Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205728 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arif Nurrohman
"ABSTRAK
Tingginya jumlah lulusan pendidikan perawat di Indonesia tidak sebanding dengan daya serap lapangan kerja perawat menyebabkan banyak perawat yang tidak mendapatkan kesempatan kerja. Dilain pihak permintaan tenaga perawat Indonesia dari luar negeri cukup tinggi akan tetapi penyerapannya masih sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang migrasi perawat keluar negeri dengan motivasi untuk bekerja di luar negeri. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional dan analisis data menggunakan chi square. Sampel penelitian ini adalah 104 orang mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia FIK UI angkatan tahun 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara persepsi dengan motivasi untuk bekerja di luar negeri p-value = 0,001 . Pemberian informasi tentang peluang kerja perawat di luar negeri di harapkan dapat memperbaiki persepsi mahasiswa sehingga meningkatkan motivasi lulusan FIK UI untuk dapat bekerja di luar negeri.

ABSTRACT
The high number of nurse graduates in Indonesia is not proportionate with its absorptive capacitythat leads to a high rate of unemployment for nurses. In the other hand, there is a profuse tally of request of Indonesia nurse workforce coming from other countries, though its absorptive capacity is very low. This study aimed to identify relationship between perception on nurse migration and motivation to work abroad. The study design was descriptive correlative with cross sectional approach and chi square for analysis purposes. Sample of study was 104 students of 2013 graduates of Faculty of Nursing of Universitas Indonesia. The result suggested that there was a significant correlation between perception and motivationto work overseas p value 0,000 . Dissemination of information of job opportunities overseas is expected to improve UniversitasIndoneisa nursing students rsquo perception thus improves their motivation to work abroad."
2017
S67564
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tia Sintiawati
"Mahasiswa merupakan populasi yang rentan mengalami stres, terutama yang berhubungan dengan bidang akademik. Mahasiswa cenderung lebih memilih menggunakan gaya koping yang bersifat entertainment untuk mengatasi stres akademik, salah satunya adalah penggunaan Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres akademik dan adiksi Instagram pada mahasiswa FIK UI serta untuk mengetahui hubungan keduanya menggunakan angket Academic Stress Scale (ASS) dan Test for Instagram Addiction (TIA). Desain penelitian ini adalah cross sectional, teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional stratified random sampling dengan melibatkan 229 siswa. Hasil analisis uji statistik chi-square menunjukkan p = 0,000 dan p value

Students are a population that is vulnerable to stress, especially those related to the academic field. Students tend to prefer to use coping styles that are entertainment in nature to deal with academic stress, one of which is the use of Instagram. This study aims to describe the level of academic stress and Instagram addiction in FIK UI students and to determine the relationship between the two using the Academic Stress Scale (ASS) questionnaire and the Test for Instagram Addiction (TIA). The design of this study was cross sectional, the sampling technique used was proportional stratified random sampling involving 229 students. The results of the chi-square statistical test analysis showed p = 0.000 and p value "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mira Puji Astuti
"Jumlah kasus HIV/AIDS di Indonesia semakin meningkat, sebagai tenaga kesehatan diharapkan dapat bersikap dan berpandangan secara profesional dalam menangani dan merawat klien HIV/AIDS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang asuhan keperawatan HIV/AIDS dengan motivasi merawat klien HIV/AIDS. Penelitian ini melibatkan 56 responden perawat yang sedang melanjutkan pendidikan di FIK UI. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan analisis Chi-Square (alpha = 0,05).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan motivasi merawat klien HIV/AIDS (p = 0,782). Penelitian ini merekomendasikan perlunya penelitian lebih lanjut terkait dengan faktor lain yang paling mempengamhi motivasi perawat dalam merawat klien HIV/AIDS.

