Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145440 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tiara Innotata
"Penelitian ini berfokus pada penerapan budaya kerja yang belum dilaksanakan secara konsisten dan maksimal sehingga perlu adanya analisis kepatuhan budaya kerja di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro dengan pendekatan 5S lean management. Penelitian ini bertujuan untuk dijadikan acuan Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro dalam penerapan budaya kerja dengan lean management dalam rangka melayani masyarakat seefektif mungkin. Penelitian ini merupakan penelitian mix method yang memadukan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan dalam penelitian ini meliputi: Kondisi budaya kerja di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro saat ini telah melaksanakan 5S yang meliputi sort, store, shine, standardize, dan sustain. Namun dalam penerapannya masih belum maksimal sehingga perlu dilakukan penguatan. Faktor penghambat budaya kerja di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro meliputi kurangnya kesadaran karyawan, belum adanya standardize work dan SOP budaya kerja, dan kurangnya edukasi karyawan. Faktor pendukung budaya kerja di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro meliputi fasilitas dan memiliki team khusus budaya kerja. Dalam implementasi Sort masih sangat rendah dengan angka kepatuhan yang hanya 35%. Sedangkan untuk variabel Store 50.4% patuh, 49.6% tidak patuh. Untuk variabel Shine dan standardize lebih banyak yang tidak patuh. Pada variabel sustain hampir semua responden tidak patuh. Variabel yang berpengaruh/ berhubungan dengan kepatuhan budaya kerja adalah Fasilitas, SDM dan SOP dimana yang paling berpengaruh adalah variabel fasilitas dengan p value < 0.0001 (OR = 7.3).

This research focuses on the implementation of a work culture that has not been implemented consistently and optimally, so it is necessary to analyze of work culture compliance at 'Aisyiyah Bojonegoro Hospital with the 5S lean management approach. This study aims to be used as a reference for Aisyiyah Bojonegoro Hospital in implementing a work culture with lean management in order to serve the community as effectively as possible. This research is a mixed-methods study that combines qualitative and quantitative research. The findings in this study include: The current working culture conditions at Aisyiyah Bojonegoro Hospital have implemented 5S which includes sort, store, shine, standardize, and sustain. But in its implementation it is still not optimal so it needs to be strengthened. Factors inhibiting work culture at Aisyiyah Bojonegoro Hospital include lack of employee awareness, lack of standardized work and work culture SOPs, and lack of employee education. Factors supporting work culture at Aisyiyah Bojonegoro Hospital include facilities and having a special work culture team. The implementation of Sort is still very low with a compliance rate of only 35%. Whereas for the Store variable 50.4% complied, 49.6% did not comply. For Shine and standardize variables, there are more that don't comply. In the sustain variable, almost all respondents did not comply. The variables that influence/relate to work culture compliance are facilities, HR and SOP where the most influential variable is the facility variable with a p value <0.0001 (OR = 7.3)."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saiful Anham
"Maintenance Repair Overhaul (MRO) tergolong unik karena melakukan fungsi orientasi produksi untuk menjaga kehandalan sesuai dengan desain awal sekaligus memenuhi fungsi orientasi layanan dalam bentuk jasa pemeliharaan kepada pelanggan. Dengan perkembangan penerbangan yang semakin maju, hal itu juga mempengaruhi strategi manajemen MRO untuk dapat bersaing di dunia global. Manajemen ramping telah dikenal sebagai salah satu strategi bisnis yang paling dapat diandalkan dalam MRO karena manajemen ramping memberikan keuntungan signifikan dalam rantai pasokan untuk mencapai daya saing.
Tinjauan penelitian membuktikan bahwa penelitian yang lebih mendalam dan analisis yang tepat diperlukan untuk memahami konteks penerapan manajemen ramping dalam rantai pasok MRO. Model SCOR (Supply Chain Operations Reference) digunakan sebagai media untuk merancang struktur pengukuran kinerja untuk mengetahui kriteria yang mepengaruhi implementasi manajemen ramping di rantai pasokan MRO dengan mempertimbangkan integrasi aspek orientasi produksi dan kegiatan yang berorientasi layanan. Selain itu, SCOR juga digunakan untuk mengetahui hubungan antara kriteria sehingga dapat dibangun kerangka kerja manajemen ramping yang ideal dalam bentuk strategi manajemen yang diharapkan dapat mendukung fungsi organisasi MRO dalam menghadapi daya saing global.

