Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159675 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raden Ayu Moza Tammy
"ABSTRAK
Fenomena kesuksesan bisnis orang Tionghoa terjadi di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis landasan yang mempengaruhi kesuksesan bisnis orang Tionghoa Indonesia dengan menggunakan pendekatan budaya melalui konsep mianzi dan guanxi. Kedua konsep ini mengakar kuat pada filsafat Tiongkok kuno dan penerapannya tersebar luas dalam kalangan pengusaha Tionghoa. Metode analisis melalui konsep mianzi dan guanxi diterapkan untuk menemukan pengaruh kedua konsep ini dalam bisnis orang Tionghoa. Konsep mianzi mengacu pada kredibilitas, martabat dan reputasi. Sedangkan konsep guanxi mengacu pada koneksi atau hubungan yang bersifat mutual. Selain itu, peneliti juga melakukan wawancara untuk mengumpulan data. Dari data-data yang terkumpul, dapat terlihat penerapan dan pengaruh kedua konsep ini terhadap kesuksesan bisnis orang Tionghoa Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi kelangsungan bisnis para pengusaha, khususnya di Indonesia.

ABSTRACT
The phenomenon of Chinese business success occurred in various countries, including in Indonesia. This study aims to analyze the foundations that affecting the success of the Chinese Indonesian rsquo s business success by using a cultural approach through the concept of mianzi and guanxi. These two concepts are deeply rooted in ancient Chinese philosophy and widespread among Chinese businessmen. The method of analysis through the concept of mianzi and guanxi was applied to find the influence of these two concepts in Chinese business. The concept of mianzi refers to credibility, dignity and reputation. While the concept of guanxi refers to connections or relationships that are mutual. In addition, researcher also conducted interviews to collect data. From the collected data, it can be seen the application and the influence of these two concepts on Chinese Indonesian business success. This research is expected to give contribute to business continuity of entrepreneurs, especially in Indonesia. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Michelle Ladykia Naftali
"Penelitian ini membahas tentang etnis Tionghoa dan dinamikanya dalam kesuksesan bulu tangkis Indonesia pada tahun 1966 - 1998. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana etnis Tionghoa dari berbagai bidang dan dinamikanya dalam kesuksesan bulu tangkis Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan sejarah. Dalam pengumpulan data akan menggunakan teknik studi pustaka dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sekalipun di tengah dinamika sosial dan politik pada masa Orde Baru (1966-1998) yang diskriminatif seperti kewajiban memiliki SBKRI dan adanya kekerasan rasial, tetapi etnis Tionghoa dari berbagai bidang tetap melakukan aperannya masing-masing dalam kesuksesan bulu tangkis Indonesia sebagai bentuk rasa nasionalisme untuk menanggapi keadaan yang dialami tersebut. Hal ini dapat diperhatikan dari berbagai bidang, mulai dari atlet yang mengharumkan nama Indonesia di dunia melalui perjuangan prestasi sebagai bentuk menunjukkan identitas nasional, pelatih yang berjuang melatih guna menghasilkan atlet yang berprestasi, organisator yang rela bergerak di bidang politik organisasi bulutangkis demi kepentingan Indonesia, hingga sebagai pengusaha membantu pembinaan bulu tangkis Indonesia melalui pendanaan. Lalu, kesuksesan bulutangkis Indonesia ini berdampak positif terhadap respon yang diberikan oleh masyarakat dan pemerintah Indonesia yaitu berupa dukungan, sambutan, dan apresiasi yang tinggi kepada para kontingen bulutangkis Indonesia.
This study discusses the Chinese ethnicity and its dynamics in the success of Indonesian badminton in 1966 - 1998. The purpose of this study is to explain how the ethnic Chinese from various fields and their dynamics in the success of Indonesian badminton. The method used in this research is a qualitative research method with a historical approach. In data collection will use literature study and interview techniques. The conclusion of this research is that even in the midst of discriminatory social and political dynamics during the New Order (1966-1998) such as the obligation to have an SBKRI and the existence of racial violence, ethnic Chinese from various fields still carry out their respective roles in the success of Indonesian badminton as a form of a sense of nationalism to respond to the circumstances experienced. This can be observed from various fields, start from athletes who makes Indonesia’s name fame in the world through achievement struggles as a form of showing national identity, coaches who struggle to train to produce outstanding athletes, committee who are willing to engage in badminton organization politics for the sake of Indonesia, entrepreneurs assisting the development of Indonesian badminton through funding. Then, the success of Indonesian badminton has a positive impact on the response given by the Indonesian people and government, namely in the form of support, welcome, and high appreciation for the Indonesian badminton contingent."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
R. Tuty Nur Mutia
"Disertasi ini membahas peristiwa normalisasi hubungan diplomatik Cina-Indonesia dengan tujuan menunjukkan motivasi yang mendorong Cina untuk mewujudkannya. Pendekatan "keterkaitan mikro-makro" digunakan untuk mengangkat bukti-bukti empiris, dipertajam melalui kerangka konsep mianzi. Dalam budaya Cina mianzi mengandung makna dan nilai-nilai "kehormatan".
Hasil penelitian menunjukkan, merosotnya kekuatan kubu sosialis di akhir tahun 1980-an dan peristiwa Tiananmen 1989 telah menyebabkan berubahnya prioritas politik luar negeri Cina. Ancaman terhadap kedaulatan menjadi pusat prioritas karena menyangkut kehormatan dan keutuhan bangsa. Segenap potensi Cina harus digunakan untuk menyelamatkan kehormatan negaranya, itulah baoquan mianzi. Kejayaan dan citra internasional RRC harus dikibarkan kembali. Normalisasi hubungan itu terbukti merupakan bagian dari upaya baoquan mianzi dan telah memberi peluang besar kepada Cina untuk berperan di forum regional maupun global. Dari sanalah motivasi itu terangkat.

