Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 211829 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nicky Adam Haykhal
"Penelitian ini meneliti hubungan antara adverse childhood experiences (ACE) dan perilaku promosi kesehatan pada mahasiswa Jabodetabek di masa pandemi Covid-19. Perilaku promosi kesehatan adalah berbagai tindakan yang secara sadar dilakukan individu untuk meningkatkan kondisi fisik dan mental serta terhindar dari penyakit. Perilaku ini terdiri dari 6 dimensi yaitu aktivitas fisik, nutrisi, tanggung jawab kesehatan, hubungan interpersonal, manajemen stres, dan pertumbuhan spiritual. Adverse childhood experiences (ACE) adalah pengalaman tidak menguntungkan di bawah usia 18 tahun yang berpotensi traumatis. ACE terdiri dari 3 tipe, yaitu kekerasan, pengabaian, dan tantangan rumah tangga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Perilaku promosi kesehatan dan ACE mahasiswa Jabodetabek (N = 170) diukur menggunakan Health Promoting Lifestyle Profile-II (HPLP-II) dan ACE-Questionnaire (ACE-Q). Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara total keseluruhan skor perilaku promosi kesehatan dan ACE (r (170) = -,055, > 0,05, two tails). Lebih lanjut, terdapat hubungan negatif yang signifikan pada dua dimensi perilaku promosi kesehatan yaitu hubungan interpersonal (r (170) = -0,181, p < 0,05, two tails) dan pertumbuhan spiritual (r(170) = -0,167, p < 0,05, two tails) dengan tipe ACE pengabaian.

This study examines the relationship between adverse childhood experiences (ACE) and health promoting behavior in Jabodetabek university students during the Covid-19 pandemic. Health promoting behavior is various actions that are consciously taken by individuals to improve physical and mental conditions and avoid disease. This behavior consists of 6 dimensions, namely physical activity, nutrition, health responsibilities, interpersonal relationships, stress management, and spiritual growth. Adverse childhood experiences (ACE) is a potentially traumatic childhood experiences under the age of 18. ACE consists of 3 types, namely abuse, neglect, and household challenges. This research is a quantitative research with correlational method. Health promoting behavior and ACE in Jabodetabek students (N = 170) were measured using the Health Promoting Lifestyle Profile-II (HPLP-II) and ACE-Questionnaire (ACE-Q). The results of the study generally stated that there was no relationship between the total overall health promoting behavior score and ACE (r (170) = -0.055, > 0.05, two tails). Furthermore, there is a significant negative relationship on two dimensions of health promoting behavior, namely interpersonal relationships (r (170) = -0.181, p < 0.05, two tails) and spiritual growth (r(170) = -0.167, p < 0 .05, two tails) with type ACE neglect."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rochmad Adi Baskoro
"Adverse childhood experiences (ACE) yang terjadi pada mahasiswa di Indonesia menunjukkan prevalensi yang tinggi. ACE pada mahasiswa mempengaruhi kondisi kesehatan psikososial mereka. Penelitian ini memiliki tujuan ini untuk mengetahui bagaimana gambaran ACE dan strategi koping pada mahasiswa Universitas Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang dilakukan dengan analisis deskriptif dengan total responden 121 mahasiswa yang terdiri dari 49 laki-laki dan 72 perempuan dari rentang usia 19-22 tahun. Temuan data penelitian didapatkan bahwa mayoritas mahasiswa Universitas Indonesia mengalami ACE yaitu 116 (95,9%) mahasiswa memiliki pengalaman ACE; 5 (4,1%) mahasiswa tidak memiliki pengalaman ACE; 87 (71,9%) mahasiswa mengembangkan problem-focused coping; 29 (24%) mahasiswa mengembangkan emotion-focused coping; 5 (4,1%) mahasiswa mengembangkan avoidant coping). Maka dari itu perlu adanya perhatian khusus terhadap kondisi ini pada mahasiswa Universitas Indonesia untuk mengantisipasi dampak-dampak negatif terhdap kesehatan psikososial mahasiswa.

