Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 135917 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arkav Juliandri
"Saat ini baik di tatanan lokal maupun global, kendaraan listrik telah hadir sebagai salah satu solusi transportasi ramah lingkungan. Namun ekosistem kendaraan listrik khususnya mobil listrik ini masih jauh dari sempurna. Hal ini dapat dibuktikan antara lain di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dimana tingkat pemahaman akan mobil listrik yang masih sangat rendah serta minimnya modul pembelajaran tentang mobil listrik ini di seluruh jenjang pendidikan. Salah satu solusi mengatasi masalah pengembangan SDM ini adalah lewat inovasi Mobil Belah yang berfungsi sebagai alat peraga pendidikan dan pengetahuan keilmuan mobil listrik. Inovasi alat peraga Mobil Belah terdiri dari perangkat keras (hardware) berupa dua buah mobil modifikasi yang dapat dikembangkan menjadi bahan ajar dengan mengintegrasikan platform pendidikan Odoo. Inovasi Mobil Belah ini didesain, dibangun, dan dikomersialkan menggunakan disiplin ilmu teknik, ilmu teknologi pendidikan, dan ilmu lingkungan. Dalam laporan ini, aktivitas-aktivatas penting khususnya terkait interdisiplin keteknikan dijabarkan termasuk aspek komersialisasi dalam hubungannya dengan kode etik insinyur, profesionalisme dan Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan (K3L). Dari hasil uji awal yang dilakukan, inovasi alat peraga Mobil Belah ini secara kuantitatif terbukti mampu menjadi alat peraga yang efektif serta dapat menjadi awal dari bahan ajar yang komprehensif guna meningkatkan pendidikan dan pengetahuan di bidang mobil listrik.

Electric vehicles (EVs) have become a pivotal solution for environmentally friendly transportation, yet their ecosystem remains in its infancy compared to Internal Combustion Engine (ICE) vehicles. A significant gap exists in human resource development, particularly in the availability of educational modules on EV technology. Addressing this need, the innovative teaching aid namely ‘Mobil Belah’ has been developed. This aid comprises two modified vehicles with exposed engine blocks for side-by-side comparison—one representing an ICE vehicle and the other an EV conversion. By allowing learners to visually examine and compare the components, Mobil Belah enhances understanding and supports hands-on education in automotive technology. This report describes how Mobil Belah is designed and developed by integrating inter-discipline engineering, educational technology, and environmental science principles, in particular how the innovation adheres to professionalism, the code of ethics, and Occupational Health, Safety, and Environment (OHSE) standards. Initial testing conducted at the Astanita Sukses Apindo Teaching Factory (ASA TEFA) demonstrated the innovation's effectiveness in delivering practical, impactful learning experiences. Beyond being a teaching aid, Mobil Belah holds promise as a cornerstone for developing more comprehensive educational resources and fostering competency in EV technology. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Daryanto
Jakarta: Bumi Aksara, 1999
629.202 8 DAR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Martin T. Teiseran
Yogyakarta: Kanisius, 1992
621.902 MAR m (1);621.902 MAR m (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jakarta: Bhratara Karya Aksara, 1980
629.2 TEK
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Satriadi Helmi
"Seiring dengan tren negatif dalam perkembangan penggunaan bahan bakar minyak bumi pada kendaraan bermotor khususnya mobil maka dibutuhkan alternatif kendaraan bermotor yang bertenaga listrik. Mobil listrik konversi merupakan salah satu solusi dengan mempertimbangkan jumlah kendaraan berbahan bakar minyak bumi saat ini. Penulis akan memfokuskan metode perancangan mekanik dengan perhitungan teoritikal beserta simulasi menggunakan software terhadap sistem powertrain konversi listrik khususnya pada komponen-komponen yang bersifat adaptif. Penulis juga memaparkan perangkat data acquisition serta proses pengolahan data dari uji performa dari mobil listrik tersebut. Didapatkan performa mobil dengan sistem powertrain konversi listrik dapat memiliki nilai percepatan dari 0 - 60 km/jam rata - rata sebesar 5.153 detik dan nilai efisiensi rata - rata sebesar 87.031 %.