This disertation examine the normalization of China-Indonesia diplomatic relations in order to understand China"s main motivation. The "micro-macro linkage" used to uphold empirical evidence that being enhanced through "Mianzi" concept. In Chinese culture, mianzi consist honorable values and meanings.
The result of this research shows that the changes on China foreign policy priority has been caused by the decreasing of socialist power in the late 1980"s and the Tiananmen incident in 1989. Threat to China`s sovereignty and unity has been the main priority to keep the country honor and existence. The term of baoquan mianzi is being used on this matter. It means using the whole potential of Chinese people to save the country honor. PRC international image and glory need to be restored. The normalization of diplomatic relations has been proven to be a part of baoquan mianzi and has given China a big opportunity to take part in regional and global forums. From there the motivation was raised."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
D1337
UI - Disertasi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kezia Esmeralda Kally
"

Skripsi ini akan menjelaskan bagaimana desain pada kafe dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis kafe tersebut. Saya merumuskan tiga pertanyaan dalam skripsi ini: 1) Mengapa desain arsitektur khususnya desain atmosfer perlu dilakukan; 2) Elemen apa saja pada atmosfer yang dapat didesain; 3) Bagaimana desain atmosfer dan merek kafe dapat menjadi faktor kesuksesan bisnis. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana desain atmosfer pada kafe, dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis. Saya mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan desk study. Beberapa data saya olah menggunakan analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Dari penelitian ini saya menemukan bahwa pemilik bisnis melakukan desain atmosfer pada ruang-ruang kafe. Usaha tersebut menghasilkan peningkatan pendapatan pada bisnis yang dibuktikan pada hasil wawancara. Hal tersebut merupakan salah satu kriteria bisnis tersebut dapat dikatakan sebagai bisnis yang berhasil. Desain atmosfer yang dilakukan pada kafe membentuk citra kafe yang akan diterima masyarakat dan menentukan keputusan pelanggan untuk datang atau tidak ke kafe tersebut. Semakin banyak pelanggan yang melakukan transaksi di kafe tersebut, dapat semakin meningkatkan kesuksesan bisnis kafe. Kesimpulan dari skripsi ini adalah bahwa 1) Desain atmosfer yang tepat membuat pelanggan merasa nyaman saat menikmati waktunya di dalam kafe; 2) Desain atmosfer dilakukan karena panca indera manusia dapat merasakan atmosfer tidak hanya secara visual, namun juga ada elemen-elemen atmosfer yang dapat dirasakan dengan indera peraba, penciuman, pendengaran, dan pengecap; dan 3) Terdapat hubungan antara desain atmosfer dengan kesuksesan bisnis.

