Ditemukan 146650 dokumen yang sesuai dengan query
Sari Mulatsih
"Pada era perang bakat di industri pertambangan batu bara yang terjadi pada tahun 2022 hingga 2023, retensi talenta merupakan salah satu kunci sukses bagi perusahaan di industri tersebut, termasuk perusahaan kontraktor tambang. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti retensi talenta dengan mengeksplorasi bagaimana sejumlah faktor memengaruhi keputusan talenta untuk bertahan atau keluar dari organisasi pada situasi perang bakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian berupa studi kasus tunggal terhadap PT Tambang Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada 29 narasumber dan analisis dokumen yang dianalisis menggunakan analisis tematik. Temuan utama penelitian ini berupa empat kekuatan penarik yang memengaruhi keputusan talenta untuk bertahan dan empat kekuatan pendorong yang memengaruhi keputusan talenta untuk keluar dari perusahaan pada situasi perang bakat. Temuan pendukung dalam penelitian ini berupa faktor-faktor retensi talenta di tiga level analisis perilaku organisasi. Temuan dalam penelitian ini memperdalam penelitian-penelitian sebelumnya terkait faktor-faktor dalam meretensi talenta. Saran untuk penelitian lanjutan adalah membuat penelitian yang dapat mengukur setiap kekuatan, kemudian diujikan dalam konteks yang lebih luas dan beragam. Penelitian lanjutan juga dapat dilakukan dengan fokus mengukur tingkat pengaruh dari faktor-faktor di tiga level analisis perilaku organisasi, serta membandingkan efektivitas faktor-faktor tersebut terhadap retensi talenta.
In the era of the talent war in the coal mining industry that has occurred from 2022 to 2023, talent retention is one of the keys to success for companies in the industry, including mining contractor companies. This study aims to examine talent retention by exploring how a number of factors influence the talent's decision to stay or leave an organization in a talent war situation. This research was conducted using qualitative methods with a single case study on PT Tambang Indonesia. Data collection was carried out through in-depth interviews with 29 informants and document analysis which was analyzed using thematic analysis. The main findings of this research are four pull forces that influence talent's decision to stay and four push forces that influence talent's decisions to leave in a talent war situation. The supporting findings in this research are talent retention factors at three levels of organizational behavior analysis. The findings in this study deepen previous studies regarding factors in talent retention. Suggestions for further research are to make research that can measure each strength, then be tested in a wider and more diverse context. Further research can also be conducted with a focus on measuring the level of influence of factors at three levels of organizational behavior analysis, as well as comparing the effectiveness of these factors on talent retention."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nisrina Anbar Fadhilah
"Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia telah menciptakan persaingan yang ketat di antara penjual online, sehingga diperlukan strategi yang efektif untuk menarik minat beli konsumen. Minat beli konsumen di e-commerce dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti content marketing, live streaming, ulasan pengguna, serta penetapan harga barang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat beli dan hubungannya dengan keputusan pembelian pada salah satu platform e-commerce populer di Indonesia. Variabel eksogen yang diteliti adalah content marketing, live streaming, online customer review, dan harga. Sementara variabel endogen yang diteliti adalah minat beli dan keputusan pembelian. Data dikumpulkan dari 200 responden di Jakarta menggunakan metode purposive sampling, di mana responden mengisi kuesioner dengan skala Likert 1-4. Metode penelitian yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing dan live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Namun, online customer review dan harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Selain itu, ditemukan bahwa minat beli, online customer review, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
The rapid growth of e-commerce in Indonesia has intensified competition among online sellers, necessitating effective strategies to attract consumer purchase intentions. Consumer purchase intentions in e-commerce can be influenced by various factors such as content marketing, live streaming, user reviews, and product pricing. This study aims to analyze the factors influencing purchase intention and its relationship with purchase decisions on one of the popular e-commerce platforms in Indonesia. The exogenous variables examined include content marketing, live streaming, online customer reviews, and price, while the endogenous variables include purchase intention and purchase decision. Data were collected from 200 respondents in Jakarta using purposive sampling, where respondents completed a questionnaire using a Likert scale of 1-4. The research method employed was Partial Least Square (PLS). The findings revealed that content marketing and live streaming have a positive and significant effect on purchase intention. However, online customer reviews and price did not have a significant impact on purchase intention. Furthermore, it was found that purchase intention, online customer reviews, and price has a positive and significant effect on purchase decision."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hasna Ufairah
