Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Irfan
Abstrak :
ABSTRAK
Sektor Telekomunikasi Selular merupakan sektor yang sangat menarik untuk diamati. Pertumbuhan yang luar blasa terjadi dalam sektor ini, baik dari sisi volume pengguna maupun teknologi yang berkembang. Perkembangan yang demikian cepat membuat pemain dalam indusiri ini harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana memprediksi perkembangan ini terjadi ke depan, apakah akan selalu mengikuti suatu kecenderungan atau hanya sesaat? Dan apa yang harus menjadi pedoman suatu perusahaan telekomunikasi selular ke depan?

Scenario Planning merupakan suatu metode dalam manajemen yang mencoba menterjemahkan kondisi-kondisi dan fakta-fakta yang akan memberi pengaruh keadaan di masa depan. Metode ini banyak digunakan oleh perusahaan?perusahaan besar sebagai alat manajemen yang membantu perusahaan dalam membuat keputusan strategis di masa depan.

Penelitian ini melakukan ha! yang sama, PT XYZ Indonesia yang menjadi obyek dalam penelitian dikondisikan sebagai perusahaan penyedia infrastruktur telekomunikasi yang ingin mengetahui gambaran sektor telekomunikasi selular ke depan.

Tahapan-tahapan metode Scenario Planning dilakukan dalam penelitian ini. mulai dari membuat kerangka pertanyaan, pencarian fakta, hingga menjadi suatu gambaran skenario telekomunikasi di masa depan.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Scenario Planning teknologi telekomunikasi selular di masa depan. Penelitian ini mengidentifikasi 3 skenario yang menjelaskan teknologi selular, yakni skenario Wireless in the Sky, Mesh & Unstructured, dan Wireless is Pathless.

Wireless in the Sky merupakan gambaran kondisi ideal terhadap perkembangan teknologi selular di masa depan. Skenario ini merupakan gambaran kondisi teknologi selular masa depan yang dapat memenuhi segala kebutuhan informasi multimedia bergerak dengan harga yang terjangkau. Skenario Mesh & Unstructured merupakan gambaran yang tidak jauh berbeda dengan dengan sekarang. Secara teknologi sebagian besar keinginan untuk melakukaan telekomunikasi multimedia bergerak mulai dapat dipenuhi, tetapi secara interoperability dan standar teknologi masih menjadi kendala. Sementara Wireless is Pathless merupakan gambaran berbagai teknologi berkembang masing-masing tanpa menuju suatu standar tertentu. Akibatnya banyak permasalahan yang muncul di belakang hari terutama interoperability teknologi. Efeknya teknologi masa depan teknologi telekomunikasi wireless multimedia yang dicita-citakan kemungkinan besar tidak bakal pemah terwujud.

Ketiga skenanio diatas dianggap sama dalam penelitian ini, dengan arti kata semua mempunyai kernungkinan untuk terjadi di masa depan, Dan PT XYZ Indonesia harus menyadari bahwa skenario ini adalah refleksi dari keadaan yang muncul pada saat sekarang, sehingga dari saat sekarang-pun bagian dari skenanio yang mungkin bakal terjadi tersebut telah berlangsung. Oleh karena itu dalam mengembangkan strategi perusahaan ke depan, skenario ini dapat menjadi peganga bagi PT XYZ Indonesia.
