Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61547 dokumen yang sesuai dengan query
cover
N. Laelyana
"Tindakan invasif menyebabkan nyeri pada anak ketika hospitalisasi di rumah sakit menjadi salah satu sumber kecemasan, ketakutan, dan ketidaknyamanan bagi anak maupun orang tua. Salah satu manajemen nyeri yang bisa dilakukan pada anak yaitu dengan memberikan distraksi. Distraksi adalah tindakan memperhatikan sesuatu selain rasa sakit, tindakan menarik perhatian pada rasa sakit.
Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh distraksi Virtual Reality terhadap nyeri anak usia sekolah saat dilakukan pemasangan infus. Metode: Penelitian menggunakan desain quasi experiment post-test only dengan sampel responden terdiri dari 34 kelompok intervensi dan 34 kelompok kontrol, sesuai kriteria inklusi yaitu: anak yang dipasang infus pertama kali saat periode rawat terkini, tidak mengalami gangguan kognitif, anak kooperatif dan mau mengikuti instruksi, serta anak yang didampingi orangtua. Instrumen nyeri yang digunakan adalah NRS (Numeric Rate Scale).
Hasil: Mayoritas responden memiliki karakteristik berjenis kelamin perempuan pada kelompok intervensi sebanyak 67,6% dan pada kelompok kontrol berjenis kelamin perempuan sebanyak 61,8%, berusia 6-12 tahun dan memiliki pengalaman prosedur invasif sebelumnya. Analisis data menggunakan uji non parametrik (Mann Whitney) untuk menganalisis perbedaan nyeri pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol pada prosedur invasif. Terdapat perbedaan signifikan nyeri selama prosedur invasif menggunakan distraksi Virtual Reality pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (nilai p 0,000).
Saran: Penelitian Virtual Reality menunjukkan bahwa metode distraksi menjadi lebih efektif karena meningkatkan efisiensi sumber daya dan pemilihan pasien berdasarkan karakteristik.

Invasive acts cause pain in the child when hospitalization in the hospital becomes one of the sources of anxiety, fear, and discomfort for both the child and the parent. One of the pain management that can be done in children is by giving distractions. Distraction is the act of paying attention to something other than pain, the action of drawing attention to pain.
Objective: This research is to find out the impact of Virtual Reality distraction on the pain of school-age children during infusion installation. Method: The study used a post-test only quasi-experimental design with a sample of respondents consisting of 34 intervention groups and 34 control groups, according to the inclusion criteria, namely: children who were installed the first infusion during the current period of care, did not have cognitive impairment, children cooperative and willing to follow instructions, as well as children accompanied by parents. The pain instrument used is NRS. (Numeric Rate Scale).
Results: The majority of respondents had female gender characteristics in the intervention group of 67.6% and in the control group of the gender of 61.8%, aged 6-12 years and had previous experience of invasive procedures. The data analysis used a non-parametric test (Mann Whitney) to analyze differences in pain in the intervention group and the control group in the invasive procedure. There are significant differences in pain during invasive procedures using virtual reality distraction in the intervention group and control group. (nilai p 0,000).
Advice: Virtual Reality research shows that the method of distraction becomes more effective as it improves resource efficiency and patient selection based on characteristics.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
hapus4
"Latar belakang penelitian didorong adanya kecemasan yang signifikan secara klinis pada saat anak mendapatkan pananganan di IGD rumah sakit. Seiring perkembangan jaman, berbagai inovasi dikembangkan untuk mengurangi rasa cemas dan nyeri anak saat di IGD. Tindakan invasif penusukan vena dikenal sebagai salah satu prosedur yang paling sering dilakukan dan paling ditakuti, menyedihkan dan menyakitkan bagi anak.
Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak teknik distraksi virtual reality dalam mengatasi perilaku cemas dan nyeri terhadap prosedur penusukan vena pada anak di Zona Kuning IGD.
Metode penelitian yang menggunakan quasi experiment two group pretest-posttest with control group design dengan pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak 42 responden
Hasil penelitian menunjukkan usia didominasi dari anak usia sekolah usia sekolah (66,7%) dan remaja (47,6%) pada kelompok kontrol pada laki-laki dan responden sudah memiliki pengalaman penusukan vena. Kelompok eksperimen menunjukkan adanya penurunan perilaku cemas dan nyeri (p-value <0,001) dibandingkan kelompok kontrol; teknik distraksi virtual reality dampak dalam menurunkan perilaku cemas dan nyeri saat prosedur penusukan vena (p-value <0,001) dan nyeri anak usia sekolah mengalami penurunan rasa nyeri 4,958 kali dibandingkan anak usia pra sekolah saat prosedur penusukan vena. Disarankan teknik distraksi ini diberikan pada anak usia remaja pada anak perempuan yang telah memiliki pengalaman penusukan vena yang mengalami perilaku sangat cemas dan sangat merasakan nyeri.
Kesimpulan. Pemberian teknik distraksi virtual reality terbukti efektif dapat menurunkan perilaku cemas dan nyeri pada anak saat prosedur penusukan vena sehingga menjadi strategi manajemen nyeri akut yang efektif untuk anak-anak selama prosedur medis dari teknik distraksi lainnya. 

