Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 146754 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harahap, Marazuddin Budianto
"Peningkatan trafik data terus naik secara signifikan, khususnya di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Hootsuite-We are Social, dikatakan bahwa pada tahun 2018 penetrasi pengguna Internet di Indonesia hingga 50% dari jumlah populasi Indonesia, atau sebesar 132,7 Milyar jiwa. 91% penggunaan Internet diakses dari smartphone atau tablet. Trafik data pada operator seluler PT XYZ kian meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2017, tercatat hingga 2juta TeraByte trafik yang ditangani. Hal ini menjadi permasalahan dalam hal trafik dan kapasitas pada PT XYZ selaku operator seluler. Maka dibutuhkan solusi dari permasalahan tersebut, agar operator XYZ dapat terus kompeten dalam melayani pengguna dalam hal akses data dan akses Internet. Berdasarkan literatur dan informasi sebelumnya, penambahan jumlah kapasitas pemrosesan dan pengolahan paket data adalah jawaban dari permasalahan. Penambahan kapasitas dapat dilakukan dengan tiga pilihan solusi, yaitu adalah: penambahan modul GGSN, implementasi arsitektur Multi-access Edge Computing (MEC) atau penambahan GGSN pada jaringan yang sudah ada. Dalam penelitian ini, akan dilakukan analisis kelayakan MEC pada operator PT XYZ. Akan dilakukan analisis dari tiga pilihan solusi. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini dilihat dari aspek kelayakan teknologi dan aspek kelayakan investasi lalu melakukan analisis biaya-manfaat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa solusi utama layak diimplementasikan. Berdasarkan hasil NPV dan rasio B/C solusi implementasi MEC menjadi pilihan terbaik, memiliki kemampuan yang cukup dalam menangani trafik hingga beberapa tahun ke depan serta kemampuan fleksibilitasnya. Terdapat dua skenario dalam implementas MEC, pertama dilakukan setelah implementasi solusi alternatif pertama sebagai solusi sementara pada Oktober 2021 dan kedua langsung dilakukan saat awal tahun 2020.

Increased data traffic continues significantly, especially in Indonesia. Based on a survey by Hootsuite-We are Social, it is said that in 2018 the penetration of Internet users in Indonesia is up to 50% of the total population of Indonesia or amounting to 132.7 billion people. 91% of Internet use is accessed from a smartphone or tablet. Data traffic on PT XYZ cellular operators is increasing every year. In 2017, up to 2 million TeraByte of traffic is handled. This has become a problem in terms of traffic and capacity at PT XYZ as a cellular operator. So, a solution to these problems is needed, so that XYZ operators can continue to be competent in serving users in terms of data access and Internet access. Based on the literature and previous information, the addition of the amount of processing capacity and processing of data packages is the answer to the problem. Addition of capacity can be done with three solutions choices, namely: the addition of the GGSN module, the implementation of the Multi-access Edge Computing (MEC) architecture or the addition of the GGSN to existing networks. In this study, an analysis of the feasibility of MEC for PT XYZ operators will be conducted. Analysis of three solutions choices will be carried out. The analysis conducted in this study is seen from the aspects of technological feasibility and investment feasibility aspects and then conducts a cost-benefit analysis. The results of this study indicate that the main solution is feasible to implement. Based on the NPV results and the B/C ratio, the MEC implementation solution is the best choice, has sufficient ability to handle traffic for the next several years and its flexibility. There are two scenarios in the implementation of the MEC, the first is done after the implementation of the first alternative solution as a temporary solution in October 2021 and the second is immediately at the beginning of 2020."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53386
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The book provides insights from the 2nd International Conference on Communication, Computing and Networking organized by the Department of Computer Science and Engineering, National Institute of Technical Teachers Training and Research, Chandigarh, India on March 29–30, 2018. The book includes contributions in which researchers, engineers, and academicians as well as industrial professionals from around the globe presented their research findings and development activities in the field of Computing Technologies, Wireless Networks, Information Security, Image Processing and Data Science. The book provides opportunities for the readers to explore the literature, identify gaps in the existing works and propose new ideas for research."
Singapore: Springer Singapore, 2019
e20502589
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Gita Ayu Salsabila
"Selama masa pandemi COVID-19, antarmuka suara menggunakan KWS (keyword spotting) semakin sering digunakan pada berbagai sistem elektronik karena minimnya kontak fisik yang diperlukan antarmuka ini. Salah satu sistem yang dapat menggunakan KWS adalah sistem navigasi lift, di mana KWS pada sistem tersebut akan mengenali kata kunci terkait lantai yang ingin dituju pengguna. Dalam penelitian ini, model KWS untuk sistem navigasi lift dibuat menggunakan CNN (Convolutional Neural Network) dan CRNN (Convolutional Recurrent Neural Network) untuk mengenali enam kata kunci spesifik. Selama proses pembuatannya, berbagai hyperparameter CRNN terkait implementasi GRU, batch normalization, dropout layer, optimizer, kernel size, dan batch size diuji pengaruh variasinya terhadap performa CRNN. Dari pengujian tersebut, ditemukan bahwa CRNN menunjukkan performa paling baik ketika GRU yang digunakan bersifat bidirectional dengan dua layer dan 64 hidden unit, kernel size sebesar 3x3, optimizer Adams, batch size sebesar 163, serta penerapan batch normalization layer sebelum dropout layer. Model CRNN yang diperoleh dari kombinasi hyperparameter terbaik kemudian dibandingkan dengan model CNN untuk dievaluasi performa klasifikasinya saat dijalankan pada Raspberry Pi 4B. Berdasarkan hasil akurasi, persentase penggunaan RAM, dan latensi, model CNN menunjukkan performa yang lebih baik daripada CRNN.