2002
T3147
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan
Abstrak :
Murahnya hardware dan software berdampak pada murahnya biaya hosting bagi bisnis online. Munculnya layanan pihak ke-3 penyedia jasa transaksi pembayaran memudahkan dan meminimalisir resiko transaksi. Kedua faktor ini menciptakan peluang berkembangnya bisnis online dengan daya tahan terhadap kegagalan yang lebih besar. L-Ads.com sebagai situs iklan baris online diluncurkan dengan memanfaatkan peluang ini. Bidang bisnis iklan baris online dipilih dengan alasan melihat besar pasar iklan baris online di Amerika Serikat yang mencapai $14,1 milyar (Lockwood, 2007) masih memberikan kesempatan yang luas. L-Ads.com menawarkan konsep kemudahan dalam semua aspek bisnisnya. Baik dari aspek pemasangan iklan, pencarian, dan komunikasi antara pencari iklan dan pemasang iklan. L-Ads.com juga memiliki cakupan global di seluruh negara di dunia. Tetapi sebagus apapun konsep situs yang ditawarkan tidak akan ada artinya apabila tidak dapat diterima oleh pasar. OLeh karena itu langkah awal untuk mendapat penerimaan pasar adalah dengan menyusun strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Untuk itu sebagai fokus studi ini maka perlu dilakukan analisis terhadap beberapa hal bcrikul: 1. Pilihan komunikasi pemasaran berbiaya rendah (low cast) apa saja yang mungkin dilakukan untuk meningkatkan tingkat kunjungan L-Ads.com? 2. Dari pilihan yang tersedia, komunikasi pemasaran manakah yang paling tepat bagi L-Ads.com? 3. Apakah yang dapat dilakukan lebih lanjut terhadap pilihan komunikasi pemasaran L-Ads.com guna mempersiapkan tahap layanan berbayar? Studi karya akhir menemukan bahwa terdapat 19 perangkat komunikasi pemasaran yang dapat diterapkan oleh L-Ads.com. Diantara 19 perangkat tersebut hanya 10 perangkat yang sesuai dengan strategi low cost L-Ads.com. Kriteria pemilihan yang diterapkan adalah biaya rendah, mudah dilaksanakan, dapat dilakukan secara swaduya, cepat bagi pcngguna untuk melakukan action untuk mencoba layanan. Sedangkan 10 perangkat tersebut adalah: 1. Direct E-Mail 2. Mailing List 3. Formulir Rekomendasi Situs 4. Formulir Rekomendasi Iklan 5. Link Afiliasi 6. Forum Diskusi 7. Pendaitaran Pada Search Engine 8. Artikel 9. Pengisian Konten 10. Social Bookmarking Hasil seleksi perangkat komunikasi kemudian diimplementasikan dan diobservasi tingkal kontribusinya terhadap tingkat kunjungan. Observasi tingkat kontribusi berlangsung dari bulan Januari 2007 sampai dengan April 2007. Perangkat komunikasi pemasaran yang paling besar berkontribusi adalah forum diskusi. Forum diskusi memberikan kontribusi yang menonjol dikarenakan sithlnya yang berupa sarana komunikasi dua arah dibanding perangkat lain yang hanya satu arah. Selain itu faktor netiket juga dapat menentukan keberhasilan komunikasi. Komunikasi yang tidak simpatik dapat menurunkan tingkat kunjungan. Dengan hasil studi dapat disimpulkan bahwa: 1. Terdapat 10 perangkat komunikasi yang mungkin dilakukan oleh L-Ads.com 2. Forum diskusi memberikan kontribusi yang tertinggi terhadap tingkat kunjungan L-Ads.com. 3. Fokus strategi komunikasi pemasaran silus L-Ads.com untuk menaikkan tingkat kunjungan perdana akan dititik beratkan dalam penggunaan media forum diskusi. Selain itu juga perlu diperbaiki implementasi perangkat komunikasi lainnya agar memberikan hasil kontribusi yang setara dengan forum diskusi. Adapun saran yang dapat ditindak lanjuti dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu: a. Strategi Peluncuran L-Ads.com L-Ads.com perlu memperpanjang masa Iayanan gratis selama 6 bulan untuk dapat memperbaiki kinerja pemasarannya. Selain itu sebaran pesan pemasaran perlu diperluas agar dapat menyentuh lebih banyuk negara yang dilayani L-Ads.aom. Fitur tambahan yang akan diterapkan seperti geo ip dan multi bahasa harus segera diimplementasikan agar semakin siap untuk melayani pengguna dari berbagai negara. b. Perangkat Komunikasi Pemasaran Memperbaiki implementasi perangkat komunikasi pemasaran lainnya dengan cara mempertahankan konsistensi pesan yang disampaikan dan meningkatkan frekuensi pesan dengan tetap memperhatikan netiket yang berlaku. Isi dari pesan pemasaran juga perlu diperbaiki agar lebih mudah diterima dan dipahami oleh target pemasaran. Selain itu perangkat komunikasi pemasaran yang belum pernah diterapkan juga perlu dicoba untuk diimplementasikan.
