Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8784 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Buddi Wibowo
"ABSTRACT
Hubungan antara agama dan aktivitas ekonomi merupakan sebuah topik riset yang berkembang pesat di bidang ekonomi.Cara pandang sekuler biasanya menempatkan religiusitas hanya sebagai salah satu dari sekian banyak faktor non ekonomi. Namun sudah diterima secara luas bahwa religiusitas adalah sebuah karakteristik individual yang memiliki peran dan dammpak yang sangat besar dalam pengambilan keputusan sehari-hari. Niat untuk berwirausaha di kalangan mahasiswa memerlukan penelitian yang lebih mendalam untuk dapat mengungkap lebih jelas model pembentukan niat berwirausaha, variabel-variabel penentu niat, dan bagaimana semua variabel tersebut berinteraksi dan bagaimana religiusitas individual mempengaruhi proses pembentukan niat dan kekuatan niat yang akhirnya terbentuk. Dengan
menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) diperoleh kesimpulan bahwa sikap personal dan norma sosial menjadi variabel yang paling mempengaruhi pembentukan niat, di samping perceived behavioral control. Tiga variabel ini merupakan determinan terpenting dari niat berwirausaha dan ketiganya secara langsung dipengaruhi oleh personal beliefs atas faktor-
faktor tersebut. Religiusitas terbukti memainkan peran yang penting dalam proses pembentukan niatberwirausaha. Uji empiris menunjukkan kelompok mahasiswa yang religius memiliki sikap personal yang lebih baik terhadap aktivitas wirausaha dan memiliki kepercayaan diri yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang tidak religius."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah jakarta, 2017
330 JETIK 16:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Danifa Vanesia Purwanto
"Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi intensi wirausaha mahasiswa menggunakan teori perilaku yang direncanakan. Dalam teori ini, intensi seseorang dapat diukur dengan tiga indikator yaitu sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan persepsi kendali perilaku. Penelitian ini juga memprediksi intensi berwirausaha dengan membandingkan dua fakultas yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Sampel penelitian adalah mahasiswa tingkat akhir FEB UI dan mahasiswa tingkat akhir FIB UI. Secara keseluruhan, hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan latar belakang pendidikan yang berbeda ditemukan perbedaan intensi wirausaha pada kedua fakultas tersebut. Faktor sikap terhadap perilaku dan persepsi kendali perilaku juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa FEB UI dan FIB UI. Norma subjektif tidak memiliki pengaruh terhadap intensi berwirausaha mahasiswa FEB UI dan FIB UI.

This researchs aims to predict students entrepreneurial intentions by applying TPB The Theory of Planned Behavior . In TPB framework, intention is a function of three antecedent which is attitudes toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control. This research also predict entrepreneurial intentions by making comparative analysis among different group of students with different educational backgroud. Sample of this study is final year students of Economic and Business faculty and Cultural Sciences faculty. Overall, the results showed that with the different of educational background theres is a differences of entrepreneurial intentions in both faculties. Student rsquo s attitude toward behavior and perceived behavioral control positively affects entrepreneurial intentions. Then, subjective norms doesn rsquo t have positive affect towards student rsquo s entrepreneurial intentions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natasya Arminta
"ABSTRAK
Kesadaran mengenai pentingnya peran kewirausahaan dalam suatu negara membuat para pembuat kebijakan mulai mencari cara untuk meningkatkan tingkat kewirausahaan dengan mengajak generasi muda untuk memulai membuka sebuah bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mengetahui faktot-faktor yang dapat meningkatkan intensi kewirausahaan mahasiswa. Faktor budaya dan pendidikan digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam mempengaruhi intensi mahasiswa dalam berwirausaha. Untuk faktor budaya, diketahui bahwa hanya variabel

