Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23312 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadine Mediha Bahwal
"Pandemi COVID-19 telah menyebabkan krisis ekonomi di Indonesia. Industri pusat perbelanjaan sebagai tempat transaksi masyarakat terdampak cukup parah terutama dengan percepatan peralihan metode berbelanja menjadi online. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari alternatif strategi pemulihan performa pusat perbelanjaan. Metode SWOT digunakan identifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan melalui wawancara ahli. Metode Fuzzy AHP dilakukan untuk mendapat bobot setiap faktor internal dan eksternal SWOT tersebut. Metode Complex Proportional Assessment (COPRAS) digunakan untuk evaluasi performa alternatif strategi. Penelitian ini menghasilkan dua prioritas strategi, yaitu penyediaan fasilitas vaksinasi dan penyediaan fasilitas buy online pick up offline (BOPIS).

The COVID-19 pandemic has caused an economic crisis in Indonesia. The shopping center industry as a place for public transactions has been severely affected, especially with the acceleration of the transition to online shopping platforms. The aim of this study is to find an alternative strategy to restore the performance of shopping centers. SWOT method is used to identify the company's internal and external factors obtained through expert interviews. The FAHP method is used to obtain the weight of each internal and external SWOT factor. The Complex Proportional Assessment (COPRAS) method is used to evaluate the performance of each alternative strategies. This study resulted in two strategic priorities, accommodate a vaccination facility and provide buy online pick up offline (BOPIS) method facilities"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almira Zada Nurulita Sahir
"Pandemi COVID-19 telah menyebabkan krisis kesehatan yang berpengaruh negatif pada aktivitas pariwisata di sebagian besar negara. Hal ini berdampak langsung pada penurunan tingkat penghunian kamar dan pendapatan hotel. Kompleksitas pada proses pemulihan hotel memerlukan pendekatan yang sistematis untuk menganalisis berbagai faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alternatif strategi untuk membantu memulihkan pendapatan hotel karena situasi pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi dari SWOT, Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP), dan TOPSIS. Metode SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal hotel, yang kemudian dapat dikelompokkan menjadi faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Selanjutnya, faktor SWOT digunakan untuk menyusun alternatif strategi pemulihan dengan matriks TOWS. Pendekatan Fuzzy AHP digunakan untuk mendapatkan bobot faktor SWOT dan TOPSIS dilakukan untuk memperoleh nilai performa setiap alternatif strategi pemulihan hotel berdasarkan faktor SWOT terbobot. Dari penelitian ini, strategi peluncuran program komunikasi pencegahan COVID-19 diprioritaskan berdasarkan Action Priority Matrix untuk memulihkan pendapatan hotel di salah satu hotel berbintang 4 yang berlokasi di Bogor, Indonesia.

The pandemic COVID-19 had caused a health crisis, which is negatively affecting the tourist activity in most countries, therefore generating a decline in hotel occupancy and revenues. The hotel recovery process's complexity requires a systematic approach to analyze various ccmpany’s internal and external environmental factors. This research aims to design an alternatif strategy to revive hotel revenue because pandemic situation. The method used in this study is a combination of SWOT, Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP), and TOPSIS. SWOT method identifies the hotel's internal and external factors, which can then be grouped into strengths, weaknesses, opportunities, and threats factors. Subsequently, SWOT factors are used to construct alternatif recovery strategies using the TOWS matrix. Finally, a fuzzy AHP approach is employed to obtain the weight of SWOT factors, and TOPSIS is conducted to prioritize alternatif hotel revival strategies based on the weighted SWOT factors. From this research, launching COVID-19 prevention communication program based on Action Priority Matrix was prioritized to revive hotel revenue in one of 4-star hotel located in Bogor, Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rifki Ilham
"Mimpi jutaan masyarakat Indonesia, yang 69%-nya menggemari sepakbola, untuk melihat kemajuan sepakbola nasional dapat dimulai dari mengembangkan Liga 1 sebagai pusat dari value chain industri sepakbola nasional. Namun, kondisi pandemi covid-19 dan tragedi kanjuruhan memberikan dampak negatif pada liga. Terjadi penurunan antusiasme menonton Liga 1 berdampak pada penurunan valuasi komersial. Apabila dibiarkan, hal ini dapat berefek pada potensi nilai bisnis yang tidak tercapai serta efek negatif lainnya untuk keberlanjutan liga dan klub peserta Liga 1. Oleh karena itu, perlu dilakukan perancangan strategi pemulihan bisnis Liga 1 Indonesia menggunakan metode kombinasi multi-criteria decision making (MCDM) dan manajemen strategi, yakni SWOT, Fuzzy AHP dan TOPSIS. Hasilnya, dari identifikasi faktor SWOT melalui wawancara ahli, didapatkan 30 subfaktor SWOT yang terdiri dari 8 subfaktor kekuatan, 8 subfaktor kelemahan, 7 subfaktor peluang, dan 7 subfaktor ancaman. Fuzzy AHP memberikan hasil pembobotan kepentingan tiap faktor yang hasilnya menunjukkan bahwa Perizinan Keamanan menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap bisnis Liga 1. Dari subfaktor yang didapatkan, dilakukan perancangan 8 alternatif strategi dengan menggunakan Matriks TOWS. Kemudian, dengan metode TOPSIS, didapatkan hasil bahwa PT Liga Indonesia Baru (LIB) perlu memprioritaskan implementasi dari alternatif strategi Merit-based Distribution dan Liga 1 Schedule Calendar untuk memulihkan bisnis Liga 1 yang terdampak pandemi dan tragedi kanjuruhan. Penelitian ini juga berisi gambaran alur bisnis dari ekosistem Liga 1 dan simulasi dari tiga skenario potensial yang terjadi pada industri sepakbola nasional di masa depan dan dampaknya pada bisnis Liga 1.