The incidence of HIV/AIDS is becoming more increase, as a health staff we are expected to be able to behave and think profesionally in treat and care for HIV/AIDS client. The purpose of the research was to identify correlation between level of knowledge about nursing care of HIV/AIDS with motivation to care for HIV/AIDS client. The design of this quantitative study was descriptive correlational. 56 respondents of nurses who are taking the bachelor programme in FON UI participated in this study. Purposive sampling was used as sampling technique in this study. Data were analyzed by Chi-Square (alpha = 0,05).
The result of this study showed that there was no significant correlation between level of knowledge about nursing care of HIV/AIDS with motivation to care for HIV/AIDS client (p = 0,782). This study recommended that it was needed to study more about the most influencing factor for nurse in giving care for HIV/AIDS client.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5789
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sinurat, Trismoria
"Perilaku caring merupakan inti dari keperawatan yang harus dipraktikkan sejak di dunia pendidikan. Trait kepribadian berperan dalam pembentukan sikap dan perilaku individu. Penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional dengan menggunakan uji chi-square ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara trait kepribadian mahasiswa dengan perilaku caring. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 mahasiswa profesi yang ditentukan berdasarkan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah NEO-Five-Factor Inventory oleh McCrae dan Costa untuk data trait kepribadian dan Caring Efficacy Scale oleh Coates untuk variabel perilaku caring.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara trait kepribadian extraversion, agreeableness, conscientiousnes, dan neuroticism dengan perilaku caring (p= 0,002-0,036, α= 0,05), sedangkan trait kepribadian opennes to experience tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan perilaku caring (p=0,060, α= 0,05). Proses pembelajaran yang dapat membentuk karakter dan perilaku caring di instansi pendidikan perlu ditingkatkan lagi.

Caring behavior is core of nursing which must be practiced since in the nursing education. Attitudes and behavior of individuals are affected by personality trait. This correlation descriptive study with cross-sectional approach using the chisquare test aimed to determine the relationship between personality trait with caring behavior of clinical nurisng students. Instrument that used in this research are NEO-Five-Factor Inventory by McCrae and Costa for personality trait, and Caring Efficacy Scale by Coates for caring behavior. The number of samples in this study were 60 clinical nursing students. They were determined based on simple random sampling.
The results of this study indicated that there was a significant correlation between the personality trait extraversion, agreeableness, conscientiousness and neuroticism with caring behavior (p = 0.002 to 0.036, α = 0.05), whereas the personality trait opennes to experience did not have a significant relationship with caring behavior (p = 0.060, α = 0.05). A learning process that can built student caracter and caring behaviour in nursing education must be improved.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S63137
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riszka Dyani Hedissa
"Mahasiswa tingkat akhir dihadapkan dengan berbagai stresor. Reaksi terhadap stres mendorong individu menggunakan mekanisme koping berorientasi pada masalah dan berfokus pada emosi. Mekanisme koping yang digunakan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah tipe kepribadian. Penelitian deskriptif kolerasi ini bertujuan untuk mempelajari hubungan tipe kepribadian dengan mekanisme koping pada mahasiswa tingkat akhir Fakuitas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. SampeI pada penelitian ini adalah 50 mahasiswa reguler 2005 FIK Ul. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kedua variabel tersebut, dengan nilai p 0,026. Penelitian lebih Ianjut dan komprehensif diperIukan untuk mengetahui pengaruh faktor lain terhadap penggunaan mekanisme koping.

Final degree student confronted with a lot of stressor. That stressor urged them to use problem-oriented and emotion-focused coping mechanism. The used of coping mechanism effected by factors, one of it is personality type. This research determined to study the relationship of personality type with coping mechanism in final degree student at Faculty of Nursing Universitas Indonesia using correlative descriptive design. Sample of this research is 55 final degree bachelor students in FIK UI. The research is using random sampling technique. The result shows that there is relationship between those two variables, with p value 0,026. Further comprehensive research is needed to find the influence of other factor toward coping mechanism."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5669
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian yang bertujuan mengidentifikasi persepsi Mahasiswa Strata satu Reguler FIK UI terhadap penggunaan herbal dalam keperawatan dilakukan terhadap 100 mahasiswa dengan menggunakan desain deskriptif sederhana. Hasil temuan didapatkan hampir semua (94%) mahasiswa menyatakan penggunaan herbal dalam keperawatan dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan sebagian besar (91%) setuju bahwa penggunaan herbal dapat mendukung pemberian asuhan keperawatan yang komprehensif. Tingginya harapan mahasiswa terhadap pengadaan mata ajar tentang penggunaan herbal dalam keperawatan (95%) serta regulasi yang jelas (98%) agar herbal dapat diterapkan secara luas dalam keperawatan (93%) menunjukkan bahwa mahasiswa telah menyadari penggunaan herbal merupakan ranah keperawatan. Kesadaran tersebut didukung oleh tingginya motivasi mahasiswa untuk mempelajari dan menggunakan (91%), Serta merlerapkan herbal dalam keperawatan (88%).

