Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 76632 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lazuardi Bani Muslim
"Meningkatnya arus pengiriman barang menyebabkan permintaan akan sarana transportasi meningkat. Kapasitas angkut truk sering terjadi yang menyebabkan kelebihan muatan. Pada penelitian ini dilakukan simulasi beban tambahan sebesar 5%, 10%,15%, 20%, 25%, dan 30% dari beban standar. Simulasi ini untuk mengetahui tambahan biaya konstruksi akibat overload. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung biaya dendan yang diberikan kepada truck dengan muatan berlebih, Biaya tambahan struktur perkerasan dihitung per ton per km. Metodologi penelitian ini mengunakan analisis volume lalu lintas yang mana dari hasil tersebut didapat nilai Cummulative Ekivalent Single Axle (CESA), setelah itu dihitung nilai Faktor Perusak menggunakan analisis Vehicle Damage Factor (VDF), untuk kebutuhan tebal lapis tambah digunakan metode Falling Weight Deflectomerer (FWD). Peningkatan beban lebih 5% berdampak pada penurunan umur layanan dari 10 tahun menjadi 7 tahun, bahkan dengan peningkatan 30% mengurangi umur perkerasan jalan hingga 6 tahun. Biaya tambahan akibat kelebihan muatan dibebankan kepada pengguna dengan biaya tambahan. Hasil perhitungan untuk kasus jalan dengan lalu lintas khusus diperoleh nilai Rp. 20,-/ton/km sebagai muatan karena kelebihan muatan. Biaya ini dihitung dari biaya pemeliharaan selama umur layanan.

The increasing flow of goods shipments causes the demand for transportation facilities to increase. Truck hauling capacity often occurs which causes overload. In this study, an additional load simulation of 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, and 30% of the standard load was carried out. This simulation is to find out the additional construction costs due to overload. The purpose of this study is to calculate the cost of fines given to trucks with excess loads. The additional cost of the pavement structure is calculated per tonne per km. The methodology of this study uses traffic volume analysis where from these results the Cumulative Equivalent Single Axle (CESA) value is obtained, after that the Damage Factor value is calculated using Vehicle Damage Factor (VDF) analysis, for the need for additional layer thickness the Falling Weight Deflectomerer (FWD) method is used. ). An increase in overload of 5% resulted in a decrease in service life from 10 years to 7 years, even with an increase of 30% reducing the life of pavement up to 6 years. Additional costs due to overload are charged to the user at an additional fee. The calculation results for the case of roads with special traffic obtained a value of Rp. 20,-/ton/km as load due to overload. This fee is calculated from maintenance costs during the service life."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Hananto
"Dalam skripsi akan diteliti tentang berapakah kerugian akibat pengurangan umur rencana dan pelapisan ulang karena overload pada perkerasan lentur. Selain itu juga dihitung berapakah keuntungan yang didapat operator kendaraan berat jika kendaraan beratnya mengalami kelebihan beban. Kemudian bagaimana jika kerugian itu dibebankan kepada angkutan barang yang mengalami overload lalu dibandingkan dengan keuntungan yang didapat dari kelebihan beban yang diangkut. Penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi dengan variasi komposisi kendaraan berat dan beban berlebih yang diangkut. Sedangkan untuk mencari umur jalan yang tersisa digunakan metode analisa komponen. Selain itu juga akan dibahas pengaruh overload pada tiap sumbu kendaraan berapakah pengaruh berat muatan berlebih terhadap persebaran berat total kendaraan pada tiap sumbunya. Dari hasil yang sudah dilakukan pada skripsi ini didapatkan kesimpulan bahwa keuntungan yang didapat oleh operator karena melakukan kelebihan beban lebih besar jika dibandingkan dengan kerugian yang diderita karena harus melakukan pelapisan ulang akibat berkurangnya umur rencana jalan.

