Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 219129 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Mudji Rahayu
"Penelitian mengenai kualitas informasi dan layanan website: studi kasus Perpustakaan Universitas Bina Nusantara, telah dilaksanakan pada bulan Juli 2004. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat pemakai atas informasi tentang perpustakaan, informasi tentang layanan perpustakaan serta layanan melalui website Perpustakaan Universitas Bina Nusantara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung kepada pemakai. Sementara pengambilan sampel berdasarkan accidental sampling (sampel secara kebetulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapat responden tentang informasi tentang perpustakaan dan informasi tentang layanan perpustakaan pada umumnya positif atau baik, hanya pada pemanfaatan informasi e-disertasi masih tergolong buruk. Sementara pendapat pemakai tentang layanan melalui website pada umumnya juga baik, namun pada pemanfaatan Jasa Penelusuran Informasi dan pemanfaatan layanan perpanjangan masa pinjam buku melalui website masih tergolong buruk. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pendapat pemakai terhadap informasi dan layanan melalui website baik. Namun demikian, untuk meningkatkan penyelenggaraan informasi dan layanan tersebut diperlukan usaha-usaha sebagai berikut: 1. Peningkatan kualitas dan kuantitas informasi pada website perpustakaan, seperti penambahan informasi artikel jurnal selain terbitan UBiNus, penyajian informasi karir atau lowongan kerja. 2. Peningkatan layanan melalui website perpustakaan, seperti CD-ROM dapat diakses oleh pemakai secara on-line melalui internet, dengan kata kunci tertentu. 3. Penambahan komputer pada ruang layanan web sebagai sarana penelusuran on line, termasuk untuk pemanfaatan informasi dan layanan melalui website. 4. Peningkatan sosialisasi tentang penyelenggaraan informasi dan layanan melalui website perpustakaan, seperti kerjasama dengan mata kuliah metodologi penelitian atau lain sebagainya. 5. Melakukan up-date e-mail pemakai setiap awal semester, untuk menghindari pengiriman informasi ke alamat e-mail yang sudah tidak aktif. 6. Penyediaan fasilitas komunikasi ilmiah dalam bentuk mailing list antar anggota, sebagai sarana diskusi dan berbagi informasi. 7. Penyediaan layanan peminjaman bahan pustaka antar perpustakaan (interlibrary loan). 8. Penyediaan informasi karir atau lowongan kerja pada website Perpustakaan UBiNus. 9. Penyediaan layanan tur keliling perpustakaan, berupa film singkat di website Perpustakaan UBiNus."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15823
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edward Sugiono
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40470
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maman Rumanta
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan prototipe modul pada bahan ajar mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup, Universitas Terbuka. Penelitian ini menggunakan teknik evaluasi formatif, dengan mengembangkan satu prototipe modul bahan ajar berupa modul 2 tentang Manusia, Energi, dan Sumber Daya Alam, sebagai model dalam penulisan modul lainnya. Prototipe modul bahan ajar tersebut diuji coba dan direvisi secara bertahap, mulai dari evaluasi satu-satu dilanjutkan dengan evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi satu-satu, ditemukan adanya beberapa kekurangan, seperti gambar yang kurang jelas dengan keterangan masih menggunakan bahasa asing, tes formatif yang tidak sesuai dengan materi, serta beberapa istilah yang belum dijelaskan. Hasil evaluasi kelompok kecil menunjukkan materi pada prototipe modul bahan ajar tersebut terlalu banyak, kualitas gambar kurang memadai, dan ada beberapa materi yang perlu diperbaiki. Sedangkan hasil uji lapangan menunjukkan bahwa prototipe modul tersebut sudah cukup baik dan dapat dimengerti responden, namun masih ada saran penggunaan istil ah yang belum jel as. Disimpul kan bahwa setelah melakukan serangkaian evaluasi dan revisi diakhiri dengan uji lapangan, prototipe modul bahan ajar Pendidikan Lingkungan Hidup tersebut cukup baik untuk digunakan sebagai bahan ajar pendidikan jarak jauh, dengan beberapa catatan perbai kan khususnya penggunaan istilah.
"
Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Penelitian dan Pengembangan, 2016
370 JPK 1:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Cut Hafitatul Aini
"Karya Proyek ini bertujuan merancang silabus mata kuliah Bahasa Inggris I untuk Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Penulis menggunakan langkah-langkah perancangan silabus yang dikemukakan oleh Jordan (1997). Dalam perancangan silabus ini, penulis terlebih dahulu melakukan analisis terhadap silabus lama mata kuliah Bahasa Inggris I dan kurikulum Jurusan Budidaya Pertanian. Tes diagnostik penulis berikan kepada mahasiswa semester dua yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan pembelajaran Bahasa Inggris I pada semester pertama yang selama ini dilakukan dengan menggunakan silabus yang lama. Survei selanjutnya adalah menyebarkan kuesioner dan wawancara terhadap pimpinan fakultas, pengajar, ketua prodi, ketua jurusan, dan pemelajar di Jurusan Budidaya Pertanian. Hal tersebut dilakukan untuk memeroleh informasi mengenai pemelajaran bahasa Inggris yang saat ini ini dilaksanakan, dan yang akan diharapkan kedepannya. Data yang diperoleh dari hasil survei tersebut, dianalisis guna merumuskan tujuan mata kuliah dan menentukan jenis silabus. jenis silabus yang digunakan adalah silabus berbasis keterampilan. Keterampilan yang akan digunakan adalah pada keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan hal utama yang harus dilakukan mahasiswa untuk kepentingan akademis mereka selama dalam masa perkuliahan. Silabus baru mata kuliah Bahasa Inggris I yang berbasis pada keterampilan membaca, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa, bermanfaat bagi pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris I di Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Malikussaleh.

