Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182285 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nabilah
"Keterlambatan perkembangan motorik halus masih sering terjadi pada usia prasekolah. Kasus anak yang mengalami gangguan perkembangan motorik halus di Indonesia tahun 2013 mengalami peningkatan dari 6,2% menjadi 9,8%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan permainan menyusun puzzle dan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelatif cross sectional dengan tenik pengambilan sampel simple random sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 110 responden anak usia 3-6 tahun di 3 TK wilayah Serang, Banten. Uji penelitian menggunakan uji chi square dengan hasil terdapat hubungan bermakna antara permainan menyusun puzzle, usia anak, dan urutan anak dengan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah (p value 0,003; 0,035; 0,014 dengan p<0,05). Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perawat, tenaga kesehatan, ibu, guru/pengasuh, dan penelitian berikutnya untuk dijadikan sebagai bahan referensi. Penelitian ini merekomendasikan untuk memberikan berbagai jenis permainan seperti puzzle yang dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak usia prasekolah.

Delay in fine motor development is still common in preschool age. Cases of children experiencing impaired fine motor development in Indonesia in 2013 increased from 6.2% to 9.8%. This study aims to determine the relationship between puzzle compilation and fine motor development in preschool children. This study uses a cross-sectional correlative analytic design with a simple random sampling technique. The number of samples studied was 110 respondents of children aged 3-6 years in 3 kindergartens in Serang, Banten. The research test used the chi-square test with the result that there was a significant relationship between the puzzle compilation games, the child's age, and the sequence of children with fine motor development in preschool-age children (p-value 0.003; 0.035; 0.014 with p <0.05). The results of this study are expected to be useful for nurses, health workers, mothers, teachers/caregivers, and subsequent research to be used as reference material. This research recommends providing various types of games such as puzzles that can stimulate the fine motor development of preschoolers."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novi Margiyati
"Pandemi COVID-19 membuat pemerintah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3-4 yang berdampak pada penutupan sekolah. Pembatasan interaksi akibat adanya penutupan sekolah berdampak terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat perkembangan sosial emosional anak usia sekolah di masa pandemi di Serang, Banten. Desain penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 427 responden. Kuesioner menggunakan Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ), pola asuh orang tua, hubungan dengan teman sebaya, dan status kesehatan. Secara umum, hasil menunjukkan proporsi tingkat perkembangan sosial emosional anak usia sekolah di masa pandemi di Serang Banten berada pada kategori normal. Anak tidak mengalami gangguan pada indikator ketidakpedulian (prososial), namun beberapa di antaranya mengalami masalah pada perilaku mengganggu. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi berbagai pihak terkait perkembangan sosial emosional anak.

The COVID-19 pandemic has made the government set the Implementation of Community Activity Restrictions level 3-4 that impact school closures. Interaction restrictions due to school closures impact the social and emotional development of a child. This study aims to describe the social-emotional development of school-age children during the pandemic in Serang, Banten. The research design is descriptive quantitative with a sample of 427 respondents. The questionnaire used the Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ), parenting patterns, peer relationships, and health status. In general, the results show that the proportion of the level of socio-emotional development of school-age children during the pandemic in Serang Banten is in the normal category. Children do not have problems with indicators of indifference (prosocial), but the child had problems with disruptive behavior. This research can help as reference material for various parties related to the social-emotional development of children. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarnimatul Ummah
"Keterlambatan perkembangan motorik berdampak negatif pada seluruh aspek perkembangan di masa mendatang. Kemudahan dalam mengakses teknologi membuka peluang bagi anak untuk lebih beraktivitas sedentari yang meminimalisasi kesempatan mempelajari kemampuan motorik kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan aktivitas sedentari dengan perkembangan motorik kasar anak usia prasekolah.
Desain penelitian ini adalah studi cross sectional menggunakan 85 responden (orang tua dan anak prasekolah) di lembaga pendidikan anak usia dini Ujung Berung Bandung dengan teknik consecutive sampling. Modifikasi Children's Leisure Activities Study dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan digunakan untuk mengkaji aktivitas dan perkembangan motorik kasar anak. Penelitian ini menggunakan analisis point-biserial correlation. 85.53% anak memiliki perkembangan motorik kasar yang sesuai dan 16.47% lainnya tidak sesuai.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kedua variabel adalah sangat lemah (r = 0.007, α = 0.05). Aktivitas sedentari tidak secara langsung memengaruhi perkembangan motorik kasar, tetapi mengurangi anak untuk melakukan aktivitas fisik yang menstimulasi perkembangan motorik kasarnya. Akan tetapi, orang tua tetap perlu membatasi waktu aktivitas sedentari anak sehingga anak akan beraktivitas fisik untuk melatih perkembangan motoriknya. Selain itu, pelayanan kesehatan perlu melakukan skrining perkembangan pada lembaga pendidikan anak usia dini agar keterlambatan dapat ditangani sejak dini.

