Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141772 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Velasri Vebraudia
"Organisasi XYZ merupakan unit kerja dibawah Instansi X yang berperan sebagai auditor internal di lingkungan pemerintahan. Organisasi XYZ melakukan pengawasan dalam rangka peningkatan ruang fiskal yang didapatkan dari audit PNBP. Sampai saat ini, audit PNBP masih dilakukan secara manual. Proses pelaporan hasil audit yang dilaksanakan secara manual menimbulkan beberapa permasalahan seperti kemungkinan adanya kesalahan rumus perhitungan PNBP ketika melakukan kompilasi lampiran pada laporan audit, penyimpanan data audit masih berantakan, adanya pemborosan kertas selama proses reviu secara manual dan lamanya proses reviu karena dilakukan dalam 3-4 tahap dan membutuhkan kehadiran fisik dari Tim Reviu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pelaporan hasil audit secara cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rancangan sistem informasi dalam bentuk aplikasi komputer yang akan membantu mengatasi permasalahan yang ditimbulkan dari pelaksanaan audit secara manual. Hasil penelitian telah memberikan gambaran proses yang akan dijalankan oleh aplikasi tersebut. Rancangan aplikasi e-laporan hasil audit PNBP di Organisasi XYZ dirancang menggunakan kerangka FAST (Framework for the Application of System Thingking) dari Whitten dan Bentley (2007) dari tahapan penentuan ruang lingkup sampai dengan desain logika berupa rancangan model data, model proses dan model tampilan aplikasinya.

The XYZ organization is a unit of Organization X which acts as an internal auditor in the government. The XYZ organization conducts supervision to increase fiscal capacity obtained from PNBP audits. Until now, audits have been carried out manually. Reporting audit results that are carried out manually causes several problems, such as possibility of formula errors in the PNBP calculation formula when compiling the appendix report, messy audit data storage, and paper wastage during the manual review process. The review process is long because it is carried out in 3-4 stages and requires the review team's attendance in the office. An information system is needed to help the audit report be completed quickly and accurately to resolve the problems. This study aims to design an information system as a computer application that will resolve problems arising from implementing manual audits. This research provides an overview of the process that the information will carry out. The application design of e-reporting PNBP audit in XYZ Organization was designed using the FAST (Framework for the Application of System Thinking) framework from Whitten and Bentley (2007) from scope definition to the logical design for data model designs, model process, and model user interface"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Seta Perdhana
"Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh struktur modal, kepemilikan keluarga, efektivitas Dewan Komisaris dan Komite Audit terhadap tingkat efisiensi pada perusahaan manufaktur. Tingkat efisiensi diukur dengan metode Data Envelopment Analysis (DEA), sedangkan efektivitas Dewan Komisaris dan Komite Audit diukur melalui metode penilaian yang dikembangkan oleh Hermawan (2009). Pengujian hipotesis dilakukan melalui model regresi data panel dengan fixed effect method terhadap sampel 100 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2008 hingga tahun 2012.
Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa perusahaan yang memiliki tingkat leverage lebih tinggi cenderung dapat beroperasi lebih efisien. Perusahaan dengan efektivitas Dewan Komisaris yang lebih tinggi juga cenderung dapat beroperasi lebih efisien. Sementara itu, proporsi kepemilikan keluarga dan efektivitas Komite Audit dalam perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat efisiensi perusahaan.

This research aims to provide empirical evidence regarding the effect of capital structure, family ownership, and the effectiveness of board of commissioners and audit committee on efficiency in manufacturing company. Efficiency is measured by Data Envelopment Analysis (DEA) score, while the effectiveness of board of commissioners and audit committee are measured by effectiveness measurement method which was developed by Hermawan (2009). The hypothesis are examined using panel data regression with fixed effect method to a sample of 100 manufacturing companies listed in Indonesian Stock Exchange during 2008 to 2012.
The result of this research concludes that companies with higher leverage could gain higher efficiency in their operation. The companies with higher effectiveness of board of commissioners also could gain higher efficiency in their operation. Meanwhile, family ownerships and the effectiveness of audit committee have no significant impact to efficiency in the companies.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Arif Shabria
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit substantif atas akun beban pokok pendapatan oleh KAP AAS pada laporan keuangan PT ADK yang merupakan perusahaan yang bekerja pada bidang jasa konsultasi teknik di tahun 2021. Laporan magang ini melakukan analisis terhadap kesesuaian antara prosedur audit substantif beban pokok pendapatan KAP AAS dengan teori audit dan standar audit yang berlaku. Hasil evaluasi menyatakan bahwa prosedur audit substantif atas akun beban pokok pendapatan PT ADK yang dilakukan oleh KAP AAS telah sesuai dengan teori audit dan standar audit yang berlaku serta tidak ditemukan salah saji material pada akun beban pokok pendapatan PT ADK.