Background of the study was driven by clinically significant anxiety when children received treatment in the hospital emergency room. Along with the times, various innovations were developed to reduce children's anxiety and pain while in the ER. Invasive venipuncture is known as one of the most frequently performed and most feared, distressing, and painful procedures for children.
Objective of the study was to determine the impact of virtual reality distraction techniques in overcoming anxiety and pain behavior on venous puncture procedures in children in the Yellow Zone of the Emergency Room.
Method uses a quasi-experimental two-group pretest-posttest with a control group design with purposive sampling of 42 respondents.
Results showed that the predominant age of school-age children (66.7%) and adolescents (47.6%) in the control group were boys and respondents had experienced venipuncture. The experimental group showed a decrease in anxiety and pain behavior (p-value <0.001) compared to the control group; The impact of virtual reality distraction techniques on reducing anxiety and pain behavior during the venipuncture procedure (p-value <0.001) and pain in school-age children experienced a 4,958-fold decrease in pain compared to pre-school age children during the venipuncture procedure. It is recommended that this distraction technique be given to adolescent girls who have had a venipuncture experience and are very anxious and feel very pain.
Conclusion. The provision of virtual reality distraction techniques is proven to be effective in reducing anxiety and pain behavior in children during venipuncture procedures so that it becomes an effective acute pain management strategy for children during medical procedures from other distraction techniques.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Faruq Ainul Yaqin
"Pendahuluan: Nyeri prosedural atau nyeri akibat prosedural invasif merupakan sumber nyeri yang paling ditakuti dan paling umum oleh anak-anak. Sayangnya, banyak prosedur invasif akan diperlukan untuk diagnosis dan pengobatan penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh VR (Virtual Reality) terhadap perbedan rata-rata skor nyeri prosedural, karakteristik usia sekolah serta jenis kelamin pada anak dengan kanker. Metode: Penelitian menggunakan desain quasy experimental posttest-only pada 19 pasien kelompok kontrol dan 19 pasien kelompok intervensi. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan sistem tidak acak (non-probability sampling) dengan cara convenience sampling. Analisis data menggunakan uji T independen. Hasil: Hasil uji statistika menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan skor nyeri antara kelompok kontrol dengan intervensi (p value 0,019), tidak ada perbedaan signifikan rata-rata skor nyeri antara karakteristik usia sekolah dan usia remaja (p value 0.862), tidak ada perbedaan signifikan rata-rata skor nyeri antara karakteristik jenis kelamin laki-laki dan jenis kelamin perempuan (p value 0.223), sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwasanya ada perbedaan signifikan rata-rata skor nyeri antara kelompok intervensi VR (Virtual reality) dan kelompok kontrol terapi standar rumah sakit dengan teknik distraksi nafas dalam, namun tidak ada perbedaan signifikan rata-rata skor nyeri antara karakteristik usia sekolah dan usia remaja dan tidak ada perbedaan signifikan rata-rata skor nyeri antara karakteristik jenis kelamin laki-laki dan jenis kelamin perempuan. Rekomendasi: Diharapkan penelitian selanjutnya meneliti sampel yang lebih besar dan perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui pengaruh VR (Virtual reality) terhadap nyeri akibat prosedur lainnya, tempat penelitian dan instrumen skor nyeri yang berbeda.