This project is intended to design an English syllabus for Agriculture Faculty of Malikussaleh University. The writer used the steps recommended by Jordan (1997) in designing syllabus. In designing the syllabus, the writer first analyzed the English syllabus used for English I subject and the curriculum of Agriculture Faculty. A diagnostic test was administrated to the students of the second semester in order to find out the effectiveness of the teaching and learning of English I subject in the first semester, which has been conducted using the old syllabus. Further survey was done by distributing questionnaires and conducting an interview with the head of Faculty, the teachers, the head of program study, the head of department, and the students in Agriculture department. These were done to find information about the current condition of teaching and learning English and the expectation about teaching and learning English at the Faculty in the future. Data from the two surveys were then analyzed to formulate the goal of the subject, and the type of the syllabus. The type of the syllabus used is a skill based syllabus which would focus on reading skill. Being skillful in reading is necessary for student in relation to their academic needs during their study. The new skill based syllabus for English I subject hopefully can accommodate students? needs, beneficial for teaching and learning of English I subject in Agriculture Faculty of Malikussaleh University."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T24427
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Budiman
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya belajar mahasiswa dan metode pengajaran dosen terhadap kinerja mata kuliah akuntansi keuangan. Kinerja yang dimaksud adalah nilai akhir mata kuliah akuntansi keuangan lanjutan 1 dan akuntansi keuangan 1. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survei kepada 179 mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada periode 2016/2017 angkatan 2014 dan 2015. Data diolah dengan metode regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan bahwa gaya belajar tidak mempengaruhi nilai mata kuliah mahasiswa di FEBUI karena mayoritas mahasiswa memiliki adaptabilitas tinggi terhadap gaya belajar jenis apapun. Dalam penelitian ini, metode pengajaran dosen berpengaruh positif terhadap nilai akhir.

The purpose of this study is to investigate the effect of students learning styles on financial accounting courses performance. Performance means the final grade of financial accounting 1 and advanced financial accounting 1. This study was conducted by using a survey to 179 accounting students on Faculty of Economics and Business University of Indonesia in the period 2016 2017 for both batch 2014 and 2015. Data processed by using multiple linear regression method. This research finds that learning style does not affect student's accounting courses performance in FEBUI, because they has high adaptability to any kind of learning style. However, teaching methods has a positive influence on student's accounting courses performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67539
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yolanda Novianti
"Entrepreneurial Intention (EI) akan menjadi langkah pertama untuk mulai mengembangkan usaha dan terkadang membutuhkan proses panjang dalam penciptaan usaha. Dalam mendukung hal tersebut, perguruan tinggi sebagai lembaga yang mendidik para lulusan baru perlu mengarahkan mahasiswa untuk menumbuhkan minat berwirausaha sehingga diperlukan kegiatan kewirausahaan yang memberdayakan mahasiswa untuk berwirausaha. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intentions mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara, serta menganalisis pengaruh entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Sampel pada penelitian merupakan mahasiswa/i dari program studi bisnis yang pernah mengikuti kegiatan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh universitas/fakultas/program studi. Setelah penyebaran kuesioner, diperoleh data dari 407 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intention mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara memiliki pengaruh yang tidak signifikan atau berhubungan negatif. Sebaliknya, pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intentions melalui entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel mediasi pada mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara memiliki pengaruh yang signifikan atau berhubungan positif.