Delay in motor development have a negative impact on all aspects of development in the future. Technology opens up opportunitiy for the children to be more sedentary which will minimize the chance to learn gross motor abilities. This study aimed to determine the strength of relationship between sedentary activity and gross motor development of preschool age children.
The study design was a cross sectional study with 85 respondents (parents and preschool children) in early childhood education institutions Ujung Berung Bandung which were collected with consecutive sampling technique. A modification of Children's Leisure Activities Study and Kuesioner Pra Skrining Perkembangan was used to assess children activities and gross motor development. This study uses point-biserial correlation analysis. 85.53% of respondents had appropriate gross motor development and as many as 16.47% were not.
The result showed that the relationship between sedentary activity and gross motor development is very weak (r = 0.007, α = 0.05). Sedentary activity did not directly affect gross motor development, but it can reduce the children to perform physical activities that stimulate gross motor development. Therefore, parents still need to limit sedentary activity time of the children, so that they will physically active to develop their motor ability. In addition, health services need to screen on the children development in early childhood education institutions, so that delays can be treated earlier.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S65565
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulianto M.
"Usia prasekolah adalah periode perkembangan anak yang membutuhkan stimulasi untuk perkembangannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh permainan origami terhadap perkembangan motorik halus dan kognitif anak prasekolah. Menggunakan metode quasi eksperimental post test only with group design. Sampel diperoleh dengan consecutive sampling sebanyak 45 orang kelompok intervensi dan 39 orang kelompok nonintervensi. Program bermain origami 20 menit setiap hari selama sebulan.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan motorik halus dan kemampuan kognitif anak setelah diberikan intervensi. Perbedaan yang signifikan pada kemampuan atensi/konsentrasi (pvalue=0.009). Permainan origami dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi anak.

Preschool age is an important periode of children to require stimulation and support's. The aim of this study was to determine the effect of paper folding (origami) on fine motor and cognitive development of preschool age in child care Inang Matutu Makassar. Quasi eksperimental methods post test only goup design was used and througth consecutive sampling, 45 children were obtain in intervention group, and 39 children in control group; Program was administered for 20 minutes daily for a month.
The results showed that no significant differences on fine motor skills and cognitive abilities after a given intervention. There was significant differences on attention skills (0.05>pvalue 0.009). Recommendation was origami can be used to increase attention in preschool age.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Girsang, Bina Melvia Rexi Yuniati
"Penelitian tentang hubungan aktifitas bermain puzzle dengan kemampuan kognitif anak prasekolah di TK Modern Tadika Puri Griya Asri Depok di laksanakan pada tanggal 4-13 Desember 2004 dengan jumlah responden 30 orang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kohort dengan tujuan untuk mengetahui hubungan aktifitas bermain puzzle dengan kemampuan kognitif anak prasekolah. Pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, wawancara dan test kemampuan IQ secara langsung terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan dengan meningkatnya kemampuan bermain puzzle klien, kemampuan responden juga meningkat. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis Chi Square. Secara keseluruhan didapatkan nilai korelasi (r) = -0,30122. Hal ini dapat di simpulkan bahwa tidak ada hubungan antara aktifitas bermain puzzle dengan tingkat kognitif."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
TA5408
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dadang Rosmana
"Prevalensi gizi kurang di Kabupaten Serang mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hal ini dapat berdampak pada tingginya angka kematian bayi. Banyak faktor yang berhubungan dengan terjadinya Kekurangan Energi dan Protein, Pola asuh gizi terhadap seorang anak merupakan salah satu faktor yang berhubungan dengan kejadian ini disamping banyak faktor lainnya seperti karakteristik keluarga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang gambaran status gizi anak, pola asuh gizi dan karakteristik keluarga yang memiliki anak usia 6 - 24 bulan, serta hubungan antara pola asuh gizi dengan status gizi anak usia 6 - 24 bulan di Kabupaten Serang Propinsi Banten tahun 2003, dan faktor - faktor lain terhadap hubungan tersebut .
Desain yang digunakan adalah Crossecfional, besar sampel yang diteliti adalah sebanyak 125 sampel. Pengumpiilan data mengenai status gizi dilakukan dengan penimbangan Berat Badan anak kemudian membandingkan dengan indeks BBIU (Z-skor < -2 SD untuk kelompok gizi kurang dan Z-skor <-2 SD untuk kelompok gizi baik), sedangkan untuk data pola asuh gizi dan karakteristik keluarga pengumpulan data dilakukan melaiui pengisian kuesioner.
Analisa statistik dilakukan dengan uji chi square untuk melihat hubungan antara variabel status gizi anak usia 6 - 24 bulan dengan variabel pola asuh gizi dan hubungan antara variabel karakteristik keluarga dengan dengan status gizi anak. Adapun untuk melihat faktor yang berpengaruh dalam hubungan antara pola asuh gizi dengan status gizi anak usia 6 - 24 bulan digunakan uji regresi logistik ganda, pemodelan faktor resiko dengan metode enter.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara pola asuh gizi dengan status gizi anak usia 6- 24 bulan. Adapun variabel karakteritik keluarga yang mempunyai hubungan yang bermakna dengan status gizi adalah jumlah anak dalam keluarga, tingkat pendidikan ibu, tingkat pendidikan ayah, status kesehatan anak, pendapatan keluarga dan pengetahuan gizi ibu. Selain itu pengetahuan gizi ibu berperan sebagai faktor confounding dalam hubungan antara pola asuh gizi dengan status gizi anak usia 6 - 24 bulan.
Saran yang diajukan adalah agar ditingkatkan pengetahuan gizi khususnya tentang pola asuh gizi untuk para ibu umumnya dan para kader pada khususnya dengan melakukan berbagai pelatihan. Perlu penelitian lebih lanjut tentang pola asuh gizi anak usia 6- 24 bulan dengan metode pengamatan langsung kepada responden.
Daftar Pustaka : 73 ( 1968 - 2003 )