This internship report aims to evaluate the substantive audit procedures on the cost of revenue account by KAP AAS on the financial statements of PT ADK which is a company working in the field of technical consulting services in 2021. This internship report analyzes the suitability between substantive audit procedures for cost of revenue AAS KAP with audit theory and applicable auditing standards. The evaluation results stated that the substantive audit procedures for the cost of revenue account of PT ADK carried out by KAP AAS were in accordance with audit theory and applicable audit standards and no material misstatements were found in the cost of revenue account of PT ADK."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dharmanita Marlisza
"International Monetary Fund (IMF) mempublikasikan data Tax Audit Coverage Ratio (ACR) tahun 2010 dari negara-negara anggotanya dengan rata-rata tingkat ACR sebesar 3% - 5%. Laporan Kinerja DJP tahun 2018 menunjukan bahwa tingkat ACR Indonesia pada tahun 2018 adalah sebesar 1,61%. Data tersebut menunjukan bahwa Indonesia memiliki tingkat ACR dibawah tingkat ACR ideal IMF. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat ACR di Indonesia serta memberikan rekomendasi hal-hal yang perlu diperhatikan oleh DJP guna meningkatkan kinerja pemeriksaan pajak. Analisis dalam studi ini menggunakan komponen-komponen dari teori Institutional Logics yaitu Symbolic carrier yang berupa Peraturan dan Kebijakan DJP dan Material Carrier yang berupa Aktor, Routines dan Artifacs. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang perlu di perhatikan oleh DJP untuk meningkatkan kinerja pemeriksaan pajaknya. Dari sisi aktor, hal-hal yang perlu diperhatikan mencakup jumlah SDM pemeriksa pajak, kompetensi pemeriksa pajak dan motivasi pemeriksa pajak. Dari sisi artifacs (hal-hal pendukung), hal-hal yang harus diperhatikan adalah kemudahan dan ketersediaan data dan integrasi sistem informasi dan teknologi. Sedangkan dari sisi budaya organisasi, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sinergi tim, komunikasi dengan seksi lain dan pola kepemimpinan atasan.

The International Monetary Fund (IMF) published 2010 Tax Audit Coverage Ratio (ACR) data from its member countries with an average ACR rate of 3% - 5%. The 2018 DGT Performance Report shows that Indonesia's ACR rate in 2018 was 1.61%. The data shows that Indonesia has an ACR level below the IMF's ideal ACR level. This study aims to identify factors related to the level of ACR and provide recommendations to DGT in order to improve tax audit performance. The analysis in this study uses components of Institutional Logics theory, namely Symbolic carriers in the form of DGT Regulations and Policies and Material Carriers in the form of Actors, Routines, and Artifacts. This study uses a descriptive qualitative approach and uses questionnaires and interviews as research instruments. The results of the study indicate from the actor's point of view, factors that need to be considered include the number of human resources for tax auditors, competence, and motivation of tax auditors. From artifacts (supporting matters), the factors are the ease and availability of data and the integration of information systems and technology. From organizational culture, the factors are team synergy, communication with other sections, and leadership patterns."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Meilani Tri Nugraheni
"Risk Based Audit merupakan salah satu metode audit yang dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan risiko. Dengan menggunakan metode Risk Based Audit, diharapkan pelaksanaan audit dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien, dengan hasil audit yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Risk Based Audit pada pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selanjutnya, dalam penelitian ini akan menganalisis penyusunan Program Pemeriksaan yang sesuai dengan Risk Based Audit yang telah ditentukan sebelumnya. Kemudian penelitian ini juga akan membahas tentang pelaksanaan dan monitoring Risk Based Audit pada pemeriksaan BPK. Kerangka penelitian menggunaan Agency Theory yang menekankan adanya hubungan antara manajemen dengan pihak yang mempunyai sumber daya. Hal ini menyebabkan adanya asimetri informasi dan timbulnya konflik kepentingan. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa tidak terdapat manipulasi atau kecurangan, dibutuhkan pihak ketiga yang independen untuk melakukan pemeriksaan, dalam hal ini dilakukan oleh auditor. Penelitian menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dalam hal ini studi kasus dilakukan di BPK. Dengan pendekatan studi kasus, diharapkan mampu menggali lebih dalam terkait penerapan dan pelaksanaan Risk Based Audit di BPK. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data berupa dokumen pemeriksaan, dan wawancara dengan Tim Pemeriksa BPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tim Pemeriksa BPK dalam menerapkan, melaksanakan dan melakukan monitoring Risk Based Audit telah sesuai dengan panduan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh BPK.

