Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126289 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Salsabilla Chika Artanti Atmojo
"Research from Strategy And (2019) and Suraya and Febrina (2021) proves that consumer's demand for streetwear is still very high, creating many opportunities for entrepreneurs to open businesses in the streetwear fashion sector. Moreover, the presence of the internet and online shops makes it easier for entrepreneurs to open their own streetwear brands. However, this also creates a fairly high and tight competition. With the marketplace as the main platform used by the public to transact, many streetwear brands charge the lowest prices to attract consumers' attention, which makes competition in the market unhealthy. As a solution for a brand to be able to get out of price wars and unfair competition is to build a strong brand so that consumers and audiences are able to identify and choose the brand consciously. In this case, Plyground is an online-based local streetwear brand, which also uses social media and the marketplace as the main channel to promote as well as make transactions. By using an emotional branding strategy that will be translated into several programs, the author tries to provide new and adaptive solutions to the problems faced by Plyground.

Riset dari Strategy And (2019) dan Suraya dan Febrina (2021) membuktikan bahwa tingkat permintaan konsumen terhadap streetwear sangatlah tinggi, menciptakan banyak peluang bagi para wirausahawan untuk membuka bisnis di bidang streetwear fashion. Terlebih lagi, hadirnya internet dan online shop mempermudah para wirausahawan untuk membuka brand streetwear mereka sendiri. Di sisi lain, hal ini juga menciptakan kompetisi yang cukup tinggi dan ketat. Dengan adanya marketplace sebagai platform utama yang digunakan khalayak untuk bertransaksi, banyak dari brand streetwear memasang harga paling murah untuk menarik perhatian konsumen, yang membuat persaingan di marketplace menjadi tidak sehat. Salah satu solusi agar sebuah brand mampu keluar dari perang harga dan persaingan tidak sehat adalah dengan membangun branding yang kuat agar konsumen dan khalayak mampu mengidentifikasi dan memilih brand tersebut secara sadar. Dalam kasus ini, Plyground adalah salah satu brand streetwear lokal yang berbasis online, yang juga menggunakan media sosial dan marketplace sebagai kanal utama untuk mempromosikan sekaligus melakukan transaksi. Dengan menggunakan strategi emotional branding yang akan diturunkan ke dalam beberapa program, penulis mencoba memberikan solusi baru dan adaptif terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Plyground."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Vivian Benedicta
"Aerostreet adalah sebuah merek sepatu lokal asal Indonesia yang menonjolkan lokalitasnya sebagai brand image. Dalam meningkatkan ekuitas merek, Aerostreet menggunakan co-branding sebagai strategi pemasarannya. Aerostreet melakukan kolaborasi dengan merek di berbagai klasifikasi. Strategi pemasaran ini berhasil dalam meningkatkan awareness publik terhadap Aerostreet. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana penggunaan strategi pemasaran co-branding dapat meningkatkan brand awareness. Penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran co-branding dapat meningkatkan consumer engagement yang meningkatkan brand awareness. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya untuk melakukan analisis komparatif antara penggunaan co-branding di berbagai industri agar dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi pemasaran co-branding.

Aerostreet is a local shoe brand from Indonesia that highlights its locality as its brand image. In enhancing brand equity, Aerostreet employs co-branding as its marketing strategy. Aerostreet collaborates with brands across various classifications. This marketing strategy has been successful in increasing public awareness of Aerostreet. This research will analyze how the use of co-branding marketing strategies can enhance brand awareness. The study will use a comparative descriptive method with a quantitative approach. The results of the analysis indicate that co-branding marketing strategies can increase consumer engagement, leading to improved brand awareness. As a suggestion for further research, comparative analysis between the use of co-branding in various industries could be conducted to understand the factors influencing the success of co-branding marketing strategies.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Audy
"Perkembangan industri kosmetik di Indonesia yang semakin meningkat membuat suatu merek perlu untuk memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan merek kompetitor lainnya. Keunikan merupakan kunci bagi suatu merek untuk dapat memikat daya tarik konsumennya. Wardah merupakan salah satu merek yang memiliki keunikan tersendiri dalam memperkenalkan mereknya kepada konsumen. Wardah menerapkan strategi islamic branding yang bersandar pada prinsip-prinsip syariah Islam dalam membentuk brand image-nya sebagai merek kosmetik halal di Indonesia. Makalah ini disusun untuk menganalisis penerapan strategi islamic branding oleh Wardah dalam pembentukan brand image dan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen. Teori dan konsep yang digunakan dalam makalah ini meliputi islamic branding, brand image, dan purchase intention yang didukung oleh penggunaan metode pengumpulan data berupa data sekunder serta analisis masalah menggunakan metode analisis konten. Hasil analisis menemukan bahwa penerapan strategi islamic branding yang dilakukan Wardah dalam upaya pembentukan brand image memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen di Indonesia terhadap produk Wardah.

