Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 54878 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ardi Rizky Permana
"Covid-19 telah melanda dunia dan tentunya mengubah kebiasaan masyarakat, termasuk mempercepat adopsi transaksi cashless payment khususnya di Indonesia. Ini memang menjadi momentum bagi perusahaan Financial Technology dan Bank Konvensional untuk bersaing. Tesis ini akan fokus pada Industri Pembayaran Digital di Indonesia, khususnya pada bisnis acquiring merchant acceptance yang berperan signifikan sebagai katalisator cashless payment. Penelitian ini juga didasarkan pada penelitian tentang service quality, business model canvas, dan pentingnya analisis kinerja untuk aplikasi BRImerchant. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi kualitas pelayanan aplikasi BRImerchant menggunakan importance performance analysis.

Covid-19 has hit the world and has undoubtedly changed people's habits, including fastening the adoption of Cashless Payment transactions, especially in Indonesia. This is indeed momentum for Financial Technology companies and Conventional Banks to compete. This Thesis will focus on the Digital Payment Industry in Indonesia, especially on Acquiring Merchant Acceptance Businesses that hold a significant role as catalysator of Cashless Payment. This research is also based on research regarding service quality, business model canvas, and the importance of performance analysis for BRImerchant Applications. This study aims to define the service quality strategy for BRImerchant applications using importance performance analysis."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Nuria Rodhiani
"ABSTRAK
Kualitas layanan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan. Kualitas layanan yang baik akan berdampak pada kepuasan pengguna. Sebaliknya, kualitas layanan yang buruk akan menyebabkan ketidakpuasan pengguna. Pada kasus perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan, kepuasan merupakan salah satu faktor penting yang dapat menciptakan iklim bisnis yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut kualitas layanan mobile health yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Integrasi model Kano dan Importance Performance Analysis (IPA) digunakan dalam penelitian ini. Model Kano bertujuan untuk menghubungkan persyaratan yang dipenuhi oleh produk atau layanan dengan kepuasan dan mengidentifikasi persyaratan yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Sedangkan IPA bertujuan untuk mengelompokkan atribut kualitas layanan ke dalam kuadran yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam menyusun strategi bisnisnya. Berdasarkan Integrasi IPA-Kano terhadap 21 atribut kualitas layanan yang meliputi dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible pada aplikasi mobile health, diketahui terdapat 9 atribut kualitas yang perlu ditingkatkan serta 11 atribut kualitas layanan yang perlu dipertahankan. Berdasarkan hasil IPA diketahui nilai Customer Satisfaction Index sebesar 82,313%. Sementara berdasarkan analisis gap antara kinerja dan harapan, diketahui bahwa kinerja aplikasi mobile health masih belum ada yang melampaui harapan pengguna

ABSTRACT
Service quality is one of the factors that can affect satisfaction. Good service quality will impact on user satisfaction. Otherwise, poor service quality will cause user dissatisfaction. In the case of companies engaged in health services, satisfaction is one of the important factors that can create a good business climate. This study aims to determine the quality of mobile health service attributes that affect user satisfaction. Integration of Kano model and Importance Performance Analysis (IPA) is used in this study. The Kano model aims to link the requirements met by the product or service with satisfaction and identify requirements that affect user satisfaction. Whereas IPA aims to classify service quality attributes into quadrants that aim to assist companies in developing their business strategies. Based on integration of IPA-Kano to 21 service quality attributes which include Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Tangible dimension in the mobile health application, there are 9 quality attributes that need to be improved and 11 service quality attributes that need to be maintained. Based on the results of IPA it is known that the Customer Satisfaction Index is 82.313%. Meanwhile, based on the analysis of the gap between performance and expectations, it is known that the performance of the mobile health application still does not exceed the user's expectations"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Apri
"Penelitian ini membahas mengenai pengukuran kepuasan pelanggan pada perusahaan layanan jasa konstruksi bangunan menggunakan metode Business-to-Business Service Quality (B2B Servqual). Tidak adanya pengukuran kepuasan pelanggan yang spesifik, membuat perusahaan tidak dapat mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan dan tidak dapat melakukan perencanaan perbaikan kualitas layanan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran kepuasan pelanggan menggunakan B2B Servqual menggunakan 10 demensi kualitas pelayanan. Kemudian hasil dari pengukuran tersebut akan di analisis lebih jauh menggunakan Importance-Performance Analysis untuk menentukan atribut yang membutuhkan prioritas perbaikan dan metode lainnya yaitu Fishbone Diagram dan Tree Diagram untuk menentukan tindakan apa saja yang dapat dilakukan perusahaan untuk peningkatan pelayanan. Hasilnya, dari dua puluh enam atribut pelayanan B2B Servqual, terdapat enam atribut pelayanan yang perlu diprioritaskan dalam upaya peningkatan kualitas layanan yaitu pelayanan terkait ketepatan waktu, kualitas, skill, kemampuan komunikasi, dan perkiraan harga. Selain itu, didapatkan juga sebanyak dua puluh satu butir rekomendasi tindakan yang dapat dilakukan perusahaan untuk perbaikan kualitas.

