Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138048 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ginsi Trianesti
"
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi UTAUT2 dan Hedonic Motivation, Price Value dan Perceived Risk berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap use intention pada pengguna QRIS. Desain survei digunakan untuk menguji 4 hipotesis penelitian yaitu pengaruh interactivity terhadap konstruk UTAUT2 dan habit, Pengaruh intelligent terhadap konstruk UTAUT2 dan Habit, Pengaruh convenience terhadap konstruk UTAUT2 dan habit, Pengaruh konstruk UTAUT2 dan Hedonic Motivation, Price Value dan Perceived Risk terhadap use intention. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, data dikumpulkan dari 324 responden yang belum pernah menggunakan QRIS. Selanjutnya, model penelitian dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil pengolahan data memperlihatkan 4 hipotesis signifikan. Terbukti bahwa interactivity memiliki dampak langsung terhadap konstruk UTAUT2 dan habit. Intelligent terbukti memiliki dampak langsung terhadap konstruk UTAUT2 dan habit. Convenience terbukti memiliki dampak langsung terhadap konstruk UTAUT2 dan habit. Selanjutnya UTAUT2 dan Hedonic Motivation, Price Value dan Perceived Risk terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap use intention produk QRIS. Dengan demikian, hasil ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan dan pemasaran produk QRIS, menyoroti pentingnya memperhatikan faktor-faktor seperti performance expectancy, effort expectancy, subjective norms, facilitating conditions, habit, hedonic motivation, price value, dan perceived risk dalam merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan adopsi dan penggunaan QRIS. Selain itu, fitur-fitur seperti interaktivitas, kecerdasan, dan kenyamanan juga dapat dianggap sebagai faktor penting yang berkontribusi pada peningkatan penerimaan dan penggunaan QRIS.

The aim of this research is to identify UTAUT2 and Hedonic Motivation, Price Value and Perceived Risk which have a direct and indirect influence on use intention of QRIS users. A survey design was used to test 4 research hypotheses, namely the influence of interactivity on the UTAUT2 construct and habit, the influence of intelligence on the UTAUT2 and Habit constructs, the influence of convenience on the UTAUT2 construct and habit, the influence of the UTAUT2 construct and Hedonic Motivation, Price Value and Perceived Risk on use intention. Using purposive sampling techniques, data was collected from 324 respondents who had never used QRIS. Next, the research model was analyzed using PLS-SEM. The results of data processing show 4 significant hypotheses. It is proven that interactivity has a direct impact on the UTAUT2 construct and habit. Intelligent is proven to have a direct impact on the UTAUT2 construct and habits. Convenience is proven to have a direct impact on the UTAUT2 construct and habit. Furthermore, UTAUT2 and Hedonic Motivation, Price Value and Perceived Risk were proven to have a positive and significant effect on use intention for QRIS products. Thus, these results provide important insights for the development and marketing of QRIS products, highlighting the importance of paying attention to factors such as performance expectancy, effort expectancy, subjective norms, facilitating conditions, habit, hedonic motivation, price value, and perceived risk in designing effective strategies to increase the adoption and use of QRIS. Additionally, features such as interactivity, intelligence, and convenience can also be considered important factors contributing to the increased acceptance and use of QRIS
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Achelya Febrianti
"Covid-19 telah mendorong digitalisasi di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Digitalisasi tidak hanya mendisrupsi interaksi manusia tetapi juga banyak bentuk layanan, termasuk kesehatan. Digitalisasi dalam sektor kesehatan telah mengembangkan telemedisin – suatu sistem digital yang menyediakan banyak bentuk layanan seperti konsultasi dengan professional dalam bidang kesehatan dari jarak jauh. Layanan telemedisin telah bertumbuh di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, walaupun Indonesia masih menghadapi sistem layanan kesehatan yang kurang memadai. Oleh karena itu, penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi behavioral intention to use layanan telemedisin pada orang-orang di Indonesia dengan menggunakan model UTAUT-3 yang dimodifikasi. Sebanyak 350 responden menjawab formulir kuesioner. Hasil dari metode PLS-SEM menunjukkan bahwa social influence, facilitating conditions, price value, habit, dan personal innovativeness memiliki pengaruh secara positif terhadap behavioral intention to use layanan telemedisin. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa durasi penggunaan di atas dua tahun memoderasi hubungan antara social influence dan behavioral intention to use. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi acuan yang bermanfaat bagi perumus kebijakan, peneliti, serta industri telemedisin dalam mengimplementasi dan mempromosikan penggunaan telemedisin, khususnya di negara-negara berkembang.

