Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 166657 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mutiara Devianti
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan academic self-concept dan penyesuaian diri mahasiswa baru lintas jurusan dan sejurusan di perguruan tinggi Indonesia serta menguji hubungan antara academic self-concept dan penyesuaian diri tersebut. Mahasiswa lintas jurusan merupakan mahasiswa rumpun Sosial dan Humaniora (Soshum) yang berasal dari jurusan IPA di SMA atau mahasiswa rumpun Sains dan Teknologi (Saintek) yang berasal dari jurusan IPS dan Bahasa di SMA sementara mahasiswa sejurusan merupakan mahasiswa Soshum dari jurusan IPS dan Bahasa atau mahasiswa Saintek dari jurusan IPA. Mahasiswa lintas jurusan mengalami ketidaksesuaian antara jurusan dengan latar belakang pendidikannya. Responden penelitian adalah mahasiswa angkatan 2021 program sarjana yang berkuliah secara daring (N = 378). Data diperoleh secara daring menggunakan teknik non-probabilty sampling dan diolah menggunakan Mann-Whitney U Test dan Spearman’s Rank pada SPSS. Ditemukan bahwa academic self-concept mahasiswa sejurusan secara signifikan lebih rendah, tetapi penyesuaian diri secara signifikan lebih tinggi dari mahasiswa lintas jurusan, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara academic self-concept dan penyesuaian diri mahasiswa. Penelitian selanjutnya dapat membandingkan academic self-concept mahasiswa lintas jurusan dan mahasiswa sejurusan di awal perkuliahan dan di akhir perkuliahan tingkat 1 dan menggunakan teknik stratified random sampling dalam memilih responden agar setiap kelompoknya memiliki perwakilan yang setara dalam sampel.

This research aims to investigate the difference of academic self-concept and college adjustment between cross-major students and same-major students in Indonesian higher education, and to test the correlation between academic self-concept and college adjustment. Cross-major students are Social and Humanities students who graduated from Science major in high school or Science and Technology students who graduated from Social and Language major meanwhile same-major students are Social and Humanities students from Social and Language major or Science and Technology students from Science major. What cross-major students learn in college differs from their educational background. The respondents of this study are year 2021 college freshmen who are in a full online learning system (N = 378). Data were gathered using an online survey with non-probability sampling technique and processed with Man-Whitney U Test and Spearman’s Rank on SPSS. The result showed that same-major students have lower academic self-concept but higher college adjustment and showed a significant positive correlation between academic self-concept and college adjustment.For further research, it is suggested to compare cross-major students' and same-major students' academic self-concept at the beginning and end of freshman year and use stratified random sampling technique to have an equal number of respondents in every group."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadila Khumaera Ridwan
"Kurang meratanya kualitas pendidikan di Indonesia mendorong para pelajar untuk pergi ke kota lain untuk mendapatkan pendidikan terbaik, atau disebut sebagai mahasiswa rantau. Pada saat baru memasuki dunia perkuliahan, mahasiswa rantau dipercaya memiliki permasalahan khusus karena adanya perbedaan budaya, kebiasaan, dan Bahasa. Selain itu, situasi Pandemi COVID-19 mengakibatkan para mahasiswa rantau harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (daring). Adanya rintangan dalam memasuki dunia perkuliahan tersebut membuat mahasiswa rantau sulit untuk yakin kepada dirinya dan dapat mengakibatkan konsep diri akademis yang negatif. Hal tersebut dapat diatasi salah satunya dengan kemampuan penyesuaian diri yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara penyesuaian diri mahasiswa dan konsep diri akademis pada mahasiswa rantau di Indonesia. Partisipan pada penelitian ini merupakan mahasiswa S1 angkatan 2021 yang tinggal di kota yang berbeda dengan asal universitasnya (N = 207). Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Pearson Correlation pada SPSS ditemukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penyesuaian diri mahasiswa dan konsep diri akademis. Hasil penelitian dapat dijadikan landasan untuk penelitian lanjutan serta persiapan bagi mahasiswa baru yang merantau untuk menghadapi dunia perkuliahan.

