Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 157159 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maria Agustina Laras Chintiya Devi
"Film Fatima (2015) karya Philippe Faucon menceritakan perjuangan seorang imigran asal Aljazair dalam menghadapi benturan budaya di Prancis. Benturan budaya tersebut disebabkan tradisi dan kebudayaan asal Aljazair yang terus diterapkan dalam kehidupan baru di Prancis. Adanya benturan antara budaya Aljazair dan budaya Prancis yang dihadapi oleh imigran dalam film Fatima ini menjadi latar belakang penelitian ini. Masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk benturan budaya serta cara negosiasi yang dilakukan oleh tokoh utama dalam film ini. Melalui metode kualitatif, penelitian ini akan menggunakan kajian sinema dan kajian struktural untuk menganalisis struktur naratif dan sinematografis film. Selanjutnya, penulis akan menggunakan teori identitas dari Stuart Hall untuk menemukan masalah benturan dan negosiasi budaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa tokoh Fatima masih memegang erat tradisi dan budaya yang dimiliki di daerah asalnya yang jelas menyebabkan adanya benturan budaya. Benturan budaya terjadi di dalam lingkup keluarga dan dapat dikategorikan menjadi 6 aspek, yaitu nilai dan norma, bahasa, agama dan kepercayaan, tradisi dan adat, gaya berpakaian, dan makanan. Negosiasi budaya ditemukan pada aspek, bahasa, gaya berpakaian, dan makanan, sedangkan yang tidak dapat dinegosiasikan yaitu agama dan kepercayaannya.

Film Fatima (2015) karya Philippe Faucon menceritakan perjuangan seorang imigran asal Aljazair dalam menghadapi benturan budaya di Prancis. Benturan budaya tersebut disebabkan tradisi dan kebudayaan asal Aljazair yang terus diterapkan dalam kehidupan baru di Prancis. Adanya benturan antara budaya Aljazair dan budaya Prancis yang dihadapi oleh imigran dalam film Fatima ini menjadi latar belakang penelitian ini. Masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk benturan budaya serta cara negosiasi yang dilakukan oleh tokoh utama dalam film ini. Melalui metode kualitatif, penelitian ini akan menggunakan kajian sinema dan kajian struktural untuk menganalisis struktur naratif dan sinematografis film. Selanjutnya, penulis akan menggunakan teori identitas dari Stuart Hall untuk menemukan masalah benturan dan negosiasi budaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa tokoh Fatima masih memegang erat tradisi dan budaya yang dimiliki di daerah asalnya yang jelas menyebabkan adanya benturan budaya. Benturan budaya terjadi di dalam lingkup keluarga dan dapat dikategorikan menjadi 6 aspek, yaitu nilai dan norma, bahasa, agama dan kepercayaan, tradisi dan adat, gaya berpakaian, dan makanan. Negosiasi budaya ditemukan pada aspek, bahasa, gaya berpakaian, dan makanan, sedangkan yang tidak dapat dinegosiasikan yaitu agama dan kepercayaannya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Titus Kartika Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai gambaran imigran melalui tokoh Driss, ibunya, dan kedua adiknya dalam film Intouchables karya Olivier Nakache dan ric Toledano. Permasalahan ekonomi, pendidikan, pekerjaan, kemiskinan, menjadi korban stereotip dan rasisme yang dialami oleh Driss dan anggota keluarganya menggambarkan permasalahan yang dihadapi oleh imigran di Prancis pada umumnya. Tidak hanya aspek naratif saja, film ini juga akan dikaji melalui aspek sinematografis yang memiliki peranan yang penting dalam aspek pemaknaan.

ABSTRACT
This research discusses the picture of immigrants in France through the characters of Driss, his mother, and his siblings in Intouchables film, which is directed by Olivier Nakache and ric Toledano. The problems such as economic, education, employment, poverty, being victims of stereotypes and racism describe the problems which immigrants in general face. Not only the narrative aspect, this film will also be assessed through cinematographic aspect which has an important role in the aspect of meaning."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Shina Ratna Yunita
"ABSTRAK
Identitas terdapat dalam konteks yang berbeda-beda, seperti psikologi, sosial, dan budaya, dengan artinya masing-masing. Dalam konteks sosiokultural, pembentukan identitas meliputi masyarakat maupun individu. Masyarakat memiliki peran yang penting dalam membentuk identitas di mana masyarakat memposisikan individu berdasarkan konteks sosial. Namun, individu juga memiliki peranan penting dalam pembentukan identitas di mana pilihan mereka dalam hidup mempengaruhi identitas mereka. Film-film dystopia seperti Trilogi Divergent seringkali menampilkan gagasan identitas dalam hubungannya dengan konteks sosiokultural. Trilogi tersebut menggambarkan latar belakang historis individu dalam konteks sosiokultural, yang meliputi pilihan hidup, hilangnya nilai-nilai tradisional, dan keunikan, yang mempengaruhi perubahan identitas individu. Di dalam trilogi tersebut ditampilkan bagaimana individu dibedakan dengan individu lainnya tetapi tetap ada hubungan di antara identitas individu yang satu dengan yang lainnya. Jurnal ini menyampaikan representasi dari identitas dalam konteks sosiokultural sebagai proses yang terus berkelanjutan, yang memfokuskan pada perjalanan hidup pemeran utama dalam trilogi tersebut, Divergent 2014 , Insurgent 2015 , dan Allegiant 2016 .