Covid-19 has prompted digitalization in many aspects of people’s lives. Digitalization not only disrupts human interaction but also many forms of services, including health. Digitalization in the health sector has been developing telemedicine – a digital system that provides many form of services such as consultation with medical professionals from afar. Telemedicine services have been growing in Indonesia these late years, although Indonesia still deals with an inadequate healthcare system. Therefore, this study examines factors influencing behavioral intention to use telemedicine services on Indonesians by using a modified UTAUT-3 model. A total of 350 participants answered the questionnaire form. The result of the PLS-SEM method reveals that social influence, facilitating conditions, price value, habit, and personal innovativeness positively influences behavioral intention to use telemedicine services. The study also found that the duration of use above two years moderate the relationship between social influences and behavioral intention to use. The research implication will be beneficial for the policymakers, researchers, as well as telemedicine industry in implementing and promoting telemedicine usage, especially in the developing countries."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Rahma Haninda
"ABSTRAK
Kredibilitas aplikasi mobile menjadi semakin penting seiring dengan banyaknya proses komunikasi, layanan, perdagangan, dan kepentingan personal dilakukan secara online. Akses yang luas dan banyaknya sumber yang memastikan ketersediaan informasi secara luas juga membuat penilaian kredibilitas menjadi sangat kompleks. Ketika pengguna tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menilai informasi yang diberikan mereka dapat bergantung pada bintang / rating sebagai isyarat. Pengguna juga mungkin cenderung lebih suka menilai aplikasi berdasarkan ulasan daripada langsung mengevaluasi kualitasnya. Menggunakan LINE Webtoon sebagai objek penelitian, aplikasi mobile ini menawarkan lebih dari 200 judul komik online yang diterbitkan gratis setiap harinya. LINE Webtoon telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna, memiliki lencana bintang 4.5 dan direview oleh 931.354 pengguna di Google Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengguna tahu apa yang mereka ketahui dengan memeriksa peran penilaian kredibilitas dalam perilaku informasi online pengguna. Penelitian ini menganalisis penilaian kredibilitas pengguna pada aplikasi seluler berdasarkan teori Prominence Interpretation Theory PIT oleh B.J. Fogg dan Information Foraging Theory oleh Pirolli and Card. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran berurutan, metode kuantitatif berdasarkan eksperimen kuasi yang diikuti dengan metode kualitatif menggunakan wawancara mendalam. Hasilnya menunjukkan bahwa bintang star/rating menjadi variabel independen bagi variabel kualitas informasi, sedangkan variabel interpretasi menjadi perantara terhadap korelasi antara bintang dengan kualitas informasi. Penilaian kredibilitas tetap memiliki peran namun tidak terlalu banyak porsinya untuk membangun perilaku informasi online pada pengguna aplikasi LINE Webtoon.