The uneven quality of education in Indonesia encourages students to go to other cities to get the best education, or referred to as sojourner students. When they just enter the world of lectures, sojourner students are believed to have special problems due to differences in culture, habits, and language. In addition, the COVID-19 pandemic situation has resulted in sojourner students having to take distance learning (online). The existence of obstacles in entering the world of lectures makes it difficult for sojourner students to believe in themselves and can lead to a negative academic self-concept. One of them can be overcome with the ability of college adjustment. Therefore, this study aims to examine the relationship between college adjustment and academic self-concept among sojourner students in Indonesia. Participants in this study were undergraduate students from the class of 2021 who lived in a different city from their university origin (N = 207). Based on the results of calculations using the Pearson Correlation on SPSS, it was found that there was a positive relationship between college adjustment and academic self-concept. The results of the research can be used as a basis for further research and preparation for new students who migrate to face the world of lectures."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fredi Afriansyah
"Penyesuaian diri merupakan komponen penting kehidupan manusia karena manusia akan selalu dihadapkan pada permasalahan dan memerlukan penyesuaian diri. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri. Sehari-hari tingkah laku individu dipengaruhi oleh cara pandang mereka terhadap diri mereka. Cara pandang seseorang terhadap diri mereka sendiri disebut konsep diri. Penelitian bertujuan melihat hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri dalam menghadapi permaslahan yang ada pada lingkungan padat penduduk di RW 08 Penjaringan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, survei. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa ada korelasi yang positif antara konsep diri dengan penyesuaian diri dalam menghadapi permaslahan yang ada di masyarakat padat.

Adjustment is an important component in human life because human will always face problems in daily life. There are several factors which affect the adjustment. In the daily life, individual behavior is influenced by their perspective on themselves. Individual perspective on themselves is often called as self-concept. The objective of this research is to see the relationship between self-concept with adjustment in facing the existing problems in overpopulated environment, RW 08, Penjaringan. The method used is quantitative research method, survey. The result shows that there is positive correlation between self-concept and adjustment in facing the existing problems in overpopulated environment."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S45083
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Arya Wiryawan
"ABSTRACT
Prestasi akademis mahasiswa merupakan indikator keberhasilan mahasiswa selama mengenyam ilmu di Perguruan Tinggi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademis seseorang adalah kejelasan konsep diri (self-concept clarity). Penelitian penelitian sebelumnya terkait pengaruh self-concept clarity terhadap prestasi akademis menunjukkan hasil yang berlawanan. Mengacu pada teori self-regulation dan growth mindset, hubungan antara kedua variabel bisa dimediasi oleh variabel grit. Hasil penelitian yang dilakukan pada 349 Mahasiswa Universitas Indonesia semester 3 ke atas menunjukan bahwa grit memediasi secara penuh (fully mediated) pengaruh self-concept clarity terhadap prestasi akademis (indirect effect = 0.0432, BootSE = 0.0128, CI[0.0202,0.0705]).

ABSTRACT
Student academic achievement is an indicator of student success while studying in Higher Education. One factor that can affect one's academic achievement is self-concept clarity. Previous research related to the effect of self-concept clarity on academic achievement shows the opposite results. Referring to the theory of self-regulation and growth mindset, the relationship between the two variables can be mediated by the grit variable. The results of research conducted on 349 University of Indonesia students in semester 3 and above show that grit mediates fully (fully mediated) the effect of self-concept clarity on academic achievement (indirect effect = 0.0432, BootSE = 0.0128, CI [0.0202.0.0705]).
"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harlyna
"Penelitian ini bermula dari adanya keprihatinan UNESCO, UNICEF dan Departernen Pendidikan Nasional terhadap rendahnya mutu pendidikan dasar di ludonesia. Melalui proyek rintisan (pilot project) yang dimulai pada tahun 1999, tiga lembaga tersebut memperkenalkan pembelajaran aktif, krealif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) kepada beberapa SD dan Ml di tiga propinsi yang dipilih. Proyek tersebut mendorong Durori seorang guru SD Negeri 2 Kecila Kabupaten Banyumas untuk membuat 13 modul belajar yang disebut Model Belajar Mandiri (MBM). Meskipun disebut Model Belajar Mandiri, model ini tidak mengacu pada Self-Regulation Learning (SRL). Prinsip-prinsip yang digunakan dalam MBM merupakan beberapa prinsip pendidikan humanistik dan pendekatan Cara Belajar Siswa Alctif (CBSA). Secara garis besar, MBM bertujuan untuk mendorong motivasi belajar intrinsik dan harga diri (self-esteem) siswa.Diharapkan, siswa yang memitiki motivasi belajar intrinsik dan barga diri tinggi akan memiliki prestasi belajar yang tinggi juga.