ABSTRACT
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This book investigates, compares, and contrasts the theoretical and practical elements of business concepts and models that are acclimated to the dynamic changes of our modern era. Furthermore, it describes and analyzes the current cooperative interactions among firms, and evaluates the contribution of knowledge dynamics in coopetition."
United Kingdom: Emerald, 2018
e20469557
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arfani Fadlil
"Menjadi seorang wirausahawan memiliki pengaruh yang baik dalam membantu para PMI untuk mengelola uang yang didapatkan dari hasil bekerja di luar negeri, agar uang tersebut berputar dan mereka bisa memiliki peningkatan pendapatan hingga kualitas hidup secara berkelanjutan. Dari hasil penelitian-penelitian terdahulu diketahui bahwa locus of control, entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial intention dapat berpengaruh terhadap kemampuan opportunity recognition yang dimiliki PMI untuk memulai wirausaha. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survey hingga mendapat 202 orang PMI yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa locus of control positif tidak signifikan dan entrepreneurial self-efficacy berpengaruh signifikan negatif terhadap entrepreneurial intention dan keduanya berpengaruh positif signifikan terhadap opportunity recognition. Entrepreneurial intention berpengaruh positif signifikan terhadap opportunity dan memediasi sempurna pada locus of control dan opportunity recognition serta memediasi secara parsial signifikan terhadap entrepreneurial self-efficacy dan opportunity recognition.

Becoming an entrepreneurs have a good influence in helping PMIs to manage the money they get from working abroad, so that the money goes round and they can have an increase in income to a sustainable quality of life. From the results of previous studies, it is known that locus of control, entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intention can affect PMI's ability to have opportunity recognition to start an entrepreneur. Data collection was carried out by conducting a survey to obtain 202 PMI people in East Nusa Tenggara Province and then the data obtained were processed using Structural Equation Modeling. The results showed that positive locus of control was not significant and entrepreneurial self-efficacy had a significant negative effect on entrepreneurial intention and both had a significant positive effect on opportunity recognition. Entrepreneurial intention has a significant positive effect on opportunity and mediates perfectly on locus of control and opportunity recognition as well as partially significant mediation on entrepreneurial self-efficacy and opportunity recognition"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ra Putri Tri Widyaningrum
"ABSTRAK
RA. Putri T.W1, Rizal Edy Halim21.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia2.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas IndonesiaEmail: putritriwidyaningrum@gmail.com AbstrakDi era teknologi, indusri perbankan melakukan transformasi pada service delivery dan digital technology. Transformasi dan standarisasi yang diakukan pada pelayanan dan produk menyebabkan renggangnya hubungan bank dan konsumen, konsumen merasa bank sekedar menawarkan produk bukan memberikan solusi yang dibutuhkan dan hanya meperhatikan hubungan tansaksional. Untuk itu deperlukan kemampuan customer service perlu ditingkatkan dengan memiliki sikap kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh salespeople entrepreneurial behavior terhadap customer satisfaction, trust, commitment dan loyalty pada industri perbankan. Penulis melakukan pengujian dengan menggunakan structural equation model. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat salespeople entrepreneurial behavior memiliki pengaruh yang positif terhadap customer satisfaction, customer satisfaction memiliki pengaruh yang positif terhadap customer trust dan commitment, customer trust dan commitment memiliki pengaruh yang positif terhadap customer loyalty, sedangkan customer commitment tidak berpengaruh terhadap customer trust. Manajemen harus mendorong customer service untuk memiliki sikap kewirausahaan, menigkatkan kesadaran akan pentingnya ikatan emosional dan menjaga hubungan jangka panjang. Menejemen juga perlu mengevaluasi dan memberikan penghargaan untuk memotivasi karyawan untuk meningkatkan kemampuannya.

ABSTRACT
RA. Putri T.W1, Rizal Edy Halim21.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia2.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas IndonesiaEmail putritriwidyaningrum gmail.com AbstractIn the technology era, banking industry has transformed the service delivery and digital technology. However, this transformation and standardization of service and product drive away the relationship between bank and customer, so the customers feel the bank offer product not solution needed, and only concern on the transactional approach. Therefore customer service ability and capability will need to be improved through the entrepreneurial behavior. The purpose of this paper is to examine the effect of salespeople entrepreneurial behavior on customer satisfaction, trust and commitment of the salespeople and customer loyalty to the banking industry. The effect sales entrepreneurial behavior toward customer satisfaction, trust, commitment and loyalty is examined by structural equation model. It was found that salespeople entrepreneurial behavior has positive influence to customer satisfaction, customer satisfaction has positive influence to customer trust and commitment, customer trust and commitment has positive influence to customer loyalty, while customer commitment has no influence to customer trust. Management has to encourage customer service to have entrepreneurial behavior, increase awareness about how important emotional bonded and maintain long term relationship, evaluate and make appreciation program to motivate employee and improve front liner ability and capability. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52161
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melyona Zenia Rabbil
"Berdasarkan sejarah nasional pada tahun 1999 (Carre & Thurik, 1998) ketika Indonesia dilanda krisis ekonomi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu jenis usaha yang dinilai cukup fleksibel dalam menghadapi perubahan lingkungan (Guo & Cao, 2013). Kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional juga cukup besar, yaitu dengan menyediakan lapangan kerja sebesar 97,2% dari total lapangan kerja yang tersedia dan menyumbang sekitar 56,5% PDB nasional pada tahun 2014. Berbagai potensi UMKM yang dimiliki tidak membuat jenis usaha tersebut terlepas dari beberapa masalah yang perlu mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak. UMKM ternyata cukup sulit dalam menumbuhkan usahanya untuk “naik kelas” ke skala yang lebih besar. Maka dari itu, tujuan dari tesis ini adalah untuk menguji dan menganalisa pengaruh lingkungan dinamis, orientasi kewirausahaan dan kapabilitas dinamis terhadap kinerja, agar UMKM di Indonesia dapat tumbuh dan berkembang.