Entrepreneurial intention will be the first step to start developing a business and sometimes need a long process in business creation. In supporting this, universities as institutions that educate new graduates need to direct students to develop an interest in entrepreneurship so that entrepreneurial activities are needed that empower students to become entrepreneurs. The aim of this research is to analyze the influence of experiential learning on students' entrepreneurial intentions at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara, as well as to analyze the influence of entrepreneurial self-efficacy as a mediating variable. This research uses a quantitative approach by distributing questionnaires. The research samples were business study program students who had participated in entrepreneurial activities. After distributing the questionnaire, data was obtained from 407 respondents. This research uses descriptive data analysis and inferential statistical analysis techniques with the PLS-SEM approach. The results show that the influence of experiential learning on entrepreneurial intentions of students at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara has an insignificant influence. In contrast, the influence of experiential learning on entrepreneurial intentions through entrepreneurial self-efficacy as a mediating variable for students at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara has an influence significant."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pujiastanto
"Penggunaan ICT memberi dampak yang positif ke dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah studio arsitektur Universitas Indonesia. Namun penerapan yang tidak baik dapat membuat kegiatan belajar menjadi efektif. Skripsi ini membahas tentang Penerapan ICT ke dalam Studio Perancangan Arsitektur. Pembahasan dilakukan dengan kajian teori terhadap literatur dari berbagai media. Hasil dari teori tersebut kemudian menunjukkan kegiatan-kegiatan yang dapat diakomodasi ICT. Pembahasan tersebut kemudian dievaluasi terhadap mahasiswa dan kondisi ruangan sekarang, sehingga di akhir tulisan ini mendapatkan penilaian tentang bagaimana penerapan ICT ke dalam studio arsitektur di Universitas Indonesia.

The usage of ICT bring the positive effect into the humand live. And one of them is the University of Indonesia Architecture Studio. Nevertheless the bad implementation could make the learning process become uneffective. This mini-thesis is explaining about applicating the ICT into the design studio. The explanation comes from Theory analisys of literature from various media. The result of the theory then show the activities that could be implemented by ICT. The result then being evaluated with the students and rooms condition nowadays, So that in the end this writing will get assessment about how the implementation of the ICT in the Architecture Studio in University of Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51618
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aulia Rasyid
"Penelitian ini membahas arsitektur informasi pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental. Analisis pada perpustakaan digital didasarkan pada empat komponen dasar dalam arsitektur informasi yaitu, sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi dan system pencarian.
Peneliti melakukan penelitian langsung pada antarmuka situs web dan mengamati arsitektur informasi yang ditampilkan pada Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Dalam melakukan penelitian, peneliti akan menangkap/merekam tampilan pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Peneliti berperan sebagai partisipan utuh dalam melakukan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara belum menerapkan prinsip-prinsip dalam komponen dasar arsitektur informasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pihak perpustakaan untuk meningkatkan dan mengembangkan arsitektur informasi pada perpustakaan digital sehingga memberikan kemudahan-kemudahan akses informasi bagi penggunanya.

This research discusses the information architecture of Bina Nusantara University Digital Library. This research is a quantitative research with experimental methods. Analysis on digital library based on four basic components in the information of architecture, organization systems, labeling systems, navigation systems and searching systems.
The author doing a direct research at the interface of the website and observe the information architecture displayed on Bina Nusantara University Digital Library. In research, author will capture record the interface of Bina Nusantara University Digital Libraries. Author role as full participants research.
The results showed that the Bina Nusantara University Digital Library is not implementing the principles basic components of information architecture. Based on these research, the author suggested to the library to improve and develop the information architecture in digital libraries that provide easy access to information for users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S68130
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>