Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 127736 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kresna Wisnu Wardani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem handling kendaraan tenaga surya yang meliputi sistem kemudi, dan roda yang ditujukan unluk mendapatkan hasil rancangan yang ringan, kuat, serta dapat memberikan kestabilan serta keamanan kepada pengemudi. Pengembangan yang dilakukan meliputi konsep, komputasi mekanik dan pembuatan prototype hingga pengujiannya.

The aim from this research is to develop handling mechanism for solar car, which covers steering mechanism, and wheel. The priority of this thesis will focused on the development of the handling mechanisms strength and light, effort to give more stability and comfort to the driver. The development starts from concept design, followed by the mechanic computing. The prototype was made to fit the purpose of technical test."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16156
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Humiras Hardi
"Perancangan ini bertujuan untuk mengembangkan sistem suspensi kendaraan tenaga surya yang ringan, kuat, serta dapat memberikan kestabilan dan keamanan kepada pengemudinya dengan menganalisa amplitude dan frekuensi getaran. Pengembangan yang dilakukan meliputi konsep, komputasi mekanik dan pembuatan prototype sampai pada pengujiannya.

The aim from this research is to develop suspension mechanism, for solar car. The priority from this thesis is to develop suspension mechanism with good strength, light, stabile and comfort for the driver with analysis amplitude and frequency of vibration. The development will start from concept design mechanical computing and prototype."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T16155
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Donny Triana
"Seiring dengan meningkatnya populasi, maka kebutuhan akan sarana transportasi juga semakin meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengembangan kendaraan yang lebih efisien yaitu bisa bergerak cepat dan ramah lingkungan. Kendaraan surya merupakan alternatif sarana transportasi yang cukup popular saat ini. Berangkat dari permasalahan yang ada dan keinginan untuk mengikuti World Solar Challenge, maka penelitian ini bertujuan melakukan perancangan dan pengembangan sistem penggerak yang cocok untuk kendaraan surya, khususnya Brushless DC Permanent Magnet (BLDC PM) Motor, yang merupakan bagian dari keseluruhan kendaraan surya. Dimana motor listrik merubah energi listrik yang di dapat dari sumber tenaga menjadi energi mekanik yang dionkan untuk menggerakan kendaraan. Pengembangan yang dilakukan meliputi desain konsep, analisa teknik, pembuatan prototype, dan pengujian. Sehingga bisa dihasilkan suatu penggerak yang efisien, ringan, cukup handal, dan dapat berfungsi dengan baik.

The transport needs is becoming increasingly and more demanding in accordance with the population growth. In order to combat this, more efficient transportation vehicles need to be developed which are faster and cleaner. Solar electric vehicles are a popular transport alternative. Starts from the problem currently and the desire World Solar Challenge participating, this research aim to design and develop power train which is suitable for solar electric vehicles, especially a new hub mounted Brushless DC Permanent Magnet (BLDC PM) Motor, as part of solar electric vehicles. The electric motor converts the electrical energy from power supply to mechanical energy used to propel the vehicles. Development covered conceptual design, engineering analysis, making of prototype and testing. With the result that could produce a power train which efficient, lightweight, reliability and works properly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16154
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Faisal Umar
"Sebagai salah satu kendaraan ( mobil ) yang termasuk dalam katagori hobi VW 1500 merupakan kendaraan model lama yang menggunakan Steering System model Wom Gear, Pada kenyataannya bagi banyak pemilik kendaraan jenis lni sering terjadi permasalahan mengenai steering systemnya, baik itu daya tahan komponen, tingkat keresponsifan steering systemnya, maupun beban yang dirasakan pada kemudl( Steertng Wheel).
Sebenamya dengan desain konstruksl dimana titik beratnya terletak agak kebelakang dan penggerak roda belakang serta menggunakan jenis suspensi depan torsi (front beam axle ), kendaraan tipe ini sangat cocok blla menggunakan Rack & Pinion Steering System.
Pembahasan yang dilakukan adalah merancang dan menghitung ulang Rack & Pinion Steeling System yang akan menggantikan Wonn Gear Steering System pada VW 1500, dan sedapat mungkin mendekati teorema yang ada mengenai steering system ( Hal apa saja yang sebenamya harus diperhatlkan untuk melakukan perubahan steering system inl. dan bagalmana sebenamya pengaruh dari perubahan ltu).
Dengan rincian diatas, make hasll dari tugas akhir lnl akan diperoleh mengenai penerapan Rack & Pinion Steering System pada VW 1500 ( termasuk perancangan mekanisme geraknya } dan pengaruh - pengaruhnya akibat pergantian dari Worm Gear Steering System.

