Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 206954 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Edi Wibowo
"Makalah proyek akhir ini menganalisis pengaruh crowdsourcing (selanjutnya disebut urun daya) dan representasi terhadap kredibilitas infomasi museum di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh urun daya terhadap kredibilitas, mengidentifikasi pengaruh representasi terhadap kredibilitas, mengidentifikasi pengaruh urun daya dan representasi terhadap kredibilitas. Metode penelitian ini adalah survei dengan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Data penelitian dianalisis dengan SPSS 26. Jumlah responden sebanyak 65 pengelola museum yaitu kepala museum, kurator, dan humas (media sosial). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara urun daya dengan kredibilitas pada museum di Indonesia, terdapat pengaruh secara signifikan representasi terhadap kredibilitas, urun daya dan representasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kredibilitas. Kesimpulan penelitian ini adalah 3 variabel yang telah ditentukan semuanya secara langsung dan tidak langsung berpengaruh signifikan antara variabel satu dengan yang lainnya. Dapat dipastikan bahwa urun daya dan representasi koleksi mempengaruhi kredibilitas informasi koleksi museum di Indonesia. Penelitian ini menyarankan agar museum yang telah menerapkan konsep urun daya dapat merancang platform urun daya untuk meningkatkan sosialisasi online sehingga partisipasi serta kontribusi orang banyak (crowd) untuk proyek urun daya warisan dokumenter akan stabil dan meningkat. Kedua adalah dengan mengoptimalkan keterampilan teknis pengelola museum, memungkinkan museum dengan keterbatasan dana untuk menggunakan media sosial guna menekan biaya. Ketiga adalah koefisein determinasi dari urun daya dan representasi secara simultan terhadap kredibilitas sebesar 0,475 masih tergolong rendah, sehingga perlu ditingkatkan dengan penambahan variabel.

This final project paper analyzes the effect of crowdsourcing and representation on the kredibilitas of museum information in Indonesia. The purpose of this study is to identify the effect of urun daya on kredibilitas, identify the effect of representativeness on kredibilitas, identify the effect of urun daya and representativeness on kredibilitas. This research method is a survey using a questionnaire for data collection. Research data were analyzed using SPSS 26. The number of respondents was 65 museum managers, namely museum heads, curators, and public relations (social media). Based on the results of the study it can be concluded that there is a positive and significant influence between urun daya and kredibilitas in museums in Indonesia, there is a significant influence of representativeness on kredibilitas, urun daya and representativeness simultaneously have a significant effect on kredibilitas. The conclusion of this study is that the 3 variables that have been determined directly and indirectly have a significant effect between one variable and another. It is certain that crowdsourcing and collection representation affect the kredibilitas of information on museum collections in Indonesia. This research suggests that museums that have implemented the concept of crowdsourcing can design crowdsourcing platforms to increase online socialization so that the participation and contribution of the crowd to crowdsourced documentary heritage projects will be stable and increase. The second is by optimizing the technical skills of museum managers, enabling museums with limited funds to use social media to reduce costs. Third, the coefficient of determination of urun daya and representativeness simultaneously on kredibilitas of 0,475 is still relatively low, so it needs to be increased by adding variables."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Herbiyona
"Pada masa COVID-19, angka pengangguran meningkat akibat dampak dari PHK yang dilakukan oleh perusahaan sehingga banyak yang beralih menjadi freelancer. Salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan bagi freelancer adalah dengan mengikuti kontes pada platform crowdsourcing. Dalam kontes pada platform crowdsourcing, partisipasi merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan kontes tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat freelancer untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, penelitian ini menggunakan gabungan antara Elaboration Likelihood Model (ELM) dan trust transfer theory. Penelitian ini memperoleh data dari 392 responden yang merupakan freelancer dan pernah dan/atau berminat untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode PLS-SEM dan dianalisis secara kualitatif dengan metode thematic analysis. Hasil penelitian dari tahapan analisis kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa variabel monetary reward dan contest information quality yang termasuk ke dalam central route memengaruhi trust in contest secara signifikan. Kemudian, hasil juga menunjukkan bahwa variabel other freelancers’ endorsement, system quality, dan platform reputation yang termasuk ke dalam peripheral route memengaruhi trust in platform secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan adanya trust transfer antara trust in platform dan trust in contest. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa trust in platform dan trust in contest memengaruhi participation intention secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai kontes pada platform crowdsourcing dan partisipasi freelancer dalam kontes tersebut. Hasil ini juga diharapkan dapat menjadi saran bagi pihak pengembang platform crowdsourcing dan penyelenggara kontes crowdsourcing untuk dapat merancang kontes dengan baik sehingga mendorong partisipasi freelancer.