During the COVID-19 pandemic, voice interfaces using KWS (keyword spotting) are increasingly being used in various electronic systems due to the lack of physical contact required for this interface. One system that can use KWS is an elevator navigation system, where the KWS on the system will recognize keywords related to the floor the user wants to go to. In this study, the KWS model for the elevator navigation system was created using CNN (Convolutional Neural Network) and CRNN (Convolutional Recurrent Neural Network) to identify six specific keywords. During the manufacturing process, various CRNN hyperparameters related to GRU implementation, batch normalization, dropout layer, optimizer, kernel size, and batch size were tested for the effect of their variations on CRNN performance. From these tests, it was found that CRNN showed the best performance when the GRU used bidirectional with two layers and 64 hidden units, kernel size of 3x3, Adams optimizer, batch size of 163, and batch normalization layer applied before dropout layer. The CRNN model obtained from the best combination of hyperparameters is then compared with the CNN model to evaluate its classification performance when run on the Raspberry Pi 4B. Based on the results of accuracy, percentage of RAM usage, and latency, CNN model shows better performance than CRNN."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New Jersey: Hayden Book , 1974
001.644 MUL
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Parikenan
"Saat ini kepuasan pelanggan bukan hanya dilihat dari sisi fungsionalitas sistem, namun dilihat juga dari sisi stabilitas dan kualitas produk perangkat lunak terhadap fault dan error pada sistem. Kualitas perangkat lunak juga dapat didefinisikan sebagai sekumpulan karakter dan fitur dari suatu perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berdasarkan konsep tersebut ditemukan bahwa kualitas suatu proyek dapat berhubungan dengan kualitas dari permintaan. pengguna. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen perangkat lunak untuk mengelola teknologi, pengetahuan, dan kebutuhan pengguna terhadap perangkat lunak.

Penelitian ini mencoba untuk mengetahui tingkat kematangan manajemen proyek dan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan di PT XYZ. Penelitian ini meggunakan framework CMMI-DEV sebagai pengukuran manajemen proyek yang menghasilkan nilai daru suatu level managemen proyek. Setelah itu didapat kesenjangan antara hasil penngukuran saat ini dengan level berikutnya. Untuk memberikan rekomendasi dilakukannya pemetaan terkait hasil pengukuran CMMI-DEV kepada model PMBOK, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang diharapkan perusahaan.

Dari hasil penelitian ini didapat tingkat kematangan perusahaan masih pada tingkat 1. Penulis memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan pada tingkat kematangan 2 CMMI-DEV dan dipetakan dengan model PMBOK.


