Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158072 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nia Juliawati
"Usaha dalam bidang pos di Indonesia yang semula bersifat monopoli, dalam perkembangannya, bergerak ke arah kompetisi. Perubahan pola peraturan dan kebijaksanaan telah meminimasi hambatan bagi aktivitas kompetitif.
Munculnya beberapa pesaing dibidang yang sama telah memberi 'pilihan' bagi pelanggan; karenanya 'kekuasaan' (power) berada di tangan mereka.
Dengan demikian, ditengah perubahan yang begitu cepat dalam cara sama suatu pekerjaan dilaksanakan, diperlukan pengadopsian keahlian baru dan peningkatan kapabilitas melalui program pengembangan sumber daya manusia serta penciptaan iklim yang kondusif bagi semua tingkatan pegawai.
Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran atas sosialisasi budaya dalam konteks upaya pengembangan sumber daya manusia di PT. Pos Indonesia sebagai Badan Usaha Milik Negara, yang dinyatakan sebagai antisipasi terhadap perubahan dimana tuntutan yang disebabkan oleh perubahan status badan hukum menjadi persero dan iklim kompetisi menjadi semakin tinggi.
Analisis dilakukan pada aspek budaya berupa nilai-nilai yang diarahkan pada penciptaan perilaku yang dikehendaki oleh strategi pengembangan sumber daya manusia. Karena itu budaya disoroti dengan penekanan pada dimensi perilaku dari budaya yang diciptakan oleh manajemen perusahaan sebagai upaya penciptaan iklim kondusif, terutama bagi pengembangan sumber daya manusia yang menjadi strategi utama perusahaan dalam pencapaian tujuan.
Diketahui bahwa secara umum, perubahan status telah menggeser gaya manajemen yang merupakan pencerminan dari budaya yang cenderung termasuk pada tipe birokratik ke arah partisipatif.
Upaya sosialisasi nilai-nilai budaya PT. Pos Indonesia yang diharapkan dapat menjadi ciri-ciri dan kebiasaan hidup insan pos membawa perubahan suasana, meskipun belum dikatakan efektif.
Perbandingan kondisi budaya pada masa sebelum perubahan status dari perum menjadi persero dengan budaya yang hidup saat ini, menurut persepsi karyawan, menunjukkan adanya perubahan kearah positif. Meskipun prinsip kehati-hatian yang dicerminkan oleh tingkat toleransi resiko dan toleransi konflik yang rendah serta banyaknya sistem dan prosedur yang menjadi pedoman perilaku yang harus dipatuhi menjadi ciri yang belum berubah.
Unsur-unsur iklim yang diperlukan bagi keberhasilan pengembangan sumber daya manusia dengan demikian belum sepenuhnya dianut."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 1996
T3390
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Bambang Setiawan
"ABSTRAK
Penelitian mengenai budaya perusahaan (corporate culture) umumnya dapat dilakukan dengan fokus yang bervariasi, demikian pula mengenai obyek penelitiannya. Telaah dalam kajian ini menekankan pada pemahaman atas suatu realitas organisasi yang dipandang sebagai suatu sistem tertutup yang tidak dipengaruhi oleh keadaan lingkungannya, yang menurut teori organisasi dikenal dengan apa yang dinamakan pendekatan Neo-Klasik, di dalam kondisi kinerja perusahaan "sangat sehat" dilihat dari sisi kekuatan nilai-nilai budaya, iklim organisasi dan kepuasan kerja pegawai sebagaimana dikatakan oleh Kotter & Hesket bahwa variabel panting yang mempengaruhi kemajuan dan produktivitas
perusahaan bukan pada faktor manajemen, fungsi-fungsi penyelesaian tugas atau struktur organisasi, tetapi adalah pada aspek kultural.
Penelitian budaya perusahaan ini dilakukan pada suatu organisasi pemerintah non departemen yaitu di Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta, suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah nauangan Departemen Pekerjaan Umum yang baru terbentuk pada tahun 1990, namun selama lima tahun terakhir ini kinerjanya dinyatakan berpredikat sehat dan sangat sehat dengan kualifikasi wajar tanpa syarat (ss - wtp).