ABSTRACT
The credibility of mobile applications apps has become increasingly important because communication processes, services, commerce, and personal data are all online. Wide scale access and the multiplicity of sources that ensure widespread information availability also make assessing credibility extremely complex. When users do not have sufficient knowledge to judge the given information they may rely on the star rating as a cue. They also may prefer to rate the app based on the review rather than directly evaluate its quality. Using LINE Webtoon as the research rsquo s object, this mobile app offers over 200 online comics updated daily for free. LINE Webtoon has been downloaded by more than 10 million users, get 4.5 stars for rating, and has been reviewed by 931,354 users in the Google Play Store. This research aims to understand how users know what they know by examining the role of credibility assessment in users rsquo online information behavior. This research analyzes the user rsquo s credibility assessment of mobile apps based on Fogg rsquo s prominence interpretation theory PIT and users rsquo information behavior based on Pirolli and Card rsquo s information foraging theory. This research using a sequential mixed methods approach, quantitative based on quasi experiment following by qualitative in depth interview. The results show that star rating being the independent variable for information quality, meanwhile interpretation being the moderating variable for the quality information. The credibility assessment still has a role but not too much for online information behavior construct in LINE Webtoon app user context."
2018
T50216
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fauzan
"Skripsi ini membahas tentang proses adopsi aplikasi Depok Single Window di masyarakat Kota Depok. Proses adopsi digambarkan dengan pemodelan dengan metode sistem dinamis. Model yang digunakan dalam metode sistem dinamis dalam penelitian ini adalah model difusi bass. Data yang digunakan dalam model adalah data kualitatif yang diperoleh dari data primer melalui kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil simulasi model pada penelitian ini memprediksi jumlah pengguna aplikasi Depok Single Window dalam lima tahun ke depan. Penelitian ini menghasilkan suatu analisis yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok dalam mengambil keputusan dalam pembangunan aplikasi Depok Single Window khususnya dari segi jumlah pengguna.

This thesis discusses the adoption process of the Depok Single Window application within the Depok City community. The adoption process is described by modeling with the dynamic system method. The model used in the dynamic system method in this study is the bass diffusion model. The data used in the model is qualitative data derived from primary data through questionnaires and secondary data obtained from various sources. The results of the model simulation in this study predict the number of users of the Depok Single Window application in the next five years. This research produces an analysis that can be used as a basis for decision making for the Depok City Communication and Information Office in making decisions in the development of the Depok Single Window application, especially in terms of the number of users.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinta Damayanti
"[ABSTRAK
Perkembangan penggunaan telepon selular atau perangkat mobile telah membuat
banyak inovasi yang memanfaatkan fenomena tersebut. PT. KAI pada 4
September 2014 memperkenalkan inovasi mereka di bidang teknologi yaitu
pembelian tiket melalui aplikasi mobile yaitu KAI Access. KAI Access telah
secara aktif digunakan oleh 250.000 orang. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui hubungan karakteristik inovasi terhadap tahap konfirmasi dalam
proses adopsi inovasi sehingga pengguna aplikasi KAI Access tersebut
memutuskan untuk melanjutkan penggunaan ataupun menghentikan adopsinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk
mengetahui persepsi yang dirasakan pengguna dalam mengadopsi inovasi KAI
Access tersebut. Dari hasil penelitian, karakteristik inovasi masih memiliki
hubungan yang kuat dan signifikan terhadap pengguna KAI Access dalam
memutuskan untuk melanjutkan atau menghentikan penggunaan walaupun tidak
seluruh karakteristik tersebut memiliki hubungan yang kuat. Dimensi keuntungan
relatif dan kompleksitas adalah karakteristik yang memiliki hubungan kuat dan
signifikan terhadap keputusan melanjutkan atau menghentikan adopsi.