Penelitian dilakukan kepada 210 UKM (usaha kecil dan mikro) yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Bandung, Jogja dan Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Model) serta data statistik diolah dengan menggunakan perngkat lunak Lisrel versi 8.8.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa lingkungan dinamis memiliki pengaruh yang paling besar terhadap perubahan kinerja UKM di Indonesia. Namun, kapabilitas dinamis ternyata tidak berpengaruh terhadap peningkatan kerja pada level UKM.


Based on national history in 1999 (Carre & Thurik, 1998) when the economic crisis hit Indonesia, Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) to be one type of business that is considered quite flexible in the face of environmental change (Guo and Cao, 2013). The contribution of SMEs to the national economy is also quite large, by providing employment for 97.2% of total employment provided and accounted for approximately 56.5% of national GDP in 2014. Various potential of SMEs that are not held to make it regardless from some problems that need special attention from various parties. SMEs turned out to be quite difficult to grow their businesses to "jump" to a larger or higher scale. Therefore, the aim of this thesis was to examine and analyze the effect of environmental dynamism, entrepreneurial orientation and dynamic capabilities of the performance, in order to SMEs in Indonesia can grow and develop.

The study was conducted to 210 SMEs (small and micro enterprises) which are spread throughout Jakarta, Depok, Bandung, Yogyakarta and Jember. The method used is SEM (Structural Equation Model) as well as statistical data were processed using Lisrel software version 8.8.

The result of study says that the dynamic environment has the greatest influence on the change in the performance of SMEs in Indonesia. However, the dynamic capabilities it did not affect the increase in employment at the level of SMEs."

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Kurniawan
"Perilaku keinginan berwirausaha di kalangan para mantan pekerja migran sangat diharapkan di tengah masyarakat dalam menciptakan sesuatu yang baru dengan pikiran kreatif dalam melihat peluang usaha yang semakin kompetitif, meningkatkan pendapatan negara, dan menurunkan tingkat penganguran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Proactive Personality dan Entrepreneurial Self-Efficacy terhadap Entrepreneurial Intention yang dimediasi Attitude Toward Entrepreneurial. Data empiris dikumpulkan dari 140 mantan pekerja migran NTT dan NTB dengan menggunakan metode survei yang disebarkan secara daring. Studi ini dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan confirmatory factor analysis untuk menguji tujuh hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proactive Personality dan Entrepreneurial Self-Efficacy berpengaruh positif terhadap Entrepreneurial Intention, yang dimediasi melalui Attitude Toward Entrepreneurship. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengambil kebijakan di bidang sumber daya manusia untuk menciptakan entrepreneur yang handal dalam menciptakan peluang usaha dan kemajuan perekonomian negara.

