Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 92741 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Faber, Joanna
"A must-have resource for anyone who lives or works with young kids, with an introduction by Adele Faber, coauthor of How to Talk So Kids Will Listen &​ Listen So Kids Will Talk, the international mega-bestseller The Boston Globe dubbed "The Parenting Bible." For over thirty-five years, parents have turned to How to Talk So Kids Will Listen &​ Listen So Kids Will Talk for its respectful and effective solutions to the unending challenges of raising children. Now, in response to growing demand, Adele's daughter, Joanna Faber, along with Julie King, tailor How to Talk's powerful communication skills to children ages two to seven. Faber and King, each a parenting expert in her own right, share their wisdom accumulated over years of conducting How To Talk workshops with parents and a broad variety of professionals. With a lively combination of storytelling, cartoons, and fly-on-the-wall discussions from their workshops, they provide concrete tools and tips that will transform your relationship with the young kids in your life. What do you do with a little kid who'won't brush her teeth'screams in his car seat'pinches the baby ... refuses to eat vegetables'throws books in the library ... runs rampant in the supermarket' Organized according to common challenges and conflicts, this book is an essential emergency first-aid manual of communication strategies, including a chapter that addresses the special needs of children with sensory processing and autism spectrum disorders. This user-friendly guide will empower parents and caregivers of young children to forge rewarding, joyful relationships with terrible two-year-olds, truculent three-year-olds, ferocious four-year-olds, foolhardy five-year-olds, self-centered six-year-olds, and the occasional semi-civilized seven-year-old. And, it will help little kids grow into self-reliant big kids who are cooperative and connected to their parents, teachers, siblings, and peers."
Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2020
306.874 FAB s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Meilina Sari
"ABSTRAK
Kemampuan untuk memahami apa yang disampaikan oleh
orang lain dan kemampuan untuk mengutarakan isi pikiran kepada orang
lain adalah penting. Petty dan Jensen (1980) menyatakan bahwa
kemampuan berbahasa berkorelasi positif dengan keberhasilan belajar anak.
Untuk dapat dipahami oleh orang dewasa, anak-anak yang menguasai
kebanyakan konsep spontan dapat saja menguasai konsep ilmiah dengan
bantuan guru di sekolah atau melalui interaksi dengan orang dewasa yang
lebih ahli di lingkungannya.
Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk meneliti apakah
ada pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan bahasa anak usia 8 -
10 tahun yang diukur melalui kompetensi komunikatif. Lingkungan belajar
dalam penelitian ini dibatasi pada lingkungan belajar di rumah dan di
sekolah. Sedangkan aspek-aspek yang terdapat di dalam lingkungan belajar
dibatasi pada aspek : Orang-orang di sekitar anak dan interaksinya,
Aktivitas anak, Fasilitas fisik , dan Komunikasi dan nilai-nilai yang dianut,
seperti yang dikemukakan oleh Bronfenbrenner (dalam Myers, 1992).