The price of hardware and software are declining. This situation leads to lower price of web hosting services for online business. Third party services that provides transaction services also made easier for people to build online businesses because it reduce the risk of online transaction. These factors made online businesses more inning to chance of Failure and L-Ads.com is taking advantage of the situation. L-Ads.com is an online classifieds ads website that provides services for internet users. Online classifieds ads is picked as L-Ads.com business because of the size of the market that reach $14,1 billion a year (Lockwood, 2007) and it still provides broad chance for new entrants. Major players of this business are Craigslist.org and Kijiji.com with Craigslist.org annual revenue reached $10 million. L-Ads.com offers simplicity in every aspect of their business. The simplicity is showed in the way of posting an ad, searching ads and communication between ad posters and potential buyer. L-Ads.com also offers global range of service location. L-Ads.com provides services for 240 countries with its 3978 regions. A good business concept means nothing if it is not acceptable by target market. The first step to gain acceptance from the market is to communicate this business using suitable communication mix strategy. That is why the focus of this study is to analyze these problems: 1. What are the choices of marketing communication means that provides low cost solution that can improve the visit rate of L-Ads.com? 2. From those choices (options), which one of these is fit with L-Ads.com? 3. What more can be done with the choice result to prepare L-Ads.com to enter pay based service stage? The study founds that there are 19 marketing communication means that can be done by L-Ads.com. Among these 19, there are 10 communication means that fit with L-Ads.com low cost strategy. The criteria are low cost, ease of use, can be done solely and fast for target market to take action trying the service. These 10 communication means arc: 1. Direct E-Mail 2. Mailing List 3. Site Recommendation Form 4. Ad Recommendation Form 5. Affiliate link 6. Discussion Forums 7. Search Engine Submission 8. Articles 9. Content Submission 10. Social Book marking The selection results is implemented and observed their contribution level to visit mate. The observation period is done from January 2007 till April 2007. The highest level of contribution was made by Discussion Forum. This high contribution level is achieved because discussion forum is a two way communication means. Netiquette factor also determined successfulness of communication. Unsympathetic communication will leads to visit rate declining. The study concludes that: 1. There are 10 possible communication means that can be implemented by L¬Ads.com. 2. Discussions Forum gives highest contribution level to visit rate of L-Ads.com 3. Strategic focus of L-Ads.com marketing communication's strategy is discussion forum. Other implementation of marketing communication means have to be improved to give the same level of contribution rate. Suggestion for improvement can be classified as two sections: a. Launching strategy of L-Ads.com L-Ads.com needs to consider prolonging the free service period for 6 months. This is necessary to improve marketing efforts. Geographical coverage of the communication message should be expanded to touch more countries. Extended features such as geo ip and multilanguage needs to be done to prepare L-Ads.com for localized service. b. Marketing Communication Means L-Ads.com should improve their marketing communication means implementations by broadcast consistent message with increasing its frequency but still obeying the netiquette. The contents of the message need to improve so target market can easily understand and ready to take action. L-Ads.com should try other marketing communication means for comparison.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
T19785
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan
Abstrak :
Di Indonesia, produk yang terbuat dari aluminium dan kaca saat ini sedang tumbuh untuk menggantikan produk yang terbuat dari kayu, karena aluminium pada dasarnya lebih tahan lama, lebih kuat dan juga lebih murah dibandingkan dengan kayu. Melihat peluang ini, banyak pengusaha baru mulai membuat usaha kecil dengan menciptakan produk yang terbuat dari aluminium dan kaca, salah satunya adalah Serba Guna Alumindo. Namun, banyaknya UMKM yang bergerak di industri ini membuat Serba Guna Alumindo kesulitan bersaing dengan UMKM lain untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mengelola bisnis mereka, terutama dalam strategi pemasaran. Dalam penelitian ini, kami akan membahas bagaimana UMKM Serba Guna Alumindo menciptakan hubungan pemasaran yang baik dan melakukan kegiatan direct selling secara efektif untuk memperoleh pelanggan baru dan mengembangkan saluran pemasaran digital melalui media sosial (Facebook, Instagram) dan website sehingga mereka dapat tumbuh secara optimal, dengan business coaching sebagai metodenya. Kerangka kerja yang digunakan untuk penelitian ini adalah Customer Relationship Management, bagaimana membangun pemasaran relasional yang baik selama kegiatan direct selling dengan menggunakan Standard Operating Procedure (SOP) sebagai standarnya dan strategi akuisisi pelanggan dengan menggunakan pemasaran digital untuk menjangkau pelanggan baru dan membuat sebuah kehadiran online. ......In Indonesia, products made from aluminum and glass, such as windows, doors, storefronts, etc, are currently growing to replace products made of wood because aluminum basically is more durable, stronger and also cheaper than wood. Seeing this opportunity, many entrepreneurs are just starting to make small businesses by creating products made of aluminum and glass, one of which is Serba Guna Alumindo. However, the number of SMEs engaged in this industry makes Serba Guna Alumindo have difficulty in competing with other SMEs to get more customers and managing their business, especially in marketing strategy. In this paper, we will discuss how SMEs Serba Guna Alumindo creates a good relationship and conduct direct selling activities effectively to acquire a new customer and develop the digital marketing channel through social media (Facebook, Instagram) and website so that they can grow optimally, with business coaching as the method. The framework used for this research is Customer Relationship Management, how to build a good relational marketing during direct selling activities by using Standard Operational Procedure (SOP) as the standard and customer acquisition strategy by using digital marketing to reach a new customer and create an online presence.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53554
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan
Abstrak :

ABSTRAK
Kemajuan-kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sangat membantu dalam menganalisis kendala-kendala pada operasi Sistem Tenaga Listrik (STL). Pengetahuan dan teknologi STL yang berkembang ini sangat bervariasi sehingga menghasilkan berbagai model analisis pendekatan. Model-model ini berkembang mengikuti kecenderungan kemajuan-kemajuan di bidang tenaga Listrik.