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dan kajian dilakukan secara kuantitatif Sedangkan cara pengumpulan data yang dilakukan terutama melalui kuesioner terhadap sampel yang ditarik secara stratifikasi (stratified random sampling) proporsional. Untuk melengkapi data perusahaan dan memperdalam analisa dilakukan pula wawancara (interview) terhadap beberapa informan kunci (key informans) yang berhubungan dengan masalah yang ditelaah.
Proses analisa dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis multivariat yang meliputi antara lain : (a) analisis deskriptif, (b) analisis faktor, dan (c) analisis path, yang kesemuanya dilakukan dengan menggunakan program SPSS PC for MS WINDOWS Release 6. 0
Temuan penelitian yang paling utama adalah terujinya suatu model kausal yang menggambarkan adanya suatu hubungan empiris antara nilai-nilai budaya yang ditetapkan oleh perusahaan dengan iklim organisasi dan kepuasan kerja pegawai. Dalam kasus Perum Jasa Tirta terbukti bahwa iklim organisasi di Perum Jasa Tirta memegang peranan yang sangat penting karena berfungsi sebagai variabel perantara secara absolut. Artinya nilai-nilai budaya yang ditetapkan oleh perusahaan tidak mempengaruhi secara langsung kepada tingkat kepuasan kerja pegawai yang diyakini sebagai penyebab dari tercapainya kinerja "tinggi" perusahaan; akan tetapi ditranformasikan terlebih dahulu kepada variabel-variabel dalam iklim organisasi dan selanjutnya dari variabel iklim organisasi inilah terjadi pengaruh secara timbal balik dengan-kepuasan kerja pegawai.
Untuk dapat mempertahankan kondisi seperti ini, penulis menyarankan agar ditingkatkan lebih besar lagi pemahaman karyawan akan nilai-nilai budaya perusahaan, ditingkatkan lagi keterbukaan antara atasan dengan atasan dan antara atasan dengan bawahan dan memberikan lebih banyak dukungan kepada bawahan serta pemberian pendelegasian wewenang yang lebih besar kepada para karyawan untuk dapat mengambil keputusan dilingkup pekerjaannya. "
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Chyntia Selvi Anggraeni
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis penerapan melalui sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai budaya organisasi Fly Hi di Garuda Indonesia. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses sosialisasi dan internalisasai Nilai Budaya Fly Hi di Garuda Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan semua data dan informasi, peneliti menggunakan wawancara mendalam kepada beberapa narasumber, observasi lapangan dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa sosialisasi dan internalisasi yang dilakukan oleh Garuda Indonesia telah berhasil, hal ini dapat dilihat dari pemahaman para pegawai yang sangat baik mengenai nilai-nilai budaya organisasi Fly Hi dan penerapan nilai-nilai budaya organisasi Fly Hi didalam setiap pekerjaan.

ABSTRACT
This Research aims to look the implementation of socialization and internalization of Fly Hi, Organization Culture of Garuda Indonesia. The question of this research is how the process of socialization & internalization of Fly Hi can be done in Garuda Indonesia. In this research, the researcher use qualitative approach and descriptive research. To get all the data and information, researcher use deep interview on multiple sources, field observation and librarial study. Reseaercher interviewed several sources. Based on the research result, show that socialization & internalization of Fly Hi in Garuda Indonesia has been successful, it can be seen from good understanding from employee regarding value of organization culture and implementation value of organization culture in their jobs."
2015
S59465
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afina Wilda
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai perubahan budaya organisasi dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan di pusat administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan budaya organisasi yang dilakukan pimpinan FISIP UI masih mengalami hambatan dikarenakan perubahan dilakukan dalam waktu yang cepat sehingga belum adanya peraturan, sosialisasi, reward dan punishment dan pada akhirnya masih banyak karyawan PAF belum menerima perubahan dengan baik karena kesulitan beradaptasi dengan budaya yang baru.

