Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 156308 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ikhsan Rahman Hakim
"Film Birdman: The Unexpected Virtue of Ignorance menceritakan tentang Riggan Thompson, seorang aktor tua, membuat pertunjukan teater di Broadway untuk menghidupkan kembali karirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan pencarian cinta, rekognisi, dan kekuatan di industri hiburan yang terdapat di film ini. Film Birdman yang dibuat dengan latar belakang budaya industri hiburan, adalah contoh yang dapat digunakan untuk menganalisa orang orang yang berada dalam budaya tersebut.
Penelitian ini mengindikasikan bahwa cinta yang ditunjukkan di film ini adalah cinta amour-propre. Rekognisi dapat berguna untuk mengkonfirmasi keberadaan seseorang, untuk kesehatan psikologis, dan untuk mendapatkan kekuatan. Aspek kekuatan dari rekognisi menyebabkan adanya kekurangan recognisi pada seseorang dan memotivasinya untuk mencari rekognisi. Budaya dalam industry hiburan lahir dari hubungan antara rekognisi dan amour-propre. Budaya ini mendorong pelakunya untuk terus mencari rekognisi.

The movie Birdman The Unexpected Virtue of Ignorance shows how an old actor, Riggan Thompson, tried to revive his career by making a Broadway play. The purpose of my research was to discuss the search of love, recognition, and power in the entertainment industry that was shown in the movie.The movie Birdman that was made within the cultural setting of the entertainment industry provided a sample to be used to further analyzed the culture and the people that were involved in it.
The research indicated that the movie showed the self love of amour propre.Recognition was found to be beneficial to confirm one s existence, to one s psychological longevity, and to struggle for power in society. The aspect of power in recognition caused the lack of recognition in a person that motivated further search for recognition. Through the relation between recognition and amour propre a culture inside the entertainment industry was born. The culture promoted people in the industry to seek other people s recognition that driven people to constantly seek for recognition."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sengli Egani
"Kecanggihan dalam bidang pengenalan wajah berbasis deep learning semakin berkembang dan telah menjadikannya salah satu teknik biometrik yang paling dapat diandalkan. Namun, penggunaan masker penutup mulut dan hidung akibat pandemi COVID-19 membuat model pengenalan wajah kehilangan sekitar setengah dari informasi biometrik yang berguna dan mengakibatkan penurunan tingkat akurasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengajukan model pengenalan wajah bermasker alternatif berakurasi tinggi. Untuk mengembangkan Convolutional Neural Networks (CNNs) sebagai ekstraktor fitur dari pengenalan wajah bermasker, tiga hal yang paling berkontribusi ialah data latih yang besar, arsitektur jaringan dan fungsi kerugian (loss function). Model yang diajukan berasal dari hasil modifikasi arsitektur ResNet dengan menyisipkan blok RepMLP. Kemudian, membandingkan hasil pelatihan tersebut menggunakan fungsi kerugian terbaik saat ini, ArcFace loss dan CurricularFace loss. Model dilatih menggunakan data latih MS1M-V3. Model terbaik yang dapat diajukan dari penelitian ini berhasil memperoleh nilai akurasi 77,8% saat diuji menggunakan data MFR2. Nilai akurasi tersebut 2,3% lebih tinggi dibandingkan dengan model baseline (ResNet-50) yang digunakan dalam penelitian ini. Selain berhasil memperoleh nilai akurasi yang lebih baik, model yang dijukan memiliki jumlah parameter yang lebih sedikit dibandingkan model baseline.