Procedural pain or pain due to invasive procedures is the most feared and most common source of pain for children. Unfortunately, many invasive procedures will be required for the diagnosis and treatment of the disease. The purpose of this study was to determine the effect of VR (Virtual Reality) on the difference in average procedural pain scores, school-age characteristics, and gender in children with cancer. Methods: The study used a quasy experimental posttest-only design with 19 patients in the control group and 19 patients in the intervention group. The sampling technique used is non-random sampling (non-probability sampling) using convenience sampling. Data analysis used an independent t-test. Results: The results of the statistical test showed that there was a significant difference in pain scores between the control and intervention groups (p-value 0.019), there was no significant difference in the average pain score between school-age and adolescent characteristics (p-value 0.862), there was no mean significant difference - average pain score between male and female sex characteristics (p-value 0.223), so it can be concluded from this study that there is a significant difference in the average pain score between the VR (Virtual reality) intervention group and the standard home therapy control group pain with the distraction technique of deep breathing, but there was no significant difference in the average pain score between school-age and adolescent characteristics and there was no significant difference in the average pain score between male and female sex characteristics. Recommendation: It is hoped that further research will examine a larger sample and a study is needed to determine the effect of VR (Virtual reality) on pain due to other procedures, research locations, and different pain score instruments."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mariyam
"Pemasangan infus dapat menimbulkan nyeri pada anak. Guided imagery merupakan strategi nonfarmakologi yang dapat menurunkan nyeri. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh guided imagery terhadap tingkat nyeri anak saat pemasangan infus. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan sampel 28 intervensi dan 28 kontrol di RSUD Kota Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata tingkat nyeri anak pada kelompok intervensi dan kontrol. Rata-rata nyeri pada intervensi 1,68 sedangkan kontrol sebesar 4,18. Guided Imagery dapat digunakan untuk mengurangi tingkat nyeri anak usia sekolah saat pemasangan infus.

Intravenous therapy may cause pain in children. Guided imagery is one of nonfarmachology stategy that can reduce pain. This study aim is to identify the effect of guided imagery to the pain level in children during intravenous therapy. The research design is quasi-experimental with 28 children in intervention and 28 children in control as a sample in RSUD Kota Semarang.
The results showed there is a differences mean of pain level between control and intervention group. The average of pain level in intervention group 1.68 while the pain level in control group 4.18. Guided imagery can be used to reduce the pain level in school age children during intravenous therapy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Made Pande Lilik Lestari
"Pemasangan infus pada anak usia prasekolah dianggap sebagai ancaman terhadap integritas tubuh yang dapat menimbulkan nyeri dan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan distraksi: penggunaan baju bermotif kartun dan bubble blowing terhadap nyeri dan kecemasan anak prasekolah saat pemasangan infus. Penelitian ini menggunakan quasi experiment post test only control group design. Sampel terdiri dari 57 anak prasekolah yang terbagi kedalam tiga kelompok. Analisis data menggunakan Oneway ANOVA untuk nyeri dan Kruskal-wallis untuk kecemasan.
Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan bermakna antara nyeri dan kecemasan ketiga kelompok dengan p<α. Analisis lanjutan menggunakan uji Post-hoc menunjukkan kelompok distraksi menggunakan bubble blowing lebih efektif menurunkan nyeri dan kecemasan saat pemasangan infus dengan nilai p=0,026 dan 0,0001 (α=0,05). Disarankan kepada pemberi layanan keperawatan agar menggunakan bubble blowing sebagai alat distraksi saat pemasangan infus.

Preschool children considers venipuncture as a threathing procedure which can cause pain and anxiety. This study aimed to compare the effectiveness of distraction: cartoon-patterned attire and bubble blowing to reduce pain and anxiety in children during venipuncture. This study used a quasi experiment with post test only control group design. The sample consisted of 57 preschoolers divided into three groups. Data were analysed using Oneway ANOVA for pain and Kruskal-wallis for anxiety.
Result showed there was a significant difference between pain and anxiety of the three groups with p<α. Further analysis using Post-hoc test showed that distraction using bubble blowing was more effective in reducing pain and anxiety during venipuncture with p value= 0,026 and 0,0001 (α=0,05). It is recommended to use bubble blowing as a distraction during venipuncture.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
T48299
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silalahi, Elfrida
"Nyeri pemasangan infus merupakan nyeri yang paling sering dialami oleh anak saat hospitalisasi. Sayangnya, intervensi berbasis bukti untuk mengelola nyeri akibat prosedur ini kurang dimanfaatkan di ruang Unit Gawat Darurat (UGD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas Buzzy terhadap nyeri saat pemasangan infus pada anak usia sekolah di UGD. Penelitian ini menggunakan desain analitik kuantitatif quasi experimen dengan pendekatan posttest only control grup. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara consecutive sampling dan diteliti pada 48 responden. Penelitian ini dilakukan pada anak usia sekolah 6-12 tahun yang diberikan tindakan pemasangan infus dengan kategori triase 2. Instrumen pada penelitian ini menggunakan VAS untuk menilai nyeri pada responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji T-independen tidak berpasangan. Hasil yang didapatkan adalah terdapat perbedaan bermakna secara statistik rerata skala nyeri antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi (nilai p=0,017). Kesimpulan: Penggunaan Buzzy efektif menurunkan nyeri pada anak usia sekolah saat dipasang infus di UGD. Dari hasil penelitian ini, penggunaan Buzzy direkomendasikan sebagai distraksi yang rutin digunakan kepada anak usia sekolah saat dipasang infus terutama di UGD.

