Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 59373 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Maria Selvyana
"Tujuan penulisan skripsi adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen, dalam hal ini mahasiswamahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dalam memandang suatu produk beserta citra yang melekat padanya lewat media cetak. Metode penelitian yang digunakan adalah berupa survey yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Kemudian data diolah dengan menggunakan uji hipotesa nonparametrik, tabulasi dan nilai ratarata Semantic Differential. Dari hasil penelitian diketahui bahwa iklan cetak Aquatred cukup efektif dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik yaitu dengan memberi penampilan yang baik pada konsumen dan memperoleh citra merek yang baik di mata konsumen. Sebagai pembanding hasil analisa digunakan responden pemakai Aquatred, dan hasil yang diperoleh yaitu persepsi antara responden mahasiswa dengan responden pemakai tidak jauh berbeda. Yang membedakan disini adalah keinginan untuk membeli responden mahasiswa tidak disertai oleh buying power sedangkan responden pemakai didukung oleh buying power yang besar karena mereka memiliki penghasilan sendiri. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh periklanan terhadap citra merek diketahui dalam jangka panjang. Menurut hasil analisa Semantic Differential, iklan cetak Aquatred telah melaksanakan kewajibannya dengan baik dengan menciptakan citra merek Aquatred yang baik. Media iklan yang digunakan oleh Aquatred sudah tepat terbukti bahwa 70% dari responden pernah melihat atau mendengar iklan Aquatred. Harga Aquatred relatif lebih mahal dibandingkan dengan saingannya. Naskah iklan Aquatred adalah bagian dari iklan yang paling menarik perhatian konsumen. Maka sebaiknya pada naskah iklan ditambahkan informasi tentang keberhasilan dan keunggulan Aquatred dalam memenangkan penghargaan internasional dan gambar pada iklan cetak tersebut sebaiknya sama dengan gambar pada brosur."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18930
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syafrizal
"Aktivitas pengembangan teknologi komputer personal telah berlangsung dengan pesat akhir-akhir ini. Dalam waktu yang tidak terlalu lama telah berhasil diluncurkan beberapa generasi komputer personal mulai dari non Pentium hingga Pentium I, II, III, IV. Seiring dengan kemajuan teknologi komputer personal, telah terjadi penambahan atribut-atribut baru atau pengembangan atribut yang sudah ada yang dapat meningkatkan kemampuan atau kegunaan komputer personal tersebut. Saat ini komputer personal tidak hanya dapat berfungsi sebagai alat pengolah dan penyimpan data tetapi juga dapat berfungsi sebagai pusat hiburan keluarga.
Perkembangan atribut atau manfaat komputer personal yang berlangsung begitu cepat telah mengundang minat penulis untuk mengetahui, sejauh mana relevansi dari penambahan atribut atau manfaat itu dengan keinginan dan kebutuhan konsumen yang ada di pasar. Sehubungan dengan hal itu penulis ingin mengetahui secara lebih jauh bagaimana preferensi konsumen terhadap atribut-atribut komputer personal yang ada saat ini. Untuk itu penulis mencoba mengajukan beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut. Atribut manakah yang dianggap paling penting oleh konsumen dalam memilih komputer personal? Apakah ada perbedaan preferensi konsumen antara komputer personal merek luar negeri dengan komputer personal merek dalam negeri? Bagaimanakah tingkat kepentingan relatif atribut-atribut komputer personal bagi konsumen? Adakah kemungkinan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan kemiripan preferensi mereka?.
Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas penulis telah melakukan penelitian tentang preferensi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FE UA) terhadap komputer personal dengan menggunakan teknik analisis konjoin. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa atribut komputer personal seperti merek, harga, garansi, harddisk, memori dan multimedia yang masing-masingnya memiliki beberapa tingkatan tertentu. Dan hasil analisis konjoin ini diperoleh dua informasi penting yaitu: tingkat kepentingan relatif atribut dan nilai utilitas (part-worth) dari setiap tingkatan atribut.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa atribut merek, harga, garansi, memori, dan multimedia mempengaruhi preferensi mahasiswa terhadap komputer personal secara signifikan. Sementara itu harddisk tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam preferensi mahasiswa terhadap komputer personal. Mahasiswa lebih menyukai komputer personal merek luar negeri dibanding komputer personal merek lokal.
