Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 164725 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reyhan Dahananto Ariyadi
"Tren menggunakan platform streaming daring saat ini muncul secara terus menerus secara bersamaan. Vidio.com adalah salah satu bisnis media digital yang menyediakan layanan secara langsung atau streaming secara daring dan memiliki salah satu basis pengguna resmi terbesar di Indonesia. Untuk mengembangkan loyalitas menggunakan perusahaan sebagai platform streaming maka ada variable yang dapat mempengaruhi variable tersebut seperti kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan juga dapat dipengaruhi oleh beberapa variable seperti persepsi kualitas, nilai yang dirasakan, identifikasi merek, kepercayaan, dan keselarasan gaya hidup. Dalam penelitian ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran persepsi kualitas (PQ), nilai yang dirasakan (PV), identifikasi merek (BI), kepercayaan (TR), keselarasan gaya hidup (LC), dan kepuasan pelanggan (CS) terhadap loyalitas merek (BL) untuk Vidio.com. Untuk penelitian ini, data empiris dikumpulkan melalui instrument survey tertulis dari responden yang menggunakan Vidio.com sebagai platform mereka.Hipotesis ini dianalisa dengan model persamaan structural menggunakan estimasi kemungkinan maksimum. Hasil temuan menunjukan bahwa PQ dan BI tidak berpengaruh signifikan terhadap CS sedangkan PV, TR, dan LC berpengaruh secara signifikan terhadap CS dan juga dari CS terhadap BL. Dari penelitian ini, peneliti menghimbau para praktisi untuk meningkatkan nilai yang dirasakan, kepercayaan, dan keselarasan gaya hidup untuk meningkatkan tingkat kepuasan dari pelanggan.

The trend of using an online streaming platform currently emerged in a constant way simultaneously. Vidio.com is a digital media business that provides live/online streaming services and has one of the biggest official user bases in Indonesia. To develop the loyalty for using the company as a streaming platform then there are variables that can affect the loyalty such as the customer satisfaction. The customer satisfaction itself can be affected by some of the varaibles such as perceived quality, perceived value, brand identification, trust, and lifestyle congruence. In this research, the aim of the study is to investigate the role of perceived quality (PQ), perceived value (PV), brand identification (BI), trust (TR), lifestyle congruence (LC), and customer satisfaction (CS) on brand loyalty (BL) towards Vidio.com. For this purpose, the empirical data were collected through an online survey to those who are using Vidio.com as their streaming platform. The hypotheses were analyzed with the structural equation modelling using the maximum-likelihood estimation. The findings revealed that PQ and BI did not have a significant impact to CS while there are significant effects of PV, TR, and LC on CS and also of CS on BL. From this research, the researcher suggest that the practitioners should increase the perceived value, trust, and lifestyle congruence in order to enhance the customer satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Wicaksana Ospara
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer value, Perception to Founder dan customer satisfaction terhadap brand loyalty melihat dari pengaruhnya terhadap meninggalnya Steve Jobs terhadap merek Apple. Pada penelitian ini menggunakan data primer dari 165 konsumen pengguna produkproduk Apple yang membeli produk-produk Apple dalam rentang waktu kurang dari 6 bulan sebelum diadakannya penelitian ini.
Hasil penelitian dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa customer value dan Perception to Founder memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Customer value memiliki pengaruh terbesar jika dibandingkan dengan Perception to Founder terhadap customer satisfaction. Customer satisfaction juga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand loyalty.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meninggalnya Steve Jobs ternyata tidak berpengaruh kuat dibandingkan dengan customer value terhadap produk Apple dalam menunjukkan customer satisfaction yang dapat memberikan hasil akhir sebuah loyalitas merek.