ABSTRACT
AbstractIdentity exists in many different contexts, such as psychological, social, and cultural, with each of different meaning. In sociocultural context, the formation of identity involves both the societies and individuals. Societies play a signifiant role in shaping identity in which they position the individuals regarding the social context. Individuals, though, also play a role in shaping identity in which their personal choices influence their identities. Dystopian films like The Divergent Trilogy often presents the idea of identity in relationship with sociocultural context. It depicts the historical backgrounds of the individual in the sociocultural context, including one rsquo s choice, loss of traditional values, and uniqueness, that influence the changes of individual identity. In the trilogy, it presents how the individual is distinguished from others, but there is also a relationship between the individual identity with others. This paper addresses the representation of identity in sociocultural cotext as an ongoing process, which focuses on the lead character rsquo s life journey throughout the trilogy, Divergent 2014 , Insurgent 2015 , and Allegiant 2016 . "
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Khairana Hanifa Irliana
"Prancis merupakan salah satu negara multikultural atau negara dengan identitas nasional yang berasal dari keragaman dan kemajemukan. Salah satu film yang mengangkat multikulturalisme Prancis adalah film Samba (2014) karya Olivier Nakache dan Éric Toledano. Film ini menggambarkan perjuangan hidup imigran yang telah menetap selama 10 tahun di Prancis secara tiba-tiba mendapatkan status imigran ilegal. Permasalahan imigran yang pada saat itu menjadi permasalahan genting menimbulkan sebuah bentuk kekuasaan secara sepihak oleh kelompok kulit putih. Berdasarkan pemaparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan rasionalisasi hegemoni kulit putih terhadap imigran di Prancis dimunculkan dalam film. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif, dengan bantuan teori Boggs dan Petrie (2008) untuk memahami unsur dramatik dan sinematografis film, dan teori hegemoni Gramsci (2013) beserta konsep white hegemony Edwards (2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hegemoni kulit putih muncul pada tokoh Samba melalui penyebaran ideologi yang telah diinternalisasi oleh pihak penguasa. Tokoh Samba sebagai pihak yang berhasil dikuasai memercayai dan meyakini bahwa ide-ide tersebut merupakan suatu hal yang benar dan wajar. Hegemoni yang dialami tokoh Samba membuatnya mengalami konformitas atau perubahan sikap dan tingkah laku untuk menyesuaikan diri dengan nilai, aturan dan norma kelompok kulit putih.

France is one of a multicultural country or a country with a national identity that comes from diversity and pluralism. One of the films that elevates France multiculturalism is the film Samba (2014) by Olivier Nakache and Éric Toledano. This film depicts the life struggle of immigrants who have lived for 10 years in France suddenly get illegal immigrant status. At that time, the problem of immigrants became a critical problem that inflict a form of unilateral power by the white group. Based on this explanation this study aims to show the rationalization of white hegemony against immigrants in France that appears in the film. This research will use a qualitative method, with the help of Boggs and Petrie (2008) theory to understand the dramatic and cinematographic elements of the film, and Gramsci's (2013) hegemony theory along with the concept of white hegemony by Edwards (2008). The results show that white hegemony appears in the character of Samba through the spread of ideology that has been internalized by the white group. Samba as the party who was successfully mastered believed and assured that these ideas were something that was right and rational. The hegemony experienced by Samba makes him experience conformity or changes in attitudes and behavior to adjust to the values, rules and norms of the white group."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aubrey Charissa Bhrawardhana
"Penerjemahan dapat mengalami kesulitan karena adanya perbedaan dalam budaya. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan prosedur penerjemahan. Penelitian ini menganalisis prosedur penerjemahan pada istilah budaya menggunakan teori prosedur penerjemahan dan teori identifikasi budaya oleh Newmark (1988). Data yang dianalisis adalah takarir bahasa Indonesia dan Belanda film Bumi Manusia (2019). Data dianalisis menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menghasilkan identifikasi istilah budaya dan prosedur penerjemahan serta frekuensi penggunaannya. Simpulan temuan penelitian ini adalah terdapat 74 istilah budaya dengan masing-masing klasifikasi prosedur penerjemahannya, yaitu transferensi, modulasi, padanan kultural, couplet, terjemahan resmi, parafrase, padanan deskriptif, padanan fungsional, dan through-translation. Selain prosedur-prosedur tersebut, terdapat data yang tidak diterjemahkan. Dengan melihat penggunaan prosedur tersebut, penelitian menyimpulkan bahwa terjemahan istilah budaya telah menyampaikan makna istilah meski dengan keterbatasan kata dalam takarir.
Translation can be difficult due to cultural differences. To overcome these problems, translation procedures are used. This study analyzes the translation procedures on cultural terms using the theory of translation procedure and the theory of cultural identification by Newmark (1988). The data analyzed are the Indonesian and Dutch subtitles of Bumi Manusia (2019). The data were analyzed using qualitative method. This research results in the identification of cultural terms and translation procedures as well as the frequency of their use. This research concludes that there are 74 cultural terms with each classification of translation procedures, namely transference, modulation, cultural equivalent, couplet, official translation, paraphrase, descriptive equivalent, functional equivalent, and through-translation. In addition to these procedures, there are data that are not translated. By looking at the use of these procedures, the study concludes that the translation of cultural terms has conveyed the meaning of the term despite the word limitations in subtitling."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Bena Milada Susilo
"Gelombang imigran di Prancis yang terus meningkat pada abad ke-21 berdampak pada representasinya dalam industri perfilman Prancis. Kehidupan imigran sebagai kelompok minoritas mulai banyak diusung dalam film, salah satunya yaitu penggambaran permasalahan yang mereka hadapi pada dunia nyata. Film Il a déjà tes yeux merupakan salah satu film yang membahas kehidupan kelompok minoritas dan menunjukkan berbagai permasalahannya. Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana stereotip yang ada di masyarakat dapat menghambat keinginan kelompok minoritas dan juga bagaimana kontradiksi dari stereotip tersebut dapat melawan permasalahan yang ada. Metode yang digunakan adalah kajian film oleh Boggs & Petrie (2011) dan skema aktan oleh Greimas (1966) dengan konsep stereotip oleh Stangor (2016) yang mencakup stereotip dan dampaknya dan juga wacana kontra oleh Terdiman (1985) untuk menganalisis kondisi sosial yang harus dihadapi oleh Paul dan Sali sebagai pelaku kontra stereotip di masyarakat. Hasil analisis menunjukkan keberhasilan penggunaan praktik kontra stereotip dalam perlawanan kelompok kulit hitam terhadap stereotip dan prasangka yang membatasi mereka dalam melakukan hal hal tertentu, dan dalam kasus ini yaitu adopsi antar ras.