Sophistication in deep facial recognition is still growing and has made it one of the most reliable biometric techniques. However, using masks covering the mouth and nose due to the COVID-19 pandemic has caused facial recognition models lose about half of the useful biometric information and decreased the accuracy. This study aims to propose a high-accuracy alternative masked facial recognition model. The success of Convolutional Neural Networks (CNNs) on face recognition mainly contributed by enormous training data, network architectures, and loss functions. The proposed model comes from a modification of the ResNet architecture by inserting RepMLP blocks. Then, compares the training results using the current best loss function, ArcFace loss and CurricularFace loss. The model was trained using the MS1M-V3 training data. The best model that can be proposed from this study managed to obtain an accuracy value of 77.8% when tested using the MFR2 dataset. This accuracy value is 2.3% higher than the baseline model (ResNet-50) which used in this study. Besides being successful in obtaining better accuracy values, the proposed model has fewer parameters than the baseline model."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wan Ghassani Nabila
"Film Under the Hawthorn Tree (山楂树之恋Sanzhashuzhi Lian) berkisah tentang hubungan cinta sepasang kekasih yang akrab dipanggil Jingqiu (Zhang Jingqiu) dan Lao San (Sun Jianxin). Film ini mengambil latar waktu pada masa Revolusi Kebudayaan. Jingqiu dan Lao San memiliki hubungan yang sangat unik, penuh keluguan, menjadikan pohon sanzha sebagai simbol cinta, yang semuanya terjalin pada saat Revolusi Budaya berlangsung. Sepanjang film tidak terlihat adanya campur tangan atau pengawasan Partai terhadap perjalanan kisah cinta mereka. Pengawasan dan keberatan terhadap hubungan mereka justru muncul dari pihak Ibu Jingqiu. Keberatan dari Ibu Jingqiu disebabkan oleh alasan-alasan politis dan kondisi keluarga mereka. Bagaimana kondisi keluarganya? Dan apa yang terjadi dengan hubungan cinta mereka dengan latar belakang keluarga masing-masing? Untuk menjawab pertanyaan ini, penulis akan melakukan pembedahan terhadap film melalui analisis tokoh dan penokohan serta analisis cerita dalam film. Melalui analisis ini diharapkan dapat mengungkapkan bagaimana keunikan kisah cinta antara kedua tokoh yang berbeda latar belakang di masa Revolusi Kebudayaan dalam film Cinta Under the Hawthorn Tree (山楂树之恋Sanzhashuzhi Lian).

`Under the Hawthorn Tree,` a movie that tells a romance story of Jingqiu (Zhang Jingqiu) and Lao San (Sun Jianxin). The tale of this two lovers set during the Chinese Cultural Revolution. Jingqiu and Lao San have a very unique relationship, ingenuous love, they both perceive shanzha tree as a symbol of love. Although their love tale in the movie shows that there is no interference to their relationship by the communist party, it's Jingqiu's mother that disapprove about their love between one another. Family background and politics reason are causing this objection from Jingqiu's mother. What is the background situation within their family? What happen with their love relationship with such family circumstances? To answer these questions, the author will examine the story through character and characterization analysis by also analyzing the story plot within the movie. Through this analysis, the author expects to reveal uniqueness of this romance between two different characters and two different background during the Cultural Revolution in the movie entitled Under the Hawthorn Tree (山楂树之恋Sanzhashuzhi Lian)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Inasya Nur Qamarani
"ABSTRAK
Stereotipe adalah asumsi palsu yang nyatanya menjadi masalah di dalam masyarakat. Dari banyak jenis stereotipe, artikel ini secara khusus membahas stereotipe etnik, yaitu pada etnik Latin, yang terdapat dalam film The Back-up Plan (2010) dengan menganalisis karakter serta beberapa elemen teknis film tersebut. Meskipun karakteristik dari Zoe dibuat untuk menghilangkan stereotip Latina, pada saat bersamaan, upaya tersebut menciptakan masalah baru yang sama rumitnya dimana ia mencoba untuk mengikuti budaya kaum dominan melalui penampilan dan kehidupan sosialnya.

ABSTRACT
Stereotype is a false assumption that turns out to be a problematic issue in the society. From many types of stereotype, this article specifically discusses ethnic stereotype, Latina, that found in the movie The Back-up Plan (2010) using character analysis and some of the movie s technical elements. Even though the character of Zoe is constructed to disembody the stereotypes of Latina, at the same time such attempt provides another complex problem as she appropriates the dominant culture through her appearance and social life."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Septiana Sari
"Arketipe adalah sebuah cetakan, gambaran, atau model ideal dari suatu fenomena dan karakter, seperti peran-peran yang mudah dikenali di dalam seni pertunjukan yakni ibu tiri yang kejam, pahlawan yang berani, dan lain-lain. Masyarakat percaya bahwa sosok ideal pahlawan mencerminkan sifat-sifat superior dalam perangkat oposisi biner. Penelitian ini membahas tentang bagaimana tokoh Ghost Rider dalam film Ghost Rider (2007) mendekonstruksi arketipe dan ideologi dualisme tersebut dengan menggunakan teori arketipe Jung dan teori strukturalisme Greimas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh Ghost Rider mendekonstruksi sekaligus mengadaptasi arketipe pahlawan.Selain itu, dualisme dari kebaikan-kejahatan dan cahaya-kegelapan juga berhasil digulingkan oleh tokoh Ghost Rider tersebut.Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi penelitian selanjutnya yang membahas mengenai elemen-elemen narasi.