Along with the negative trend in the application of petroleum fuels in the vehicles , especially cars it needed alternative electric-powered motor vehicles. Converted electric car is one solution taking into account the amount of petroleum fueled vehicles today . The author will focus on mechanical design methodology along with theoretical calculations using the simulation software to electric conversion powertrain system, especially on the components that are adaptive. The author also describes the data acquisition and data processing of the test performance of the electric car. Converted electric car reaches speeds of 60 km/h averagely in 5.153 seconds and with an efficiency averagely of 87.031 %."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65545
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rinda Ramardhiani
"Mobil listrik merupakan mobil ramah lingkungan yang menjadi salah satu solusi sebagai mobil alternatif pengganti mobil konvensional. Sama halnya dengan mobil konvensional, mobil listrik juga dilengkapi dengan panel indikator pada dashboard yang merupakan tampilan sebagai sumber informasi yang mengkomunikasikan antara pengemudi dengan kondisi mesin secara aktual. Namun kebutuhan informasi yang dibutuhkan antara panel indikator pada mobil listrik dengan mobil konvensional tidak sama. Maka dari itu, dilakukannya penelitian ini guna merancang dan melengkapi kebutuhan informasi desain panel indikator untuk mobil listrik dimana objek yang dijadikan dalam penelitian ini adalah Mobil Listrik Nasional Universitas Indonesia. Aspek yang menjadi dasar dalam melakukan perancangan ini adalah aspek dari sisi preferensi konsumen, dengan menggunakan metode conjoint analysis yang menghasilkan 3 kombinasi desain terbaik, dan juga dari sisi ergonomi, dengan melakukan pengujian terhadap 3 kombinasi desain dari hasil conjoint analysis menggunakan metode eye tracking, agar nilai guna dari panel indikator untuk Mobil Listrik Nasional Universitas Indonesia semakin baik serta sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Electric car is an environmental friendly car that become alternative substitute for conventional car. Similar to conventional car, it is also completed with indicator panel on its dashboard which is a display to present information to connect machine and human on a real time. However, there are some differences information required between electric car's indicator panel and conventional car's indicator panel. This research is conducted to find the proper design and also to complete information requirements of indicator panel of electric car, and the object of this research is University of Indonesia's National Electric Car. This research conducted based on two major aspects, that is consumer's preferences, using conjoint analysis to obtain top three design, and also ergonomic, by testing three combinations of indicator panel design which produced by conjoint analysis using eye tracking method, in order to enhance the value of indicator panel for University of Indonesia's National Electric Car and also to meet consumer's preferences and needs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, Michael Timothy
"Penelitian ini berfokus pada analisis sistem pengisian baterai mobil listrik pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan pengukuran kecepatan waktu pengisian berdasarkan jenis baterai yang digunakan pada mobil konsumen SPKLU. Pertumbuhan penggunaan kendaraan konvensional yang tinggi telah meningkatkan kebutuhan energi dan menimbulkan isu lingkungan, seperti emisi gas rumah kaca, yang mendorong peralihan ke kendaraan listrik. Infrastruktur SPKLU yang memadai sangat penting untuk mendukung adopsi mobil listrik dengan meningkatkan kecepatan dan efisiensi pengisian baterai. Infrastruktur SPKLU yang memadai dan efisien sangat penting dalam mendukung adopsi mobil listrik. Penelitian ini menyelidiki aspek teknis jaringan SPKLU yang mencakup instalasi, mesin pengisian, dan spesifikasi teknis yang mempengaruhi kecepatan dan efisiensi pengisian. Faktor-faktor seperti jenis baterai, kapasitas daya, sistem manajemen termal, dan kondisi lingkungan turut diperhatikan. Selain itu, penelitian ini juga membahas tantangan operasional dan teknis seperti fluktuasi tegangan dan dampaknya terhadap kinerja sistem. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk meningkatkan efisiensi, keandalan, dan kecepatan pengisian baterai di SPKLU. Upaya ini dapat dilakukan melalui optimalisasi penggunaan teknologi fast charging dan ultra-fast charging pada mesin pengisian, penerapan manajemen termal untuk menghindari panas berlebih selama pengisian, serta pengaturan kapasitas daya yang sesuai dengan jenis baterai kendaraan. Selain itu, analisis teknis terhadap fluktuasi tegangan dilakukan untuk meningkatkan stabilitas sistem dan mencegah kerusakan perangkat pengisian. Penelitian ini juga mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat transisi ke mobilitas listrik di Indonesia dengan memberikan rekomendasi terkait perencanaan dan pengelolaan infrastruktur SPKLU yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 dan Peraturan Menteri ESDM No. 1/2023, yang mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik.