Maintenance Repair Overhaul (MRO) is unique because it performs a production orientation function to maintain reliability in accordance with the initial design while fulfilling the service orientation function in the form of maintenance services to customers. With the development of increasingly advanced aviation, it also affects the MRO management strategy to be able to compete in the global world. Lean management has been recognized as one of the most reliable business strategies in MRO because lean management provides a significant advantage in the supply chain to achieve competitiveness.
The research review proves that more in-depth research and precise analysis are needed to understand the context of applying lean management in the MRO supply chain. The SCOR (Supply Chain Operations Reference) model is used as a medium for designing performance measurement structures to find out the criteria that affect the implementation of lean management in the MRO supply chain by considering the integration of aspects of production orientation and service-oriented activities. In addition, SCOR is also used to determine the relationship between criteria so that an ideal lean management framework can be built in the form of management strategies that are expected to support the functioning of MRO organizations in facing global competitiveness.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T55331
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rüttimann, Bruno G.
"This book goes beyond searching for Muda by Gemba walk; the aim is to industrialize the office environment in view of the new digitalization challenge by applying the same principles of Lean industry. Whereas the basic process theory remains valid, the Lean tools have to be adapted and transposed to the office characteristics where not machines but employees are at the center of the transactions. Here, a new, already successfully applied, integrated, industry-derived, and systematic approach is presented. It will not only boost office effectiveness and productivity as well as shortening lead-time of office routines far beyond simple Muda elimination, but it will also prepare the processes in view of the upcoming digitalization era."
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20510443
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Batiar Aprillia
"Penelitian ini menggunakan metode Narrative Review tentang analisis konsep Lean Thinking terhadap perbaikan waktu tunggu pelayanan pasien Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi konsep Lean Thinking dalam mengatasi waktu tunggu pelayanan pasien Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Agar memperoleh literatur layak uji, peneliti menggunakan pedoman PRISMA. Peneliti mendapatkan 12 literatur dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konsep Lean dapat membuktikan proses pelayanan rawat jalan Rumah Sakit di Indonesia masih belum Lean. Terdapat 7 literatur yang menunjukkan bahwa Lean efektif mengurangi lama waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan di Rumah Sakit dibuktikan dengan mengadopsi prinsip utama Lean, yaitu Standardize work dan Heijunka. Agar tercapai kondisi Lean, Rumah Sakit harus menyelaraskan implementasi antara 5 prinsip Lean (Customer value, value stream, flow, pull, perfection) dengan budaya organisasi, pola pikir, metode Lean, membudayakan 5 S, dengan melibatkan seluruh pihak di Rumah Sakit untuk menyelesaikan masalah secara konsisten dan berkesinambungan.