The Relationship between Nutritional Care and Nutritional Status of Children 6 - 24 Months of Age in Serang District, Banten Province, 2003The prevalence of under nutrition in Serang District has increased as compared with the previous years. This circumstancy can increase the risk of death of infants in that region. Many factors are related to the incidence of Protein Energy Malnutrition such as children nutritional care and family characteristics.
Therefore, this study attempted to get some information about the nutritional care and nutritional status among children aged 6 - 24 months including the characteristics of their families, and to find the relationship between nutritional care or family characteristics and nutritional status among children aged 6 - 24 months.
Cross sectional study has been carried out in 125 subjects. Nutritional status data were collected using weight for age index ( Z- score < -2 SD for under nutritional status, and Z-score <- 2SD for normal nutritional status). Questionnaires were used to get children nutritional care and family characteristics data.
These data were analyzed using chi square test to show the relationship between nutritional care or family characteristics and nutritional status among children aged 6 - 24 months. Multiple logistic regression with risk factor model and enter method to find some confounders that might influence those relationships, was used.
In conclusion, this study found statistically significant relationship between nutritional care and nutritional status among children aged 6 - 24 months. However this relationship was confounded by mother's knowledge on nutrition. Further more , family characteristics such as the size of family, family income and mother's knowledge on nutrition were associated with children nutritional status.
Based on these findings it is recommended that to get children with normal nutritional status it would be better to improve nutritional knowledge among mothers generally and specifically among leaders by attending some nutritional training. In addition, more studies to know about the relationship between nutritional care and nutritional status among children aged 6 - 24 months by using direct observation to the respondents is recommended.
References : 73 (1968 - 2003 )
"
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T 12713
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shofwah Nur Athallah
"Perkembangan pada masa balita adalah perkembangan yang menjadi dasar untuk  pendidikan anak dimasa mendatang. Balita yang mengalami keterlambatan perkembangan akan berdampak pada kehidupan bersosialnya yang menyebabkan balita menjadi rendah diri. Capaian perkembangan berupa kemampuan motorik, bicara dan bahasa serta sosialisasi membantu anak tumbuh secara menyeluruh. Upaya untuk mencapai perkembangan yang sesuai dengan usia dapat dilakukan dengan menstimulasi sedini mungkin. Intervensi dilakukan kepada Anak Z dengan masalah keperawatan risiko keterlambatan perkembangan pada aspek motorik halus dan sosialisasi dan kemandirian. Keterlibatan keluarga menjadi salah satu aspek keberhasilan perkembangan dalam memberikan stimulasi. Pemberian intervensi sensory play menjadi salah satu intervensi untuk meningkatkan perkembangan anak. Setelah dilakukan intervensi sebanyak enam kali, dapat disimpulkan bahwa intervensi sensory play efektif dalam membantu meningkatkan perkembangan Anak Z.