The dream of the Indonesian people, of whom 69% are fans of football, to see the progress of national football can be started by developing Liga 1 Indonesia as the center of the national football industry value chain. However, the conditions of the Covid-19 pandemic and the kanjuruhan tragedy harmed the league. The decline in enthusiasm for watching Liga 1 has an impact on decreasing commercial value. If left uncontrolled, this can affect the potential business value that is not achieved as well as other negative effects on the sustainability of the league and clubs participating in Liga 1. Therefore, it is necessary to design a business recovery strategy for Liga 1 Indonesia using the combination method of multi-criteria decision-making (MCDM) and strategic management, namely SWOT, Fuzzy AHP, and TOPSIS. As a result, with the help of SWOT factors through expert interviews, 30 SWOT subfactors were obtained consisting of 8 strengths subfactors, 8 weakness subfactors, 7 opportunity subfactors, and 7 threat subfactors. Fuzzy AHP gives the results of weighting the importance of each factor whose results show that Security Licensing is the factor that has the most influence on the Liga 1 business. From the subfactors obtained, 8 alternative strategies were designed using the TOWS Matrix. Then, using the TOPSIS method, the result is that PT Liga Indonesia Baru (LIB) needs to prioritize the implementation of alternative strategies named Merit-Based Distribution and Liga 1 Schedule Calendar to restore Liga 1 businesses recovering from the pandemic and kanjuruhan tragedy. This research also contains the business flow of the Liga 1 business ecosystem and simulations of three potential scenarios that will occur in the national football industry in the future and their impact on the business of Liga 1."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kania Raihan Nabila
"Enterprise Resource Planning (ERP) menjadi sistem digital yang semakin diminati oleh berbagai perusahaan, terutama dalam era digital ini dimana persaingan bisnis semakin ketat dan tuntutan pelanggan semakin tinggi, sehingga mengharuskan setiap perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitasnya dengan mengimplementasikan sistem untuk mendigitalkan proses bisnisnya. Namun, pernyataan tersebut tidak berlaku untuk perusahaan studi kasus, yang penjualannya relatif stagnan dan bahkan mengalami penurunan dalam 3 tahun terakhir. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan ini adalah untuk merumuskan alternatif strategi peningkatan bisnis perusahaan dengan pendekatan sistematis melalui analisis faktor lingkungan internal dan eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi metode SWOT, Fuzzy AHP (F-AHP) dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode SWOT digunakan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan ke dalam kelompok kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Faktor SWOT ini kemudian digunakan untuk merumuskan alternatif strategi peningkatan bisnis perusahaan dengan menggunakan Matriks TOWS. Pendekatan Fuzzy AHP digunakan untuk menentukan bobot masing-masing faktor SWOT dan metode TOPSIS dilakukan untuk memprioritaskan alternatif strategi peningkatan bisnis berdasarkan hasil bobot faktor SWOT. Dari penelitian ini, berdasarkan Action Priority Matrix telah dipilih beberapa prioritas strategi untuk meningkatkan pendapatan salah satu perusahaan produsen ERP lokal di Indonesia, yakni memperluas jaringan pemasaran dengan menerapkan strategi joint marketing (SO1), menawarkan pendekatan skema bisnis baru melalui revenuesharing (SO3), dan membentuk komunitas untuk meningkatkan brand awareness (WO4).

