Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153147 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadli Soesilo
"Perubahan yang sangat pesat di dunia penerbangan, ditandai dengan semakin cepatnya pertumbuhan dan besarnya mobilitas manusia di seluruh belahan dunia yang memanfaatkan sarana transportasi udara.
Pada awal tahun 1980-an, Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization, ICAO) telah memperkirakan bahwa ledakan penumpang angkutan udara akan mencapai dua kali lipat pada akhir abad 20. Ishimori juga memberikan gambaran bahwa pada triwulan ketiga tahun 2010, akan terjadi apa yang disebut sebagai Revolusi Pariwisata ke IV, khususnya di Kawasan Asia. Perkiraan ini didasarkan kepada kenyataan sejarah dan peristwa-peristiwa monumental yang telah terjadi sebelumnya, sejak terjadinya revolusi industri di Inggris, dan belahan Eropa pada umumnya, pada menjelang pertengahan tahun 1700-an hingga meletusnya perang dunia pertama dan kedua.
Pertumbuhan yang pesat terhadap pemintaan angkutan udara telah mendorong peningkatan frekuensi penerbangan di hampir seluruh belahan dunia; lalu lintas penerbangan, demikian pula volume ruang udara, menjadi kian padat dari tahun ke tahun, oleh karena itu maka air safely menjadi aspek yang mutlak penting dalam dunia penerbangan. Untuk itulah maka Communication, Navigation, and Surveillance / Air Traffic Management (CNS / ATM) System, diperkenaikan. Sistem CSN /ATM merupakan sistem yang berbasis teknologi satelit-digital, dimaksudkan untuk dapat memberikan Iayanan navigasi penerbangan yang ?globally seamless? di seluruh belahan dunia tanpa memandang batas-batas teritori suatu negara.
Perkembangan teknologi semata tidaklah cukup; tuntutan pemanfaatan dan pengaturan ruang udara sehingga menjadi lebih efisien tanpa mengorbankan arti keselamatan penerbangan, membutuhkan tersedianya sumber daya manusia (SDM) penerbangan yang memadai dan segi kualitas dan kuantitas. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Tangerang - Propinsi Banten, pertu mengantisipasi dan menata kembali dirinya untuk mewujudkan tersedianya SDM dimaksud. STPI tidak sendirian, kompetitor potensial di negara-negara tetangga di Asia Tenggara, dapat menjadi acuan untuk meningkatkan daya saing STPI.
Resource-based dipadu dengan rantai nilai (value chain), dipakai sebagai dasar pengujian untuk meiihat aspek internal STPI; beberapa ekspert telah memberikan keputusan intuiilafnya, dan hasil analisis memberikan gambaran bahwa beberapa aspek internal, baik SDM maupun sistem dan mekanismenya, perdu segera ditata kembali. Investasi tetap diperiukan, studi yang komprehensif juga diperlukan. Saran dalam bentuk road map telah diajukan dan disusun dalam tahap demi tahap.

Rapid changing in the aviation world is identified by rapid growth of passenger movement utilizing air transport around the world.
In the early 1980s, International Civil Aviation Organization (ICAO), recalled that by the end of 20th century, air traffic movement would be doubled. lshimori illustrated that within the third quarter of 2010, Revolution of Tourism Big Bang IV would be occurred within the Asia Region. Long history noted that started from the Industrial Revolution (in 1700s) occurred in Great Britain and some other European Countries, finally spread all over the world; up to the World War I and II.
The growth of air transport demand stimulated situation of increasing air traffic as well as the utilization of airspace volume. In such condition, air safety become a vital role in aviation. That is why Communication, Navigation, and Surveillance 1 Air Traffic Management (CNS / ATM) System based-on satellite technology is introduced and utilized. The CNS / ATM System is utilized to provide globally-seamless air traffic services.
Technology development is not enough, the requirement of airspace utilization in efficient manners without sacrificing air safety needs the availability of qualified human resources. Indonesian Civil Aviation Institute (ICAI) might have an opportunity to anticipate and restructure the internal aspects of the organization in order to meet the goal of providing skillful & qualified human resource. Yet, ICA1 is not the only one, some potential competitors from adjacent countries might be the ones to be referred for arising competitiveness of ICAI.
Resource-based combined with value chain theory are implemented for examining the internal aspects of ICAI; some experts had already given their judgments, and the analysis. illustrating the internal aspects, covering human resource, system management and the mechanism should be reorganized. Investment is needed, comprehensive study is also recommended. Suggestions and recommendations are provided and structured within a road map, the phases of development.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T13961
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Budiman
"Skripsi ini membahas mengenai Pembentukan Budaya Pilot di Indonesia, yang mana di awali dari Pembentukan Budaya di Institusi bernama Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia-Curug. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Metode penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah metode Autoetnografi, dimana saya terjun langsung sebagai Taruna Penerbang Curug Angkatan ke-63 Bravo.