 


This research attempts to explain how the design of the cafe can influence the success of the cafe business. I formulated three questions in this research: 1) Why architectural design especially atmospheric design needs to be done; 2) Atmospheric element that can be designed; 3) How atmospheric design that builds cafe brand can be a factor in business success. The purpose of this research is to find out whether the existence of atmospheric design in cafes can affect business success. I collected data by observation, interviews, and desk study. Some of my data are using descriptive qualitative analysis. From this research, I found that business owners did an atmospheric design in their cafe and resulted in an increase income on their business. Which is one of the criteria that the business can be considered a successful business. The atmospheric design forms a cafe image that will be accepted by the community and determines the customer's decision to come or not to the café. The more customers who make transactions in the cafe, the more successful the cafe business can be. The conclusion of this research is that 1) The right atmospheric design makes customers feel comfortable while enjoying their time in the cafe; 2) Atmospheric design is done to stimulate the five human senses, not only visually, but also from the atmospheric elements that can be felt with the sense of touch, smell, hearing, and taste; and 3) There is a relationship between atmospheric design and business success.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wardaty Ahmar
"Artikel ini membahas mengenai pengaruh Konfusianisme terhadap etos kerja kaum Tionghoa pedagang. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif berbasis konsep budaya Konfusianisme untuk menganalisis etos kerja kaum Tionghoa pedagang. Analisis dilakukan berlandaskan hasil penelitian terdahulu yaitu Theressa (2017) yang membahas mengenai kaum Tionghoa pedagang di Pasar Tengah Pekanbaru, penelitian Amalia dan Bayu (2015) mengenai kaum Tionghoa pedagang di Pasar Semawis Semarang, Stefanus dan Reinhard (2014) yang membahas kaum Tionghoa pedagang di Jakarta, dan penelitian Wahyudi (2015) mengenai kaum Tionghoa pedagang di Desa kalibaru wetan Banyuwangi. Konfusius mengajarkan prinsip ren 仁 , yi义 , li 礼dan zhi 智 yang dapat digunakan sebagai dasar etos kerja. Hasil analisis menunjukkan bahwa doktrin Konfusius tersebut berpengaruh terhadap etos kerja kaum Tionghoa pedagang. Doktrin Konfusius tersebut mendorong kaum Tionghoa pedagang memiliki sikap pekerja keras, jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam bekerja.

This article examines the influence of Confucianism on the work ethic of Indonesian Chinese sellers.The method used in this article is qualitative research based on the concept of Confucian culture to analyze the work ethic of the Indonesian Chinese seller. The analysis was carried out based on the results of previous researchers, namely Theressa (2017) who research about the Indonesian Chinese Seller in the Pasar Tengah Pekanbaru, Amalia and Bayu (2015) research on the Indonesian Chinese Seller in the Pasar Semarang Semawis, Stefanus and Reinhard (2014) research on Indonesian Chinese Seller in Jakarta, and Wahyudi (2015) research on Indonesian Chinese Seller in Kelurahan Kalibaru Wetan, Banyuwangi. Confucius taught the principles of ren 仁 , yi义 , li 礼, and zhi 智 which can be used as a basis for work ethic. The results of the analysis show that the Confucian doctrines have an effect on the work ethic of the Indonesian Chinese Seller. The Confucian doctrine encouraged the Indonesian Chinese Seller to have a hardworking, honest, responsible, and disciplined attitude in their work."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Divanadia Aprilia Putri
"Pemanfaatan live streaming commerce dilakukan untuk membangun customer engagement. Adanya permasalahan ketika mencari produk secara daring membuat terhambatnya pembentukan kepercayaan pelanggan. Kepercayaan pelanggan yang tidak terbentuk dapat mengurangi keterikatan pelanggan dengan produk sehingga keseluruhan upaya pembangunan customer engagement dapat lebih tercapai dengan kehadiran customer trust. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh trust in broadcaster, trust in community members, dan trust in products terhadap customer engagement melalui swift guanxi sebagai variabel mediasi kepada penonton Shopee Live Somethinc di Jabodetabek. Penelitian ini memiliki pendekatan kuantitatif serta pengumpulan data menggunakan metode survei dengan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 156 responden. Hasil penelitian dianalisis menggunakan SmartPLS 3.0 yang menunjukkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh trust in broadcaster terhadap customer engagement, terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung trust in community members terhadap customer engagement, trust in broadcaster memberikan pengaruh terhadap trust in community members dan trust in products, trust in community members dan trust in products memberikan pengaruh terhadap swift guanxi, swift guanxi memberikan pengaruh terhadap customer engagement, dan trust in products memberikan pengaruh terhadap customer engagement melalui swift guanxi. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara trust in products dan customer engagement, tidak terdapat pengaruh antara trust in community members dan trust in products, tidak terdapat pengaruh antara trust in broadcaster dan swift guanxi, dan tidak terdapat pengaruh antara trust in broadcaster dan customer engagement melalui swift guanxi.

