Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141675 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Billy Admiraldy Citra
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah prototype sistem informasi akuntansi penerimaan kas untuk bengkel Manic Motorsport Indonesia. Sejauh ini pencatatan penerimaan kas pada Manic Motorsport Indonesia dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu cukup banyak dalam pengerjaannya, asalkan ada saldo di rekening bank perusahaan berarti bisnis berjalan dengan baik, Penelitian ini dilakukan dengan harapan bisa menyediakan modul pencatatan penerimaan kan dan modul pendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FAST Framework for Application of System Thinking berdasarkan pada Whitten, Bentley, dan Dittman yang digunakan untuk merancang prototype sistem penerimaan kas bagi Manic Motorsport Indonesia beserta modul pendukungnya dan membantu perusahaan untuk menghasilkan laporan penerimaan kas beserta data pendukungnya.

ABSTRACT
The purpose of this study is to designa prototype of accounting information system for cash collection for a workshop of Manic Motorsport Indonesia, so far Manic Motorsport Indonesia uses manual reconciliation regarding cash collection which takes time for the process, as long as there rsquo s balance in the bank account of company means the business is running well, with this study hope to provide necessary module for cash collection record and other compulsory items. Using the FAST Framework for the Application of Systems Thinking based on Whitten, Bentley, and Dittman writer are able to design prototype system that can provide necessary module for Manic Motorsport Indonesia and help company to provide cash collection report along the supporting data."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhana Hakim
"
Laporan magang ini merupakan hasil evaluasi selama kegiatan magang di PT NDL dan bertujuan untuk mengevaluasi prosedur pengeluaran kas atas pembayaran hutang usaha yang dilakukan oleh PT NDL. Prosedur pengeluaran kas merupakan bagian dari siklus pengeluaran yang merupakan salah satu subsistem dari Sistem Informasi Akuntansi. Kegiatan utama dari siklus pengeluaran di PT NDL adalah pemeriksaan pembayaran dan proses pembayaran akhir yang merupakan bagian dari pengeluaran kas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur pengeluaran kas atas utang usaha di PT NDL sudah memadai dan dokumen-dokumen yang digunakan dalam proses sudah sesuai dengan teori yang ada.

This internship report is the result of an evaluation during the internship activities at PT NDL and aims to evaluate the cash disbursement procedure on payment of account payable carried out by PT NDL. The cash disbursement procedure is a part of expenditure cycle which is one of the subsystems of an Accounting Information System. The main activity of the expenditure cycle in PT NDL is the payment review and the final payment process which is a part of the cash disbursement. The evaluation show that the procedures of cash disbursement on accounts payable at PT NDL are already adequate, and the documents used in the process are already in accordance with the theory."
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fiqi Fazriana Firdauzi
"Tesis ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan rekomendasi pada penerapan sistem informasi siklus pendapatan. Fenomena digitalisasi yang masif saat ini tentunya menuntut pelaku transformasi untuk menggeser budaya dan gaya hidup khususnya pada dunia bisnis yang semakin hari menunjukkan ketergantungannya pada teknologi dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan. Evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk menilai kepatuhan perusahaan dalam menerapkan sistem informasi siklus pendapatannya dengan menganalisis risiko – risiko yang perlu diprioritaskan pada sistem informasi akuntansi yang digunakan beserta respon yang sebaiknya dilakukan oleh Perusahaan. Melalui pengendalian internal ini penerapan sistem informasi siklus pendapatan dapat terhindar dari aktivitas penipuan dan kecurangan, serta dapat meminimalisir kerugian yang akan ditanggung Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan pada PT FZR yang merupakan perusahaan pelayaran di Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat 29 risiko yang harus dipertimbangkan perusahaan agar siklus pendapatan menjadi lebih optimal, diantaranya berkaitan dengan hak akses, verifikasi, otorisasi, dan efisiensi sistem informasi dan siklus pendapatan itu sendiri. Penelitian menyarankan PT FZR untuk melakukan empat respon risiko diantaranya 20 reducing, 8 avoiding, 2 sharing dan 7 accept pada risiko – risiko tersebut. Dengan menerapkan respon risiko tersebut, perusahaan dapat meningkatkan kapasitas sistem informasi yang digunakan dan memperbaiki siklus pendapatan perusahaan.