1500 cc VW, as one of hobby in automobiles, ls an old fangled automobiles having worm gear steering system. The owners of this automobiles often get many troubles around the steering systems, such as the strength of the spare part, the steering responsibility and the power that driver should give to tum the steering wheel.
Actually, with the construction design where the position of equilibrium point Is a little bit backward, rear wheel vehicle and the use of front beam axle suspension, this automobile is very suitable in using the rack & pinion sleeting system.
The main topic it1 this thesis is to design and re-count the rack & pinion steering system which will exchange the worm gear steeling system in 1500 cc VW and as close as the theory of steerin9 system ( it about every thing that should be concerned in the exchange of the steering system. and also about the effect of this exchange).
As it has been said at the paragraph above, so the output of this thesis is about the appi1cation of rack & pinion steeling system in 1500 cc VW { including the moving mechanism design ) and the effects because of the exchange from worm gear steering system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37228
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pohan, Apelga
"Dalam togas skripsi ini akan dibahas mengenai aplikasi pengendali berbasis pengetahuan, pada pengendalian kemudi kapal laut dari posisi awal menuju sembarang titik tujuan dengan sudut heading awal kapal yang berbeda-beda. Dimana pengendali berbasis pengetahuan yang digunakan adalah Pengendali Logika Fuzzy (Fuzzy Logic Controller). Penerapan pengendali tersebut dilakuan dengan menggunakan perangkat lunak Matlab 5.3.
Basis pengetahuan FLC (Fuzzy Logic Controller) yang dirancang berdasarkan atas pengetahuan nahkoda kapal dalam mengendalikan daun kemudi (rudder) kapal laut secara manual. Komponen-komponen yang dipergunakan dalam membentuk pengendalian tersebut dikelompokan menjadi 2 bagian yakni input (masukan) yang terdiri dari posisi kapal pada koordinat x, posisi kapal pada koordinat y dan sudut heading kapal serta output (keluaran) yang berupa sinyal kendali yang akan menggerakan rudder kapal. Dengan memetakan setiap kombinasi dari ketompok input maka basis pengetahuan yang diperoleh terdiri dari dua rates dua puluh lima aturan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S39718
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Ibnul Gufron
"Dalam skripsi ini akan dijelaskan model dinamik robot beroda dengan kemudi differensial yang dikendalikan dengan pengendali fuzzy. Pengendaii fuzzy menggunakan dua kumpulan aturan pengambil keputusan yang disebut behavior (behavior penghindaran halangan dan behavior pencapaian tujuan). Behavior pencapaian tujuan akan dilaksanakan bila sensor tidak mendeteksi halangan atau bila titik tujuan lebih dekat dibanding jarak halangan yang terdeteksi. Seiain kondisi tersebut diatas maka behavior penghindaran halangan yang akan dijalankan.
Komponen-komponen yang dipergunakan dalam membentuk pengendalian tersebut dikelompokkan menjadi dua bagian, yakni masukan yang terdiri dari jarak terdekat pengukuran halangan oleh sensor, posisi tujuan relalif terhadap sudut heading robot dan jarak tujuan. Sedangkan keluaran adaiah beda tegangan begi motor penggerak roda robot. Pengendali fuzzy yang terdiri dari gabungan dua behavior ini membentuk 66 aturan.
Pada simulasi, kecepatan diasumsikan tetap dan jarak maksimum pengukuran sensor adalah 2 meter. Pada bagian akhir akan diberikan algoritrna progam simulasi dan hasil-hasil simulasi pada beberapa kondisi untuk menunjukkan kinerja sistem."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39853
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anaet Rafi
"Pengendali PD merupakan pengendali yang sudah teruji dan banyak diterapkan pada proses pengendalian suatu sistem, salah satu penerapannya yaitu pada pengendalian kemudi kapal kargo, Walaupun pengendali PD (fixed parameters) ini bekerja dengan baik ruunun peiformance-nya menurun pada saat kapal mengalami perubahan kecepatan maupun saat terjadinya gangguan seperti angin, ombak dan arus. Selain itu diperlukan waktu yang cukup lama dalam melakukan penalaan terbadap parameter-parameter pengendali PD jika proses penalaan itu dilakukan secara manual (trial and error). Oleh sebab itu dibutuhkan suatu metode untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Pada skripsi ini dibahas mengenai penerapan GMRAC (Genetic Madel Reference Adaptive Control) dalam proses pengendalian kemudi kapal kargo. GMRAC merupakan sistem kendali adaptif yang didalamnya terdapat algoritma genetika sebagai metode penalaan terhadap pengendali dari suatu plant (kendalian) yang berdasarkan acuan dari model referensi sistem tersebut. Algoritma genetika digunakan sebagai teknik pencarian parameter-parameter pengendali PD berdasarkan mekanisme genetika dan seleksi alam, sedangkan model referensi digunakan sebagai acuan agar hasil keluaran dari sistem yang dikendalikan berkelakuan sesuai dengan performance yang diinginkan. Proses penalaan pengendali PD dilakukan secara dinamis terhadap perubahan kecepatan kapal maupun saat adanya gangguan (disturbance) yang sangat mempengaruhi dinamika kapal kargo.