This thesis under grade will research about how much lost because the decrease of the lifespan from street and overlay because overload in flexible pavement . Also beside that also calculate how much the profit which will received by the operator of heavy vehicle if the vehicle overload. How if the lost is burden to heavy vehicle that overload , how much they must pay to cover the lost. Research doing with simulation with variation of composition heavy vehicle and excessive load . And to calculate the decrease of lifespan from the road used component analysis method In this thesis under grade will also study about influence of overload for every axle in heavy vehicle. The result of this thesis under grade is the profit that received by operator is higher than the lost because decrease of lifespan and overlay."
2010
S50571
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdinand Trestanto
"Kerusakan jalan banyak memberikan banyak memberikan dampak negatif, khususnya kepada pengguna jalan, seperti memaksa pengendara untuk mereduksi kecepatan berkendara yang berdampak langsung pada peningkatan waktu tempuh perjalanan dan menjadi salah satu penyebab terjadinya antrian kendaraan. Dampak negatif dari kerusakan jalan ini secara tidak langsung menyebabkan kerugian ekonomi berupa peningkatan biaya pengguna jalan sebesar 47%-78% untuk kendaraan ringan; 16%-28% untuk kendaraan medium; 15%-33% untuk kendaraan berat; dan 59%-99% untuk sepeda motor. Jika tidak segera diambil tindakan perbaikan, kerusakan pada suatu jalan berpotensi menjadi semakin panjang dan parah di mana hal ini dapat meningkatkan kerugian signifikan yang dialami oleh pengguna jalan dibandingkan dengan biaya perbaikannya. Tindakan perbaikan jalan ini sering kali mengalami penundaan karena kurangnya perhatian dari pihak agensi terkait seberapa besar kerugian implisit yang dialami oleh pengguna jalan, mengingat model yang digunakan saat ini untuk menghitung biaya pengguna jalan memerlukan data dan survey yang memakan waktu cukup panjang.

Road damage has many negative impacts, especially on road users, such as forcing drivers to reduce driving speed, which has a direct impact on increasing travel time and is one of the causes of vehicle queues. The negative impact of road damage indirectly causes economic losses in the form of increased road user costs of 47% – 78% for light vehicles; 16%-28% for medium vehicles; 15%-33% for heavy vehicles; and 59% – 99% for motorcycles. If no immediate remedial action is taken, road defects have the potential to become longer and more severe, which can significantly increase the losses experienced by road users compared to the cost of repair. Road repair actions are often delayed due to a lack of concern on the part of the agency regarding the implicit costs to road users, given that the current models used to calculate road user costs require time-consuming data and surveys."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reni Karno Kinasih
"ABSTRAK
Fenomena muatan berlebih masih menjadi pemandangan sehari-hari di Indonesiadan hal itu dituding sebagai salah satu penyebab gagal dini usia layan perkerasan.Tesis ini meneliti dua kondisi yang berbeda; pertama, apabila truk membawa 5 ,10 , 15 , 20 , 25 dan 30 muatan berlebih dan yang ke dua apabiladilakukan simulasi mengandaikan kebijakan zero overloading ditegakkan dandigunakan truk semi trailer 6 as untuk mengakomodasi muatan yang belumterangkut. Digunakan Rumus Liddle dengan faktor k 1 untuk sumbu tunggal,0.086 untuk sumbu tandem dan 0.031 untuk sumbu tridem. Terjadi perbedaanumur pelayanan yang signifikan di antara dua kondisi tersebut.

ABSTRACT
Overloading phenomenon is a common view in Indonesia, accused of earlydamage on pavement. This thesis is trying to evaluate the differences between twoconditions first condition as if overloading trucks bring 5 , 10 , 15 , 20 ,25 dan 30 more load, and the second condition as if applied zero overloadingand used 6 axle truck to acomodate unloaded logistics. Liddle rsquo s formula will beused with the k factor 1 for tandem axle, 0.086 for tandem, and 0.031 for tridemaxle. Service life significantly differ between the first and the second condition,under the regulation, the percentage of CESA number rsquo s reduction are almostdouble of overloading percentage carried by the vehicles.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T49458
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Crystin Rotua Hasmi
"ABSTRAK
Saat ini Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk
mengurangi beban berlebih yang melewati jalan. Beban berlebih tersebut dapat
menyebabkan kerusakan dini serta penurunan tingkat layan jalan. Namun di sisi
lain beban berlebih dapat meningkatkan perekonomian makro yaitu pergerakan
barang yang lebih cepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keuntungan
dan kerugian dari muatan berlebih dengan menggunakan analisis ekonomi dan
analisis muatan berlebih dengan menggunakan peraturan dan desain perencanaan
yang berlaku di Indonesia pada daerah studi ruas Cikampek-Palimanan. Hasil
penelitian ini menunjukkan nilai ekonomi manfaat terbesar diperoleh dari skenario
semua truk pada lalu lintas harian rata-rata mengalami muatan berlebih sedangkan
biaya pemeliharaan jalan terbesar diperoleh dari skenario semua truk pada lalu
lintas harian rata-rata mengalami muatan berlebih pada simulasi 30% muatan
berlebih.

