Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 194377 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Suci Xaviera Wardhani
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas terkait pengaruh social media marketing dan emotional branding pada Instagram @madformakeup.co terhadap loyalitas merek melalui mediasi keterlibatan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah pengikut akun Instagram @madformakeup.co sebanyak 207 sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif dan analisis jalur untuk membuktikan hipotesis-hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel social media marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas merek secara langsung dalam konteks Instagram @madformakeup.co. Variabel social media marketing juga memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas merek melalui mediasi keterlibatan pelanggan. Variabel emotional branding tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas merek secara langsung, namun variabel ini berpengaruh secara signifikan terhadap variabel loyalitas merek melalui mediasi keterlibatan pelanggan. Maka, variabel keterlibatan pelanggan mampu memberikan mediasi bagi variabel social media marketing dan emotional branding dalam mempengaruhi loyalitas merek secara signifikan pada Instagram @madformakeup.co. Penelitian ini diharapkan dapat membantu para manajer pemasaran khususnya di bidang industri kosmetik untuk mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran di media sosial dengan menggunakan pendekatan yang bersifat emosional terhadap pelanggannya untuk mendorong peningkatan loyalitas merek.

This research aims to discuss the effect of social media marketing and emotional branding on @madformakeup.co Instagram toward brand loyalty through the mediating role of customer engagement. This research has positivistic paradigm and quantitative approach. Respondents in this study are 207 followers of @madformakeup.co on Instagram. Data collected were analyzed by using descriptive statistical analysis and path analysis to prove the hypothesis in this study. The result showed that social media marketing significantly influences brand loyalty directly without going through customer engagement on @madformakeup.co Instagram. Social media marketing also has significant influence on brand loyalty through the mediating role of customer engagement. Emotional branding does not have significant influence on brand loyalty directly, but emotional branding has significant influence on brand loyalty through the mediating role of customer engagement. Therefore, customer engagement is capable of mediating both social media marketing and emotional branding to influence brand loyalty significantly on @madformakeup.co Instagram. This research is expected to help brand managers especially in the field of cosmetic industry to optimize social media marketing using emotional approach like emotional branding to their customers to build and increase brand loyalty."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Izzati
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Emotional Branding terhadap loyalitas merek Dove studi pada konsumen perempuan di Media Sosial Youtube. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalis dimensi emosional branding mana yang paling berpengaruh terhadap Brand Loyalty. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pemilihan subjek dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan kriteria konsumen perempuan yang pernah menggunakan produk perawatan tubuh Dove dalam satu tahun terakhir minimal dua kali dan pernah melihat marketing campaign Dove di Youtube. Teknik pengumpulan data survei dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel emotioanal branding berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek konsumen. Secara parsial, hanya dimensi relationship, association, dan uniqueness yang berpengaruh secara signifikan terhadap brand loyalty.

This study aims to analyze the effect of Emotional Branding on brand loyalty Dove studies on female consumers in Social Media Youtube. This study also aims to analyze the emotional dimension of branding that most influential on Brand Loyalty. This research uses quantitative approach and subject selection is done using purposive sampling technique. Respondents in this study amounted to 100 respondents with the criteria of female consumers who have used Dove body care products in the past year at least twice and have seen Dove marketing campaign on Youtube. The technique of collecting survey data using multiple regression analysis. The results of this study indicate that the variable emotional branding significant effect on consumer brand loyalty. Partially, only the dimensions of relationship, association, and uniqueness have a significant effect on brand loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Maudy Bunga Rosmita
"Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemasaran media sosial memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan secara langsung dalam konteks Instagram @tokopedia. Namun, variabel pemasaran media sosial tidak memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan melalui mediasi kepuasan pelanggan. Pemasaran melalui media sosial Instagram @tokopedia, seperti informasi mengenai cashback, diskon, gratis ongkir, dan lainnya, serta membuat konten-konten interaktif yang mengajak pengikut untuk berpartisipasi, terbukti dapat menarik pelanggan untuk puas dan menjadi loyal. Kemudian, Variabel kepercayaan merek memiliki hubungan terhadap loyalitas pelanggan baik secara langsung ataupun dengan mediasi kepuasan pelanggan. Tokopedia telah berhasil memenuhi semua aspek dari kepercayaan merek. Dengan demikian, loyalitas pelanggan dalam bentuk retensi, frekuensi pembelian, maupun WOM yang baik, adalah hasil dari meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap platform Tokopedia Penelitian ini diharapkan dapat membantu para manajer pemasaran khususnya di bidang industri e-commerce untuk mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran di media sosial dengan menggunakan pendekatan yang bersifat emosional terhadap pelanggannya untuk mendorong peningkatan loyalitas pelanggan.