Pada skripsi ini akan diterapkan dan dianalisis metode Extended Equal-Area Criterion (EEAC) yang digunakan untuk penanganan stabilitas peralihan (transient stability). Waktu pemutusan kritis yang teliti dapat ditentukan bersama-sama dengan Equal-Area Criterion (EAC), One Machine Infinite Bus (OMIB) dan Deret Taylor. Perhitungan-perhitungan menggunakan contoh STL yang terdiri dari 9 simpul dan 3 generator.
1997
S39424
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teuku Muhammad Irfan
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga properti terhadap indeks harga saham di Indonesia pada periode 2007 hingga 2011. Penelitian ini dilakukan karena pada penelitian sejenis yang dilakukan sebelumnya menghasilkan bahwa harga properti di Hong Kong maupun di Singapura berpengaruh terhadap indeks harga saham masing-masing negara tersebut, serta perkembangan bisnis properti di Indonesia yang dinilai menjanjikan dan terus meningkat. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan model Fama- Gibbons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga properti mempengaruhi perubahan pada IHSG. Di sisi lain, tingkat laju inflasi sebagai variabel kontrol diketahui tidak memiliki pengaruh terhadap perubahan IHSG. ...... The objective of this study is to analyze the impact of property prices on stock prices indices in Indonesia within the period of 2007 until 2011. The research was conducted based on prior researches resulted that property prices in Hong Kong and Singapore affected to its stock price indices, as well as the development of the property business in Indonesia is promising and rising. The methodology for this study is the Fama-Gibbons model. The result indicated that the property prices have an impact to the change of Jakarta Composite Index (JCI). On the other hand, the inflation rate as the control variable has no impact to the change of JCI.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45616
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan
Abstrak :
ABSTRAK
Saliva merupakan zat eksokrin yang mengandung berbagai komponen, salah satunya adalah protein. Total protein dalam saliva dapat meningkat karena peningkatan aktifitas fisik, salah satu contohnya adalah aktifitas berlari. Di dalam rongga mulut, Streptococcus mutans merupakan mikroorganisme kariogenik yang memiliki peran penting dalam proses terjadinya karies. Tujuan: menganalisis perbedaan profil protein saliva yang diisolasi dari subjek pelari dan nonpelari sebelum dan setelah protein tersebut diinteraksikan dengan Streptococcus mutans ATCC 25175. Metode: sampel saliva unstimulated diambil dari 3 subjek pelari dan 3 subjek nonpelari. Identifikasi berat molekul protein saliva ditetapkan dengan menggunakan teknik SDS-PAGE dan pewarnaan commasie blue, sedangkan identifikasi interaksi protein saliva dengan Streptococcus mutans ditetapkan dengan menggunakan teknik SDS-PAGE, pewarnaan commasie blue dan Qubit Protein assay. Hasil: pada subjek pelari teridentifikasi protein dengan berat molekul sebesar 140 kDa, 100 kDa, 70 kDa, 50 kDa, 25 kDa, dan 15 kDa sedangkan pada subjek nonpelari teridentifikasi protein dengan berat molekul 70 kDa, 50 kDa, 25 kDa, dan 10 kDa. Interaksi protein saliva pelari dengan metode pewarnaan comassie blue tidak memvisualisasikan pita pada agar poliakrilamid sedangkan protein saliva subjek nonpelari terlihat pita sebesar 70 kDa. Interaksi protein saliva pelari dengan Streptococcus mutans dengan menggunakan Qubit Protein assay menunjukan konsentrasi sebesar 74,2 g/mL dan sebesar 93,2 g/mL pada saliva nonpelari. Kesimpulan: terdapat perbedaan profil dan berat molekul protein saliva pada subjek pelari dan nonpelari dan interaksi protein dengan Streptococcus mutans hanya tervisualisasikan pada protein saliva yang berasal dari subjek nonpelari.