The development of the cosmetic industry in Indonesia is currently increasing, this situation makes a brand need to have its own attractiveness to the consumers compared to other competing brands. Uniqueness is the key for a brand to be able to attract consumer appeal. Wardah is a brand that has a uniqueness in introducing its brand to consumers. Wardah implements an Islamic branding strategy that relies on Islamic syriah principles in shaping its brand image as a halal cosmetic brand in Indonesia. This paper is structured to analyze the implementation of Islamic branding strategy by Wardah in the formation of brand image and its effect on consumer buying intention. The theory and concepts used in this paper include Islamic branding, brand image, and purchase intention which are supported by the use of data collection methods in the form of secondary data and problem analysis using content analysis methods. The results of the analysis found that the implementation of the Islamic branding strategy carried out by Wardah in an effort to form a brand image had an influence on consumer buying interest in Indonesia for Wardah products."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ariesa Putri Andini
"Industri fesyen adalah salah satu kontributor utama pada sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Produk domestik bruto (PDB) industri tekstil dan pakaian jadi mencapai Rp35,17 triliun pada kuartal II tahun 2022. Tren fesyen di Indonesia pada mulanya banyak mengadaptasi gaya busana masyarakat luar negeri. Namun tren ini mulai bergeser dengan munculnya banyak merek lokal yang mulai dikenal oleh masyarakat. Co-branding merupakan strategi pemasaran yang populer digunakan oleh para pemasar untuk mengenalkan produknya. Terdapat banyak merek fesyen lokal di Indonesia yang berkolaborasi dengan influencers media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor co-branding apa saja yang dapat memengaruhi pembelian konsumen terhadap produk kolaborasi merek fesyen lokal dengan social media influencers (SMI). Model penelitian dibangun menggunakan teori reasoned action dan teori co-branding untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Analisis sebanyak 206 data responden dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor SMI expertise mempengaruhi perceived fit yang lebih lanjut memengaruhi attitude towards co-brand dan purchase intention. Sedangkan faktor brand coolness, self-brand connection with influencers dan product involvement tidak ditemukan mempengaruhi perceived fit.

The fashion industry is one of the main top contributors to the creative economy sector in Indonesia. The gross domestic product (GDP) of the textile and apparel industry reached IDR 35.17 trillion in the second quarter of 2022. At the beginning of its development, Indonesian fashion trends still adapted many foreign fashion styles. However, this trend began to shift with the emergence of many local brands that began to be recognized by the public. Co-branding is a popular marketing strategy used by marketers to introduce their products. There are many local fashion brands in Indonesia that collaborate with social media influencers to reach more consumers. This research was conducted to find out what co-branding factors can influence consumer purchases of local fashion brand collaboration products with social media influencers (SMI). The research model was built using reasoned action theory and co-branding theory to understand the factors that influence purchase intention. The research was conducted quantitatively by distributing questionnaires online. Analysis of 206 respondent data was carried out using the Partial Least Square (PLS-SEM) method. The results showed that the SMI expertise factor affects perceived fit which further affects attitude towards co-brand and purchase intention. While the factors of brand coolness, self-brand connection with influencers and product involvement were not found to affect perceived fit."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sheila Ratna Medina
"Di era digital, menciptakan merek dengan hanya mengandalkan harga dan kualitas yang baik tidaklah cukup. Karena saat ini, khalayak dianggap lebih berpikir dan bertindak menggunakan perasaan dalam menentukan pilihan produk atau merek. Oleh karena itu, banyak merek yang sudah mulai menggunakan pendekatan emosional dalam menciptakan mereknya, termasuk merek pakaian lokal, BajuBaik. Keberhasilan sebuah merek dalam menggunakan metode emotional branding dapat dilihat dari customer engagement yang terbentuk. Dengan menggunakan metode pengumpulan data sekunder atau desk research, makalah ini menganalisis penggunaan metode emotional branding dengan melihat dari strategi dan pendekatan yang dilakukan oleh merek dalam pembentukan customer engagement pada merek BajuBaik yang dianalisis dengan siklus serta matriks customer engagement. Hasilnya, ditemukan bahwa penggunaan metode emotional branding yang dilakukan BajuBaik memiliki keterkaitan yang positif terhadap terbentuknya customer engagement dengan pelanggannya, yang disebut dengan OrangBaik.