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel-variabel yang berdampak terhadap keputusan karier mahasiswa perguruan tinggi negeri di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan menggunakan metode analisis data structural equation modelling (SEM). Penelitian ini menggunakan sebanyak 527 responden dari 672 responden yang dikumpulkan, yang merupakan mahasiswa di perguruan tinggi negeri di wilayah Jabodetabek melalui survei cross-sectional design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik variabel protean career orientation dan variabel peer support memiliki pengaruh positif terhadap career decision self-efficacy mahasiswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa career decision self-efficacy berperan sebagai mediator pada hubungan protean career orientation terhadap career adaptability, serta hubungan protean career orientation terhadap career adaptability. Adapun career adaptability ditemukan tidak memiliki pengaruh positif langsung terhadap career decidedness, dan tidak dapat berperan sebagai mediator pada hubungan career decision self-efficacy terhadap career decidedness. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh antara variabel-variabel yang memengaruhi keputusan karier mahasiswa di perguruan tinggi negeri di wilayah Jabodetabek, sebagai sumber pengetahuan yang berharga bagi lembaga pendidikan dan praktisi di sektor pengembangan karier.
This study aims to examine the influence of various variables on the career decision-making of students at state universities in the Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi (Jabodetabek) area using structural equation modelling (SEM) data analysis. The study utilized a sample of 527 respondents out of 672 collected respondents, who are students at state universities in the Jabodetabek area, through a cross-sectional survey design. The results indicate that both protean career orientation and peer support variables positively influence students’ career decision self-efficacy. The study also found that career decision self-efficacy acts as mediator in the relationship between protean career orientation and career adaptability, as well as in the relationship between peer support and career adaptability. However, career adaptability was found to have no direct positive effect on career decidedness and could not act as a mediator in the relationship between career decision self-efficacy and career decidedness. This study aims to investigate the impact of variables influencing career decision-making among students at state universities in the Jabodetabek area, providing valuable insights for educational institutions and practitioners in the career development sector. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Zainullah
"[
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor faktor yang memengaruhi mahasiswa akuntansi dalam memilih mata kuliah pilihan Faktor faktor tersebut terangkum dalam 3 anteseden keputusan memilih dengan menggunakan komponen dari Theory of Planned Behavior yaitu attitude towards elective course selection subjective norm dan perceived behavioral control Responden penelitian ini berjumlah 93 dan merupakan mahasiswa akuntansi yang telah mengambil mata kuliah pilihan akuntansi Dengan menggunakan SmartPLS 2 0 attitude towards elective course selection dan perceived behavioral control terbukti memengaruhi keputusan mahasiswa memilih mata kuliah pilihan Adapun Subjective norm tidak terbukti memengaruhi keputusan mahasiswa memilih mata kuliah pilihan
ABSTRACTThis research investigates factors that influencing accounting student rsquo s decision choice of elective courses Using Theory of Planned Behavior factors divided into 3 antecedents of decision choice attitude towards elective course selection subjective norm and perceived behavioral control respondents are 93 accounting students that have taken elective accounting courses Using SmartPls 2 0 Attitude towards elective course and perceived behavioral control proven to be influencing student rsquo s decision choice of elective course Besides that subjective norm not proven to be influencing student rsquo s decision choice of elective course;This research investigates factors that influencing accounting student rsquo s decision choice of elective courses Using Theory of Planned Behavior factors divided into 3 antecedents of decision choice attitude towards elective course selection subjective norm and perceived behavioral control respondents are 93 accounting students that have taken elective accounting courses Using SmartPls 2 0 Attitude towards elective course and perceived behavioral control proven to be influencing student rsquo s decision choice of elective course Besides that subjective norm not proven to be influencing student rsquo s decision choice of elective course, This research investigates factors that influencing accounting student rsquo s decision choice of elective courses Using Theory of Planned Behavior factors divided into 3 antecedents of decision choice attitude towards elective course selection subjective norm and perceived behavioral control respondents are 93 accounting students that have taken elective accounting courses Using SmartPls 2 0 Attitude towards elective course and perceived behavioral control proven to be influencing student rsquo s decision choice of elective course Besides that subjective norm not proven to be influencing student rsquo s decision choice of elective course]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61835
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Herbiyona