Penelitian yang dilakukan oleh Gottfried ( 1990) menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar intrinsik dengan prestasi belajar. Sedangkan penelitian tentang adanya hubungan yang signiflkan antara harga diri dan prestasi belajar telah dilakukan oleh Marsh (dalam WoolfOlk, 1995), Wash (dalam Bums, 1979) dan Brookover, Thomas, Paterson, Coopersmith dan Purkey (dalarn Bums, J 979).
Penelitian mengenai hubungan antara motiwsi belajar intrinsik, harga diri dan prestasi belajar memang teiah banyak ditakukan, tetapi sampai saat ini belum ada penelitian yang melihat ketiga hal tesebut pada siswa yang menggunakan MBM. Pemilihan mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia didasarkan pada tujuan pendidikan dasar yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu menanamkan dan mengembangkan kemampuan dasar dalam membaca., berhitung dan ketrampilan memecahkan masalah (Sid~ 2001). Matematika dan bahasa Indonesia dapat mewakili kemampuan dasar tersebut.
Sampel penelitian adalah siswa kelas V dan VI SD Negeri 2 Kecila yang berjumlah 49 siswa dan diperoleh dengan teknik accidental sampling.
Digunakan uji coba (try out) terpakai terhadap alat ukur penelitian karena keterbatasan waktu dan jumlah sampel. Data tentang motivasi belajar intrir.sik (matematika dan bahasa Indonesia) dan harga diri diperoleh melalui kuesioner motivasi belajar intrinsik (matematika dan bahasa Indonesia) serta harga diri yang disusun sendiri oleh peneliti. Sedangkan data prestasi belajar matematika dan bahasa Indonesia diperoleh dari nilai rata-rata ulangan harian, pengamatan, tugas dan pekerjaan rumah serta nilai ulangan umum/ujian akhir semester II. Pengolahan data dilakukan dengan memanfaatkan program SPSS (Statistic Package for Social Science) menggunakan metode analisis regresi dan korelasi Pearson (Pearson Product Moment Correlation).
Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar intrinsik matematika dengan prestasi belajar matematika. Selain itu juga ada hubungan yang signifikan antara harga diri dan prestasi belajar matematika. Berbeda dengan mata pelajaran matematika pada mata pelajaran bahasa Indonesia tidak didapati adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar intrinsik bahasa Indonesia dan prestasi belajar bahasa Indonesia. Harga diri dan prestasi bela jar bahasa Indonesia juga tidak memiliki hubungan yang signifikan.
Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa motivasi belajar intrinsik matematika dan harga diri secara bersama-sama tidak memberikan sumbangan yang signifikan terhadap preslasi belajar matematika. Motivasi belajar intrinsik bahasa Indonesia dan harga diri secara bersama-sama juga tidak memberikan sumbangan yang signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Hal itu diduga karena adanya interaksi variabellain yang tidak diukur dalam penelitaian ini.
Gambaran umum yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa subyek penelitian memiliki motivasi belajar intrinsik (matematika dan bahasa Indonesia), harga diri, prestasi belajar (matematika dan bahasa Indonesia) yang tergolong sedang. Hal tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan.