ABSTRACT
The development of the mobile phone or mobile device usage has made many
innovations that take advantages from this phenomenon. On 4 September 2014,
PT. KAI introduced a new innovation on online ticket purchasing through a
mobile application called KAI Access. Since its introduction, the application has
been actively used by around 250,000 users. This study was carried out to
examine the relationship of innovation characteristics up to the confirmation
stage within the innovation adoption process, and the decision made by users to
continue or discontinue using the application. A quantitative study was employed,
by using web-based survey to the population of users provided by PT. KAI. The
study finds that characteristics of innovation still become strong and significant
factors which determine users' decision to continue/discontinue using the
application, though not all characteristics have similar influence. Among the
significant factors, relative advantage and complexity dimensions are the
strongest and most significant factors determining users' decision to continue the
adoption., The development of the mobile phone or mobile device usage has made many
innovations that take advantages from this phenomenon. On 4 September 2014,
PT. KAI introduced a new innovation on online ticket purchasing through a
mobile application called KAI Access. Since its introduction, the application has
been actively used by around 250,000 users. This study was carried out to
examine the relationship of innovation characteristics up to the confirmation
stage within the innovation adoption process, and the decision made by users to
continue or discontinue using the application. A quantitative study was employed,
by using web-based survey to the population of users provided by PT. KAI. The
study finds that characteristics of innovation still become strong and significant
factors which determine users' decision to continue/discontinue using the
application, though not all characteristics have similar influence. Among the
significant factors, relative advantage and complexity dimensions are the
strongest and most significant factors determining users' decision to continue the
adoption.]"
2015
T43763
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shannia Dwi Melianti
"Aplikasi kencan online semakin popular dan diterima oleh masyarakat untuk bertemu dengan orang lain secara daring. Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai aktivitas dilakukan secara online, termasuk kebutuhan mencari pasangan yang berdampak pada melonjaknya penggunaan aplikasi kencan online. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor – faktor yang berpengaruh terhadap niat penggunaan aplikasi kencan online. Penelitian ini menggunakan teori trust transfer dalam menganalisis niat penggunaan aplikasi kencan online. Penelitian ini melibatkan 539 responden valid dan menggunakan PLS-SEM dengan SMARTPLS 3.0 sebagai metode analisis data. Penelitian ini menunjukan bahwa social influence dan ODA service quality (interactivity, user interface design, personalization, privacy) berpengaruh terhadap trust to people in internet, trust to ODA services, dan trust to selected daters. Kemudian, trust to people in internet berpengaruh kepada trust to ODA service dan trust to ODA service berpengaruh kepada trust to selected daters. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa social influence, trust to ODA services, dan trust to selected daters berpengaruh kepada intention to use. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa masculinity/femininity memoderasi hubungan antara ODA service quality dengan intention to use. Penelitian ini memperkaya penelitian sebelumnya untuk menganalisis faktor – faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi kencan online dengan teori trust transfer dan moderasi menggunakan teori dimensi kultural Hofstede.

Online dating applications are increasingly popular and accepted by the public to meet other people online. The COVID-19 pandemic has caused various activities to be carried out online, including the need to find a partner which has an impact on the increasing use of online dating applications. This study aims to explore the factors that influence the intention to use online dating applications. This study uses the trust transfer theory in analyzing the intention to use in online dating applications. This study involved 539 valid respondents and used PLS-SEM with SMARTPLS 3.0 as the data analysis method. This study shows that social influence and ODA service quality (interactivity, user interface design, personalization, privacy) affect trust to people on the internet, trust to ODA services, and trust to selected daters. Then, trust to people on the internet affects trust to ODA service and trust to ODA service affects trust to selected daters. In addition, this study also shows that social influence, trust to ODA services, and trust to selected daters affect intention to use. This study also reveals that masculinity/femininity moderates the relationship between ODA service quality and intention to use. This study enriches previous research to analyze the factors that influence the intention to use online dating applications with trust transfer theory and moderation using Hofstede's cultural dimension theory."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feri Firmansyah
"Location-based emergency service atau layanan darurat berbasis lokasi merupakan suatu layanan yang mampu mengirimkan informasi darurat, termasuk informasi lokasi, kepada kerabat terdekat ketika dalam situasi darurat. Walaupun jenis aplikasi ini dapat memberikan manfaat dalam menjaga keamanan pribadi, tetapi tingkat penerimaan jika dilihat dari pengetahuan faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan untuk menggunakan jenis aplikasi tersebut masih minim. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan aplikasi mobile berbasis lokasi dalam keadaan darurat. The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology UTAUT digunakan sebagai teori dasar dengan menambahkan variabel kepercayaan trust, isu privasi privacy concern dan ketakutan akan tindak kriminalitas fear of crime.