"Pada masa COVID-19, angka pengangguran meningkat akibat dampak dari PHK yang dilakukan oleh perusahaan sehingga banyak yang beralih menjadi freelancer. Salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan bagi freelancer adalah dengan mengikuti kontes pada platform crowdsourcing. Dalam kontes pada platform crowdsourcing, partisipasi merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan kontes tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat freelancer untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, penelitian ini menggunakan gabungan antara Elaboration Likelihood Model (ELM) dan trust transfer theory. Penelitian ini memperoleh data dari 392 responden yang merupakan freelancer dan pernah dan/atau berminat untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode PLS-SEM dan dianalisis secara kualitatif dengan metode thematic analysis. Hasil penelitian dari tahapan analisis kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa variabel monetary reward dan contest information quality yang termasuk ke dalam central route memengaruhi trust in contest secara signifikan. Kemudian, hasil juga menunjukkan bahwa variabel other freelancers’ endorsement, system quality, dan platform reputation yang termasuk ke dalam peripheral route memengaruhi trust in platform secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan adanya trust transfer antara trust in platform dan trust in contest. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa trust in platform dan trust in contest memengaruhi participation intention secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai kontes pada platform crowdsourcing dan partisipasi freelancer dalam kontes tersebut. Hasil ini juga diharapkan dapat menjadi saran bagi pihak pengembang platform crowdsourcing dan penyelenggara kontes crowdsourcing untuk dapat merancang kontes dengan baik sehingga mendorong partisipasi freelancer.
During the COVID-19, unemployment rates increased due to layoffs carried out by companies, leading many to switch to freelance work. One option for freelancers to earn income is by participating in contests on crowdsourcing platforms. In these contests, participation is crucial for its sustainability. This study aims to identify the factors that influence freelancers’ intention to participate in contests on crowdsourcing platforms. To identify these factors, the study combines the Elaboration Likelihood Model (ELM) and trust transfer theory. Data for this research is obtained from 392 respondents who are freelancers and have either participated in or are interested in participating in contests on crowdsourcing platforms. The data is analyzed quantitatively using the PLS-SEM method and qualitatively using thematic analysis. The results from both the quantitative and qualitative analyses indicate that variables such as monetary reward and contest information quality, which are part of the central route, significantly influence trust in the contest. Additionally, the results show that variables including other freelancers' endorsement, system quality, and platform reputation, which are part of the peripheral route, significantly influence trust in the platform. This study also demonstrates that there is a significant trust transfer between trust in the platform and trust in the contest. Furthermore, trust in the platform and trust in the contest significantly influence participation intention. The findings of this study aim to fill the research gap regarding contests on crowdsourcing platforms and freelancer participation in such contests. These results are also intended to provide recommendations for crowdsourcing platform developers and contest organizers to design contests effectively and encourage freelancer participation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aransandya Pangesthika Arrumy
"Pada masa COVID-19, angka pengangguran meningkat akibat dampak dari PHK yang dilakukan oleh perusahaan sehingga banyak yang beralih menjadi freelancer. Salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan bagi freelancer adalah dengan mengikuti kontes pada platform crowdsourcing. Dalam kontes pada platform crowdsourcing, partisipasi merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan kontes tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat freelancer untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, penelitian ini menggunakan gabungan antara Elaboration Likelihood Model (ELM) dan trust transfer theory. Penelitian ini memperoleh data dari 392 responden yang merupakan freelancer dan pernah dan/atau berminat untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode PLS-SEM dan dianalisis secara kualitatif dengan metode thematic analysis. Hasil penelitian dari tahapan analisis kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa variabel monetary reward dan contest information quality yang termasuk ke dalam central route memengaruhi trust in contest secara signifikan. Kemudian, hasil juga menunjukkan bahwa variabel other freelancers’ endorsement, system quality, dan platform reputation yang termasuk ke dalam peripheral route memengaruhi trust in platform secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan adanya trust transfer antara trust in platform dan trust in contest. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa trust in platform dan trust in contest memengaruhi participation intention secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai kontes pada platform crowdsourcing dan partisipasi freelancer dalam kontes tersebut. Hasil ini juga diharapkan dapat menjadi saran bagi pihak pengembang platform crowdsourcing dan penyelenggara kontes crowdsourcing untuk dapat merancang kontes dengan baik sehingga mendorong partisipasi freelancer.