Enterprise Resource Planning (ERP) is becoming a digital system that is increasingly in demand by various companies, especially in this digital era where business competition is getting tougher and customer demands are getting higher, thus requiring every company to increase its efficiency and productivity by implementing a system to digitize its business processes. However, this statement does not apply to the case study companies, whose sales have been relatively stagnant and have even experienced a decline in the last 3 years. Therefore, the purpose of this paper is to formulate an alternative strategy for improving the company's business with a systematic approach through analysis of internal and external environmental factors. The method used in this research is a combination of SWOT, Fuzzy AHP (FAHP) and Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) methods. The SWOT method is carried out to identify and classify internal and external factors that affect the company into groups of strengths, weaknesses, opportunities, and threats. This SWOT factor is then used to formulate an alternative strategy for improving the company's business using the TOWS Matrix. The Fuzzy AHP approach is constructed to determine the weight of each SWOT factor and the TOPSIS method is carried out to prioritize alternative business improvement strategies based on the results of the SWOT factor weighting. From this research, based on the Action Priority Matrix, several priority strategies have been selected to increase the income of a local ERP provider in Indonesia, expanding the marketing network by implementing joint marketing (SO1), offering a new business scheme approach through revenue sharing (SO3), and building communities to increase brand awareness (WO4)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Fauzan
"Adanya akselerasi digital menyebabkan pengaruh positif dan negatif pada industri media televisi di Indonesia. Hal ini akan berpengaruh terhadap penurunan jumlah audiens yang setia dengan perusahaan media televisi dan memilih beralih menggunakan media lain dalam bentuk platform internet. Kompleksitas pada proses adaptasi terhadap perkembangan teknologi digital memerlukan pendekatan yang sistematis untuk menganalisis faktor lingkungan perusahaan baik dari sisi internal maupun sisi eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alternatif strategi agar perusahaan media televisi dapat beradaptasi dengan adanya perkembangan teknologi digital dan bersaing secara kompetitif. Dalam penelitian ini digunakan metode kombinasi dari SWOT, Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP), dan TOPSIS. Metode SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan media televisi lalu dikelompokan kedalam empat kelompok faktor yang terdiri dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan. Kemudian faktor SWOT digunakan untuk Menyusun alternatif strategi adaptasi teknologi digital dengan matriks TOWS. Metode Fuzzy AHP digunakan untuk mendapatkan bobot faktor SWOT beserta subfaktornya dan Pendekatan TOPSIS digunakan untuk memperoleh nilai performa setiap alternatif strategi adaptasi teknologi digital perusahaan media televisi berdasarkan faktor SWOT yang telah terbobot. Dari penelitian ini, diperoleh strategi penggunaan media internet untuk promosi program dalam bentuk konten interaktif menjadi alternatiff strategi yang diprioritaskan untuk meningkatkan performa bisnis perusahaan di era akselerasi digital ini.

