Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 196831 Document(s) match with the query
cover
Muhammad Mirza Iskandar
"Dunia kerja merupakan tempat orang bersaing untuk mencari pekerjaan. Lulusan baru yang kerap disebut fresh graduates akan ikut bersaing dan diwajibkan untuk siap dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Semua kompetensi dari akademis sampai non akademis harus dimiliki untuk dapat bersaing. Hal lain yang perlu dimiliki oleh setiap fresh graduates adalah memiliki kepercayaan diri yang kuat. Variabel faktor demografi dan non demografi. Faktor non demografi diantaranya harga diri, konsep diri, interaksi sosial, pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan kemampuan akademis. Faktor demografi diantaranya jenis kelamin, tempat tinggal, usia, departemen, IPK, minat wirausaha, minat S2 dan pendidikan orang tua. Penelitian ini bertujuan menganalisis variabel-variabel yang menjelaskan kepercayaan diri pada fresh graduates, serta menganalisis profil fresh graduates yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil menggunakan teknik Stratified sampling proportional dengan 292 fresh graduate sebagai sampel dan besar populasi yaitu 534. Metode pengolahan data pada penelitian ini adalah metode Regresi Linear Berganda untuk menganalisis hubungan antara variabel penjelas terhadap kepercayaan diri. Metode kedua pada penelitian ini adalah Classification Regression Tree digunakan untuk menganalisis profil fresh graduates yang memiliki kepercayaan diri tinggi berdasarkan variabel yang menjelaskan kepercayaan diri. Hasil menunjukkan variabel yang signifikan menjelaskan kepercayaan diri dalam dunia kerja adalah harga diri, konsep diri, pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan jenis kelamin. Penelitian ini juga menunjukkan hasil bahwa profil fresh graduate yang memiliki kepercayaan diri tinggi memiliki pengalaman kerja yang tinggi dan harga diri tinggi serta fresh graduate yang memiliki pengalaman kerja tinggi, harga diri rendah pada semua jenis kelamin.

The world of work is a place where people compete to find work. New graduates are often mentioned fresh graduates will compete and are required to be ready to face the competition in the world of work. All competencies from academic to non-academic must be owned to be able to compete. Another thing that everyone needs to have fresh graduates is to have qualified self-confidence, therefore self-confidence needs to be developed. Variables are demographic and non-demographic factors. Non-demographic factors include self-esteem, self-concept, social interaction, work experience, organizational experience and academic ability. Demographic factors include gender, place of residence, age, department, GPA, interest in entrepreneurship, interest in master's degree and parents' education. This study aims to analyze the variables that explain self-confidence in fresh graduates, as well as analyze the profile fresh graduates who have high self-confidence. This study uses primary data, namely 292 fresh graduate which is taken usingStratified Sampling. The data processing method in this study is the Multiple Linear Regression method to analyze the relationship between explanatory variables on self-confidence. The second method in this study is Classification Regression Tree used to analyse profile fresh graduates who have high self-confidence based on variables that explain self-confidence. The results showed that significant variables explaining self-confidence in the world of work were self-esteem, self-concept, work experience, organizational experience and gender. This study also shows a profile fresh graduate Those who have high self-confidence are known to have high work experience and high self-esteem. Second profile is fresh graduate who have high work experience, low self-esteem in all genders."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Wibowo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi karier protean terhadap intensi untuk meninggalkan organisasi yang dimediasi oleh komitmen organisasi dan kepuasan kerja pada pegawai bertalenta di Badan XYZ. Orientasi protean diharapkan dimiliki oleh individu-individu bertalenta yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) yang diolah menggunakan software SmartPLS 3.2. Sebanyak 134 responden yang lolos screening pada Badan XYZ telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi karier protean memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi untuk meninggalkan organisasi. Selain itu, komitmen organisasi dan kepuasan kerja memediasi secara sifnifikan pengaruh antara orientasi karier protean terhadap intensi untuk meninggalkan organisasi.

