Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 162319 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yusuf Fauzan Supriyadi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara penerapan 5S dan pengurangan waktu siklus produksi cycle time pada Taqqia Craft, salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah yang bergerak di industri kerajinan. Waktu siklus produksi diukur dari penentuan bahan baku, sampai produk siap dikirim ke pelanggan. Setelah waktu siklus produksi diketahui, maka 5S diterapkan. Setelah penerapan 5S selesai, evaluasi dilakukan untuk memastikan bahwa penerapan telah dijalankan dengan benar. Selanjutnya waktu siklus produksi dihitung kembali untuk mengetahui penerapan 5S terhadap waktu siklus produksi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap langkanya literatur yang menganalisis penerapan 5S di industri kerajinan. Hasilnya menunjukkan adanya hubungan positif antara penerapan 5S dan waktu siklus produksi. Selain itu, 5S juga berdampak positif terhadap peningkatan kinerja operasional.

ABSTRACT
This study aims to assess the causal relation between the implementation of the 5S approach and the reduction of production cycle time at Craft Small Medium Enterprise SME . Production cycle time measured from the designing of the product, until the product is ready to be sent to the customer. After the production cycle time is known, then the 5S is implemented. After the implementation was done, there rsquo s evaluation to be done to ensure that the implementation is correct. Then the production cycle time was calculated again to know the impact of 5S implementation toward the production cycle time. This paper contributes to the scarce empirical literature analyzing the factors related to the use of 5S and its association with manufacturing performance in the craft industry. The result shows the existence of a positive relationship between the use of 5S and production cycle time. Moreover, 5S is positively related to some operational performance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50513
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Allen Pradita
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas kegiatan business coaching pada PT. Defa n Precission yang bergerak di industri automotive precision parts. Produk utama perusahaan ini adalah gauges, precision parts, dan checking fixture. Permasalahan yang menjadi topik utama dalam penulisan penelitian ini adalah kondisi perencanaan dan pengelolaan proses produksi yang masih belum berjalan dengan efisien. Lead time proses produksi yang sempat mencapai 91 hari dinilai oleh penulis sebagai urgensi atas terlaksananya perencanaan 5S. Maka tujuan dari penulisan tesis ini adalah untuk membantu memperbaiki business model dengan memperkuat value proposition perusahaan melalui program 5S sebagai langkah awal dalam tahapan terciptanya proses produksi yang lebih efisien. Perbaikan model bisnis ditekankan pada kecepatan barang diterima oleh konsumen delivered on time sebagai peningkatan value proposition perusahaan. Dalam praktiknya pelaksanaan 5S telah berjalan 92.5 dari rencana, dan didapatkan hasil melalui feedback dari operator mesin serta manajer produksi bahwasannya program 5S dapat membantu efektifitas dan efisiensi proses produksi.

ABSTRACT
The research discusses the business coaching activities at PT. Defa n Precission engaged in automotive precision parts industry. The companys rsquo s main products are gauges, precision parts, and checking fixture. The main problem discussed in this company are the condition of planning and managing the production process still not running efficiently. Lead time production that had reached 91 days assessed by the author as an urgency of the 5S implementation. The purpose of writing this research is to help improve the business model by strengthening the company 39 s value proposition through the 5S program as a first step in the process of creating a more efficient production process. The improvement of the business model is emphasized on the speed of goods received by the consumers as an improvement in the company 39 s value proposition. In practice, 5S has been running 92.5 of the plan, and the results obtained through feedback from machine operators and production managers that the 5S program can help the effectiveness and efficiency of the production process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S35529
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alusi Freeta Ratu Mondru
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang business coaching yang dilakukan penulis selaku
coach terhadap Saelia Craft, sebuah UKM yang memproduksi handmade fashion
accessories berupa tas dan dompet dengan bahan utama anyaman bambu. Tujuan
penelitian ini adalah meningkatkan kinerja bisnis UKM dengan fokus pada
pengembangan kondisi internalnya. Strategi yang diajukan dalam business
coaching ini adalah melakukan pelatihan SDM, menetapan harga jual ideal, dan
menambahan saluran pemasaran menggunakan media sosial. Metode yang
digunakan dalam penelitian adalah analisis data kualitatif. Pada akhir periode
business coaching, belum semua strategi terlaksana dengan baik, akan tetapi
Saelia Craft telah berhasil menjual produk dengan harga baru yang ditetapkan