This study aims to analyze the influence of customer value, Perception to Founder, and customer satisfaction to see the brand loyalty of its effect on the death of Steve Jobs to the Apple brand. In this study uses primary data from 165 consumers of Apple products users who buy Apple products in less than 6 months before this study start.
The results of studies using SEM showed that the Perception to Founder and customer value have a positive and significant impact on customer satisfaction. Customer value has the greatest effect when compared to the Perception to Founder on customer satisfaction. Customer satisfaction is also providing a positive and significant impact on brand loyalty.
Conclusions of this study was the death of Steve Jobs did not have a strong influence on customer satisfaction than the customer value. Customer satisfaction shows that can give the final results of a brand loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32246
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Sophia Ulfa
"Komunitas merek mengalami perkembangan, yang kemudian melahirkan komunitas merek online, dicirikan dengan penggunaan internet sebagai platformnya. Perkembangan ini tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi siapa saja yang aktif di pasar, salah satunya adalah meningkatnya loyalitas pelanggan. Tak hanya itu, keterlibatan pelanggan juga merupakan diskusi utama dalam komunitas merek online yang menggambarkan pengalaman interaktif konsumen, memiliki sifat iteratif yang dapat bertindak sebagai penyebab antecedent maupun akibat consequence. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh komunitas merek online terhadap keterlibatan pelanggan, pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek, serta pengaruh mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengaplikasikan SEM melalui AMOS. Hasilnya adalah komunitas merek online terbukti secara positif mempengaruhi keterlibatan pelanggan, keterlibatan pelanggan terbukti secara positif mempengaruhi loyalitas merek, dan adanya peran mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia.

Brand community is experiencing growth, which then develops into online brand community, characterized by the use of the Internet as its platform. This development is not only beneficial for consumers, but also for anyone who is active in the market, one of which is increasing customer loyalty. More than that, customer engagement is also a major discussion in the online brand community that describes the interactive experience of the consumer, that has iterative nature act as an antecedent or consequence. Therefore, this study aims to prove the influence of the online brand community on customer engagement, the influence of customer engagement on brand loyalty, and the role of community loyalty as mediation in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community. This thesis is conducted using quantitative analysis by applying SEM through AMOS. The result is online brand community is proved to affect customer engagement positively, customer engagement is proved to affect brand loyalty positively, and there is mediation role of community loyalty in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51533
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triandika Ramadhan
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana iPhone sebagai suatu merek smartphone dapat menghasilkan intensi pembelian ulang melalui daya tarik estetis, kultural, dan utilitarian yang ditawarkan produknya. Faktor- faktor tersebut akan menghasilkan gengsi/prestise bagi pengguna iPhone, yang berujung pada timbulnya intensi pembelian ulang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif, dengan pengolahan data menggunakan structural equation modeling SEM . Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membentuk intensi pembelian ulang, produk iPhone harus mampu untuk membentuk gengsi/prestise bagi para penggunanya.

This study focuses on how iPhone as smartphone brand manages to form repurchase intention of its customers through their aesthetics, cultural, and utilitarian appeal. These factors will eventually form a prestige for its users, which in the end will shape the customers repurchase intention. This study uses a quantitative method, with the design of a descriptive study, and data processing SEM. The result of this study shows that in order to form repurchase intention, iPhone would have to generate a prestige associated with the use of iPhone."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Salsabila
"Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengalaman merek, kepercayaan merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek Citilink di Bandara Seokarno Hatta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner offline kepada 100 dari 18 sampai 64 tahun responden di Bandara Soekarno Hatta yang setidaknya dua kali memilih Citilink sebagai pilihan penerbangan mereka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk analisis inferensi deskriptif dan statistik adalah perangkat lunak SPSS versi 25 untuk Sistem Operasi Windows. Dalam penelitian ini, hasilnya menunjukkan bahwa Brand Experience, Brand Truts, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap Brand Loyalty. Brand Experience juga memiliki efek positif terhadap Kepercayaan Merek dan Kepuasan Konsumen yang membuat kedua variabel tersebut valid untuk digunakan sebagai variabel mediasi untuk efek tidak langsung dari Brand Experience terhadap Loyalitas Merek. Meskipun semua faktor memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Merek, faktor yang memiliki pengaruh terbesar adalah Kepercayaan Merek. Ini menunjukkan bahwa perasaan aman dan keyakinan bahwa konsumen memiliki efek terbesar dalam membuat mereka loyal kepada Citilink. Ini juga menunjukkan bahwa pengalaman sensorik, perilaku, afektif, intelektual dan kepuasan layanan yang diberikan tidak cukup kuat untuk membuat konsumen loyal terhadap merek ini. Rekomendasi untuk penelitian ini adalah bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menjaga alasan mengapa pengalaman merek tidak cukup untuk membuat konsumen loyal melalui kepercayaan yang mereka miliki, sehingga kepercayaan hanya memiliki efek yang lebih besar daripada menjadi variabel mediasi.