This research purpose is to explain about the alteration of organization culture in means too improve employee?s performance at administration center, social and politics faculty. This research used qualitative approachment by accumulating data by observation, interview, literature study. The result indicate that the alteration of organization culture done by the leader of FISIP UI still facing obstacle. Because, the alteration done quickly and has not a law, socialization, reward and punishment there are many PAF?s employee has not got good alteration because it hard to adopt with a new culture.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015
S59460
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Anastasia Eveline
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis hubungan budaya perusahaan dengan kinerja perusahaan dengan menggunakan model survey budaya organisasi Denison. Studi dilakukan pada dua perusahaan asuransi kerugian. Penelitian juga menguji perbedaan budaya organisasi (variabel dan indikator variabel), kinerja organisasi antara sample PT. ABC dengan PT. XYZ.
Populasi pada penelitian ini adalah karyawan kantor pusat PT. ABC dan PT. XYZ mulai dari posisi manajer sampai dengan posisi staf berjumlah 270. Sampel responden sebanyak 69 orang (dengan acuan Cartwright, 10-30% dari jumlah populasi) yang diambil dengan cara purposive sampling sehingga semua strata terwakili.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup yang terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama berisi pertanyaan yang berkaitan dengan sosio-demografi sebanyak 9 butir pertanyaan. Bagian kedua, pertanyaan yang berkaitan dengan budaya perusahaan berjumlah 60 butir dan pertanyaan yang berkaitan dengan kinerja perusahaan berjumlah 7 pertanyaan.
Pengolahan dan analisis data menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 10.0. Untuk menguji perbedaan budaya organisasi (variabel dan indikator variabel), kinerja organisasi antara sample PT. ABC dengan PT. XYZ digunakan uji beda/test (Sig. 2 tailed), sedangkan untuk menguji hubungan antara budaya perusahaan dengan kinerja perusahaan digunakan teknik korelasi Pearson Product Moment.
Hasil uji t-test terhadap budaya involvement, budaya consistency, budaya adaptability dan budaya mission antara karyawan PT. ABC dan karyawan PT. XYZ ditemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
Hasil uji t-test terhadap praktek-praktek manajemen akan team orientation dan capability development yang menguatkan budaya involvement antara karyawan PT. ABC dan karyawan PT. XYZ ditemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan Hasil uji t-test terhadap praktek-praktek manajemen akan core value, agreement dan coordination & integration yang menguatkan budaya consistency ditemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji t-test terhadap praktek-praktek manajemen akan creating change, costumer focus dan organization learning yang menguatkan budaya adaptability ditemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji t-test terhadap praktek-praktek manajemen akan strategic direction & intent, goals & objectives dan vision yang menguatkan budaya mission ditemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji t-test terhadap praktek manajemen empowerment yang menguatkan budaya involvement ditemukan terdapat perbedaan yang signifikan.
Hasil uji t-test terhadap persepsi kinerja perusahaan yaitu sales growth, market share, profitability, inovation, job satisfaction dan overall performance antara karyawan PT. ABC dan karyawan PT. XYZ ditemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan terhadap persepsi kinerja product and service quality ditemukan perbedaan yang signifikan.
Hasil uji korelasi menunjukkan, budaya involvement berkorelasi dengan kepuasan kerja dengan nilai koefisien korelasi r= 0.295. Budaya consistency berkorelasi dengan pertumbuhan penjualan dengan r= 0.249. Budaya adaptability berkorelasi dengan keuntungan, kualitas pelayanan dan produk, kepuasan kerja dengan r= 0.244 untuk hubungannya dengan keuntungan, r= 0.285 untuk hubungannya dengan kualitas pelayanan dan produk dan r= 0.346 untuk hubungannya dengan kepuasan kerja. Budaya mission berkorelasi dengan kepuasan kerja, kualitas pelayanan dan produk dengan .r= 0.399 untuk hubungannya dengan kepuasan kerja dan r= 0.336 untuk hubungannya dengan kualitas pelayanan dan produk.
Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa team orientation, creating change, organization learning, strategic direction & intent, goals & objective dan vission berkorelasi dengan kepuasan kerja, praktek manajemen yang menguatkan nilai utama/core value berkorelasi dengan sales growth dan market share dan praktek manajemen yang berfokus pada coordination & integration, creating change, organization learning, strategic direction & intent, goals & objective dan vision berkorelasi dengan kualitas layanan dan produk.
Budaya adaptability dan mission merupakan prediktor yang baik untuk effektivitas dan kinerja pada konteks karyawan di PT. ABC dan PT. XYZ khususnya dan di industri asuransi kerugian umumnya. Penguatan kedua budaya melalui management practices nya dapat diaplikasikan sebagai strategi budaya dalam industri ini. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa budaya involvement, adaptability, consistency dan mission berkorelasi dengan ukuran-ukuran kinerja organisasi diterima, sehingga hasil penelitian ini menerima Ho dan menolak Ht"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12175
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Tenripada
"[ABSTRAK
Penelitian ini mendiskripsikan peran nilai-nilai budaya multikultural dalam proses pembentukan budaya organisasi yang khas di lingkungan sekolah internasional, dan menjelaskan bahwa budaya organisasi dibentuk melalui beberapa elemen pembentuknya, yaitu gaya kepemimpinan, asimilasi budaya asing, hubungan antara karyawan lokal dan asing, dan juga melalui perbedaan budaya yang ada, termasuk perbedaan bahasa, etos kerja, kebiasaan, dan tradisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi berperan serta dan wawancara terhadap narasumber. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) Nilai-nilai budaya masuk melalui berbagai strategi komunikasi yang diprakarsai oleh pemimpin organisasi, dan diadopsi oleh unit-unit organiasasi di bawahnya, serta dominasi peran nilai budaya Indonesia sebagai jembatan yang menghubungkan unit-unit organisasi yang berbeda budaya. (2) Pemimpin memainkan peran penting dalam membentuk budaya organisasi. (3) Budaya asing dan budaya Indonesia memiliki peran yang sama besar dan sama penting dalam membentuk budaya organisasi. (4) Ada hubungan timbal balik yang positif yang terjadi antar karyawan yang berbeda budaya di dalam organisasi, dan budaya organisasi yang ada di Jakarta Nanyang School merupakan budaya yang spesifik dan merupakan perpaduan antara budaya asing dan budaya Indonesia.

ABSTRACT
This study describes the contributions of multicultural values in the process of specific organization culture constructing in an international school, and describes that the organizational culture in Jakarta Nanyang School is constructed through some elements, such as leadership style, foreign culture assimilation, relationship between local and foreign employees, and through the culture differences, including language, work ethics, habits, and traditions. This study used a descriptive qualitative method through participant observation and in-depth interview with sources. The result of this study describes (1) Cultural values enter in through various communication strategies done by the organization leader, and followed by other organization units, and the domination contribution of Indonesian cultures as a bridge to connecting the organization units who has culture differences. (2) A leader of an organization has a massive contribution to build an organization culture. (3) Foreign culture and Indonesian local culture have the same contribution in constructing organizational culture. (4) There is a positive relationship between all employees who came from different cultures, and the organization culture in Jakarta Nanyang School is collaboration between foreign culture and Indonesian culture through various as.;This study describes the contributions of multicultural values in the process of specific organization culture constructing in an international school, and describes that the organizational culture in Jakarta Nanyang School is constructed through some elements, such as leadership style, foreign culture assimilation, relationship between local and foreign employees, and through the culture differences, including language, work ethics, habits, and traditions. This study used a descriptive qualitative method through participant observation and in-depth interview with sources. The result of this study describes (1) Cultural values enter in through various communication strategies done by the organization leader, and followed by other organization units, and the domination contribution of Indonesian cultures as a bridge to connecting the organization units who has culture differences. (2) A leader of an organization has a massive contribution to build an organization culture. (3) Foreign culture and Indonesian local culture have the same contribution in constructing organizational culture. (4) There is a positive relationship between all employees who came from different cultures, and the organization culture in Jakarta Nanyang School is collaboration between foreign culture and Indonesian culture through various as;This study describes the contributions of multicultural values in the process of specific organization culture constructing in an international school, and describes that the organizational culture in Jakarta Nanyang School is constructed through some elements, such as leadership style, foreign culture assimilation, relationship between local and foreign employees, and through the culture differences, including language, work ethics, habits, and traditions. This study