Objek penelitian yang dijadikan sebagai studi kasus adalah aplikasi X-Igent Panic Button. Diantaranya terkumpul 348 data responden sebagai sampel penelitian ini. Data dianalisis dengan menggunakan metode structural equation modelling SEM berbasis kovariansi dengan bantuan tools AMOS 22.0. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan aplikasi mobile berbasis lokasi adalah ekspektasi kinerja performance expectancy, kepercayaan trust terhadap layanan atau penyedia layanan, pengaruh sosial social influence, ketakutan terhadap tindak kriminal fear of crime dan isu privasi terhadap pengumpulan informasi privacy concern collection. Faktor-faktor tersebut menjadi prediktor dari minat behavioural intention dengan menjelaskan sekitar 60,5 dari total variasi. Selain itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa kepercayaan trust terhadap layanan atau penyedia layanan memiliki pengaruh positif paling besar terhadap minat dalam menggunakan aplikasi mobile berbasis lokasi dalam keadaan darurat."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Edo Junyet
"Pandemi COVID-19 telah berperan menjadi faktor dalam mengubah kebiasaan pembelian tiket di seluruh dunia, dari konvensional ke mobile application pembelian tiket bioskop. Hal ini juga berlaku pada tiket bioskop untuk menonton film di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Platform pembelian tiket digital yang ada saat ini, menawarkan berbagai macam kemudahan kepada pembeli. Meskipun demikian, masih cukup banyak pembeli yang masih bertahan untuk membeli tiket secara konvensional. Masih rendahnya nilai konversi ini, menunjukkan adanya faktor penghambat dalam adopsi teknologi pembelian tiket yang lebih modern. Berdasarkan isu tersebut, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memberikan pengaruh terhadap keputusan masyarakat Indonesia dalam memilih layanan mobile application untuk membeli tiket bioskop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Push-Pull-Mooring (PPM). Data kuantitatif yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah 520 responden yang mengisi kuesioner dan 30 narasumber sebagai sumber data kualitatif. Data kuantitatif yang diolah menggunakan metode PLS-SEM, dan data kualitataif diolah dengan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, push factor, pull factor, dan mooring factor berpengaruh terhadap switching intention ke mobile application pembelian tiket bioskop. Manfaat penelitian ini adalah untuk menjadi referensi penelitian selanjutnya, dan referensi untuk pihak pengembang aplikasi mobile tiket bioskop dalam meningkatkan layanan pembelian tiket bioskop.

