Ditemukan 20948 dokumen yang sesuai dengan query
Patel, Keyur
NewYork : McGraw-Hill , 2000
333.064 PAT e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Hanna, Nagy K.
"Nagy Hanna presents a systematic approach to integrate ICT into development policies and programs across sectors of economy and society. This book bridges the current disconnect between the ICT specialists and their development counterparts in various sectors so as to harness the ongoing ICT revolution to maximize development impact."
United Kingdom: Emerald, 2016
e20469338
eBooks Universitas Indonesia Library
Englewood Cliffs: Prentice-Hall, 1990
621.319 AUT
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Shanti Rachmawati Putri
"Dengan munculnya pemain financial technology (FinTech), saat ini Bank perlu mempunyai karakteristik seperti fleksibilitas dan kecepatan dalam hal merespons secara efektif kebutuhan nasabah yang berkembang di pasar yang dinamis dan bahkan disruptif. Kecenderungan perbankan yang sudah mapan semata-mata bersandar pada keunggulan kompetitif yang ada berdampak pada kurangnya kemampuan mereka dalam mencari peluang bisnis baru. Oleh karena itu, bank membutuhkan perangkat strategis untuk meningkatkan kemampuan eksplorasinya guna meningkatkan kinerja inovasi bisnisnya. Dalam hal ini, proses inovasi harus lancar, merangkul inovasi kolaboratif terbuka, yang melampaui kegiatan internal, seperti kolaborasi dengan start-up. Inovasi kolaboratif dengan start-up seperti FinTech sangat penting untuk unggul dalam transformasi era digital untuk memberikan layanan yang sesuai dengan tuntutan konsumen dan pemangku kepentingan pada umumnya. Studi ini berupaya untuk membahas pengaruh kewirausahaan strategis dan kinerja inovasi kolaboratif dalam industri perbankan Indonesia. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari penelitian sebelumnya, yang memungkinkan responden untuk menunjukkan sikap yang mendukung atau tidak mendukung terhadap objek yang diminati. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 72 manajer dan manajemen tingkat atas industri berbasis perbankan di Indonesia. Survei dianalisis dengan menggunakan perangkat analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS) untuk menguji model struktural (hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan kinerja inovasi kolaboratif dipengaruhi oleh pengelolaan sumber daya secara strategis dan pola pikir kewirausahaan. Untuk studi lebih lanjut, peneliti harus mempertimbangkan keterbatasan naskah ini dalam hal konteks dan kasus penelitian serta perspektif baru dari desain penelitian.
With the emergence of financial technology (Fintech) players, nowadays Banks need to be more flexible and faster to respond effectively to customers’ growing needs in dynamic and even disruptive market. The tendency of established banking solely leans on their existing competitive advantage impacting on their deficient capability when it comes to explore new business opportunities. Therefore, banks need strategic tools to enhance their exploration capability to increase their business innovation performance. In this instance, the innovation process must be fluid, embracing open-collaborative innovation, which extends beyond internal activities, such as start-up collaboration. Collaborative innovation with start-up such as Fintech is critical to excel in digital era transformation to provide services that suit consumers' demands and stakeholders in general. This study endeavors to address the effects of strategic entrepreneurship and collaborative innovation performance in Indonesia’s banking industry. This study has used questionnaires developed from previous study, which enables respondents to display favorable or unfavorable attitude toward the object of interest. This study was conducted through survey method. Data were collected using questionnaires distributed to seventy-two managers and top-level management of banking-based industry in Indonesia. Surveys are analyzed by using Structural Equation Modelling (SEM) analysis with Partial Least Square (PLS) method to assess the structural model (hypotheses). For further study, researcher should consider the limitation presented in this paper in terms of context and case of the study as well as new perspective of research design."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Cham: Springer, 2020
658.403 DIG
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Alcorta, Ludovico
London: Routledge , 1998
338.064 ALC f
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rascati, Karen
"Provides an explanation of the essential pharmacoeconomics topics outlined by The Accreditation Council for Pharmacy Education (ACPE). This title defines terminology used in research and covers the application of economic-based evaluation methods to pharmaceutical products and services"
Philadelphia : Wolters Kluwer , 2014
338.476 151 RAS e (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Audinta Andiza Setio Safitri
"Penelitian ini berupa business coaching yang dilaksanakan di UMKM Hani Mandiri yang berlokasi di PIK Pulogadung, Jakarta Timur. Tujuan dari pelaksanaan business coaching ini adalah untuk mengembangkan saluran pemasaran digital melalui website dan mendesain ulang logo Hani Mandiri. Hasil dari wawancara terstruktur dianalisis menggunakan analisis SWOT, STP, Business Model Canvas, Marketing Mix, Porter’s 5 Forces, gap analysis, dan pareto analysis. Temuan menunjukkan bahwa terdapat dua masalah utama yang dihadapi UMKM, yaitu: 1) Belum memaksimalkan saluran pemasaran digital, 2) Belum dapat membuat logo yang menarik dan sesuai dengan identitas perusahaan. Proses business coaching ini diharapakan dapat membantu Hani Mandiri dan UMKM lainnya untuk meningkatkan kinerjanya.