During the COVID-19, unemployment rates increased due to layoffs carried out by companies, leading many to switch to freelance work. One option for freelancers to earn income is by participating in contests on crowdsourcing platforms. In these contests, participation is crucial for its sustainability. This study aims to identify the factors that influence freelancers’ intention to participate in contests on crowdsourcing platforms. To identify these factors, the study combines the Elaboration Likelihood Model (ELM) and trust transfer theory. Data for this research is obtained from 392 respondents who are freelancers and have either participated in or are interested in participating in contests on crowdsourcing platforms. The data is analyzed quantitatively using the PLS-SEM method and qualitatively using thematic analysis. The results from both the quantitative and qualitative analyses indicate that variables such as monetary reward and contest information quality, which are part of the central route, significantly influence trust in the contest. Additionally, the results show that variables including other freelancers' endorsement, system quality, and platform reputation, which are part of the peripheral route, significantly influence trust in the platform. This study also demonstrates that there is a significant trust transfer between trust in the platform and trust in the contest. Furthermore, trust in the platform and trust in the contest significantly influence participation intention. The findings of this study aim to fill the research gap regarding contests on crowdsourcing platforms and freelancer participation in such contests. These results are also intended to provide recommendations for crowdsourcing platform developers and contest organizers to design contests effectively and encourage freelancer participation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aransandya Pangesthika Arrumy
"Pada masa COVID-19, angka pengangguran meningkat akibat dampak dari PHK yang dilakukan oleh perusahaan sehingga banyak yang beralih menjadi freelancer. Salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan bagi freelancer adalah dengan mengikuti kontes pada platform crowdsourcing. Dalam kontes pada platform crowdsourcing, partisipasi merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan kontes tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat freelancer untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, penelitian ini menggunakan gabungan antara Elaboration Likelihood Model (ELM) dan trust transfer theory. Penelitian ini memperoleh data dari 392 responden yang merupakan freelancer dan pernah dan/atau berminat untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode PLS-SEM dan dianalisis secara kualitatif dengan metode thematic analysis. Hasil penelitian dari tahapan analisis kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa variabel monetary reward dan contest information quality yang termasuk ke dalam central route memengaruhi trust in contest secara signifikan. Kemudian, hasil juga menunjukkan bahwa variabel other freelancers’ endorsement, system quality, dan platform reputation yang termasuk ke dalam peripheral route memengaruhi trust in platform secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan adanya trust transfer antara trust in platform dan trust in contest. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa trust in platform dan trust in contest memengaruhi participation intention secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai kontes pada platform crowdsourcing dan partisipasi freelancer dalam kontes tersebut. Hasil ini juga diharapkan dapat menjadi saran bagi pihak pengembang platform crowdsourcing dan penyelenggara kontes crowdsourcing untuk dapat merancang kontes dengan baik sehingga mendorong partisipasi freelancer.

During the COVID-19, unemployment rates increased due to layoffs carried out by companies, leading many to switch to freelance work. One option for freelancers to earn income is by participating in contests on crowdsourcing platforms. In these contests, participation is crucial for its sustainability. This study aims to identify the factors that influence freelancers’ intention to participate in contests on crowdsourcing platforms. To identify these factors, the study combines the Elaboration Likelihood Model (ELM) and trust transfer theory. Data for this research is obtained from 392 respondents who are freelancers and have either participated in or are interested in participating in contests on crowdsourcing platforms. The data is analyzed quantitatively using the PLS-SEM method and qualitatively using thematic analysis. The results from both the quantitative and qualitative analyses indicate that variables such as monetary reward and contest information quality, which are part of the central route, significantly influence trust in the contest. Additionally, the results show that variables including other freelancers' endorsement, system quality, and platform reputation, which are part of the peripheral route, significantly influence trust in the platform. This study also demonstrates that there is a significant trust transfer between trust in the platform and trust in the contest. Furthermore, trust in the platform and trust in the contest significantly influence participation intention. The findings of this study aim to fill the research gap regarding contests on crowdsourcing platforms and freelancer participation in such contests. These results are also intended to provide recommendations for crowdsourcing platform developers and contest organizers to design contests effectively and encourage freelancer participation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sheren Savira