Research which have purpose to identify the FIK UI student’s perception toward the use of herbs in a nursing conducted on 100 respondents by using simple descriptive design. The findings obtained almost of students (94%) stated that the using of herbs in nursing can improve the quality of nursing services and 91% agree that the use of herbs can support the delivery of comprehensive nursing care. The high expectation of students toward the procurement of specific subject about the use of herbs in nursing (95%) as well as a clear regulation of herbs (98%) can be widely applied in nursing (93%) indicated that students were aware ofthe use of herbs is the part of nursing. Awareness is also supported by the high motivation of students to learn and use (91%), and applying herbs in nursing (88%).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
TA5953
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Situmeang, Oktavia
"ABSTRAK
Metode active learning yaitu metode pembelajaran yang mengajak mahasiswa
untuk belajar secara aktif, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran,
memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang dipelajari ke dalam suatu
persoalan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran
persepsi mahasiswa ekstensi 2010 FIK UI tentang metode pembelajaran active
learning. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif sederhana
dengan jumlah sampel total populasi yaitu sebesar 46 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis untuk
memperoleh frekuensi dan persentasenya. Hasil penelitian ini adalah sebanyak
50% mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap metode pembelajaran active
learning. Bagi penelitian selanjutnya, agar area penelitian diperluas dengan
jumlah sampel yang lebih representatif sehingga hasil penelitian dapat
digeneralisasi.

Abstract
Methods of active learning is a teaching method that invites students to actively
learn to use your brain, either to find the main idea of the subject matter, solving
problems, or apply what is learned into a problem that exists in real life. This
study aims to get a picture of students' perceptions about the UI extension 2010
FIK active learning teaching methods. The study design used was a simple
descriptive method with a sample of the total population of 46 people. The data
was collected using a questionnaire. The collected data were analyzed to obtain
frequencies and percentages. The results of this study is as much as 50% of
students had positive perceptions of active learning teaching methods. Most
students consider it appropriate method used in FIK UI. For further research, in
order to extend the study area with a more representative number of samples so
that results can be generalized
"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43593
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah
"Salah satu stresor mahasiswa berkaitan dengan akademik. Respon terhadap stres akademik tersebut dapat berupa psikologis dan fisiologis. Salah satu respon fisiologis stres yaitu gejala gastrointestinal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat stres akademik dan prevalensi gejala gastrointestinal pada mahasiswa di FIK UI dan untuk mencari tahu hubungan keduanya menggunakan kuesioner Academic Stress Scale ASS dan Gastrointestinal Symptoms Rating Scale GSRS.
Desain penelitian adalah cross sectional, teknik sampel menggunakan propotionate stratified random sampling dengan melibatkan 227 mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat uji chi-square . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mahasiswa yang tingkat stresnya tinggi yaitu 44,9 dan mahasiswa yang mengalami gejala gastrointestinal berat sejumlah 33,5. Gejala yang banyak dilaporkan yaitu dismotilitas atas diikuti dengan gejala pada usus.
Hasil uji korelasi yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan gejala gastrointestinal pada mahasiswa FIK UI p value = 0,018; ? = 0,05 . Hasil uji odd ratio OR yaitu 2,037. Hal tersebut berarti mahasiswa dengan stres akademik tingkat tinggi lebih berpeluang mengalami gejala gastrointestinal 2,037 kali dibandingkan dengan mahasiswa yang memilik tingkat stres rendah. Untuk mengurangi tingkat stres akademik seperti ujian, perlu dikembangkan kegiatan diskusi diluar waktu kuliah untuk meningkatkan persiapan.