Untuk penelitian lebih lanjut disarankan untuk melakukan uji coba alat ukur penelitian. Sedangkan untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar intrinsik (matematika dan bahasa Indonesia), harga diri dan prestasi belajar (matematika dan bahasa Indonesia) antara siswa yang menggunakan MBM dan tidak menggunakan MBM disarankan untuk melakukan penelitian kausal-komparatif (expost facto)."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T38804
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martuti Kuntoro
"ABSTRAK
Matematika sebagai salah satu ilmu dasar menjadi komponen esensiai dalam banyak kegiatan hidup. Semakin meningkatnya persaingan di tengah era globalisasi seperti saat ini dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, semakin banyak pula tuntutan terhadap siswa terutama dalam bidang matematika, Hal ini seringkali membuat matematika dianggap sebagai pelajaran yang maha penting oleh siswa., sehingga seringkali menyebabkan timbulnya kecemasan matematika (math anxiety) dalam diri siswa. Kecmasan matematika dapat disebabkan oleh banyak faktor, Flett, Greene, dan Hewitt (2004), menuujukkan adanya hubungan antara self-oriented peifectionism dengan rasa takut yang disebabkan oleh ketakutannya sendiri {anxiety sensitivity), sehlngga siswa yang menetapkan standar tinggi bagi dirinya sendiri sering merasa tidak puas hila tidak mencapai kesempurnaan dan mereka juga seringkali merasa cernas, terutama pad a bidang yang menuntut konsentrasi tinggi seperti matematika. Selain itu, Croley (2003) menyatakan bahwa orang tua yang tidak memberikan bantuan dalam menyelesaikan tugas matematika dan mempunyai tuntutan yang tidak realistis terhada:p kemampuan matematika siswa juga dapat meniugkatkan kecemasan maternatika. Namun, Flett, Hewitt dan Singer (1995) menemukan bahwa bentuk pola asuh orang tua yang otoritarian yaitu orang tua yang terlalu menuntut dan menekankan kepatuhan menyebabkan socially-prescribed perfectionism (perfeksionisme yang ditentukan oleh lingkungan, seperti persepsi seseorang tentang apa yang diharapkan oleh !ingkungan atau masyarakat, termasuk orang tua mereka, terbadap diri mereka). Dalam penelitiannya yang bersifat kualitatif, Croley (2003) juga menemukan babwa karakteristik kepribadian guru dan ketidakmarnpuannya da!am mendidik dapat menyebabkan timbulnya kecemasan dalam diri siswa melebihi faktor~faktor ekstemal Jainnya. Untuk memperjelas hubungan antara variabel perfeksionisme siswa, pola asuh orang tua dan karakteristik guru terhadap kecemasan matematika dan untuk melihat kontribusi terbesar ketiga variabel tersebut secara keseluruhan, dHakukan penelitian yang bersifat kuantitatif dl dua jenis sekolah, yairu SMP Negri dan SMP Swasta dengan menggunakan kuesioner yang diherikan kepada 261 siswa sekolah menengah pertama. HasH penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan perfeksionisme siswa dan pola asuh orang tua tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan kecemasan matematika, sedangkan yang mempunyai hubungan sangat signifikan adalall karaktelistik guru. Namun hasil analisis yang lebih mendalam terhadap dimensi-dimensi dari masing~-masing variabel menunjukkan, bahwa socially prescribed perfectionism dan pola asuh orang tua yang permisif juga mempunyai hubungan yang sangat signifikan terhadap kecemasan matematika. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa bentuk pola asuh orang tua yang otoritarian mempunyai hubungan yang saugat signifikan dengan perfeksionisme siswa dan kedua dimensinya. HasH penelitian yang lebih menda!am pada variabel karakteristik guru membuktikan bahwa dengan memberikan motivasi yang tepat pada saat guru mengajar matematika dan meningkatkan bantuan serta dukungan dari orang tua di rumah dapat mereduksi kecemasan matematika khususnya siswa sekolah menengah pertama. Berdasarkan hal tersebut. maka disarankan kepada para guru matematika untuk lebih mendalaml dan menerapkan teori motivasi yang dikemukakan oleh Jolm KeUer (dalam Reigeluth. 1983) yang sekaiigusjuga meningkatkan kemampuan berpikir siswa.