Abstract
Today Government has released various policies to reduce vehicle overload on the
road. Overload can cause premature damaging early and reducing pavement
serviceabilty. In other cases, overload can improved macro economy, faster
movement of logistic. This research was done to know advantages and
disadvantages of overload by using economic analysis and overload analysis using
regulation and planning design applied in Indonesia at study case Cikampek-
Palimanan road. Result of this research showed the highest economic value of
benefit which obtained by scenarios of all truck overloads from average daily
traffic which have been overloaded while the highest road maintenance cost which
obtained by scenarios of all truck overloads from average daily traffic which have
been overloaded in 30% overload simulation.;"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43556
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Deni Setiawan
"

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak negatif dari keberadaan kendaraan berat yang memiliki muatan berlebih (Overloading) pada suatu ruas jalan tol. Kendaraan yang Overloading memiliki beberapa dampak yang buruk mulai dari penurunan kecepatan, peningkatan volume kendaraan, peningkatan biaya operasional kendaraan, hingga peningkatan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Pada penelitian ini, metode yang digunakan berasal dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) untuk menghitung karakteristik lalu lintas seperti kecepatan, volume, dan derajat kejenuhan serta menggunakan Highway Development and Management (HDM) 4 untuk model konsumsi kendaraan. Hasil yang didapat menunjukkan persamaan y = -11.018x + 46.153 yang menunjukkan hubungan berbanding terbaik antara kecepatan dan tingkat Overlaoding kendaraan. Pada penelitian ini juga disimpulkan bahwa semakn tinggi beban yang berlebih maka akan semakin tinggi biaya operasional kendaraan.


The objective of the paper is to analyze the negative impact of the existence of overloading vehicle in a freeway. Overloading vehicles have severalnegative impact such as the reduction of mean speed, the increase of traffic volume and density, increase of vehicle operating cost and the last is increase probability of traffic accident occurrence. In this paper, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) is used to determine the traffic characteristics such as speed, volume, and density. while Highway Development and Management (HDM) 4 is used to build fuel consumption model. The results shows a linear function, y = -11.018x + 46.153 that shows the opposite relationshipbetween speed and overloading level. The paper also conclude that vehicle operating cost will increase when the load are also increased.

"
2019
T54081
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dalam sebuah pepatah sering kita dengar tentang "Tidak ada gading yang tak retak”, ternyata ungkapan ini juga berlaku pada suatu bahan struktur yang disebut dengan beton, sebaik-baiknya proses pengawasan dan pengerjaan beton di lapangan, seringkali dapat ditemukan adanya keretakan pada pada material beton tersebut.
Bila keretakan yang terjadi masih berada dalam batas-batas yang diijinkan maka permasalahan retak tidaklah terlalu membahayakan bagi struktur bangunan, namun bila keretakan yang terjadi sudah merupakan keretakan yang dapat mempengaruhi struktur bangunan maka disinilah akan ditemukan masalah-masalah yang perlu rnendapat perhatian dari seseorang yang berkecimpung di bidang Teknik Sipil.
Untuk itu dalam makalah seminar ini akan dibahas masalah keretakan yang terjadi pada beton akibat dari korosi tulangan sehingga dihasilkan metode untuk mengantisipasi keadaan-keadaan yang tidak diinginkan (sampai pada akibat yang paling parah yaitu bangunan menjadi runtuh/failure karena retak.
Penelusuran terhadap literatur-literatur, laporan pengujian terhadap keretakan yang terjadi pada beton, standar-standar serta buku-buku yang membahas keretakan pada beton merupakan langkah yang digunakan untuk menyusun makalah seminar ini.
Beberapa tujuan penulisan makalah “Korosi pada Beton, penyebab dan akibat yang ditimbulkan serta metode pencegahan dan perbaikan kerusakan akibat Korosi" diantaranya adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadi keretakan terutama akibat korosi dan mencari cara pencegahan sebelum terjadi keretakan serta cara mengatasi ketika telah terjadi keretakan.
Hasil akhir yang akan didapatkan adalah mengetahui bahwa struktur beton bertulang walaupun biaya konstruksinya Iebih murah dibandingkan dengan konstruksi lainnya akan tetapi memiliki kelemahan yaitu dapat mengalami keretakan yang cukup berpengaruh terhadap struktur beton bertulang itu sendiri maupun struktur gedung/bangunan secara keseluruhan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S35634
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Demarda Kalimanto
"