This study uses the Narrative Review method concerning the analysis of the Lean Thinking concept towards improving the waiting time for patient services in the Outpatient Hospital in Indonesia. The purpose of this study was to describe the implementation of the Lean Thinking concept in overcoming the waiting time for patient services in the Hospital Outpatient Installation. In order to obtain test-worthy literature, researchers used the PRISMA guidelines. The researcher obtained 12 literatures using qualitative and quantitative research methods. The results of the study conclude that the Lean concept can prove that the outpatient service process of hospitals in Indonesia is still not Lean. There are 7 literatures that show that Lean is effective in reducing the waiting time of outpatient services at the hospital as evidenced by adopting Lean's main principles, namely Standardize work and Heijunka. In order to achieve the Lean condition, the Hospital must align the implementation of the 5 Lean principles (customer value, value stream, flow, pull, perfection) with organizational culture, mindset, Lean method, cultivate the 5 S, by involving all parties in the hospital to solve problems consistently and continuously."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Medi Triyantono
"Tingginya waste dan rendahnya value-addedpada industri konstruksi yang telah terjadi selama ini memberikan indikasi bahwa dibutuhkan solusi baruyang tepat untuk menjawab permasalahan tersebut. Seiring dengan terjadinya peningkatan waktu dalam penyelesaian proyek yang terjadi pada PT XYZ dan mengakibatkan kegagalan proyek dalam mencapai target yang telah ditentukan, maka diperlukan adanya tindakan penyelesaian permasalahan yang efektif. Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor dominan penyebab pemborosan waktu pada rangkaian proses Engineering-Procurement-Construction (EPC) di PT XYZ. Identifikasi faktor-faktor dilakukan melalui studi literatur terkait konsep lean construction dan struktur Lean Project Delivery System (LPDS) yang dilanjutkan dengan analisis statistik (dengan alat bantu Software SPSS 22), analisis deskriptif, pemetaan matriks, dan Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan software Super Decisionsuntuk menentukan pembobotan kriteria. Pengelolaan faktor-faktor dominan diperoleh melalui wawancara dengan narasumber untuk mengetahui penyebab utama, tindakan perbaikan dan tindakan pencegahan untuk setiap faktor dominan sesuai dengan urutan prioritas. Penelitian ini menghasilkan urutan prioritas 5 faktor dominan yang muncul di setiap fase LPDS, dan dilengkapi dengan tindakan-tindakan pengelolaannya, baik dalam hal komunikasi internal, kontrol kualitas, standar prosedur, proses survei di lapangan, maupun komunikasi dan keterbukaan informasi dengan pihak pemilik proyek.

High waste and low value-added in the construction industry gives an indication that the new solutions are required to address these issues. Along with the increase of time to complete the projects in the PT XYZ that lead to failure in achieving the set targets, it is necessary to haveeffective solution of the issue. This study is conducted to identify and analyze the dominant factors that cause waste of time on a series of processes of Engineering-Procurement-Construction (EPC) in PT XYZ. Identification of factors is done through the study of literature related to the concept of lean construction and structure of Lean System Delivery Project (LPDS), followed by statistical analysis (SPSS 22 software), descriptive analysis, matrix mapping, and the Analytical Hierarchy Process (AHP) using the Super Decisions software to determine weighting of criteria. The solutions to manage dominant factors is obtained through interviews to find out the main cause, corrective action and preventive action for each of the dominant factors in order of priority. This research resulted in the order of priorityof the 5 dominant factor that appears in every phase of LPDS, complete with management actions, both in terms of internal communication, quality control, standard of procedures, the process of the survey in the field, as well as communication and disclosure of information by the project owner."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulidia Syifa Mulia
"Lean merupakan pendekatan sistematis yang berfokus pada eliminasi pemborosan untuk meningkatkan nilai tambah barang dan jasa bagi pelanggan. Salah satu metode lean yang paling umum digunakan pada berbagai industri untuk menganalisis pemborosan dalam proses pergudangan adalah Value Stream Mapping (VSM). VSM membantu menganalisis aliran material dan informasi dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan sehingga tercapai peningkatan efisiensi proses. Tingginya pertumbuhan nilai ekspor pada industri elektronik Indonesia mengharuskan perusahaan manufaktur elektronik nasional untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan sehingga dapat bersaing di pasar global. PT X sebagai salah pelaku industri elektronika perlu melakukan perbaikan berkelanjutan pada proses bisnisnya untuk dapat menjamin ketepatan waktu pelayanan. Dalam mewujudkan hal tersebut, penerapan konsep lean warehousing dan metode VSM diterapkan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja pada proses pergudangan barang setengah jadi pada PT X. Penerapan metode VSM menghasilkan beberapa rencana perbaikan, yaitu implementasi lean 5S, perbaikan tata letak gudang, perbaikan alur perpindahan barang, pembuatan standar operasional prosedur, serta penambahan operator pada gudang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan waktu proses sebesar 37,41% dan peningkatan total value added ratio sebesar 15,66% pada keseluruhan proses pergudangan.

