Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Titin Faiqoh. author
Abstrak :
Salah satu cara untuk mengoptimalkan hasil kerja karyawan adalah melalui penilaian kinerja. Diketahui bahwa Departemen Produksi PT. CJ belum memiliki penilaian kinerja yang dapat memberikan penilaian objektif pada kinerja karyawannya. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana rancangan penilaian kerja yang sesuai di Departemen Produksi PT. CJ. Melalui proses analisa jabatan diperoleh 10 kriteria penilaian. Dilakukan uji face validity kepada GM. Product dan karyawan departemen produksi. Hasil ranking kriteria penilaian adalah dependability, developing and maintaining relationship, business awareness, communication, service orientation, initiative, team orientation, dan creativity. Penilaian dilakukan dengan metode graphic rating scale dengan skala tiga peringkat (basic, moderate, high). Dengan penilaian kerja ini maka PT. CJ dapat memberikan penilaian yang lebih objektif dan dapat dijadikan tolak ukur dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan penggajian.
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T37918
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fia Fiffia Mirtasari
Abstrak :
ABSTRAK
Tugas akhir ini merupakan laporan kegiatan penulis dalam upaya dalam memberikan usulan bagi implementasi sistem HRIS dengan unsur Penilaian Karya pada PT XYZ, sebuah perusahaan PTA. Sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi di bidang Human Resources Management-nya, PT XYZ akan mengimplementasikan sistem HRIS yang baru, yaitu sistem mySAP™ HR dengan Penilaian Karya sebagai salah satu unsur di dalamnya. Masalah yang timbul adalah adanya ketidak-samaan antara sistem Penilaian Karya yang sudah ada, dengan sistem yang akan diterapkan, sehingga diperlukan penyesuaian dan upaya pembenahannya. Berdasarkan analisis terhadap implementasi HRIS yang akan dilakukan, penulis mengajukan beberapa alternatif solusi. Alternatif solusi untuk direkomendasikan, yaitu perusahaan melakukan penyesuaian/ cuztomizing pada form penilaian karya yang mengacu sistem mySAP™HR dengan menggunakan template yang sudah ada dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, bersama-sama dengan konsultan. Penulis mengusulkan untuk mengambil beberapa langkah perbaikan sistem penilaian karya, yaitu menetapkan sasaran (objectives) yang akan dituju, menetapkan unsur-unsur yang akan dinilai dalam sasaran atau hasil yang diinginkan, membuat indikator - yaitu pertanda untuk prestasi, sesuatu yang dapat diukur, membuat tolok ukur (rating), melengkapi lembar (form) penilaian karya sesuai dengan sistem yang baru, mensosialisasikan perubahan sistem, serta mensosialiasikan elemen-elemen yang dibuat untuk menunjang sistem baru.
2003
T37982
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Eka Irjayanto
Abstrak :
ABSTRAK
Manajemen kineija merupakan salah satu fungsi dari manajemen SDM yang penting diperhatikan, dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Hal ini disadari pula oleh Bank XYZ, sebuah bank swasta nasional kedua di Indonesia. Yang menjadi permasalahan dalam manajemen kineija di Bank XYZ tersebut adalah pada proses penilaian kineija, di mana para karyawan cenderung memberikan penilaian yang subjektif pada saat penilaian diri sendiri, dan tidak adanya diskusi keija (umpan balik) dari hasil penilaian kineija yang diberikan dari atasan karyawan sebagai penilai. Apabila masalah ini tidak diperbaiki maka dapat mengakibatkan konflik, ketidakpuasan keija, turunnya motivasi karyawan dan keluarnya karyawan potensial. Menurut Noe et al (2004), salah satu proses dari manajemen kinerja adalah adanya umpan balik kinerja, melalui sesi diskusi kinerja, manajer memberikan informasi pada karyawan mengenai kineija mereka, sehingga karyawan dapat menyesuaikan perilaku mereka untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam diskusi kineija, atasan dan karyawan membicarakan hasil nilai kineija yang didapat oleh karyawan. Untuk mengatas asi masalah tersebut di atas, maka direkomendasikan beberapa intervensi. Intervensi dilakukan pada (1) proses manajemen kineija secara keseluruhan, mulai dari proses perencanaan dan umpan balik, (2) intervensi terhadap karyawan melalui pemberian umpan balik dan pelaksanaan proses coaching, dan (3) intervensi terhadap para atasan (penilai) dengan mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan. Selain itu, disarankan pula agar Bank XYZ melakukan pengukuran secara berkala terhadap keefektifan manajemen kinerja yang dijalankan, baik dari sisi finansial maupun pencapaian target perusahaan.
2007
T38000
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library