In this digital era, creating a brand by relying solely on good price and quality is not enough. Because at this time, the audience is considered to think and act using feelings in determining the choice of a product or brand. Therefore, many brands have started to use an emotional approach in creating their brands, including local clothing brand, BajuBaik. The success of a brand in using the emotional branding method can be seen from the customer engagement that is formed. By using the secondary data collection method or desk research, this paper analyzes the use of the emotional branding method by looking at the strategies and approaches taken by the brand in establishing customer engagement on the BajuBaik brand which is analyzed by cycles and customer engagement matrix. As a result, it was found that the use of the emotional branding method that BajuBaik uses has a positive relationship to the formation of customer engagement with its customers, which is called OrangBaik."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Verdy Septian Nugraha
"Studi ini meneliti tentang mekanisme kepercayaan customer secara online sebagai anteseden dari repurchase intention customer di marketplace elektronik. Penelitian ini menggunakan data berupa hasil survei dari 749 customer Tokopedia di Indonesia untuk menguji model penelitian yang diusulkan. Studi empiris dilakukan dengan menggunakan pendekatan SEM-PLS. Studi ini menemukan bahwa kedua belah pihak, marketplace elektronik dan e-seller memiliki pengaruh masing-masing dalam membentuk repurchase intention. Temuan menunjukkan bahwa, bagi customer Indonesia, marketplace elektronik, seperti Tokopedia, memiliki peran penting dalam membentuk transaksi online daripada e-seller. Ini berarti bahwa tidak ada hubungan yang dapat dipertukarkan antara peran marketplace elektronik sebagai pihak ketiga dan e-seller dalam pembentukan repurchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku customer di marketplace elektronik dalam membentuk kepercayaan kepada e-penjual dan marketplace sendiri menggunakan sampel dari customer Indonesia dan marketplace Tokopedia, yang memiliki model bisnis yang berbeda dengan penelitian sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mengkonfirmasi dan mengeksplorasi kelayakan dari model mekanisme kepercayaan. Hasil penelitian dapat digunakan manajer untuk memilih dan mengevaluasi fitur marketplace apa saja yang dapat dipertahankan dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan kepercayaan customer berdasarkan dimensi dan kegunaan yang dipersepsi oleh customer.