ABSTRACT
Mathematics is a basic component in many activities of our life. The more competition in teclmology, the more demand to students knowledge of Mathematics. This fact can cause mathematics anxiety among the children. Many other factors could also cause mathematics anxiety. Flett. Greene, and Hewitt (2004). indicated that there is a connections between self-oriented perfectionism and anxiety sensitivity. Students who want to reach a higher degree in mathematics often feel unsatisfaction of themselves and anxiety more than other students. It happens especially to students who failed to reach personal targets in mathematics, which demands from high level of concentration. Croley (2003), explained that parents who don't help their children in their studies of mathematics but have unrealistic demands regarding standard of children's knowledge, these parents could raise children's mathematics anxieties level. Flett, Hewitt, and Singer ( 1995). indicated that authoritarian parent which very demanding and emphasize obedience of their children could cause socially prescribed perfectionism in their children. In his qualitative research, Croley (2003) also found that teacher characteristic and their lack ability of teaching and educating students could cause more anxiety in their students than other external factors. This quantitative research on 261 Junior High School Students purpose is to make it clear how the student's perfectionism. parental authority, and teacher characteristic have a connection ?with mathematics anxiety. The result of this research indicated that student's perfectionism and the parental authority have not a significant relationship with mathematics anxiety generally. But, the result for deeper analyze in the dimension of each variable, indicated that socially prescribed perfectionism and permissive parents have significant relationship with mathematics anxiety especially in Junior High School Students. The result for deeper analyze in the dimension of characteristic teacher, found that motivation for students during mathematics lesson is very important to give in a right time, The motivation's theory that suggested in this study is the John Keller's theory of motivation (in Reigeluth, 1983) that could also improve students' learning capabilities and their thinking skill."
2007
T33726
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deasyanti
"Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku anak dalam belajar adalah faktor situasional, dalam hal ini adalah faktor kelas, di mana anak menghabiskan sebagian besar waktu belajar di sekolah di dalam kelas. Sayangnya kondisi pembelajaran di sekolah di Indonesia belum sampai pada tingkat menjadikan anak menyukai belajar. Beban kurikulum yang sarat dengan mata pelajaran, iklim belajar yang kompetitif merupakan kondisi yang dapat mempengaruhi tujuan anak dalam belajar di mana anak akan berorientasi pada nilai, atau hal ekstnnsik lainnya.
Tujuan yang mendasari seseorang dalam belajar dalam teori motivasi disebut goal orientation (orientasi tujuan) Meece, Blumenfeld 8: Hoyle (1988) mengemukakan bahwa orientasi tujuan merupakan seperangkat intensi berperilaku yang menentukan bagaimana siswa mendekati dan melibatkan diri dalam aktivitas belar. Secara umum, ada dua jenis orientasi tujuan, yaitu orientasi masrery dan performance. Siswa yang memiliki orientasi masrery rnemiliki karakteristik: mementingkan proses belajar, penguasaan materi, menggunakan strategi belajar yang efektif dan membandingkan prestasinya dengan prestasinya sendiri di masa lalu. Sedangkan siswa yang memiliki orientasi performance memiliki karakteristik: fokus pada hasil yang lebih baik dari orang lain, menghindari kelihatan tidak mampu di mata orang lain dan menggunakan strategi belajar yang dangkal.
Agar anak memiliki orientasi masfery, perlu diciptakan lingkungan belajar yang bisa mengarahkan orientasi tersebut. Lingkungan belajar demikian dapat diciptakan guru melalui faktor-faktor kelas yang dijabarkan ke dalam strategi pembelajaran yang berorientasi pada masrery. Faktor-faktor kelas tersebut disebut dengan istilah strulctur kelas. Secara teoritis diduga bahwa pengaruh struktur kelas diperantarai oleh bagaimana siswa mempersepsikan struktur kelasnya. Walaupun berada dalam kelas yang sama, terdapat perbedaan individual dalam bagaimana siswa mempersepsikan pengalamannya dalam kelas.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap strulctur kelas dan orientasi mastery, orientasi performance dan pola orientasi tujuan Juga ingin diketahui apakah ada perbedaan orientasi tujuan, orientasi performance dan pola orientasi tujuan pada kelas yang berbeda. Sampel penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri di kecamatan Menteng Jakarta Pusat, berjumlah 129 orang.