Intravenous catheter insertion pain is the most common pain experienced by children during hospitalization. Unfortunately, evidence-based interventions to manage pain from these procedures are underutilized in the Emergency Room (ER). The purpose of this study was to identify the effectiveness of Buzzy to reduce pain during intravenous catheter insertion to school-age children in the ER. This study used a quasi-experimental quantitative analytical design with a posttest only control group approach. Sample selection was carried out by consecutive sampling and examined on 48 respondents. This study was conducted on school-age children 6-12 years who were given the action of intravenous catheter insertion with triage category 2. The instrument in this study used VAS to assess pain in respondents. The statistical test used is an unpaired T-independent test. The result was that there was a statistically significant difference in the mean pain scale between the control group and the intervention group (p value = 0.017). Conclusion: Buzzy was effective in reducing pain in school-age children while intravenous catheter insertion in the ER. From the results of this study, the use of Buzzy is recommended as a distraction that is routinely used for school-age children when installed infusions, especially in the ER."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puji Indriyani
"Prosedur pemasangan infus dapat menimbulkan nyeri dan juga trauma pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompres hangat dan dingin kering terhadap skala nyeri anak usia sekolah saat pemasangan infus. Desain penelitian yang digunakan kuasi eksperimen post test only non equivalent control group yang terbagi dalam tiga kelompok yaitu kompres hangat (15 responden), kompres dingin (15 responden) dan kontrol (15 responden).
Hasil Uji statistik dengan Anova menunjukkan ada perbedaan pengaruh pada ketiga kelompok terhadap skala nyeri dengan p value = 0,0001; α: 0,05 dan hasil uji post hock menunjukkan bahwa pemberian kompres dingin mempunyai mean difference paling besar yaitu -4,267. Berdasarkan hasil penelitian ini maka kompres dingin lebih efektif menurunkan nyeri, oleh karena itu kompres dingin lebih disarankan untuk diterapkan dalam menurunkan nyeri pada anak yang dilakukan prosedur pemasangan infus.

IV canule insertion procedure can cause pain and also trauma in children. The purpose of this study was to determine the effect of dried warm and cold compress on pain rating scale of school-age children IV canule insertion. The study design used quasi-experimental post-test only non-equivalent control group, which were divided into three groups: warm compress (15 respondents), cold compress (15 respondents) and control (15 respondents).
Anova analysis showed there were differences in the effect of the three groups on the pain scale with p value = 0.0001; α : 0.05 and post hock test results showed that administration of cold compresses has the greatest mean difference (-4.267). Based on these results, the cold compress is more effectively to reduce pain, therefore, cold compress is recommended to be applied in reducing pain in children who carried IV canule insertion.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T35301
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitepu, Sri Rosma Kencana
"Medical play merupakan salah satu terapi bermain yang dapat diberikan pada anak di mana anak diberi kesempatan untuk mengeksplorasi peralatan medis yang ada di ruangan tempat anak dirawat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh medical play terhadap kecemasan dan nyeri anak usia prasekolah saat dilakukan tindakan pemasangan akses intravena perifer. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment pre and posttest with control group yang melibatkan masing-masing 31 responden untuk kelompok kontrol dan intervensi. Pemilihan responden dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Analisis perbedaan kecemasan pretest dan posttest pada kelompok intervensi maupun pada kelompok kontrol dilakukan menggunakan uji T dependen, sedangkan analisis perbedaan kecemasan posttest maupun nyeri posttest pada kelompok kontrol dan intervensi dilakukan menggunakan uji T independen. Hasil uji statistik T independen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor kecemasan posttest pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan nilai p<0,001 (p<0.05) dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor nyeri posttest pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan nilai p=0,528.