The COVID-19 pandemic has played a role in changing ticket purchasing habits worldwide, shifting from conventional methods to mobile applications for buying cinema tickets. This trend is also evident in cinema ticket purchases globally, including in Indonesia. The current digital ticket purchasing platforms offer various conveniences to buyers. However, there is still a significant number of buyers who continue to prefer purchasing tickets through conventional means. The low conversion rate indicates the presence of inhibiting factors in the adoption of more modern ticket purchasing technology. Based on these issues, the author conducted research to identify the factors influencing the decision of Indonesian society in choosing mobile applications for buying cinema tickets. The theoretical framework used in this research is the Push-Pull-Mooring (PPM) model. Quantitative data collected for this study involved 520 respondents who completed a questionnaire, and qualitative data were obtained from 30 informants through content analysis. The quantitative data were analyzed using the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method, while qualitative data were processed using content analysis. The results of this research indicate that push factors, pull factors, and mooring factors influence the switching intention to use mobile applications for purchasing cinema tickets. The benefits of this research include serving as a reference for future studies and as a guide for developers of mobile cinema ticket applications in enhancing cinema ticket purchasing services."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anella Prisdayanti Damanik
"Aplikasi MuTrans yang diluncurkan pada Oktober 2020 oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tebing Tinggi merupakan salah satu wujud dari pemanfaatan teknologi digital untuk membantu memulihkan perekonomian di Kota Tebing Tinggi, khususnya bagi para penyedia jasa transportasi becak motor dan pelaku UMKM di Kota Tebing Tinggi. Selain itu, peluncuran aplikasi ini juga sebagai salah satu bentuk pewujudan misi Diskominfo untuk menjadikan Kota Tebing Tinggi menjadi Smart City dengan memanfaatkan sumber daya berbasis kearifan lokal. Namun, hingga Januari 2022 jumlah pengguna aplikasi MuTrans hanya 1.897 pengguna dan tidak memenuhi target awal pengguna yang ditetapkan oleh Diskominfo. Rendahnya jumlah pengguna aplikasi MuTrans menunjukkan kurangnya penerimaan masyarakat terhadap aplikasi MuTrans yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota melalui Diskominfo. Berdasarkan hal tersebut, digunakan kerangka kerja Push Pull Mooring (PPM) yang membentuk model penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat pengguna untuk beralih dari menggunakan layanan becak motor secara konvensional ke layanan aplikasi MuTrans. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik CB-SEM dengan alat bantu AMOS 21 pada 214 data yang berhasil dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner online. Dari 10 hipotesis yang diuji dalam penelitian ini, sebanyak 6 hipotesis diterima dan 4 hipotesis ditolak. Faktor – faktor yang memengaruhi niat pengguna untuk beralih menggunakan aplikasi MuTrans yaitu Perceived Seacrh Effort, Subjective Norm, dan Perceived Ease of Use. System Quality diketahui menjadi faktor yang memengaruhi pengguna secara tidak langsung. Berdasarkan faktor-faktor tersebut juga dihasilkan rekomendasi praktis yang dapat digunakan oleh Diskominfo sebagai acuan dalam pengembangan aplikasi MuTrans ke depannya.

The MuTrans application which was launched in October 2020 by the Tebing Tinggi City Government through the Tebing Tinggi City Communications and Information Office (Diskominfo) is a manifestation of the use of digital technology to assist economic discovery in Tebing Tinggi City, especially for motorcycle rickshaw service providers and actors MSMEs in Tebing Tinggi City. In addition, the launch of this application is also a realization of Diskominfo's mission to turn Tebing Tinggi City into a Smart City by utilizing local wisdom-based resources. However, until January 2022 the number of users of the MuTrans application was only 1,897 users and did not meet the initial user target set by Diskominfo. The low number of users of the MuTrans application shows the lack of public acceptance of the MuTrans application launched by the City Government through Diskominfo. Based on this, the Push Pull Mooring (PPM) framework is used which forms a research model to determine the factors that influence users' intentions to switch from using conventional motorized tricycles to MuTrans application services. Data processing was carried out using the CB-SEM technique with the AMOS 21 tool on 214 data that had been collected using an online questionnaire. Of the 10 hypotheses tested in this study, 6 were accepted and 4 were rejected. – the factors that influence the user's intention to switch to using the MuTrans application are Perceived Search Effort, Subjective Norm, and Perceived Ease of Use. System quality is known to be a factor that affects users indirectly. Based on these factors, recommendations were also produced that could be used by Diskominfo as a reference in developing the MuTrans application."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