The existence of digital acceleration causes positive and negative effects on the television media industry in Indonesia. This will affect the decrease in the number of audiences who are loyal to television media companies and choose to switch to using other media in the form of internet platforms. The complexity of the adaptation process to the development of digital technology requires a systematic approach to analyze the company's environmental factors both internally and externally. Aim of this study is to design alternative strategies so that television media companies can adapt to the development of digital technology and compete competitively. This study included the SWOT, Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP), and TOPSIS methodologies. The SWOT method is used to discover internal and external factors of television media companies and then grouped them into four groups of factors consisting of strengths, weaknesses, opportunities, and threats. Then the SWOT factor is used to develop alternative digital technology adaptation strategies with the TOWS matrix. the Fuzzy AHP method is utilized to determine the weight of the SWOT factor and its subfactors and The TOPSIS methodology is used to determine the performance value of each alternative digital technology adaption strategy of television media firms based on the weighted SWOT factor. From this research, the strategy of using internet media for program promotion in the form of interactive content becomes an alternative strategy that is prioritized to improve the company's business performance in this digital acceleration era."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aster Aryati Rakhmasari
"Banyaknya ISP yang ada khususnya di Bogor telah membuat tingkat persaingan yang cukup tinggi. INDOSATnet sebagai salah satu perusahaan ISP perlu menetapkan suatu strategi pemasaran baru yang tepat agar dapat mempertahankan keberadaannya dalam pasar yang terus berubah dengan tingkat persaingan yang tinggi.
Formulasi strategi pemasaran dibuat dengan meneliti/mendengarkan suara pelanggan, dan menganalisa perubahan lingkungan baik internal maupun eksternal. Untuk memperoleh hasil analisa yang akurat dan komprehensif digunakan beberapa pendekatan/metoda antara lain: Quality Function Deployment, analisis 4C (Customer, Competitor, Change, Company), Strategic Management, IE Matrix, model SHE.
Berdasarkan pada hasil analisa yang dilakukan dengan berbagai pendekatan maka direkomendasikan formulasi strategi pemasaran yang tepat untuk INDOSATnet yaitu: mengambil target segmen pada pelanggan konsumen dengan produktifitas yang tinggi, memberikan produk maupun pelayanan dengan kualitas terbaik, jaminan produk maupun layanan, kemasan ekstra, layanan berbagai informasi dengan kualitas media komunikasi yang maksimal, memberikan solusi terhadap berbagai komplain pelanggan, menjaga konsistensi merek, dan memberikan nilai total get yang lebih tinggi dari pesaingnya, serta memperbaiki hubungan dengan supplier.

Much number of ISP, particularly in Bogor has increase competition level. INDOSATnet as one of ISP Company should formulate a new marketing strategy in order to maintain their existence in dynamics market with high competition level.
Formulation of marketing strategy constructed by research or learning from voice of customer and analyze environment scene, landscape, both intern and extern. In order to obtain accurate and comprehensive analysis result, some methods were used: Quality Function Development, 4C analysis (Customer, Competitor, Change, and Company), strategic management, IE matrix, and SME model.
According to the result, the recommendation of marketing strategy for INDOSATnet are including: segmentation for customer with high productivity, provide the best product and service, guarantee prices, extra package, information service with maximum quality of communication media, giving solution for any customer complaint, romancing the brand, provide higher total get value than competitor and improve relationship with supplier.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T14818
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Nahrasiyah Putri
"Penelitian ini akan mengkaji mengenai perdebatan antar kongres dalam proses formulasi kebijakan American Recovery and Reinvestment Act pada tahun 2008. Selain itu penelitian ini juga akan menganalisis perdebatan dalam kongres pada salah satu provisi kebijakan tersebut, yaitu provisi Buy American yang dianggap sebagai tindakan proteksionisme. Kebijakan ini muncul sebagai respon atas adanya krisis Subprime Mortgage yang terjadi di Amerika Serikat, yang kemudian menjadi awal dari krisis finansial di negara tersebut.
Pada proses formulasinya, terjadi perdebatan di kongres DPR maupun senat antara Demokrat dan Republik. Setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya kebijakan tersebut pun berhasil diloloskan melalui pengambilan suara pada kongres. Dalam mengkaji perdebatan dalam formulasi kebijakan serta indikasi proteksionisme didalam provisi ini, penulis menggunakan teori proteksionisme serta group theory dalam pembuatan kebijakan publik.

This study examines the debates in United States of America 39 s Congress on American Recovery and Reinvestment Act 39 s formulation process in 2008. In addition, this study also analyzes the debate on one of those policy provisions, named as Buy American provision that is considered as a protectionist measure. This policy emerged in response to the Subprime Mortgage crisis that occurred in the United States, which later became the beginning of the financial crisis in the country.
In the formulation process, there was a debate at the House of Representatives and Senate Congress between Democrats and Republicans. After going through a long process, finally the policy was successfully passed through the vote at the congress. In reviewing the debates on policy formulation as well as indications of protectionism within this provision, the author uses the theory of protectionism and group theory in public policy making.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Harris Michael
"