used a descriptive qualitative method through participant observation and in-depth interview with sources. The result of this study describes (1) Cultural values enter in through various communication strategies done by the organization leader, and followed by other organization units, and the domination contribution of Indonesian cultures as a bridge to connecting the organization units who has culture differences. (2) A leader of an organization has a massive contribution to build an organization culture. (3) Foreign culture and Indonesian local culture have the same contribution in constructing organizational culture. (4) There is a positive relationship between all employees who came from different cultures, and the organization culture in Jakarta Nanyang School is collaboration between foreign culture and Indonesian culture through various as;This study describes the contributions of multicultural values in the process of specific organization culture constructing in an international school, and describes that the organizational culture in Jakarta Nanyang School is constructed through some elements, such as leadership style, foreign culture assimilation, relationship between local and foreign employees, and through the culture differences, including language, work ethics, habits, and traditions. This study used a descriptive qualitative method through participant observation and in-depth interview with sources. The result of this study describes (1) Cultural values enter in through various communication strategies done by the organization leader, and followed by other organization units, and the domination contribution of Indonesian cultures as a bridge to connecting the organization units who has culture differences. (2) A leader of an organization has a massive contribution to build an organization culture. (3) Foreign culture and Indonesian local culture have the same contribution in constructing organizational culture. (4) There is a positive relationship between all employees who came from different cultures, and the organization culture in Jakarta Nanyang School is collaboration between foreign culture and Indonesian culture through various as;This study describes the contributions of multicultural values in the process of specific organization culture constructing in an international school, and describes that the organizational culture in Jakarta Nanyang School is constructed through some elements, such as leadership style, foreign culture assimilation, relationship between local and foreign employees, and through the culture differences, including language, work ethics, habits, and traditions. This study used a descriptive qualitative method through participant observation and in-depth interview with sources. The result of this study describes (1) Cultural values enter in through various communication strategies done by the organization leader, and followed by other organization units, and the domination contribution of Indonesian cultures as a bridge to connecting the organization units who has culture differences. (2) A leader of an organization has a massive contribution to build an organization culture. (3) Foreign culture and Indonesian local culture have the same contribution in constructing organizational culture. (4) There is a positive relationship between all employees who came from different cultures, and the organization culture in Jakarta Nanyang School is collaboration between foreign culture and Indonesian culture through various as;This study describes the contributions of multicultural values in the process of specific organization culture constructing in an international school, and describes that the organizational culture in Jakarta Nanyang School is constructed through some elements, such as leadership style, foreign culture assimilation, relationship between local and foreign employees, and through the culture differences, including language, work ethics, habits, and traditions. This study used a descriptive qualitative method through participant observation and in-depth interview with sources. The result of this study describes (1) Cultural values enter in through various communication strategies done by the organization leader, and followed by other organization units, and the domination contribution of Indonesian cultures as a bridge to connecting the organization units who has culture differences. (2) A leader of an organization has a massive contribution to build an organization culture. (3) Foreign culture and Indonesian local culture have the same contribution in constructing organizational culture. (4) There is a positive relationship between all employees who came from different cultures, and the organization culture in Jakarta Nanyang School is collaboration between foreign culture and Indonesian culture through various as;This study describes the contributions of multicultural values in the process of specific organization culture constructing in an international school, and describes that the organizational culture in Jakarta Nanyang School is constructed through some elements, such as leadership style, foreign culture assimilation, relationship between local and foreign employees, and through the culture differences, including language, work ethics, habits, and traditions. This study used a descriptive qualitative method through participant observation and in-depth interview with sources. The result of this study describes (1) Cultural values enter in through various communication strategies done by the organization leader, and followed by other organization units, and the domination contribution of Indonesian cultures as a bridge to