Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21245 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Boston : Harvard Business School Press, 2004
658.5 MAN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Havelock, Ronald G.
Ann Arbor, Michigan: The University of Michigan, 1979
658.406 3 HAV p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Mukti Wibowo
"Tesis ini berjudul 'Pengaruh Kapabilitas Inovasi dan Manajemen Inovasi terhadap Kinerja Inovasi Organisasi Pemerintahan'. Inovasi dapat mempengaruhi dan meningkatkan kinerja organisasi baik itu di sektor swasta maupun di sektor publik, sementara kinerja organisasi melalui manajemen inovasi tidak dapat dicapai pula tanpa adanya sumber daya dan kapabilitas yang mendukung organisasi khususnya dalam kondisi lingkungan yang berubah.
Tesis ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan peran kapabilitas inovasi dalam pengelolaaan manajemen inovasi organisasi sektor publik dan dampaknya terhadap kinerja inovasi organisasi pemerintahan. Penelitian ini bersifat kuantitatif, di mana data penelitian dikumpulkan melalui survei kuesioner dari para kelompok kerja unit layanan pengadaan (Pokja ULP) Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang ada di berbagai unit kerja utama pada lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi inovasi dan pembelajaran organisasi mempengaruhi pengembangan kapabilitas inovasi, sementara kapabilitas inovasi mempengaruhi keseluruhan tahap pada manajemen inovasi. Selanjutnya manajemen inovasi juga berpengaruh terhadap keseluruhan dimensi kinerja inovasi organisasi.

The title of this thesis is 'The influences of innovation capabilities and innovation management to the innovation performance of government organization'. Innovation can affect and improve the performance of both organizations in the private sector as well as in the public sector, while the organization performance through innovation management can not be achieved without the availability of the resources and capabilities that support the organization, especially in changing environmental conditions.
The purpose of this study is to describe and explain the role of innovation capabilities on innovation management of public sector organization and its effect to the innovation performance of government organization.   This research using quantitative approach methods, through questionnaire survey to the team work of Electronic Procurement Service Unit on The Secretariat General of The Ministry of Education and Culture.
The results of this study found that innovation strategies and organizational learning affect the development of innovation capabilities, while innovation capabilities affect the overall stage of innovation management. Furthermore, innovation management also affects the overall dimensions of organizational innovation performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52023
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boston: Harvard Business School Press, 1999
658.406 HAR
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fahrina
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi karyawan mengenai Manajemen Inovasi terhadap Employee Engagement dimediasi oleh Teamwork pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. di unit level kerja Kantor Pusat. Terdapat tiga sub-variabel yang digunakan untuk variabel Manajemen Inovasi yaitu Innovation System, Competitors and Technology, serta New Services. Responden dari penelitian ini adalah 106 orang karyawan Bank BRI unit Kantor Pusat yang merupakan karyawan tetap di perusahaan tersebut. Dengan menggunakan causal steps yang dikembangkan oleh Baron & Kenny (1986) untuk menentukan hasil mediasi, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga sub-variabel Manajemen Inovasi yang digunakan hanya dua sub-variabel yaitu Innovation System dan Competitors and Technology yang memberikan pengaruh terhadap Employee Engagement dengan dimediasi oleh Teamwork. Kedua sub-variabel dimediasi secara partial mediation

ABSTRACT
This study aims to determine the impact of employee?s perception of Innovation Management toward Employee Engagement mediated by Teamwork at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. in Headquarters office. There are three sub variables of Innovation Management which being used in this study, that is Innovation System, Competitors and Technology, and New Services. The respondents of this study were 106 permanent employees of BRI in Headquarters office. By using the causal steps developed by Baron & Kenny (1986) to determine mediated result, the result of this study performs that only two out of three sub variables from Innovation Management, that is Innovation System and Competitors and Technology that give impact toward Employee Engagement mediated by Teamwork. Both of the sub variables were patially mediating toward Employee Engagement
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63926
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Utoyo
"Disrupsi digital meningkatkan risiko manajemen inovasi pada perusahaan-perusahaan mapan. Studi ini mengkaji variabel-variabel utama untuk meningkatkan kinerja inovasi di lingkungan yang terdisrupsi dengan menerapkan strategic entrepreneurship process, yang menggabungkan kegiatan opportunity-seeking activities (OSA) dan advantage-seeking activities (ASA). Model penelitian mengadopsi kerangka input-process-output/outcome dari Hitt et al. (2011). Studi ini mengambil sampel dari 118 manajer dibidang inovasi dari TELKOM dan Bank BRI, dua perusahaan terbesar di industri telekomunikasi dan perbankan di Indonesia. Setiap sampel berisi data dari 131 item kuesioner. Data ini dianalisis menggunakan SPSS untuk analisis varians (ANOVA) dan menggunakan SmartPLS untuk pengukuran dan analisis model struktural.