This study describes and extends the current literature about customer online-trust mechanisms as the antecedent of customer's repurchase intentions in the marketplace environment. The research collects survey data from 749 Tokopedia customers in Indonesia to test the proposed research model. Empirical studies conducted using SEM-PLS approach. This study found that both party, marketplace and e-seller have their path on forming repurchase intention. However, the findings indicate that, for Indonesian customers, the marketplace, such as Tokopedia, has a critical role in forming any online transaction than an e-seller who has a low significant effect. It is mean that there is no interchangeable relationship between the role of the marketplace as a third party and e-seller in forming customer repeat purchase. The research aims to explain customer behavior in the online marketplace environment in forming a trust to e-seller and marketplace using a sample from Indonesian customer and Tokopedia marketplace, which have a different business model with previous research. The aim is to confirm and explore the properness of the trust-mechanism model. Our results can help the manager to select which marketplace feature can be maintained and developed to improve customer trust base on the dimension and usefulness that customers perceived. Categorizing the sample whose have a lot of experience and first-timer customer is needed to expand the variety of results base on their prior experience. Also, the model can be used to explain the trust-mechanism in a different type of e-commerce, such as apply to studies social commerce."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kurnia Sandy
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara praktik employee retention dengan perceived firm performance dan perceived innovation performance. Menggunakan analisis regresi linier pada sampel dengan 100 responden yang merupakan karyawan IT pada perusahaan IT startups bidang marketplace. Penelitian ini menunjukkan bahwa praktik employee retention dalam bentuk development and empowerment dan supportive organisational culture berpengaruh secara positif terhadap perceived firm performance. Temuan serupa juga terdapat pada hubungan antara employee retention terhadap perceived innovation performance. Temuan lainnya menunjukkan bahwa kedua dimensi employee retention yaitu development and empowerment dan supportive organisational culture memiliki hubungan positif terhadap perceived firm performance. Dimensi supportive organisational culture juga memiliki hubungan positif terhadap perceived innovation performance, sedangkan tidak ditemukan hubungan serupa antara dimensi development and empowerment terhadap perceived innovation performance.

This study aims to explain the effect of employee retention on perceived firm and perceived innovation performance. Using regression linier analysis on a sample of 100 responden from IT employees working in IT startups marketplace in DKI Jakarta. The study has highlighted that employee retention in form of development and empowerment and supportive organisational culture are positively related to perceived firm and innovation performance. Findings have also highlighted the positive relationship between both dimensions of employee retention, development and empowerment and supportive organisational culture, and perceived firm performance. Supportive organisational culture also has a positive relation with perceived innovation performance. However, no such relationship has been found between development and empowerment and perceived innovation performance."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azief Muhammad Ribkhan
"Dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia dan peningkatan transaksi digital di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Diperlukan marketplace online yang menyediakan produk berserifikat halal untuk menjaga hak konsumen muslim dalam beribadah melalui konsumsi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung dari variabel sikap, kepuasan, persepsi nilai, persepsi kegunaan, pengetahuan mengenai prinsip halal, dan citra halal terhadap niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online. Pengaruh tidak langsung diperantarai oleh variabel citra halal. Peneliti mengolah 234 data yang berasal dari responden konsumen muslim yang pernah berbelanja di Tokopedia Salam menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak LISREL 8.8 dan AMOS 22. Penelitian ini menemukan bahwa sikap, kepuasan, persepsi kegunaan memengaruhi citra halal secara positif, sedangkan persepsi nilai dan pengetahuan mengenai prinsip halal tidak memengaruhi citra halal. Temuan lain dalam penelitian ini yaitu kepuasan, persepsi kegunaan, dan citra halal memengaruhi niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online secara positif, sedangkan sikap, dan persepsi nilai tidak memengaruhi niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online, serta pengetahuan mengenai prinsip halal ditemukan memengaruhi niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online secara negatif. Citra halal ditemukan memiliki efek sebagai variabel intervening saat memediasi pengaruh sikap, kepuasan, dan persepsi kegunaan terhadap niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online