ABSTRACT
This thesis is about business coaching conducted by the author towards Saelia
Craft, an SME that produces handmade fashion accessories such as handbags and
wallets with woven bamboo as main material. The purpose of this study is to
improve the SME?s business performance by focusing on enhancing its internal
condition. Strategies proposed in this business coaching are conducting human
resources training, setting the ideal selling price, and adding new marketing
channels using social media. Method used in this thesis is qualitative data analysis.
At the end of business coaching, not all strategies implemented well, but Saelia
Craft has been successfully selling its product with the new selling price"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shabryna Riskia
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan hasil analisa dari proses business coaching UMKM bidang kreatif kepada Kriya & Me. Melalui proses interview serta observasi, dihasilkan prioritas permasalahan dalam perbaikan proses bisnis UMKM yaitu permasalahan brand awareness yang minim serta penetrasi produk yang belum maksimal. Penambahan channel distribusi, meningkatkan brand awareness melalui kegiatan public relation & periklanan, memperluas market dengan menyasar wisatawan, serta penambahan variasi produk merupakan usulan model usaha yang diberikan serta disetujui oleh UMKM. Hasil dari penilitian ini adalah pemilihan channel distribusi, pengaplikasian visual merchandising sebagai sarana pengkomunikasian brand image serta menarik awareness masyarakat akan produk, dan juga pemberian strategi pricing. promosi dilakukan oleh pemilik Kriya & Me untuk meningatkan awareness masyarakat yang diharapkan dapat menarik konsumen untuk membeli produk dan meningkatkan omset perusahaan.

ABSTRACT
This thesis is the analysis result of business coaching process in Kriya & ME as a SME in craft industry. The result of interviews and observations is priority issues that need an improvement in the business processes of SMEs caused by lack of brand awareness and product penetration in the market. The addition of distribution channel, increasing brand awareness through public relations and advertising activities, expanding market segment, and creating new product variety are proposed as a new business model canvas through discussion with SMEs owner. The results of this research are the selection of distribution channels, application of visual merchandising as a tool for communicating brand image and attracting public awareness of the product, and the provision of pricing strategies. Promotion process executed by Kriya & Me hopefully will create awareness that leads market to purchase the products and increase in company's profit.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haikal Rahmat Fadilah
"ABSTRAK
Tesis ini membahas kegiatan business coaching pada Bengkel Kusuma Auto yang merupakan UMKM yang bergerak pada bidang otomotif. Bengkel menawarkan layanan pemeliharaan dan perbaikan kendaraan roda empat baik mobil penumpang maupun mobil niaga. Hasil analisis kondisi bengkel, permasalahan yang menjadi topik utama adalah kondisi SDM yang belum dikelola dengan efektif dan optimal. Salah satu masalahnya adalah belum adanya program training and development bagi para karyawan yang sesuai kebutuhan, terutama posisi mekanik sebagai karyawan yang mengerjakan pekerjaan inti dari bengkel yaitu perbaikan dan perawatan kendaraan. Tujuan dari penulisan tesis ini adalah untuk membantu Bengkel Kusuma Auto membuat perencanaan training and development mekanik yang sesuai kebutuhan.