Tingkat kepentingan relatif atribut komputer personal relatif lama bagi mahasiswa baik berdasarkan jenis kelamin maupun berdasarkan lama waktu penggunaan komputer personal. Berdasarkan analisis kluster ditemui adanya empat kelompok mahasiswa dengan preferensi sebagai berikut: dua kelompok mementingkan multimedia, satu kelompok mementingkan harga, dan satu kelompok memiliki preferensi yang moderat terhadap harga dan multimedia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T7655
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4578
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mega Meilistya
"Akhir-akhir ini sering ditekankan perlunya sikap profesional dalam pekerjaan. Seiring dengan hal tersebut, sikap profesional telah melahirkan aspek etika sebagai dasar moral bagi pelaku-pelakunya. Dan peran etika semakin penting artinya, mengingat kemajuan-kemajuan dalam ilmu dan teknologi telah memberikan peluang bagi manusia untuk memanfaatkan celah-celah yang ada. Secara sederhana etika dapat dijabarkan sebagai sesuatu yang baik atau benar. Kemudian profesi-profesi yang telah baku harus menyertakan standar etika bagi anggota-anggotanya, tidak terkecuali profesi akuntan di dalamnya. Sayangnya beberapa kejadian telah mencoreng nama profesi akuntan. Untuk itu ingin dilihat prinsip-prinsip etika pada mahasiswa akuntan. Adapun kuesioner penelitian yang dibagikan berisi masalah-masalah umum yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, penelitian menunjukkan nilai yang baik. Semoga hal ini merupakan cerminan yang sesungguhnya bagi profesi akuntan di masa depan. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18696
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marselus Imbiri
"Dalam perjalanan Studi di Perguruan Tinggi mahasiswa tertantang untuk berkompetisi dalam meraih suatu prestasi secara maksimal, namun untuk mencapai prestasi belajar terbaik ditentukan oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor yang menarik untuk diteliti oleh penulis adalah "Persepsi mahasiswa tentang pengajaran dosen". dalam hal ini akan dilihat hubungan dan sekaligus pengaruh persepsi terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan, dimana peneliti mengadakan survey dengan menyebar daftar pemyataan dan direspon oleh 150 orang mahasiswa Universitas Putra Bangsa Surabaya dari jumlah populasi sebanyak 1170 orang. Teori yang digunakan diperoleh dari berbagai literatur yang berkaitan dengan penulisan tesis, khususnya konsep-konsep berpikir para ahli mengenai pengertian" faktor-faktor dan hal lainnya tentang persepsi, pengajaran, prestasi dan belajar. Misal, Braskamp dkk (1979:13) mengatakan bahwa persepsi merupakan salah satu faktor penentu dalam prestasi belajar dan Centra (1979:17) juga menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pengajaran dosen dengan basil belajar mahasiswa, dimana kepengajaran dosen ini dinilai berdasarkan penilaian mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa teutang pengajaran dosen dengan prestasi belajar mahasiswa. Sedangkan faktor-faktor pengajaran dosen (kehadiran, kemampuan, aktivitas bimbingan, serta evaluasi, koreksi dan umpan balik) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Rekomendasinya, perlu peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi, melalui sarana & prasana misalnya : perpustakaan, laboratorium, ruang belajar yang mamadai, dan sebagainya. Perlu adanya upaya pembina an tenaga edukatif dengan mengikutkan pada Diktat, seminar, penataran dan memperbanyak membaca buku di perpustakaan, serta perlu merekrut caloncalon tenaga edukatif yang mempunyai kualifikasi mengajar.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The duel degree program is offered by many universities in Indonesia in their attempts to enter global competition. In this context, any university in Indonesia can cooperate with any foreign university to offter education with international standard to the local students....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ketie Sasenda
"Pemberian gelar Honoris Causa kepada Raja Arab Saudi oleh Badan Rektorat Universitas Indonesia telah memicu berbagai pemberitaan negatif dan permasalahan internal yang memberikan dampak sangat besar terhadap citra dan reputasi Universitas Indonesia (UI). Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengukur tingkat kepercayaan mahasiswa UI sebagai publik internal terhadap Badan Rektorat Universitas Indonesia sebagai sebuah organisasi. Hal ini menjadi penting dikarenakan tingkat kepercayaan publik internal mempengaruhi citra dan reputasi sebuah organisasi. Penelitian dilakukan dengan metode campuran kualitatif (wawancara mendalam) dan kuantitatif (survey kuesioner) dengan sampel 60 orang mahasiswa FISIP UI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tingkat kepercayaan yang rendah dari publik internal terhadap Badan Rektorat Universitas Indonesia.

Honorary degrees awarding to the King of Saudi Arabia by the Rectorate, University of Indonesia has created a buzz of negative publicity and internal issues that cause a huge impact on the image and reputation of University of Indonesia (UI). The purpose of the study is to review and measure the level of FISIP UI student trust as a internal public towards Board of Rectorate University of Indonesia as an organization. This is important because the trust level of internal public affects the image and reputation of an organization. The study was conducted with a mixture method of qualitative (in-depth interview) and quantitative (questionnaire survey) with a sample of 60 FISIP UI students. The results showed that there is a low level of internal public trust in Board of Rectorate University of Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia;, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Purbasari
"Merek mempunyai peran dalam sukses pemasaran. Pemosisian sebuah merek melalui pembangunan image yang jelas dan konsisten merupakan senjata andalan dalam praktek pemasaran merek. Merek sejati dicirikan oleh aribut khusus yang diposisikan ke benak konsumen. Mengelola citra merek memerlukan kerangka kerja strategis, Park dkk dalam Bath dan Reddy (1998;32) mengemukakan Brand Concept Management (BCM) yaitu rancangan dalam bentuk umumnya, sebuah konsep merek terdapat simbolik maupun fungsional, dan terdiri dari satu aspek citra sebuah merek. Landasan pikir bahwa merek bisa bersifat fungsional atau simbolik menimbulkan pertanyaan penelitian, yaitu apakah ada faktor-faktor yang berhubungan dengan sikap konsumen terhadap penilaian atribut fungsional dan simbolik dari suatu merek dan apakah ada perbedaan yang signifikan di benak konsumen terhadap nilai fungsional dan simbolik dari merek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor fungsionalitas dan simbolik dari merek dan mengetahui perbedaan penilaian fungsional dan simbolik dari merek di benak konsumen. Penelitian ini berlandaskan pada teori BCM oleh Park dkk dan teori Knapp (2001;8) bahwa "Salah satu sifat fundamental dari merek sejati dalam benak konsumen yaitu adanya manfaat-manfaat fungsional dan emosional yang dirasakan".