Nowadays customer satisfaction is not only looking for in terms of system functionality, but also in terms of stability and quality of software products against faults and errors in the system. Software quality can also be defined as a set of characters and features of a software that suits the needs of users. Based on this concept it is found that the quality of a project can be related to the quality of demand. the user. Therefore software management is needed to manage technology, knowledge, and user requirements for the software.

This study tries to determine the level of project management maturity and recommendations for improvement that can be applied at PT XYZ. This study uses the CMMI-DEV framework as a measurement of project management that generates value from a level of project management. After that, there is a gap between the results of the current measurement and the next level. To provide recommendations to do mapping related to measurement results of CMMI-DEV to the PMBOK model, so that it can provide recommendations expected by the company.

The result of this study is the company’s maturity level is still at level 1. The author provides recommendations for improvement based on the CMMI-DEV maturity level 2 and is mapped with the PMBOK model.

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Mawwalmazie Agitiananda
"Dengan evolusi teknologi yang pesat, kebutuhan dalam mengolah/membuat data, sumber komputasi, serta kapasitas layanan digital telah membengkak secara eksponensial. Kebutuhan tersebut telah melampaui kecepatan perkembangan infrastruktur yang ada secara fisik, sehingga dilakukan adaptasi dengan mengadopsi komputasi awan (Cloud Computing) secara global sebagai alternatif yang bisa diatur skalanya serta menghemat biaya secara signifikan. Fitur yang mengatur skala komputasi awan, disebut scalability, merupakan fitur penting yang menyesuaikan sumber daya digital secara dinamis sebagai respons langsung dari beban kerja (workload) yang fluktuatif. Performa dari sistem yang mengatur skala sistem Cloud secara otomatis, disebut Autoscaling, berpengaruh dari beberapa faktor termasuk batas scaling, akurasi dari prediksi traffic, termasuk pengetahuan dari topologi sistem. Dengan sistem autoscaling yang sudah melakukan tuning, hal tersebut akan memperkecil frekuensi terjadinya gangguan seperti packet-loss dan/atau latency yang berlebihan dari sistem cloud. Studi ini berfokus kepada evaluasi performa dari sistem autoscaling untuk tools instrumentasi private cloud yang bersifat open-source, menggunakan analisis perbandingan untuk menilai efektifitas dari implementasi autoscaling, mencari batasan tertentu serta potensi improvement dari tools yang ada. Dan Hasil pengujian pada platform Apache CloudStack menunjukkan bahwa mekanisme autoscaling dapat meningkatkan performa sistem secara dinamis. Berdasarkan lima metrik utama—waktu respon, penggunaan CPU, penggunaan RAM, throughput, dan error rate—diperoleh rata-rata waktu respon sebesar 1.143 ms, CPU usage 62,8%, dan RAM usage 6.957MB. Throughput sistem tercatat stabil pada 120 request/detik, dengan error rate mendekati 1%. Temuan ini menunjukkan bahwa CloudStack mampu mempertahankan kinerja yang efisien dan stabil saat terjadi lonjakan beban.