Pergerakan lalu lintas kota Jakarta dihubungkan dengan jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Jaringan jalan ini memiliki volume lalu lintas tinggi karena terintegrasi dengan jalan tol lainnya yang menghubungkan antar kota dengan kota Jakarta. Kecenderungan jalan dengan volume lalu lintas padat apabila terjadi perbaikan jalan akan menimbulkan hambatan perjalanan mulai dari meningkatnya waktu perjalanan hingga tundaan panjang arus lalu lintas pada window time. Tundaan perjalanan tersebut menyebabkan kerugian bagi pengguna jalan. Penelitian ini mengkaji dampak perubahan kecepatan di zona kerja (work zone) dengan membagi dua area perkerjaan. Dari dua tipe ini dapat diketahui biaya yang dikeluarkan oleh pengguna jalan akibat tundaan perjalanan. Namun dari kerugian tersebut terdapat biaya perbaikan jalan yang menjadi tanggungan bagi pengelola jalan. Survey lalu lintas telah dilakukan di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi S menggunakan alat roadpod metrocount. Alat ini dapat menghitung penurunan kecepatan beserta volume lalu lintas pada dua lokasi zona kerja. Kerugian pengguna jalan akibat tundaan perjalanan dihitung dari biaya operasional kendaraan. Hasil dari penelitian ini didapat diketahui perubahan kecepatan rata-rata sebesar 53 km/h dan 59 km/h, kenaikan biaya operasional kendaraan sebesar 169 % dan 206 % akibat adanya penurunan kecepatan yang disebabkan oleh hambatan atau perbaikan jalan dan kenaikan total biaya pengguna jalan dengan biaya perbaikan jalan apabila mengalami tundaan penanganan.


The Jakarta city traffic movement is linked to the Jakarta Outer Ring Road (JORR) Toll Road. This road network has a high traffic volume because it is integrated with other toll roads that connect between cities and the city of Jakarta. The trend of roads with heavy traffic volume in the event of road repairs will cause travel obstacles starting from increasing travel time to the long delay in traffic flow at the window time. The travel delay caused losses to road users. This study examines the impact of changes in speed in the work zone by dividing the two work areas. From these two types, it can be seen the costs incurred by road users due to the delay in travel. However, from these losses there are costs for road repairs that are borne by road managers. Traffic surveys have been carried out on the Jakarta Outer Ring Road Toll Road (JORR) section S using the roadpod metrocount tool. This tool can calculate the decrease in speed along with the volume of traffic in the two locations of the work zone. Loss of road users due to travel delay is calculated from vehicle operating costs. The results of this study are known to change the average speed of 53 km/h and 59 km/h, an increase in vehicle operating costs by 169% and 206% due to a decrease in speed caused by road repairs and an increase in total road user costs with the cost of repairing the road if a delay occurs.