During the COVID-19, unemployment rates increased due to layoffs carried out by companies, leading many to switch to freelance work. One option for freelancers to earn income is by participating in contests on crowdsourcing platforms. In these contests, participation is crucial for its sustainability. This study aims to identify the factors that influence freelancers’ intention to participate in contests on crowdsourcing platforms. To identify these factors, the study combines the Elaboration Likelihood Model (ELM) and trust transfer theory. Data for this research is obtained from 392 respondents who are freelancers and have either participated in or are interested in participating in contests on crowdsourcing platforms. The data is analyzed quantitatively using the PLS-SEM method and qualitatively using thematic analysis. The results from both the quantitative and qualitative analyses indicate that variables such as monetary reward and contest information quality, which are part of the central route, significantly influence trust in the contest. Additionally, the results show that variables including other freelancers' endorsement, system quality, and platform reputation, which are part of the peripheral route, significantly influence trust in the platform. This study also demonstrates that there is a significant trust transfer between trust in the platform and trust in the contest. Furthermore, trust in the platform and trust in the contest significantly influence participation intention. The findings of this study aim to fill the research gap regarding contests on crowdsourcing platforms and freelancer participation in such contests. These results are also intended to provide recommendations for crowdsourcing platform developers and contest organizers to design contests effectively and encourage freelancer participation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vitria Dwi Astuti
"Studi ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi keputusan berwirausaha perempuan umur produktif 15-64 tahun di Indonesia dengan menggunakan data Susenas 2013. Hasil regresi logit biner menunjukkan bahwa karakteristik individu, yaitu umur, upah, pendidikan, status dalam rumah tangga, status kawin dan status kesehatan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berwirausaha perempuan. Variabel lainnya yang merupakan karakteristik rumah tangga, yaitu keberadaan anak umur 0-6 tahun, keberadaan anak umur 7-14 tahun, keberadaan pembantu rumah tangga, keberadaan anggota rumah tangga dewasa lain, kepemilikan rumah, keberadaan anggota rumah tangga yang menerima kredit usaha dan daerah tempat tinggal juga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berwirausaha perempuan.