"Perkembangan internet telah membuka peluang bagi munculnya penerjemahan crowdsourcing, memungkinkan siapa pun yang ingin menerjemahkan suatu teks dapat melakukannya melalui platform daring. Padahal, dalam menerjemahkan sebuah teks dibutuhkan kompetensi agar hasil terjemahan dapat diterima oleh pembaca sasaran. Karenanya, diperlukan suatu penilaian untuk mengukur kualitas hasil terjemahan. Penelitian ini membahas teknik dan penilaian kualitas terjemahan lagu Adele “Rolling in the Deep” dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Jerman melalui aplikasi Musixmatch. Data penelitian dianalisis menggunakan teori teknik penerjemahan dari Molina & Albir (2002) dan teori penilaian kualitas penerjemahan dari Nababan (2012). Dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan model analisis kontrastif dan kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas terjemahan yang dilakukan secara kolektif (crowdsourcing) dengan menganalisis teknik penerjemahan dan menilai kualitas terjemahan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat delapan teknik yang diterapkan dalam korpus, yaitu penerjemahan harfiah, modulasi, amplifikasi linguistik, padanan lazim, amplifikasi, kompresi linguistik, generalisasi, dan transposisi. Dominannya penerapan teknik penerjemahan tidak langsung menunjukkan bahwa terjemahan berorientasi pada bahasa sasaran. Skor rata-rata kualitas terjemahan adalah 2.79 dari skala 3 dengan skor rata-rata setiap aspek, yaitu 2.76 untuk keakuratan, 2.79 untuk keberterimaan, dan 2.91 untuk keterbacaan. Berdasarkan penilaian ini, dapat disimpulkan bahwa terjemahan yang dihasilkan secara crowdsourcing pada lagu Adele “Rolling in The Deep” sudah baik.

The development of the internet has opened up opportunities for the emergence of crowdsourcing translation, allowing anyone who wants to translate a text can do so through an online platform. However, translating a text requires competence so that the translation can be accepted by the target readers. Therefore, an assessment is needed to measure the translation quality. This research discusses the technique and quality assessment of the translation of Adele's song "Rolling in the Deep'' from English into German via the Musixmatch application. The data were analyzed using Molina & Albir's (2002) translation technique theory and Nababan's (2012) translation quality assessment theory. Using descriptive-qualitative method with contrastive analysis models and quantitative, this study aims to determine the quality of crowdsourced translation by analyzing translation techniques and translation quality assessment. The results show that there are eight techniques applied in the data, namely literal translation, modulation, linguistic amplification, established equivalence, amplification, linguistic compression, generalization, and transposition. The dominant application of indirect translation techniques shows that the translation is target language-oriented. The average score of translation quality is 2.79 out of 3 with the average score of each aspect being 2.76 for accuracy, 2.79 for acceptability, and 2.91 for readability. Based on this assessment, it can be concluded that the crowdsourced translation of Adele's "Rolling in the Deep'' is good."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sidabutar, Yosua Grandy Ara
"ABSTRAK
Permasalahan kota yang terjadi memicu pemerintah melalui Program Jakarta Smart City untuk bekerja sama dengan PT. Qlue Performa Indonesia yang menyediakan aplikasi Qlue Smart City untuk melaporkan masalah di Jakarta. Akan tetapi, partisipasi masyarakat dalam menggunakan aplikasi tersebut masih rendah dan dapat menghambat program Jakarta Smart City yang dijalankan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi aplikasi Qlue sehingga didapatkan strategi peningkatan pengguna aplikasi tersebut. Kombinasi model adopsi teknologi UTAUT dan TTF digunakan untuk kemudian diuji dengan menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan task-technology fit berpengaruh terhadap adopsi pengguna aplikasi Qlue. Selanjutnya, dilakukan analisis berdasarkan teori technology adoption life cycle yang menunjukkan bahwa pengguna Qlue saat ini masuk kedalam kategori early adopters. Disisi lain, penelitian ini juga menggunakan importance-performance analysis dalam merumuskan strategi pengembangan fitur aplikasi.

ABSTRACT
City issues occurred had driven government via Jakarta Smart City to collaborate with PT. Qlue Performa Indonesia whom has Qlue Smart City Application for people to report any issues around Jakarta. However, people rsquo s participation in using this application is still low and inhibit Jakarta Smart City program ran by the government. This research aims to analyze factors affecting technology adoption of Qlue, so strategies for increasing user of Qlue can be developed. The combination of technology adoption model UTAUT and TTF is used to be tested by structural equation modeling. Results show that performance expectancy, effort expectancy, social influence, and task technology fit significantly affect user adoption of Qlue application. Analysis of technology adoption life cycle is also done in this research showing that Qlue user are in early adopter stage. Besides, this research uses importance performance analysis to develop the strategies for application features development."