Technology adaptation carried out by the Company needs to be accompanied by an adequate internal control process so that the objectives of implementing the technology can be met. Weaknesses in the identified system need to be assessed by analyzing the risks that need to be prioritized in the implementation of the accounting information system used, so that the Company can determine the mitigation response that should be carried out by the Company. The evaluation method in this research is qualitative in the form of a case study with a descriptive approach using the COSO ERM Framework. The research results state that the Company already has good capabilities in implementing the Company's internal controls. However, there were 13 risks identified in four departments related to the revenue cycle system. The mitigation response given was 12 reduces and one sharing. It is hoped that the Company can maximize the use of its IT team in the internal control process, so that it can create a system that meets the needs of both customers and employees."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
D. Suryadi H.S.
Jakarta: Gunadarma, 1996
658.403 SUR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Manalu, Sonya Rapinta
"Pengelolaan kinerja secara efektif merupakan salah satu faktor kunci untuk meningkatkan kinerja bisnis organisasi. Pengukuran kinerja yang efektif mencakup proses pengukuran hasil kerja secara objektif melalui serangkaian indikator kinerja yang tepat. Indikator ini disebut dengan Key Performance Indicator (KPI) yang diselaraskan dengan strategi organisasi yang disusun melalui BSC. BCS organisasi dapat diturunkan atau cascade menjadi BSC departemen, sehingga masing-masing bagian dalam organisasi memahami apa peran yang harus diberikan guna mencapai tujuan organisasi.
Dengan menggunakan studi literatur dan studi kasus pada karya ilmiah ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana menurunkan BSC organisasi menjadi BSC departemen dengan menggunakan framework strategy map atau peta strategi hingga dapat ditetapkan sasaran strategi, KPI, target dan inisiatif dari departemen. Studi kasus karya ilmiah ini adalah yayasan XZY, dimana akan dilakukan cascading BSC yayasan XYZ menjadi BSC direktorat TI hingga memperoleh sasaran strategi, KPI, target dan inisiatif direktorat TI.

Effective performance management is one of the key factors to improve the organization's business performance. Effective performance measurement includes measurement of result objectively through a series of appropriate performance indicators. This indicator is called as Key Performance Indicator (KPI) that is aligned with the organizational strategy developed through the BSC. BCS organization can be cascaded into BSC departments, so each part of the organization understands what role should be given to achieve organizational goals.
By literature and case studies, this research will explain more about how to cascade organization BSC become department BSC to obtain strategic objectives, KPIs, targets and initiatives strategy of the department. Case study of this research is XZY IT directorate, which will cascade XYZ BSC become BSC IT directorate to obtain strategic objectives, KPIs, targets and initiatives strategy IT directorate.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jusuf Amiruddin
"PT. Petra adalah sebuah perusahaan nasional yang memiliki peranan yang hesar dalam industri perminyakan di Indonesia, karena ruang lingkup operasinya mencakup dari hulu hingga ke hilir yaitu mulai dari pencarian, penambangan, mengolah, mengangkut dan memasarkan produk akhir.
Sebagai salah satu penerapan dari strategi dan perencanaan perusahaan maka setiap tahun disusun enam jenis anggaran, tiga diantaranya adalah Anggaran Operasi, Anggaran Investasi, dan Anggaran Material. Anggaran Operasi dan Investasi disusun oleh Fungsi Operasi, sedangkan Anggaran Material penyusunannya menjadi tanggung jawab Fungsi Logistik.
Tujuan penulisan Karya Akhir ini adalah untuk mencari penyebab masalah utama serta memberikan alternatif pemecahan yang mungkin dapat mengatasi masalah dalam sistem anggaran material perusahaan. Sedangkan metoda yang digunakan adalah analisa sistem dengan tahapannya adalah identifikasi, memahami, analisa permasalahan serta rekomendasi dan pelaporan.
Sebagai kesimpulan dapat dikemukakan bahwa untuk dapat menyelesaikan permasalahan terhadap sistem anggaran material pada PT. Petra diperlukan integrasi dan Bourdinasi yang baik antar fungsi-fungsi yang terlibat dalam proses perencanaan. Disamping itu melihat volume pekerjaan yang Sangat besar maka se1ain"usaha penyederhanaan sistem sebaiknya diikuti dengan pengurangan jumlah item material yang harus ditangani, Serta perancangan sistem yang terkomputerisasi agar didapat efek sinergi yang lebih besar."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1989
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanang Sadikin
"Infrastruktur teknologi informasi yang handal diperlukan untuk mendukung kelancaran proses bisnis. PT XYZ menggunakan e-mail untuk melakukan proses bisnisnya. Penelitian ini mencoba untuk memberikan solusi arsitektur yang handal untuk PT XYZ. Penelitian ini menggunakan metode Architecture Development Method (ADM) The Open Group Achitecture Framework (TOGAF) untuk menyusun solusi yang tepat bagi arsitektur Enterprise E-mail PT XYZ. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menyusun penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dengan manajer teknologi informasi PT XYZ dan studi literatur. Data yang ada kemudian diolah untuk menghasilkan solusi arsitektur untuk PT XYZ. Hasil penelitian ini adalah suatu solusi arsitektur SI/TI khususnya Enterprise E-mail yang handal bagi PT XYZ.