This study is aimed to analyze the factors influencing women's decisions to be self-employed in their productive age in Indonesia by using the Susenas 2013. The results of binary logistic regression show that age, wage, education, head of household status, marital status, and health status significantly affect women's decision to be self-employed. Household characteristics variables such as presence of children age 0-6 years, presence of children age 7-14 years, presence of maid(s), other adult household member(s), home ownership, loan recipient status, and area of residence significantly affect women's decisions to be self employment."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Taufan Darmawan
"
Pertumbuhan jumlah investor di pasar modal syariah di Indonesia terus meningkat dari tahun 2015 sampai 2019, khususnya investor di saham syariah. Membuat keputusan investasi didasari oleh keadaan setiap investor, baik rasional maupun irasional aspek. Investor syariah dihadapkan terhadap rasionalitas dan moralitas ketika melakukan investasi pada saham syariah. Penelitian ini bertujuan mencari faktor-faktor yang memengaruhi investment decision investor saham syariah di Indonesia. Penelitian menggunakan kuesioner online dari google formulir untuk pengumpulan data, sehingga didapatkan 108 responden yang mengisi kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS)-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 3.2.8. Hasil dari penelitian ini menunjukan faktor financial literacy, personal value, dan risk aversion memiliki pengaruh positif terhadap investment decision. Sedangkan information asymmetry tidak memiliki pengaruh terhadap investment decision. Hasil lain yang didapatkan dari penelitian ini adalah financial literacy, personal value, information asymmetry tidak memiliki pengaruh terhadap risk aversion.
The development of the number of investor in Islamic Capital Market in Indonesia has increased from 2015 to 2019, especially investors on Islamic stock. Investment decision making is based on the condition of every investor, both rational and irrational aspect. Islamic investor faced with rationality and morality when investing in Islamic stock. This research aims to look for factors that influence investment decisions Islamic stock investors in Indonesia. This research using online questionnaire from Google. The analysis used in this research is Partial Least Square (PLS) SEM with tools SmartPLS version 3.2.8. The results of this research show the factor financial literacy, personal values, and risk aversion influence on investment decision, whereas information asymmetry has no influence on investment decision. Other results from this research are financial literacy, information asymmetry and personal value has no influence on risk aversion.
"
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
I Komang Ananta Aryadinata
"Perdagangan daring menjadi pendorong aktivitas ekonomi dengan adanya peningkatan adopsi penggunaan e-commerce di Indonesia. Fitur dan konten ulasan produk pada e-commerce memberikan kepercayaan bagi calon pembeli untuk melakukan transaksi secara daring setelah membaca testimoni dari pembeli lainnya. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat pengguna dalam menggunakan fitur ulasan produk untuk membantu pengambilan keputusan belanja. Technology acceptance model (TAM) digunakan sebagai model acuan ditambahkan dengan tinjauan pengaruh konten ulasan terhadap niat menggunakan fitur ulasan untuk penyelesaian transaksi. Terdapat enam faktor yang diidentifikasi hubungannya terhadap penggunaan fitur ulasan produk yaitu perceived review usefulness (PUS), perceived review ease of use (PEU), suspicion towards reviewer opinion (SRO), attitude towards website / e-commerce (ATW), attitude towards brand (ATB), dan intention to use review for purchase completion (PUR). Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dengan 369 responden dan diolah menggunakan metode CB-SEM untuk menguji hipotesis dan menentukan hubungan antar faktor-faktor. Hasil penelitian menunjukkan faktor persepsi kemudahan penggunaan (PEU) dan persepsi manfaat (PUS) memengaruhi niat menggunakan fitur ulasan untuk penyelesaian transaksi belanja (PUR). Faktor kecurigaan terhadap konten ulasan (SRO) terbukti memengaruhi sikap pengguna terhadap e-commerce (ATW) dan sikap pengguna terhadap merek barang (ATB) menjadi sikap negatif. Sikap negatif tersebut tidak memengaruhi niat menggunakan fitur ulasan untuk penyelesaian transaksi belanja (PUR) dikarenakan ada justifikasi bahwa konten ulasan yang mencurigakan tidak selalu merepresentasikan pengalaman kolektif dari seluruh pembeli. Penelitian ini memiliki implikasi yang bisa diterapkan bagi e-commerce untuk mendukung proses transaksi yaitu perlu memastikan alur penggunaan fitur yang sederhana dan mudah digunakan bagi pengguna, perlu penjagaan kualitas dan kredibilitas konten yang ditampilkan pada platform e-commerce, dan tindakan kuratif saat ada sikap negatif dari pengguna.