[2017;2017, 2017]
S66980
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldila Ananda Firstia
"Crowdsourced Delivery Two-Echelon Vehicle Routing Problem with Truck and Trailer Routing Problem (2E-VRP TTRP) merupakan masalah pencarian rute kendaraan untuk mengirim barang ke pelanggan melalui dua pusat distribusi yang berbeda, yaitu depot dan titik transfer. Pada eselon pertama, barang akan dikirimkan dari depot ke titik transfer atau langsung ke pelanggan dengan menggunakan truk. Sementara, pada eselon kedua, barang akan dikirim dengan menggunakan sistem crowdsourced delivery, yaitu dengan menggunakan jasa kurir pekerja lepas dengan jadwal yang fleksibel dan mengunakan transportasi pribadi. Kurir tersebut akan mengambil barang yang telah diantar oleh truk ke titik transfer dan selanjutnya meneruskan pengantaran ke pelanggan. Pada skripsi ini digunakan Metode Adaptive Large Neighborhood Search (ALNS) untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan perangkat lunak. Konsep dari metode ini adalah memperbaharui struktur lingkungan melalui destroy dan repair operator dengan menggunakan probabilitas bahwa suatu operator tententu dipilih disesuaikan kembali sesuai dengan kinerja selama iterasi sebelumnya. Solusi yang ingin dicapai adalah solusi dengan total biaya pengiriman yang minimum. Berdasarkan hasil percobaan, dengan menggunakan 50 pelanggan, 1 depot, 9 titik transfer, 20 pelanggan yang dilayani sistem crowdsourced delivery, dan 3000 iterasi, diperoleh bahwa Metode ALNS dapat digunakan untuk mengoptimalkan masalah Crowdsourced Delivery 2E-VRP TTRP dengan penghematan total biaya perjalanan sebesar 40,76%.

Crowdsourced Delivery Two-Echelon Vehicle Routing Problem with Truck and Trailer Routing Problem (2E-VRP TTRP) is a problem where goods must be sent to customers through two different distribution centers, namely depot and transfer point. In the first echelon, the goods will be sent from the depot to the transfer points or directly to the customers by trucks. Meanwhile, in the second echelon, the goods will be sent using a crowdsourced delivery system, by using couriers that have flexible schedule and using their own transportations. The couriers will pick up the goods that have been delivered by the trucks to the transfer points and deliver it to the customers. In this final project, the Adaptive Large Neighborhood Search (ALNS) Method is used to solve the problem by using software. The concept of this method is to update the neighborhood structure through the destroy and repair operators by using the probability that a certain operator is selected to be readjusted according to performance during the previous iterations. The solution to be achieved is a solution with a minimum total delivery cost. Based on the experimental results, using 50 costumers, 1 depot, 9 transfer points, 20 costumers served by the crowdsourced delivery system, and 3000 iterations, it is found that the ALNS Method was be used to optimize the Crowdsourced Delivery 2E-VRP TTRP with a total travel cost savings of 40,76%."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ainna Salsabila
"Crowdsourced delivery merupakan suatu upaya dalam mengatasi masalah peningkatan kebutuhan jasa pengiriman barang akibat dari tren berbelanja online pada masyarakat yang meningkat secara signifikan. Crowdsourced delivery didefinisikan sebagai proses pengiriman barang yang melibatkan individu dengan latar belakang profesi bukan sebagai kurir untuk memenuhi kebutuhan last mile delivery. Diibaratkan kurir tersebut merupakan pekerja lepas (freelance) dari perusahaan pengiriman logistik. Last-mile delivery merupakan tahap akhir dari proses distribusi pengiriman barang dimana barang akhirnya sampai kepada pelanggan. Pada skripsi ini dilakukan perencanaan last-mile delivery dengan menggunakan integrasi crowdsourcing parsial, dimana permasalahan tersebut membutuhkan titik singgah sementara dalam proses pengiriman barang. Crowdsourcing parsial merupakan gabungan permasalahan two-echelon vehicle routing problem (2-EVRP) dan truck trailer routing problem (TTRP). Two-echelon vehicle routing problem adalah pencarian rute vehicle routing problem dengan dua tingkat jaringan distribusi. Tingkat jaringan distribusi pertama berupa rute perjalanan truk dan tingkat jaringan distribusi kedua berupa perjalanan kurir crowdsourced. Truck trailer routing problem merupakan variasi tambahan permasalahan 2-EVRP agar pelanggan dapat dilayani menggunakan truk dan juga kurir crowdsourced, jika hanya 2-EVRP saja maka pelanggan hanya dapat dilayani oleh crowd-worker. Pada permasalahan ini digunakan metode simulated annealing untuk mencari pendekatan terhadap solusi optimal rute pengiriman barang. Proses simulated annealing bekerja dengan mencari suatu posisi pada suatu temperatur tertentu untuk mereduksi rute yang tidak diperlukan dan memperbaiki solusi agar menjadi optimal. Dalam skripsi ini digunakan data sebanyak 63 titik koordinat lokasi, di mana terdiri dari 1 depot, 12 titik transfer, dan 50 pelanggan. Hasil terbaik dari beberapa kasus yang dijalankan yaitu untuk kasus 19 pelanggan dilayani truk dan 31 dilayani oleh crowd-worker, dapat menghemat biaya perjalanan sebesar 25,9748%.