Reliable information technology infrastructure is needed to support a smooth business processes. PT XYZ use e-mail to conduct of business process. This research tries to give a reliable architecture solutions to PT XYZ. this research uses Architecture Development Method (ADM) The Open Group Achitecture Framework (TOGAF) method to develop the right solution for Enterprise E-mail architecture of PT XYZ. Data collection techniques that are used to compose the research is observation, interview with PT XYZ Information Technology Manager and literature study. The data are then processed to produce a solution architecture for PT XYZ. The results of this research are reliable IS/IT architecture solution for PT XYZ, especially Enterprise E-mail."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aldyano Sandi
"Pemetaan kegiatan Teknologi Infromasi (TI) yang baik pada pemerintahan, khususnya sektor layanan publik memiliki tingkat urgensi yang sama tinggi dengan sektor korporat. Tuntutan akan akuntabilitas dan transparansi, baik dari stakeholder maupun masyarakat luas, membutuhkan suatu perangkat pendukung terciptanya tata kelola yang baik di dalam organisasi.
Penelitian ini memotret kegiatan TI yang sudah ada pada Sekretariat Jenderal KESDM dengan beberapa model IT Governance, dengan tujuan ingin mengidentifikasi bagaimana penarapan IT Governance yang ada di Sekretariat Jenderal KESDM berdasarkan teori-teori yang ada. Dengan menggunakan best practices COBIT 4.1, penulis mencoba mengukur kondisi kematangan proses-proses dari 4 domain yang terdapat dalam standar Maturity Level berbasis COBIT 4.1.
Hasil penelitian ini meliputi pemetaan kondisi pelaksanaan kegitan TI saat ini dengan menggunakan beberapa model IT Governace, kondisi kematangan dari semua prosesproses yang ada, serta rekomendasi dan prioritas rencana implementasi yang perlu dilakukan demi perbaikan pengelolaan TI di masa yang akan datang.

Effective information technology (IT) mapping activities in the government sectors, particularly at the public service sector, has the same high level of urgency as that of the corporate sector. With demands for accountability and transparency, either from the stakeholders and public, there is a need to have supporting tools which will create and promote good governance within the organization.
This research describes existing IT activity at the Secretariat General of the Ministry of Energy and Mineral Resources with some models of IT governance, aiming to identify how IT Governance is implemented at the Secretariat General based on the existing theories. By using COBIT 4.1 best practices, the author is trying to measure the maturity level of the processes of 4 (four) domains contained in the standards-based COBIT 4.1 Maturity Level.
The results of this study are include among others; mapping the current IT implementation activity by using some models of IT Governance, maturity level of all existing processes, as well as the implementation plan which include recommendations and priorities that need to be done to improve the management of IT in the future.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fuzla Hanum
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kesuksesan dari sistem informasi pengelolaan keuangan daerah. Variabel penelitian terdiri dari kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kepuasan pengguna, penggunaan dan manfaat bersih. Populasi dari penelitian ini terdiri dari seluruh satuan kerja di pemerintah kota Banda Aceh dan pemerintah kabupaten Aceh Besar. Responden penelitian merupakan pengguna SIPKD yaitu Pejabat pengelola keuangan, bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan. Pemilihan sampel menggunakan metode survey, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian.
Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu Lisrel 8.8. Hasil penelitian dengan menggunakan DeLone dan McLean IS Success Model (2003) menunjukkan bahwa dari 9 hipotesis yang dibangun, 7 hipotesis menunjukkan pengaruh. 2 hipotesis lainnya tidak menunjukkan pengaruh yaitu kualitas sistem terhadap penggunaan serta kualitas layanan terhadap penggunaan. Secara keseluruhan SIPKD dapat dikategorikan sukses.

