleh peneliti. Oleh karena itu, pentingnya kebiasaan sarapan pagi pada anak usia sekolah perlu ditingkatkan dan dijadikan kebiasaan.

ABSTRAK
School-aged children are the future generation. There are common problems in school-aged children such as nutritional problem. Breakfast is one of the component for nutritional needs. This study aimed to determine the correlation between breakfast routine and nutritional status in school-aged children at SD Negeri Jatisampurna X Kota Bekasi. This study used a quantitative approach to the cross-sectional design of the study, in which 112 students were taken using stratified random sampling method to be sampled. The results showed that breakfast routine and nutritional status have no significant correlation (p value = 0.773. This caused by other factors such as the level of student activity and daily energy intake were not identified by researcher. Therefore, the importance of breakfast routine of school-aged children need to be improved and must be a routinity."
2016
S64969
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faizal Hendrawan
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sistem zonasi sekolah terhadap pola perjalanan (jarak dan waktu tempuh). Sistem zonasi sekolah merupakan upaya pemerintah untuk membatasi jarak dan waktu tempuh siswa ke sekolah. Pengolahan data dilakukan dalam penelitian melalui analisis statistik dan sistem informasi geografis. Data yang digunakan berupa data profil siswa di SMA 1 Karawang, SMA 3 Karawang dan SMA 5 Karawang tahun ajaran 2019-2020 untuk kelas X, XI dan XII. Data ini diperoleh dari sekolah dan kuesioner online. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik (uji normalitas dan deskriptif) dan analisis jaringan atau network analysis. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa sistem zonasi tidak dapat menyatakan bahwa perubahan jarak dan waktu tempuh terjadi secara signifikan dan tidak berdistribusi normal karena angka signifikansinya < 0,05. Oleh karena itu, penjelasan mengenai perbedaan standar deviasi diperlukan untuk memperkuat argumentasi bahwa terdapat perubahan jarak dan waktu tempuh sebelum dan sesudah penerapan zonasi sekolah. Hasil analisis menyatakan bahwa penerapan zonasi mengubah jarak dan waktu tempuh siswa ke sekolah. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata dan simpangan baku (jarak dan waktu tempuh) siswa kelas X yang lebih kecil dari siswa kelas XI dan kelas XII dengan angka 8,55 km dan 15,76 menit serta nilai simpangan baku 7,447 dan 10,99 .

This study was conducted to determine the effect of the school zoning system on travel patterns (distance and travel time). The school zoning system is an attempt by the government to limit the distance and travel time of students to school. Data processing is carried out in research through statistical analysis and geographic information systems. The data used is in the form of student profile data at SMA 1 Karawang, SMA 3 Karawang and SMA 5 Karawang for the 2019-2020 academic year for grades X, XI and XII. This data was obtained from schools and online questionnaires. The analytical methods used are statistical tests (normality and descriptive tests) and network analysis or network analysis. The results of the normality test indicate that the zoning system cannot state that changes in distance and travel time occur significantly and are not normally distributed because the significance number is <0.05. Therefore, an explanation of the difference in standard deviation is needed to strengthen the argument that there are changes in distance and travel time before and after the implementation of school zoning. The results of the analysis state that the application of zoning changes the distance and travel time of students to school. This can be seen from the average value and standard deviation (distance and travel time) of class X students which are smaller than students of class XI and class XII with numbers 8.55 km and 15.76 minutes and standard deviation values ​​of 7.447 and 10.99 ."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Izati
"Pacaran tidak selamanya selalu indah bahkan ada beberapa yang mengaku pernah mengalami kekerasan dalam pacaran. Kasus kekerasan dalam pacaran seperti fenomena gunung es, di mana kasus yang lebih besar tidak muncul ke permukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap terhadap kekerasan dalam pacaran pada siswa kelas XI SMA Negeri 113 Jakarta.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen berupa kuesioner, yang diisi oleh 138 siswa. Hasil penelitian ditemukan 91,3% responden pernah mengalami kekerasan dalam pacaran. Dari beberapa variabel yang diteliti, tidak ada yang mempunyai hubungan bermakna dengan kekerasan dalam pacaran.

Dating is not always beautiful, as even claimed have ever dating violence. Cases of dating violence like a ice mountain phenomena, where the bigger cases are never known. The aim of this research is to get to know about the relation of knowledge and attitude towards dating violence on XIth grade students at SMA Negeri 113 Jakarta.
The type of research is quantitative with the research design cross sectional. The primiere data was collected use instrument which is questionnaires. The result of the research shows 91,3% of respondents have ever dating violence. From some of the variables of the research, there is no have a significant relation to dating violence.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S45215
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>