Subyek yang diikutsertakan dalam penelitian ini adalah siswa-
siswi sekolah dasar berusia 8 - 10 tahun dengan tingkat inteligensi umum
rata-rata. Subyek-subyek penelitian diambil dari 2 lingkungan belajar yang berbeda, yaitu sebanyak 30 subyek berasal dari lingkungan belajar yang
banyak menyediakan stimulus secara kualitatif dan kuantitatif dalam
merangsang kompetensi komunikatif anak (lingkungan belajar A) dan
sebanyak 30 subyek lainnya berasal dari lingkungan belajar yang kurang
dalam menyediakan stimulus secara kualitatif dan kuantitatif dalam
merangsang kompetensi komunikatif anak (lingkungan belajar B). Untuk
mengukur kompetensi komunikatif subyek, subyek diminta untuk
menjabarkan/menjelaskan 9 kata benda target.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang
berada di lingkungan belajar yang banyak menyediakan stimulus-stimulus
secara kualitatif maupun kuantitatif dalam merangsang kompetensi
komunikatif anak memiliki nilai kompetensi komunikatif yang Iebih tinggi
secara signifikan daripada anak-anak yang berada di lingkungan belajar
yang kurang dalam menyediakan stimulus. Di samping itu, penelitian ini
juga menunjukkan bahwa walaupun semua aspek-aspek lingkungan belajar
memberikan pengaruh dan berkorelasi positif terhadap kemampuan bahasa
anak yang dalam penelitian ini dikaitkan dengan penguasaan konsep yang
diukur melalui kompetensi komunikatif anak, namun aspek 1 yaitu orang-
orang di sekitar anak dan interaksinya memberikan sumbangan yang paling
besar terhadap kompetensi komunikatif anak. Begitu pula halnya dengan
kata-kata benda target yang dapat dengan sangat mudah dijelaskan/
dijabarkan oleh anak adalah kata-kata benda target yang berada di dunianya
terutama dunia bermain. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya
indikasi bahwa faktor sosial ekonomi juga mempengaruhi seberapa dekat
dan sering anak berinteraksi atau memiliki pengalaman terhadap benda-
benda tersebut sehingga mempengaruhi hasil kompetensi komunikatif.
Sementara itu juga didapatkan hasil bahwa pada anak usai 8 -10 tahun, usia
tidak mempengaruhi kompetensi komunikatif anak secara signifikan.
Sedangkan untuk jenis kelamin didapatkan hasil yang berbeda antara
lingkungan belajar A, di mana jenis kelamin mempengaruhi kompetensi
komunikatif anak secara signifikan, dengan lingkungan belajar B, di mana
jenis kelamin tidak mempengaruhi kompetensi komunikatif anak.
Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melihat juga
peranan orang-orang di sekitar anak selain orang tua dan guru. Kemudian
dapat juga dilihat hubungan kompetensi komunikatif dengan prestasi siswa,
mengingat kemampuan berbahasa anak berkorelasi positif dengan
keberhasilan belajar anak."
1998
S2731
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini membahas gambaran komunikasi anak usia sekolah di tiga jenis Sekolah Dasar yang berbeda di wilayah Depok Timur pada bulan April 2010. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif komparatif. Metode sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan penggunaan komunikasi pada siswa di masing-masing SD. Perbedaan proporsi SD Negeri: SD Swasta: SD Islam Terpadu yaitu 81,48% : 100% : 92,31%. Hasil tersebut menggambarkan bahwa ada perbedaan tingkat penggunaan komunikasi baik pada anak usia sekolah di tingkat Sekolah Dasar.

This research explains about school-age childhood communication in three type of elementary school description in Depok Timur area at April 2010. This research is quantitative research with comparative description interpretive. Sampling method that use in this research was proportionate stratified random sampling. Data that were collected were analyzed chi square test with signficance level 5 % or 0,05.
The result from this research show use of good communication in school age children at each school is different. Differences in the proportion of Elementary School : Private Elementary School : Integrated Islamic Elementary School is 81,48% : 100% : 92,31%. From this result can describe that has different using good communication in school-age children in Elementary School level.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
TA5939
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Evin Novianti
"Pada masa usia sekolah, anak belum mampu mengolah masalahnya dengan tepat, anak rentan berperilaku emosional. Tujuan penelitian memperoleh gambaran pengaruh terapi kelompok Assertiveness Training (A 1) terhadap kemampuan komunikasi ibu dalam mengelola emosi anak usia sekolah. Sampel pada kelompok intervensi dan kontrol masing-masing 32 orang. Terapi ketompok AT membantu ibu mengeloJa emosi anak melalui komunikasi asertif, dilakukan 6 sesi.
Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan kemampuan komunikasi asertif lbu pada kelompok yang mendapat AT meningkat secara bermakna (p-value<0,05), Pada kelompook ibu yang tidak mendapat AT, kemampuan komunikasi ibu menurun secara bermakna (p-value<0,05), Kemampuan anak mengelola emosi meningkat bermakna (p-value<0,05) yang ibunya mengikuti AT, sedangkan pada kelompok yang ibunya tidak mendapat AT menurun bermakna (p-va/ue<0,05), Terapi ini dkekomendasikan pada pelayanan kesehatan di masyarakat khususnya anak usia sekolah.