The purpose of this research is to find out the effect of protean career orientation on intention to quit mediated by organizational commitment and job satisfaction on talented employees at XYZ Agency. Protean orientation is expected to be possessed by talented individuals who can provide a competitive advantage to the organization. This research is a quantitative study using the Structural Equation Model (SEM) method which is processed using SmartPLS 3.2 software. A total of 134 respondents who passed the screening at XYZ Agency participated in this research. The results showed that protean career orientation had a significant effect on intention to quit. In addition, organizational commitment and job satisfaction mediate a significant effect between protean career orientation on the intention to quit.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azizah Nada Fitrilia
"Mahasiswa, khususnya yang sedang berada di tingkat akhir, sedang bersiap untuk memasuki dunia kerja dan meniti karier. Pemilihan karier yang mereka lakukan dipengaruhi berbagai hal, salah satunya efikasi diri dalam keputusan karier career decision self-efficacy; CDSE . Berbagai penelitian menunjukkan terdapat pengaruh aspek orangtua seperti kelekatan atau dukungan terhadap CDSE. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara persepsi keterlibatan orangtua dan CDSE. Penelitian korelasional ini dilakukan pada 487 mahasiswa yang berada di tahun atau tingkat terakhir perkuliahan. Pengukuran keterlibatan orangtua dibagi menjadi tiga dimensi yaitu ekspresif, instrumental, dan mentoring/advising menggunakan Father Involvement Scale-Reported FIS-R; Finley Schwartz, 2004 dan Mother Involvement Scale-Reported MIS-R; Finley, Mira, Schwartz, 2008 . CDSE diukur dengan Career Decision Self-Efficacy?Short Form CDSE-SF oleh Betz, Klein, dan Taylor 1996 . Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara ketiga dimensi persepsi keterlibatan ayah dengan CDSE ekspresif: r=.206, p= le;.01; instrumental: r=.170, p= le;.01; mentoring/advising: r=.185, p= le;.01 dan hubungan positif antara ketiga dimensi persepsi keterlibatan ibu dengan CDSE ekspresif: r=.257, p= le;.01; instrumental: r=.273, p= le;.01; mentoring/advising: r=.266, p= le;.01 . Implikasi dari hasil penelitian ini serta saran untuk penelitian lanjutan didiskusikan.

Final year undergraduates are preparing to enter the workforce and to build their careers. Choosing a career is influenced by numerous factors, one of which is career decision self efficacy CDSE . A number of studies have shown positive relationships between some parental aspects, such as attachment or support, and CDSE. The purpose of this study is to see the relationship between perceived parental involvement and CDSE. This correlational study was conducted on 487 final year undergraduates. The measurement of perceived parental involvement was separated into three dimensions, namely expressive, instrumental, and mentoring advising using Father Involvement Scale Reported FIS R Finley Schwartz, 2004 and Mother Involvement Scale Reported MIS R Finley, Mira, Schwartz, 2008 . CDSE was measured using Career Decision Self Efficacy Short Form CDSE SF by Betz, Klein, and Taylor 1996 . Results showed positive relationships between the three dimensions of perceived father involvement and CDSE expressive r .206, p le .01 instrumental r .170, p le .01 mentoring advising r .185, p le .01 and also positive relationships between the three dimensions of mother involvement and CDSE expressive r .257, p le .01 instrumental r .273, p le .01 mentoring advising r .266, p le .01 . The implications of the results and suggestions for future studies are discussed.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
[FKM UI, Universitas Indonesia],
PS-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Flashiela Afedra
"Kegunaan ruang digital sebagai tempat berinteraksi dimaanfatkan untuk interaksi profesional. Fokus penelitian ini adalah pemilihan strategi promosi diri dan pembentukan impresi oleh individu lulusan perguruan tinggi untuk menciptakan identitas profesional di media sosial LinkedIn dan identitas daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami penggunaan medium LinkedIn untuk identitas profesional dari perspektif lulusan perguruan tinggi yang baru memulai karier. Strategi penelitian yang diambil yaitu sosial konstruksionisme, dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam serta observasi, dan data dianalisis menggunakan koding dan teknik analisis tematik. Temuan dari penelitian ini yaitu strategi promosi diri diterapkan dalam pembentukan profil, dan identitas profesional dipertahankan lewat berkoneksi, berinteraksi, dan membuat unggahan. Proses manajemen impresi berperan dalam penentuan strategi promosi diri di identitas daring lain. Lulusan perguruan tinggi turut menyesuaikan identitas di media sosial lain dengan yang ditunjukkan di LinkedIn. Identitas profesional secara aktif dibangun di LinkedIn dan cara tradisional seperti resume tetap digunakan untuk pencarian kerja.