Lean is a systematic approach that focuses on eliminating waste to increase the added value of goods and services for customers. Value Stream Mapping (VSM) is one of the most commonly used lean methods in various industries for analyzing warehouse processes' waste. VSM helps analyze the material and information flow to identify and eliminate waste, thereby increasing process efficiency. The growing value of exports in Indonesia's electronic manufacturing industry compels domestic electronic manufacturers to improve their quality and services to compete in the global market. PT X, as a player in the electronic industry, needs to implement continuous improvement strategies in its business processes to ensure service punctuality. In this case, the application of the lean warehousing concept and VSM methods is used to evaluate and improve the performance of PT X's work-in-process warehouse. The implementation of the VSM method resulted in improvement strategies for eliminating waste, namely the implementation of lean 5S, warehouse layout improvement, material flow improvement, creation of standard operating procedures, and the addition of workers in the warehouse. The results of this study demonstrate a 37.41% decrease in processing time and a 15.66% increase in the value-added ratio of warehouse processes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Febriyanti
"Lean merupakan pendekatan sistematis dengan tujuan untuk mengenali dan menghilangkan sebuah pemborosan atau aktivitas tidak memberikan nilai tambah melalui proses perbaikan yang berkesinambungan. Value Stream Mapping menjadi salah satu alat Lean yang efektif untuk memvisualisasikan sistem secara komprehensif, meningkatkan pengendalian operasional secara keseluruhan. Perusahaan otomotif menjadikan Gudang sebagai elemen krusial dalam rantai pasoknya. Efisiensi operasional Gudang menjadi aspek kritis, terutama dalam pengelolaan waktu, guna memastikan ketersediaan barang untuk memenuhi demand. Oleh karena itu, penerapan lean warehousing dan metode value stream mapping pada gudang material industry otomotif dalam membantu untuk mengidentifikasi, dan menghilangkan pemborosan. Penerapan metode value stream mapping memberikan beberapa rencana perbaikan dalam mengurangi waste yang terjadi di proses inbound. Adapun rekomendasi perbaikan yang diberikan yaitu dengan penerapan 5S, pembagian kerja sesuai dengan workload, dan penerapan visual untuk area penyimpanan. Process time pada future state map terjadi penurunan sebesar 45%, dan pada lead time juga terjadi penurunan di future state map 75% dari kondisi sebelumnya.

Lean is a systematic approach that aims to recognize and eliminate waste or non-value-added activities through a continuous improvement process. Value Stream Mapping is one of the effective Lean tools to visualize the system comprehensively, improving overall operational control. Automotive companies make the warehouse a crucial element in their supply chain. Warehouse operational efficiency is a critical aspect, especially in time management, to ensure the availability of goods to meet demand. Therefore, the application of lean warehousing and the value stream mapping method in the automotive industry material warehouse helps to identify and eliminate waste. The application of the value stream mapping method provides several improvement plans in reducing waste that occurs in the inbound process. The improvement recommendations given are the application of 5S, division of labor according to workload, and the application of visuals for storage areas. Process time in the future state map decreased by 45%, and lead time also decreased in the future state map by 75% from the previous condition."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Regita Easter Bernanda
"Konsep Lean Warehouse merupakan penerapan metode ramping pada pergudangan dengan mengidentifikasikan waste apa saja yang ditemukan pada proses pergudangan, dalam hal ini ialah waste berupa pemborosan pada proses pergudangan perusahaan logistik. Saat ini, pada gudang perusahaan logistik sebagai objek penelitian masih ditemukannya potensi ketidaktepatan pemenuhan Service Level Agreement (SLA) berupa lead time kepada pelanggan. Maka dari itu, inisiatif yang diambil dalam menginvestigasi hal tersebut adalah dengan memetakan alur nilai proses pergudangan perusahaan logistik, yang berfokus pada Central Warehouse, dan mengidentifikasikan pemborosan proses pergudangan lebih lanjut menggunakan salah satu alat lean, yaitu Value Stream Mapping. Dari analisis terhadap Current State Map proses pergudangan perusahaan logistik, didapatkan bahwa pemborosan yang ditemukan pada proses tersebut adalah waiting atau menunggu, transportation atau transportasi, dan overprocessing atau memproses berlebih. Kemudian, usulan rancangan perbaikan pun akhirnya dikembangkan untuk menyelesaikan pemborosan ini, dengan pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) yang lebih jelas, mini relayout, dan standarisasi serta automasi. Dengan demikian, pada Future State Map proses pergudangan perusahaan logistik dengan mengimplementasikan usulan rancangan perbaikan dapat mereduksi lead time proses pergudangan perusahaan logistik sebesar 0,26% dan mereduksi waktu proses pergudangan perusahaan logistik sebesar 4,94%.