The results of the study show that social media marketing have a significant relationship to customer loyalty directly in the context of Instagram @tokopedia. However, social media marketing do not have a significant relationship to customer loyalty through the mediation of customer satisfaction. Marketing through social media Instagram @tokopedia, such as information about cashback, discounts, free shipping, and more, as well as creating interactive content that invites followers to participate, has been proven to attract customers to be satisfied and loyal. Then, brand trust has a relationship to customer loyalty either directly or by mediating customer satisfaction. Tokopedia has succeeded in fulfilling all aspects of brand trust. Thus, customer loyalty in the form of good retention, purchase frequency, and WOM is the result of increased customer trust in the Tokopedia platform. This research is expected to help marketing managers, especially in the e-commerce industry, to optimize marketing communication strategies on social media by uses an emotional approach to its customers to encourage increased customer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Hafiz Mugni
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emotional branding terhadap loyalitas merek sepatu futsal Specs. Emotional branding adalah konsep penciptaan citra merek yang bertujuan menjalin hubungan emosi yang mendalam antara merek dan konsumen melalui pendekatan-pendekatan yang kreatif dan inovatif. Konsep dasar dari proses emotional branding didasarkan pada empat pilar penting yaitu hubungan, pengalaman panca indera, imajinasi, dan visi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 konsumen sepatu futsal Specs di Jakarta, Bekasi, dan Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional branding memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap loyalitas merek sepatu futsal Specs.

This research aims to explain the influence of emotional branding towards brand loyalty of Specs futsal shoes. Emotional branding is a concept about creating a brand image for creating a deep emotional relationship between brand and customer through creative and innovative approaches. There are four basic concepts of emotional branding: relationship, sensorial experience, imagination, and vision. This research used a quantitative approach. The survey was done by distributing 100 questionnaries to customers of Specs futsal shoes in Jakarta, Bekasi and Depok. The result shows that emotional branding has a strong positive influence towards brand loyalty of Specs futsal shoes."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S65607
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuni Saskia Irawati
"

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media marketing activities terhadap customer loyalty melalui mediasi customer equity drivers pada pelanggan Shopee di Daerah Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Responden penelitian ini adalah pelanggan yang pernah melakukan pembelian di Shopee setidaknya 1- 3 kali dalam satu bulan, berusia 18-34 tahun, mengikuti akun media sosial Shopee Indonesia, dan berdomisili di DKI Jakarta. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial, dan uji hipotesisi menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda dengan software SPSS 20. Berdasarkan penelilian Yadav dan Rahman (2018) mengungkapkan bahwa pengaruh social media marketing activities terhadap customer loyalty dapat dicapai melalui mediasi customer equity drivers yang memiliki komponen value equity, brand equity, dan relationship equity. Hasil penelitian ini mengungkapkan enam temuan yaitu pertama, social media marketing activities memiliki pengaruh yang signifikan terhadap value equity pada pelanggan Shopee di Daerah Jakarta. Kedua, social media marketing activities memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand equity pada pelanggan Shopee di Daerah Jakarta. Ketiga, social media marketing activities memiliki pengaruh yang signifikan terhadap relationship equity pada pelanggan Shopee di Daerah Jakarta. Keempat, value equity tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer loyalty pada pelanggan Shopee di Daerah Jakarta. Kelima, brand equity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer loyalty pada pelanggan Shopee di Daerah Jakarta. Keenam, relationship equity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer loyalty pada pelanggan Shopee di Daerah Jakarta.