Online commerce has become a driver of economic activity with the increasing adoption of e-commerce in Indonesia. The features and content of product reviews in e-commerce support potential buyers to make online transactions after reading testimonials from other buyers. This research seeks to determine the factors that influence users' intentions to use the product review feature in helping them to make purchase decisions. The technology acceptance model (TAM) is used as a reference model and is supplemented with influence of review content on the intention to use the review feature to complete transactions. There are six factors identified related to the product review feature usage, namely perceived review usefulness (PUS), perceived review ease of use (PEU), suspicion towards reviewer opinion (SRO), attitude towards website / e-commerce (ATW), attitude towards brand (ATB), and intention to use review for purchase completion (PUR). Data was collected through an online questionnaire with 369 respondents and processed using the CB-SEM method to test hypotheses and determine the relationship between factors. The research results show that the perceived ease of use (PEU) and perceived usefulness (PUS) influence the intention to use the review feature to complete purchase transactions (PUR). The suspicion factor towards review content (SRO) is proven to influence users' attitudes towards e-commerce (ATW) and users' attitudes towards product brands (ATB) into negative attitudes. This negative attitude does not affect the purchase completion (PUR) because there is justification that suspicious review content does not always represent the collective experience of all buyers. This research has implications that can be applied to e-commerce to support the transaction process, they are: ensure the flow of the feature is simple and easy to use for users, maintain the quality and credibility of the content displayed on the e-commerce platform, and curative action when there is a negative attitude from users."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas ndonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ikhsan Nurcahya
"Sejak teknologi internet masuk di Indonesia di awal tahun 1990, perkembangan teknologi komunikasi telah mengubah cara bagaimana para pemangku kepentingan berinteraksi dalam organisasi proyek. Penggunaan teknologi komunikasi berbasis komunikasi data telah memudahkan interaksi orang-orang yang terlibat dalam sebuah tim proyek virtual yang cakupan wilayahnya tersebar di lokasi yang berjauhan. Memandang komunikasi sebagai faktor penting dalam kesuksesan sebuah proyek, melalui program Connected Employee perusahaan berupaya menyediakan teknologi yang dapat mendukung komunikasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. Namun teknologi tersebut ternyata belum dimanfaatkan secara optimal oleh penggunanya terbukti dari jumlah pengguna aktif tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu penerimaan pengguna teknologi komunikasi dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dikombinasikan dengan Media Richness Theory (MRT). Responden merupakan manajer dan koordinator proyek memiliki tim virtual. Terdapat 3 variabel yang diuji terhadap 76 responden dan dianalisis dengan metode PLS-SEM. Analisis menunjukkan bahwa faktor persepsi kekayaan media (PMR) berpengaruh pada persepsi kemudahan penggunaan (PEOU) yang berdampak positif pada keinginan/minat menggunakan teknologi komunikasi. Penulis berharap agar hasil penelitian dapat dijadikan acuan dan rekomendasi strategi perusahaan dalam menyusun kebijakan penggunaan teknologi komunikasi sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh karyawan Nokia Indonesia.
Since internet technology entered Indonesia in the early 1990s, the development of communications technology has changed the way in which stakeholders interact within the project organization. The use of data communication-based communications technology has facilitated the interaction of people involved in a virtual project team whose coverage is scattered in remote locations. Viewing communication as an important factor in the success of a project, through the Connected Employee program the company seeks to provide technology that cansupport communication and collaboration among stakeholders. However, the technology has not been exploited optimally by its users as evidenced by the number of active users are not as expected. This research aims to find out user acceptance of communication technology by using Technology Acceptance Model (TAM) combined with Media Richness Theory (MRT). Respondents are managers and project coordinators with virtual teams. There are 3 variables tested against 76 respondents and analyzed by PLS-SEM method. The analysis shows that the perceived media richness (PMR) influence the perceived of ease of use (PEOU) which positively impact on the intention to use communication technology. The author hopes that the results of research can be used as a reference and recommendation of corporate strategy in preparing the policy of the use of communication technology that can benefit to all employees of Nokia Indonesia."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library