Ditemukan 194520 dokumen yang sesuai dengan query
Saiful Huda
"Perkembangan teknologi menawarkan kemudahan dalam sistem pembayaran berupa digital payments dengan bentuk dompet elektronik (e-wallet), salah satunya dikembangkan oleh PT Visionet Internasional atau OVO. Kehadiran OVO sebagai e-wallet semakin dibutuhkan untuk meminimalisir kontak fisik semenjak pandemi COVID-19 sehingga pembayaran tanpa uang tunai sering digunakan. OVO juga membuka kesempatan mahasiswa untuk melakukan magang sebagai bentuk pembelajaran secara langsung di perusahaan. Proses menjadi pemagang maupun karyawan baru perlu melewati beberapa tahapan mulai dari awal pendaftaran, onboarding hingga on job training. Pemagang perlu mengenal lingkungan baru sekaligus menguasai beberapa kemampuan yang masih asing dengan cara adaptasi hingga mencapai resiliensi individu. Metode penelitian auto-etnografi dimanfaatkan untuk melihat lebih jauh usaha dalam melakukan adaptasi hingga tercapai resiliensi individu bagi mahasiswa magang pada PT Visionet Internasional (OVO) ketika masa onboarding dan on job training. Hasilnya untuk mencapai resiliensi individu membutuhkan waktu dan usaha dari kedua belah pihak yaitu karyawan dan perusahaan. Perusahaan melalui Tim People and Organizational Development dan Tim Talent Acquisition berusaha memberikan berbagai pendekatan dalam onboarding process agar pemagang dapat mudah adaptasi dengan lingkungan baru, job desc, dan pemimpin. Pemagang melalui berbagai interaksi sosial, adaptasi, dan coping mechanism juga berusaha untuk segera menguasai job desc dalam on job training. Oleh karena itu, keberhasilan pemagang untuk bisa mencapai resiliensi individu membutuhkan kerjasama dari perusahaan yang menawarkan berbagai kegiatan maupun fasilitas dan dari diri pemagang mempunyai kemauan untuk beradaptasi melalui berbagai interkasi sosial yang terjadi.
Technological developments offer convenience in payment systems with the digital payments in an electronic wallet (e-wallet), one of which was developed by PT Visionet Internasional (OVO). The presence of OVO as an e-wallet is increasingly needed in minimizing physical contact since the COVID-19 pandemic so that cashless payments are widely used. OVO also opens up opportunities for students to do internship as a form of direct learning in company. Becoming an intern or new employee needs to go through several stages from registration, onboarding to on job training. Interns need to get to know the new environment and some unfamiliar abilities by adapting to achieve individual resilience. The auto-ethnographic research method was used to explore further efforts to achieve individual resilience for interns at PT Visionet Internasional (OVO) during onboarding and on job training session. As a result, attain individual resilience requires time and effort from both the employee and the company. Through the People and Organizational Development Team and the Talent Acquisition Team, the company tries to provide various approaches in the orientation process so that interns can adapt to new environments, job desc, and leaders. Through social interactions, adaptations, and coping mechanisms, Interns also try to learn job desc taught in on job training quickly. Therefore, the interns success to achieve individual resilience requires cooperation from companies that offer various activities and facilities, and the interns has the willingness to adapt through multiple social interaction"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Siahaan, Hilman Wisnu
"Data pelanggan merupakan salah satu data yang paling penting digunakan dalam OVO untuk menjalankan strategi dan mencapai visi perusahaan. Untuk itu dibutukan strategi yang baik dalam melakukan pengelolaan data pelanggan tersebut untuk mendapatkan kualitas data yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat kematangan pengelolaan kualitas data yang saat ini dilakukan dan memberikan strategi manajemen kualitas data berdasarkan kerangka kerja Loshin (2011) dan DAMA-DMBOK. Dari hasil pengukuran tingkat kematangan didapatkan bahwa secara umum pengelolaan data kualitas di OVO sudah berada di level 3 (defined) dengan beberapa dimensi masih berada pada level 2 (repeatable). Selanjutnya dilakukan analisis kesenjangan terhadap harapan yang kemudian menjadi input untuk menyusun strategi manajemen untuk meningkatkan kualitas data di OVO. Adapun rekomendasi strategi manajemen yang disarankan yaitu penggunaan dimensi kualitas data yang diselaraskan dengan hasil review business rules, implementasi single source of truth, membentuk dan menentukan data stewards, membentuk dewan pengawas kualitas data, melakukan sertifikasi sumber data yang terpercaya, memberikan partisipasi terhadap business partner dalam aktifitas DQM, membangun metrik kualitas data yang selaras dengan bisnis, menetapkan SLA, melakukan pemantauan aturan kualitas data, melakukan analisis dampak data, menyusun prosedur terkait DQM, melakukan pelaporan data quality scorecard secara rutin, menggunakan tools dalam pengecekan, menambahkan detail prosedur dalam pengawasan dengan metode otomatis, membangun aturan data yang selaras dengan bisnis, dan melakukan validasi data menggunakan aturan yang sudah didefenisikan.