This study discusses the measurement of customer satisfaction in building construction service company using the Business-to-Business Service Quality (B2B Servqual) method. In the absence of specific customer satisfaction measurements, companies cannot know the level of customer satisfaction and cannot plan to improve service quality. Therefore, it is necessary to measure customer satisfaction using B2B Servqual using 10 dimensions of service quality. Then the measurement results will be analyzed further using Importance-Performance Analysis to determine attributes that require priority improvement and other methods, Fishbone Diagrams and Tree Diagrams to determine what actions companies can take to improve services. As a result, from the twentysix attributes of Servqual's B2B services, there are six service attributes that need to be prioritized to improve service quality, these six attributes include services related to timeliness, quality, skills, communication skills, and price estimates. In addition, there are also twentyone action recommendations that companies can take to improve quality.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fikri Haikal Fahmy
"Sebagai salah satu penyedia layanan publik pemerintah harus menjaga agar setiap pelayanan publik yang diberikan sesuai standar kualitas. Selain itu, semakin majunya teknologi informasi dan taraf hidup masyarakat mengakibatkan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang berkualitas di bidang transportasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan dari Bus Transpakuan Bogor. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan untuk mengukur kualitas dari Bus Transpakuan Bogor. Salah satu faktor yang menentukan kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan tentang kualitas jasa yang berfokus pada lima dimensi kualitas jasa, yaitu: bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy). Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang berfokus pada cara pandang positivisme sebagai landasan untuk meneliti dari populasi atau sampel. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian dan analisis data yang diperoleh dari metode IPA (Importance Performance Analysis) dilakukan secara kuantitatif didukung oleh data kualitatif baik dari observasi lapangan maupun wawancara dengan narasumber. Penelitian ini akan menyebarkan survei kepada pengguna layanan Biskita Transpakuan Bogor. Peneliti menemukan 4 dari 5 dimensi yang diteliti memiliki kualitas pelayanan yang rendah yang disebabkan berbagai faktor seperti jalur Biskita yang menyatu dan tidak dedicated, kurangnya penempatan petugas di halte-halte selain halte transit, serta infrastruktur halte yang masih belum mumpuni karena pemerintah kota bogor tidak melakukan revitalisasi. Dari temuan ini beberapa upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Biskita Transpakuan dimulai dari pembaharuan infrastruktur halte Biskita Transpakuan sampai dengan penguatan koordinasi antar pihak penyelenggara pelayanan dengan Pemerintah Kota Bogor dan BPTJ.