Tujuh hipotesis diverifikasi. Dua dari tujuh hipotesis tidak terdukung. Pada OSA, budaya kewirausahaan tidak berdampak langsung pada perumusan strategi inovasi. Sementara di ASA, inovasi kolaboratif tidak berdampak langsung pada konfigurasi kapabilitas inovasi inti. Entrepreneurial leadership sangat penting dalam merumuskan strategi inovasi. Variabel leadership ini memiliki multikolinearitas dengan entrepreneurial culture. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel simbiotik. Sementara dalam menerapkan strategi inovasi, konfigurasi kapabilitas inovasi inti yang memadukan eksplorasi peluang dan eksploitasi keunggulan meningkatkan kinerja inovasi.  Namun, karena core rigidities dan perbedaan model bisnis, konfigurasi kapabilitas inovasi inti tidak dikonfigurasikan langsung dengan inovasi kolaboratif.
Dalam model alternatif, penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial culture memediasi entrepreneurial leadership dalam merumuskan strategi inovasi. Selain itu,  inovasi kolaboratif dengan start-ups dan konfigurasi kapabilitas inovasi inti merupakan dua sumber arus inovasi untuk meningkatkan kinerja inovasi perusahaan mapan di industri yang terdisrupsi. Studi ini memvalidasi bahwa bagi perusahaan mapan kedua aliran inovasi ini berjalan secara terpisah karena core rigidities, maturitas digital, dan perbedaan model bisnis. Pada akhirnya, keragaman pengetahuan dari aliran inovasi ganda ini dapat mengoptimalkan kinerja inovasi mereka dalam lingkungan yang terdisrupsi.
Dari penelitian ini, ada sejumlah kontribusi teoretis yang memperkaya teori-teori sebelumnya tentang strategic entrepreneurship dan collaborative innovation serta implikasi empiris bagi para manajer pada perusahaan mapan di industri yang terdisrupsi. Studi ini juga merekomendasi riset lanjutan dalam mengeksplorasi aliran transformasi ganda.

Digital disruption leads to high-level risk in innovation management on established firms in disrupted industries. This study investigates the key variables to enhance innovation performance in a disruptive environment by applying strategic entrepreneurship process, which combines opportunity-seeking activities (OSA) and advantage-seeking activities (ASA). The proposed research model adopts the input-process-output/outcome framework from Hitt et al. (2011). This study sampled from 118 innovation-related managers of TELKOM and Bank BRI, the two largest established firms in the telecommunication and banking industries in Indonesia. These samples allow us to obtain data from 131 items of the questionnaire. This data was analyzed using SPSS for analysis of variance (ANOVA) and using SmartPLS for measurement and structural model analyses.
Seven hypotheses were verified. Two out of seven are not supported. In OSA, entrepreneurial culture has no direct impact on formulating innovation strategy. While in ASA, collaborative innovation has no direct impact on configuring core innovation capabilities. The entrepreneurial leadership is essential in formulating innovation strategy. This leadership variable has multicollinearity with that of entrepreneurial culture. It indicates that both variables are symbiotic. While in implementing the innovation strategy, the configuring core innovation capabilities that combine exploring the opportunity and exploiting the firms advantage enhance the innovation performance. However, due to core rigidities and different nature of innovation speed, this configuring core innovation capabilities should not be configured with collaborative innovation.