Dengan berkembangnya industri jasa pelayaran dan bongkar muat kapal yang dikarenakan semakin banyaknya kebutuhan kegiatan pengiriman kargo/hasil tambang antar pulau melalui transportasi laut pastinya akan bertambah juga jumlah Perusahan kompetitor penyedia jasa angkutan laut. Oleh karena itu agar usaha tetap bisa berkembang suatu Perusahaan perlu merencanakan strategi-strategi yang dapat membantu Perusahaan dalam bersaing dan mengembangkan bisnisnya Dalam mengembangkan bisnisnya, Perusahaan perlu memutuskan langkah strategis, tentunya pengambilan keputusan strategi tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, baik secara internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi alternatif yang dapat membantu Perusahaan penyedia jasa pelayaran angkutan laut kargo/hasil tambang dalam mengembangankan bisnisnya dan cocok untuk diterapkan pada kondisi lingkungan internal dan eksternal Perusahaan saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi dari analisis SWOT, Analytic Hierarchy Process (AHP), dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal Perusahaan, yang kemudian dapat dikelompokkan menjadi faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Perusahaan. Kemudian, sub-faktor dari faktor SWOT tersebut digunakan untuk Menyusun strategi alternatif pengembangan bisnis menggunakan analisis matriks TOWS. Pendekatan AHP digunakan untuk mendapatkan bobot faktor dan sub-faktor SWOT perusahaan dan QSPM dilakukan untuk memperoleh total nilai ketertarikan strategi berdasarkan faktor dan subfaktor SWOT terbobot. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi ST1 (Memenuhi permintaan kebutuhan jasa angkutan kargo dan hasil tambang dari perusahaan holding dan BUMN) memiliki nilai Total TAS (Total Attractivenes Score) yang paling besar dengan nilai 3,14. Hal ini juga menunjukkan bahwa strategi ST1 dapat mencapai sasaran faktor yang paling mempengaruhi perusahaan dan terdapat hubungan yang kuat antara kepentingan key factor Perusahaan dengan karakteristik strategi ST1.


With the development of the shipping and loading and unloading service industry due to the increasing need for inter-island cargo/mine product shipping activities via sea transportation, the number of competing companies providing sea transportation services will certainly increase. Therefore, in order for a business to continue to grow, a company needs to plan strategies that can help the company compete and develop its business. This study aims to design alternative strategies that can help companies providing sea freight shipping services for cargo/mining products in developing their business and are suitable for application to the Company's current internal and external environmental conditions. The method used in this study is a combination of SWOT analysis, Analytic Hierarchy Process (AHP), and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The SWOT analysis method is used to identify the Company's internal and external factors, which can then be grouped into the Company's strengths, weaknesses, opportunities and threats. Then, the sub-factors of the SWOT factors are used to develop alternative business development strategies using the TOWS matrix analysis. The AHP approach is used to obtain the weight of the company's SWOT factors and sub-factors and QSPM is carried out to obtain the total value of strategic interest based on the weighted SWOT factors and sub-factors. From this study it shows that the ST1 strategy (fulfilling the demand for cargo and mining product transportation services from holding companies and BUMN) has the highest Total Attractiveness Score (TAS) with a value of 3.14. This also shows that the ST1 strategy can achieve the target factors that most influence the company and there is a strong relationship between the interests of the company's key factors and the characteristics of the ST1 strategy.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darmi Setyaningsih
"Di berbagai negara dan industri, manajemen manufakturing dari sudut strategi hanya memainkan peranan pembantu dibandingkan dengan fungsi pemasaran dan keuangan. Kebanyakan perusahaan tidak mempunyai strategi manufakturing formal dan tidak diarahkan sama sekali untuk mencapai sasaran perusahaan. Padahal tanpa strategi yang berarti, perusahaan dapat membuat keputusan jangka pendek yang bisa kontradiksi dengan tujuan jangka panjang, dengan hasil yang tidak sesuai antara aktivitas manufakturing dan strategi perusahaan.
PT. X sebagai suatu perusahaan yang bergerak dalam industri farmasi juga tidak terlepas dari kebutuhannya untuk mengelola operasi manufakturingnya agar dapat mendukung strategi perusahaan untuk dapat bersaing dalam pasar farmasi. Penelitian ini menggambarkan bagaimana manajemen operasi di PT. X menggunakan pendekatan audit manufakturing sebagai elemen dalam formulasi strategi manufakturing yang sejalan dengan strategi perusahaan. Formulasi strategi manufakturing menggunakan model dari Menda (2004) dan dilakukan untuk produk obat A dan B yang diproduksi sendiri oleh PT. X. Alternatif strategi manufakturing yang diperoleh adalah strategi penekanan biaya dan variasi rasa produk untuk produk A, serta strategi penekanan biaya untuk produk B.
Dari kedua alternatif strategi manufakturing produk A, kemudian dipilih strategi yang paling sesuai untuk kebutuhan perusahaan saat ini dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Kriteria kinerja yang digunakan meliputi biaya, kualitas, pengantaran, dan fleksibilitas. Strategi manufakturing yang dipilih adalah alternatif strategi yang mempunyai skor akhir paling besar, yaitu strategi variasi rasa produk baik untuk metode rata-rata responden dengan bobot yang berbeda maupun bobot yang sama.