ABSTRAK
Background Saliva is an exocrine substance containing various components, one of which is protein. The amount of total proteins in saliva may increase due to physical activity, namely running. In the oral cavity, Streptococcus mutans is a cariogenic microorganism that is vital in the forming process of caries. Objective Analyze the difference in salivary proteins profiles on subjects who are runners compared to non runners before and after the proteins are interacted with Streptococcus mutans ATCC 25175. Method Samples of unstimulated saliva were taken from 3 subjects who were runners and 3 subjects who were non runners. Identification of total molecular weight in salivary proteins was done using comassie brilliant blue color staining with the SDS PAGE technique. Identification of interaction in salivary proteins with Streptococcus mutans was also done using comassie brilliant blue color staining using SDS PAGE technique and Qubit Protein assay. Results In subjects who were runners, identification of molecular weight in the salivary protein results were 140 kDa, 100 kDa, 70 kDa, 50 kDa, 25 kDa, and 15 kDa while in non runners the identification of molecular weight in the salivary protein results were 70 kDa, 50 kDa, 25 kDa, and 10 kDa. Interaction of salivary proteins in runners using comassie blue coloring did not result in visualization of band on polyacrilamide agar while in non runners a band of 70 kDa was observed on polyacrilamide agar. Interaction of salivary proteins with Streptococcus mutans using Qubit Protein assay showed a concentration of 74.2 g mL in runners and 93.2 g mL in non runners. Conclusion There is a difference of proteins profile and molecular weight in subjects who were runners and non runners and proteins interaction with Streptococcus mutans is only visualized in the salivary proteins derived from non runners subject.
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhil Muhammad Irfan
Abstrak :
Beton pracetak menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan beton cor-in-situ, di mana ia memiliki biaya yang lebih rendah dan lebih cepat untuk dibangun. Namun, kepercayaan menggunakan pracetak masih rendah karena pengetahuan menggunakannya. Selain itu, kinerja struktural beton pracetak ditentukan oleh hubungan antara anggota pracetak dengan anggota. Hubungan antara tangga pracetak yang terhubung dengan komponen pracetak lainnya jarang dibahas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sambungan dan metode konstruksi tangga pracetak. Di sini, jenis koneksi ditentukan melalui tinjauan pustaka. Kemudian, beberapa sambungan dipilih, diterapkan, dan dianalisa pada sebuah bangunan melalui studi kasus Rumah Sakit XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sambungan yang diterapkan pada Rumah Sakit XYZ sudah layak digunakan. Selanjutnya, desain, produksi, transportasi, dan pemasangan tangga dapat didiskusikan ......Precast concrete offer several advantages compare to cast-in-situ, where it has lower cost and faster to construct. However, the confidence of using precast is still low due to the knowledge of utilising it. Moreover, structural performance of precast concrete is determined by the connection between precast member to member. The connection between precast stair connected to other precast component is rarely discuss. Therefore, the aim of this study is to understand the connection and construction method of precast stair. Here, types of connection is determined through literature review. Then, some connection is selected, applied, and analysed to a building through a case study of Hospital XYZ. The result shows that the connections that is applied to Hospital XYZ is adequate to be used. Furthermore, design, production, transportation, and erection of stairs is able to be discussed
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai unintended but expected collaboration yang terjadi antara beragam aktor dalam perkembangan budidaya kopi di Kampung Cibulao Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Beragam aktor yang berasal dari berbagai macam latar belakang (baik dari pihak pemerintahan maupun dari pihak masyarakat sipil) dengan kapasitas (agensi), motivasi dan kepentingan yang berbeda-beda ini secara “tidak diniatkan” (unintended) melakukan kolaborasi satu sama lain, tanpa tergabung dalam satu wadah organisasi (institusionalisasi) tertentu. Meskipun “tidak diniatkan” untuk terjadi, tetapi kolaborasi ini tetap saja “diharapkan” untuk terjadi, terbukti dengan adanya saling kompromi dan juga saling melengkapi satu sama lain antara pihak yang berperan, meskipun terjadi secara informal. Hal ini dapat terjadi karena adanya koeksistensi antara beragam aktor yang berperan tersebut, sehingga ada satu titik saat beragam aktor yang berbeda kapasitas (agensi), motivasi dan kepentingan tersebut