As one of the organizers of public services, the government must ensure that every public service provided is in accordance with quality standards. In addition, the increasingly advanced information technology and people's standard of living have resulted in increasing public demand for quality services in the transportation sector. This study aims to analyze the service quality of Transpakuan Bogor Buses. This study uses the theory of service quality to measure the quality of BiskitaTranspakuan Bogor Buses. One of the factors that determine customer satisfaction is the customer's perception of service quality which focuses on the five dimensions of service quality, namely: physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy. This study uses a quantitative approach that focuses on the perspective of positivism as the basis for population or sample research. This study uses research instruments and data analysis obtained from the IPA (Importance Performance Analysis) method is carried out quantitatively supported by qualitative data from both field observations and interviews with informants.. This research will distribute a survey to Biskita Transpakuan Bogor service users. The researcher found that 4 of the 5 dimensions studied had low service quality due to various factors such as the unified and not dedicated Biskita line, the lack of staff placement at bus stops other than transit stops, and bus stop infrastructure that was still inadequate because the Bogor city government did not carry out revitalization. From these findings, several efforts can be used to improve the quality of Biskita Transpakuan services, starting from updating the Biskita Transpakuan bus stop infrastructure to strengthening coordination between service providers and the Bogor City Government and BPTJ."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Handayani
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas pelayanan secara eksternal (pelayanan bagi penyidik) dan internal (pelayanan bagi pegawai), serta dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai di UPT Laboratorium Uji Narkoba serta merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil penelitian terhadap pelayanan ekternal dan pelayanan internal kemudian di analisis menggunakan IPA. Kualitas pelayanan terhadap penyidik (pelanggan eksternal) diukur menggunakan metode SERVQUAL yang diperkenalkan oleh Parasuraman,Zeithaml dan Berry (1990), sedangkan kepuasan kerja pegawai diukur menggunakan metode Index of Work Satisfaction (IWS) dari Stamp (1997). Untuk pelayanan internal, populasi penelitian ini adalah pegawai UPT Laboratorium Uji Narkoba BNN, sedangkan untuk pelayanan eksternal populasi adalah pelanggan yaitu para penyidik. Dari hasil dari penelitian, didapat bahwa tingkat kepuasan kerja pegawai dikategorikan cukup puas, sedangkan kepuasan penyidik dikategorikan sangat puas. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada UPT Laboratorium Uji Narkoba, digunakan strategi unconditional guarantees, yaitu peningkatan kepuasan kepada pelanggan dengan cara pembenahan pada beberapa sektor serta peningkatan motivasi para karyawan untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih baik.

ABSTRACT
In this study was conducted to analyze the quality of external services (services for the investigator) and internal (service for the employee), as well as an analysis of the factors that affect employee performance in Drug Testing Laboratory to formulate strategies enchancing service of quality. The result of the external service and internal service later in the analysis using Importance Performance Analysis (IPA). Quality of service to the investigator (external customer) were measured using the SERVQUAL method introduced by Parasuratman, Zeithalm and Berry (1990), while employee satisfaction is measured using the Index of Work Satisfaction (IWS) introduced by Stamp (1997). For internal services, the study pupolation is employee of Drug Testing Laboratory, while for the external service pupolation is that the investigators. From the results of the study, found that the level of employee job satisfaction categorized quite satisfied, while categorized investigator satisfaction is very satisfaction. To improve the service of quality in Drug Testing Laboratory, used the unconditional guarantees strategy, ie an increase in customer satisfaction by way of improvement in some sectors and increase the motivation of employee to achieve a better level performance."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosanova Savitry
"Skripsi ini membahas tentang pemetaan atribut kualitas produk berdasarkan persepsi pelanggan menggunakan metode yang lebih tepat dan akurat, yaitu KD-IPA. Penggunaan metode ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan dari metode IPA tradisional, yaitu tidak mempertimbangkan adanya sisi nonlinearitas dan kausalitas sehingga dapat mengakibatkan kesalahan pengambilan keputusan. Metode ini metode Kano dan DEMATEL lalu diintegrasikan kedalam model IPA menjadi model terintegrasi KD-IPA. Penggunaan metode ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru tentang pemetaan atribut kualitas produk yang mempertimbangkan sisi nonlinearitas dan kausalitas dari atribut-atribut kualitas produk.