M. Shofwan Amrullah
"PT Traveloka Indonesia adalah salah satu OTA (Agent) terbesar se-Asia Tenggara, yang mengedepankan kepuasan pelanggan sebagai keunggulan kompetitif perusahaan. Namun saat ini, terdapat penurunan tingkat kepuasan pelanggan, dan juga terjadinya penurunan jumlah pengguna aktif aplikasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah seperti melakukan inovasi atau perbaikan fitur agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga menaikkan kembali jumlah pengguna aktif aplikasi. Pada aplikasi Android Traveloka, jumlah ulasan mencapai 700 ribu dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, di mana platform Android merupakan platform yang mempunyai jumlah pengguna aplikasi Traveloka terbesar dibandingkan platform lainnya. Dengan banyaknya jumlah ulasan tersebut, perusahaan masih memilah-milah ulasan negatif dan positif serta mencari topik-topik yang paling sering dibicarakan secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama dan cenderung tidak akurat. Hal ini menyebabkan keluhan ataupun ulasan tersebut belum secara efektif dijadikan dasar untuk membuat inovasi baru ataupun untuk memperbaiki fitur yang ada, sehingga belum memberikan kontribusi terhadap proses peningkatan kepuasan pelanggan dan peningkatan jumlah pengguna aktif aplikasi. Oleh karena itu, pada penelitian ini diusulkan suatu model yang dapat mengategorikan sentimen serta melakukan pengelompokan topik-topik yang sering muncul dari seluruh ulasan pelanggan. Algoritma Bayes, Support Vector Machine Logistic Regression digunakan untuk membuat model yang dapat mengklasifikasi sentimen dari tiap ulasan ke dalam kelas positif ataupun kelas negatif. Selain itu, dilakukan proses pemodelan topik pada tiap kelas tersebut menggunakan algoritma Latent Dirichlet Allocation (LDA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma terbaik untuk melakukan klasifikasi adalah SVM, dengan nilai f1-score rata-rata 0.98318, dan jumlah topik yang optimal untuk sentimen positif adalah 16 dan jumlah topik yang optimal untuk sentimen negatif adalah 12. Pada kelas sentimen positif, terdapat topik-topik yang menyinggung kelengkapan fitur serta banyaknya diskon dan promo, sedangkan pada kelas sentimen negatif, terdapat topik yang berhubungan dengan fitur refund dan produk paylater. Dengan diimplementasikannya model tersebut, diharapkan PT Traveloka dapat memilah-milah ulasan ke dalam kelas sentimen positif dan negatif dengan cepat dan akurat, serta dapat dengan cepat mengetahui daftar topik-topik yang paling banyak dibicarakan oleh penggunanya.

PT Traveloka Indonesia is one of the biggest Online Travel Agents in Southeast Asia, which prioritizes customer satisfaction as the company's competitive advantage. However, there is currently a decrease in customer satisfaction scores and numbers of active users. Therefore, it is necessary to take steps such as innovating or improving features to restore customer satisfaction scores and active users. On the Traveloka Android application, the number of reviews reached 700 thousand in the last two years, where the Android platform is the platform that has the most significant number of Traveloka users compared to other platforms. Nonetheless, Traveloka is still sorting through negative and positive reviews manually and manually searching for the most discussed topics, so it takes a long time and tends to be inaccurate. This lengthy process made customer reviews are yet to be effectively used for formulating innovations or finding existing features to improve, so they are yet to help increase customer satisfaction and the number of active users of the application. Therefore, this research proposes a model to categorize sentiments and group topics that often arise from all customer reviews. The Naïve Bayes, Support Vector Machine (SVM), and Logistic Regression algorithm are used to create a model that can classify the sentiment of each review into a positive class or a negative class. In addition, the topic modeling process for each class is carried out using the Latent Dirichlet Allocation (LDA) algorithm. The results show that the best algorithm for classifying is SVM, with an average f1-score of 0.98318, and the optimal number of topics for positive sentiment is 16, and the optimal number of topics for negative sentiment is 12. There are topics about the completeness of features and the number of discounts and promos in the positive sentiment class, while in the negative sentiment class, there are topics related to the refund feature and pay later product. With the implementation of this model, it is hoped that PT Traveloka can sort reviews into positive and negative sentiment classes quickly and accurately and quickly find out the list of topics that users most discuss."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>