ABSTRACT
This thesis discusses the business coaching activities in the Kusuma Auto workshop which are operating in automotive industry. The workshop offers maintenance and repair services for four wheeled vehicle both passenger and commercial vehicle. The results of analysis on workshop conditions, the problem that became the main topic of this thesis is condition of Human Resources HR management that have not been managed effectively and optimally. One of the problems that exist in the HR management is there is no training and development program for the employees as needed, especially for mechanics position as the core job of workshop. The purpose of this thesis is to help Kusuma Auto workshop to make training and development plan as needed for mechanics."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Adi Nugroho
"Penelitian tesis ini membahas tentang proses business coaching yang dilaksanakan di PT. Hudiya Hayat Hanif, sebuah UKM yang bergerak di industri metal forming, khususnya stamping. Fokus utama dari business coaching ini adalah pada fungsi pemasaran, dengan tujuan untuk membuat website dalam rangka membangun sistem digital marketing untuk mendapatkan pelanggan baru. Pembuatan website sebagai sebuah pondasi untuk membangun sistem digital marketing dan saluran-saluran digital yang lain. Data yang dikumpulkan melalui proses wawancara dan observasi lapangan, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis product-market matrix, analisis SWOT, analisis Segmenting-Targeting-Positioning, analisis bauran pemasaran, analisis Porter rsquo;s Five Forces dan analisis kesenjangan. Pembuatan website perusahaan bertujuan sebagai sarana promosi, sehingga diharapkan perusahaan menjadi semakin dikenal publik dan memperluas jangkauan pasar. Pada website tersebut juga menggunakan teknik search engine optimization SEO untuk meningkatkan peringkat pada hasil penelusuran di search engine, sehingga dapat selalu terlihat di halaman pertama.

The thesis research discusses about the business coaching process implemented in PT. Hudiya Hayat Hanif, an SME which is engaged in metal forming industry, especially stamping. The main focus of the business coaching is on the marketing function, with the aim to create a website in order to build digital marketing system to get new customers. The creation of website as a foundation for building digital marketing system and other digital channels. The data gathered by interview process and field observation, next are analyzed using product market matrix analysis, SWOT analysis, Segmenting Targeting Positioning analysis, marketing mix analysis, Porter rsquo s Five Forces analysis and gap analysis. The creation of website rsquo s company aims as an instrument of promotion, so the company is expected to become more publicly known and expanding the market reach. On the website also use the search engine optimization SEO technique to increase the ranking of search results on search engine, so that it can always be seen on the first page."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeihan Alhakim
"Tujuan kegiatan business coaching yang dilakukan adalah perbaikan logo produk, pemaksimalan kegiatan promosi online dan Perumusan Harga Pokok Penjualan yang selama ini belum ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah UMKM Pawon Fasdiin yang berkecimpung dalam industri makanan. Instrumen penelitian ini menggunakan metode Business Coaching dengan instrumen yang digunakan adalah wawancara dan observasi.

The purpose of the business coaching activities carried out was to improve the product logo, maximize online promotional activities and formulate Cost of Goods Sold that had not been available. This study uses a qualitative approach. The object of this research is UMKM Pawon Fasdiin which is involved in the food industry. This research instrument using Business Coaching method with the instrument used is interview and observation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moechtar Luthfi Farizi H
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai penambahan saluran distribusi, perbaikan konten
sosial media, dan penambahan varian rasa yang ditawarkan. Masalah yang
ditemukan pada Kandang Moo adalah saluran distribusi yang terbatas pada
Reseller dan Outlet serta varian rasa yang hanya berjumlah tujuh varian. Usulan
yang diberikan oleh Coach adalah bekerjasama dengan Go-Food yang dimiliki
oleh Go-Jek dan menambah varian rasa menjadi 15 varian rasa. Pada prosesnya
digunakan analisis proses bisnis, analisis sumber daya dan kapabilitas, analisis
VRIO, analisis pelanggan, analisis PESTEL, analisis Porter?s Five Forces, bauran
pemasaran, analisis SWOT, dan analisis GAP untuk menentukan perbaikan yang
dibutuhkan oleh UMKM Kandang Moo

ABSTRACT
This thesis generates ideas and solutions for Kandang Moo which proposes
additional distribution channel, rejuvenation of social media content, and new
variety of flavours. The research identified several problems in the business such
as limited distribution restricted to resellers and outlets and limited variety of
flavours to only 7 (seven) variants. First, the writer suggests Kandang Moo to
register their brand to Go-Jek Indonesia through its Go-Food program. Second, to
add 8 other variants of flavours. In order to determine improvements needed by
Kandang Moo, the whole research used business process analysis, research and
capability, VRIO, customer, PESTEL, Porter?s Five Forces, Marketing Mix,
SWOT, and GAP analysis"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>