Customer data is one of the most critical data in OVO to carry out strategies and achieve the company's vision. Therefore, the company requires a good strategy in managing customer data to get better data quality. This research was conducted to measure the current maturity level of data quality management, and provide data quality management strategies based on the Loshin data quality maturity framework and DAMA-DMBOK framework. From the assessment of data quality maturity level, found that in general the quality data management in OVO was already at the third level (Defined), although some dimensions are still at the second level (Repeatable). Furthermore, an analysis of the gap against expectations is conducted which it’s results later become an input for formulating data management strategies to improve data quality in OVO. The results of data management strategy recommendations are use the data quality dimensions that are aligned with the results of reviewing business rules, implementation of a single source of truth, develop data stewards, develop data quality oversight board, certifying reliable data sources, giving participation to business partners in DQM activities, building data quality metrics that are aligned with the business, setting SLAs, monitoring data quality rules, conducting data impact analysis, compiling procedures related to DQM, reporting on data quality scorecards regularly, using tools in checking, adding detailed procedures for data monitoring with automated methods, develop data rules that comply with business, and perform data validation using predefined."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Boyd, Susan
"Do you sometimes think that your learners are not transferring their software skills for use on the job? This Infoline explains the steps needed to provide a job-oriented approach to software training plus follow-up training. It includes suggestions for adapting this approach for diverse groups and sample forms and checklists."
Alexandria, VA: [American Society for Training & Development Press, American Society for Training & Development Press], 2001
e20428871
eBooks Universitas Indonesia Library
Rowley, J.E.
Aldershot, Hants, England ; Brookfield, Vt., USA: Ashgate, 1992
025.5 ROW o
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Nuzulul Ilma
"Proses onboarding telah ditemukan memberikan manfaat bagi produktivitas karyawan dalam jangka panjang di sebuah organisasi. Metode onboarding lambat laun telah bergeser dengan menggunakan daring, luring, atau blended. Penelitian ini akan menganalisis lebih jauh mengenai pengaruh onboarding terhadap job performance melalui peran mediasi affective commitment, work engagement, dan employee creativity dengan Metode Onboarding sebagai Moderator. Data dari 204 karyawan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan onboarding yang efektif dapat meningkatkan affective commitment, work engagement, dan employee creativity. Selain itu, variabel-variabel tersebut juga ditemukan memediasi pengaruh onboarding terhadap job performance, kecuali affective commitment. Metode onboarding juga ditemukan signifikan memoderasi pengaruh onboarding terhadap job performance.
The onboarding process has been found to provide long-term benefits to employee productivity. The method has gradually shifted to online, offline, or blended. This study will further analyze the effect of onboarding on job performance through the mediating role of affective commitment, work engagement, and employee creativity using onboarding method as moderator. Data from 204 employees were analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results showed that effective onboarding could increase work engagement, affective commitment, and employee creativity. In addition, these variables mediate onboarding on job performance, except for affective commitment. The onboarding method was also found significantly moderate the effect of onboarding on job performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hutabarat, Argado Insani
"Tesis ini membahas tentang pengaruh tingkat ukuran konsentrasi portofolio kredit terhadap kinerja bank di masa Pandemi COVID-19, yang menjadi penting karena bank harus mengambil kebijakan yang tepat untuk menghindari risiko gagal bayar akibat guncangan ekonomi selama Pandemi COVID-19. Sifat penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode estimasi EGLS pada data panel dari 47 bank umum yang go public di Indonesia selama tahun 2016–2021. Dalam penelitian ini, Hirschman-Herfindahl Index (HHI) berdasarkan sektor ekonomi digunakan sebagai ukuran konsentrasi portofolio kredit. Riset ini mengungkapkan bahwa konsentrasi portofolio kredit akan mengurangi risiko kredit yang diukur dengan proksi rasio kredit bermasalah (non performing loan/ non performing financing) sebelum pandemi COVID-19. Sebaliknya, saat pandemi COVID-19 konsentrasi portofolio kredit akan meningkatkan risiko kredit. Di sisi lain, portofolio kredit yang terkonsentrasi akan membuat profitabilitas bank yang diukur dengan return on equity (ROE) semakin menurun sebelum pandemi COVID-19, namun sesudah pandemi COVID-19 konsentrasi portfolio justru meningkatkan profitabilitas bank. Hasil penelitian menyarankan bank untuk melakukan strategi diversifikasi agar dapat mengurangi risiko kredit.