The focus of this research is to analyze the influence of brand experience, brand trust, and customer satisfaction on Citilink brand loyalty at Seokarno Hatta Airport. This research is a quantitative study with an approach carried out by distributing offline questionnaires to 100 of 18 to 64 years of respondents at Soekarno Hatta Airport who at least twice chose Citilink as their flight choice. The analysis technique used in this study for the analysis of descriptive and statistical inference is SPSS software version 25 for the Windows Operating System. In this study, the results show that Brand Experience, Brand Truts, and customer satisfaction have a positive effect on Brand Loyalty. Brand Experience also has a positive effect on Brand Trust and Consumer Satisfaction which makes these two variables valid for use as mediating variables for the indirect effect of Brand Experience on Brand Loyalty. Although all factors have an influence on Brand Loyalty, the factor that has the biggest influence is Brand Trust. This shows that the feeling of security and the belief that consumers have the greatest effect in making them loyal to Citilink. It also shows that the sensory experience, behavior, affective, intellectual and service satisfaction provided is not strong enough to make consumers loyal to this brand. The recommendation for this research is that further research needs to be done to safeguard the reasons why brand experience is not enough to make consumers loyal through the trust they have, so trust only has a greater effect than being a mediating variable."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kwon Yeonsang
"ABSTRAK
Pasar kedai kopi berkembang secara global di Indonesia. Saat ini pasar kedai kopi di Indonesia didominasi oleh merek terbesar dan ternama yaitu Starbucks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan citra merek kedai kopi terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Survei dilakukan dengan responden terpilih yang telah mengunjungi kedai kopi setidaknya sekali dalam seminggu. Analisis regresi dilakukan dengan data yang dikumpulkan dari 174 responden. Temuan mengungkapkan bahwa faktor produk dan factor harga merupakan faktor penting yang mempengaruhi citra merek. Faktor orang dan faktor proses memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan. Loyalitas pelanggan sangat terpengaruh oleh faktorharga. Studi ini memberikan dasar untuk strategi pemasaran bagi perusahaan yang akan meluncurkan atau menjalankan merek coffee shop di Jakarta, Indonesia.