Hasil penelitian ini adalah membahas mengena penerapan dari pendidikan di STPI yang mana merupakan bentuk dari Total Institution. Pementukan Budaya yang terjadi akibat dari penerapan Total Institution ini ialah adanya hasil yang diharapkan (expected) dari Pemimpin STPI, maupun yang tidak diharapkan/di duga (unexpected). Saya melihat dari temuan lapangan, bahwa ternyata banyak sekali budaya yang terbentuk justru dari hal-hal yang tak di dugaduga (unexpected).

This thesis discusses the Pilot Cultural Establishment in Indonesia, which at the start of the formation of culture in the institution called the Indonesia Civil Aviation Institute. This research qualitative method. Research methods that I use in this study is Autoetnography method, where I picked up my experience in this study as a Midshipman Force Airmen Curug-63 Bravo.
The results of this research was to discuss the implementation of educational hit in STPI which is a form of Total Institution. Cultural formation arising from the application of this Institution is the total of the expected results (expected) from the Leader of STPI, and that is not expected / assumed to (unexpected). I see from the findings of the field, that was a lot of culture that is formed instead of things that are not in the expected (unexpected).
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Budhi Riyanto
"Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) dalam Pemerintahan Republik Indonesia, adalah lembaga pemerintah pusat, yang dibentuk dan bertanggungjawab kepada Presiden sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, dimana lembaga pemerintah non departemen memberikan masukan kebijakan dari aspek keahlian, profesionalisme dan kajian yang berdimensi akademis keilmuan, sedangkan lembaga departemen memberikan masukan kebijakan kepada Presiden dari alur pemikiran atau aspek politik. Secara struktur organisasi LPND hanya memiliki fasilitas dibeberapa daerah yang menunjang kinerja LPND, hal ini berbeda dengan lembaga departemen yang mempunyai perwakilan didaerah berupa kantor wilayah, yang melakukan tugas sama seperti kantor pusatnya.
Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, LPND juga sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelesaiannya. Sampai saat ini pemanfaatan teknologi informasi masih belum optimal dalam mencapai tujuannya, hal ini disebabkan oleh belum adanya mekanisme dalam menentukan prioritas kebutuhan akan sumberdaya, apakah harus mendahulukan kebutuhan untuk pengembangan atau kebutuhan untuk pelayanan, ditambah dengan keterbatasan dana yang kesemuanya berasal dari anggaran pemerintah. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka diperlukan perencanaan strategis sistem informasi yang baik bagi LPND, agar dapat memiliki mekanisme prioritas yang jelas guna mencapai tujuan yang optimal. Dari permasalahan yang telah disebutkan di atas, maka diperlukan perencanaan strategis sistem informasi yang ideal bagi LPND.
Pada penelitian ini akan digunakan metodologi perencanaan strategis versi Ward and Peppard sebagai acuan perencanaan strategis sistem informasi pada LPND, dengan pertimbangan bahwa metodologi ini lebih fleksibel dalam melakukan analisa, apakah akan terlebih melakukan analisa dari sudut SI/TI atau terlebih dahulu akan melakukan analisa dari sisi lingkungan bisnis, dibandingkan dengan versi Price Water House dan versi Tozer yang melakukan analisa secara tahapan yang baku, atau versi Wetherbe dan Versi Jessica Keyes yang melakukan analisa langsung pada analisa SI/TI, hal ini sesuai dengan karakteristik LPND yang berorientasi keahlian dan kajian dalam memberikan pelayanan kepada Pemerintah.
Untuk menguji metodologi yang didapat, maka diambil Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional sebagai studi kasusnya. Metodologi Ward and Peppard menganalisis lingkungan organisasi dan SI/TI baik internal maupun eksternal yang akan menghasilkan Strategi SI yang berupa: arsitektur sistem informasi, Strategi Manajemen SI/TI yang berupa: mekanisme manajemen SI/TI, mekanisme pengamanan SI, dan mekanisme pengamanan infrastruktur SI, serta Strategi TI yang berupa: mekanisme perencanaan strategi TI, mekanisme manajemen sumber daya manusia, dan mekanisme rencana strategi migrasi."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bob Novitriansyah
"ABSTRAK
lndustri media massa di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, ditandai dengan munculnya media massa baru, baik elektronik maupun cetak. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan informasi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sudah menjadi bagian dari kehidupan seperti halnya kebutuhan lainnya. Sehingga apapun yang berhubungan dcngan penyediaan berita dan informasi akan terus diminati yang tentunya hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengusaha untuk terjun di bisnis ini.