This research discusses the effect of the level of concentration of credit portfolios on bank performance during the COVID-19 pandemic, which is important because banks must take appropriate policies to avoid the risk of default due to economic shocks during the COVID-19 pandemic. The nature of this research is quantitative, using the EGLS estimation method on panel data from 47 commercial banks that went public in Indonesia during 2016–2021. In this study, the Hirschman-Herfindahl Index (HHI) based on economic sector is used as a measure of the concentration of the credit portfolio. This research reveals that the concentration of the credit portfolio will reduce credit risk as measured by the ratio of non-performing loans (non-performing financing) before the COVID-19 pandemic. On the other hand, after the COVID-19 pandemic, the concentration of the credit portfolio will increase credit risk. On the other hand, a concentrated credit portfolio will reduce bank profitability as measured by return on equity (ROE) before the COVID-19 pandemic, but after the COVID-19 pandemic, portfolio concentration actually increases bank profitability. The results suggest that banks should carry out a diversification strategy in order to reduce credit risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fiqi Adam Pamungkas
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor individual, dukungan universitas, lingkungan organisasi, dan karakteristik pekerjaan terhadap career adaptability para mahasiswa peserta Magang Merdeka. Peneliti melakukan penyebaran kuesioner secara daring kepada para mahasiswa peserta Magang Merdeka (N=211) untuk pemerolehan data. Pengukuran career adaptability menggunakan CAAS-International, setelah itu pada faktor kepuasan magang yang meliputi faktor individual, dukungan universitas, lingkungan organisasi, dan karakteristik pekerjaan peneliti menggunakan alat ukur yang dibuat oleh Hussien dan La Lopa (2018). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi menggunakan Pearson Product Moment, analisis asumsi uji klasik, dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil regresi berganda ditemukan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama pada faktor individual, dukungan universitas, lingkungan organisasi, dan karakteristik pekerjaan terhadap career adaptability dengan R=0.674, F=42.940, dan p < 0.05. Artinya bahwa peningkatan secara bersama-sama pada variabel IV menyebabkan career adaptability juga akan semakin tinggi.
This research aims to determine the influence of individual factors, university support, organizational environment, and job characteristics on the career adaptability of students participating in the Magang Merdeka. To obtain data, researchers distributed online questionnaires to students participating in the Magang Merdeka (N = 211). We measured career adaptability using CAAS-International; subsequently, the internship satisfaction factors included individual factors, university support, organizational environment, and job characteristics, researchers used measuring tools created by Hussien and La Lopa (2018). This research uses descriptive analysis, Pearson Product Moment correlation analysis, classical test assumption analysis, and multiple regression analysis. The results of multiple regression found a simultaneous influence of individual factors, university support, organizational environment, and job characteristics on career adaptability, with R = 0.674, F = 42.940, and p < 0.05. These findings show that career adaptability will increase along with an increase in variable IV simultaneously. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Irfan Harridhi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana urutan ekspektasi mahasiswa akuntansi sebelum menjalani program magang bagaimana urutan persepsi mahasiswa akuntansi setelah menjalani program magang bagaimana urutan gap yang muncul dari perbedaan ekspektasi dan persepsi dan bagaimana tingkat kepuasan secara keseluruhan terhadap program magang. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data Sampel yang digunakan adalah sebanyak 263 responden yang tersebar di Jabodetabek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspektasi tertinggi mahasiswa akuntansi terhadap program magang adalah variabel pengalaman kerja kemampuan teknis dan pengembangan diri Ekspektasi terendah mahasiswa akuntansi terhadap program magang adalah variabel upah tunjangan kerja dan tekanan kerja. Persepsi tertinggi mahasiswa adalah variabel hubungan kerja kemampuan teknis identifikasi kelemahan dan kekuatan. Persepsi terendah mahasiswa akuntansi adalah atasan yang adil dan bijaksana tunjangan kerja dan upah Gap terendah adalah variabel penerapan teori upah kompetitif atasan yang adil dan bijaksana. Tingkat kepuasan mahasiswa akuntansi adalah sebesar 7,1558 dari skala 10