The concept of Lean Warehouse is the application of lean methods in warehousing by identifying wastes found in warehouse processes. In this case, the waste refers to inefficiencies in the logistics company's warehousing processes. Currently, in the logistics company's warehouse, which is the research object, there is still potential for non-compliance with the Service Level Agreement (SLA) in terms of lead time to customers. Therefore, the initiative taken to investigate this issue involves mapping the value stream of the logistics company's warehouse processes, focusing on the Central Warehouse, and identifying further warehouse process waste using one of the lean tools, Value Stream Mapping. From the analysis of the Current State Map of the logistics company's warehouse processes, it was found that the waste identified in the process includes waiting, transportation, and overprocessing. Consequently, an improvement plan was developed to address these wastes, including the creation of clearer Standard Operating Procedures (SOPs), mini relayouts, and standardization and automation. As a result, the Future State Map of the logistics company's warehouse processes, after implementing the proposed improvements, shows a reduction in warehouse process lead time by 0.26% and a reduction in warehouse process time by 4.94%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Borris, Steven
New York: McGraw-Hill, 2012
658.7 BOR s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rozi Rinjayadi
"Dalam proses bisnis, perusahaan konstruksi sering mengalami pemborosan, penurunan produktivitas dan kualitas proses bisnis. Konsep lean dikembangkan untuk mengatasi permasalahn tersebut. Lean merupakan filosofi bisnis yang memiliki tujuan utama untuk membangun aliran nilai sempurna dengan secara terus-menerus mengidentifikasi, dan menghilangkan kegiatan yang dianggap pemborosan (waste) dan fokus pada kegiatan yang benar-benar menciptakan nilai (value) dalam sebuah kegiatan bisnis. Penggunaan istilah lean dapat didasarkan pada penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep lean enterprise pada perusahaan konstruksi sebagai kelanjutan dari penerapan lean construction yang telah diterapkan dalam proses produksi, untuk mengidentifikasi fungsi dalam organisasi yang menghambat proses bisnis, mendifinisikan proses bisnis baru dari hasil penerapan lean enterprise dan mensintesa pengaruh penerapan dalam percepatan proses bisnis perusahaan konstruksi. Penerapan konsep lean enterprise sendiri menggunakan konsep value stream mapping dengan root cause problem solving (RCPS) untuk memilih menentukan solusi permasalahan. Terdapat 3 solusi yaitu penyederhanaan fungsi organisasi, pengaturan formasi tenaga kerja dan pembuatan alur SOP yang efisien dalam perusahaan konstruksi. Pada akhirnya terdapat 13 SOP yang diefisiensi, fungsi supply chain management yang dihilangkan dan tenaga kerja pada fungsi supply chain management yang dialihkan ke beberapa fungsi lain pada perusahaan konstruksi.

In business processes, infrastructure investment companies often experience waste, resulting in a decrease in productivity and quality. The lean concept was developed to overcome this problem. Lean is a business philosophy that has the main goal to build a perfect flow of values by continuously identifying and eliminating activities that are considered wasteful and focusing on activities that really create value in business activities. The use of the term lean can be based on its application. This study aims to apply the concept of the lean enterprise to infrastructure investment companies in the trans-Sumatra toll road project activities. The application of the lean enterprise concept itself uses the method of value stream mapping followed by root cause problem solving (RCPS) to select solution for the problem. There are 3 solutions, namely simplify the organizational functions of construction companies, workforce formation arrangement and efficient SOP flows in construction companies. In the end, there are 13 SOP’s revised, supply chain management functions is eliminated and labors in the supply chain management function are transferred to other functions in the construction company."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>