Societies highly expect entrepreneurship among ex-migrant workers to compete and create new job opportunities in such increasingly competitive markets to improve economic activities and reduce unemployment rates. This study examines the impacts of Proactive Personality and Entrepreneurial Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention and its indirect influences through the mediation of Attitude Toward Entrepreneurial. Data was collected online by administering surveys to 140 former migrant workers from NTT and NTB provinces. The data were then analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) and confirmatory factor analysis to prove seven proposed hypotheses. This study demonstrates that Proactive Personality and Entrepreneurial Self-Efficacy positively influenced Entrepreneurial Intention mediated by Attitude Toward Entrepreneurship. Finally, the results of this study would benefit policymakers in the human resources sector to help produce creative and competitive entrepreneurs in creating new job opportunities and be a part of the economic development of the country, Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Mutia Ghofarany
"Suatu negara membutuhkan banyak wirausahawan untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat. Mahasiswa merupakan segmen yang diharapkan dapat menjadi wirausahawan dan meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia. Dampak dari pandemi Covid-19, seperti resesi ekonomi dan meningkatnya penggunaan teknologi, dapat dilihat sebagai hambatan atau peluang bagi mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat berwirausaha pada mahasiswa selama masa pandemi Covid-19. Data 290 mahasiswa dari berbagai tingkat pendidikan dan perguruan tinggi dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dukungan relasional, dukungan pendidikan, dan dukungan struktural terhadap intensi berwirausaha mahasiswa perlu dimediasi oleh sikap dan kontrol perilaku yang dirasakan. Hasil penelitian ini menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, perguruan tinggi perlu meningkatkan dukungan dalam penggunaan TIK sehingga mahasiswa dapat merasa memiliki kemampuan yang lebih besar dalam mengkontrol bisnis. Penelitian ini juga menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, pemerintah perlu meningkatkan dukungan, khususnya dukungan dalam digitallisasi ekonomi, sehingga dapat meningkatkan ketertarikan mahasiswa terhadap kewirausahaan. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa penggunaan teknologi digital dapat memaksimalkan dukungan yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan dalam situasi yang tidak terduga seperti pandemi.

A country needs large numbers of entrepreneurs to strengthen the resilience of national economic and improve the socio-economic welfare of the community. Students are a segment that is expected to become entrepreneurs and increase the number of entrepreneurs in Indonesia. The impact of the Covid-19 pandemic, such as the economic recession and increasing use of digital technology, can be seen as an obstacle or opportunity for students to have the intention of becoming entrepreneurs. This study aims to determine the entrepreneurial intention of students during the Covid-19 pandemic. Data on 290 students from various education levels and universities were analyzed using the Structural Equation Model (SEM). The results showed that the influence of relational support, educational support, and structural support on students' entrepreneurial intentions needs to be mediated by perceived attitudes and behavioral control. The results highlight greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing the ICT usage in universities to increase perceived student's ability to control the business. This study also highlights greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing structural support for economic digitalization to increase the student's interest in entrepreneurship. This study also confirms that the use of digital technology can maximize the support needed by students to have the intention to become entrepreneurs in unexpected situations like a pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riska Noor Azzahra Indraputri
"Penelitian ini membahas pengaruh orientasi kewirausahaan dengan
perhatian khusus pada hubungan diferensial yang ada antara ketiga sub
dimensi tersebut terhadap kinerja perusahaan. Penelitian sebelumnya
menunjukkan bahwa UMKM Indonesia memiliki masalah dengan sumber
daya (terutama akses keuangan) dan keterampilan manajerial, sehingga
penelitian ini akan memasukkan ketersediaan sumber daya keuangan dan
fleksibilitas sumber daya sebagai variabel moderasi. Penelitian ini
menggunakan 149 responden yang merupakan pemilik usaha mikro di
Komunitas “Tangan Di Atas” (TDA) Indonesia. Metode analisis data
menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
innovativeness dan proactiveness memiliki hubungan positif yang signifikan
dengan kinerja perusahaan, sedangkan fleksibilitas sumber daya
memoderasi hubungan secara signifikan. Variabel risk-taking berhubungan
positif dengan kinerja perusahaan dalam moderasi sumber daya keuangan

This study discusses the effect of entrepreneurial orientation with particular
attention to the differential relationship that exists between the three subdimensions
to firm performance. Previous research has shown that Indonesian
MSMEs have problems with resources (especially access to finance) and
managerial skills, so this study will include the availability of financial
resources and the flexibility of resources as a moderating variable. This study
used 149 respondents who are owners of micro businesses in the Indonesian
Community of “Tangan Di Atas” (TDA). The data analysis method uses
SEM-PLS. The results show that innovation and proactivity have a significant
positive relationship with firm performance, while resource flexibility
moderates the relationship significantly. Risk-taking is positively related to
firm performance in the moderation of financial resources.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>