This study aims to find the expectation rank of accounting students before join the internship program the perception rank of accounting students after completed the internship program the gap rank that arised from expectations and perceptions difference and how is the overall satisfaction towards internship program. This study used questionnaires to collect the data The total samples are 263 respondents The result of this study shows that the highest expectations of accounting students towards internship program are working experience technical abilities and self development. While the lowest expectations of accounting students towards internship program are competitive salaries competitive fringe and working pressure. The highest perception of accounting student towards internship program are working relationship technical abilities and ability to identify the strenghtness and weakness of themselves. While the lowest perception of accounting students are fair and thoughtful superior competitive salaries competitive fringe. The lowest gap are able to implement the theory competitive salaries fair and thoughtful superior The overall satisfaction of accounting students towards internship program is 7,1558 from 10 point scale."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61661
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lim, Wayan Setiady
"Untuk menulis skripsi ini, penulis melakukan studi literatur untuk mengetahui cara menyusun metode kerja yang lebih baik. Kemudian dilakukan peninjauan ke PT ""X"" untuk mengetahui proses produksi dan metode pengerjaan kaos di perusahaan tersebut. Kemudian metode kerja tersebut dianalisis. Lalu disusun metode kerja yang baru dengan disertai studi literatur untuk mencari jalan keluar untuk permasalahan yang ada. Dalam skripsi ini diuraikan tentang metode pengerjaan kaos pada PT ""X"". Metode kerja tersebut mencakup keseluruhan proses yang dilakukan terhadap barang mulai dari penerimaan bahan baku sampai pengiriman barang jadi. Metode kerja tersebut masih diterapkan sampai penulisan skripsi ini selesai. Selain itu, skripsi ini juga menguraikan hasil analisis yang dilakukan dan metode kerja baru yang lebih baik. Penilaian metode kerja tersebut dilakukan dengan berdasarkan jumlah proses yang dilakukan di masing-masing bagiannya. Metode kerja tersebut dijabarkan beserta tindakan-tindakan yang perlu dilakukan untuk menerapkan metode kerja baru tersebut. Melalui skripsi ini diharapkan perusahaan dapat menekan biaya produksi kaos dan meningkatkan kapasitas produksi dengan menerapkan metode kerja baru yang dijabarkan pada skripsi ini."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S49869
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jasmine Finiandria Kushandita
"Program magang yang tersedia untuk mahasiswa memberikan berbagai manfaat untuk pengembangan keterampilan dan pengalaman profesional mahasiswa. Namun, mahasiswa juga dihadapkan dengan kesulitan terkait dengan tuntutan pekerjaan yang dapat menyebabkan stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara stres kerja dan keterlibatan kerja serta peran moderasi dari perceived social support pada mahasiswa magang. Partisipan berjumlah 107 mahasiswa aktif Universitas Indonesia berusia 18-25 tahun yang sedang melakukan magang. Penelitian ini menemukan bahwa 24,6% varians skor keterlibatan kerja dapat dijelaskan oleh stres kerja dan perceived social support secara signifikan (p<0,05). Stres kerja (β=-0,272, t(103)=-3,589, p<0,05) dan perceived social support (β=0,269, t(103)=4,541, p<0,05) berhubungan dengan keterlibatan kerja mahasiswa magang secara signifikan. Hasil analisis moderasi menunjukkan bahwa perceived social support tidak dapat memoderasi hubungan stres kerja dan keterlibatan kerja mahasiswa magang (β=0,0045, t(103)=0,6063, p>0,05).
.The internship programs for university students provide various benefits for skill developments and professional experiences. However, students are also faced with difficulties related to job demands that may cause job stress. This study aimed to examine the relationship between job stress and job involvement and the moderating role of perceived social support in internship students. The 107 participants were active Universitas Indonesia students aged 18-25 years old who were doing internships. This study found that 24.6% of the variance in job involvement scores could be explained by job stress and perceived social support significantly (p<.05). Job stress (β=-.272, t(103)=-3.589, p<.05) and perceived social support (β=.269, t(103)=4.541, p<.05) were significantly associated with interns' job involvement. The moderation analysis results showed that perceived social support could not moderate the relationship between job stress and job involvement of student interns (β=.0045, t(103)=.6063, p>.05)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library