Archetype is an ideal print, image, or model of phenomena or characters such as easily-recognized characters in an art performance's cruel step-mother, a brave hero, etc. People believe that an ideal hero mirrors superior criterion in binary opositions. This research focuses on how Ghost Rider in a movie titled Ghost Rider (2007) deconstructs the archetypal hero image as well as the dualism by using theory of Jung's archetype and theory of Greimas' structuralism. The result of the research indicates that Ghost Rider deconstructs as well as adapts the image of an archetypal hero. Besides, the dualism of good-evil and light-darkness are also deconstructed by Ghost Rider. This result is expected to be a reference for further researches on narrative elements."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S499
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alifio Yafi Narendra
"Serial TV Breaking Bad 2008 - 2013 merupakan salah satu yang terbaik di antara serial lainnya yang bertemakan kejahatan dan Narkoba. Popularitas serial ini telah mendunia karena kualitas plot, akting, dan produksi yang luar biasa, serta memberikan nuansa baru kepada penonton. Makalah ini bertujuan untuk menganalisis serial ini tentang bagaimana serial ini telah menetapkan kode baru di antara serial TV sejenisnya. Hingga saat ini, sepertinya belum ada penelitian yang mengkaji Breaking Bad tentang dampaknya terhadap industri pertelevisian, khususnya yang mengkajii tentang representasi terhadap identitas. Semua representasi yang ada dalam Breaking Bad pada akhirnya mempengaruhi serial ini hingga dapat menghasilkan tren baru pada industri pertelevisian. Teori yang digunakan adalah teori identitas budaya dan teori representasi dari Stuart Hall, karena serial ini akan dianalisis dengan pendekatan budaya. Breaking Bad memiliki oposisi biner yang kompleks, pemilihan setting yang unik, dan representasi identitas yang bersifat metafor. Tiga hal tersebut digambarkan sedemikan rupa sehingga memiliki peran penting dalam menetapkan kode yang baru bahwa adanya pahlawan bukanlah suatu keharusan, dan kisah yang hebat dapat terjadi tidak hanya di kota-kota besar.

In terms of drug related crime TV series, Breaking Bad 2008 2013 appears to be one of the best among the others. The popularity of this series has spread all over the world due to its outstanding plot, acting, and production. Breaking Bad delivers a fresh nuance to the audience. This paper aims to analyze the series based on how it has set new codes among this kind of TV series. Up until now, there seems to be no research that examines the series in terms of its impact towards the industry, specifically, ones that examine the representation of identity in the series. All of those representations eventually affect the entire show to offer a new trend in the industry. Theories that are used are theory of cultural identity and theory of representation from Stuart Hall because the series will be analyzed with cultural approach. Breaking Bad offers a complex binary opposition within its characters, unusual selection of setting, and metaphorical representations of identity. These characters with their unusual and dramatic characterization, setting, and representations of identity have roles in setting the new codes that a hero is not a must, and a great story can be made not only in big cities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Awal Liyah
"Penelitian ini membahas tentang negosiasi identitas tokoh utama dalam film Valentino (2013). Penelitian ini memakai teori film David Bordwell dan Kristin Thompson yang dilihat dari aspek sinematografis. Pendekatan negosiasi menjadi pendukung untuk menganalisis korpus. Hasil penelitian ini memperlihatkan negosiasi dan penolakan identitas yang dipilih tokoh utama untuk menyelesaikan konflik identitasnya. Adanya stereotip orang Belanda terhadap imigran Maroko menjadi penyebab konflik identitas yang dialami tokoh utama. Pada akhirnya tokoh utama memilih untuk tetap mempertahankan identitas Marokonya.

This research discusses the negotiation identity of the main character in the film Valentino (2013). This research uses the theory of the film David Bordwell and Kristin Thompson as seen from cinematographic aspects. The negotiation approach becomes a supporter for analyzing the corpus. The results of this research show that negotiation and rejection of the identity chosen by the main character to resolve their identity conflict. The existence of the stereotype of the Dutch towards Moroccan immigrants is a cause of identity conflict experienced by the main character. In the end the main character chose to keep his Moroccan identity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lidya Ayu Astiti
"ABSTRAK
Okja 2017 adalah film fiksi ilmiah yang diproduksi oleh Netflix dan disutradarai oleh seorang sutradara Korea, Bong Joonho. Film ini menceritakan perjalanan seorang anak perempuan Korea yang menyelamatkan peliharaannya yang berupa babi buatan dari penciptanya, Mirando Corp. Film ini memilih pemain dari berbagai latar belakang ras, baik orang kulit putih maupun orang kulit berwarna people of color . Meskipun film ini memiliki pemain dan karakter dari latar belakang ras yang beragam, stereotip tersembunyi dan distribusi kekuasaan yang tidak merata dapat ditemui di film ini. Melalui konsep stereotip dan relasi kuasa, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stereotip rasial tersembunyi dan relasi kuasa yang tidak setara dengan melihat adegan dan dialog film.