Digital spaces host various interactions, including professional interactions. The focus of this research is to see self-branding strategy and impression management efforts employed by university fresh graduates to shape their professional identity in LinkedIn and other online identities. This research aims to explore the usage of LinkedIn for professional identity from university fresh graduates’ perspectives as entry-level job seekers. This research uses social constructionism strategy, with in-depth interview as data collection method and thematic analysis to analyze findings. The study found self-branding strategy is used in LinkedIn profile creation to shape professional identity. Their professional identity is maintained through connecting and interacting with others and posting their achievements. Impression management plays a role in determining fresh graduates’ self-branding strategy in their other online identities. University fresh graduates also align their identity across other media social to their LinkedIn profile. While professional identity is actively used in LinkedIn, traditional methods are still used to support their job-seeking activities, such as providing a resume."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Iskana Anisa
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan future work self dengan adaptabilitas karir. Partisipan penelitian ini adalah lulusan sarjana Universitas Indonesia yang baru bekerja, sebanyak 202 orang. Pengukuran future work self dalam penelitian ini menggunakan Future Work Self Salience yang dikembangkan oleh Strauss, Griffin, dan Parker (2012), sementara adaptabilitas karir diukur menggunakan Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) yang dikembangkan oleh Savickas dan Porfeli (2012) dan telah diadaptasi oleh Indianti (2015). Melalui teknik korelasi Pearson, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara future work self dengan adaptabilitas karir (r (202) = .557, p < 0.01, two-tailed). Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa semakin jelas future work self individu, semakin baik pula kemampuannya beradaptasi dalam karirnya.

ABSTRACT
The objective of this research was to find the correlation between future work self and career adaptability. The participants of this research were 202 fresh graduates of Universitas Indonesia. Future work self was measured with Future Work Self Salience constructed by Strauss, Griffin, and Parker (2012), while career adaptability was measured by Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) constructed by Savickas and Porfeli (2012) that has been adapted by Indianti (2015). The Pearson correlation indicated that future work self correlated significantly with career adaptability (r (202) = .557, p < 0.01, two-tailed). This finding implied that the more salience one?s future work self leads to better ability to adapt in one?s career.
"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60461
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alifah Raihandari
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran fleksibilitas kognitif dan perceived social support terhadap efikasi diri keputusan karier pada mahasiswa selama masa pandemi COVID-19. Pengambilan data dilakukan secara daring menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Alat ukur yang digunakan adalah Cognitive Flexibility Inventory (CFI), Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), dan Career Decision Self Efficacy-Short Form (CDSE-SF). Partisipan dalam penelitian terdiri dari 238 mahasiswa tingkat sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia. Analisis multiple regression digunakan melihat peran dari kedua variabel prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fleksibilitas kognitif dan perceived social support secara simultan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap efikasi diri keputusan karier mahasiswa (R² = 0,233, p < 0,001). Adapun implikasi dari penelitian ini dapat berkontribusi di dalam literatur psikologi pendidikan, spesifiknya di dalam perkembangan karier mahasiswa, serta menjadi masukkan bagi perguruan tinggi dan praktisi/konselor karier dalam meningkatkan efikasi diri keputusan karier mahasiswa.

This study aims to examine the role of cognitive flexibility and perceived social support on career decision self-efficacy in college students during the COVID-19 pandemic. Data collection was using an online questionnaire with help of google form. The measuring tools used are Cognitive Flexibility Inventory (CFI), Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), and Career Decision Self Efficacy-Short Form (CDSE-SF). This study used google form online questionnaires to collect the data. Participants in the study consisted of 238 undergraduate students at public and private universities in Indonesia. Multiple regression analysis was used to see the role of the two predictor variables. The results showed that cognitive flexibility and perceived social support were able to predict college students’ career decision self-efficacy (R² = 0,233, p < 0,001). The implications of this research can contribute to the educational psychology literature, specifically in the career development of college students and provide suggestions for universities and career practice/counselors in improving college students’ career decision self-efficacy."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>