With the rapid evolution of technology, the demand for data processing, computational resources, and digital service capacity has grown exponentially. This demand has outpaced the capabilities of existing physical infrastructure, prompting global adaptation through the adoption of cloud computing as a scalable and significantly cost-efficient alternative. The feature responsible for adjusting the scale of cloud computing resources, known as scalability, plays a crucial role in dynamically aligning digital resources in response to fluctuating workloads. The performance of systems that automatically manage scaling in cloud environments, known as autoscaling, is influenced by several factors including scaling thresholds, the accuracy of traffic prediction, and knowledge of system topology. A well-tuned autoscaling systems can reduce the frequency of disruptions such as packet loss and/or excessive latency in cloud systems. This study focuses on evaluating the performance of autoscaling systems within open-source cloud instrumentation tools, using comparative analysis to assess the effectiveness of existing autoscaling implementations, identify specific limitations, and explore potential improvements. The test results on the Apache CloudStack platform demonstrate that the autoscaling mechanism can dynamically improve system performance. Based on five key metrics—response time, CPU usage, RAM usage, throughput, and error rate—the average response time was recorded at 1.143 ms, CPU usage at 62,8%, and RAM usage at 6.957MB. The system throughput remained stable at 120 requests per second, with an error rate close to 1%. These findings indicate that CloudStack can maintain efficient and stable performance under fluctuating loads."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aruna Anggayasti Priyanto
"ABSTRAK
Sebuah perusahaan besar, terutama perusahaan yang berkecimpung dalam bidang operator telekomunikasi, sudah sewajarnya memiliki sebuah sistem yang disebut Campaign Management System (CMS). CMS pada perusahaan telekomunikasi, pada umumnya, melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan profilnya yang kemudian dikirimkan pesan-pesan pemasaran tertentu, biasanya, melalui SMS.
Namun, banyak pelanggan merasa terganggu dengan pesan-pesan pemasaran tersebut. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, sebuah konsep, yang disebut dengan One to One Marketing, digunakan dalam penelitian ini untuk diterapkan pada sistem CMS.
Penelitian ini menggunakan sebuah metode yang disebut dengan Design Science Research (DSR). DSR adalah sebuah paradigma penelitian, khususnya dalam bidang Teknologi Informasi, yang digunakan untuk menemukan solusi bagi permasalahan-permasalahan aktual kehidupan manusia.
Penelitian ini menghasilkan rancangan arsitektur CMS dengan konsep One-to-One Marketing. Pada rancangan yang dihasilkan, jika dibandingkan dengan CMS saat ini, terdapat 9 servis baru dan pengembangan 5 servis yang sebelumnya sudah ada. Pada tahap evaluasi, rancangan ini terbukti membuat pelanggan lebih nyaman dengan pesan pemasaran yang diterima.

ABSTRACT
Big companies, especially telecommunication operator companies, usually has a system which is called Campaign Management System (CMS). This system will differentiate customers based on their profiles. Afterwards, customers, whose profiles are match with campaign definition, will receive particular marketing message, usually, via SMS.
However, there are a lot of complaints coming from customers regarding marketing message. Customers feel disturbed by those marketing messages they received. As a solution to the problem, this research is using One-to-One-Marketing concept.
This research is using a method which is called Design Science Research (DSR) to design new architecture of CMS. DSR is a research paradigm, especially in the field of Information Technology, which is used to design an artifact as a solution of actual problem in real life.
This research produced CMS architecture design which apply One-to-One Marketing concept. Compared to existing CMS, there are 9 new services and 5 enhanced sevices. In evaluastion phase, this design was proved to be able to make customers feel more comfortable with marketing messages."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Widyaningrum
"PT. Kreatif Dinamika Integrasi merupakan perusahaan yang menyediakan solusi industri, aplikasi bergerak dan solusi lainnya. Implementasi solusi yang telah disepakati oleh pelanggan memerlukan waktu pengerjaan yang berbeda-beda dalam suatu proyek. Tingkat keberhasilan proyek diukur dari kesesuaian batasan ruang lingkup, ketepatan waktu, sesuai anggaran, kualitas, sumber daya dan risiko yang disepakati. Perubahan lingkup dan permintaan perubahan yang tidak dikontrol menyebabkan proyek tidak selesai tepat waktu yang berdampak pada anggaran yang dikeluarkan dan mengganggu aliran kas dari perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang ada, penelitian ini diharapkan menghasilkan mekanisme kontrol terhadap lingkup dan perubahan pada proyek. Penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan adaptif. PMBOK digunakan untuk melakukan analisis pada mekanisme yang sudah ada sehingga ditemukan area-area yang dapat diperbaiki. Hasil dari analisa ditemukan bahwa perusahaan belum memiliki standar prosedur mengenai mekanisme manajemen lingkup dan mekanisme permintaan perubahan serta kurang maksimalnya proses pemantauan lingkup proyek, sehingga penulis membuat usulan model manajemen lingkup dan mekanisme permintaan perubahan berdasarkan kebutuhan dan masalah organisasi dengan melakukan kustomisasi dari praktik terbaik menjadi rekomendasi mekanisme manajemen lingkup perusahaan, selain itu peneliti juga melakukan usulan penggunaan tools untuk membantu memantau progres dari detail lingkup yang ada selama proyek.