Pencabutan SIUPP (Surat lzin Usaha Penerbitan Pers) pada tahun 1998 sebagai salah satu persyaratan untuk menerbitkan sebuah media cetak serta berlandaskan UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, membuat banyak bermunculan media cetak barn yang mempunyai berbagai karakteristik dan positioning masing-masing.
Bergairahnya televisi swasta membawa dampak cukup besar bagi dunia pertelevisian dan periklanan Indonesia serta semakin memanjakan pemirsa dalam memilih stasiun televisi yang disukai. Terjadi persaingan kreativitas dalam membuat program acara dan kemasannya serta mempertajam fokus pada segmentasi pemirsa.
Kini berbagai media informasi yakni media cetak, radio, televisi dan internet bersaing ketat merebut pengguna informasi dan hiburan yakni pembaca, pendengar, pemirsa, dan pengiklan. Kemampuan untuk merebut iklan, merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kelangsungan hidup dalam industri media.
Agar industri surat kabar dan pertelevisian di masa depan tetap eksis dan berkembang tiada lain pilihannya adalah join multimedia atau dengan melakukan aliansi strategis. Hal ini disebabkan antara lain karena core business-nya yang sama, maka optimalisasi efisiensi dan daya saing dapat terwujud.
Kontribusi sebuah surat kabar dalam sinergi tersebut adalah kedalamannya dalam pemberitaan sehingga teijadi efektifitas dalam membahas suatu masalah yang dituju konsumen. Kontribusi televisi disini adalah mampu menyajikan gambaran audio visual sehingga informasi dan materi yang disampaikan relatif lebih dinamis dan utuh scrta coverage area yang begitu besar sehingga mampu menjangkau konsumen yang lebih banyak.
Salah satu kasus perusahaan media guna mempercepat pertumbuhan dan berdaya saing tinggi di industrinya adalah surat kabar Media Indonesia yang melakukan aliansi strategis dengan stasiun televisi Metro TV. Strategi tersebut dilakukan karena mereka memiliki the knowledge journalists dan sumber daya manusia yang profesional serta kekuatan sumber daya lainnya yang menunjang keberlangsungan bisnis tersebut.
Beberapa alasan yang menjadi motivasi aliansi strategis yang dilakukan Media Indonesia dengan Metro TV antara lain adalah mengembangkan dan meningkatkan efisiensi operasional, fasilitas dan proses serta menyediakan akses pada kapabilitas baru, pengetahuan baru dan teknologi baru, menurunkan resiko dan mengatasi ancamanancaman dalam persaingan dan meningkatkan kemampuan dalam mempertahankan posisinya serta memberikan nilai tambah atau perluasan lini produk perusahaan.
Beberapa aliansi strategis yang dibangun Media Indonesia dengan Metro TV untuk meningkatkan kompetensi inti dan ketmggulan bersaing yaitu aliansi strategis untuk meningkatkan kompetensi dalam hal keunggulan inovasi, efisiensi dan penerimaan konsumen, aliansi strategis untuk meningkatkan kineija sumber daya manusia serta meningkatkan efisiensi dalam menghasilkan berita/produk dan aliansi strategis yang memungkinkan perusahaan membagi resiko dan sumber daya yang diperlukan untuk memasuki pasar di industri media cetak di fudonesia.
Penurunan resiko dan ancaman yang dapat dihasilkan dari aliansi strategis Media Indonesia dengan Metro TV di bidang redaksi antara lain adalah resiko ketidakakuratan dan ketidakaktualan berita dapat diperkecil karena berita diolah secara bersama dan berita untuk acara televisi yang harus selalu hangat dapat juga diberitakan di Media fudonesia.
Pada bagian iklan, pemasar iklan di Media fudonesia dan Metro TV bersinergi secara total dalam memasarkan space iklan baik di Media fudonesia maupun di Metro TV. Sehingga program-program dan paket-paket iklan yang ditawarkan terkadang saling terkait antara memasang di Media Indonesia dan di Metro TV. Dampak positifnya tentu saja adalah keragaman pengiklan dengan keinginan dan strategi komunikasi pemasarannya yang berbeda-beda dapat diakomodir ke media yang berbeda, apakah ke media cetak atau ke televisi.
Masalah yang dihadapi oleh Media Indonesia dan Metro TV dalam melakukan aliansi adalah berupa isu besar tentang keadilan tingkat kesejahteraan dan fasilitas yang diterima di tengah aneka ragam persepsi seluruh karyawan. Untuk itu pihak manajemen berupaya untuk transparan dalam segala hal sehingga terwujud hubungan keijasama yang selaras dalam jangka panjang. Antara kedua perusahaan dapat saling bertukar pikiran dan membahas mengenai penyesuaian strategi yang hams dilakukan dalam menghadapi
perubahan kompetisi yang terjadi sehingga dapat meningkatkan daya saing.
