Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153586 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raffael Han
"Dalam beberapa tahun terakhir, globalisasi telah menjadi metode yang jauh lebih mudah untuk berkomunikasi dan memperluas jaringan. Corporate Social Responsibility telah menjadi sangat penting. Dalam perspektif investor, CSR ini telah menjadi hal penting untuk dipertimbangkan dalam membuat keputusan investasi. Tesis ini akan membuat beberapa independent t-test analisis dan satu arah analisis Anova untuk menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial perusahaan yang rendah. Analisis ini akan menghasilkan sebuah kesimpulan akan adanya perbedaan yang signifikan antara ROE & ROA yang dipengaruhi oleh CSR di persusahaan. Namun, tidak ada perbedaan yang signifikan pada ratio Sharpe ratio Treynor dalam hubungannya dengan CSR dan  kinerja keuangan di perusahaan. Kesimpulan dari thesis ini adalah para investor harus memperhatikan hubungan CSR dan kinerja keuangan jika merka menitikberatkan pada perhitungan akuntansi. Akan tetapi, jika para investor lebih menitikberatkan pada perhitungan market-based untuk keputusan berinvestasi, maka CSR tidak perlu menjadi salah satu komponen penting yang mempengaruhi keputusan berinvestasi dari investor. 

In the recent years, where globalization has taken into place for a far greater easier method of communications and networking, Corporate Social Responsibility has been ever so critically important. In the investors’ perspective, this topic has been a conundrum to take Corporate Social Responsibility into account in making investing decisions or not. This thesis will make several independent t-test analyses and One-way ANOVA analysis to find if there is a significant difference in high performing corporate social responsibility versus those companies that are low performing corporate social responsibility. The analyses will also attempt to find correlation by performing post-hoc analyses. The analyses will come to a conclusion about the significant difference in ROE and ROA due to the impact of CSR in companies; however, there are no significant differences in Sharpe ratio and Treynor ratio in relation to CSR and financial performance in companies. The conclusions of the thesis are that investors will have to take into account about relations of CSR to financial performance if they put emphasis in accounting measures; however, if an investor puts more emphasis on market-based measure for their investing decisions, then CSR should not be one of the key components to affect the investing decisions of an investor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tara Basana Melati
"This study aims to analyze the impact of corporate social responsibility on the banks' financial performance, financial inclusion, and financial stability. The study consists of 33 Indonesian banks listed in Indonesia Stock Exchange in the period of 2015-2019. The regression method being used is panel data regression. This study finds, first, corporate social responsibility has a positive and significant effect on Indonesian banks’ financial performances with ROA, ROE, and EPS proxies, while there is not enough evidence that CSR affects NIM. Second, this study finds that corporate social responsibility has a significant and positive effect on Indonesian banks’ financial inclusion as indicated by an increase in the number of branch offices and banks’ ATMs along with an increase in CSR actual costs incurred by companies. Last, this study finds that corporate social responsibility has significant positive effect on the financial stability of banks in Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan, inklusi keuangan, dan stabilitas keuangan perusahaan perbankan. Penelitian menggunakan sampel dari 33 perusahaan perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi data panel. Penelitian ini menemukan bahwa, pertama, corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan bank di Indonesia dengan proksi ROA, ROE, dan EPS sedangkan tidak terdapat cukup bukti bahwa CSR mempengaruhi NIM. Kedua, penelititan ini juga menemukan bahwa corporate social responsibility secara signifikan berpengaruh positif pada inklusi keuangan bank di Indonesia yang ditunjukan dengan peningkatan pada jumlah kantor cabang dan jumlah ATM bank di Indonesia seiring dengan peningkatan pada biaya CSR yang dikeluarkan perusahaan. Terakhir, ditemukan bahwa corporate social responsibility secara signifikan memberikan pengaruh positif pada stabilitas keuangan bank di Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiffany
"Penelitian ini menganalisis pengaruh CSR terhadap efisiensi investasi pada 33 perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2008 sampai 2018 dengan metode analisis regresi panel data. Penelitian ini menemukan bahwa CSR berpengaruh negatif signifikan terhadap inefisiensi investasi. Namun, pengaruh CSR terhadap efisiensi investasi lebih signifikan pada perusahaan yang mengalami underinvestment. Pada kasus overinvestment, kinerja CSR tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengurangi kelebihan investasi. Dimensi CSR yang berpengaruh negatif signifikan terhadap inefisiensi investasi adalah dimensi yang berkaitan dengan komunitas lokal/masyarakat, hak asasi manusia dan karyawan.