Penelitian ini merekomendasikan penerapan medical play untk mengurangi kecemasaan pada anak usai prasekolah saat dilakukan pemasangan akses intravena perifer.

 

Kata kunci: cemas; medical play; nyeri; prasekolah


Medical play is one of the play therapies that can be provided to children, where they are given the opportunity to explore medical equipment in the room where they are being treated. The purpose of this study is to analyze the influence of medical play on anxiety and pain in preschool-aged children during peripheral intravenous catheter insertion. This research utilized a quasi-experimental pre and posttest design with a control group, involving 31 respondents each for the control and intervention groups. Respondents were selected using consecutive sampling technique. Analysis of the differences in pretest and posttest anxiety scores in both the intervention and control groups was conducted using dependent t-test, while analysis of the differences in posttest anxiety and posttest pain scores between the control and intervention groups was carried out using independent t-test. The results of the independent t-test showed that there was a significant difference in the mean posttest anxiety scores between the control and intervention groups, with a p-value of <0.001 (p < 0.05), and there was no significant difference in the mean posttest pain scores between the control and intervention groups, with a p-value of 0.528. This study recommends the implementation of medical play to reduce anxiety in preschool-aged children during peripheral intravenous catheter insertion."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nyimas Heny Purwati
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi musik terhadap tingkat nyeri anak usia prasekolah yang dilakukan pemasangan infus. Penelitian ini menggunakan studi quasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent control group, after only design. Terapi musik diberikan 5 menit sebelum pemasangan infus sampai 5 menit sesudah pemasangan infus. Terdapat perbedaan tingkat nyeri yang signifikan antara anak usia prasekolah yang diberikan terapi musik dengan anak usia prasekolah yang tidak diberikan terapi musik saat dilakukan pemasangan infus dengan p value 0,00.

Music is an effective distraction technique. It has the best influence in a short time. Music reduces the physiological pain, stress and anxiety by distracting someone?s attention from the pain. The objective of this research is to understand the influence of music therapy to pre-school children that having infusion attachment procedure. This research was using quasi experiment with Nonequivalent control group, after only design. Music therapy was given at 5 minutes before the infusion attachment process was started until 5 minutes after the process was done. There was a significant difference of pain level between pre-school children that was having music therapy than they who was not having music therapy during the infusion attachment process."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T29406
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Casman
"Prosedur pemasangan infus sebagai akses kemoterapi pada anak kanker menyebabkan kecemasan dan nyeri. Model Adaptasi Roy sebagai pendekatan dalam asuhan keperawatan dapat mengoptimalkan metode distraki dengan cara memodifikasi stimulus saat pemasangan infus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis distraksi sebagai upaya mengurangi kecemasan dan nyeri saat pemasangan infus dengan metode studi kasus pada 5 kasus asuhan keperawatan anak kanker yang dipasang akses kemoterapi. Hasilnya menunjukkan pada anak usia muda distraksi yang dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan dan nyeri adalah dekapan ibu, pada anak usia sekolah dapat menonton video sebagai metode distraki, dan pada remaja dapat dikombinasikan dengan teknik relaksasi. Distraksi terbukti efektif mengurangi kecemasan dan nyeri saat pemasangan infus, namun perlu teknik distraksi yang dapat digunakan pada rentang usia yang beragam, misalnya dengan buzzy. Standar operasional prosedur pemasangan infus dengan buzzy diharapkan dapat diujicobakan.

Peripheral intravenous catheter (PIVC) as access chemotherapy in child cancer lead of anxiety and pain. Roy adaptation model as a nursing approach can optimise the distraction method by modifying the stimulus during infusion. The purpose of this research is to analyze distraction as an effort to reduce anxiety and pain during the infusion with a case study method on 5 cases of nursing care on child cancer who needed access chemotherapy. The results showed in young children distraction that can be used to reduce anxiety and pain is the parents holding, in school-aged children can watch the video as a distraction method, and in adolescents can be combined with relaxation techniques. Distraction is proven to effectively reduce anxiety and pain during infusion, but it needs distraction techniques that can be used in a variety of age ranges, such as with buzzy. Standart operating procedure of PIVC with buzzy is necessary to consider the effect of buzzy in further research. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>