This research focuses on the analysis of the electric vehicle battery charging system at Public Electric Vehicle Charging Stations (SPKLU) and the measurement of charging time speed based on the type of battery used in consumer vehicles at SPKLU. The high growth of conventional vehicle usage has increased energy demand and raised environmental issues, such as greenhouse gas emissions, which has driven the shift towards electric vehicles. Adequate SPKLU infrastructure is crucial to support the adoption of electric vehicles by improving the speed and efficiency of battery charging. A well-equipped and efficient SPKLU infrastructure plays a vital role in supporting the adoption of electric vehicles. This study investigates the technical aspects of the SPKLU network, including installations, charging machines, and technical specifications that affect charging speed and efficiency. Factors such as battery type, power capacity, thermal management systems, and environmental conditions are also taken into account. Furthermore, this research discusses operational and technical challenges such as voltage fluctuations and their impact on system performance. The results of this research are expected to provide insights into improving the efficiency, reliability, and speed of battery charging at SPKLU (Electric Vehicle Charging Stations). These efforts can be achieved through the optimization of fast charging and ultra-fast charging technologies in charging machines, the implementation of thermal management to prevent overheating during the charging process, and the adjustment of power capacity according to the type of vehicle battery. Additionally, technical analysis of voltage fluctuations is conducted to improve system stability and prevent damage to charging equipment. This research also supports the government’s efforts in accelerating the transition to electric mobility in Indonesia by offering recommendations related to the planning and management of SPKLU infrastructure that aligns with consumer needs. This is in line with government policies mandated in Presidential Regulation No. 55 of 2019 and Minister of Energy and Mineral Resources Regulation No. 1/2023, which support the acceleration of the electric vehicle ecosystem. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fara Rahmania Izzaty
"Masyarakat mulai beralih menggunakan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) yang menyebabkan terjadinya revolusi pada industri kendaraan otomotif. Dalam rangka menghadapi transisi menuju EV, perusahaan komponen otomotif harus mampu berinovasi agar tetap bertahan. Kondisi tersebut memberikan tantangan baru bagi tenaga kerja pada bidang industri komponen otomotif untuk meningkatkan kompetensi yang terkait dengan proses inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategi untuk meningkatkan kompetensi karyawan yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Kompetensi karyawan yang berpengaruh pada proses inovasi yang menjadi variabel penelitian adalah kompetensi kewirausahaan, kerjasama dan kreativitas. Data yang didapatkan kemudian diuji menggunakan Mann-Whitney U Test dan didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan signifikan mengenai kompetensi karyawan pada perusahaan dengan kondisi latar belakang yang berbeda. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat kompetensi karyawan dan keberhasilan berinovasi sangat dipengaruhi oleh kondisi dan latar belakang perusahaan. Sehingga, strategi yang dapat diterapkan antara masing-masing perusahaan juga berbeda. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi yang dapat diterapkan pada perusahaan dan membantu meningkatkan kompetensi.

People are starting to switch to using electric vehicles (EV), which is causing a revolution in the automotive vehicle industry. In order to face the transition to EVs, automotive component companies must be able to innovate to survive. These conditions provide new challenges for workers in the automotive components industry to improve competencies related to the innovation process. This research aims to provide strategic recommendations for improving employee competency that are adapted to company conditions. Employee competencies that influence the innovation process which are research variables are entrepreneurial competency, cooperation and creativity. The data obtained was then tested using the Mann-Whitney U Test and the results showed that there were significant differences regarding employee competence in companies with different background conditions. These results show that the level of employee competence and success in innovation is greatly influenced by the conditions and background of the company. So, the strategies that can be implemented between each company are also different. Through this research, it is hoped that it can provide strategic recommendations that can be applied to companies and help improve employee competency in supporting the transition process towards EVs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tania Felicia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang dihadapi Prancis terkait dengan penggunaan mobil listrik untuk menggantikan mobil berbahan bakar minyak, serta tantangan yang dihadapi dalam perkembangannya. Setelah berlangsungnya krisis minyak yang menimpa Prancis pada 1973, pemerintah berusaha untuk menggantikan penggunaan energi minyak dengan energi alternatif untuk melepaskan ketergantungan terhadap energi impor. Energi nuklir dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam sektor industri dan rumah tangga, sementara mobil listrik merupakan alternatif yang cukup menjanjikan untuk sektor transportasi. Perkembangan mobil listrik juga berkaitan erat dengan permasalahan lingkungan yang berupaya diatasi oleh Prancis dan berbagai negara lainnya. Dalam perjalanannya, proses peralihan ke mobil listrik ini masih menemukan sejumlah tantangan, seperti mahalnya harga mobil listrik akibat bahan baterai yang tidak tersedia di Prancis dan permasalahan terkait fasilitas pengisian daya yang belum memadai. Akibatnya, mobil konvensional masih lebih diminati oleh masyarakat Prancis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah dan teori dekonstruksi dari Derrida. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah Prancis belum berhasil mendorong masyarakat untuk meninggalkan energi minyak untuk kendaraan mereka dan menggantinya dengan mobil listrik untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

This article aims to explain about the problems of electric cars in France to replace oil-fueled cars, as well as the challenges in the development process. After the1973 oil crisis that hit France, the government attempted to replace the use of oil with alternative energy to end the dependency of imported energy. Nuclear energy was developed to fulfil needs for the industrial and household sectors, while electric cars is a promising alternative for the transport sector. The progress of electric cars is also related to the environmental problems that France and other countries are still working to overcome. On its development, the transition process to electric cars also encounters a number of challenges, such as the high price of electric cars itself as a result of the unavailability of the battery materials in France, also some problems related to inadequate charging facilities. Consequently, conventional cars are still preferred by French people. The method used in this article is the historical method and the deconstruction theory of Derrida. The results of this study indicate that the French government has not succeeded yet in promoting the replacement of oil energy for their vehicles with electric cars to solve the problems that are already present."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>