This research analyzes the effects of CSR on investment efficiency among 33 non-financial companies listed in the Indonesia Stock Exchange (IDX) over 2008 to 2018 period using unbalanced panel data regression. This research finds that CSR performance had a negative impact on investment inefficiency. The effect of CSR on investment efficiency is more significant among underinvestment companies. In the case of overinvestment, CSR performance has no significant impact on eliminating excess investment. This research also finds that CSR dimension that is significantly related to lower investment inefficiency is CSR that is associated with local communities/society, human rights and employee."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hafizh Ridha
"Tanggung jawab perusahaan tidak hanya keuangan, namun juga non-keuangan. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan adalah sebuah strategi dalam penyampaian informasi non-keuangan yang dibutuhkan oleh investor untuk keputusan berinvestasi, lebih lanjut dapat memperluas perspektif investor terhadap nilai perusahaan yang dikenal dengan istilah pengakuan investor. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan bukti empiris terkait pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada nilai perusahaan dengan pengakuan investor sebagai variabel mediasi. Data yang digunakan adalah 213 perusahaan US yang terdaftar di indeks S&P 500 selama periode 2013-2018. Menggunakan regresi Ordinary Least Square (OLS), hasil menunjukan bahwa (1) Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh positif pada pengakuan investor, (2) Pengakuan investor secara negatif mempengaruhi nilai perusahaan, dan (3) Pengakuan investor tidak memediasi hubungan antara pengungkapan tanggung jawab sosial dan nilai perusahaan. 

The firm's responsibility is not only financial but also non-financial. Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure is an important strategy as a presentation of the nonfinancial information needed by investors as an information to invest, thus expanding the investors perspective in firm value known as investor recognition. This study aims to provide empirical evidence regarding the effect of CSR disclosure on firm value with investor recognition as a mediating variable. The data used are 213 U.S. listed firms in the S&P 500 index during the period 2013-2018. Using Ordinary Least Square (OLS) Regression, the results indicated that (1) CSR disclosure has positive effect on investor recognition, (2) investor recognition negatively influences firm value, and (3) investor recognition does not mediate the relationship between CSR disclosure and firm value."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Gilang Adzkia Akbar
"ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk melihat adakah hubungan positif antara tingkat paparan media yang diterima oleh perusahaan di bidang industri tertentu dengan tingkat Kinerja Sosial Perusahaan (CSP). Paparan media terhadap jenis industri dibagi menjadi tiga kategori: rendah, sedang dantinggi, dilihat dari dimensi (1) visibilitas konsumen dan risiko peraturan dan (2) interaksi industri dengan lingkungan. Variabel independen studi ini adalah tingkat paparan media yang diterima perusahaan-perusahaan di industri tertentu, sedangkan variabel dependennya adalah tingkat CSP. Hasil analisis regresi terhadap kedua variabel tersebut mengkonfirmasi bahwa perusahaan yang tergolong dalam industri dengan paparan media yang tinggi memiliki tingkat CSP yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan dari jenis industri dengan paparan media sedang dan rendah. Studi ini secara kuantitatif memperkuat teori Institusional dan Legitimasi serta sejalan dengan hasil dari studi-studi sebelumnya. Studi ini juga mengembangkan tipe klasifikasi industri berdasarkan tingkat paparan media yang diterimanya. Pelajaran yang dapat diambil adalah: (1) meningkatkan kesadaran bahwa CSP dapat dijadikan sebuah strategi untuk bertahan dari paparan media, (2) memahami penggunaan tipologi klasifikasi industri untuk meramalkan risiko paparan media, dan (3) membuat industri sadar bahwa publik semakin memahami CSP tidak hanya dilakukan untuk kepentingan altruistik saja, sehingga diperlukan upaya menghindari sikap skeptis terhadap motif perusahaan melakukan tanggung jawab sosialnya.