Adverse childhood experiences (ACE) that occur in university students in Indonesia show a high prevalence. ACE in college students affects their psychosocial health conditions. This study has this goal to find out how the description of ACE and coping strategies in University of Indonesia students. This research is a quantitative research conducted using descriptive analysis with a total of 121 student respondents consisting of 49 males and 72 females from the age range of 19-22 years. The findings of the research data found that the majority of students at the University of Indonesia experienced ACE, namely 116 (95.9%) students had experience of ACE; 5 (4.1%) students had no ACE experience; 87 (71.9%) students developed problem-focused coping; 29 (24%) students develop emotion-focused coping; 5 (4.1%) students develop avoidant coping). Therefore, it is necessary to pay special attention to this condition in University of Indonesia students to anticipate negative impacts on students' psychosocial health."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clara Angela Chantika Putri
"Adverse Childhood Experiences (ACE) atau pengalaman masa kecil yang menyakitkan berhubungan dengan masalah kesehatan di masa dewasa. Salah satu dampak ACE adalah individu mungkin mengalami kesulitan dalam menjalani kedekatan dengan orang lain. Studi ini merupakan studi kualitatif yang ditujukan untuk menelusuri bagaimana individu memaknai ACE serta bagaimana implikasinya pada perilaku kelekatan individu di masa dewasa, terutama dalam konteks hubungan Friends With Benefits (FWB) – yakni hubungan yang menyatukan aspek pertemanan dan intimasi secara fisik, tanpa melibatkan komitmen romantis. Studi ini mencakup enam informan (empat informan yang sedang menjalani hubungan FWB dan dua informan yang pernah menjalani hubungan FWB, namun saat ini sedang menjalani hubungan pacaran) berusia antara 19-25 tahun. Informan yang dilibatkan merupakan individu-individu dengan skor Childhood Trauma Questionnaire – Short Form (CTQ-SF) (Bernstein dkk., 2003) yang tergolong parah. Proses wawancara dilakukan secara daring dan direkam. Hasil rekaman diubah menjadi data transkrip, kemudian dianalisis secara tematis. Hasil studi ini menunjukkan bahwa ACE dapat mengganggu kelekatan antara anak dan figur pengasuhnya. Hal itu yang kemudian memicu kecenderungan individu untuk mengembangkan ekspektasi yang negatif tentang diri sendiri atau orang lain. Dalam studi ini, lima informan pernah menjadi korban perselingkuhan dalam hubungan romantis. Ekspektasi negatif akibat ACE dan pengalaman dikhianati oleh pasangan romantis semakin mengganggu rasa aman pada individu, sehingga memicu keterlibatan dalam hubungan FWB. Hubungan FWB memungkinkan individu untuk merasa dekat dengan orang lain, meskipun hal tersebut mungkin bersifat sementara dan tidak membantu individu menemukan kelekatan yang aman. Studi ini dapat menjadi psikoedukasi mengenai pengalaman traumatis dan pola relasi berisiko.

Adverse Childhood Experiences (ACEs) are related to health problems in adulthood. One of the impacts of ACE is the difficulty in maintaining closeness with others. This qualitative study explores how individuals interpret ACEs and their implications on attachment behavior in adulthood, particularly in Friends With Benefits (FWB) relationships – a relationship that combines aspects of friendship and sexuality without romantic commitment. This study included six informants (four informants in FWB relationships and two informants who have had FWB relationships but are now in romantic relationships) aged 19-25 years. The informants had a Childhood Trauma Questionnaire – Short Form (CTQ-SF) score (Bernstein et al., 2003), classified as severe. The interview process was conducted online and recorded. The results were converted into transcript data and thematically analyzed. The results of this study indicate that ACEs can interfere with the attachment between children and their caregivers. It triggers the individual's tendency to develop negative expectations about oneself or others. In this study, five informants had been victims of infidelity in romantic relationships. Negative expectations due to ACEs and the experience of being betrayed by a romantic partner further interfere with the individual's sense of security, thus triggering involvement in the FWB relationships. FWB relationships allow individuals to feel close to others, even though this relationship may be temporary, and does not help individuals to be securely attached. This research can be used for psychoeducation about traumatic experiences and risky sexual behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadifa Ulayya Kumoratih
"Bedtime procrastination yang didefinisikan sebagai penundaan waktu tidur tanpa adanya alasan eksternal ditemukan terjadi pada mahasiswa dan pekerja selama masa pandemi Covid-19, sebagai dampak dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Perilaku bedtime procrastination sendiri ditemukan berhubungan dengan beberapa variabel lain, salah satunya adalah subjective well-being. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan antara perilaku bedtime procrastination yang dilakukan oleh mahasiswa dan pekerja dengan subjective well-being mereka khususnya pada masa pandemi Covid-19, serta menjelaskan bagaimana dinamika perilaku bedtime procrastination pada sampel yang sama. Penelitian dilakukan pada 278 sampel, yang terdiri dari 143 orang mahasiswa dan 135 orang pekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara bedtime procrastination dengan subjective well-being, serta tidak ditemukannya perbedaan perilaku bedtime procrastination antara kelompok mahasiswa dan pekerja.