Crowdsourced delivery is an effort to overcome the problem of increasing the need for goods delivery services due to the trend of online shopping in the community, which has increased significantly. Crowdsourced delivery is defined as the process of delivering goods that involve individuals with professional backgrounds not as couriers, to fulfill last-mile delivery needs. The courier is likened to a freelancer from a logistics delivery company. Last-mile delivery is the final stage of the distribution process where the goods finally arrive at the customer. In this thesis, last-mile delivery planning is carried out using partial crowdsourcing integration, where the problem requires a temporary stopover point in the process of delivering goods. Partial crowdsourcing combines the two-echelon vehicle routing problem (2-EVRP) and the truck trailer routing problem (TTRP). The two-echelon vehicle routing problem is a route-finding vehicle routing problem with two levels of distribution network. The first distribution network level is a truck route, and the second distribution network level is a crowdsourced courier. The truck trailer routing problem is an additional variation of the 2-EVRP problem to serve customers using crowdsourced trucks and couriers. If it is only 2-EVRP, then customers can only be served by crowd-workers. In this problem, the simulated annealing method is used to find an approach to the optimal solution of the shipping route. The simulated annealing process works by finding a position at a specific temperature to reduce unnecessary routes and improve the solution to become optimal. In this thesis, the data used are 63 coordinate location points, consisting of 1 depot, 12 transfer points, and 50 customers. The best results from several cases that were carried out were for cases where 19 customers were served by trucks and 31 were served by crowd-workers. It could save travel costs by 25.9748%."
Depok: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Schall, Daniel
"Service-oriented crowdsourcing : architecture, protocols and algorithms provides both an analysis of contemporary crowdsourcing systems, such as Amazon Mechanical Turk, and a statistical description of task-based marketplaces. The book also introduces a novel mixed service-oriented computing paradigm by providing an architectural description of the Human-Provided Services (HPS) framework and the application of social principles to human coordination and delegation actions. Finally, it examines previously investigated concepts and applies them to business process management integration, including the extension of XML-based industry standards and the instantiation of flexible processes in crowdsourcing environments. "
New York: Springer, 2012
e20407793
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Fedora
"Persaingan industri minuman di Indonesia sangat ketat karena tingginya tingkat konsumsi produk siap minum, khususnya soft drink. Oleh karena itu, perusahaan berupaya memasarkan produknya lewat media televisi. Hambatan yang perusahaan hadapi adalah biaya periklanan yang tinggi dan perbedaan respon masyarakat Indonesia, khususnya generasi Y dan Z terhadap iklan tersebut. Hal ini mendorong perusahaan untuk menampilkan iklan yang inovatif dan kreatif, dengan berupaya untuk membuat iklan dengan metode pencarian ide iklan yang berbeda. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana pengaruh iklan tersebut pada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling SEM dan kuesioner Positive and Negative Affect Scale PANAS . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa variabel yang berpengaruh maupun tidak berpengaruh terhadap masyarakat generasi Y dan generasi Z.