Hasil pengendalian kemudi kapal kargo dengan GMRAC disimulasikan dengan menggunakan perangkat lunak MATLAB versi 5.3 yang ditampilkan berupa grafik tanggapan waktu untuk menunjukkan settling time, rise time, peak time, overshoot dan error steady state serta grafik error antara model referensi dan system GMRAC. Berdasarkan karakteristik tanggapan waktu dan grafik error tersebut akan dilihat performance dari pengendalian GMRAC terhadap perubahan kecepatan kapal maupun dalam mengatasi gangguan (disturbance) yang menerpa kapal."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39912
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu
"ABSTRAK
Skripsi dengan judul Perancangan Sistem Kemudi Prototipe Kendaraan Angkutan Listrik (KAL) ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sistem kemudi pada prototipe KAL hasil perancangan. Karalcteristik ini meliputi analisa dimensi utama mekanisme sistem kemudi yang digunakan dan pengendalian kendaraan pada keadaan konstan (steady).
Pada skripsi ini, untuk menganalisa dimensi utama dari mekanisme sistem kemudi, digunakan teori-teori dalam ilmu kinematika. Karena mekanisme sistem kernudi KAL ini merupakan suatu rnekanisme yang kompleks, maka untuk menghilangknn kesulitan dan agar dapat memberikan hasil analisa yang diinginkan, digunakan mekanisme ekuivalen yang memberikan gerak identik dengan bagian yang dianalisa. Sedangkan teori karakteristik pengendalian kendaraan digunakan untuk menentukan pengendalian kendaraan pada lintasan dan tanggapan kendaraan terhadap gangguan ekstemal.
Sebagian besar parameter yang dibutuhkan dalam perhitungan didapat dari pengukuran langsung hasil perancangan yang digunakan pada KAL. Berdasarkan analisa yang dilakukan terhadap mekanisme sistem kemudi KAL, dapat disimpulkan bahwa pada saat berbelok terjadi toe-our dengan radius putar minimum 2,668 meter dan rasio kemudlnya adalah 18,2.
Analisa karaktenstik pengendaliannya menghasilkan kesimpulan bahwa KAL adalah kendaraan over-steer, yaitu sudut selip yang terjadi pada roda belakang lebih besar daripada sudut selip roda depan.
Pada kecepatan operasinya, KAL memiliki tanggapan yang baik terhadap terjadinya kecepatan yaw dan percepatan lateral serta pengendalian terhadap lintasan yang aman. Hal ini terjadi karena karakteristik tanggapan kendaraan oversteer ini hampir menyerupai karakteristik pada keadaan neutral steernya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36249
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rais Rassudar
"Dalam perancangan dan pengembangan kendaraan surya lomba, desain body dan struktur ditujukan untuk mendapatkan bobot yang ringan tetapi kuat dan kokoh serta mempunyai tingkat keamanan yang baik. Dalam penelitian ini, pengembangan yang dilakukan meliputi desain konsep, analisa teknik dan pembuatan prototipe. Pada tahap seleksi konsep, dipilih jenis monocoque dengan menggunakan bahan carbon fiber agar didapat integrasi body dan struktur yang praktis namun kokoh dan ringan serta sesuai dengan regulasi World Solar Challenge. Selanjutnya dianalisa perilaku mekanik akibat pembebanan impact dengan menggunakan metode elemen hingga. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan rancangan body dan struktur yang kuat namun ringan dengan pertimbangan kondisi impak pada saat terjadinya benturan yang dapat membahayakan pengemudi. Simulasi pembebanan dilakukan dengan bantuan piranti lunak berbasis metode elemen hingga agar dapat diketahui respon struktur yang terjadi.

The transport needs is becoming increasingly and more demanding in accordance with the population growth. In order to combat this, more efficient transportation vehicles need to be developed which are faster and cleaner. Solar electric vehicles is a popular transport alternative. Starts from the problem currently and the desire World Solar Challenge participating, this research aim to develop lightweight body of solar electric vehicles especially for racing car. In solar racing car design and development, body-chassis is concentrated to minimize weight and maximize strength and safety. But the trade-off is, on every extra pound will require more energy to displaced down the road. The loading condition simulated using FF.M based software. Development covered conceptual design, engineering analysis, making of prototype and testing. With the result that could produce a lightweight body with reliability and safety."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16905
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nopryandi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36395
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>