In many countries and industries, manufacturing management is still subordinate in strategy making to the marketing and financial functions. Many firms have no formal manufacturing strategy and manufacturing is simply not geared to a business's corporate strategy. Without a meaningful strategy, firms often make short-term decisions that are in conflict with their long-term goals, which invariably results in a poor match between manufacturing activities and the firm's overall strategy.
PT. X as a pharmaceutical company also has the need to manage their manufacturing operations in line with corporate strategy to leverage their competitive advantage in pharmaceutical market. This research describes how operation management in PT. X using manufacturing audit approach as key element to formulate manufacturing strategy that fit the corporate strategy. The formulation of manufacturing strategy proposed by Menda (2004) has applied in PT. X. The formulation is particularly used for medicine product A and B. Manufacturing strategy alternatives adopted include production cost reduction and variations of flavor for product A. For product B, manufacturing strategy adopted is only production cost reduction.
From both manufacturing strategy alternatives of product A, the most suitable strategy for current condition of the company is selected using Analytic Network Process (ANP) method. Performance criteria used include cost, quality, delivery, and flexibility. The selected manufacturing strategy is variations of flavor that has the highest final score, for different or same weighted average of respondents? methods.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T18634
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silalalhi, Aurelia Serafina Romaris
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi formulasi strategi yang dilakukan oleh KAP ABC terhadap PT DEF. PT DEF merupakan Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan, mengatur, dan mengurus jasa transportasi tertentu di Indonesia. Pada perikatan dengan dengan PT DEF ini, KAP ABC bertugas untuk membuat penyesuaian terhadap inisiatif strategis yang tertuang dalam RJPP PT DEF untuk periode 2020 hingga 2024 akibat dampak pandemi COVID-19. Adapun prosedur-prosedur yang dilakukan dan menjadi subyek evaluasi adalah analisis internal dan eksternal PT DEF serta metode analisis risiko KAP ABC. Penulis melakukan evaluasi dengan cara membandingkan kerangka evaluasi, yaitu framework yang digunakan oleh KAP ABC dalam proyek PT DEF serta teori yang dipelajari pada mata kuliah Strategi Manajemen Kinerja Organisasi, dengan pengalaman Penulis selama menjalani magang pada proyek PT DEF di KAP ABC. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur yang dilakukan oleh KAP ABC telah sesuai dengan teori pada kerangka evaluasi. KAP ABC memiliki pendekatan serta kerangka kerja yang telah disesuaikan dengan karakteristik PT DEF sebagai klien serta jenis proyek yang dikerjakan. Dari sudut pandang mahasiswa, evaluasi ini menunjukkan bahwa setiap teori yang telah dipelajari selama perkuliahan memerlukan penyesuaian terhadap situasi dan kondisi yang dihadapi. Selain itu, laporan magang ini juga membahas refleksi diri atas aktivitas magang dan penulisan laporan magang yang dilakukan.

This internship report discusses the evaluation of strategy formulation procedure conducted by KAP ABC towards PT DEF. PT DEF is a State-Owned Enterprise that provides, regulates, and manages certain transportation services in Indonesia. In this engagement with PT DEF, KAP ABC is responsible for adjusting the company’s strategic initiatives within its RJPP for the period of 2020 until 2024, due to the impact of the COVID-19 pandemic. The procedures performed and subject to evaluation in this report are internal and external analysis of PT DEF and risk analysis method implemented by KAP ABC. The author evaluates by comparing the evaluation framework, which is the frameworks used by KAP ABC in the PT DEF project and the theory that has been studied by the author in Strategy and Organization Performance Management course, against the author’s experience during the internship in the PT DEF project at KAP ABC. The evaluation indicates that the procedures carried out by KAP ABC are in accordance with the theory in the evaluation framework. KAP ABC has an approach that has been adapted to the characteristics of PT DEF as a client and the type of project. From a student’s point of view, the result of the evaluation shows that every theory that exists and has been studied during university may need to be adjusted to the situation and conditions encountered. In addition, this report also discusses self-reflection based on the internship activities and the writing process undertaken."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>