The competition of beverage industry in Indonesia is very high because of the high level of consumption of ready to drink products, especially soft drinks. Therefore, the company needs to promote its products through television media. But, there are problems that faced by company, there are high advertising costs and differences response of Indonesian's society, especially Y and Z generations to those ads. This encourages company to makes innovative and creative advertising, by creating ads with different idea generation methods. So, it is important to know how the influence of these ads on society. Methods that used in this research are Structural Equation Modeling SEM , and Positive and Negative Affect Scale PANAS questionnaire. Based on the research that has been done, there are several variables that have an effect and do not affect to the Y generation and Z generation.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Adhitya Rachman
"Tesis ini membahas pengaruh kompetensi dan kepuasan kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengunjung museum-museum yang ada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey menggunakan kuesioner penelitian. Penelitian ini membedakan hasil antara museum-museum milik pemerintah dan milik TMII dikarenakan terdapat perbedaan praktik manajemen sumberdaya manusia di antara keduanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pegawai dan kepuasan kerja pegawai berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan baik secara keseluruhan, pada museum milik pemerintah, maupun museum milik TMII. Kemudian penelitian ini juga menunjukkan pengaruh dimensi-dimensi di variabel kompetensi pegawai dan kepuasan kerja, terhadap dimensi-dimensi di variabel kualitas pelayanan. Bila dilihat secara keseluruhan, dimensi-dimensi dari variabel kompetensi dan kepuasan kerja pegawai yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan adalah operating conditions (Sig. 0.000 dan 0.000), motive (Sig. 0.004), nature of work (Sig. 0.008), pay (Sig. 0.013), supervisor (Sig. 0.016), co-worker (Sig. 0.016), traits (Sig. 0.020 dan 0.020), communication (Sig. 0.025), dan knowledge (Sig. 0.035). Bila melihat pada museum-museum milik pemerintah saja, dimensi-dimensi dari variabel kompetensi dan kepuasan kerja pegawai yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan adalah operating conditions (Sig. 0.000 dan 0.000), motive (Sig. 0.001; 0.011; 0.044), knowledge (Sig. 0.008), nature of work (Sig. 0.023 dan 0.045), dan supervisor (Sig. 0.040). Bila melihat pada museum-museum milik TMII saja, dimensi-dimensi dari variabel kompetensi dan kepuasan kerja pegawai yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan adalah self-concept (Sig. 0.003), supervisor (Sig. 0.008), co-worker (Sig. 0.017), fringe benefits (Sig. 0.019 dan 0.020), dan traits (Sig. 0.030 dan 0.048). Kualitas pelayanan pada museum-museum yang berada di kawasan TMII sudah tergolong baik, hal ini berarti manajemen museum yang berada di kawasan TMII harus memikirkan strategi bagaimana membuat masyarakat tahu bahwa kualitas pelayanan museum-museum di TMII sudah baik, sehingga jumlah pengunjungnya bisa meningkat lebih banyak lagi. Strategi promosi dalam berbagai media dapat dijadikan salah satu cara membuat masyarakat mengetahui dan mau berkunjung lagi ke museum-museum di TMII.

This thesis discusses the influence between competency and job satisfaction on the quality of service provided to museum visitors in the area of ​​Taman Mini Indonesia Indah. This research is a quantitative research, which uses questionnaire as the data collection tool. This study distinguishes between the results of government-owned museums and TMII-owned museum because there are differences in human resource management practices in between. The results of this study indicate that employee competency and employee satisfaction significantly influence the service quality both in the government-owned museum, the TMII-owned museum, and the total of the two. Furthermore, this research also shows the effect of variable dimensions in the employee competency and job satisfaction, toward the dimensions in the service quality variable. When viewed as a whole, the dimensions of the competency and job satisfaction that affects service quality are operating conditions (Sig. 0.000 and 0.000), motive (Sig. 0.004), nature of work (Sig. 0.008), pay (Sig. 0.013), supervisor (Sig. 0.016), co-worker (Sig. 0.016), traits (Sig. 0.020 and 0.020), communication (Sig. 0.025), and knowledge (Sig. 0.035). When we look only at the government-owned museums, the dimensions of the competency and job satisfaction that affects service quality are the operating conditions (Sig. 0.000 and 0.000), motive (Sig. 0001; 0.011; 0.044), knowledge (Sig. 0.008), nature of work (Sig. 0.023 and 0.045), and supervisor (Sig. 0.040). When we look only at the TMII-owned museums, the dimensions of the competency and job satisfaction that affects service quality are self-concept (Sig. 0003), supervisor (Sig. 0.008), co-worker (Sig. 0.017), fringe benefits (Sig. 0.019 and 0.020), and traits (Sig. 0.030 and 0.048). Overall, the service quality at the museums in the area of ​​TMII can be categorized as good, it means the museum management should think about the strategy of how to make people know that the service quality of the museums at TMII is good, hence the number of visitors could increase again. Promotion strategies using a variety of media may be one of the ways to make people aware and want to visit museums in the area."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>