Perhitungan statistik menggunakan unit analisis individu dan unit analisis kelas. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signiflkan antara persepsi siswa terhadap struktur kelas dan orientasi mastery, tetapi tidak ada hubungan antara persepsi siswa terhadap struktur kelas dan orientasi performarrce maupun dengan pola orientasi tujuan. Selanjutnya dalam unt analisis kelas, ditemukan tidak ada perbedaan orientasi mastery siswa pada kelas dengan struktur kelas yang berbeda, tetapi ada perbedaan orientasi performance dan pola orientasi tujuan siswa pada kelas dengan struktur kelas yang berbeda Dalam orientasi performance yang berbeda juga ditemukan kecenderungan perbedaan yang sistematis, artinya, kelas dengan struktur kelas yang semakin lebih berorientasi mastery, memiliki siswa dengan orientasi perjformance yang semakin rendah dan sebaliknya, Sedangkan, perbedaan kelas (didalamnya mencakup perbedaan struktur kelas) memiliki ?pengaruh dalam membentuk pola orientasi tujuan siswa di dalam kelas tersebut.
Hubungan yang semula dihipotesiskan namun ternyata ditolak adalah adanya hubungan yang negatif dan signitikan antara persepsi siswa terhadap struktur kelas dan orientasi performance, adanya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap strulctur kelas dan pola orientasi tujuan, dan adanya perbedaan orientasi mastery siswa di antara kelas yang berbeda. Ditolaknya hipotesis disebabkan karena beberapa keterbatasan penelitian, antara lain karakteristik subyek yang cenderung homogen (berasal dari sekolah dengan karakteritik sama) sehingga kurang terjaring skor orientasi tujuan yang bervariasi.
Sebaliknya, struktur kelas suatu kelas diulcur berdasarkan persepsi siswa dan temyata skor penilaian siswa berada dalam rentang penyebaran yang cukup lebar, sehingga obyektivitas penilaian siswa perlu dipertimbangkan dalam menganalis hasil. Keterbatasan yang juga cukup berpengaruh adalah dalam konstruksi alat ukur. Pembahasan kesimpulan hasil penelitian diuraikan dalam diskusi, dan dikuti dengan saran-saran. Adapun saran-saran mencakup saran yang terkait dengan variabel penelitian, dengan konstruksi alat ukur, dan saran praktis. Implikasi dari penelitian diharapkan guru dan sekolah dapat menciptakan struktur kelas yang dapat mengarahkan orientasi mastery siswa sebagai pola orientasi yang paling adaptif dalam kegiatan belajar (terlepas apakah orientasi perjormavrce-nya tinggi/rendah)."
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T37857
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amaryllia Puspasari
"Konsep diri, merupakan salah konstruk psikologi yang sulit untuk diuji secara
empiris. Kesulitan yang muncul disebabkan adalah adanya hambatan dalam pengembangan alat ukur yang akan digunakan dalam pengukuran konsep diri. Alat ukur yang telah berkembang sebelumnya, menunjukkan adanya pennasalahan dalam melakukan pengukuran, karena eenderung bersifat self report dan tingginya social desirable. Akhirnya pada tahun 1976, Shavelson mengembangkan teori mengenai konsep diri, dimana konsep diri dibagi dalam beberapa kelompok (kelompok konsep diri akademis dan konsep diri non akademis) dan bersifat hierarkis. Teori lni, kemudian dikembangkan oleh Marsh (1985) untuk membuat Self Description Questionnaire (SDQ). yang dalam praktek pemakaiannya memiliki klasifikasi berdasarkan usia responden. Melihat usia sampel yang digunakan dalam penelitian ini, alat ukur yang digunakan adaiah SDQ ll.
Stratifikasi yang muncul dalam pengelompokan konsep diri membmuhkan suatu metode pengujian tersendiri terhadap alat ukur, dimana membutuhkan adanya verifikasi mengenai model konsep diri yang terbentuk. Tujuan dalam kegialan analisis model ini adalah untuk melihat kesesuaian antara model yang terbentuk pada alat ukur konsep diri dengan teori yang dijadikan sebagai dasar pembuatan alat ukur. Model konsep diri yang akan diuji adalah model konsep diri single factor, model konsep diri dua faktor dan model konsep diri secondary factor analysis. Selain Itu, dilakukan validasi dari konsep diri akademis dengan pencapaian akademis, dimana sesuai dengan leon yang dikembangkan oleh Marsh pada penelitian sebelumnya, bahwa konsep diri akademis mempengaruhi pencapaian akademis.