Bedtime procrastination, defined as going to bed later than intended with no external reasons for doing so were found to occur in college students and workers during the Covid-19 pandemic, as the result of Pembatasan Sosial Berskala Besar policy. The behaviour itself was found to be related with several variables, one of which was subjective well-being. This study aims to explain whether there is a relationship between bedtime procrastination and subjective well-being in college students and workers especially during the Covid-19 pandemic, and also to explain whether there is a different between college students and workers in term of bedtime procrastination in the same sample. The study was conducted on 278 samples, consisting of 143 students and 135 workers. This study found that there was a significant negative relationship between bedtime procrastination and subjective well-being, and also there were no significant differences found in the term of bedtime procrastination behaviour between groups of college students and workers."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vanda Pebruarini
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengalaman buruk masa kecil dan kecenderungan malingering pada partisipan yang merupakan warga binaan di lembaga pemasyarakatan. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa terdapat kecenderungan untuk melakukan malingering pada korban yang pernah mengalami kekerasan seksual di masa kecil, karena adanya keuntungan eksternal yang diharapkan. Malingering kerap kali muncul pada warga binaan. Warga binaan juga ditemukan seringkali mengalami pengalaman buruk masa kecil. Partisipan berjumlah 86 warga binaan yang diminta untuk mengisi kuesioner Adverse Childhood Experience International Questionnaire (ACE-IQ) milik WHO (2011) dan Structured Inventory of Malingered Symptomatology (SIMS) milik Smith dan Burger (1997), yang kemudian diolah dengan mengunakan Pearson Correlations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman buruk masa kecil dan kecenderungan malingering pada warga binaan dewasa di Lembaga Pemasyarakan Salemba, Cipinang, dan Cibinong.

ABSTRACT
This study is conducted to determine the relationship between adverse childhood experiences and the tendency of malingering among prisoner participants. Previous research found that victims who have experienced childhood sexual abuse have a tendency for malingering, because of the external incentive expected. Malingering often arise on inmates. Inmates also found that often got adverse childhood experiences. 86 inmates were asked to fill Adverse Childhood Experience International Questionnaire (ACE-IQ) made by WHO (2011) and Structured Inventory of Malingered Symptomatology (SIMS) made by Smith and Burger (1997). The data were then processed by using Pearson Correlations. The results of the find that there is a significant relationship between adverse childhood experiences and the tendency of malingering among adult inmates at the Lembaga Pemasyarakan Salemba, Cipinang, and Cibinong."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S65480
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Valencie
"Pengalaman buruk masa kecil menjadi suatu kejadian yang dampaknya besar bagi seseorang. Pengaruhnya dapat berlanjut hingga tahapan perkembangan selanjutnya dalam kehidupan. Kini, di Indonesia terdapat peningkatan kasus penganiayaan dan penelantaran anak. Pemahaman umum menekankan pengaruh negatif dari pengalaman buruk masa kecil. Namun, hal ini berbeda dengan yang ditemukan pada kasus kehidupan nyata, di mana individu yang mengalami pengalaman buruk masa kecil mengembangkan resiliensi dan perilaku prososial yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pengalaman buruk masa kecil dan perilaku prososial pada populasi dewasa muda di Indonesia. Partisipan penelitian ini adalah 275 individu berusia 18-29 tahun yang berdomisili di Indonesia. Pengalaman buruk masa kecil diukur menggunakan alat ukur Adverse Childhood Experience International Questionnaire (ACE-IQ) dan perilaku prososial diukur menggunakan Prosocialness Scale for Adults (PSA). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi frekuensi pengalaman buruk masa kecil (M=39,51, SD=9,31), akan diikuti dengan penurunan frekuensi kecenderungan perilaku prososial (M=61,56, SD=9,56). Dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia perlu menciptakan pengalaman yang baik di masa kecil, sehingga perilaku membantu di masa dewasa muda pun meningkat.