Live streaming commerce is utilized to build customer engagement. The problems when searching for products online hinders the formation of customer trust. Customer trust that is not formed can reduce customer engagement with the product so the efforts to build customer engagement can be more achieved with the presence of customer trust. This research aims to analyze the influence of trust in broadcaster, trust in community members, and trust in products on customer engagement through swift guanxi on Shopee Live Somethinc’s viewers in Jabodetabek. This research has a quantitative approach and uses a survey method with purposive sampling. This research was conducted by distributing questionnaires to 156 respondents. The research results were analyzed using SmartPLS 3.0 which showed that there is an influence of trust in broadcaster on customer engagement, there is a direct and indirect influence of trust in community members on customer engagement, trust in broadcaster has an influence on trust in community members and trust in products, trust in community members and trust in products has an influence on swift guanxi, swift guanxi has an influence on customer engagement, and trust in products has an influence on customer engagement through swift guanxi. This research also reveals that there is no influence between trust in products and customer engagement, there is no influence between trust in community members and trust in products, there is no influence between trust in broadcaster and swift guanxi, and there is no influence between trust in broadcaster and customer engagement via swift guanxi."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adre Zaif Rahman
"Bisnis etnis Cina di Indonesia telah menjadi salah satu tumpuan dari perekonomian nasional Indonesia sejak lama. Salah satu yang terbesar di antara mereka adalah bisnis dari grup Liem yang diketuai oleh Liem Sioe Liong. Dengan menggunakan penggabungan dari nilai-nilai guanxi ala Cina dan profesionalisme Barat, bisnis dari Liem telah mencapai tingkatan sangat tinggi dan menjadi senjata yang ampuh untuk pengembangan bisnisnya. Penggabungan dari kedua sistem nilai tersebut mengantarkan Liem menjadi salah satu orang terkaya di dunia dan nomor empat terkaya di Indonesia

Abstract
Indonesian_s chinese ethnic has long been an important pillar for the nation_s economy. One of the largest from the lot is the Liem group led by the ingenious Liem Sioe Liong. By using the combination of Chinese style guanxi and western style management, its business has reached an incredibly extensive level and those values has also becomes a weapon in their business development. The combination of those two system had made Liem one of the richest man in the world and number four in Indonesia in this year"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S12826
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Merinda Hasna Lupita Dewi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur kepemilikan, siklus bisnis dan moderasi dari struktur kepemilikan pada pengaruh siklus bisnis terhadap profitabilitas bank di Indonesia yang diukur dengan ROA, ROE dan NIM. Berdasarkan hasil estimasi dengan menggunakan system GMM, hasil penelitian menunjukkan bahwa bank regional memiliki kinerja profitabilitas yang lebih tinggi dibandingkan bank lainnya, kinerja profitabilitas industri perbankan di Indonesia cenderung mengikuti siklus bisnis (procyclical). Profitabilitas bank pemerintah cenderung bergerak procyclical sedangkan profitabilitas bank swasta asing bergerak countercyclical.

This research aimed to examine the impact of ownership structure, business cycle and moderating effect of ownership structure on the influence of business cycle toward profitability, which measured by ROA, ROE and NIM. Based on the estimation result by using system GMM, regional banks are more profitable than other banks and the Indonesian banking profitability tend to follow the business cycle (procyclical). Public banks? profitability tends to follow the business cycle, while there is countercyclicality of foreign banks? profitability."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T46522
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triandika Ramadhan
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana iPhone sebagai suatu merek smartphone dapat menghasilkan intensi pembelian ulang melalui daya tarik estetis, kultural, dan utilitarian yang ditawarkan produknya. Faktor- faktor tersebut akan menghasilkan gengsi/prestise bagi pengguna iPhone, yang berujung pada timbulnya intensi pembelian ulang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif, dengan pengolahan data menggunakan structural equation modeling SEM . Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membentuk intensi pembelian ulang, produk iPhone harus mampu untuk membentuk gengsi/prestise bagi para penggunanya.

This study focuses on how iPhone as smartphone brand manages to form repurchase intention of its customers through their aesthetics, cultural, and utilitarian appeal. These factors will eventually form a prestige for its users, which in the end will shape the customers repurchase intention. This study uses a quantitative method, with the design of a descriptive study, and data processing SEM. The result of this study shows that in order to form repurchase intention, iPhone would have to generate a prestige associated with the use of iPhone."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Tuty Nur Mutia
Tangerang: Serat Alam Media, 2015
327.598 TUT d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>