ABSTRACT
Coffee shop market is growing globally and in Indonesia as well. Currently coffee shop market in Indonesia is dominated by a giant global chain coffee shop brand, Starbucks. The current study aims to find out the effect of marketing mix and brand image of coffee shop on customer satisfaction and customer loyalty. The survey was conducted with the purposively chosen customers who have visited coffee shop at least once a week. The regression analysis was performed with the data collected from 174 respondents. The findings revealed that product factor and price factor are important factors affecting the brand image. People factor and process factor had big effect on customer satisfaction. Customer loyalty was affected highly by price factor. This study provides the base for marketing strategy for companies that would launch or run coffee shop brand at Jakarta, Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50423
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmah Syafira
"Persaingan e-commerce di Indonesia mengharuskan perusahaan e-commerce untuk membuat strategi baru untuk dapat mempertahankan loyalitas konsumen. Gamification diyakini memiliki pengaruh yang kuat untuk dapat menarik dan melibatkan konsumen sehingga konsumen loyal terhadap sebuah e-commerce. Tesis ini membahas pengaruh gamification terhadap brand loyalty pada e-commerce di Indonesia melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan customer satisfaction sebagai variabel moderating. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kepada 200 responden pengguna kuis Shopee.
Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Dalam penelitian ini terdapat tiga model penelitian, yaitu pertama pengaruh gamification terhadap brand loyalty secara langsung, kedua pengaruh gamification terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan ketiga pengaruh gamification terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan customer satisfaction sebagai variabel moderating.
Hasil penelitian membuktikan gamification berpengaruh terhadap brand loyalty secara langsung; gamification berpengaruh terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening; dan customer satisfaction tidak dapat memoderasi pengaruh antara customer engagement dengan brand loyalty. Pada praktiknya e-commerce dapat menerapkan gamification dengan menggunakan elemental tetrad model untuk meningkatkan loyalitas konsumen sehingga perusahaan dapat bersaing dan mengembangan bisnis. Selain itu, segmentasi responden dapat dipertimbangkan untuk mengukur karakteristik dari pengguna sebuah gamification sehingga dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dalam penerapan tipe gamification yang tepat.

The competition of e-commerce in Indonesia requires e-commerce companies to create new strategies to be able to maintain consumer loyalty. Gamification is believed to have a strong influence to attract and engage consumers so that consumers are loyal to the e-commerce. This thesis discusses the effect of gamification on brand loyalty in e-commerce in Indonesia through customer engagement as an intervening variable and customer satisfaction as a moderating variable. The approach used in this study uses quantitative approach with 200 respondents Kuis Shopee users.
Data analysis method is done by using descriptive analysis and path analysis. In this study there are three research models, firstly the effect of gamification on brand loyalty directly, secondly the effect of gamification on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable and thirdly the effect of gamification on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable and customer satisfaction as a moderating variable.
The results of the study prove that gamification directly affects brand loyalty; gamification has an effect on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable; and customer satisfaction cannot moderate the influence between customer engagement and brand loyalty. In practice e-commerce can apply gamification by using elemental tetrad model to increase consumer loyalty so that companies can compete and develop the business. In addition, segmentation of the respondent can be considered to measure the characteristics of gamification users so that it can be used as a reference for companies in applying the right type of gamification.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T55307
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Maudy Bunga Rosmita
"Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemasaran media sosial memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan secara langsung dalam konteks Instagram @tokopedia. Namun, variabel pemasaran media sosial tidak memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan melalui mediasi kepuasan pelanggan. Pemasaran melalui media sosial Instagram @tokopedia, seperti informasi mengenai cashback, diskon, gratis ongkir, dan lainnya, serta membuat konten-konten interaktif yang mengajak pengikut untuk berpartisipasi, terbukti dapat menarik pelanggan untuk puas dan menjadi loyal. Kemudian, Variabel kepercayaan merek memiliki hubungan terhadap loyalitas pelanggan baik secara langsung ataupun dengan mediasi kepuasan pelanggan. Tokopedia telah berhasil memenuhi semua aspek dari kepercayaan merek. Dengan demikian, loyalitas pelanggan dalam bentuk retensi, frekuensi pembelian, maupun WOM yang baik, adalah hasil dari meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap platform Tokopedia Penelitian ini diharapkan dapat membantu para manajer pemasaran khususnya di bidang industri e-commerce untuk mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran di media sosial dengan menggunakan pendekatan yang bersifat emosional terhadap pelanggannya untuk mendorong peningkatan loyalitas pelanggan.