Adverse Childhood Experience (ACE) becomes an impactful event for someone. Its influence can continue into later stages of development in life. In Indonesia, there is an increase in cases of child abuse and neglect. Common understanding emphasizes the negative effects of ACE. However, this differs from what is found in real life cases, where individuals who experience ACE develop resilience and high prosocial behavior. This study aims to examine the relationship between ACE and prosocial behavior in emerging adults in Indonesia. The participants of this study were 275 individuals aged 18-29 who live in Indonesia. ACE were measured using the Adverse Childhood Experience International Questionnaire (ACE-IQ) and prosocial behavior was measured using the Prosocialness Scale for Adults (PSA). The results of the research analysis showed that the higher the frequency of negative childhood experiences (M=39.51, SD=9.31), the lower the frequency of prosocial behavior tendencies (M=61.56, SD=9.56). This demonstrates how Indonesians need to create good experiences in childhood, in order to help increase prosocial behavior in emerging adulthood."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Fairuz Mumtaz
"Ide bunuh diri menjadi tanda krusial sebelum terjadinya upaya bunuh diri. Pengalaman buruk di masa kecil dilihat sebagai faktor yang berpengaruh pada munculnya ide bunuh diri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pengalaman buruk di masa kecil dan ide bunuh diri pada mahasiswa. Partisipan pada penelitian adalah 476 mahasiswa Indonesia berusia 18-25 tahun. Pengukuran ide bunuh diri menggunakan Depressive Symptom Index – Suicidal Subscale (DSI-SS) sementara pengukuran pengalaman buruk di masa kecil menggunakan World Health Organization Adverse Childhood Experiences International Questionnaire (WHO ACE-IQ). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara ide bunuh diri dan pengalaman buruk di masa kecil pada mahasiswa Indonesia (r=0,194, n=476, p<0,01).

Suicidal ideation was a crucial sign before a suicide attempt occurs. Adverse childhood experience was seen as a factor that influenced the emergence of suicidal ideation. This study aims to examined the relationship between adverse childhood experience and suicidal ideation in college students. Participants were 476 Indonesia college students aged 18-25 years. The suicidal ideation was measured with Depressive Symptom Index – Suicidal Subscale (DSI-SS) while the measurement of adverse childhood experience used the World Health Organization Adverse Childhood Experiences International Questionnaire (WHO ACE-IQ). The results showed that there was a significant positive relationship between suicidal ideation and adverse childhood experience in Indonesian college students (r=0,194, n=476, p<0,01)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Fadilah
"
Isu kesehatan jiwa dan mental terus menunjukkan prevalensi yang signifikan dalam masyarakat saat ini. Hal ini dapat disebabkan salah-satunya dari kurangnya kemampuan individu dalam regulasi emosi. Emosi merupakan aspek psikologis yang perannya sangat penting dalam menentukan kualitas perilaku manusia. Kemampuan regulasi emosi seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu masa kecil kurang menyenangkan atau Adverse Childhood Experiences. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Adverse Childhood Experiences dengan regulasi emosi pada individu dewasa muda. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan instrumen penelitian Adverse Childhood Experiences 10 Questionnaire dan Emotion Regulation Questionnaire yang diberikan kepada responden sebanyak 100 orang dewasa muda yang berdomisili di kecamatan Kiaracondong, kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Adverse Childhood Experiences dengan regulasi emosi pada responden (p=0.503>0,05). Diperlukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain seperti tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan, dan dukungan sosial yang dapat mempengaruhi regulasi emosi.