"
2019
T53170
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Samantha Sarah
"Pembangunan jalan tol di Indonesia memiliki signifikansi besar setiap tahunnya. Meskipun infrastruktur jalan tol memberikan manfaat yang signifikan, dampak dari pembangunan jalan tol yang cepat juga memiliki implikasi negatif terhadap lingkungan, masyarakat, dan ekonomi di sekitarnya. Salah satu solusi untuk menangani situasi ini adalah menerapkan konsep keberlanjutan. Dalam menerapkan jalan tol berkelanjutan, terdapat beberapa hambatan, salah satunya adalah kurangnya dukungan pendanaan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi biaya pembangunan jalan tol berkelanjutan. Metodologi penelitian ini dilakukan melalui validasi ahli, survei pilot, dan survei kuesioner menggunakan metode uji Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Dari hasil penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi biaya pembangunan jalan tol berkelanjutan di Indonesia meliputi lingkungan, sosial, dan ekonomi dengan jumlah akhir indikator sebanyak 31 indikator. Variabel yang paling signifikan, berdasarkan nilai T-Statistics, adalah aspek lingkungan dan ketersediaan serta biaya bahan berkelanjutan sebagai indikator yang paling signifikan yang mempengaruhi biaya pembangunan jalan tol berkelanjutan di Indonesia.

Toll road construction development in Indonesia has great significance every year. Although toll road infrastructure provides significant benefits, the impact of rapid toll road construction also has negative implications for the surroundings including the environment, society, and economy. One solution to handle this situation is to implement the sustainable concept. In implementing sustainable toll roads, there are several barriers, one of the barriers is a lack of funding support. Therefore, this research is conducted to identify the factors influencing the cost of sustainable toll road construction. The methodology for this research was carried out through expert validation, a pilot survey, and a questionnaire survey using the Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) test method. From the results of this research, the factors influencing the cost of sustainable toll road construction in Indonesia are environment, social, and economy with the final amount of indicators as many as 31 indicators. The most significant variable, based on the T-Statistics value,  is the environmental aspect and the availability and cost of sustainable materials as the most significant indicator that influences the cost of sustainable toll road construction in Indonesia. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Husain Abdullah
"Kejadian banjir/genangan air yang sering melanda Ibukota Jakarta berpotensi menimbulkan kerusakan infrastruktur termasuk jaringan jalan, terutama di Jakarta Utara yang secara morfologis berada pada ketinggian kurang dari 7 meter dari permukaan laut. Pola distribusi keruangan sensitivitas kerusakan jaringan jalan di Jakarta Utara dikaji berdasarkan variabel jenis banjir, ketinggian banjir, durasi banjir, frekuensi banjir, arus lalu lintas dan bobot kendaraan. Penelitian ini menggunakan metode AHP dan teknik overlay peta yang kemudian dilakukan verifikasi data berdasarkan fakta di lapangan yang tersebar pada 51 lokasi di Jakarta Utara. Dari kesemua data yang diperoleh akan dilakukan penilaian dan pembobotan yang kemudian dioverlay untuk mengetahui tingkat sensitivitas kerusakan jaringan jalan. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data memperlihatkan bahwa secara umum terdapat kesamaan pola keruangan antara tingkat sensitivitas kerusakan jaringan jalan menggunakan 6 variabel dan 5 variabel. Pada tingkat sensitivitas kerusakan jaringan jalan yang lebih tinggi cenderung lebih sering mengalami kerusakan jaringan jalan dibandingkan dengan yang lebih rendah.

A flood/inundation was often occurs in the capital city Jakarta and has the potential to cause damage to infrastructure including roads networks, especially in North Jakarta which are morphologically located at an altitude of less than 7 meters above sea level. Spatial distribution pattern of the sensitivity of damage roads in North Jakarta studied based on variable kinds of floods, flood elevation, flood duration, frequency of floods, traffic flow and vehicle weight. This study uses AHP and map overlay techniques and then will be verification based on facts on the ground are scattered in 51 locations in North Jakarta. From all the data obtained will be carried out assessment and weighting are then overlaid to determine the level of sensitivity of the roads damage. Based on the analysis and data processing in general shows that there are similarities between the spatial patterns of roads damage sensitivity level using 6 variables and 5 variables. At the level of sensitivity of the roads damage is higher tend to be more often damaged road network compared with lower.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
S59666
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>