The results of the study show that social media marketing have a significant relationship to customer loyalty directly in the context of Instagram @tokopedia. However, social media marketing do not have a significant relationship to customer loyalty through the mediation of customer satisfaction. Marketing through social media Instagram @tokopedia, such as information about cashback, discounts, free shipping, and more, as well as creating interactive content that invites followers to participate, has been proven to attract customers to be satisfied and loyal. Then, brand trust has a relationship to customer loyalty either directly or by mediating customer satisfaction. Tokopedia has succeeded in fulfilling all aspects of brand trust. Thus, customer loyalty in the form of good retention, purchase frequency, and WOM is the result of increased customer trust in the Tokopedia platform. This research is expected to help marketing managers, especially in the e-commerce industry, to optimize marketing communication strategies on social media by uses an emotional approach to its customers to encourage increased customer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hariyo Tri Sedewo
"Skripsi ini meneliti tentang pengaruh outcome quality, interaction quality dan peer-to-peer quality terhadap customer satisfaction dan customer loyalty pada industri kedai kopi. Dalam penelitian ini diambil responden dari dua sampel kedai kopi yang berbeda yaitu kedai kopi Florist dan kedai kopi Starbucks yang tersebar di seluruh pulau Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa outcome quality dan interaction quality memiliki pengaruh terhadap customer loyalty yang dimediasi oleh customer satisfaction. Sementara peer-to-peer quality tidak memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction namun memiliki pengaruh langsung terhadap customer loyalty.

This research is analyze about the effect of outcome quality, interaction quality and peer-to-peer quality on preference, customer satisfaction and customer loyalty in the coffee shops industry. In this study, respondents were drawn from two different samples of coffee shops, Florist coffee shops and Starbucks coffee shops spread across the Java Island. The method used in this research is Structural Equation Model (SEM). The results of this study prove the outcome quality and interaction quality has an influence on customer loyalty mediated by customer satisfaction. While peer-to-peer quality has no effect on customer satisfaction but has a direct influence on customer loyalty."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S69997
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Athanasius Gregorius Mangentang
"[ABSTRAK
Customer Equity (Ekuitas Pelanggan) merupakan suatu framework yang dapat
digunakan untuk menentukan aspek apa yang paling signifikan bagi customer dari
suatu perusahaan serta juga untuk mengidentifikasi kekuatan/kelemahan yang
dimiliki oleh suatu perusahaan. Lemon et al. (2001) menjabarkan 3 (tiga) penggerak
utama dari Customer Equity yaitu brand equity, value equity, dan relationship
equity. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh dari ketiga penggerak utama
ini terhadap loyalitas pelanggan, dengan ditambahkan variabel Trust sebagai
mediator, di dalam konteks sektor Business-to-Business (B2B) dari jasa layanan
I.T. di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya Value Equity dan
Relationship Equity yang terbukti berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan
akan tetapi seluruh ketiga penggerak tersebut terbukti mempengaruhi Trust secara
signifikan.

ABSTRACT
Customer Equity is a framework that can be used to analyze and determine which
aspect is most significantly influencing customers and also to identify company?s
stregths/weaknesses. Lemon et al. (2001) described 3 (three) key drivers of
Customer Equity, which are: Brand Equity, Value Equity, and Relationship Equity.
This research intends to analyze the effects of the 3 (three) drivers on customers?
loyalty, by adding trust as a mediating variable, in Business-to-Business (B2B) I.T.
Services context. The result shows that only Value Equity and Relationship Equity
that are statistically proven to be positively related with Customer Loyalty, but on
the other hand, the whole drivers are proven to be positively related with Trust, Customer Equity is a framework that can be used to analyze and determine which
aspect is most significantly influencing customers and also to identify company’s
stregths/weaknesses. Lemon et al. (2001) described 3 (three) key drivers of
Customer Equity, which are: Brand Equity, Value Equity, and Relationship Equity.
This research intends to analyze the effects of the 3 (three) drivers on customers’
loyalty, by adding trust as a mediating variable, in Business-to-Business (B2B) I.T.
Services context. The result shows that only Value Equity and Relationship Equity
that are statistically proven to be positively related with Customer Loyalty, but on
the other hand, the whole drivers are proven to be positively related with Trust]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>