This study has attempted to answer whether the level of media exposure the industry a firm operates in gets, has a positive relationship with the level of Corporate Social Performance (CSP) they conduct. Industries were categorized as either high, medium, or low-profile based on the dimensions of (1) consumer visibility and regulatory risk and (2) interaction with the environment, as brought up in previous studies. A regression analysis was then conducted with industry media exposure as the independent variable and CSP, measured by a companys Equal-Weighted Rating, as the dependent variable. The results confirm the hypothesis that firms in high-exposure industries have higher CSP than those in medium and low-exposure industries. The study adds a layer of quantitative proof to institutional and legitimacy theory, strengthens arguments made by previous literature, and contributes a new typology to categorize industries based on media exposure. From this, managers are advised several takeaways: (1) realize the common usage of CSP as a defensive strategy, (2) understand the possible use of the typology to predict media risk, and (3) realize that the public is increasingly realizing that CSP is not always used for altruistic reasons, thus effort must be done to avoid skepticism of motives.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Irena Ganesha
"Tesis ini membahas perubahan atas pengelolaan pemangku kepentingan dikarenakan adanya tekanan dampak sosial perusahaan. Teori yang menjadi landasan penelitian ini ialah teori pemangku kepentingan dimana teori ini menyatakan bahwa perusahaan juga harus berorientasi pada kepentingan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan data primer dan sekunder yang pada akhirnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini mnenyatakan bahwa adanya dampak sosial perusahaan secara signifikan mengubah pengelolaan pemangku kepentingan yang pada akhirnya memberikan dampak positif bagi perusahaan.

The focus of this thesis is the changes in stakeholder management due to pressures on corporate social issues. The basis theory of this research is stakeholder theory which states that companies must also be oriented towards social interests. This research is a case study research using primary and secondary data which is finally analyzed using qualitative analysis. The results of this study indicates that the existence of corporate social issues significantly changes the stakeholder management in a company, which gives the positive impact to the company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farrell Hafizh Fathana Pribadi
"Tumbuhnya tren green consumerism di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia yang mempengaruhi lintas generasi, baik dari generasi X, Y hingga Z mendorong semakin banyak perusahaan untuk mempertimbangkan aspek sustainability ke dalam aktivitas perusahaan. Melihat besarnya peran sustainability dalam meningkatkan brand loyalty dan brand reputation dari green consumers perusahaan mulai melakukan inisiatif strategi dengan aktivitas perusahaan seperti program tanggung jawab sosial perusahaan dan pemasaran hijau. Penelitian ini berfokus untuk melihat pengaruh dari tanggung jawab sosial perusahaan dan pemasaran hijau perusahaan terhadap brand loyalty konsumen dan brand reputation perusahaan. Melalui pengolahan data dengan metode PLS-SEM menggunakan software SmartPLS v3, peneliti menemukan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan dan green marketing memiliki pengaruh yang positif terhadap brand loyalty dan brand reputation dimana hampir seluruh hipotesis penelitian yang berjumlah 16 terbukti memiliki pengaruh signifikan sebesar dan hanya 1 hipotesis yang terbukti tidak memiliki pengaruh signifikan, yaitu antara green marketing dan brand image. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa variabel customer satisfaction memiliki nilai pengaruh terbesar kepada brand loyalty dan brand reputation dengan nilai masing-masing sebesar 0.311 dan 0.318. Dimana brand image memiliki pengaruh paling besar terhadap customer satisfaction. Oleh karena itu, peneliti menyarankan untuk memperhatikan aspek brand image melalui peningkatan sosialisasi program tanggung jawab sosial perusahaan dan pemasaran hijau terutama dalam bentuk produk ramah lingkungan agar dapat meningkatkan kepuasaan konsumen terhadap produk dan perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas konsumen dan reputasi perusahaan secara positif.