The focus of this study is how to map product quality attributes which are based on customer perception using more accurately method, KD-IPA. This method aims to overcome inadequacies of traditional IPA method, which are not considering nonlinearity and causality. Without considering the inadequacies, company might run wrong decisions about the product. This method consists of Kano method and DEMATEL method, henceforth are integrated in IPA method and becoming Integrated KD-IPA method. This study is expected to provide new understanding of quality attributes mapping by considering nonlinearity and causality."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51697
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Milla Mariska
"Pengukuran kinerja yang dilakukan perusahaan konsultan IT selama ini hanya berfokus pada aspek finansial. Dimana pengukuran kinerja ini tidak begitu komprehensif dalam mengukur kinerja suatu perusahaan yang mengakibatkan sulit untuk memperbaiki kondisi internal dan eksternal perusahaan sehingga berdampak pada lambatnya laju pertumbuhan perusahaan.
Metode performance PRISM yang dikolaborasikan dengan metode IPA dan AHP digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan suatu pengukuran kinerja yang komprehensif dengan melibatkan peran stakeholder untuk melengkapi indikator kinerja yang selama ini diberikan dalam mengukur kinerja perusahaan. Dengan identifikasi kebutuhan dan kontribusi stakeholder, diperoleh indikator kinerja sebagai indikator keberhasilan kinerja perusahaan.
Dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat 30 indikator kinerja atau KPI yang dapat menggambarkan kondisi kinerja perusahaan, terdiri dari 4 KPI kepuasan stakeholder, 10 KPI strategi, 8 KPI proses, 4 KPI kapabilitas, 4 KPI kontribusi stakeholder.

The performance measurement conducted by the IT consultant firms this day focused solely on the financial aspect. Where the performance measurement is not too compherensive in measuring the performance of a company which cause it’s hard to improve the internal and external conditions of a company and has impact on the slow growth rate of a company.
The performance PRISM method colaborated with IPA and AHP methods were used in this study in order to get the a performance measurement comprehensively by involving stakeholder to complete the performance indicators which have been given in measuring the company’s performance. With the identification of the stakeholder needs and contributions, obtained the performance indicators as the success indicators of a company’s performance.
From this research known that there were 30 performance indicators or KPIs which can describe the condition of the company's performance, consisting of 4 KPIs of stakeholder satisfaction, 10 KPIs of strategy, 8 KPIs of process, 4 KPIs of capability, 4 KPIs of stakeholder contributions.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35659
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Latifah
"Gudang memiliki peran penghubung yang penting dalam rantai pasokan dan dapat memperkaya keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Agar selalu dapat memberikan layanan terbaik, perlu untuk mengetahui kondisi gudang pada saat ini melalui penilaian kinerja dan meningkatkan aspek yang memiliki nilai rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur performa dan memberikan rekomendasi untuk gudang assembly dari perusahaan manufaktur elektronik pada tahun 2023 menggunakan metode SCOR dan AHP. Terdapat 25 indikator kinerja yang akan digunakan sebagai acuan untuk mengetahui performa gudang. Hasil yang didapatkan adalah perfroma gudang berada dalam kategori sedang menurut traffic light system dengan nilai sebesar 70.03%. Dilakukan juga identifikasi indikator prioritas menggunakan metode importance-performance analysis untuk mengetahui indikator yang nilai rendah tetapi memiliki bobot kepentingan tinggi. Indikator prioritas yang didapatkan adalah delivery lead time, supplier delivery lead time, dan on-time delivery to production lines. Rekomendasi yang diberikan untuk dapat memperbaiki ketiga indikator kinerja tersebut adalah implementasi integrasi antara warehouse management system (WSM) dan voice picking.