connecting the organization units who has culture differences. (2) A leader of an organization has a massive contribution to build an organization culture. (3) Foreign culture and Indonesian local culture have the same contribution in constructing organizational culture. (4) There is a positive relationship between all employees who came from different cultures, and the organization culture in Jakarta Nanyang School is collaboration between foreign culture and Indonesian culture through various as;This study describes the contributions of multicultural values in the process of specific organization culture constructing in an international school, and describes that the organizational culture in Jakarta Nanyang School is constructed through some elements, such as leadership style, foreign culture assimilation, relationship between local and foreign employees, and through the culture differences, including language, work ethics, habits, and traditions. This study used a descriptive qualitative method through participant observation and in-depth interview with sources. The result of this study describes (1) Cultural values enter in through various communication strategies done by the organization leader, and followed by other organization units, and the domination contribution of Indonesian cultures as a bridge to connecting the organization units who has culture differences. (2) A leader of an organization has a massive contribution to build an organization culture. (3) Foreign culture and Indonesian local culture have the same contribution in constructing organizational culture. (4) There is a positive relationship between all employees who came from different cultures, and the organization culture in Jakarta Nanyang School is collaboration between foreign culture and Indonesian culture through various as, This study describes the contributions of multicultural values in the process of specific organization culture constructing in an international school, and describes that the organizational culture in Jakarta Nanyang School is constructed through some elements, such as leadership style, foreign culture assimilation, relationship between local and foreign employees, and through the culture differences, including language, work ethics, habits, and traditions. This study used a descriptive qualitative method through participant observation and in-depth interview with sources. The result of this study describes (1) Cultural values enter in through various communication strategies done by the organization leader, and followed by other organization units, and the domination contribution of Indonesian cultures as a bridge to connecting the organization units who has culture differences. (2) A leader of an organization has a massive contribution to build an organization culture. (3) Foreign culture and Indonesian local culture have the same contribution in constructing organizational culture. (4) There is a positive relationship between all employees who came from different cultures, and the organization culture in Jakarta Nanyang School is collaboration between foreign culture and Indonesian culture through various as]"
2015
T44585
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manik Sunuantari
"ABSTRAK
Banyak faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan image pelanggan terhadap suatu hotel. Salah satu faktor yang menonjol dalam pembentukan citra hotel adalah dari budaya hotel yang bersangkutan. Ini tercermin dalam perilaku, norma, nilai-nilai baku yang dianut, filsafat, peraturan-peraturan, dan iklim komunikasi yang ada di suatu hotel.
Pemilihan lokasi penelitian yaitu Hotel Sentral dan Hotel Sofyan Betawi yang pada awalnya adalah satu grup. Tetapi karena adanya berbagai perbedaan maka masing-masing memutuskan untuk memisahkan diri, dan berkembang sesuai dengan keinginan pendiri. Antara kedua hotel tersebut ternyata setelah terpisah, masing-masing memiliki budaya yang khas yang pada akhirnya menciptakan segmen pasar yang berbeda. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti, sehingga memutuskan untuk melakukan penelitian di kedua lokasi tersebut.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah proses terbentuknya budaya perusahaan hotel sehingga tercipta citra perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya perusahaan yang ada di Hotel Sentral dan Hotel Sofyan Betawi sehingga masing-masing membantu terbentuknya citra perusahaan. Teori yang digunakan adalah teori budaya dari Heskett, dengan menggunakan pendekatan konstruktivis, sebab pembentukan budaya tidak terlepas dari peranan setiap individu dalam menangkap fenomena yang ada di sekitarnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat eksploratif, dengan menggali sebanyak mungkin informasi yang ada di kedua lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi langsung, dan observasi terlibat, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah method of agreement dan method of difference. Untuk melihat kesamaan dan perbedaan yang ada di kedua lokasi bersangkutan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya yang penulis temukan di lapangan hanya berlaku untuk jenis perusahaan perhotelan, khususnya yang berbintang tiga. Berkaitan dengan masalah budaya perusahaan hotel dan citra hotel di mata pelanggan. Setelah dilakukan komparasi maka bahwa masing-masing perusahaan perhotelan mempunyai karakteristik budaya dan pelanggan yang berbeda, meskipun berasal dari sejarah yang sama, maupun peringkat bintang yang sama. Sehingga dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan adanya kontribusi dari budaya perusahaan dalam usaha suatu hotel membentuk citra di mata pelanggan.