Mental health issues continue to show significant prevalence in today's society. This can be caused by a lack of individual ability in emotional regulation. Emotion is a psychological aspect that plays a very important role in determining the quality of human behavior. A person's ability to regulate emotions is influenced by several factors, one of which is an unpleasant childhood or Adverse Childhood Experiences. The purpose of this study was to determine the relationship between Adverse Childhood Experiences and emotional regulation in young adults. The research design used was cross-sectional with the research instruments Adverse Childhood Experiences 10 Questionnaire and Emotion Regulation Questionnaire given to 100 young adults domiciled in Kiaracondong District, Bandung City. The results showed that there was no significant relationship between Adverse Childhood Experiences and emotional regulation in respondents (p = 0.503> 0.05). Further research is needed on other variables such as level of knowledge, level of education, and social support that may influence emotion regulation."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghaisani Widhyasetyanti
"Manusia dan teknologi tidak lagi dapat dipisahkan. Seluruh aspek kehidupan menuntut individu menyita waktu untuk menggunakannya sehari-hari. Beberapa individu dengan latar belakang adverse childhood experiences atau pengalaman traumatis sangat mungkin menggunakan internet sebagai strategi stress coping yang paling mudah. Tidak jarang strategi coping ini menyebabkan masalah-masalah dalam keseharian, alih-alih memberikan relief pada penggunanya. Problematic Internet Use terjadi saat penggunaan internet mengganggu aktivitas serta kesehatan mental dan fisik seseorang. Salah satu cara yang dapat mengurangi efek negatif ini adalah memaafkan pengalaman sulit di masa lalu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran forgiveness sebagai moderator dalam hubungan adverse childhood experiences dan problematic internet use. Partisipan penelitian terdiri dari 213 orang dewasa (usia 18-38 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa forgiveness tidak memoderasi hubungan adverse childhood experiences dengan problematic internet use. Hasil didiskusikan lebih jauh dalam laporan penelitian ini.

Humans and the technology are no longer separate. Every aspect of life requires individuals to use it every day. Some individuals with a background of adverse childhood or traumatic experiences are very likely to use the internet as the most effortless stress-coping strategy. Not infrequently, this strategy causes health problems, instead of providing relief to its users. Problematic Internet Use occurs when Internet use interferes with a person’s real-life activities and mental and physical health. One way to reduce these negative effects is to perform forgiveness for the difficult time in the past. This study aims to determine the role of forgiveness as a moderator of the relationship between adverse childhood experiences and problematic internet use. The study participants comprised 213 adults (aged 18-38 years). The results showed that forgiveness did not moderate the relationship between adverse childhood experiences and problematic internet use. Results are further discussed in this paper."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dendi Dharmawan
"Kondisi pandemi COVID-19 membuat seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring dan memicu kurangnya aktivitas fisik yang nantinya dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dan perilaku sedentari dengan kualitas tidur pada mahasiswa kesehatan selama pandemi COVID-19. Desain penelitian yang digunakan yaitu analitik deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini melibatkan 213 mahasiswa kesehatan di rumpun ilmu kesehatan dengan menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen yang digunakan yaitu International Physical Activity Questionnaire Short Form (IPAQ-SF), Sedentary Behaviour Questionnaire (SBQ), dan Pittsburg Sleep Quality Index (PSQI). Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan Chi-square menghasilkan tidak adanya hubungan antara aktivitas fisik dengan kualitas tidur (p=0,636; α=0,05) dan menggunakan uji Spearman antara perilaku sedentari dengan kualitas tidur (p=0,808; α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pengajar/dosen dapat membuat sesi khusus untuk peregangan setelah beberapa jam selama mengajar agar dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk melakukan aktivitas fisik dan menjaga tidur dikala pandemi.

The COVID-19 pandemic condition makes all learning activities became online and triggers a lack of physical activity which can affect sleep quality. This study aims to determine the relationship between physical activity and sedentary behavior with sleep quality in health students during the COVID-19 pandemic. This research was used analytical descriptive with a cross-sectional approach. There were 213 health students in the health sciences group who participated by using convenience sampling technique. The instruments used are International Physical Activity Questionnaire Short Form (IPAQ-SF), Sedentary Behavior Questionnaire (SBQ), and Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). The results of research analyzed by using Chi-square method and showed no relationship between physical activity and sleep quality (p = 0.636; = 0.05) and using Spearman test between sedentary behavior and sleep quality (p = 0.808; = 0.05). Based on the results of the study, teachers/lecturers can create special sessions for stretching after a few hours during teaching in order to increase students' motivation to do physical activity and maintain sleep during the pandemic."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>