berjalan secara berdampingan dan saling melengkapi satu sama lain dikarenakan adanya saling kompromi. Selain itu mereka juga melakukan pendekatan yang melibatkan masyarakat untuk turut serta dalam proses pengambilan keputusan dan berjalannya program, karena dalam hal ini peran aktif masyarakat juga menjadi penting. ......This thesis discusses about the “unintended but expected collaboration” that occurs between various actors in the development of coffee cultivation in Cibulao Village, Cisarua District, Bogor Regency. The various actors who come from various backgrounds (both from the government side and from the civil society side) with different capacities (agencies), motivations and interests are “unintended” to collaborate with each other, without being joined in one certain organizational forum (institutionalization). Although it is "not intended" to happen, this collaboration is still "expected" to happen, as evidenced by the mutual compromise and complementarity between the parties who play a role, even though it occurs informally. This can occur because of the coexistence between the various actors who play a role, so that there is some point where various actors with different capacities (agencies), motivations and interests walk side by side and complement each other due to mutual compromise. In addition, they also take an approach that involves the community to participate in the decision-making process and the running of the program, because in this case the active role of the community is also important.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Malik Muhammad Irfan
Abstrak :
Penelitian ini hendak menjelaskan bagaimana kebijakan pemerintah Amerika Serikat yang dibuat pada masa Perang Saudara yang mempengaruhi industri senjata api. Penelitian ini memberikan perhatian pada kebijakan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah federal khususnya Legal Tender Act dalam upayanya memenangkan Perang Saudara dan dampaknya pada industri senjata api dan jalannya perang itu sendiri. Pembahasannya berfokus pada latar belakang kondisi industri senjata sebelum perang dan proses pengesahan kebijakan itu sendiri dan dampaknya. Dipilihnya topik penelitian ini karena di Indonesia topik masa Perang Saudara Amerika masih jarang diteliti. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode sejarah yang terdiri dari: Heuristik, Kritik (Verifikasi), Interpretasi, dan Historiografi dan sumber yang digunakan adalah sumber primer yang berbentuk dokumen Kongres Amerika Serikat beserta sumber sekunder, seperti buku dan jurnal. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat tiga aspek utama, yaitu politik, ekonomi, dan militer. Dan dijelaskan korelasi antara ketiganya. Legal Tender Act yang digagas oleh seorang anggota kongres asal New York Elbridge Spaulding yang bertujuan untuk meringankan beban keuangan negara akibat perang, yang nantinya memunculkan perdebatan di kongres akan ke-konstitusionalitas dan dampak dari Legal Tender Act tersebut. Diharapkan penelitian ini dapat menjelaskan kondisi Amerika Serikat pada masa itu dan gambaran proses pengesahan Legal Tender Act serta dampaknya terhadap industri senjata dan jalannya Perang Saudara itu sendiri ......This research is intended to explain how the policies of the United States government made during the civil war affected the firearms industry. This research pays attention to the economic policies made by the federal government in particular the Legal Tender Act in its efforts to win the civil war and its impact on the firearms industry and the course of the war itself. His discussion focuses on the background to the state of the pre-war weapons industry and the policy enactment process itself and its impact. This research topic was chosen because in Indonesia the topic of the American Civil War is still rarely studied. The method used in writing this paper is a historical method consisting of: Heuristics, Criticism (Verification), Interpretation, and Historiography and the sources used are primary sources in the form of congressional documents of the United States and secondary sources, such as books and journals. This study found that there are three main aspects, namely politics, economy, and military. And explained the correlation between the three. The Legal Tender Act was initiated by a congressman from New York Elbridge Spaulding which aims to ease the financial burden of the state due to war, which will lead to debates in congress regarding the constitutionality and impact of the Legal Tender Act. It is hoped that this research can explain the conditions of the United States at that time and an overview of the process of passing the Legal Tender Act and its impact on the weapons industry and the course of the Civil War itself.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library