Risk Based Audit is an audit method which in its implementation uses a risk approach. By using the Risk Based Audit method, it is hoped that the audit can be carried out effectively and efficiently, but with maximum audit result. This study aims to analyze the application of Risk Based Audit to audits conducted by Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Furthermore, this study will analyze the preparation of an Audit Program in accordance with the previously determined Risk Based Audit. Then this research will also discuss about the implementation and monitoring of Risk Based Audit on BPK. The research framework uses Agency Theory which emphasizes the relationship between agent and principal. This relationship causes asymmetry information and conflict of interest. Therefore, to ensure that there is no manipulation or fraud, an independent third party is required to conduct an audit, in this case the auditor. The study used a qualitative research methodology with a case study approach, in this research, case study was conducted at the BPK. With the case study approach, it is hoped that it will be able to dig deeper regarding the implementation of Risk Based Audit at BPK. The research was conducted using data from audit documents and interviews with the auditors. The result showed that auditors in implementing and monitoring Risk Based Audit was in accordance with the guidelines set by the BPK."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Tiffany Ruth
"ABSTRAK
Perencanaan dan pengujian audit sangat penting untuk proses audit. Dalam penugasan ini, saya akan membahas proses perencanaan dan pengujian audit BlueCircle Chemicals Ltd. berdasarkan informasi yang tersedia dan menerapkan prosedur audit yang relevan dalam praktiknya. Laporan ini akan menjelaskan risiko audit yang dapat diterima yang dinilai organisasi, risiko yang melekat, risiko pengendalian, dan analisis rasio.

ABSTRACT
Audit planning and testing is essential to the audit process. In this assignment, I am going to discuss BlueCircle Chemicals Ltd. s process of audit planning and testing based on available information and apply relevant audit procedures in practice. This report will describe the organization s assessed acceptable audit risk, inherent risk, control risk and analysis of ratios."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Mastini Wigati
"Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit yang telah dilakukan oleh KAP ABC atas akun pendapatan PT PQRS, sebuah perusahaan kontraktor pertambangan batu bara yang menyediakan jasa overburden removal dan coal getting. Fokus dari pembahasan pada laporan magang ini adalah menganalisis kesesuaian antara praktik prosedur audit yang telah dilakukan KAP ABC dengan standar audit yang berlaku. Praktik prosedur audit yang dianalisis terbatas pada tahap audit lapangan dan tahap penyelesaian audit saja. Hasil analisis menunjukkan bahwa praktik prosedur audit yang telah dilakukan KAP ABC atas akun pendapatan PT PQRS di tahun 2018 telah sesuai dengan standar audit yang berlaku.

This internship report aims to analyze the audit procedure of PT PQRS' revenue account. PT PQRS is a mining contractor company that provides overburden removal and coal getting services. The main purpose of this internship report is to analyze the compatibility of KAP ABC's audit procedure practices on PT PQRS' revenue with the applicable auditing standards. The analysis is limited to the practice of audit fieldwork and audit completion procedure. Based on the analysis made, the author concluded that KAP ABC's audit procedure practice has been done appropriately according to the applicable auditing standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arvy Agassi
"Skripsi ini membahas tentang penerapan suatu teknologi bernama Audit Tools and Linked Archive System yang dirancang dan dibuat oleh PPPK dan IAPI di KAP ABC. Audit Tools and Linked Archive System atau disingkat dengan nama ATLAS merupakan sebuah Audit Tools yang dibuat dan dirancang untuk memudahkan auditor untuk melakukan audit dengan Standar Audit yang berlaku di Indonesia. KAP ABC merupakan KAP tingkat menengah yang memberikan jasa keuangan, terutama audit, kepada perusahaan dengan berbagai bidang di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan dokumentasi atas kertas kerja ATLAS dan buku Panduan ATLAS yang diterbitkan PPPK, dan wawancara kepada responden yang merupakan auditor di KAP ABC mengenai minat, pengetahuan, kemampuan dan perangkat (keras dan lunak). Dari hasil data dan informasi yang didapatkan, akan dilakukan penilaian dan perbandingan untuk mendapatkan suatu kesimpulan dari penelitian ini. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ATLAS belum dapat untuk diterapkan di KAP ABC. ATLAS dapat memberikan banyak manfaat untuk KAP ABC, namun KAP ABC perlu meningkatkan spesifikasi perangkat dan kemampuan auditor KAP ABC untuk dapat menerapkan ATLAS.