Warehouses have an important connecting role in the supply chain and can enrich competitive advantages for companies. In order to always be able to provide the best service, it is necessary to know the current condition of the warehouse through performance assessments and improving aspects that have low value. This research is to measure performance and provide recommendations for assembly warehouses of electronics manufacturing companies in 2023 using the SCOR and AHP methods. There are 25 performance indicators that will be used as a reference to determine warehouse performance. The results obtained are that the warehouse performance is in the medium category according to the traffic light system with a value of 70.03%. Priority indicators are also identified to identify indicators that have low scores but have high importance using importance-performance analysis. The priority indicators obtained are delivery lead time, supplier delivery lead time, and on-time delivery to production lines. The recommendation given to improve these three performance indicators is the implementation of integration between the warehouse management system (WSM) and voice picking."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasrullah
"ISBN is an International Standard Book Number. The ISBN is a unique international identifer for monographic publication, assigning a number replaces the bandling of long bibliographic descriptive records. The objective of this study are to analyze of publsiher's staification on website wualty of ISBN online. the average yield of the overall perception and expectations of the publisher, the degree of conformity was 83.7%, this score is below the scale of 100%, which suggest that generally speaking, publisher are dissatisfied with the website quality. All attributes have a negative gap, the average gap was-0.6, which indicates that the overall perception that respondents have of the system is that performance scores lower than importance. To develop the findings of the IPA analysis, the created a prototype in accordance with the expectations of the publisher, the prototype was created using adobe dreamweaver cs6 and tested using black boc method . testing result showed that the prototype can fulfill all functional requirements"
Bogor : Perpustakaan IPB , 2015
020 JPI 14:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Zidane Alfarizi
"Penelitian ini membahas terkait pengukuran kualitas penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi (MPP Kota Bekasi) selama masa pandemi Covid-19. Untuk mengukur kualitas pelayanan, penelitian ini menggunakan teori Service Performance yang dikemukakan oleh Cronin & Taylor (1992) yang mencakup dimensi tangible, responsiveness, reliability, assurance, dan empahty. Teori ini berfokus bagaimana kinerja yang dihasilkan oleh unit pelayanan dalam memberikan pelayanan yang kepada pengguna sehingga proses pengukuran kualitas harus berdasarkan penilaian pengguna terhadap pelayanan yang mereka terima.. Selain itu penelitian ini juga menggunakan kombinasi hasil pengukuran Service Performance dengan teknik Importance-Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui indikator pelayanan publik yang perlu dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survei kepada pengguna MPP Kota Bekasi dan wawancara dengan responden pengguna MPP Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan MPP Kota Bekasi selama masa Pandemi Covid-19 adalah baik dengan pembuktian bahwa setiap dimensi Service Performance masuk kedalam kategori baik. Kemudian, hasil pemetaan teknik IPA juga menunjukkan terdapat beberapa indikator layanan yang perlu dikembangkan yaitu kesediaan peralatan modern, kenyamanan sarana dan prasarana, penampilan petugas yang rapi, pelayanan tepat waktu, pelayanan yang akurat atau cermat, keamanan pelayanan, pemahaman petugas terhadap kebutuhan pengguna, dan penerapan jam operasional yang tepat.

This research is related to measuring the quality of the implementation of the Bekasi City Public Service Mall (MPP Bekasi City) during the Covid-19 pandemic. To measure service quality, this study uses the Service Performance theory proposed by Cronin & Taylor (1992) which includes the dimensions of tangible, responsiveness, reliability, assurance, and empathy. This theory focuses on the performance produced by the service unit in providing services to users so that the quality measurement process must be based on the user's assessment of what they receive. In addition, this study also uses a combination of the results of the Service Performance measurement with the Importance-Performance Analysis (IPA) technique. ) to determine indicators of public services that need to be developed. This study uses a quantitative approach with data collection techniques in the form of a survey of Bekasi City MPP users and interviews with Bekasi City MPP users. The results showed that the service quality of the Bekasi City MPP during the Covid-19 pandemic was good with evidence that each dimension of Service Performance was in the good category. Then the results of the mapping of science techniques also show several service indicators that need to be developed, namely the availability of modern equipment, convenience of facilities and infrastructure, neat appearance of officers, timely service, accurate or thorough service, service, understanding of user needs, and good service. accurate. implementation of proper operating hours."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>