This thesis research is in form of business coaching conducted at SME Hani Mandiri, located in PIK Pulogadung, East Jakarta. The purposes of this study is to develop the digital marketing channel website and logo improvement for SME Hani Mandiri. The results of structured interviews were analyzed using SWOT, STP, Business Model Canvas, Marketing Mix, Porter’s 5 Forces, gap analysis, and Pareto Analysis. The finding shows that there were two main problems faced by the SME, which were: 1) Lack of marketing channel, especially in digital marketing, 2) Not being able to create attractive logos and in accordance with company identity. This business coaching process is expected to help Hani Mandiri and other SMEs to improve their performance"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fauzi Insan Estiko
"Ketidaksetaraan telah menjadi salah satu masalah utama dan topik yang paling banyak diteliti dalam ekonomi. Namun, relatif sedikit studi yang menganalisis hubungan antara akses TIK dan ketimpangan pengeluaran di Indonesia dan memecahnya menjadi pengeluaran makanan dan non-makanan. Ini merupakan kesenjangan penting dalam literatur mengingat semakin pentingnya TIK dalam aktivitas sehari-hari orang yang dapat mempengaruhi pengeluaran.
Studi ini menambah literatur dengan menganalisis apakah TIK menambah kekhawatiran meningkatnya ketidaksetaraan atau membantu mengurangi ketidaksetaraan pengeluaran tidak hanya dengan melihat total komponen pengeluaran tetapi juga komponen makanan dan non-makanan. Kami menggunakan survei nasional sosial ekonomi Indonesia SUSENAS dan BPS 2012-2018. Menggunakan regresi data panel dengan model efek tetap, kami dapat menemukan bahwa penetrasi internet secara signifikan mengurangi ketimpangan total dan non-makanan dan meningkatkan ketidaksetaraan makanan. Kepemilikan desktop atau laptop ditemukan untuk meningkatkan ketimpangan total dan non-pangan sehubungan dengan ketidaksetaraan makanan menjadi tidak signifikan. Selain itu, efek interaksi terhadap pencapaian pendidikan ditemukan signifikan - menyiratkan pentingnya pendidikan sebagai faktor pengkondisian yang mempengaruhi hubungan antara TIK dan jenis ketidaksetaraan
Inequality has been one of the key issues and most researched topic in economics. However, relatively few studies analyze relation between access of ICT and expenditure inequality in Indonesia and disintegrate it to food and non-food expenditure. This represents an important gap in the literature considering the everincreasing importance of ICT in people’s daily activity that may affect expenditure.This study adds to literature by analyzing whether ICT adds to growing concern of rise of inequality or help to decrease expenditure inequality not only by looking at total expenditure components but also the food and non-food components. We use Indonesia socio-economic national survey SUSENAS and BPS of 2012-2018. Using panel data regression with fixed effect model, we are able to find that internet penetration to significantly decrease total and non-food inequality and increase food inequality. Desktop or laptop ownership is found to increase total and non-foodinequality with relation to food inequality to be insignificant. In addition, the interaction effects towards education attainment is found to be significant – implying the importance of education as conditioning factors that affect relation between ICT and types of inequalities."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mahari Hadistian
"Penelitian tentang pengaruh pentingnya kemampuan digital serta inertia terhadap perubahan strategi UKM sektor ritel belum banyak dilakukan. Data dikumpulkan dari 157 UKM yang ada di Jakarta. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan digital dan perubahan strategi dimana perubahan strategi juga menjadi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UKM. Namun inertia tidak signifikan dalam memoderasi kemampuan digital dengan perubahan strategi. Hal tersebut dikarenakan UKM tidak memiliki struktur yang jelas sehingga menghilangkan faktor inertia melakukan perubahan. Hasil juga menunjukkan bahwa akses serta perilaku digital harus di ciptakan untuk meningkatkan kemampuan digital dimana secara tidak langsung membuat UKM mendapatkan kinerja yang optimal.
Research on the influence of the importance of digital capabilities and inertia on changes in SME strategy in the retail sector has not been widely conducted. Data were collected from 157 SMEs in Jakarta. The results show that there is a positive relationship between digital capabilities and strategy change where strategy change is also a significant influence on SME performance. However, inertia is not significant in moderating digital capabilities with a change in strategy. This is because SMEs do not have a clear structure thus eliminating the inertia factor of making changes. The results also show that digital access and behavior must be created to improve digital capabilities which indirectly make SMEs get optimal performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library