The growth of green consumerism trends in various parts of the world, including Indonesia, has influenced different generations, ranging from Generation X,Y, to Z, and has prompted more companies to consider sustainability aspects in their business activities. Recognizing the significant role of sustainability in enhancing brand loyalty and brand reputation amongst green consumers, companies have begun to initiate strategies such as corporate social responsibility programs and green marketing activities. This study focuses on examining the influence of corporate social responsibility and green marketing on consumer brand loyalty and corporate brand reputation. Data processing was done using the PLS-SEM method with the SmartPLS v3 as the statistical software. Researcher found that corporate social responsibility and green marketing have a positive influence on brand loyalty and brand reputation, with almost all 16-research hypothesis showing significant effects, except for one hypothesis, which is the relationship between green marketing and brand image. Additionally, the researchers discovered that customer satisfaction has the highest influence on brand loyalty and brand reputation, with a respective values of 0.311 and 0.318. Brand image, in turn has the greatest impact on customer satisfaction. Therefore, the researchers suggest paying attention to brand image by promoting corporate social responsibility programs and green marketing, especially through environmentally friendly products, to enhance consumer satisfaction with both the products and the company, ultimately leading to increased consumer loyalty and positive company reputation"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2203
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andita Emirania Husain
"Skripsi ini membahas perkembangan konsep, regulasi, dan pelaksanaan regulasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia dan Belanda. Aspek-aspek tersebut akan dianalisa sebagai studi perbandingan regulasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di kedua negara tersebut. Di akhir skripsi ada kesimpulan-kesimpulan dari analisa tersebut, yang akan menyebutkan kesamaan dan perbedaan dari regulasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia dan Belanda, serta rekomendasi untuk kedua Negara tersebut.

This undergraduate thesis discusses the development of the concept of Corporate Social Responsibility, the regulations of Corporate Social Responsibility, and also the enforcement of said regulations of Corporate Social Responsibility in Indonesia and the Netherlands. The aforementioned aspects will then be analyzed as a comparative study of the regulations on Corporate Social Responsibility of both countries. At the end of this thesis are the conclusions of the analysis, which state the similarities and differences of the regulations on Corporate Social Responsibility of the countries, and suggestions for Indonesia rsquo s regulations in the future.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irena Ganesha
"Penelitian ini membahas perubahan atas pengelolaan pemangku kepentingan dikarenakan adanya tekanan dampak sosial perusahaan. Teori yang menjadi landasan penelitian ini ialah teori pemangku kepentingan dimana teori ini menyatakan bahwa perusahaan juga harus berorientasi pada kepentingan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan data primer dan sekunder yang pada akhirnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini mnenyatakan bahwa adanya dampak sosial perusahaan secara signifikan mengubah pengelolaan pemangku kepentingan yang pada akhirnya memberikan dampak positif bagi perusahaan.

The focus of this research is the changes in stakeholder management due to pressures on corporate social issues. The basis theory of this research is stakeholder theory which states that companies must also be oriented towards social interests. This research is a case study research using primary and secondary data which is finally analyzed using qualitative analysis. The results of this study indicate that the existence of corporate social issues significantly changes the stakeholder management in a company, which gives the positive impact to the company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Firdaus Bandu
"

 

Tanggung jawab sosial perusahaan telah menjadi elemen penting bagi perusahaan terkait employer branding. Dampak dari employer branding (EB) perusahaan bergantung pada bagaimana penerima informasi menafsirkan pesan atau impresi yang perusahaan lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap generasi millennial sebagai pencari kerja terkait kegiatan CSR terhadap daya tarik organisasi berbasis CSR. Peneliti melakukan studi empiris di Indonesia, mengumpulkan data dari sampel millennials yang berasal dari tiga universitas ternama. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS, kemudian di analisis menggunakan model regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap generasi millennial terkait Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh terhadap Employer Attractiveness berbasis Corporate Social Responsibility.


 

Corporate social responsibility has become an important element for companies related to employer branding. The impact of a company's employer branding depends on how the recipient of the information interprets the message or impression from the company. The aim of this research is to examine how millennial job seekers’ attitudes toward CSR influence CSR-based employer attractiveness (EA). This research conducted an empirical study in Indonesia, collecting data from Millennials who came from the top three universities. The data processed using SPSS, then analyzed using regression model. The results indicates that the attitude of the millennial generation has an impact on CSR-based employer attractiveness.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia , 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>