The child not yet going to mix immediately the probtem1 it can be emotional. The aimed of this research was to get comprehensive picture about of influence Assertiveness Training (A 1) group therapy ro ability of assertive communication. A sample consist of 32 respondent intervention, 32 control. AT group therapy help the mother to arrange their child emotion with assertive communication, done in six sessions.
Results of this research showed significant increase parents ability of communication and impact to emotional quality of chiid (p-value"
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T33727
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Heriati Gunawan
Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1984
S2022
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muthia Sayekti
Yogyakarta: Psikologi Corner, 2023
302.2 MUT s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Melvia Veronica
"Dalam persiapan menghadapi menstruasi pertama (menarche), ibu berperan penting dalam menyediakan informasi mengenai menstruasi serta pubertas bagi anak. Ibu melakukan komunikasi antarpribadi (interpersonal) yang dapat membantu kesiapan perempuan menghadapi menarche, terutama dalam konteks sosiokultural di mana menstruasi ada dalam teritori yang masih tabu. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis mengenai pesan komunikasi dari ibu kepada anak perempuan untuk menghadapi menarche dan kaitan pesan yang diberikan dengan tabu menstruasi (menstrual taboo). Data dikumpulkan secara kualitatif melalui wawancara mendalam kepada tiga orang perempuan berumur 18 tahun yang melalui menarche dalam dampingan ibu sebagai pengasuh utama. Ditemukan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan ibu secara menyeluruh belum bersifat terbuka kepada anak. Ibu juga belum melakukan komunikasi secara empatik terhadap pengalaman menstruasi anak dari segi emosional. Namun, ibu sudah menyadari adanya keberadaan larangan bagi perempuan terkait menstruasi yang ada dalam lingkup menstrual taboo. Ibu juga telah melakukan komunikasi secara suportif terhadap kejadian-kejadian yang dialami perempuan saat awal menstruasi.

In the preparation of facing menarche, mothers have an important role in providing information regarding menstruation and puberty for their daughters. Mother carries out interpersonal communication which will help the readiness of girls in facing menarche, especially in the sociocultural context where menstruation is placed in taboo territory. The objective of this research is to analyse communication messages given by mothers to daughters for facing menarche and the correlation of the messages to menstrual taboo. Data was collected with a qualitative approach through in-depth interviews with three women who went through menarche with their mother accompaniment as a primary caregiver. It is found that interpersonal communication done by mothers overall was not done openly. Mothers have also not communicate in an empathetic way with their daughters. However, mothers are aware of the existence of restrictions for women related to menstruation which is within the scope of menstrual taboo. Mothers have also communicated in a supportive manner regarding the events their daughters experienced at the early stage of menstruation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Setyorini
"Komunikasi yang terjadi pada pertemuan fisik, sangat menentukan makna dalam Komunikasi Interpersonal. Namun pertemuan fisik yang diharapkan dapat meningkatkan intensitas komunikasi untuk mengenal dan mengetahui lebih jauh keunikan masing-masing pasangan, sering terabaikan karena kurangnya waktu yang ada akibat kesibukan bekerja masing-masing individu. Pada pasangan muda, hal ini bukan merupakan hambatan yang benar-benar tidak dapat dicari solusinya. Dengan menggunakan layanan SMS, mereka dapat melakukan komunikasi tanpa batas.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penarikan sampel menggunakan teknik Snowball dengan menentukan tiga responden utama. Teknik ini memanfaatkan informasi responden yang sebelumnya peneliti temukan. Dengan informasi dari merekalah peneliti dapat menemukan responder-responden baru yang memenuhi karakteristik responden yang sesuai dengan penelitian ini. Pencarian responden akan dihentikan apabila terjadi pengulangan informasi sehingga tidak ada lagi informasi yang dapat dijaring dan tidak menghasilkan nama responden yang sesuai.