 


The purpose this research is to examine the impact of social media marketing activities on customer loyalty via customer equity drivers in the Shopee customer in Jakarta Area. This research uses a quantitative approach by the survey method through questionnaire instrument to 100 respondents. The respondents of this study are customers who have made purchases at Shopee at least 1-3 times a month, aged 18-34 years, following Shopee Indonesia social media account, and domiciled in DKI Jakarta. The analysis technique used is descriptive analysis, inferential analysis, and hypothesis testing using simple regression and multiple regression with SPSS software version 20. Based on research Yadav dan Rahman (2018) revealed that the influence of social media marketing activities on customer loyalty can be achieved through mediating customer equity drivers that have components of value equity, brand equity, and relationship equity. The research revealed six findings. First, social media marketing activities have a significant influence on value equity in the Shopee customer in Jakarta Area. Second, social media marketing activities have a significant influence on brand equity in the Shopee customer in Jakarta Area. Third, social media marketing activities have a significant influence on relationship equity in the Shopee customer in Jakarta Area. Fourth, value equity does not have a significant influence on customer loyalty in the Shopee customer in Jakarta Area. Fifth, brand equity has a significant influence on customer loyalty in the Shopee customer in Jakarta Area. Sixth, relationship equity has a significant influence on customer loyalty in the Shopee customer in Jakarta Area.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Lidini Hanifa
"Pemanfaatan platform media sosial untuk berkomunikasi dan mempromosikan produk atau layanan telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini juga berdampak secara signifikan pada perubahan perilaku konsumen. Oleh karena itu, pada penelitian ini ingin mengetahui pengaruh social media marketing dan social brand engagement terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara daring dan memperoleh 142 responden. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode PLS- SEM untuk memverifikasi model penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa social media marketing dan social brand engagement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention. Namun, pada penelitian ini ditemukan bahwa social media marketing lebih mempengaruhi social brand engagement dibandingkan purchase intention.

The utilization of social media platforms for communication and promotion of products or services has experienced rapid growth in recent years. This phenomenon has significantly impacted changes in consumer behaviour. Therefore, this research aims to determine the influence of social media marketing and social brand engagement on purchase intention. This study employs a quantitative research method by distributing online questionnaires and obtaining 142 respondents. The collected data is analysed using the PLS-SEM method to verify the research model. The results of this study indicate that social media marketing, and social brand engagement have a positive and significant influence on purchase intention. However, it is found that in this research, social media marketing has a greater influence on social brand engagement compared to purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Risky
"Penelitian ini merupakan sebuah studi eksplanatif mengenai pengaruh Citra Merek dan Kepuasan pada Loyalitas Pelanggan. Dalam beberapa tahun belakangan ini sangat banyak bermunculan brand kopi dari dalam negeri dan mencoba merebut loyalitas dari konsumen. Dengan menggunakan model yang di adopsi dari penelitian sebelumnya peneliti ingin membuktikan kembali pengaruh hubungan citra merek dengan loyalitas pelanggan secara langsung maupun secara tidak langsung melalui mediator kepuasan. Objek yang di gunakan adalalah Kopi Kenangan karena di rasa Kopi Kenangan mampu mewakili brand produk kopi dengan perkembangan terbesar dan tercepat di Indonesia jika dilihat dari jumlah pengumpulan modal yang mereka dapatkan dari para investor. Data dari penelitian ini dihimpun kemudian dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik Hasil dari penelitian ini membuktikan citra merek berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Kepuasan pelanggan maupun secara tidak langsung dengan melalui mediator kepuasan.

This research is an explanative study of affect of brand image and satisfaction on customer loyalty. In recent years there have been many domestic coffee brands emerging and trying to win loyalty from consumers. By using a model adopted from previous research, the researcher wants to prove again the influence of the relationship between brand image and customer loyalty directly or indirectly through satisfaction mediators. The object used on this research is Kopi Kenangan, due Kopi Kenangan is able to represent the coffee brand with the largest and fastest development in Indonesia, it is viewed from the amount of capital gain they have get from investors. The data from this study were collected and then carried out using statistical calculations. The results of this thesis study prove that brand image has a significant effect directly on customer loyalty and indirectly through satisfaction mediators."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faishal Aqsadewa
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh customer engagement melalui instagram terhadap customer loyalty pelanggan Somethinc. Terdapat variabel trust, commitment, dan customer value creation diantara hubungan keduanya. Pengumpulan data dilakukan melalui survei kepada 199 responden yang berdomisili di Indonesia, berusia diatas 18 tahun, mengikuti akun instagram Somethinc, dan pernah membeli produk Somethinc lebih dari satu kali. Metode penyebaran kuesioner dilakukan secara online menggunakan Google Form dan analisis data menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan software SMARTPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer engagement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap trust, commitment dan customer value creation. Kemudian, trust berpengaruh secara positf dan signifikan terhadap commitment dan customer loyalty. Selanjutnya, commitment berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Kemudian, customer value creation berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap commitment dan customer loyalty