"
2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irmawati
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi karyawan departemen produksi terhadap budaya organisasi yang dihubungkan dengan produktivitas kerjanya pada PT Indofood Sukses Makmur,Tbk pabrik di Tangerang, dimana terdapat tiga pokok permasalahan yaitu; bagaimana persepsi karyawan terhadap budaya organisasi, bagaimana produktivitas kerja karyawan departemen produksi dan bagaimana hubungan antara persepsi karyawan departemen produksi terhadap budaya organisasi dan produktivitas kerjanya.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengukuran skala peringkat Likert dan pengolahan data menggunakan sistem Statistical Package For Social Sciences (SPSS).
Peneliti menyarankan sebaiknya perusahaan melakukan evaluasi terhadap budaya organisasi dan produktivitas secara berkala dan berkesinambungan dengan tujuan untuk mengetahui apakah implementasinya sudah dilakukan secara optimal dan juga mengukur tingkat produktivitas kerja karyawan apakah sudah mencapai target yang ditetapkan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sutardi
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pelatihan dan budaya organisasi terhadap pengembangan karir. Pengembangan karir merupakan salah satu indikator yang efektif dalam upaya pengembangan sumber daya manusia dan merupakan faktor yang perlu dikaji, mengingat pengembangan karir berkaitan dengan peningkatan produktivitas dan kinerja organisasi. Secara konseptual bahwa pengembangan karir itu dipengaruhi oleh faktor kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan pegawai yang dapat dikembangkan melalui pelatihan. Disamping itu, budaya organisasi juga merupakan variabel yang perlu mendapat pertimbangan khusus dalam pengembangan karir.
Penelitian ini menggunakan 160 responden yang mewakili secara proporsional di setiap Unit Organisasi di Departemen Tenaga Kerja Pusat. Sedangkan pengumpulan data untuk masing-masing variabel dilakukan melalui survey dengan menggunakan kuesioner tertutup demi menjaga kerahasiaan dan keterbukaan pendapat bagi responden. Untuk menganalisis data dalam menjawab penelitian digunakan teknik korelasi dan dan regresi berganda.Hasii analisis korelasi ( r ) digunakan untuk menjawab hubungan antara variabel X dan variabel Y. Sedangkan R2 ( koefisien determination) digunakan untuk menjelaskan kontribusi variabel pelatihan dan variabel budaya organisasi terhadap pengembangan karir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelatihan mempunyai korelasi (r = 0,180 ; P, 0,05 ) dengan pengembangan karir. Berdasarkan analisis regresi stepwise, kontribusi variabel pelatihan sebesar 3,2 % dengan signifikansi (F= 0,023) terhadap pengembangan karir. Sedangkan variabel budaya organisasi mempunyai korelasi ( r = 0,178 ; P = 0,05 ) dengan pengembangan karir, dan hasil analisis regresi stepwise menunjukkan kontribusi variabel budaya organisasi sebesar 5,8 % dengan signifikansi (F=0,040) terhadap pengembangan karir.
Adapun hubungan karakteristik individu dengan pengembangan karir yaitu dari hasil analisis regresi terlihat bahwa dengan masuknya karakteristik individu kedalam persamaan regresi telah mengakibatkan kenaikan pada nilai koefisien korelasi dan koefisien determinasi, artinya karakteristik individu responden memberikan peningkatan hubungan dan pengaruh terhadap pengembangan karir pegawai. Jadi secara indivual komponen karakteristik individu responden yang paling signifikan didalam meningkatkan persepsi pegawai terhadap program pengembangan. karir adalah : golongan atau kepangkatan. Sedangkan pengalaman kerja,pendidikan, usia tidak cukup signifikan didalam meningkatkan persepsi pegawai terhadap pengembangan karir."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T7678
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>