Metode penelitian bersifat deskriptif, peneliti berusaha untuk menguraikan karakteristik nilai fungsional dan simbolik suatu merek.. Dengan data hasil survei tentang karakteristik merek dan pengguna merek, dilakukan anaiisis faktor dan uji T. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pandangan tentang merek yaitu nilai fungsional use, simbolik prestige dan simbolik personality expression, dan ada perbedaan penilaian yang signifikan antara merek Nokia dan Siemens serta merek Seiko dan Guess.
Saran yang dapat disampaikan yaitu agar penelitian mendatang dapat membuat replikasi dengan merek-merek dan produk-produk lain, yang akan sangat berguna untuk penyempurnaan hasil penelitian ini. Perusahaan dapat membuat perencanaan pengelolaan merek dengan pertimbangan yang lebih jelas dan tepat untuk lebih memposisikan merek mereka pada satu nilai fungsional atau simbolik dalam benak konsumen sebagai upaya untuk mencapai target pasar dan memenangkan persaingan, tetapi untuk membuat merek dengan nilai simbolik lebih membutuhkan biaya yang relatif lebih besar dan mahal dengan memasukkan berbagai atribut ke dalam merek produk dibandingkan apabila perusahaan lebih memilih nilai fungsional pada merek produknya."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12302
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endro Sulistyo Eklas
"Penelitian ini berrnula dari pemikiran tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam menghasilkan lulusan berkualitas tinggi. Adanya jurang harapan masyarakat terhadap mutu pendidikan tinggi dan realita penyelenggaraan pendidikan tinggi dimana pemberi informasi (dosen) berperan dominan, menyebabkan muncul banyak kritik terhadap mutu lulusannya. Mutu lulusan perguruan tinggi sering dianggap tidak kreatif dalam dunia kerja.
Pada akhir-akhir ini muncul pemikiran untuk menginteraksikan aspek kreativitas yang dianggap dapat mengurangi dominasi dosen dalam proses belajar-mengajar di perguruan tinggi. Menurut Renzulli dan Hartman (1981) kreativitas berkaitan dengan inteligensi dan keterikatan terhadap tugas (task commitment) dan kaitan tersebut menentukan prestasi seseorang. Demikian pula dalam penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi, kaitan antara kreativitas, inteligensi dan keterikatan terhadap tugas dapat menentukan prestasi akademik mahasiswa.
Melalui kajian teori tentang kreativitas khususnya kemampuan berpikir kreatif kemudian inteligensi, keterikatan terhadap tugas dan prestasi akademik, ingin dibuktikan hipotesa penelitian pada dua ratus dua puluh lima mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, yaitu:
1. Ada hubungan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan inteligensi. Hipotesa 1 diterima atau terbukti.
2. Ada hubungan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan prestasi akademik. Hipotesa 2 ditolak atau tidak terbukti.
3. Ada hubungan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan keterikatan terhadap tugas. Hipotesa 3 ditolak atau tidak terbukti.
4. Ada hubungan signifikan antara inteligensi dengan prestasi akademik.
Hipotesa 4 diterima atau terbukti.
5. Ada hubungan signifikan antara inteligensi dengan keterikatan terhadap tugas. Hipotesa 5 ditolak atau tidak terbukti.
6. Ada hubungan signifikan antara prestasi belajar dengan keterikatan terhadap tugas. Hipotesa 6 diterima atau terbukti.
7. a. Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif, inteligensi dan keterikatan terhadap tugas dengan prestasi akademik. Hipotesa 7 a diterima atau terbukti.
7. b. Ada perbedaan hubungan kemampuan berpikir kreatif, inteligensi dan keterikatan terhadap tugas dengan prestasi akademik pada mahasiswa Ekonomi dengan mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Elektro. Hipotesa 7.b diterima atau terbukti.
Penulis menyarankan pengambilan sampel yang lebih heterogen dan representatif, mengadakan penelitian pembanding terhadap mahasiswa yang telah menampilkan ciriciri kemampuan berpikir kreatif dan mengadakan perbaikan terhadap skala keterikatan terhadap tugas yang meliputi perbaikan sistem dengan validitas dan reliabilitas kecil serta mencari validitas eksternal dengan mengadakan perbandingan dengan skala pengukuran yang lain."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1990
T1617
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>