In the alternative model, the study shows that in OSA, entrepreneurial culture mediates the entrepreneurial leadership in formulating the innovation strategy. The study also found that collaborative innovation with start-ups along with configuring core innovation capabilities is the dual-source of innovation streams to enhance the innovation performance of an established firm in a disrupted industry. The study validates that for established firms, due to core rigidities, digital maturity, and business model differences, these dual innovation streams run as separate streams. In the end, both transformation paths altogether confirm that diversity of knowledge on dual innovation streams can optimize their innovation performance in a disruptive environment.
From the study, there are a number of theoretical contributions that enrich the previous theories on Strategic Entrepreneurship and Collaborative Innovation as well as empirical implications for managers in established firms of disrupted industries. Further study is proposed to explore critical success factors on running the dual transformation streams as well as critical elements to successfully link both transformations.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
D2727
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisha Yusuf Prawiradiredja
"Banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya berinovasi pada masa kini. Hal ini menyebabkan munculnya produk baru di pasar, sehingga penting bagi perusahaan untuk memahami adopsi inovasi oleh konsumen. Salah satu karakteristik konsumen, yaitu keterlibatan pada produk, merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengadopsi inovasi. Keterbukaan konsumen terhadap pengalaman, yang mungkin disebabkan oleh perasaan kagum, dapat mendorong niat konsumen untuk mengadopsi inovasi. Berkaitan dengan ini, penelitian ini berfokus pada keterlibatan pada produk dan hubungannya terhadap adopsi inovasi, menunjukkan bahwa semakin tinggi keterlibatan pada produk, semakin tinggi pula adopsi inovasinya. Selain itu, efek moderasi dari perasaan kagum terhadap hubungan tersebut juga dipelajari. Data dari seratus enam belas mahasiswa di Indonesia dan Belanda menunjukkan bahwa keterlibatan pada produk memiliki hubungan yang positif dengan adopsi inovasi. Namun, perasaan kagum ternyata tidak mempengaruhi hubungan antara keterlibatan produk dan adopsi inovasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bagaimana konsumen bersedia mengadopsi inovasi jika inovasi tersebut sesuai dengan kebutuhan, minat, dan nilai yang dipercaya konsumen; menunjukkan pentingnya peran manajer untuk mengembangkan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Many firms are aware of the need to innovate in today's environment. This led to the rise of new product launches in the market, making it necessary for firms to understand consumer adoption of innovation. The adopter characteristics, namely product involvement, is an essential factor that affects consumer adoption decision. Consumers openness to experience, which may be the result of the emotion of awe, promote consumers 39 intention to adopt an innovation. By these, this paper focuses on product involvement and its relationship with the adoption of innovation, arguing that the higher the product involvement, the higher the adoption of innovation. In addition, the moderating effect of the emotion of awe toward the relationship was studied. Data from one hundred and sixteen university students in Indonesia and The Netherlands showed that product involvement was positively related to the adoption of innovation. However, the emotion of awe does not influence the relationship between product involvement and adoption of innovation. The result of this study indicates how consumers are willing to adopt the innovation if it is aligned with their inherent needs, interests, and values suggesting the importance of managers 39 role to develop a new product that can cater to those needs.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Yan Kristoper
"Sejumlah sistem manajemen inovasi sudah dilakukan di banyak negara. Namun tidak demikian untuk negara Indonesia. Diliput dari data yang dikeluarkan oleh WIPO tahun 2022, Indonesia berada di urutan 75 secara global dari 132 negara yang masuk GII. Perusahaan beton pracetak merupakan perusahaan manufaktur yang paling banyak melakukan inovasi. Namun seiring meningkatnya persaingan perusahaan beton pracetak di Indonesia, perusahaan – perusahaan beton pracetak asing mulai bersaing dengan perusahaan lokal. Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing adalah dengan meningkatkan budaya inovasi terlebih dahulu yaitu dengan mengimplementasikan Inovasi Manajemen sistem berbasis ISO 56002 tahun 2019 ke dalam perusahaan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa ISO 56002 memiliki banyak kekurangan sehingga disarankan untuk menambahkan alat bantu pelaksanaan sistem manajemen inovasi dalam ISO 56002;2019. Salah satu alat pembantu pelaksanaan manajemen sistem inovasi tersebut adalah Lean Six Sigma. Lean Six Sigma merupakan alat yang digunakan untuk mengurangi waste dalam waktu maupun biaya. Beberapa penelitian menghubungkan Lean Six Sigma bahwa dalam inovasi, namun belum ada yang menyambungkan lean six sigma ke dalam manajemen sistem inovasi. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu mengkaji pelaksanaan manajemen sistem inovasi di perusahaan beton pracetak yang berlandaskan pada aturan ISO 56002 tahun 2019 dan di integrasikan dengan Lean Six Sigma. Metode pengambilan data dalam pembuatan penelitian ini yaitu melalui metode kuesioner dan wawancara. Untuk metode analisa datanya menggunakan SPSS dan SEMPLS. Hasil akhir dari penelitian ini terdapat total 24 indikator pelaksanaan manajemen sistem inovasi terintegrasi lean six sigma. Lean six sigma berpengaruh signifikan terhadap konteks pelaksanaan manajemen sistem inovasi (sumber daya, manajemen organisasi dan proses berinovasi) berbasis ISO 56002 ; 2019, sedangkan pengaruh lean six sigma terhadap budaya inovasi berpengaruh signifikan medium. Indikator yang paling berpengaruh terhadap pelaksanaan sistem manajemen inovasi yaitu penerapan nilai target, penggunaan alat dan metode lean, teknologi tepat guna, proses seleksi supplier terintegrasi, manajemen komitmen hairan dan pengimplementasian BIM. Selain itu, terdapat 4 indikator paling mempengaruhi budaya inovasi yaitu, sumber daya manusia, komunikasi dan kesadaran, konfigurasi proses inovasi dan pengimplementasian target value delivery.

A number of innovation management systems have been implemented in many countries, but not in Indonesia. According to data released by WIPO in 2022, Indonesia ranks 75th globally out of 132 countries in the GII. Precast concrete companies are the manufacturing companies that innovate the most. However, as competition among precast concrete companies in Indonesia increases, foreign precast concrete companies are starting to compete with local companies. One way to increase competitiveness is to first improve the innovation culture by implementing the ISO 56002:2019-based Innovation Management System in the company. Many studies have shown that implementing an innovation management system is effective in improving the innovation culture. However, each study states that ISO 56002 has many shortcomings, so it is recommended to add tools to implement the innovation management system in ISO 56002:2019. One of the tools to implement the innovation management system is Lean Six Sigma. Lean Six Sigma is a tool used to reduce waste in time and cost. Some studies have linked Lean Six Sigma to innovation, but none have connected it to innovation management systems. The main objective of this study is to examine the implementation of the innovation management system in precast concrete companies based on the ISO 56002:2019 rules and integrated with Lean Six Sigma. The data collection method for this study is through questionnaires and interviews. The data analysis method used is SPSS and SEM-PLS. The final result of this study is the magnitude of the influence of Lean Six Sigma in implementing the ISO 56002:2019-based innovation management system in precast concrete companies. The final result of this research is that there are a total of 24 indicators of the implementation of an innovation management system integrated with Lean Six Sigma. Lean Six Sigma has a significant influence on resources, organizational management and the innovation process, in line with the implementation of an ISO 56002:2019 based innovation management system, while the influence of Lean Six Sigma on innovation culture has a medium significant impact. The indicators that have the most influence on the implementation of the innovation management system are the application of target values, the use of tools and Lean methods, appropriate technology, integrated supplier selection processes, hairan commitment management, and the implementation of BIM. In addition, there are four indicators that have the most influence on innovation culture, namely human resources, communication and awareness, innovation process configuration, and target value delivery implementation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dudi Hendrakusuma Syahlani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran konteks internal terhadap proses inovasi manajemen dan pengaruhnya pada kinerja perusahaan. Konteks internal organisasi diteliti dari beberapa variabel yang terdiri dari enacted environment, kepemimpinan inovasi, strategi bisnis, disain organisasi, dan kapabilitas organisasi. Penelitian ini berargumen bahwa proses inovasi manajemen dapat memberikan pengaruh kepada kinerja perusahaan dengan dukungan peran konteks internal organisasi dengan menggunakan konsep dan kerangka kerja inovasi manajemen yang dikembangkan oleh Birkinshaw, Hamel dan Mol (2008) dan inovasi manajemen dipercaya akan meningkatkan kinerja perusahaan dan menciptakan keunggulan sumber daya saing.