Development during the toddler years is development that becomes the basis for a child's future education. Toddlers who experience developmental delays will have an impact on their social life, causing them to have low self-esteem. Developmental achievements in the form of motor skills, speech, and language, as well as socialization, help children grow as a whole. Efforts to achieve age-appropriate development can be done by stimulating it as early as possible. Intervention was carried out for Child Z with nursing problems and a risk of developmental delays in aspects of fine motor skills, socialization, and independence. Family involvement is one aspect of successful development in providing stimulation. Providing sensory play intervention is one intervention to improve children's development. After carrying out the intervention six times, it can be concluded that the sensory play intervention was effective in helping improve Child Z's development. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Fungsi keluarga merupakan tanggung jawab dalam menjaga dan menumbuh kembangkan anggota-anggotanya, termasuk dalam perkembangan motorik kasar dan motorik halus pada anak usia toddler. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa erat hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang fungsi keluarga dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus pada soak usia toddler, dengan menggunakan desain korelasi. Penelitian ini mengukur tingkat pengetahuan orang tua dengan menggunakan kuisioner dan motorik halus balita dengan kuisioner yang dibuat berdasarkan DDST (Denver Developmental Screening Test) dengan sample sebanyak 80 orang, yang terdiri dari 40 ibu dan 40 anak usia toddler. Data diperoleh secara komputerisasi dengan menggunakan uji hipotesis che-square. Hasil menunjukkan bahwa hubungan pengetahuan orang tua tentang fungsi keluarga dengan perkembangan motorik kasar dengan p = 0,005 dan tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang fungsi keluarga dengan perkembangan motorik halus dengan p = 0,212."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
TA5715
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadine Lailatus Sakinah
"Keterampilan motorik kasar melibatkan kemampuan untuk melakukan gerakan tunggal yang menggunakan otot besar. Pada usia prasekolah, motorik kasar menjadi indikator yang penting untuk terlibat dalam berbagai kegiatan olahraga nanti saat di sekolah. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang berhubungan dengan perkembangan motorik kasar seorang anak usia prasekolah. Faktor yang diteliti hubungannya dengan perkembangan motorik kasar dalam penelitian ini adalah stimulasi, pendidikan ibu, pendapatan keluarga, jenis kelamin anak, usia ibu, usia anak, dan pekerjaan ibu. Desain penelitian ini menggunakan analisis korelatif dengan jumlah responden 94 ibu dan anak usia prasekolah. Teknik yang digunakan convenience sampling di DKI Jakarta. Penelitian ini memiliki hasil terdapat hubungan antara perkembangan motorik kasar dengan stimulasi ibu. Di sisi lain tidak terdapat hubungan antara perkembangan motorik kasar dengan pendidikan ibu dan pendapatan keluarga. Diperlukan penelitian selanjutnya dengan desain penelitian, populasi, dan sampel yang berbeda  untuk mendapatkan hasil yang lebih representatif.

Gross motor skills involve the ability to perform single movements that use large muscles. In preschool age, gross motor is an important indicator for engaging in various sports activities later in school. Therefore, this study aims to determine the factors associated with gross motor development of a preschool-age child. This research design uses correlative analysis with a total of 94 respondents of mothers and preschool children. The technique used was convenience sampling in DKI Jakarta. This study has the result that there is a relationship between gross motor development and maternal stimulation. On the other hand, there is no relationship between gross motor development with mother's education and family income. Further research is needed with different research designs, populations, and samples to get more representative results. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Imania
"ABSTRAK
Perkembangan emosional merupakan perkembangan yang penting bagi anak prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosional pada anak usia prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain analitik komparatif dan pendekatan cross-sectional. Sebanyak 300 ibu dari anak usia prasekolah di Kecamatan Beji Kota Depok menjadi responden pada penelitian ini yang diambil dengan cara cluster random sampling. dengan mengisi kuesioner terkait pola asuh dan perkembangan emosional anak prasekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak usia prasekolah memiliki perkembangan emosional dengan skor median 149. Selain itu ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan domain surgensi, afeksi negatif, upaya kendali, dan skor total perkembangan emosional anak prasekolah (p=0,0001). Hasil penilitian diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi untuk menstimulus perkembangan emosional dan mengintegrerasikan perkembangan lainnya dalam proses pembelajaran di sekolah.

ABSTRACT
Emotional development is an important development for preschoolers. This study aims to determine the correlation between parenting parents and emotional development in preschoolers. This study used a quantitative research with comparative analytic design with cross-sectional approach. 300 mothers of preschoolers in Kecamatan Beji, Kota Depok became respondents which were taken by cluster random sampling. Mother filled out questionnaires about parenting and emotional development of preschoolers. The results of this study indicate that preschoolers have emotional development with an median score of 149. In addition, there was significant relations between parenting and each score of surgency, negative affectivity, and effortful control dimension and also the total score of preschool children emotional development (p = 0.0001). This study results are expected to be used as information to stimulate emotional development and integrate other developments in the learning process.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>