One of the student stressors is related to academics. The response to academic stress can be psychological and physiological. One of the stressful physiological responses is gastrointestinal symptoms. This studi Aim to identify the level of academic stress and prevalence of gastrointestinal symptoms in students at FIK UI and to find out the relationship using the Academic Stress Scale ASS and Gastrointestinal Symptoms Rating Scale GSRS questionnaire.
A cross sectional study design was used, the sample technique using propotionate stratified random sampling involving 227 students. Data analysis used univariate and bivariate analysis chi square test . The results showed that there are students with high stress level that is 44.9 and students who experience symptoms of gastrointestinal weight of 33.5 . Most of the nursing student complained of upper dysmotility and bowel symptoms.
Correlation test result that there is a significant correlation between academic stress with gastrointestinal symptoms in FIK UI student p value 0,018 0,05 . Result of odd ratio test OR that is 2,037. This means that students with high level academic stress are more likely to complain of gastrointestinal symptoms 2,037 times compared to nursing students with lowest academic stress level. To reduce the level of academic stress such as exams, it is necessary to develop discussion activities outside of college time to improve preparation for exams.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S68258
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zarmayana Nur Khairunni
"Stres merupakan istilah yang sering dirasakan oleh manusia saat menjalani kehidupan sehari-hari. Respon atau pengaruh stres bergantung pada pengelolaan stres atau koping, salah satunya menonton anime. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep diri mahasiswa FIK UI yang menonton anime dan mengetahui adanya hubungan antara keduanya. Desain penelitian ini adalah Cross Sectional kepada 129 responden. Konsep diri diukur dengan kuesioner Robson 39;s Self Concept.
Hasil penelitian ini menyatakan sebanyak 76,7 mahasiswa yang menonton anime memiliki konsep diri negatif. Uji korelasi menggunakan uji Chi Square menyatakan tidak ada hubungan antara menonton anime dengan konsep diri. Hasil penelitian ini dapat membantu adanya peningkatan promosi kesehatan mengenai konsep diri di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Stress is a term that is often perceived by humans in daily life. The response of stress depends on stress management itself or called coping, such as watching anime. Aim of this research is to identify self concept of FIK UI students who watch anime and to seek the correlation of those variables. This research is using cross sectional design to 129 respondents. Self concept is measured using Robson 39 s Self Concept questionnaire.
The results showed that 76.7 of students who watch anime have a negative self concept. Correlation test using chi square showed that there is no correlation between watching anime and self concept. The results will beneficial to health promotion about self concept at Faculty of Nursing Universitas Indonesia."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S68649
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sastriani Zoula
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola komunikasi antara anak dan ibu yang sedang melanjutkan pendidikan di program ekstensi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dengan motivasi belajar ibu. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan melibatkan 60 mahasiswa yang berstatus sebagai ibu bekerja dan telah mempunyai anak yang dipilih dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 70.6% ibu dengan pola komunikasi fungsional memiliki motivasi belajar tinggi.
Hasil uji Chi Square menyatakan terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan pola komunikasi dengan motivasi belajar (p= 0.000, α= 0.05). Penelitian ini memberikan implikasi supaya hasil penelitian ini dijadikan evidence base dalam membuat rencana asuhan keperawatan keluarga terkait pola komunikasi keluarga khususnya pada keluarga yang ibunya sedang melanjutkan pendidikan sekaligus bekerja.

The purpose of this study is to examine the relationship between the communication pattern of son and mother who continues study at extension programme of Nursing Faculty in Indonesia University and learning motivation. This study is using cross sectional design. Sampling technique using total sampling method produces 60 samples.
The results showed that 70.6% mothers who use functional communication have a high learning motivation. Based on chi square test, there was a significant relationship between communication pattern and learning motivation (p= 0.000, α= 0.05). This research has implication for nursing care planning to be used as evidence base in family communication pattern esspecially for family with a working mother who continues study.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46562
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>