PT Kreatif Dinamika Integrasi is a company that provides industrial solutions, mobile applications and other solutions. Implementation of the solution agreed upon by the customer requires different processing times for a project. The level of success of the project is measured by the suitability of the scope, time, budget, quality, resources and risks. Changes in scope that are not controlled cause the project is not completed on time which impact on the budget issued and disrupts cash flow from the company. Based on the existing problems, this research expected to produce a control mechanism for management scope. Research using qualitative methodology with adaptive approach. PMBOK 6th is used to analyze existing mechanisms so that areas that can be improved can be found. The results of the analysis found that the company does not yet have a standard procedure regarding the scope management mechanism and the change request mechanism and lack of monitoring scope project, so the authors make a proposed scope management model and the change request machanism based on the needs and problems of the organization by customizing the best practices into the recommendations of the company’s scope management mechanism. The author also proposes the use of tools to help monitor the progress of the detailed scope available during the project. 

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Laudon, Kenneth C., 1944-
Boston: McGraw-HIll, 2002
001.6 LAU i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Suryatama
"Kebutuhan availabilitas jaringan pelanggan yang meningkat hingga 99,999% menuntut penyedia layanan komunikasi data untuk terus siap dalam memberikan layanannya sesuai dengan SLA yang ditentukan dengan tetap mempertimbangkan nilai ekonomi agar margin dapat tetap terjaga. Maka, pada penelitian ini dilakukan sebuah analisis tekno ekonomi untuk menjawab permasalahan tersebut. Analisis teknis dilakukan dengan menganalisis peningkatan availabilitas jaringan pelanggan berdasarkan pada reliabilitas media aksesnya. Selain itu juga dilakukan proses uji coba teknologi M2M berbasis seluler menggunakan tunneling Bridge EoIP over SSTP pada jaringan MPLS provider komunikasi data sehingga dapat berfungsi menjadi media akses baru. Hasil yang diperoleh bahwa untuk mencapai availabilitas 99,999 diperlukan 4 buah media akses yang saling diversitas. Kemudian hasil pengujian kinerja media akses M2M menunjukkan rata-rata waktu ping 160 miliseconds, rata-rata throughput 1Mbps, dan rata-rata jitter 21 miliseconds. Hasil ini dinilai mampu untuk menjadikan M2M sebagai salah satu opsi penggunaan media akses untuk pemenuhan kebutuhan SLA pelanggan tersebut. Sementara untuk menilai kelayakan secara ekonomi, analisis dilakukan dengan membandingkan nilai ekonomi dari investasi penggunaan media akses M2M dengan media akses yang lain melalui beberapa skenario penyelenggaraan. Dari semua skenario yang di buat, maka skenario gabungan dengan menggunakan M2M sebagai salah satu media akses dapat memberikan nilai NPV yang tertinggi hingga 42 miliar dalam kurun waktu 5 tahun dan pengembalian modal investasi yang paling cepat hanya 1,3 tahun saja. Dibandingkan dengan skenario penyelenggaraan tanpa menggunakan media akses M2M, penggunaan media akses M2M ini memberikan peningkatan nilai ekonomi yang signifikan.

Requirements of increasing customer network availability up to 99.999% needs data communication service providers to provide services in accordance with the specified SLA while considering economic value so that margins can be maintained. So, this study conducts a techno economic analysis in order to answer this problem. Technical analysis is conducted by analyzing the increasing network availability based on the access media reliability. In addition, the trial process of cellular-based M2M technology is also carried out using tunneling Bridge EoIP over SSTP on th MPLS provider data communication network so that it can be used as a new access media. The results obtained to achieve 99.999 availability requires 4 media access with mutual diversity. Then the M2M access media testing results showed an average ping time of 160 milliseconds, an average throughput of 1Mbps, and an average jitter of 21 milliseconds. These results considered capable to make the M2M as one of the access media options to meet the customers SLA needs. While to assess economic feasibility, the analysis was carried out by comparing the economic value of investments using M2M access media with other access media through several implementation scenario. Of all the scenarios made, the combination scenario using M2M as one of the access media can provide the highest NPV value of up to 42 billion in 5 years and the fastest capital investment is only 1.3 years. Compared to the implementation scenario without using M2M access media, the use of M2M access media provides a significant increase in economic value."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T54261
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>