Analisis model konsep diri, yang menggunakan metode Conlirmafory Factor Analysis dengan program LlSREI menunjukkan bahwa ketiga model konsep diri yang tersebut menunjukkan adanya pengaruh error dari seiiap item pada dimensi konsep diri. Item dan dimensi konsep diri yang berbeda saling mempengaruhi satu dengan Lainnya dan tidak secara khusus mengukur dimensi konsep diri dimana item tersebut berada.
Hubungan antara model konsep diri akademis dan pencapaian akademis, tidak menunjukkan adanya korelasi yang signifikan. Penyebab ketidaksignifikan dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adaiah kemungkinan dari pengukuran pencapaian akademis yang tidak akurat dimana pencapaian akademis yang seharusnya diukur dengan menggunakan alat ukur pencapaian akademis dalam operasional diganti dengan menggunakan nilai rapor."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T37865
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rr. Ius Kartika Julianti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penyesuaian diri dan prestasi belajar mahasiswa PPKB di fakultas-fakultas bidang studi Ilmu Sosial Universitas Indonesia yang berasal dari daerah di luar pulau Jawa. Memasuki dunia tingkat pendidikan yang lebih tinggi, mahasiswa PPKB ini dihadapkan pada masalah Iain selain tuntutan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, yaitu adanya tuntutan menyesuaikan diri dengan lingkungan budaya pergaulan yang berbeda dari lingkungan budaya yang sebelumnya ia miliki. Pertanyaan yang muncul adalah apakah kelompok mahasiswa yang berpredikat ?siswa berprestasi? di tingkat pendidikan sebelunmya ini juga berprestasi baik di tingkat pendidikannya yang sekarang ? Pada kenyataannya, sebagian besar dari mereka memiliki prestasi belajar yang rendah atau bahkan ada pula yang harus dikenakan sistem ?drop-out? oleh pihak fakultas.
Untuk menjelaskan dinamika permasalahan yang ada maka dalam penelitian ini dicantumkan teori-teori yang mendukung, yaitu Prestasi Belajar yang akan menjelaskan tentang pentingnya prestasi belajar sebagai ukuran keberhasilan mahasiswa PPKB di bidang akademis. Selain prestasi belajar, perubahan-perubahan sikap, tingkah laku dan perasaan yang terjadi selama proses penyesuaian diri adalah variabel yang akan dilihat gambarannya pada subyek. Karena penyesuaian diri sangat penting agar mahasiswa PPKB Iuar daerah dapat belajar hal-hal baru dari lingkungannya dan mengembangkan sikap-sikap yang positif dalam dunia perkuliahannya, maka dalam penelitian ini juga disertakan teori-teori tentang Penyesuaian Diri.
Sebagai suatu studi awal dan dengan mempertimbangkan keterbatasan waktu serta biaya, penelitian ini dibatasi pada mahasiswa PPKB bidang studi Ilmu Sosial meliputi Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sastra dan Fakultas Ekonomi. Disamping itu, penelitian ini juga dibatasi pada mahasiswa PPKB yang brasal dari luar pulau Jawa dengan pertimbangan adanya perbedaan kondisi geografis, budaya serta kehidupan masyarakat yang diasumsikan dapat mempengaruhi penyesuaian diri mereka.
Sebagai alat untuk memperoleh data-data yang dimaksudkan di atas, maka peneliti menggunakan tes APM untuk mengukur kapasitas intelektual mahasiswa dan lembar kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk survai opini tentang hal-hal yang mempengaruhi proses penyesuaian diri dan prestasi belajar. Untuk menggali hal-hal yang tidak tergali dari kuesioner, maka dilakukan wawancara pada beberapa subyek sebagai alat pelengkap pengumpulan data.