This study discusses the application of a technology called Audit Tools and Linked Archive System which was designed and made by PPPK and IAPI at KAP ABC. Audit Tools and Linked Archived System or abbreviated as ATLAS is an Audit Tools was created and designed to make it easier for auditors to conduct audits with the applicable Auditing Standards in Indonesia. KAP ABC is a middle level KAP that provides financial services, especially audits, to companies in various fields in Indonesia.The method that used in this research is by collecting ATLAS working paper and KAP ABC working paper and book “Panduan ATLAS” that published by PPPK, and interviews with respondents who are auditors in KAP ABC from various positions regarding knowledge, interest, skill, and device (hardware and software). The result of the data and information that obtained, an assessment and comparison will be carried out to get conclusions from this study. From the research that has been done, we can concluding that ATLAS is not yet suitable to be applied in KAP ABC. ATLAS can meet the needs of KAP ABC, but KAP ABC need to improve the equipment specification and the abilities of auditors in KAP ABC to be able to apply ATLAS."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syelvira Yonansha
"Penulis ingin membahas mengenai evaluasi pelaksanaan audit internal sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang telah berlangsung di PT X selama tahun 2012-2014. Pelaksanaan audit internal ditinjau ulang menggunakan standar internasional, yaitu ISO 19011. Penelitian yang dilakukan ini bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini melibatkan informan kunci dan informan sebagai sumber data primer melalui wawancara mendalam dan telaah dokumen pelaksanaan audit pada tahun 2012-2014.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan audit internal sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di PT belum berjalan dengan baik dan maksimal. Poin utama dari lemahnya pelaksanaan audit internal tersebut adalah implementasi, pemantauan, tinjauan ulang dan perbaikan pada sistem manajemen audit yang dilaksanakan. Perbaikan pada tahap perencanaan dan implementasi menunjukkan poin utama yang harus segera diperbaiki guna meningkatkan kualitas sistem manajemen audit dan bisa mengevaluasi sistem manajemen yang berlangsung di perusahaan dengan lebih baik.

This research studied about Evaluation of Internal Audit Implementation of Occupational Health And Safety Management System on 2012-2014 at PT X. Internal audit implementation has been monitor by using international standard, ISO 19011. This research is descriptive with qualitative methodology. This research involve key informant and informant as primer source data through indeep interview and document review on audit implementation on 2012-2014.
This research result show that internal audit implementation of occupational health and safety management system in PT X is not run well and maximum yet. Key point on the weakness of internal audit are implementation, monitoring, review and improvement the audit management system that have been done. Improvement on the planning and implementation step show that it is key point to improve soon in order to increase audit management system quality and evaluate management system on that.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T44737
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joko Tri Santoso
"Kerangka kerja konseptual mengenai praktik Audit Internal telah dikeluarkan oleh The Institute of Internal Auditor dimana Auditor Internal harus memiliki pengetahuan yang memadai untuk mengevaluasi risiko fraud dan cara organisasi mengelola risiko tersebut. Sehingga Audit Internal turut mempunyai peran dalam mencegah dan mendeteksi fraud. Walaupun pencegahan dan pendeteksian fraud merupakan tanggung jawab manajemen perusahaan, Auditor Internal diharapkan dapat melakukan dua hal tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan tugas manajemen.
Penelitian ini mengkaji penerapan program pencegahan dan pendeteksian fraud serta peran Audit Internal dalam mendukung efektivitas Fraud Management Program yang ada di perusahaan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Observasi, wawancara dan studi dokumentasi digunakan dalam proses pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen telah memiliki struktur pengendalian yang cukup baik dalam pencegahan dan pendeteksian fraud dan Audit Internal sudah berperan secara menyeluruh dalam semua komponen pembentuk effective Fraud Management Program.

Internal Audits Professional Practices Framework has been issued by The Institute of Internal Auditors, stated that Internal Auditors must have sufficient knowledge to evaluate the risk of fraud and the manner in which it is managed by the organization. Thus, Internal Audit also has a role in fraud prevention and detection. Although the responsibility in fraud prevention and detection addressed to the management, Internal Audit is expected to conduct those activities as part of the managements task force.
This study examines the application of fraud prevention and detection program and the role of Internal Audit in improving the effectiveness of Fraud Management Program in place by using qualitative descriptive research method and using case study approach. Observation, interview and documentation studies are used in data collection method.
As result explains that currently the management already has sufficient control structure in preventing and detecting fraud and Audit Internal has played a comprehensive role in all components that forming the effective Fraud Management Program.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>