"
2003
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S9469
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Achdiat
"Perjanjian pemborong bangunan merupakan salah satu bentuk perjanjian yang berdasarkan atas asas kebebasan berkontrak. Akan tetapi karena adanya aspek hukum publik dan demi kepentingan umum, maka kebebasan tersebut dibatasi dengan peraturan tentang standar yang dibuat oleh penguasa. Dalam perjanjian pemborongan bangunan sering terjadi wanprestasi yang bukan semata-mata karena kesalahan pemborong/kontraktor. Dengan kata lain pemborong tidak dengan sengaja melakukan wanprestasi atau melaksanakan pekerjaan tidak sesuai dengan bestek, meskipun dalam praktek kita tahu tidak sedikit pemborong yang nakal. Timbulnya wanprestasi menurut pengamatan penulis antara lain adalah : kenaikan harga borongan sebagaimana biasanya tercantum dalam syarat-syarat kontrak perjanjian. Kemudian keterlambatan termin pembayaran juga sering menjadi penyebab pemborong wanprestasi. dalam penyelesaian nya dalam musyawarah atau dengan membentuk panitia arbitrase. Cara ini banyak ditempuh karena penyelesaian lewat pengadilan dianggap bertele-tele disamping memerlukan waktu yang relatif lama juga memerlukan biaya yang tidak sedikit."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1996
S20714
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas faktor-faktor kepuasan kerja dan hubungannya dengan karakteristik Pegawai Negeri Sipil pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Tinggi Negara Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksploratori dan deskriptif. Metode pengumpulan data dengan sensus melalui pengisian kuesioner yang dibagikan kepada 67 orang pegawai. Metode analisis data menggunakan analisis faktor, t-test, ANOVA dan uji korelasi. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja adalah peran atasan dan lingkungan kerja; gaji dan remunerasi; kesempatan promosi dan pengakuan; sifat pekerjaan; rekan kerja; dan, faktor terakhir adalah manfaat sampingan dan penghargaan. Selain itu terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik pegawai dengan tingkat kepuasan kerja.

ABSTRACT
This thesis discusses the factors of job satisfaction and its relationship with the characteristics of Civil Servants in Badan Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Tinggi Negara Indonesia. This research is quantitative research with exploratory and descriptive design. Data were collected by census by filling a questionnaire distributed to 67 employees. Methods of data analysis using factor analysis, t-test, ANOVA and correlation test. The study found that the factors affecting job satisfaction are the role of the superior and the working environment; salaries and remuneration; promotional opportunities and recognition; nature of work; co-workers; and, the last factor are benefits and rewards. In addition there is a significant relationship between the characteristics of an employee with job satisfaction levels.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64643
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Laksmana
"ABSTRAK. Salah satu tema yang cukup menarik dalam sejarah militer pada masa revolusi adalah terbentuknya suatu lembaga pe_nerbangan militer yang dalam perkembangannya kemudian kita kenal sebagai Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI). Masalah yang melatarbelakangi terbentuknya lembaga tersebut tidak terlepas dari tuntutan jaman (revolusi) pada masa itu, sehingga merupakan satu paket dari perkembangan sejarah revolusi di Indonesia. Suasana revolusi pada waktu itu menuntut para tokoh mi_liter untuk segera membentuk kekuatan udara dengan fasilitas seadanya dan nyaris tanpa persiapan. Segala daya dan u_paya diarahkan untuk berusaha mempertahankan kemerdekaan dari ancaman dan rongrongan pihak tentara Belanda yang berniat mengembalikan Indonesia sebagai daerah jajahannya. Strategi militer Belanda selain menggunakan kekuatan darat, juga mengandalkan kekuatan udaranya yang terdiri dari pesa_wat-pesawat tempur modern. Selama masa revolusi hampir seluruh wilayah udara Indonesia dapat di katakan dikuasai pesawat-pesawat Belanda. Oleh karena itulah, pembangunan matra udara harus di1e_takkan dalam kerangka nasional. Ide untuk membangun kekuatan udara nasional datang dari mantan mayor KNIL, Oerip Sumohar_djo, yang kemudian memerintahkan Suryadi Suryadarma yang pernah memperoleh pendidikan di Militaire Luchtvaart (ML) KNIL untuk merealisasikannya. Di sadari bahwa pembangunan kekuatan udara tidak dapat di1epaskan dari perkembangan teknologi (pesawat terbang), di samping harus pula didukung oleh tenaga penerbang yang dididik secara khusus, maka pengadaan sarana pendidikan penerbang mutlak dilaksanakan, bahkan harus diprioritaskan walau_pun dalam kondisi kurang menguntungkan. Dengan bormodalkan pesawat-pesawat tua peninggalan Jepang, maka di mulailah pendidikan penerbangan yang unik yang merupakan cikal bakal bagi usaha-usaha pengembangan penerbangan militer dan sipil di Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1987
S12486
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>