Dalam pelaksanaannya, tahap pertama yang dilakukan peneliti adalah memberikan tes APM secara massal dan pengisian kuesioner yang dilakukan oleh 65 orang subyek dengan perincian 50 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Dari hasil penelitian tahap pertama ini, peneliti memilih lima orang dari jumlah seluruh subyek di atas dimana masing-masing dari mereka mewakili satu fakultas bidang Ilmu Sosial guna dilakukan wawancara mendalam. Untuk melihat dinamika perubahan perasaan yang timbul selama proses penyesuaian diri, dalam proses wawancara ini subyek diminta untuk membayangkan dan kemudian menggambarkan di secarik kertas mengenai kondisinya ketika masih di daerah asal, ketika saat pertama datang di Jakarta dan saat pengambilan tes dilangsungkan.
Kesimpulan yang berhasil diperoleh dari penelitian ini cukup kaya. Secara umum kapasitas intelektual subyek tergolong cukup. Cukup banyak pula kapasitas intelektual subyek yang tergolong rendah bahkan ada yang tergolong kurang. Hanya sedikit yang tergolong baik. Dengan kondisi ini, Indeks Prestasi Semester mereka umumnya berkisar antara 2.00-2.45. Berkaitan dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama masa penyesuaian dirinya, perasaan kehilangan orang tua dan tuntutan untuk mandiri dalam segala hal adalah beban terberat bagi mereka, terlebih lagi dengan adanya perasaan dibedakan dari mahasiswa lain atau perasaan rendah diri dengan kondisi yang mereka miliki, maka hal ini pun dapat mengganggu jalannya penyesuaian diri mereka.
Melihat hasil penelitian ini, tampaknya bukan hanya persiapan dalam hal akademis yang harus dilakukan oleh pihak akademis yang berwenang, tapi persiapan mahasiswa PPKB sebagai pribadi pun perlu dipertimbangkan agar mereka dapat lebih siap menghadapi stres-stres yang akan dialaminya selama proses penyesuaian diri berlangsung, misalnya dengan memberikan pelatihan pengembangan pribadi ataupun membentuk suatu wadah yang dapat menampung aspirasi dan membantu mengatasi permasalahan yang mereka hadapi."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1997
S2598
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Aninditha
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran peran moderasi konsep diri akademik terhadap hubungan antara prestasi akademik dan adaptabilitas karir pada siswa Sekolah Menengah Pertama SMP di Kota Depok. Pengukuran adaptabilitas karir dilakukan dengan alat ukur Career Adapt-Abilities Scale CAAS Savickas Porfeli, 2012 . Prestasi akademik diukur melalui nilai rata-rata rapor semester lima partisipan saat duduk di bangku SMP. Sedangkan, konsep diri akademik diukur menggunakan Academic Self Concept for Adolescence ASCA Scale Ordaz-Villegas, Acle-Tomasini, Reyes-Lagunes, 2013 . Partisipan berjumlah 704 orang yang berasal dari dua sekolah di Kota Depok.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari konsep diri akademik terhadap hubungan antara prestasi akademik dan adaptabilitas karir p = .250, LOS = .05 . Artinya, kuat-lemahnya hubungan antara prestasi akademik dan adaptabilitas karir individu tidak dipengaruhi oleh seberapa positif konsep diri akademik yang ia miliki. Berdasarkan hasil penelitian ini, penting dilakukan pengembangan adaptabilitas karir pada siswa SMP, dengan memperhatikan prestasi akademik dan konsep diri akademik yang dimilikinya.

This study aimed to find the moderating role of academic self concept towards the relationship of academic achievement and career adaptability among Junior High School Students in Depok City. Career adaptability was measured using modification of Career Adapt Abilities Scale CAAS Savickas Porfeli, 2012 . Students rsquo average score of 5th semester report used to measure academic achievement. Academic self concept was measured using modification of Academic Self Concept for Adolescence ASCA Scale Ordaz Villegas, Acle Tomasini, Reyes Lagunes, 2013 . This study involve 704 participants from two schools in Depok City.
The result found that there is no significant effects of academic self concept towards the relationship of academic achievement and career adaptability. It means, the strength of academic achievement and career adaptability rsquo s relationship not affected by how positive a person rsquo s academic self concept. Based on this study, its important for Junior High School Students to develop their career adaptability, regard their academic achievement and academic self concept.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S69442
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>