Penelitian ini merupakan penelitian level organisasional dan menguji hipotesisnya pada salah satu perusahaan media penyiaran televisi nasional di Indonesia dengan menggunakan teknik sequential equitation methodology (SEM). Selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis kualitatif melalui forum group discussion (FGD) dan wawancara kepada pihak eksternal.
Kontribusi penelitian ini adalah menjelaskan fenomena proses inovasi manajemen yang terjadi di perusahaan yang memiliki two sided market serta peningkatan salah satu kinerjanya yang belum beriringan di Indonesia. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa proses inovasi manajemen berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dan konteks internal organisasi enacted environment, kepemimpinan dan kapabilitas organisasi berperan dan memberikan pengaruh positif terhadap proses inovasi manajemen, namun konteks internal strategi bisnis dan disain organisasi terbukti belum memberikan pengaruh yang positif terhadap proses inovasi manajemen di unit analisis penelitian ini.
Berdasarkan telaah lebih lanjut melalui FGD, interview dengan pihak eksternal serta tinjauan pustaka lebih lanjut, ditemukan bahwa faktor korporat memiliki peran atas pengaruh konteks internal organisasi terhadap proses inovasi manajemen. Pada penelitian ini diduga bahwa faktor korporat menjadi penghambat peran konteks internal organisasi strategi bisnis dan disain organisasi terhadap keberlangsungan proses inovasi manajemen di dalam unit analisis penelitian, sehingga belum memberikan dampak optimal pada peningkatan dua kinerja perusahaan two sided market secara beriringan.

ABSTRAK
The Research was meant to study the role of internal context on the management innovation process and its influence on the company performance. The Organisation?s internal context was analysed through several variables namely: enacted environment, innovation leadership, business strategy, organisational design, and organisational capabilities. The Research argued that the management innovation process can influence the company performance through the support of the role of organisation?s internal context based on the concept and framework developed by Birkinshaw, Hamel, and Mol (2008). Management innovation is believed will increase company performance and create competitive advantage.
The Research is an organisational level research and tests its hypotheses on one of national broadcasting television media company in Indonesia utilising sequential equitation methodology (SEM), qualitative analysis through forum group discussion (FGD) and interviews with external parties.
The Research?s contributions are to give explanation on the phenomenon of management innovation process in a two-sided market company in Indonesia with and the rise of performance in only one of its market. The finding of the Research is the management innovation process positively influences the company?s performance while the internal context of the organisation namely the enacted environment, organisational leadership and capabilities positively influence the management innovation process. However the business strategy and organisational design internal contexts are proven to not give a positive influence on the management innovation process in this Research?s analysis unit.
A further research through FGD, interviews with external parties, and library studies shows the corporate factor plays a role in determining how the organisational internal contexts give effects to the management innovation process. In this Research, it is assumed that the corporate factor is the limiting factor which hinder the role of business strategy and organisational design internal contexts in the continuation of management innovation process in the Research?s analysis unit, therefore yielding a less optimal effect on the side-by-side performance increase of a two-sided market company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
D1495
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
West, Alan
Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, 1992
658.575 WES i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>