Indonesia with the largest Muslim population and the ever increasing value in digital transaction every year. Online marketplace that provides halal certified products are required to safeguarding Muslim consumer rights in worship through consumption. This study aims to analyze the direct and indirect effect of attitude, satisfaction, perceived value, perceived usefulness, knowledge of halal principle, and halal image towards muslim’s online repatronage intention. The author also hypothesized the mediating effect of halal image. This study involved 234 muslim consumers’ that previously buy from Tokopedia Salam, the data were processed by using Structural Equation Modeling (SEM) method with LISREL 8.8 and AMOS 22. The result showed that attitude, satisfaction, perceived usefulness had positive influence on halal image, while perceived value and knowledge of halal principle doesn’t influence halal image. Furthermore, satisfaction, perceived usefulness, and halal image was also found positively influence online repatronage intention, while attitude and perceived value doesn’t have influence towards online repatronage intention, also knowledge of halal principle was found to be negatively influence online repatronage intention. Halal image was found to be mediating the effect of attitude, satisfaction, and perceived usefulness towards online repatronage intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafa Qonita Primayanti
"Perkembangan pasar global mendorong figur dunia untuk memiliki strategi branding yang baik demi mendorong citra merek di depan publik. Taylor Swift sebagai musisi papan atas dalam hal ini memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk memperkuat brand personality yang dimilikinya selama The Eras Tour dilangsungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi branding yang digunakan Taylor Swift melalui akun Instagram @taylorswift dengan metode analisis konten. Berdasarkan 25 unggahan relevan yang ditelaah, ditemukan bahwa dimensi kepribadian merek berupa semangat (excitement), kecanggihan (sophistication), dan ketulusan (sincerity) dicerminkan secara konsisten. Dalam hal ini, semangat (excitement) terlihat dalam unggahan yang membangkitkan antusiasme, misalnya poster tur dan cuplikan behind-the-scenes. Kecanggihan (sophistication) tampak melalui penyediaan akses global untuk The Eras Tour melalui film dan platform digital, sementara ketulusan (sincerity) terlihat dalam interaksi personal Taylor Swift dengan penggemar. Strategi hubungan komunitas yang menonjolkan apresiasi terhadap penggemar juga berhasil menciptakan komunitas yang solid di sekitar The Eras Tour. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial merupakan alat yang efektif untuk memperluas jangkauan audiens dan memperkuat citra Taylor Swift sebagai ikon global dengan hubungan emosional yang erat dengan komunitas penggemarnya.

The expansion of the global market drives public figures to develop strong branding strategies to enhance their public image. As a top-tier musician, Taylor Swift utilizes social media as a platform to strengthen her brand personality during The Eras Tour. This study explores the branding strategies employed by Taylor Swift through her Instagram account @taylorswift using content analysis methods. Based on the analysis of 25 relevant posts, the brand personality dimensions of excitement, sophistication, and sincerity were consistently reflected. Excitement is evident in posts that generate audience enthusiasm, such as tour posters and behind-the-scenes clips. Sophistication emerges through global access to The Eras Tour via films and digital platforms, while sincerity is demonstrated through Taylor Swift’s personal interactions with fans. Community engagement strategies that emphasize fan appreciation successfully create a strong community around The Eras Tour. The study concludes that social media serves as an effective tool to expand audience reach and enhance Taylor Swift’s image as a global icon with a strong emotional connection to her fan community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Marshanda Nasya Widyarso
"Tesis ini mengeksplorasi kompleksitas industri fashion premium di era digital , dengan penekanan khusus pada pengaruh konsumen Generasi Z. Penelitian ini menonjolkan fokus mereka (gen z) pada nilai, keberlanjutan, dan personalisasi. Penelitian ini juga menyelidiki peran nilai-nilai Gen Z, kesadaran merek, dan niat perilaku dalam membentuk persepsi mereka terhadap merek fashion premium. Lebih lanjut, tesis ini membahas struktur hierarki merek fashion , dengan fokus pada tingkat hirarki merek fashion premium, yang memiliki makna khusus bagi Gen Z karena kesadaran sosial dan fokus pada nilai. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model–Partial Least Square (SEM-PLS) pada SMARTPLS untuk menganalisis 194 responden. Semua jawaban juga terkait dengan pertanyaan perilaku yang mereka jawab berdasarkan pengalaman mereka. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa niat berperilaku dipengaruhi secara signifikan oleh nilai-nilai terminal dan instrumental secara tidak langsung tanpa adanya mediator.

This thesis explores the complexities of the premium fashion industry in the digital age, with a particular emphasis on the influence of Generation Z (Gen Z) consumers. This research highlights their focus on values, sustainability, and personalization. This research also investigates the role of Gen Z's values, brand consciousness, and behavioral intentions in shaping their perception of premium fashion brands. Furthermore, this thesis discusses the hierarchical structure of fashion brands, with a specific focus on the premium tier, which holds particular significance for Gen Z due to their social consciousness and focus on value. Behavioral The study used Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) on SMARTPLS methodology to analyze 194 respondents. All the answers are also related to behavioral questions that they answered based on their experience. The research result proves that behavioral intention is significantly influenced by terminal and instrumental values indirectly without any mediator."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>