The wave of immigrants in France that continues to increase in the 21st century has an impact on its representation in the French film industry. The lives of immigrants as a minority group have begun to be widely carried in films, one of which is the depiction of the problems they face in the real world. Il a déjà tes yeux is one of the films that discusses the life of minority groups and shows their various problems. This article aims to reveal how the stereotypes that exist in society can inhibit the wishes of minority groups and also how the contradictions of these stereotypes can fight the existing problems. The method used is a film study by Boggs & Petrie (2011) and an actan scheme by Greimas (1966) with a stereotype concept by Stangor (2016) which includes stereotypes and their effects as well as a counter discourse by Terdiman (1985) to analyze the social conditions that must be faced. by Paul and Sali as counter-stereotypes in society. The results of the analysis show the success of using counter-stereotyped practices in the resistance of black groups to stereotypes and prejudices that limit them from doing certain things, and in this case, inter-racial adoption."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tan, Joo Seng
Singapore ; New York : McGraw-Hill , 2004
658.405 2 TAN s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Stella Zavera Monica
"Tesis ini berbicara mengenai negosiasi perantau Minangkabau asal Kabupaten Agam yang lahir dan besar di Jakarta sebagai generasi kedua, terhadap identitas Minangkabau mereka. Keterkaitan antara latar belakang orangtua yang masih membawa kebudayaan dari Sumatera Barat, dengan faktor Jakarta sebagai kota kosmopolitan, membawa pengaruh-pengaruh dan dampak terhadap identitas mereka sebagai masyarakat Minangkabau. Negosiasi sosial perantau Minangkabau generasi kedua ini tidak hanya terhadap hibriditas di Jakarta, tapi juga menciptakan identitas baru atas hibriditas budaya Minangkabau di Jakarta itu sendiri. Hibriditas ini salah satunya bisa dilihat dalam adat pernikahan yang sudah dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti lingkungan dan finansial. Keterbatasan melakukan prosesi yang sama dengan di Sumatera Barat, disebabkan perbedaan pola masyarakat dan lingkungan yang mempengaruhi.

This thesis is about the negotiation of perantau Minangkabau from Agam Regency, who were born and grew up in Jakarta as a second generation, on their identity as Minangkabau people. Their identity as a Minangkabau person is affected by the interrelationship between the background of their parents who are still inducing Minangkabau culture that they brought from Sumatera Barat and the social factors in Jakarta as a cosmopolitan city. The social negotiation of the second generation of perantau Minangkabau is not only through the hibridity in Jakarta, but also created a new identity of cultural hibridity of Minangkabau in Jakarta itself. This can be observed in the matrimonial custom which is influenced by many factors such as environment and financial issues. The restrictiveness in doing the same traditional ritual procession in Sumatera Barat is due to the differences in the pattern of society and the environmental concern.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T43265
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lewicki, Roy J.
Jakarta : Salemba Humanika, 2013
658.405 2 LEW n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lewicki, Roy J.
Jakarta : Salemba Humanika, 2013
658.405 2 LEW n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>