This research discusses the influence of customer engagement through instagram on Somethinc customers' customer loyalty. There are variables of trust, commitment, and customer value creation between the two relationships. Data collection was conducted through a survey of 199 respondents who live in Indonesia, are over 18 years old, follow Somethinc's instagram account, and have purchased Somethinc products more than once. The questionnaire distribution method was carried out online using Google Form and data analysis using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with SMARTPLS 4 software. The results of this study indicate that customer engagement has a positive and significant effect on trust, commitment, and customer value creation. Then, trust has a positive and significant effect on commitment and customer loyalty. Furthermore, commitment has a positive and significant effect on customer loyalty. Then, customer value creation has a positive and significant effect on commitment and customer loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Sophia Ulfa
"Komunitas merek mengalami perkembangan, yang kemudian melahirkan komunitas merek online, dicirikan dengan penggunaan internet sebagai platformnya. Perkembangan ini tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi siapa saja yang aktif di pasar, salah satunya adalah meningkatnya loyalitas pelanggan. Tak hanya itu, keterlibatan pelanggan juga merupakan diskusi utama dalam komunitas merek online yang menggambarkan pengalaman interaktif konsumen, memiliki sifat iteratif yang dapat bertindak sebagai penyebab antecedent maupun akibat consequence. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh komunitas merek online terhadap keterlibatan pelanggan, pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek, serta pengaruh mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengaplikasikan SEM melalui AMOS. Hasilnya adalah komunitas merek online terbukti secara positif mempengaruhi keterlibatan pelanggan, keterlibatan pelanggan terbukti secara positif mempengaruhi loyalitas merek, dan adanya peran mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia.

Brand community is experiencing growth, which then develops into online brand community, characterized by the use of the Internet as its platform. This development is not only beneficial for consumers, but also for anyone who is active in the market, one of which is increasing customer loyalty. More than that, customer engagement is also a major discussion in the online brand community that describes the interactive experience of the consumer, that has iterative nature act as an antecedent or consequence. Therefore, this study aims to prove the influence of the online brand community on customer engagement, the influence of customer engagement on brand loyalty, and the role of community loyalty as mediation in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community. This thesis is conducted using quantitative analysis by applying SEM through AMOS. The result is online brand community is proved to affect customer engagement positively, customer engagement is proved to affect brand loyalty positively, and there is mediation role of community loyalty in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51533
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fidyah Hanan Maulani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas pemasaran di media sosial terhadap brand loyalty pada smartphone Samsung. Pengaruh ini dapat berupa pengaruh langsung di mana perceived social media marketing activities mempengaruhi brand loyalty. Pengaruh ini juga dimediasi oleh brand dan value consciousness. Penelitian ini melibatkan 432 pengguna smartphone Samsung yang pernah mengakses media sosial smartphone Samsung dalam enam bulan terakhir dan berusia 16-35 tahun. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Model SEM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived social media marketing activities berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa brand dan value consciousness memediasi pengaruh perceived social media marketing activities terhadap brand loyalty. Besar pengaruh mediasi brand consciousness lebih tinggi daripada value consciousness dalam kasus smartphone Samsung.

This study aims to analyze the effect of perceived social media marketing activities on brand loyalty in Samsung smartphone. This effect can be direct in which perceived social media marketing activities influences brand loyalty. This effect is also mediated by brand and value consciousness. This study involved 432 Samsung smartphone users who have accessed Samsung smartphone rsquo s social media page within the past six months and are 16 35 years old. The data was analyzed using Structural Equation Model SEM.
Results of this study show that perceived social media marketing activities have a positive effect towards brand loyalty. This study also suggests that brand and value consciousness have mediating effects on the relationship between perceived social media marketing activities and brand loyalty. The mediating effect of brand consciousness is greater than value consciousness.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69215
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>