Penggunaan saluran dan peralatan komunikasi yang menggunakan gelombang udara dan cahaya dapat dikategorikan saluran komunikasi yang bersifat personal. Sehingga telepon, fax dan telex dapat dikategorikan sebagai saluran komunikasi interpersonal.
Walaupun SMS dapat digunakan untuk mengurangi pengeluaran pas biaya komunikasi, fasilitas ini bukan merupakan saluran komunikasi yang sering digunakan oleh pasangan suami istri. Pesan yang disampaikan dalam layanan ini hanya berupa informasi yang tidak membutuhkan jawaban, pesan yang berhubungan dengan angka, dan pesan singakt yang bertujuan memelihara hubungan yang terjadi. Begitu juga jika dikaitkan dengan keterbukaan yang terjadi. Pasangan suami istri lebih menyukai komunikasi secara tatap muka maupun menggunakan komunikasi langsung, bukan menggunakan SMS untuk mengungkapkan sesuatu yang dimaksud walaupun hal tersebut berpotensi untuk terjadi konflik."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T14291
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulita Daru Priliantari
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T28522
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adenita Yusminovita
"Internet merupakan media komunikasi elektronik yang menghubungkan seseorang ke pusat informasi di seluruh dunia dengan menggunakan jaringan telepon. lnternet telah berkembang di dunia dalam 25 tahun terakhir, sedangkan di Indonesia baru mengenal internet tahun 1995. Salah satu fasilitas yang tersedia dalam Internet adalah ruangan komunikasi atau chat room (IRC atau Internet Relay Chat) yang di dalamnya banyak orang di seluruh pelosok dunia dapat melakukan komunikasi interaktif jarak jauh, tanpa bertatap muka dan dalam waktu bersamaan. Dengan demikian IRC merupakan media komunikasi antara individual dengan individual atau kelompok lain tanpa ada hambatan fisik seseorang, tempat dan waktu.
Berdasarkan teori dan konsep ilmu komunikasi maka timbul pertanyaan bagaimana sebenarnya wujud IRC sebagai media komunikasi? Bagaimana bentuk interaksi komunikasi yang terjadi dan apa yang dikomunikasikan? Studi ini bertujuan untuk menggambarkan IRC secara keseluruhan mulai dari teknologi, keberadaan komunitas virtual sampai pada bagaimana berlangsung interaksi antar individu dengan menggunakan simbol-simbol khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan pengamatan mendalam pada beberapa responden terpilih dan peneliti turut serta berkomunikasi secara langsung dalam chat room. Pengumpulan data dilakukan dari Januari 2000 sampai Januari 2001.
Studi ini menganggap komunikasi antar pribadi dapat berperan untuk menjelaskan interaksi antar chatter sehingga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang mendorong mereka untuk berkomunikasi melalui IRC. Pengembangan interaksi antar chatter melalui beberapa tahap seperti apa yang telah dikemukakan oleh Ruben (1992) sedangkan proses sampai menjadi lebih intim dengan menggunakan tahap yang dikemukakan oleh Julia T.Wood (1982). Pendekatan Symbolic Interacsionis juga digunakan dalam studi ini untuk melihat simbol-simbol yang digunakan oleh chatter dalam berkomunikasi selama berada dalam chat room.
Hasil studi memperlihatkan bahwa IRC merupakan sebuah komunitas virtual yang anggotanya adalah semua chatter yang berada dalam sebuah room. Interaksi yang terjadi antar chatter menggunakan simbol-simbol berupa singkatan, emoticons dan bahasa teknis IRC yang hanya dimengerti oleh chatter atau orang yang sedang mempelajarinya. Dalam interaksi tersebut juga terbentuk suatu hubungan pribadi antar chatter berupa hubungan persahabatan atau kekasih. Hubungan ini akan mengalami kemunduran atau kemajuan tergantung dari keputusan dan perjanjian yang diambil masing-masing chatter."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T10232
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>