ABSTRACT
Okja 2017 is a science fiction film produced by Netflix and directed by a Korean director, Bong Joonho. It tells the journey of a young Korean girl rescuing her artificial pet pig from its creator, Mirando Corp. The movie casts people from various racial backgrounds as the characters mdash both white people and people of color. Despite casting people and characters from different racial backgrounds, covert stereotypes and inequitable power distribution exist throughout the movie. Through the concept of stereotyping and power relation, this paper aims to analyze the hidden racial stereotypes and unequal power distribution within the film by looking at the scenes and the dialogues."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Cornelia Petrabella Raditya
"Film-film Hollywood telah seringkali menggambarkan etnis non-Putih dengan stereotip rasial yang cenderung menyesatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pesan di balik penggambaran bangsa Yunani dan Persia dalam film aksi Hollywood 300: Rise of an Empire. Walaupun film garapan sutradara Noam Murro ini sukses masuk ke daftar film berpendapatan terbesar sepanjang 2014, belum ada yang mengkaji film tersebut dari sudut pandang Orientalisme pada saat karya tulis ilmiah ini disusun. Penulis menggunakan metode analisis karakter dan semiotik audiovisual pada enam adegan yang menampilkan interaksi antara karakter-karakter Yunani dan Persia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para tokoh Persia direpresentasikan dengan karakteristik negatif baik dari segi fisik maupun non-fisik. Semua karakter Persia dalam film ini digambarkan berpenampilan seperti penduduk Timur Tengah, bersifat lemah, bodoh, kejam, dan tamak. Ini sangatlah bertentangan dengan pencitraan bangsa Yunani yang semua ditampilkan berkulit putih, berpostur ideal, bersifat berani, loyal,cerdas dan menjunjung nilai-nilai kebebasan. Konten film 300: Rise of an Empire cenderung melebih-lebihkan dan melencengkan perbedaan antara bangsa Yunani (Barat) dan Persia (Timur). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa film ini mencerminkan paham Orientalisme.

Hollywood movies have often portrayed non-White ethnicities with misleading racial stereotypes.The goal of this study is to find the underlying message behind the portrayal of Greeks and Persians in the Hollywood action movie 300: Rise of an Empire. Directed by a top Hollywood director Noam Murro, the movie has gained huge profit worldwide and been listed as one of the most successful movies throughout 2014. There has been no Orientalist study on this movie yet when this paper was written.This study examines six selected scenes, where interactions between the Greeks and the Persians take place, using character and audiovisual semiotic analyses.
The result shows that the Persians in the movie are represented as weak, backwards, cruel, and greedy Arabs.The White Greeks, on the other side of the spectrum, are attractive, brave, loyal, intelligent and freedom-loving. 300: Rise of an Empire exaggerates and distorts the differences between the Greeks (West) and the Persians (East), placing the two nations at the furthest ends of the opposite spectrum. Therefore, it can be concluded that the movie reflects Orientalist notions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Herdita Ayu Lestari
"Stereotip menjadi isu yang akhir-akhir ini kerap diangkat dalam sebuah film. Dalam masyarakat yang semakin multikultural, stereotip seringkali menjadi salah satu penghambat berjalannya sebuah integrasi sosial. Di dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai bagaimana berjalannya sebuah proses integrasi yang sempat terhambat oleh karena adanya stereotip antara warga Prancis bagian utara dan bagian selatan. Stereotip dan integrasi sosial akan dipaparkan melalui analisis aspek naratif yang mencakup penokohan, alur, dan latar, serta aspek sinematografis yang mencakup aspek visual dan sonor. Melalui analisis kedua aspek tersebut terlihat bahwa proses integrasi sempat terhambat karena adanya stereotip-stereotip negatif. Namun pada akhirnya proses integrasi dapat berjalan dengan baik karena adanya sikap saling bertoleransi dan kemauan untuk menerima kebudayaan baru dari kedua belah pihak yang saling berintegrasi untuk membongkar stereotip negatif yang selama ini mereka pahami.

Recently, the stereotype issue becomes oftenly raised in a film. In a multicultural society, the issue of stereotype itself is identified as one of the inhibiting factors of a social integration. In this article will be presented on how the integration process that was inhibited by the existence of the stereotype between southern french and northen french people. Stereotype and social integration will be explained through the analysis of narrative aspects, including characterization, plot, and setting, as well as aspects of the cinematographic that includes visual effects and resonant. Through the analysis of these two aspects will be seen that the integration process was hampered because of the negatives stereotypes, but in the end the process of integration can run well because of the mutual tolerance and the willingness to accept the new culture of both parties that integrate with each other to deconstruct the negative stereotypes that have been believed by both sides."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>