This study aims to look at the success rate of the local financial management information system (Sistem Informasai Pengelolaan Keuangan Daerah). The research variables consisted of information quality, system quality, service quality, user satisfaction, use and net benefits. Population of this research consisted of all work units in the municipality of Banda Aceh and Aceh Besar district government. Respondents are users SIPKD namely financial management officer, treasurer and treasurer acceptance. Selection of the sample survey method, in which the entire population of the research sample. Methods of data analysis using Structural Equation Modeling (SEM) with lisrel tools.8.8. Research results using DeLone and McLean IS Success Model (2003) showed that out of 9 hypotheses constructed, 7 hypotheses show the effect 2 other hypotheses do not show the influence that the quality system is to use and the quality of service to use. Overall SIPKD can be considered a success."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T45021
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Sulistyo
"ABSTRAK
Sebagai organisasi perguruan tinggi yang memberikan layanan informasi secara komplek, maka informasi merupakan satu bagian yang vital dalam menjalankan proses bisnis pada Universitas XYZ. Kondisi demikian mengharuskan Universitas XYZ untuk menyediakan dan menjaga kontinuitas akses informasi. Terjaminnya ketersediaan akses informasi haruslah didukung oleh infrastruktur TI yang reliable dan terhindar dari kegagalan sistem akibat adanya suatu bencana. Untuk mewujudkan hal tersebut, Universitas XYZ harus mempunyai infrastruktur TI yang dilengkapi dengan Disaster Recovery System (DRS). Penelitian ini ditujukan untuk menentukan teknologi Disaster Recovery System (DRS) yang sesuai guna menjamin ketersediaan akses informasi pada Universitas XYZ. Penelitian ini dituangkan dalam bentuk karya akhir. Karya akhir ini berisikan latar belakang penelitian dengan menjelaskan permasalahan yang ada pada Universitas XYZ dan disertai rumusan pertanyaan penelitian, kemudian dilanjutkan dengan studi literatur untuk menentukan kerangka kerja pemilihan strategi disaster recovery sebagai acuan penentuan teknologi DRS. Selanjutnya disusunlah metodologi penelitian yang menjelaskan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian untuk menentukan teknologi DRS pada Universitas XYZ. Pada pembahasan dilakukan analisis terkait dampak dan kecenderungan resiko kegagalan sistem untuk menentukan tingkat kerawanan sistem pendukung layanan pada Universitas XYZ. Berdasarkan tingkat kerawanan sistem tersebut, selanjutnya dilakukan penentuan disaster recovery – tier dan teknologi DRS yang sesuai. Pada akhir karya akhir disusunlah kesimpulan beserta saran terkait penelitian.

ABSTRACT
As an education institution that provide complex information, that information is a vital part of running the business process at the University of XYZ. These conditions require University of XYZ to provide and maintain the continuity of access to information. Ensuring the availability of access to information should be supported by a reliable IT infrastructure that able to avoid system failures due to a disaster. To achieve this goal, the University of XYZ shall have the IT infrastructure that comes with the Disaster Recovery System (DRS). This study aimed to determine the appropriate technology of Disaster Recovery System (DRS) to ensure the availability of access to information on the University of XYZ. This study set out in the form of the final work. The work contains of the research background to explain the problems that existed at University of XYZ and completed with research question, followed by a study of the literature to determine the framework of disaster recovery straregy selection as the reference for choosing DRS technology. Methodology was formulated to explain the steps in conducting research to determine the DRS technology at University of XYZ. In the discussion, there is an analysis of impact and likehood of system failure to determine the vulnerability of the system supporting services at University of XYZ. Approriate disaster recovery – tier and DRS technologies are choosen based on systems vulnerability. At the end of the final work, there is composed a summary and some suggestion related the work."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>